Minggu, 22 Januari 2017

MOMMYCLOPEDIA: Panduan Lengkap Merawat Bayi (0-1 tahun)




Penulis: dr. Meta Hanindita Sp. A
Desain sampul dan ilustrasi: Nynda Fatmawati Public Relation Management in collaboration with Haikalogy
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: Pertama, 2016
Jumlah hal.: 123 halaman
ISBN: 978-602-03-3461-5

Buku ini memberikan panduan yang tepat dan praktis secara medis untuk merawat bayi pada tahun pertama.

Ditulis dengan bahasa singkat dan jelas serta dipenuhi ilustrasi menarik, semua informasi di dalamnya akan membuat hari-hari merawat dan mengasuh bayi semakin menyenangkan.

Dilengkapi dengan QR Code di hampir setiap halaman, Anda bisa mendapatkan informasi tambahan yang lebih lengkap melalui aplikasi Mommyclopedia.

***

Sejak hamil, saya menyadari bahwa bacaan terkait kehamilan, melahirkan dan menyusui jarang dilirik jika dirasa belum dibutuhkan. Padahal ada baiknya jika tanggal pernikahan sudah ditetapkan, maka ilmu terkait kehamilan dan melahirkan sudah mulai dikumpulkan. Hal serupa pun terjadi dalam hal merawat bayi. Buku-buku terkait perawatan bayi sudah mulai dilirik saat sudah memasuki tri semester akhir.

Saat menyadari kebutuhan akan buku-buku yang membahas tentang perawatan bayi, saya menyadari bahwa buku-buku tipe ini sulit ditemui dan lebih banyak yang menitiberatkan pada MPASI. Padahal sebagai new mom yang baru pertama kali merawat bayi, maka pengetahuan paling awal yang saya butuhkan adalah bagaimana merawat bayi yang baru lahir. Baru kemudian fokus pada MPASI. Itu sebabnya saya langsung tertarik saat judulnya menyebutkan usia bayi yakni 0 sampai 1 tahun.

Buku ini memiliki tampilan yang menarik. Tidak hanya cover nya yang manis dengan gambar ibu dan anak. Di dalam buku pun ilustrasinya menampilkan gambar yang setipe sebagai pelengkap penjelasan yang tertulis di dalam buku. Dan paling menyenangkan adalah buku ini full colour. Saat dibaca bersama bayi pun akan membuat mereka tertarik untuk meraihnya.


Selain itu, urutan pembahasannya pun pas. Dimulai dari perawatan bayi baru lahir seperti bagaimana merawat tali pusar, juga berbagai mitos tentang bayi yang baru lahir. Kemudian di akhir buku dibahas sejumlah penyakit yang rentan diderita bayi mulai dari gejalanya hingga cara penanganannya. Juga ada pembahasan tentang kecelakaan yang biasa dialami oleh bayi sehingga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk mencegah agar tidak terjadi pada bayi saya.

Adapun urutan babnya adalah: 1) Bayi Baru Lahir, 2) Perawatan Bayi, 3) Menyusui, 4) MPASI, 5) Tumbuh Kembang Bayi, 6) Kesehatan Bayi, 7) Pertolongan Pertama

Buku ini juga dilengkapi sejumlah tabel yang memudahkan untuk memahami penjelasan. Selain itu di setiap bab ada pembahasan tentang mitos dan fakta terkait perawatan bayi.

Oiya, saya pun akhirnya mengunduh aplikasi Mommyclopedia dan kemudian memanfaatkan QR Code yang ada di halaman buku untuk mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap. Ini membuat pengalaman membaca buku ini semakin menyenangkan dan terasa semakin mudah.

Buku ini sangat saya rekomendasikan untuk para new mom agar lebih siap dan sigap dalam menangani bayinya. Semangat yaaaa!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar