Selasa, 06 September 2016

Grandma, Grandpa and Me



“Makhluk ini memang lambat. Tapi ia berhasil membuat para Foo tersenyum, merasa hangat, dan yang terpenting, dicintai. Yang satu ini mungkin bukan perasaan yang pernah dialami para Foo sebelumnya. Tapi mereka menyukainya.” (Hal. 198 – 201)


Penulis: Arleen A.
Penerbit: Gramedia
Cetakan: Pertama, 2016
Jumlah hal.: 207 halaman
ISBN: 978-602-033-3502

Do you know that my grandmother has a pair of magic gloves? Have you heard of an old sweater that can be used as anything? Is there really such place weher you can borrow a grandson or a granddaughter? And what will you do if there ia a group of aliens who comes to kidnap your grandmother? You can read these stories and many more in this book titled Grandpa, Grandma and Me.

Children with grandparents who are still around are the lucky ones. They grow up with not only a set of loving parents, but with two more sets of older people who would do anything to give the world to them. This book consists of ten stories that capture precious grandparent-grandchild moments that will live in their hearts forever. It’s a tribute to grandparents everywhere, and a loving memories of those who have already left us.

Tahukah kamu bahwa nenekku punya sepasang sarung tangan ajaib? Apakah kamu pernah dengar tentang sweater tua yang dapat digunakan untuk apa saja? Apakah benar- benar ada tempat di mana kau dapat meminjam cucu? Dan apa yang akan kaulakukan bila ada sekelompok makhluk luar angkasa yang datang untuk menculik nenekmu? Kamu dapat membaca cerita-cerita itu dan lebih banyak lagi di dalam buku yang berjudul Kakek, Nenek, dan Aku ini.

Anak-anak yang masih memiliki kakek dan nenek sangatlah beruntung. Mereka tumbuh tidak hanya dengan kasih orangtua, tapi dengan dikelilingi lebih banyak orang yang rela melakukan apa pun demi mereka. Buku ini  berisi sepuluh kisah yang mengabadikan saat-saat indah yang dialami anak-anak dengan kakek dan nenek mereka, saat-saat yang pasti akan membekas di dalam hati mereka. Buku ini adalah bentuk ekspresi terhadap kakek dan nenek di mana pun juga, dan adalah sebuah momento peringatan bagi mereka yang sudah meninggalkan kita.

***

“Kakek punya begitu banyak buku. Tapi aku tak dapat membaca satu pun. Kurasa buku-buku itu ditulis dalam bahasa rahasia.” (Hal. 48)

Buku ini berisi 10 kisah yang bercerita tentang kehidupan seorang cucu dengan kakek dan neneknya. Kehidupan yang diisi dengan kehangatan cinta yang berbeda dengan yang diberikan oleh ayah dan ibu.

Kesepuluh kisah tersebut adalah:
1) Grandma’s Magic Gloves; 2) Grandpa’s Magic Oven; 3) My Grandparents are NOT Retirees; 4) The Music Box; 5) Grandpa’s Sweater; 6) A Borrowed Granddaughter; 7) Kidnapped; 8) My Grandpa and Me; 9) Grandparent’s at School; dan 10) The Foos.

Dari kesepuluh cerita ini yang jadi favoritku adalah cerita My Grandparents are NOT Retirees. Kenapa? Karena cerita ini menggambarkan dengan baik bagaimana imajinasi anak-anak dapat bermain dengan bebas dan menciptakan cerita sendiri berdasarkan realitas yang ada. Seorang cucu yang sedang penasaran dengan profesi kakek neneknya. Ini karena ia merasa profesi orang tuanya sebagai akuntan terlihat membosankan baginya. Dan dia pun penasaran dengan profesi kakek neneknya. Karena meskipun terkesan santai dan tidak melakukan banyak hal, namun mereka memiliki benda-benda yang unik. Buku-buku yang tidak bisa ia baca karena sepertinya memakai bahasa rahasia yang tidak mampu dia pahami. Baju-baju yang unik yang tidak umum ditemukan di tempat ia tinggal. Kemudian hadiah-hadiah yang diberikan oleh kakak neneknya yang terkesan unik dan tidak ditemukan dengan mudah  di toko-toko. Ia pun berpikir bahwa kakek neneknya pastilah bekerja sebagai secret agen atau agen rahasia. Ha..ha.. tapi sejujurnya saya pun jadi penasaran, kira-kira apa pekerjaan kakek dan neneknya sebelum pensiun ya.

Selain itu, saya juga suka dengan cerita yang berjudul The Music Box. Kisah seorang cucu yang mendatangi kakeknya untuk meminjam barang yang berharga milik sang kakek. Ini karena di sekolah ia sedang ditugaskan membawa barang milik kakek-nenek mereka dan bercerita tentang hal yang menarik terkait benda tersebut. Mereka pun membongkar barang-barang milik sang kakek. Banyak benda menarik ada perangko tua, ada pedang pusaka dan berbagai benda kuno lainnya. Namun sang kakek berkata bahwa benda yang ia cari ini jauh lebih berarti daripada benda lainnya. Namun ternyata benda yang dimaksud sang kakek adalah sebuah kotak musik. Kotak musik? Apa istimewanya? Yang istimewa adalah kisah dibaliknya. Apa kisahnya? Silakan baca ceritanya. He..he..

Kisah-kisah lain di dalam buku ini sama manis dan hangatnya. Bisa jadi media untuk bisa mentransfer banyak pesan positif untuk anak-anak.

***

Grandma, Grandpa, and Me adalah buku anak bilingual yang diterbitkan oleh Gramedia. Buku ini menyenangkan dibaca, bahkan oleh orang dewasa, karena full colour dan dipenuhi oleh ilustrasi yang menawan. Gambar-gambarnya lucu dan memang bercerita. Sehingga jika dipakai mendongengi anak-anak yang belum bisa membaca pun akan mudah karena ilustrasinya memang sudah bercerita.


Selain itu, bahasa Inggris yang digunakan pun sangat simple sehingga selain bisa dipakai untuk mengajari anak membaca, juga bisa untuk mengajari anak belajar bahasa Inggris. Ini saya buktikan sendiri saat membuka kelas bahasa Inggris gratis untuk anak-anak di tempat saya tinggal di pesisir pantai Sulawesi Barat ini. Mereka senang melihat ilustrasinya dan saya pun bisa mengajari mereka sejumlah kosa kata.

Selain itu, karena buku ini termasuk dalam seri edutivity, di akhir buku disediakan halaman yang bisa ditulisi oleh anak. Juga halaman untuk menempel foto bersama kakek-nenek. Ada juga gambar untuk diwarnai; dan halaman untuk digambari.

Buku ini jadi banyak sekali manfaatnya ya. Ah, selalu senang membaca buku-buku seperti ini. Oiya, buku ini juga bisa dipakai untuk merayakan Grandparents Day yang jatuh pada 11 September nanti :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar