Rabu, 12 Oktober 2016

10 Strategi Marketing Online ala BukaLapak



“Media sosial bukan hanya suatu aktivitas. Media sosial adalah sebuah investasi dari swaktu dan sumber daya yang berharga” – Sean Gardner, Pakar Media Sosial (Hal. 54)


Penulis: Merry Magdalena
Editor: Mira R., Monica Anggen
Penata isi: Sandy Kusuma
Desain Kover: Sandy Kusuma
Tim Riset: Tiara Iraqhia
Penerbit: Grasindo
Cetakan: 2015
Jumlah hal.: 125 halaman
ISBN: 978-602-3752-17-1

Bidang pemasaran atau marketing tidak pernah berhenti berevolusi dan berinovasi. Aktivitas yang sama tuanya dengan perdagangan ini terus mengikuti gaya hidup manusia. Ketika orang beramai-ramai melakukan transaksi online, marketing pun hadir di sana. Kita mengenalnya sebagai marketing online. Bagaimana para pebisnis, yang mulai menjajal dunia maya sebagai ajang bisnisnya harus menyesuaikan diri dengan sistem marketing online?

Buku ini hadir dan mencoba menjawab pertanyaan tersebut melalui 10 strategi yang ditawarkan. Sebagian strategi yang hadir di buku ini lahir dari obrolan inspiratif bersama Yuswohady, pakar marketing yang bertahun-tahun malang melintang menggeluti dunia marketing. Jika korporat-korporat dunia sudah sukses dengan strategi marketing online, mengapa pelaku UKM tidak ikut mencobanya?

“Internet atau online channel memberikan peluang yang luar biasa. Oleh karena itu, saya bilang bodoh sekali jika teman-teman UKM yang tidak punya kios, tidak mampu membeli ruko malah tidak memanfaatkan internet. Ini kesempatan yang luar biasa. Wadahnya ada, platformnya luar biasa, baik untuk promosi, atau menjangkau pelanggan. Sudah wajib pelaku bisnis UKM untuk going online,” kata Yushowady, pakar marketing yang sudah menulis lebih dari 40 judul buku marketing.

***

Buku ini didedikasikan bagi para pelaku usaha, khususnya Usaha Kecil Menengah  (UKM) yang kini sedang berjuang memasarkan produknya dan membesarkan usahanya dengan modal yang terbatas. Kehadiran internet memang memberi dampak yang besar di berbagai bidang, tidak terkecuali di dunia usaha.


Sejumlah pakar meyakini bahwa pemanfaatan internet di saat kini semua hal ada di genggaman melalui smartphone memberi manfaat yang besar yang sayang jika tidak dimaksimalkan. Kemudian hadirlah buku ini untuk merangkum cara memanfaatkan hal ini. Dirangkum menjadi 10 tip umum yang bisa dieksplorasi lebih jauh demi kepentingan masing-masing pengusaha.

Sepuluh tip tersebut adalah: 1) Pilih online marketplace yang Oke; 2) Tentukan Nama yang Pas; 3) Integrasikan dengan Blog; 4) Mudah ditemukan; 5) Aktif di media sosial; 6) Email sebagai pendekatan pribadi; 7) Kenali waktu-waktu potensial; 8) Go Mobile; 9) Komunikasi adalah segalanya; 10) Jangan remehkan komunitas.

Sepuluh tip ini masing-masing bisa diperdalam melalui bacaan lagi. Tapi 10 tip di atas menjadi dasar yang sangat bagus saat seorang pengusaha baru ingin memulai usahanya. Penjelasan yang ringkas namun padat makna membuat buku ini mudah dipahami. Ditambah lagi tampilan yang fresh dengan warna-warna yang ceria membuat buku ini tidak membosankan untuk dibaca.

Kelebihan lainnya adalah disertakannya sejumlah hasil riset terkait bahasan yang dimaksud. Dan riset ini ditampilkan dengan menarik.

Buku ini menjadi pilihan yang pas untuk para pengusaha yang tengah belajar cara untuk memulai upaya marketing bisnisnya di dunia maya. Dan tentu sudah menjadi keharusan untuk aktif mempromosikan usaha di media sosial dan fitur online lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar