Minggu, 18 September 2016

KEREEEN...!!! Dongeng Seru dan Fakta Unik Binatang: Kisah Pembentuk Kepribadian




Penulis: Sabrina Ws.
Penyunting: Tin Zulaeha, Sulistyo Wibowo
Penata letak: Isna Wulandari, Viki
Perancang sampul: Isna Wulandari, Viki
Ilustrator sampul dan isi: Anggi Rois
Penerbit: Visi Mandiri
Cetakan: I, 2016
Jumlah hal: 112 halaman
ISBN: 978-602-317-276-4

Adik-adik yang manis dan baik hati .....

Berbagai cerita binatang akan kalian temui di buku ini. Ada orang utan, katak, dan kelinci yang memiliki kisah-kisah seru. Ada juga kisah hewan-hewan lainnya, seperti komodo, tikus, kucing, gajah dan bekantan. Banyak pelajaran yang bisa kalian ambil. Berbagai contoh baik dan buruk tersaji di buku ini. Ambillah nilai-nilai positifnya dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari, ya!

Selamat membaca dan tetap semangat untuk terus belajar!
***

Buku ini adalah buku anak karya Mbak Shabrina WS yang pertama kali saya baca dan miliki. Di dalamnya ada 14 cerita anak yang tokohnya adalah hewan-hewan menarik. Ada orang utan, gajah, tikus, buaya hingga bekantan. Ya hewan-hewan yang diceritakan ada yang familiar ditemui sehari-hari dan ada juga yang tidak.

Ceritanya pendek-pendek namun punya pesan moral yang menarik. Bahkan pesan moral ini ditampilkan secara eksplisit di akhir cerita di bagian “Hikmah Cerita”. Selain itu, ada juga informasi unik dan menarik terkait jenis hewan yang diceritakan. Menambah pengetahuan anak saat membacanya.

Dari 14 cerita yang ada di buku ini, favorit saya adalah cerita tentang “Hobi Keluarga Beruang”. Cerita ini mengisahkan bahawa keluarga beruang adalah keluarga yang sangat senang membaca buku. Karenanya, rumah mereka lambat laun dipenuhi buku. Akhirnya karena semakin dipadati buku, mereka terpaksa membangun tenda sebagai tempat untuk tidur. Sebab daripada buku-buku mereka yang disimpan di luar rumah dan jadi rusak, akhirnya merekalah yang pindah ke luar rumah agar buku-buku tersebut bisa tersimpan dengan baik. Wah, tidak terbayangkan ya. Orang Utan yang melihat keluarga beruang sedang membangun tenda akhirnya memberi ide agar mereka bisa tetap bisa tinggal di dalam rumah dan buku-buku keluarga beruang bisa tetap dibaca dan bermanfaat. Kira-kira apa idenya, Readers? He..he..


Satu lagi cerita yang menarik adalah tentang Jagad Si Flying Squad. Melalui cerita ini penulis memberikan pengetahuan dasar kepada anak tentang gajah. Sekaligus memberi bibit pengetahuan tentang hubungan atau konflik gajah – manusia yang kian hari kian banyak terjadi dan memakan korban. Cerita ini juga mengingatkan saya pada novel duet yang ditulis Mbak Sahbrina WS bersama Mbak Riawani Elyta, Rahasia Pelangi. Semoga dengan semakin banyaknya penulis yang mengangkat tema ini, konflik gajah-manusia bisa semakin diminimalisir. Manusia semakin sadar bahwa ia tidak bisa hanya mengeksploitasi tanpa memelihara dan melestarikan alam sekitarnya.

Ah, buku ini pas dibacakan untuk anak kita. Kisahnya penuh pesan moral dan bisa jadi media pembelajaran bagi anak tentang perilaku yang baik.


2 komentar:

  1. Saya juga suka sekali cerita binatang. kayak sedang didongengkan cerita yang nuansanya jujur-tulus. Satu kali baca: Pesta di Rumah Sigi Sigung

    Buku Pesta di Rumah Sigi Sigung

    BalasHapus