Kamis, 25 Mei 2017

Flat Shoes Oppa



"Kalau begitu, aku tidak mau menjadi daun harus terjatuh dan akhirnya membusuk agar pohon tetap hidup. Aku akan jadi sebatang pohon saja."(Hal. 71 - 72)

Penulis: Citra Novy
Editor: Cicilia Prima
Desain Kover: Chyntia Yanetha
Penata isi: Yusuf Pramono
Penerbit: Grasindo
Cetakan: Keempat, April 2017
Jumlah hal.: vi + 218 halaman
ISBN: 978-602-3758883

“Aku selalu berharap bisa menjadi flat shoes untuk melindungi langkahmu, menyertai  setiap langkahmu, mengetahui ketika kakimu berjinjit senang, bahkan ketika kakimu terjatuh dan sakit.”

Kau tahu? Hampir setiap gadis yang kutemui mengatakan nyaman jika kakinya berada dalam sepasang flat shoes. Tanpa perlu paksaan untuk bertahan pada hak tinggi. Melemaskan kaki sesukanya, melangkahkan kaki sekencangnya hingga kau bisa berlari. Dan mulai saat ini, injak flatshoes-mu, buatlah kakimu nyaman melangkah. Jangan pedulikan dia terinjak, terkotori, berdebu, bahkan rusak. Karena flat-shoesmu adalah aku.

Aku mencintaimu. Ketika pertama aku melihatmu, aku benar – benar merasa bahwa aku mencintaimu. Aku selalu berharap bisa menjadi flat shoes untuk melindungi langkahmu, menyertai setiap langkahmu, mengetahui ketika kakimu berjinjit senang bahkan ketika kakimu terjatuh dan sakit. Semakin aku mencintaimu, aku semakin takut. Aku takut, ketika aku pergi, kau melangkah dengan kaki telanjang. Sesuatu yang tidak aku inginkan adalah... ketika langkahmu menyakiti dirimu sendiri karena aku yang sudah hilang...
***

Perkenalan Hyeon Mi dengan Kyuhyun terjadi dengan unik. Hyeon Mi yang baru saja patah hati dan minum soju cukup banyak membuatnya memaki dan melukai yang. Sialnya, esok harinya ia mengetahui bahwa laki-laki itu adalah bos di kantornya yang baru.


Perkenalan yang buruk ternyata tidak selalu membangun hubungan yang buruk. Tahu-tahu saja mereka berdua menjadi dekat. Apalagi Kyuhyun bersikap sangat baik Hyeon Mi. Dan perempuan mana yang tidak jatuh hati setelah patah hati akut kemudian mendapati di sisinya ada seorang laki-laki yang selalu bersedia mendukungnya. Menjadi flat-shoes-nya.



Sayangnya Kyuhyun menyimpan sebuah rahasia. Rahasia yang membuat keduanya tidak akan pernah bisa bersama. Namun bukankah kekuatan cinta memiliki keajaibannya sendiri? Akankah keajaiban itu terjadi bagi mereka?


Membaca novel ini, saya mulai bisa membaca alur cerita dan menduga plot serta endingnya dengan cepat dan tepat. Namun saya tetap saja membaca sampai akhir karena penasaran dengan endingnya. Lagi pula ceritanya cukup enak dibaca.


Tapi sedikit kritik untuk novel ini adalah latar belakang Hyeon Mi yang sangat kabur. Hanya menyebutkan ibunya orang Indonesia. Kemudian keputusannya untuk menikah seolah tidak pernah melibatkan orang tuanya. Selain itu bagaimana mungkin dia hanya memiliki satu orang teman? Hidup Hyeon Mi jadi terasa kurang cocok dengan karakternya yang cablak dan sensitif.


Di luar itu premis sudah bagus. Sayangnya flashback dari sudut pandang Hyeon Mi yg memakai POV 1 di ending cerita terasa buang2 waktu. Karena sebelumnya cerita sudah pakai POV 3 bercampur antara Hyeon Mi & Kyuhyun dan susah ketahuan oleh pembaca yang jeli bahwa Hyeon Mi sudah tahu rahasia Kyuhyun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar