Minggu, 11 Juni 2017

Reply 1997



"Kasih sayang terbesar adalah kasih sayang antarsaudara. Kasih sayang antarsaudara adalah perasaan saling bertanggung jawab, saling menyayangi dan saling menghormati, menghargai dan memberi."(Hal. 302)



Penulis: Park Yi Jung (berdasarkan skenario yang ditulis Lee Woo Jung) 
Alih Bahasa: Iingliana 
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Usia ketika kita semua bisa jatuh cinta.
Usia ketika kita meributkan hal-hal sepele.
Kata orang dewasa, pada usia kita bisa tertawa lepas tanpa beban.
Tapi sesungguhnya bagi kita, masa itu adalah masa-masa yang serius, penting, dan penuh gejolak.
Tahun 1997.
Tahun ketika usia kita delapan belas tahun.

Inilah kisah penuh nostalgia sekelompok sahabat menjelang akhir abad-20 di Busan... Kisah tentang persahabatan... Juga tentang cinta pertama.

***

Persahabatan Shi Won, Yu Jeong, Jun Hee, Seong Jae, Hak Chan & Yoon Jee yang berlangsung selama 15 tahun sudah melalui banyak hal. Tahun 2012 mereka menghadiri reuni dan tidak dapat melupakan hal-hal yang telah terjadi sejak 1997, saat mereka masih SMA. Masih muda, jatuh cinta, dan melakukan kesalahan.



Selama 15 tahun, banyak yang berubah namun ada juga yang tetap sama. Hidup mereka berubah, namun ada perasaan yang tetap sama. Ada cinta yang bertahan & ada luka yang sembuh perlahan.


Sejujurnya, di awal membaca buku ini saya dibuat pusing dengan kemunculan para tokohnya secara serentak. Beberapa kali saya mengecek chapter "Reuni #1" agar tidak salah memahami karakter yang dimaksud. Itu terus terjadi hingga pertengahan cerita, saat satu persatu karakter mulai memiliki ke-khasan sendiri.


Jika harus mendeskripsikan secara lugas, maka novel ini tentang semangat masa muda & cinta pertama. Satu hal yang membuat saya penasaran untuk membaca hingga akhir adalah karena ingin tahu, siapa dari Yoon bersaudara yang menjalin kasih dengan Shi Won; Yoon Yoon Je atau Yoon Tae Woong?


Membaca novel ini saya jadi tahu lebih banyak tentang semangat fangirling. Ha.. Ha.. Untuk yang ingin membaca kisah masa SMA yang penuh semangat dan ceria yang dibumbui oleh kisah percintaan yang bikin penasaran, maka novel ini bisa jadi pilihan, Readers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar