Senin, 06 Februari 2017

Table for Two



“Kata Eyang Uti, anak cowok itu harus ngelindungin anak cewek. Aku kan, anak cowok, jadi aku bakal ngelindungin kamu, anak cewek.” (Hal. 116)


Penulis: Dy Lunaly
Penyunting: Pratiwi Utami
Perancang sampul: Musthofa Nur Wardoyo
Ilustrasi sampul: Boby Erianto
Pemeriksa aksara: Fitriana STP & Septi Ws
Penata aksara: Martin Buczer & Rio
Penerbit: Bentang Belia (PT Bentang Pustaka)
Cetakan: Pertama, Desember 2016
Jumlah hal: iv + 260 halaman
ISBN: 978-602-1383-63-6

“Dia memang teman masa kecilku. Tapi, dia sudah bukan lagi bocah kurus yang ada alam ingatanku, melainkan seorang pria. Seorang pria yang, sungguh tidak ingin aku akui, sangat menarik”

Asha benci tinju sebesar dia membenci Arga, pria yang pernah disebutnya sebagai sahabat. Tragedi yang merenggut nyawa Papa membuat hubungan Asha dan Arga merenggang. Bertemu lagi dengan Arga nggak pernah terpikirkan olehnya. Tapi, itu yang terjadi. Permintaan Mama memaksanya untuk bertemu dengan Arga sekaligus menjadi pengawas diet petinju super-menyebalkan itu.

Menjadi pengawas diet Arga berarti pertengkaran tanpa henti, rencana diet yang berantakan dan berkurangnya waktu untuk dinikmati bersama Kak Rama, dietisien di klinik kesehatan Mama. Namun, Asha nggak punya pilihan. Ia harus profesional dan berusaha berdamai dengan trauma masa lalunya.

Tapi ... bisakah?

***

“Ternyata kenangan bahagia, tidak peduli selama apa pun tersimpan, selalu menghadirkan getar kerinduan ketika mengingatnya.” (Hal. 7)

Kehidupan Asha awalnya terasa menyenangkan. Asal persoalan skrip-shit tidak dihitung. Bagaimana tidak jika dia punya ibu yang selalu bisa menjadi tempatnya mencari ketenangan dan cinta kasih. Ia juga punya Kak Rama yang selalu memberi warna cerah pada kehidupannya. Secerah perempuan yang tengah jatuh hati.

Namun mendadak serasa ada awan gelap yang datang, membuat kehidupan Asha yang cerah bahagia menjadi kelabu. Awan gelap itu datang dalam bentuk sosok masa lalu. Arga, laki-laki yang dulu pernah menjadi orang terdekatnya. Menjadi sahabatnya. Namun pertengkaran membuat mereka menjauh.

Terlebih lagi Arga menggeluti dunia yang ingin dilupakan Asha. Dunia tinju. Dunia yang merenggut papa yang sangat dicintai Asha. Dunia itu juga yang membuat ia dan Arga berpisah. Sebab Arga memilih untuk tetap menjadi petinju.

Tujuh tahun tidak pernah bertemu, Arga dan Asha kembali dipertemukan. Kali ini Asha harus berusaha mencegah Arga mengalami nasib yang sama dengan yang dialami oleh papanya. Namun Arga terlalu bebal untuk peduli. Membuat mereka selalu saja bertengkar setiap kali bertemu. Dan perlahan kehadiran Arga mengubah sesuatu dalam hubungan Asha dan Rama.

Bagaimana jadinya hidup Asha? Bisakah ia ‘menolong’ Arga? Dan bagaimanakah akhir hubungan Asha dan Rama juga hubungan Asha dan Arga?

“Waktu selalu bisa mengubah apa pun, termasuk karakter seseorang.” (Hal. 35-36)

***

“Ternyata benar, kenangan tidak tersimpan dalam hati atau ingatan. Tetapi, pada benda atau tempat kenangan itu terjadi.” (Hal. 64)

Novel Table for Two ini diterbitkan oleh Bentang Pustaka di bawah naungan lini Bentang Belia. Lini yang dikhususkan bagi pembaca muda Bentang, bagi pembaca remaja. Namun sejujurnya cakupan pembaca untuk novel ini jauh lebih luas. Novel ini  bisa masuk dalam kategori young adult mengingat tokoh utamanya sudah menempuh semester akhir kuliah dan sedang berkutat dengan skripsi. Selain itu dari segi konflik, tidak sesimple novel-novel remaja. Sedikit lebih kompleks. Dan tidak berfokus pada percintaan. Lebih banyak ke hubungan hate-loveship antara Arga dan Asha serta bagaimana Asha menjadi pengawas dietnya Arga.

Yang menarik dari novel ini adalah profesi tokohnya unik. Yang satu petinju dan satu lagi adalah dietisien. Dua profesi yang sangat jarang saya jumpai dalam novel yang saya baca. Apalagi dalam novel remaja.


Dalam hal karakter mereka nano-nano. Ada yang manis dan loveable banget seperti Kak Rama, dan ada yang saking menyebalkannya bikin saya tidak ingin peduli padanya. Ya, siapa lagi kalau bukan Arga. Tokoh Arga ini sangat konsisten! Konsisten menyebalkannya! Eh tapi kadang terasa kurang konsisten di percakapan. Ini karena dibeberapa percakapan, pilihan kata yang dipakainya terasa kurang maskulin. Tidak sesuai dengan usia dan karakternya yang tidak ramah.

Secara keseluruhan, membaca novel ini terasa menyenangkan karena mendapatkan ilmu baru dan ceritanya tidak membosankan karena tidak “seragam” dengan novel-novel remaja dan young adult lainnya.

 “Katanya sih, beda benci sama cinta itu tipis banget. Biasanya awalnya sebal banget, ujung-ujungnya jadian.” (Hal. 120)

***
Kumpulan Quote Table for Two
“.... Tubuh kamu itu pinjaman Tuhan, tapi kenapa kamu semena-mena gini?” (Hal. 131)
“Aku benci dengan manusia yang merasa berhak untuk membuang makanan. Apa dia lupa bahwa di belahan dunia lain ada manusia yang kelaparan karena kesulitan mendapatkan makanan?” (Hal. 134)
“... tinju itu bukan alat balas dendam. Tinju nggak serendah itu.” (Hal. 143)
“Sebesar apa pun kita menyesalinya, kita nggak akan pernah bisa mengubah masa lalu.” (Hal. 145)
“Daripada kita terus-menerus memikirkan masa lalu, kenapa kita nggak menggunakan energi kita untuk merencanakan masa depan?” (Hal. 151)
“Manusia itu sama seperti istana pasir, mau dibangun sebagus atau setingga apa pun akan ada saatnya untuk hancur. Zero to zero bukan zero to hero.” (Hal. 161)
“Kenapa sih, urusan perasaan itu selalu rumit?” (Hal. 246)

3 komentar:

  1. Jangan Lupa Kunjungi Blog/Artikel Kitaa Ya Kaka " Berbagi Itu Indah " !!!!!!

    ( >>> DISINI <<< )

    Seputar Aritkel Bola

    Download Game Online
    Artikel Bola Terupdate 2017

    BalasHapus
  2. VERY NICE.....Informasi Artikel anda Mantap sekali gan !!!
    Thanks ya gan untuk artikelnya jadi dapat menambah ilmu pengetahuan saya serta sangat bermanfaat sekali gan bagi saya,
    Jangan lupa juga gan Kunjungi website ane gan siapa tau bermanfaat bagi agan.
    CLICK HERE

    Apakah agan penggila BOLA? Ingin mencoba taruhan online tim kesayangan/favorit anda?
    Ayo gabung bersama kami sekarang juga gan hanya di WALETBET
    !!!! banyak Bonus"nya jangan sampai terlewatkan hanya di Waletbet99

    Jika anda tertarik dan sering ditipu oleh situs lain , jangan khawatir gan www.Waletbet99.com
    Solusi yang sangat tepat untuk anda
    Terpercaya dan Aman 100% gan ,sudah bertahun tahun situs ini berdiri gan.Ayo Segera daftarkan diri anda sekarang juga dapatkan
    penawaran menarik dan eksklusif khusus untuk anda hanya ada di HARI INI !!!

    Daftarkan sekarang juga dapatkan bonus sebesar Rp.50.000 dan deposit sebesar Rp.100.000,- akan mendapatkan bonus tambahan sebesar Rp.50.000,-
    Yuk sekarang juga !!

    BalasHapus
  3. Halo semua,
    Nama saya nur syarah kota Bogor di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang untuk menyenangkan hati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di sini untuk scam Anda keluar dari uang Anda , saya mengajukan pinjaman dari sekitar 150 juta dari seorang wanita di Filipina dan saya kehilangan sekitar 10 juta tanpa mengambil pinjaman, mereka meminta lagi dan lagi untuk biaya, saya membayar hampir 10 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman, ada yang menunjukkan kepada saya sekitar 2 kali dari dua wanita yang berbeda di Filipina, saya berharap saya akan bertemu dengan orang yang tepat, tapi saya tidak.

    Kemuliaan bagi Tuhan, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja diterapkan pinjaman, dan ia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya kepada Ibu Margaret pedro, CEO Margaret perusahaan pinjaman pedro, dan saya diterapkan untuk 420 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tapi aku punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena saya diselamatkan dari mendapatkan miskin.

    jadi saya nasihat semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk kontak
    Mrs Margaret pedro melalui email: margaretpedroloancompany@gmail.com

    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut melalui email: nursyarah36@gmail.com

    sekali lagi terima kasih untuk semua membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    BalasHapus