Senin, 03 Oktober 2016

Inilah Saatnya Bisnis Kafe Gaya Anak Muda




Penulis: Ajeng Wind & Sabirin Wardhana
Editor: Monica Anggen, Diane Novita
Penata isi: Hani Fauziyyah
Ilustrasi Kover: freepik.com
Penerbit: Grasindo
Cetakan: Pertama, 2015
Jumlah hal.: 275 halaman
ISBN: 978-602-375-244-7

Di masa modern ini, anak muda bakal dianggap gaul kalau sudah bisa berbisnis dan berinvestasi. Selama belum berani berinvestasi maka identitas kita sebagai anak gaul jelas menjadi diragukan.

Salah satu jenis bisnis yang digandrungi anak muda adalah bisnis kafe. Karena, kehadiran kafe tidak bisa dihindari dalam kehidupan modern saat ini. pencitraan kafe yang begitu baik membuat warung-warung kopi terpinggirkan. Padahal, kedua tempat tersebut memiliki fungsi yang hampir mirip.

Buku Inilah Saatnya Bisnis Cafe Gaya Anak Muda mengupas tuntas A-Z cara berbisnis kafe bagi kaum muda. Dalam buku ini Anda akan menemukan semua hal mengenai berbisnis kafe, dari konsep awal, analisis pasar, kebutuhan modal sampai pengelolaannya. Bagi Anda yang sedang gundah gulana ingin berinvestasi kafe, buku ini menjadi salah satu obat paling tepat. Jadi, tunggu apa lagi? Segera mulai bangun kerajaan bisnis kafe Anda, dari sekarang!

***

Buku ini adalah sebuah buku yang bisa menjadi pengantar awal bagi mereka yang bermaksud untuk memulai bisnis kafe. Terutama bagi anak muda.

Sejak awal, penulis memperjelas ajakannya kepada generasi muda untuk mulai berani berinvestasi. Khususnya dalam usaha kafe. Karena ia menganggap sudah bukan lagi zamannya bagi anak muda untuk hidup dari sokongan orang tua. Anak muda yang gaul adalah mereka yang berani memulai sebuah usaha yang membuat mereka bisa mapan secara ekonomi. Tidak lagi fokus pada bagaimana menghabiskan uang melainkan bagaimana menghasilkan uang.

Buku ini saya sebut sebagai pengantar dasar, kenapa? Karena ia membahas menyeluruh namun tidak mendetail. Membahas tentang SDM secara umum, namun tidak akan menjelaskan secara detail tentang bagaimana meningkatkan kualitas SDM.

Dalam novel ini ada 12 chapter. Di pembahasan dengan membahas tentang investasi lalu membahas sejarah kafe. Bahwa tradisi kafe bermula di Timur Tengah. Kafe pertama dibangun di Damaskus tahun 1530. Kafe masuk ke Eropa pada abad ke-17 saat orang Eropa mulai mengenal biji kopi. Kafe pertama di Eropa dibangun pada tahun 1645 di Venesia, Italia (Hal. 15-16). Sebuah fakta yang menarikkan, Readers.

Setelahi itu pembahasan masuk ke pilihan kenapa Kafe dan stigma yang melekat pada Kafe di masa kini. Lalu membahas berbagai jenis kafe yang ada di masa kini.


Setelah itu pembahasan masuk ke dalam bagaimana memulai usaha kafe ini. Dibahaslah tentang business plan; membuat konsep unik dan jitu; mulai membayangkan bentuk kafe yang ingin dibangun; kemudian mempersiapkan kafe tersebut, mulai dari memutuskan bentuk kafenya, perizinan, mencari SDM, dan sebagainya; setelah semua konsep matang maka waktunya menghitung budget yang dibutuhkan; lalu mencari sumber modal; dan jika usaha sudah sukses apa lagi yang harus dilakukan. Dua chapter terakhir menjadi suplemen bagi pembaca. Karena membahas berbagai kafe dan owner-nya serta membahas tentang keraguan yang masih terbetik di benak pembaca.

Ya, buku ini masih membahas semuanya secara umum. Tahap per tahap. Tapi ini menjadi pijakan yang baik. Setelah menjalankan apa yang ada di dalam buku ini, pembaca bisa memperdalam pengetahuan tentang detail tertentu yang dibutuhkan melalui buku lain yang membahas khusus hal tersebut.

Kelebihan buku ini adalah full colour, kemudian disediakan kolom-kolom yang bisa menjadi panduang bagi pembaca untuk membuat konsep kafe yang diinginkannya. Selain itu di chapter 8 yang membahas tentang perhitungan modal, banyak contoh perhitungan yang disesuaikan dengan pilihan jenis kafe yang diinginkan serta berdasarkan tempat memulai usaha. Cukup lengkap dan mudah “dicontek”.

Kekurangannya hanyalah karena pembahasannya masih terkesan dangkal. Pengulangan pembahasan di beberapa bagian.

Tapi di luar itu, buku ini bisa menjadi pemandu yang menyenangkan untuk kamu yang ingin memulai usaha kafe, Readers. Cukup menolong, lho. Jadi untuk yang ingin memulai usaha kafe, buku ini saya rekomendasikan untuk kamu baca, Readers.

2 komentar:

  1. ,.,KISAH NYATA ,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hampir bunuh diri, saya punya anak 2 masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana meninggalkan saya dan anak anak, ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu HABIB IDRUS hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi HABIB IDRUS. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih HABIB IDRUS saya tidak akan melupakan jasa HABIB IDRUS. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).

    BalasHapus