Rabu, 20 Juli 2016

Aku Sayang Nabi Muhammad




Penulis: Linda Satibi
Penyunting Bahasa: Mastris Radyamas
Penata Letak: Puji Lestari
Desain Sampul: Andhi Rasydan
Ilustrator: Naafi Nur Rohma
Penerbit: Lintang (Kelompok Indiva Media Kreasi)
Cetakan: Kedua, Rabiul Akhir, 1436 H./ Februari 2015
Jumlah hal.: 168 halaman
ISBN: 978-602-1614-10-5

“Wah, cucu-cucu Mbah memang pintar! Sudah tahu kisah Raja Abrahah, ya?” tanya Mbah Wiwit.
“Aku, kan, kan pernah ikut pentas drama di sekolah. Aku jadi penduduk Makkah yang mengungsi ke bukit,” ucap Alfi bangga. Tangannya beralih ke singkong goreng yang empuk. Hmm ... mak nyuss rasanya.
“Mengungsi? Kenapa?” tanya Salman.
“Kan, Makkah diserang pasukan Raja Abrahah. Mereka mau menghancurkan Kakbah!” jawab Alfi dengan tetap mengunyah.
“Tapi kata Bu Guru, pasukan Abrahah kalah. Semua mati, ditimpuk batu apa sama burung-burung!” kata Salman.
“Burung ababil,” jelas Yasmin, malu-malu.
Penduduk Makkahnya selamat, Mbah?” tanya Salman, berpaling ke arah kakeknya.
“Alhamdulillah selama,” jawab Mbak Ishol.

Petikan cerita di atas adalah salah satu isi dari kisah dalam buku ini. Tentu kalian penasaran, kan, dengan kelanjutan cerita di atas kayak gimana? Hehehe....
Dalam buku ini ada banyak kisah tentang Nabi Muhammad saw. Kisah-kisahnya sangat menarik dan asyik buat dibaca. Dengan membaca semua kisahnya, pasti kamu akan semakin jatuh cinta sama Nabi Muhammad saw. Jadiii ... selamat membaca, ya, Teman!

***

Sudah lama rasanya tidak membaca buku anak dengan genre Islami. Selama ini saya lebih banyak membaca buku-buku dongeng anak ataupun buku/novel anak terjemahan. Menemukan buku ini seperti sebuah ‘cubitan’ kecil betapa kurangnya stok buku anak Islami yang saya miliki.

Padahal jika ingin mendekatkan anak dengan nilai-nilai Islam, maka bacaan Islami adalah salah satu hal yang harus disediakan. Nah, kehadiran buku Aku Sayang Nabi Muhammad ini menjadi salah satu alternatif bacaan yang pas untuk orang tua yang ingin mengenalkan anank pada kisah hidup Rasulullah.

Dalam buku ini, penulis mengetengahkan kisah Rasulullah dengan cara yang berbeda. Menjadi cerita dalam cerita. Ya, tokoh utama di dalam buku ini bukan Rasulullah melainkan dua orang bersaudara bernama Alfi dan Salman. Cerita diketengahkan dengan setting saat Alfi dan Salman berlibur ke rumah nenek mereka. Selama liburan itu, sambil bermain dan melakukan aktivitas menyenangkan lainnya, kisah tentang Rasulullah disisipkan dalam obrolan.

Salah satu cerita yang paling menarik adalah “Keluarga Artis? Abaikan, Plis!”. Di cerita ini ada sebuah “sindiran” bagi keluarga muslim bahwa kita kadang mampu menghapal nama artis beserta nama anak mereka dan kisah kehidupan mereka. Namun kita ternyata tidak tahu nama anak-anak Rasulullah. Tentu ini adalah sebuah ironi.

Oiya, dengan membagi kisah Rasulullah dalam 31 cerita, maka membuat buku ini jauh dari kesan bosan. Saat satu cerita selesai kita bisa memilih untuk melanjutkan dengan cerita yang lain, atau bisa juga menjedanya dengan melakukan kegiatan lain dan akan dilanjutkan di lain waktu.

Buku “Aku Sayang Nabi Muhammad” ini jadi pilihan yang bagus untuk mengajak anak-anak mengenal Rasulullah dengan cara yang lebih fun. Tidak diceramahi melainkan didongengkan. Dan sesungguhnya dalam kisah tentang Rasulullah ini banyak teladan yang baik untuk anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar