Minggu, 24 Juli 2016

Biang Inovasi



“Kreatif saja tidak akan berarti banyak bila Anda tidak punya disiplin.” (Hal. 32)


Penulis: Yoris Sebastian
Editor: Mirna Yulistianti
Desain sampul dan isi: Andira Pratama
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: Pertama, 2014
Jumlah hal.: 247 halaman
ISBN: 978-602-03-0983-5

Keep your lights on!

Luar biasa itu bukan saat juara level dunia.
Luar biasa itu saat saya melihat orang biasa
berkembang menjadi juara dunia.
Indonesia sebenarnya berlimpah sumber daya manusia,
 yang kalau diasah dengan benar
akan melahirkan banyak inovasi.

Lewat buku ini
saya berharap lebih banyak lagi anak muda
yang menciptakan inovasi tingkat dunia
sehingga Indonesia di masa depan
akan dikenal sebagai
BIAng INOVASI


“Creativity is thinking new, innovation is doing new.” (Hal. 40)
“Creativity is a skill, innovation is a process.” (Hal. 40)

***

“Siapapun bisa berinovasi jika mereka mau mengubah cara-car yang selama ini dilakukan, tetapi memang tidak semua orang bisa kalau tidak mau melakukan perubahan ini. Kebanyakan orang lebih senang menunggu daripada berpikir untuk memulai.” (Hal. 33)

Buku ini adalah sebuah karya non-fiksi yang secara khusus membahas tentang “ber-inovasi”. Membuat sebuah inovasi memang bukan hal yang mudah namun bukanlah hal yang mustahil. Yang diperlukan adalah kemauan. Kemauan untuk menjadi lebih peka, kemauan untuk memikirkan solusi, dan kemauan untuk mengambil tindakan.

Dalam buku ini disebutkan bahwa ada 3 jenis inovasi yakni 1) Product innovation, yang memodifikasi produk yang sudah ada sehingga jadi lebih baik dari segi fungsi maupun penggunaan; 2) process innovation, yang berfokus pada pembuatan metode sehingga pekerjaan yang dilakukan bisa lebih efektif dan efisien; 3) quality innovation, inovasi yang sasarannya adalah meningkatkan kualitas produk atau jasa.

Penjelasan dan pembahasan terkait inovasi di dalam buku ini disuguhkan dengan serius tapi santai. Pemilihan kata yang dipakai mudah dipahami. Selain itu penjelasannya mengandung contoh-contoh sehingga semakin memudahkan pembaca memahaminya. Sejumlah contoh inovasi yang telah berkompetisi dalam Black Innovation Awards (BIA) juga diketengahkan untuk menjadi pelengkap penjelasan.

Selain itu, buku ini pun membahas cukup banyak tentang Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Mulai dari jenis perlindungannya, alasan pentingnya HKI, hingga proses pembuatan merek di Indonesia.

Informasi favoritku adalah yang ada di Chapter 4: Tips & Trick Become Innovative. Di bagian ini berbagai ide dikemukakan untuk mendapatkan inspirasi, semuanya bersifat fun. Mulai dari mengakses situs-situs keren terkait desain, menonton acara televisi,traveling, mendengarkan musik hingga sebuah saran dari salah satu juri BIA tentang sikap yang harus dimiliki agar bisa berinovasi.

Buku Biang Inovasi ini bisa menjadi bacaan yang menginspirasi. Tidak hanya untuk yang memang ingin membuat sebuah inovasi. Melainkan bagi pembaca yang ingin belajar hal baru dan menjadi lebih kreatif lagi.

“Invention adalah alat yang diciptakan atau kreasi yang dibuat, sedangkan innovation adalah ide-ide yang direalisasikan, dipopulerkan, diaplikasikan, atau diproduksi untuk dijual.”( Hal. 19)
***

“Siapapun bisa menjadi kreatif, namun tidak semua orang bisa. Alasannya sederhana, selain pengaruh kebiasaan belajar dan berpikir di masa kecil, juga karena untuk berinovasi, Anda butuh keterampilan yang dikombinasikan dengan kemauan.” (Hal. 32)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar