Jumat, 30 Desember 2016

[Blogtour: Review + GA] Rewrite



“Laki-laki ganteng dan kalimat gombal memang merupakan paduan yang cocok untuk membuat jantungmu berdebar kencang, bukan?” (Hal. 13)

Penulis: Dirsta Alifia
Editor: Pradita Seti Rahayu
Penerbit: Elex Media Komputindo
Cetakan: Pertama, 2016
Jumlah hal.:  249 halaman
ISBN: 978-602-02-9546-6

Sejauh apa pun aku menghindar, ternyata, langkah-langkahku selalu terarah padamu.
Saras Widjaya, seorang perempuan yang harga dirinya lebih tinggi dari langit ketujuh menepis segala rindu yang ia punya pada sang mantan kekasih.
Gilang Ranggala, yang pandai menerbangkan pesawat dan juga harapan Saras, tak pernah tidak menyesali perbuatannya satu tahun lalu. Emosi yang begitu meledak, juga kata-kata yang tak seharusnya ada, membuat hubungan yang sudah mereka bangun tiga tahun runtuh begitu saja.
Namun, sekuat apa pun Saras menyangkal, ia tetap tak bisa menghindari bayang-bayang Gilang. Sedalam apa pun Gilang menyesal, ia sudah kehabisan cara meyakinkan Saras.
Dalam diam, mereka berharap.
Semoga kisah ini dapat ditulis ulang dengan akhir yang paling baik untuk mereka berdua.

***

“Kadang, banyak orang yang berpikir bahwa mereka adalah pusat kehidupan bagi orang-orang yang ada di sekelilingnya. Padahal belum tentu orang-orang peduli sama mereka.” (Hal. 7)

Novel ini berkisah tentang Saras dan Gilang, yang pernah memiliki masa lalu bersama. Mereka pernah menjalin kasih selama 3 tahun. Berbagi banyak hal, termasuk impian untuk menjalani masa depan bersama. Sayangnya hubungan itu harus berakhir dalam satu malam.

Gilang yang kemudian menyadari bahwa ia tidak bisa melupakan Saras. Mencoba untuk memperjuangkan kembali Saras. Berusaha mendapatkan kembali kesempatan itu. Saat mereka kembali bertemu di London, Gilang merasa itu menjadi kesempatan yang dia miliki untuk mengubah kenangan yang mereka miliki setahun sebelumnya. Setahun lalu, hubungan Gilang dan Saras berakhir di London. Maka ia berharap London pula yang akan membawa kembali Saras padanya.

Bisakah Gilang meraih kembali Saras? Mengobati luka yang sudah ia torehkan di hati Saras?

***

“.... Senyum kamu selalu bikin aku ingat, di mana pun aku berada, aku selalu punya tempat untuk istirahat. Tempat untuk kembali pulang.” (Hal. 60)

Cover novel ini tampil dengan sangat manis. Saya suka dengan warnanya. Serta ilustrasi  dua sepatu yang simple. Topografi judulnya juga cantik dengan warna yang membuatnya terlihat jelas.

Opening ceritanya cukup menarik. Meskipun awalnya saya dibuat bingung, bagian mana yang masa kini dan mana yang flashback karena tidak ada pemisahan yang jelas. Kedua tokoh utamanya sering memikirkan masa lalu. Tapi penceritaan menggunakan sudut pandang orang pertama secara bergantian antara Saras dan Gilang membuat cerita ini tetap rapi dan mudah dipahami. Apalagi cara bertutur keduanya berbeda, tidak hanya karena cerita dari sisi Gilang memakai kata “gue” sedangkan dari sisi Saras memakai kata “aku”. Melainkan cara bertutur mereka pun berbeda.

Salah satu part favorit saya adalah pembahasan tentang makna cinta bagi Plato yang ada di halaman 30. Bahwa saat kita jatuh cinta karena kita melihat sebuah kualitas yang tidak kita  miliki pada orang tersebut dan berpikir orang itu akan bisa memberikan kualitas itu pada diri kita. Ah, ini yang menyenangkan dari membaca buku. Menemukan hal menarik dan berpikiran mendalam.

Ada beberapa hal yang mengganggu saya, pertama tentang Citra. Di sepanjang cerita tidak disebutkan penyakit apa yang dideritanya. Hanya menyebutkan ia rutin masuk rumah sakit dan mendakak meninggal. Padahal sebagai saudara kandungnya, Saras seharusnya bisa bercerita lebih detail. Apa penyakitnya. Kedua, adalah inkonsistensi. Di halaman 177 di sebutkan bahwa Gilang tidak pandai berkata-kata. Tapi ia digambarkan suka ngegombalin Saras. Hm.. deskripsi ini terasa kurang pas. Terakhir, masih terlalu dominan telling seperti penggambaran Gilang yang “tidak pandai berkata-kata” padahal itu tidak perlu. Sudah dilakukan showing yang jelas dan lucunya malah berkebalikan dengan yang disebutkan Saras ini. Telling seperti ini masih banyak dilakukan dalam cerita. Membuat deskripsi terasa kurang.

Tapi secara keseluruhan, novel ini enak dibaca. Terutama saat sampai di bab-bab terakhir. Saya sempat ikut terharu saat membaca adegan kecelakaan yang dialami Gilang. Ah, kira-kira Gilang selamat tidak, Readers? Gih, baca novelnya. Biar tidak penasaran.


“.... Kalau ada masalah, coba kamu yang ngalah. Ngalah bukan berarti kalah. Cara memadamkan api itu pakai air, bukan pakai api juga, kan? ...” (Hal. 73)

***

“Bahwa hal terburuk dari suatu pengharapan yang tinggi adalah, ketika harapan itu tidak tercapai, sang pemimpi hanya akan bisa terjatuh tanpa bisa kembali utuh.” (Hal. 83)

Give Away Time!!!

Seperti judulnya, postingan ini adalah bagian dari rangkai blogtour Rewrite karya Dirsta Alifia. Dan blog ini mendapat kesempatan menjadi penutup dalam rangkaian blogtour tersebut. Nah, sudah tersedia hadiah novel Rewrite untuk satu orang pemenang.
Kamu mau mendapatkannya, Readers? Yuk ikuti langkah-langkah ini
1.      Share informasi Giveaway ini di salah satu (boleh keduanya) akun medsos berikut:
a.       Instagram:
-          Follow akun instagram @dirstaalifia @elexmedia dan @atriasartika
-          Share postingan #IGBookReview #Rewrite yang saya publish di akun instagram saya
b.      Twitter
-          Follow akun twitter @dirstaalifia @elexmedia dan @atriasartika
-          Share link Giveaway ini sambil mention ketiga akun di atas dan pakai tagar #GAREWRITE
2.      Jawab pertanyaan berikut di kolom komentar:
“1) Arti kesempatan kedua buat kamu?
2) Kenapa saya harus baca Rewrite?”
Jangan lupa tulis juga data dirimu sebagai berikut:
Nama:
Email:
Akun yang dipakai untuk share Giveaway ini: Instagram/ Twitter
Nama akun instagram/twitter
3.      Periode Giveaway: 30 Desember 2016 – 1 Januari 2017.
Wah, Giveawaynya berlangsung setahun ya. He..he.. yuk buruan ikutan biar dapat buku baru di tahun yang baru :D


42 komentar:

  1. Nama: Elsita F. Mokodompit
    elsitafransiska[et]gmail[dot]com
    Twitter: @sitasiska95
    https://twitter.com/sitasiska95/status/814736370304327680

    1. Kesempatan kedua adalah sinyal bahwa kita masih dipercaya oleh waktu dan seseorang yang memberi kesempatan itu. Kita masih cukup pantan untuk kembali disayangi
    2. Kenapa saya harus baca bukunya? Karena saya rasa perjuangan dan kegigihan Gilang bisa menjadi suatu pelajaran tentang bagaimana menghargai waktu, kebersamaan dan tentu saja kepercayaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koreksi ada typo: "Kita masih cukup pantas untuk kembali disayangi"

      Hapus
  2. Nama: Bety Kusumawardhani
    Email: aki.no.melody@gmail.com
    Akun yg dipakai: twitter
    Twitter: @bety_19930114

    Kesempatan kedua bagiku adalah sebuah miracle karena tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan itu. Kesempatan kedua ada untuk memperbaiki kesalahan yg telah diperbuat supaya ke depannya tidak mengulangi kesalahan yg sama dan menjadikan hidup lebih baik lagi. Jika aku mendapatkannya, aku akan merasa sangat beruntung sehingga mensyukurinya. Kesempatan kedua itu kesempatan yg sangat langka ibarat mencari jarum di tumpukan jerami, jadi pergunakanlah kesempatan itu sebaik-baiknya.

    Aku ingin rewrite karena penasaran dengan kesalahan yg membuat hubungan Gilang&Saras kandas dan ingin tahu usaha apa yg dilakukan Gilang untuk memperbaiki hubungan mereka. Aku jadi ingat kasusnya temenku. Siapa tahu habis baca novel ini, aku bisa memberikan saran untuk temanku itu. Aku juga suka covernya yg eye-catching terutama desain gambarnya. Dua pasang sepatu yg berhadap-hadapan mirip dengan pose foto yg lagi hits di instagram :)

    BalasHapus
  3. keren artikelnya gan, jangan lupa mampir gan,
    Bermain Dan mendapatkan Untung banyak

    BalasHapus
  4. Nama: Feby Aulia Ayundita
    Email: feby.auliaayundita@gmail.com
    Akun yang dipakai: twitter
    Akun twitter: @febyaulia316
    https://twitter.com/Febyaulia316/status/814750310409244672

    Arti kesempatan kedua bagiku adalah suatu keajaiban. Karena enggak semua orang bisa mendapatkan kesempatan kedua, karena untuk mempercayai kembali orang yang telah mengecewakan itu sangat sulit. Dan kesempatan kedua juga menurutku sesuatu yang harus dipertahankan, karena jika kita diberi kesempatan kedua oleh orang lain berarti kita masih diberi kesempatan untuk dapat dipercaya kembali, maka dari itu orang-orang yang diberi kesempatan kedua itu harus mempertahankan kesempatan itu.


    Aku penasaran sama kisah Gilang dan Saras, aku pernah baca rewrite saat masih berjudul immortal dan itu baru beberapa part doang๐Ÿ˜Ÿ jadi aku pengen tau kisah, konflik dan adegan-adegan yang disajikan oleh kak dirsta ini di buku rewrite ini. Juga di buku ini katanya banyak quotes yang menarik jadi aku pengen tau quotes apa aja itu๐Ÿ˜Š, daan terakhir pengen tau ending dan pesan moral apa yang terdapat dibuku rewrite ini

    BalasHapus
  5. Nama: Alyani Shabrina Heriestyawati
    Email: alyaniistt29@gmail.com
    Akun yang dipakai: twitter
    Nama akun: @alyanishab
    Jawaban:

    1. Kesempatan kedua adalah kesempatan yang Tuhan berikan sekali lagi kepada saya. Kesempatan untuk berusaha lebih baik dari sebelumnya. Memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terjadi di masa lalu dan memberikan hasil yang terbaik di masa ini. Menurut saya itulah arti kesempatan kedua.

    2. Karena aku tertarikkkkkk sekali dengan covernya, biasanya aku memilih suatu bacaan berdasarkan judul,cover, dan penulisnya. Cover novel rewrite ini sangat manis dan lucu. sama seperti kakak, aku suka perpaduan warna, gambar dan bentuk tulisan dari judulnya. selain itu ceritanya yang mengambil setting london juga membuat penasaran hihihi. Punya mimpi bisa pergi kesana untuk kuliah dan liburan. hehe.

    BalasHapus
  6. Nama: Angelina Arum Wulandari
    Email: angelina_arum@yahoo.com
    Akun yang dipakai: Twitter
    Akun twitter: @angeliaaw249
    Link share: https://twitter.com/angeliaaw249/status/814753964323434497

    1. Kesempatan kedua menurutku adalah kepercayaan yang diberikan seseorang untuk kita lagi setelah kita membuat sutau kesalahan besar maupun kecil. Menurutku penerima kesempatan kedua adalah orang yang sangat beruntung, karena itu berarti ia masih memiliki orang yang menyayanginya sehingga ia diberi kepercayaan untuk dapat memperbaiki kesalahan sebelumnya.

    2. Saya harus membaca Rewrite karena saya tertarik dengan cara penulis mengangkat kisah yang mainstream dan mengubahnya menjadi kisah yang layak dibaca (berdasarkan review-review yang saya baca). Aku juga sangat suka dengan ke-simple-an novel ini, dari cover, tema yang diambil, dan nama tokoh yang engga aneh-aneh hingga kadang susah buat melafalkannya. Dan belum baca novelnya saja saya sudah baper sama salah satu quotes-nya, “Kadang, banyak orang yang berpikir bahwa mereka adalah pusat kehidupan bagi orang-orang yang ada di sekelilingnya. Padahal belum tentu orang-orang peduli sama mereka.”. Jadi saya sangat berharap untuk bisa membaca novel ini.

    Terima kasih untuk kesempatan mengikuti giveaway-nya, Kak:)

    BalasHapus
  7. Nama: Lina Ernawati
    Email: linaernawati10@gmail.com
    Akun yang dipakai: twitter
    Twitter: @Linaernaw

    1) Arti kesempatan kedua buat kamu?

    Kesempatan kedua bagi saya yaitu peluang yang diberikan kembali kepada seseorang dengan tujuan untuk memperbaiki diri dan menjadi lebih baik lagi.
    Memberikan kesempatan kedua itu memang tidak salah, bahkan allah pun bersedia memberikan kesempatan kedua kepada hambanya.
    Kesempatan kedua itu pantas diberikan untuk orang yang benar benar mau berubah dan mau berusaha untuk memperbaiki diri dan sikap. Selalu ada kejaiban untuk orang orang yang mau berusaha menjadi lebih baik lagi.

    2) Kenapa saya harus baca Rewrite?

    Saya harus baca rewrite, karena cerita ini konfliknya ringan. Cerita ini juga memberikan saya pelajaran bahwa kesempatan kedua itu pasti ada asal kita mau berusaha untuk mendapatkannya, dan tidak akan ada usaha yang berakhir sia sia. Saya salut terhadap sosok gilang yang mau memperbaiki diri dan berusaha untuk mendapatkan kesempatan kedua dari saras, bahkan gilang beberapa kali menunjukan perhatian dan kepeduliannya terhadap saras dan adiknya. Kesibukan gilang sebagai pilot tidak menghalangi niat dia untuk kembali bersama saras.

    BalasHapus
  8. Nama: Aulia
    Email: auliyati.online@gmail.com
    Akun share: twitter
    Twitter: @nunaalia

    1) Arti kesempatan kedua buat kamu?

    Kesempatan untuk memperbaiki diri dan belajar dari pengalaman untuk tidak mengulangi kesalahan. Memanfaatkan peluang yg ada untuk mencapai keberhasilan yg tertunda.

    2) Kenapa saya harus baca Rewrite?”

    Karena mau belajar memberikan kesempatan kedua untuk orang lain, juga memanfaatkan kesempatan kedua yg datang dari kisah ini. ;)

    BalasHapus
  9. Nama: Eni Lestari
    Email: shinra2588@yahoo.com
    Akun yang dipakai: Twitter
    Twitter: @dust_pain

    1) Arti kesempatan kedua buat kamu?

    memulai kembali sesuatu dari awal dan jangan sampai mengulang kesalahan di masa lalu.

    2) Kenapa saya harus baca Rewrite?

    karena temanya tentang kesempatan kedua. mungkin dari novel ini aku bisa melihat seperti apa orang yang layak diberi kesempatan kedua. semisal apa yang dia ucapkan, dilakukan, dsb. jadi ketika suatu hari nanti aku punya problem yang sama, aku bisa memutuskan akan memberi kesempatan kedua atau gak :)

    BalasHapus
  10. Nama:SitiNihlatulFuadah
    E-mail:nihlafuadah@gmail.com
    Akun yang dipakai: Instagram
    Nama akun:@nihlafuadah


    1) Arti kesempatan kedua buat aku tuh adalah kesempatan kalau aku yang mendapatkannya. Juga pilihan kalau aku yang memberikannya. Sesimpel itu? Iya!
    Karna ketika aku mendapatkanya,kesempatan adalah sesuatu yang berharga seperti miniatur kaca, sedikit menyimpang dari tempat seharusnya akan pecah seketika. Musnah sudah.
    Ketika memberikannya, itu pilihan, karna setiap pilihan yang kita ambil kita juga harus selalu siap akan konsekuensinya bukan? *bahagia atau terluka yang akan kita dapat kedua kalinya*

    2) pengen baca Rewrite. Peasaran segimanahebohnya buku itu,temen-temen aku udah ada yang baca, aku belum. Terkesan juga gimana sikap Sarah dan Gilang menghadapi kemelut hatinya masing2...

    BalasHapus
  11. Nama: Nurul Astri
    Email: astristyles82@gmail.com
    Akun Share: Twitter
    Akun Twitter: @nurulastrirmdn

    1. Kesempatan kedua berarti kepercayaan. Itulah sebabnya mengapa tidak banyak orang yang memberikan kesempatan kedua, karena kepercayaan mahal harganya.

    2. Mengapa aku harus baca Rewrite? Karena aku suka dengan covernya yang manis. Pertimbangan pertama pembaca membeli sebuah buku adalah covernya, dan menururku Rewrite sudah lulus dalam tahap itu. Kemudian blurbnya, aku tertarik dengan konflik antara Saras dan Gilang yang sepertinya akan menguras emosi. Mereka masih saling sayang, namun karena Gilang hilang kendali, ia tak sengaja menyebut sesuatu hingga berakibat fatal pada hubungan mereka. Mungkin ini klimaksnya, tapi perjalanan mereka masih panjang, ini masih awal. Dan aku bersedia untuk ikut dalam perjalanan itu.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Nama : Khaerunnisa
    E-mail : khaerunnisa0198@gmail.com
    Akun Share : Twitter
    Nama twitter : @NhisaMinoz75
    1) Arti kesempatan kedua buat kamu? Kesempatan kedua buat ku adalah Keajaiban yang langkah. tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan kedua, dengan adanya kesempatan kedua, kita bisa lebih baik dari sebelumnya, tidak mengulangi kesalahan yang sama lagi. Karena dengan adanya kesempatan kedua seseorang akan berubah dan pandai bersyukur. Dan karena perubahan itu saya menganggap kalau kesempatan kedua itu adalah keajaiban.
    2) Kenapa saya harus baca Rewrite?” karena penasaran dengan ceritanya? Suka dengan kavernya? Iya saya suka kavernya dan penasaran sama ceritanya, tapi saya lebih penasaran dengan karakter tokoh dan setting dalam cerita ini, di review ini udah dibahas tentang tokoh dan settingnya tapi itu tidak membuat rasa penasaran saya hilang, karena review di atas hanya membahas secara singkat. Jadi saya harus membaca Rewrite ini untuk menghilangkan rasa penasaran saya. Dari reviewnya, novel ini juga sangat rekommended banget untuk di baca, karena didalamnya banyak pembelajaran yang bisa kita ambil dan kita terapkan di kehidupan kita nantinya.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Nama : Ervan Setiawan
    Nama email : ervansetiawan1996@gmail.com
    Nama akun twitter : @ervanedge
    Link :
    https://mobile.twitter.com/ervanedge/status/814845670641152000?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C5428698451

    Nama akun IG : @ervanedge
    Link :
    https://www.instagram.com/p/BOpSnJMDUc3/


    Akun wattpadnya aku dah follow yg @dirstaalifia

    Jawaban :

    1. Kesempatan Kedua itu artinya Allah percaya kepada kamu klo kamu itu memang pantas mendapatkanya
    Jangan pernah di sia-siakan :)

    2. Karena aku dah follow twitter dan IG dan Wattpadnya @dirstaalifia aku percaya karyanya bukan main-main , dan Cinta yg meyakinkan itulah yg berat bnget buat Gilang , Dalam buku itu menjadi daya Tarik dari segi jalan cerita Sinopsis dri kak @atriasartika sudah bikin pnasaran sekaligus buku yg wajib di baca Awal tahun :)



    BalasHapus
  16. Nama: Hapudin
    Email: hapudincreative@gmail.com
    Akun dipakai: Twitter
    Akun twitter: @adindilla

    Jawaban:

    1. Arti Kesempatan Kedua; seperti rewrite (menulis ulang), menyusun kembali dari awal atas akhir yang dipaksa atau terpaksa. Dan saya kira semua orang berhak diberikan atau memberi kesempatan kedua karena manusia memiliki perasaan terdalam yang pada waktunya akan menyadarkan pada kebenaran. Jangan sampai kesadaran mereka yang pernah melakukan kesalahan, tidak menjadi kebaikan.

    2. Alasan saya harus baca Rewrite karena setting London yang dipakai penulis. Saya selalu merasa minat dengan setting kota mana pun. Lebih-lebih jika kota di luar negeri. Saya menyukai ikon atau detail yang ada di kota tersebut. Selain menambah wawasan kota, saya juga serasa diajak piknik. Plus-nya, Rewrite menawarkan kisah cinta yang rumit, versi saya. Sebab, kesalahan yang dilakukan pada masa lalu, akan sulit dilupakan apalagi untuk diberikan kesempatan kedua. Walau pun kesalahan tersebut sudah dimaafkan. Usaha segigih apa yang akan dilakukan Gilang untuk meyakinkan Saras dengan ketulusannya?

    BalasHapus
  17. Nama : Lia Kusniawati
    Email : liakusniawati14@gmail.com
    Akun yang dipakai : instagram
    Nama akun : liakusniawati

    1) Second chance. Sebuah frasa yang tentunya tidak akan aku sia-siakan begitu aku mendapatkannya. Aku sangat mengagungkan mereka yang bersedia memberikan kesempatan kedua untukku. Mereka adalah orang hebat yang siap jatuh kembali ke dalam lubang yang sama. Hanya mereka yang berhati seringan kapas yang bersedia memberikan kesempatan kedua kepada orang yang telah menancapkan paku di hatinya. Menimbulkan perih dan luka. Dan aku tahu, bukan hal mudah untuk memutuskan hal bodoh seperti itu kepada orang yang telah meruntuhkan dinding kepercayaannya. Dan jika mereka memberikannya, ini menjadi pertanda bagus. Itu berarti mereka memandangku bukan sebagai perusak, melainkan sebagai seseorang yang mampu me-reset kesalahannya dan kembali membangun ulang dinding semu itu, walau tidak sepenuhnya sama seperti semula. Karena sehebat apapun kalian memperbaiki pecahan gelas, tidak akan mengembalikannya utuh seperti sedia kala.

    2) kenapa aku harua membaca rewrite? Jujur, hal pertama yang membuatku tertarik adalah design covernya. Dua pasang sepatu yang unik. Disusul kepribadian pemeran laki-laki, Gilang, di bagian sinopsisnya. Entah mengapa aku menyukainya, suka menggombal. Mengingatkanku pada cowo-cowo bandel namun humoris di beberapa novel yang telah aku baca. Dan, ya, aku penasaran dengan apa yang menbuat hubungan mereka berakhir hanya dalam satu malam serta apa yang berada di halaman 30 tentang makna cinta. Dan aku yakin novel ini akan membangun imajinasiku dan membuatku terhanyut ke dalam kisahnya.

    BalasHapus
  18. Tri
    triyusufciduk@yahoo.com
    Twitter
    @LiebeIs0503

    1. Kesempatan kedua adalah kepercayaan, kepedulian, keyakinan, keinginan, dan keberuntungan. Ketika kita masih diberi kesempatan kedua itu berarti, orang yang memberikan kesempatan kedua itu masih percaya denganku, ia peduli pada diriku, yakin bahwa aku bisa melewati kesempatan kedua ini dengan baik dan menginginkanku untuk tidak mensia-siakan lagi kesempatan yang telah diberikan. Dan semua itu adalah keberuntungan untukku. Tidak, tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan kedua dengan mudahnya! Lalu, nikmat tuhan yang mana lagi yang dapat kudustakan? Jika telah diberikan kesempatan kedua tapi aku masih lalai akan tanggung jawabku. Kesempatan kedua, anggaplah itu adalah saat terakhir untuk kita sehingga kita akan beejuang untuk melakukan yang terbaik agar berhasil!

    2. Rewrite. Kembali lagi memulai sesuatu yang awalnya telah disia-siakan. Mengulang sesuatu yang sama tapi kini ingin berakhir yang dengan indah. Terlepas dari segala kekurangan yang dikatakan kak Atria, aku tetap tertarik untuk memiliki novel ini dan ingin menikmati kisah perjuangan Gilang. Kesalahan, setiap orang pernah melakukannya. Tidak ada manusia yang sempurna di bumi ini, bukan? Gilang. Apakah ia memanfaatkan kesempatan kedua yang ia miliki? Bukankah takdir telah mempertemukan mereka sebagai tanda ia punya kesempatam untuk memperbaikinya? Apa ia berhasil? Bantu aku menemukan jawabannya dengan memberikan novel itu padaku, kak ^^

    BalasHapus
  19. Nama: Nadia Ayu Setiyaningbudi
    E-mail: Nadiaayusetiyaningbudi@gmail.com
    Instagram: @nadiasetiyabudi
    Twitter: @nadiasetiyabudi

    1. Bagiku, kesempatan kedua adalah keajaiban yang telah aku terima untuk memperbaiki segalanya. Ini adalah waktu yang tak boleh lagi aku sia-siakan. Karenanya, tentang kesempatan selanjutnya, maksudku tentang kesempatan ketiga, keempat, dan seterusnya itu belum pasti ada. Mungkin saja ini kesempatan terakhir. Itulah mengapa kesempatan kedua bagiku adalah emas, berlian, permata, yang tak ternilai lagi harganya.
    2. Mengapa aku harus membaca Rewrite? Karena Rewrite memikat mataku sejak tatapan pertama. Setelah membaca sinopsisnya aku juga semakin dibuat penasaran olehnya. Juga karena alurnya yang campuran membuatku sangat tertarik. Bisa untuk menjadi bahan referensiku dalam menulis novel karena aku juga sedang belajar menulis.

    BalasHapus
  20. Nama:Kitty
    Email: kitty[dot]wibisono[at]gmail[dot]com
    Instagram/ Twitter: @womomfey

    1) Arti kesempatan kedua buat kamu?

    Kesempatan kedua itu berarti:
    - memaafkan: baik diri sendiri maupun orang lain. Tanpa memaafkan, rasanya mustahil tercipta kesempatan kedua.
    - move on: setelah memaafkan, hal kedua yang perlu dilakukan adalah move on. Tanpa move on, maka sia-sialah kesempatan kedua yang sedang ada di depan mata
    - evaluasi: sembari menjalani sebuah kesempatan kedua, ada baiknya kita terus mengevaluasi diri. Dengan begitu, kita bisa terhindar dari melakukan hal-hal yang bikin kita terjatuh di masa lalu.


    2) Kenapa saya harus baca Rewrite?
    >> karena setiap orang perlu kesempatan kedua da Rewrite mengisahkan tentang hal ini dengan sangat baik (well, at least inilah yang kutangkap setelah membaca review dari kak Atria).
    >> BLURB dan Covernya pun begitu menggugah selera! Sepertinya memanggil-manggil untuk minta segera dibaca olehku ^^ (maafkan kegombalanku ini ya, Kak)

    BalasHapus
  21. Nama: Nurillaiyah
    Email: xiodeo@gmail.com
    Twitter: @magnolia2498

    1) Arti kesempatan kedua buat kamu?
    Kesempatan kedua buat aku adalah cara memperbaiki semua yang terjadi dan tidak mengulang kesalahan yang sama. Kesempatan kedua ini amat langka, hingga perlu di syukuri jika masih diberi kesempatan untuk memperbaiki kesalahan yang ada, meski nggak bisa seratus persen sama seperti yang kita harapkan sebelumnya. Karena biasanya kesempatan kedua itu menjadi "remidi" terhadap sesuatu yang pernah kita lakukan sebelumnya. Apapun itu.

    2) Kenapa saya harus baca Rewrite?
    Penasaran sama karakter dan ceritanya, bagaimanapun sedikit bocoran di atas membuatku pengen baca kisahnya. Siapapun yang mendengar "balikan sama mantan" pasti punya dua jawaban yang nggak sama. Itu yang buat aku penasaran. Bisakah rewrite ini mematahkan rumor "mantan itu masa lalu yang harus di lupakan"?
    Jadi aku penasaran sama perspektif yang ada di novel ini soal mantan. Pengen banget baca pokoknya :)

    BalasHapus
  22. Nama : Mifta Rizky W
    email : keyminoz@yahoo.com
    Akun dipakai: Twitter
    Twitter : @keyminoz

    Jawaban:

    1) Arti kesempatan kedua buat kamu?
    Kesempatan kedua itu perlu, penting banget. Biar kita sadar kalo apa yang kita lakuin sebelumnya itu salah dan kita bisa memperbaikinya. Kesempatan kedua itu berharga, mesti dipergunain baik2. Karna untuk mendapatkannya sulit, apalagi kalau kita nyia-nyiainnya. Mungkin gak akan kita dapetin kesempatan kedua itu.

    2. Kenapa saya harus baca Rewrite?
    Penasaran, dari review nya bikin aku baper akut, dua orang yang masih sama-sama memiliki perasaan cinta, namun ada penghalang yang membuat mereka kemudian meragu untuk kembali bersama, ada adegan Gilang kecelakaan kesempatan keduanya berhasil gak itu ?

    BalasHapus
  23. Nama: Ratna Komalasari
    email: dreravios@gmail.com
    akun twitter: @dreravios


    1. Kesempatan kedua berarti kesempatan yang kita miliki untuk memulai suatu perubahan dalam diri kita masing-masing.
    Jarang sekali kita memiliki kesempatan kedua, maka jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan itu. kesempatan yang menuju lebih baik.
    Kalau kita di beri kesempatan kedua berarti kita di beri suatu kesempatan untuk berubah lebih baik lagi.

    2. Karena Rewrite ini menjadi salah satu wishlist aku. Baca di wattpad belum selesai dan kayaknya versi cetaknya juga ada beberapa perubahan.
    Kangen Gilang yang ngejar-ngejar Saras juga. Dan di dalam kisah ini kita akan mengetahui makna dari Kesempatan Kedua serta memaafkan.

    BalasHapus
  24. 1. Apa arti kesempatan kedua bagimu?
    Bagiku, kesempatan kedua ialah kesempatan langka dan tak semua orang bisa mendapatkan keajaiban itu. Serta, kesempatan kedua khusus diperuntukkan kepada orang-orang yang gigih dalam berusaha untuk menunjukkan bahwa ia benar-benar berhak mendapat kesempatan itu.

    2. Kenapa saya harus baca Rewrite?
    Karena, menurut beberapa review yang telah saya baca, Rewrite ditulis secara menarik oleh Si Penulis. Dengan latar belakang Kota London yang menjadi saksi bisu berakhirnya hubungan kedua tokoh yang sudah dijalin selama tiga tahun dalam satu malam. Pun menjadi saksi bisu perjuangan Gilang untuk mendapat cinta dan kepercayaan Saras kembali.
    Belum lagi Rewrite dikemas secara unik namun bisa menarik perhatian para pembaca. Cover-nya juga simple. Pilihan warna dasar dan topografi-nya terlihat pas.

    BalasHapus
  25. Nama: Dwita Andhara
    Email: dhitaandhara@gmail.com
    Akun share: twitter
    Twitter: @dwitaandhara

    1. Kesempatan kedua menurutku punya dua arti di sini. Kalau aku di posisi Gilang, kesempatan kedua harusnya jadi pelajaran untukku belajar dari kesalahan. Karena bagaimanapun, pengalaman adalah guru terbaik. Biarkan masa lalu jadi masa lalu, cukup ambil hikmahnya saja. Jadi tidak ada kata putus asa dan menyerah sebelum kita mau mencoba dan berusaha untuk mendapatkan kesempatan kedua. Memang ada kalanya kepercayaan di ibaratkan orang seperti gelas kaca yang kalau pecah tidak bisa utuh sedia kala. Tapi, menurutku itu masih bisa di perbaiki karena aku lebih percaya sebuah usaha tidak akan menghianati hasilnya.

    Sedangkan jika di posisi Saras sendiri, menurutku kesempatan kedua itu lebih kepada keberanian, peduli, dan rasa rendah diri. Untuk rasa peduli dan berani itu menurutku sepaket. Jika masih peduli, kita akan memberi kesempatan kedua. Tapi itu tergantung lagi dari keberanian. Jadi selain karena peduli, kesempatan kedua itu ada kalau kita sudah berani meletakkan kepercayaan lagi pada tempat yang sama. Sedangkan untuk rendah diri ini lebih bersifat ke pada sang Pencipta. Menurutku, harusnya ketika Tuhan saja bisa memaafkan dan memberi kesempatan hambanya untuk bertobat, kita yang lebih rendah dari-Nya saja juga mesti memaafkan dan memberi kesempatan kedua pada seseorang yang mau memperbaiki diri.

    2. Aku harus baca Rewrite karena pertama suka dengan covernya. Anggaplah aku kudet karena baru tahu cerita ini pernah booming di wattpad. Tapi, untuk pertama kalinya tahu ada novel ini saat digiveawaykan, aku langsung suka dengan covernya. Gambarnya fresh dan manarik. Kedua, setelah membaca blurb di atas, aku semakin tertarik lagi. Quotes-quotesnya sweet, dan mungkin masih banyak lagi quotes yang tersembunyi di balik novel ini. Lumayan bisa di koleksi atau di jadiin status di sosmed kalau bisa jodoh dengan novel ini hehe. Terakhir dan yang paling buat aku tertarik lagi dan lagi sekaligus penasaran itu karena salut dan terharu pada tokoh Gilang yang ingin berjuang untuk mendapatkan Saras. Walaupun itu jadi tanda tanya lagi untukku pengen tahu usahanya kayak apa, hehe. Dan entah kenapa aku yakin bisa dapat banyak pelajaran dalam novel ini.

    BalasHapus
  26. 1) Arti kesempatan kedua buat kamu?
    Kesempatan yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Kesempatan yang mungkin aja menjadi kesempatan terakhir, sebab belum tentu kesempatan ketiga hadir setelah kesempatan kedua.

    2) Kenapa saya harus baca Rewrite?
    Agar aku bisa menulis kembali apa yang pernah aku tulis dan salah, kemudian memperbaikinya. Namanya juga rewrite, menulis ulang. Mungkin akan ada sesuatu yang bisa jadi pelajaran tentang apa itu kesempatan kedua, selain menurut pendapatku sendiri.

    Jangan lupa tulis juga data dirimu sebagai berikut:
    Nama: insan gumelar ciptaning gusti
    Email: alamadt_saya@yahoo.com
    Akun share: twitter
    Twitter: @san_fairydevil

    BalasHapus
  27. Nama : Arum Okta Sukarta
    Email : arum.okta12@gmail.com
    Akun : Twitter
    Twitter : @okta_s3233pm

    1 .Kesempatan kedua seperti sebuah anugerah dari semesta .Hidup selalu memberikan kesempatan kedua tapi hanya sedikit yang mampu memanfaatkannya . Kesempatan kedua tak berarti akan ada akhir bahagia tapi terkadang ini adalah kesempatan untuk mengakhirnya dengan benar .

    2. Udah kepincut sama covernya yang unyu unyu . Gak tau kenapa sih cuma aku ngerasa ini novel remaja banget , bahasanya ringan , tema yang di angkat juga dekat sama kehidupan sehari hari jadi buat pembaca gak susah bangun imanajisaninya . Udah baper aja sama review nya, udah sayanh banget gak bisa baca di wattpad jadi yaa bisa gak bisa tapi harus bisa sih baca ini novel . Penasaran sama kelakuannya si galang .

    BalasHapus
  28. Nama: Rohaenah
    Email: rohainalilis@gmail.com
    Twitter: @rohaenah1
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/815364949501353984
    Jawaban: kesempatan kedua adalah kepercayaan yg diberikan untuk kita bisa memperbaiki hal yg pada saat pertama tidak dilakukan dengan baik. Kesempatan kedua adalah hal yg tidak boleh disia-siakan karena sangat jarang orang bisa mendapatkannya. Yg namanya kepercayaan itu mahal, sekali orang menyiakannya akan sulit untuk memperolehnya lagi.
    Saya ingin buku Rewrite ini karena memang belum pernah baca karya kak Dirsta sebelumnya. Penasaran aja dengan kisah Gilang dan Saras di cerita ini.

    BalasHapus
  29. Nama : Rani W
    Email : ranidaiki@gmail.com
    Akun share : Twitter
    Twitter : @raniwidiyansyah


    1. Kesempatan kedua menurutku itu sebuah kepercayaan besar ya, karena kita diberi kesempatan untuk memperbaiki diri dari kesalahan yang kita buat sebelumnya dan untuk mendapatkan kesempatan kedua itu sulit, maka itu disebut kepercayaan besar karena belum tentu semua orang mendapatkannya, hanya orang-orang tertentu yang beruntung bisa mendapatkan kesempatan kedua.

    2.kenapa aku harus baca Rewrite? Karena dapet rekomendasi dari teman aku, katanya novel ini bagus (aku belum sempet baca di wp), terus aku juga sering baca review novel ini dan aku semakin tertarik, katanya, kita bakal dibuat jatuh cinta sama karekter Gilang, aku juga mau dong ikut jatuh cinta sama Gilang... selain itu, cover nya bagus, cocok buat menemani novelku yang lain :)

    BalasHapus
  30. Nama : R Tria Octasiana
    Email : rizkytria98@gmail.com
    Akun share : twitter
    uname twitter : @Octannow_

    1) Arti kesempatan kedua buat kamu?
    Restart=memulai kembali. Artinya mengakui kesalahan yg dulu dengan menjadikannya sebuah pelajaran dan mempunyai keinginan untuk memulai (lagi). Atau bisa juga artinya memberanikan diri untuk menulis ulang kisah yang sama, namun dibuku yang berbeda.
    Beruntung sekali jika mendapat kesempatan kedua, jika begitu seharusnya kesempatan kedua jangan dilepas.
    2) Kenapa saya harus baca Rewrite?”
    Karna saya sudah keliling blogtour, tapi sayangnya harus "mencoba lagi".
    Ini kisah tentang kesempatan kedua perihal cinta, menarik sekali. Ngomong-omong blurbnya ngena! Seolah-olah saya berada dalam situasi Gilang & Saras. Saya ingin tahu mengenai kesempatan kedua dengan sudut pandang orang lain, tentunya melalui kisah ini.
    Lalu buku ini tidak terlalu tebal, pun tidak terlalu tipis; konfliknya gak jauh-jauh dr kehidupan anak abegeh (ringan); tema yg diangkat mainsteam, shg lebih mudah untuk memahami isi cerita. Sesuai sama trivia saya yang memang menyukai buku seperti itu. ☺

    BalasHapus
  31. Nama: Najwa Fadhilatunnisa
    Email: najwafadhilatunnisaa@gmail.com
    Akun yang dipakai untuk share Giveaway ini: Twitter
    Nama akun twitter: @najwafadh

    1) Arti kesempatan kedua buat kamu?
    Arti kesempatan kedua bagi saya merupakan sebuah peluang yang diberikan kepada saya untuk memperbaiki suatu hal. Jika saya diberi kesempatan kedua, saatnya berintropeksi diri. Berarti Allah masih sayang dan peduli sama saya. Masih ingin menguji seberapa besar usaha saya untuk memperbaiki hal yang sudah berlalu.
    Contohnya saja, ketika seseorang mencoba untuk bunuh diri. Namun apa yang ia dapatkan? Allah masih memberinya kesempatan untuk hidup, tidak sesuai ekspektasinya. Di saat itulah, Allah telah memberi kesempatan kedua itu, akan dipakai untuk apa? Mencoba untuk bunuh diri kedua kalinya? Atau mencoba untuk memperbaiki dirinya sendiri? Kemudian kembali pada diri sendiri :)

    2) Kenapa saya harus baca Re-Write?
    Simpel. Karena saya suka ketika melihat seseorang itu berhijrah alias proses menuju yang lebih baik lagi ketika kesempatan itu ada. Apalagi dengan diberinya kesempatan kedua. Nikmat mana lagi yang ingin didustakan?

    BalasHapus
  32. Nama: Mia Karmila
    Email: miakrml@gmail.com
    Akun yang dipakai untuk share Giveaway ini:
    1. Instagram : https://www.instagram.com/p/BOtynwGBKIA/?taken-by=miwawow
    2. Twitter : https://twitter.com/miwawow/status/815479732154208256
    Nama akun Instagram: @miwawow
    Nama akun Twitter: @miwawow

    1. Makna kesempatan kedua
    Kesempatan kedua adalah saat ketika Tuhan memberikan kepercayaan dan jalan bagi saya untuk memaafkan diri dan memulai lembaran baru. Kesempatan kedua ada karena kesempatan pertama yang kurang beruntung ataupun maksimal. Maka dari itu, kesempatan kedua hadir untuk memperbaiki dan memaafkan diri dari kesalahan di kesempatan pertama. Kesempatan kedua juga merupakan pintu dimana kita berani mengambil resiko untuk masa depan dan tak lagi mengingat kepahitan dan terjebak kegagalan di masa lalu atau kesempatan pertama.

    2. Kenapa harus baca Rewrite?
    To be honest, ini pertama kalinya saya ikutan blogtour dan nampak seru. Dibandingkan dengan terus menjadi silent reader di beberapa blog, akan lebih menyenangkan bisa berinteraksi dengan meninggalkan komentar ataupun mengikuti blogtour seperti ini. Selain itu, membaca review di postingan blogtour ini membuat saya penasaran dengan seperti apa kesempatan kedua dimanfaatkan oleh Gilang dan Saras. Saya sendiri punya pengalaman tentang kesempatan kedua, dimana saya belajar dari kesalahan di kesempatan pertama. Karena saya percaya bahwa kesempatan kedua itu layaknya menulis kembali sebuah takdir baru yang sempat disia-siakan di kesempatan pertama.

    Semoga saja bisa lebih banyak belajar ttg makna kesempatan dan cinta dalam buku ini. :)

    BalasHapus
  33. Nama: Aghnaita
    Email: Aghnaita94@gmail.com
    Akun untuk share: Instagram
    Nama IG: aghnaita_
    1. Arti kesempatan kedua bagi saya, adalah suatu hal berharga namun tak pantas rasanya untuk saya dapatkan, setelah kesalahan yang pernah saya lakukan sbelumnya. Kesempatan kedua berarti kesempatan saya untuk memperbaiki kesalahan itu dan membuatnya menjadi lebih baik. Kesempatan yang tidak pantas untu disia-siakan, karena mungkin ini adalah kesempatan yang terakhir
    2. Kenapa saya harus baca Rewrite
    Saya sangat tertarik ketika kak Atria bilang buku ini membahas makna cinta menurut Plato. Saya sangat suka kak dengan filsafat, sedangkan Plato adalah filsuf termasyhur sampai sekarang. Saya ingin memahami hal ini secara langsung. Adegan terakhir yang membuat kakak terharu juga membuat saya penasaran kak.
    Saya juga ingin mereview buku ini, dan mencoba membandingkan bagaimana hasil review saya dengan kaka. Nanti akan terlihat ada kesamaan atau perbedaan.

    BalasHapus
  34. 1.kesempatan kedua bagi saya adalah waktu tambahan yang diberikan pihak lain kepada saya untuk membuktikan bahwa saya menunjukkan hasil yang diharapkan oleh sang pemberi kesempatan. Pihak lain bisa siapa saja yang berkaitan dengan saya, entah dalam hubungan romantis, prestasi akademik, kepercayaan orang terdekat, dll.

    2. Saya harus baca rewrite karena saya ingin membaca pengalaman tokoh dalam menjalankan kesempatan kedua dalam menjalani hubungannya.

    Nama: Alfath
    Email: alfath(dot)bookreader(at)gmail(dot)com
    Akun share giveaway: twitter atas nama @alfari_12

    BalasHapus
  35. Nama : Khairunnisa Istiyana
    E-mail : khaistii11@gmail.com
    1.kesempatan kedua, hal sekaligus moment, yang harus di gunakan sebaik baiknya.
    2.-. saya manusia. Yang bisa baca.
    -. Aku ingin novel ini firts book di tahun ini.
    -. Saya seorang kafir buku, yang selalu mengikuti GA, tetapi tak pernah menang. Dan kali ini aku berharap banget sama GA ini.

    Akun share : Instagram
    User name : @arul3458

    BalasHapus
  36. Nama : Khairunnisa Istiyana
    E-mail : khaistii11@gmail.com
    1.kesempatan kedua, hal sekaligus moment, yang harus di gunakan sebaik baiknya.
    2.-. saya manusia. Yang bisa baca.
    -. Aku ingin novel ini firts book di tahun ini.
    -. Saya seorang kafir buku, yang selalu mengikuti GA, tetapi tak pernah menang. Dan kali ini aku berharap banget sama GA ini.

    Akun share : Instagram
    User name : @arul3458

    BalasHapus
  37. nama: afifah khoiriyah
    akun twitter : @Afifah_1412
    email : afifah(dot)kh789a(at)gmail(dot)com
    Akun dipakai : twitter
    link share: https://twitter.com/Afifah_1412/status/815527711556837377

    1) Arti kesempatan kedua buat kamu?
    Yang pertama,kesempatan kedua itu adalah Maaf dan memaafkan, mengikhlaskan apa yg sudah kita gagalkan di awal dan memulai sesuatu yg baru. Kedua, kesempatan kedua adalh anugerah Tuhan setelah mlkukan hal yg pertama.
    Jadi menurutku kesempatan kedua tidak akan berarti kalau kita tak mlalukan hal yg pertama. Setelh mndapat kesemptn yg kedua, kita harus benar-benar bersyukur dan mlkukan yg terbaik, memanfaatkan apa ya sudah diberi, jngn lakukan hal yg salah lgi, mengingat semua kesempatan yg terdahulu...pokoknya USAHA deh...

    2) Kenapa saya harus baca Rewrite?
    Rewrite seolah mengatakan kita untuk merenung... Apakah pantas kita diksih kesempatan. Seperti Gilang, klo gk ada usaha pasti kesempatan itu lari ke yg lain... Aku ingin membaca buku ini... aku bnr2 ingin membaca ini...aku ingin mendapat kesempatan utk baca buku ini... Dan aku ingin menulis ulang hal menakjubkan yg ada di buku ini...

    BalasHapus
  38. Nama : Arifah
    Akun twitter : @jawarifah
    Link share : https://twitter.com/jawarifah/status/815545859567849472

    Jawaban : menurutku, arti kesempatan kedua itu ya memperbaiki. Menjaga kepercayaan dan kesempatan terakhir untuk memulai sesuatu dari awal lagi.

    Aku harus baca buku rewrite karena aku pingin mengerti apa maksud dari kata rewrite. Selain itu, aku penasaran juga kenapa saras bisa terluka hati dan bagaimana gilang bisa mengobati hati.

    Happy new year !
    Fantastic 2017 !! ๐Ÿ˜๐ŸŽ‰๐ŸŽ‰

    BalasHapus
  39. Nama: Ana Bahtera
    Email: anabahtera@yahoo.co.id
    Akun yg dpakai: Instagram & Twitter
    Nama akun: Ig, @anabahtera & Twitter, @anabahtera

    JAwaban:
    1. Kesempatan kedua itu adalah sebuah hal yang luar biasa yang hanya bisa diberikan oleh orang-orang yang berlapang dada sehingga harus kita manfaatkan dengan baik dan tak pernah lagi merusak kepercayaannya.

    2. pertama: karena saya dulu bercita-cita jadi pilot tapi tidak kesampaian, dengan buku ini saya harap bisa sedikit banyak memberikan informasi tentang bagaimana mulianya profesi itu. Kedua: karena rasa penasaran saya tentang bagaimana Saras bisa berdamai dengan hatinya sendiri dan dengan lapang dada bisa memulai sesuatu yang baru dengan Galang ataupun mungikn hubungan baru dengan orang yang baru.

    BalasHapus
  40. Nama: Rizki Fitriani
    email: kikiryeo@gmail.com
    akun share: twitter
    twitter: @Kikii_Rye

    1) Arti kesempatan kedua buat kamu?
    waktu yg diberikan untuk memperbaiki keadaan, diri, dan suatu hal, baik itu baik maupun buruk. seringkali kesempatan kedua digunakan dg cara berbeda drpd waktu sebelumnya karena bertujuan untuk memperbaiki atau merubah suatu hal.

    2) Kenapa saya harus baca Rewrite?
    pertama, karena Rewrite tidak hanya menceritakan tentang kesempatan kedua saja, melainkan juga penyelesaian masalah mengenai perasaan yg masih di rasakan para tokoh. bagaimana perjuangan meraih kembali cinta yg pergi dengan saling memaafkan, menerima dan memberi, juga berdamai dg diri sendiri. karena tema mengenai kesempatan kedua yg seringkali terjadi di masyarakat membuat saya berharap bisa membaca novel ini agar tau pesan apa yg ingin disampaikan kak Dirsta lewat Rewrite dan bisa saya terapkan ke kehidupan sehari hari.

    BalasHapus
  41. Rini Cipta Rahayu
    rinspiration95@gmail.com
    Twitter
    @rinicipta

    1. Arti kesempatan kedua bagiku adalah kesempatan untuk melanjutkan sesuatu yang belum terjadi di kesempatan pertama, dan memperbaiki apa yang belum seharusnya. Moment untuk evaluasi dan mengatur ulang strategi untuk mencapai goals. Tidak semua kesempatan kedua sebaik kesempatan pertama dan memang tidak semua hal mendapat kesempatan untuk terulang untuk kedua kalinya. Kesempatan kedua itu sesuatu yang sangat langka, jadi jangan sia-siakan semua kesempatan pertama yang berharga dalam hidup.

    2. Tertarik banget baca novel ini, karena sebelumnya belum pernah baca sama sekali. Penulisnya masih muda dan berbakat, banyak yang memberi respon positif dan menunggu kehadiran novel ini, jadi aku juga makin penasaran. Cerita tentang kesempatan kedua memang selalu punya kesan tersendiri bagiku. Aku termasuk salah satu orang yang percaya pada segala sesuatu yang berhubungan dengan kata 'kembali' tentunya kata kembali yang membawa sesuatu yang positif. Nama Saras juga mengingatkanku pada *hmmm*, pokoknya pas banget dengan Rewrite ini :)

    BalasHapus