Senin, 07 Maret 2016

Mission D’Amour




“Larangan kedua yang pasti tercantum dalam buku manual agen rahasia adalah jangan jauh cinta.
Terutama, kalau wanita itu tersangka nomor satu  dalam misimu.”
(Hal. 237)


Penulis: Francisca Todi
Editor: Ruth Priscilia Angelina
Sampul: Orkha Creative
Penerbit: Gramedia
Cetakan: Pertama, 2015
Jumlah hal: 368 halaman
ISBN: 978-602-03-2487-6

Kehidupan Tara Asten sebagai asisten pribadi Putri Viola – Putri Mahkota Kerajaan Alerva yang supersibuk – selalu penuh tantangan. Namun, Tara tidak pernah menyangka  Badan Intelijen Alerva (BIA) akan menjadikannya tersangka utama dalam rencana penyerangan keluarga kerajaan. Dia dimasukkan ke masa percobaan tiga bulan, pekerjaannya terancam tamat!

BIA menugaskan salah satu agen rahasianya, Bastian von Staudt, alias Sebastian Marschall, untuk menyamar menjadi calon pengganti Tara dan menyelidiki wanita itu. Tapi di tengah perjalanan misinya, dia malah jatuh hati pada kepribadian lugu Tara. Bukannya mencari kesalahan Tara, Sebastian malah beberapa kali menolongnya.

Tara yang awalnya membenci pria itu, mulai bimbang dengan perasaannya. Sebastian pun mulai kesulitan mempertahankan penyamarannya.

Tapi, itu sebelum Sebastian mendengar percakapan mencurigakan Tara di telepon. Yang membawa Sebastian pada dua pilihan: misi atau hatinya.
***

“Huh, di mana-mana wanita sama saja. Sulit dimengerti. Jalan pikiran mereka itu seumpama kabel-kabel bom yang saling berhubungan dengan emosi mereka yang labil. Entah kabel mana yang korslet tadi.” (Hal. 171)

Menjadi asisten pribadi seorang putri kerajaan tidak pernah menjadi bagian rencana hidup Tara. Namun ia pun enggan menjalani kehidupan yang direncanakan oleh ibunya. Sebuah kejadian di masa lalu yang membuatnya merasakan trauma yang mendalam, mendorong Tara untuk menerima pekerjaan sebagai asisten pribadi tersebut. Dengan begitu ia bisa tetap membiayai dirinya dan memulai hidup di tempat yang baru. Namun ternyata hidupnya tetap saja tidak muduh. Kesialan bertubi-tubi terjadi. Kedatangan sahabatnya, Danni, tidak memperbaiki hal itu. Tara bahkan dituduh membahayakan nyawa Putri Viola dan akhirnya mendapatkan masa percobaan, dan datanglah Sebastian menjadi orang yang siap menggantikannya.

Sebastian adalah laki-laki yang merasa bahwa hidupnya sebagai agen rahasia adalah sebuah hal yang penting. Ia mendedikasikan hidupnya untuk perkerjaan. Berusaha selalu fokus dan bekerja dengan efisien. Sayangnya, kali ini ia meremehkan misinya. Misi yang membuatnya harus mengawasi Tara Asten yang dijadikan tersangka terhadap upaya penyerangan pada keluarga Kerajaan Alerva. Ini karena semakin banyak ia mengetahui tentang Tara, ia semakin tidak mengerti tentang apa yang salahd dengan gadis tersebut.

Dapatkan Sebastian menemukan kebenaran? Apakah memang balik keluguannya Tara menyimpan kekejian?


“Kalau ada manual untuk menjadi agen rahasia, di dalamnya pasti tercantum larangan keras menyinggung hal pribadi secara spesifik.” (Hal. 236)

***

“Pada suatu saat, masa lalu harus berhenti menjadi batu sandungan. Pada suatu saat, setiap orang harus bangkit dan mencoba lagi. Untuk meraih kebahagiaan. Untuk memercayai.” (Hal. 299)

Saat menerima buku ini, hal yang paling pertama menyita perhatianku adalah covernya yang berwarna merah dan sosok berwarna hitam di sampulnya. Sosok ini memakai pakaian ala detektif namun ternyata bukannya menggenggam pistol ia malah menggenggam spatula.

Dan ternyata ini ada hubungannya dan kepiawaian Tara. Bahkan dengan imipian gadis itu. Tara adalah gadis yang merasa ragu pada kemampuannya sendiri hingga akhirnya memilih untuk melepaskan impiannya. Kegemaran gadis itu membuat berbagai kue yang lezat menjadi salah satu hal yang akan memengaruhi hubungannya dengan Sebastian.

Kelebihan buku ini adalah  kepiawaian penulis menciptakan sebuah kerajaan yang menyempil di Eropa. Terkesan hidup dan nyata. Begitu juga dalam hal penokohan. Tara tidak digambarkan sebagai perempuan yang kecantikannya sangat memikat. Ia malah digambarkan sebagai perempuan yang sederhana namun karakternyalah yang memesona.

Sedangkan Sebastian dibuat manusiawi. Nyaris sempurna dengan wajah tampan, kecerdasan, dan kehangatan perilaku. Namun ia digambarkan sebagai orang yang menyembunyikan sesuatu dan mensetting berbagai hal. Membuat kita bertanya-tanya.

Penceritaan melalui sudut pandang orang pertama dari Tara dan Sebastian membuat pembaca mampu melihat beberapa hal yang tidak bisa diketahui oleh tokoh lainnya. Ini sebenarnya sedikit memengaruhi keseruan membaca. Sebab ada beberapa hal yang lebih menarik jika pembaca pun tidak mengetahuinya seperti ketulusan Sebastian. Membiarkan pembaca ikut membangun praduga bersama Tara.

Ah, tapi tidak masalah. Sebab keterlibatan Tara di dalam upaya penyerangan keluarga kerajaan jadi menarik diikuti. Penasaran untuk mengetahui pihak-pihak yang terlibat. Serta membangun rasa penasaran pada bagaimana kisah ini akan berakhir.

“Hidup tidak pernah sempuran. ... . Tapi selangkah demi selangkah, asal kau tetap maju dan menatap ke depan, kau bisa meninggalkan masa lalu di belakang.” (Hal. 316)

***

Penasaran enggak buat baca novel Mission D’Amour ini? Mau memiliki karena covernya yang lucu? Kamu punya kesempatan untuk mendapatkannya, Readers? Caranya mudah. Yuk ikuti langkah ini:

1. Jawab pertanyaan ini di kolom komentar
“Jika kamu diberi kesempatan menyusun sebuah manual berjudul Mission D’Amour. Kamu akan menulis peraturan apa saja? Sebutkan 3 peraturan yang akan kamu cantumkan di dalamnya”
Jangan lupa sertakan data diri berupa nama, akun twitter atau akun instagram, dan email kamu.

2. Share giveaway ini dengan ketentuan berikut:

Via Twitter: follow akun twitter @CiscaTodi dan @atriasartika. Kemudian share link Giveway ini dengan hashtag #MissionDAmour dan mention kedua akun tersebut.

Via Instagram: follow akun instgram @atriasartika. Repost banner atau e-poster Giveaway #MissionDAmour yang ada di akun @atriasartika. Sertakan link blogpost ini dalam caption. Tag akun @atriasartika. Ingat, tag ya, bukan mention :)

3. Giveaway ini hanya berlangsung 5 hari dari tanggal 7 Maret – 13 Maret 2016
4. Giveaway ini hanya untuk yang berdomisili di Indonesia
5. Pengumuman pemenang akan saya posting di twitter atau IG (tergantung yg terpilih jadi pemenang pakai medsos apa dalam mempromosikan GA ini)

23 komentar:

  1. Nama: Arie E. Pradianita
    Twitter: @APradianita
    e-Mail: ariepradianita@gmail.com

    Manual Mission D’Amour:

    1. Jatuh cinta itu memulainya amat mudah, tapi menghentikannya susah payah.

    Pahami peraturan sederhana ini. Buat kalian yang belum pernah jatuh cinta mungkin tidak tahu, tapi buat yang sekarang lagi patah hati, mereka sudah level S-3 atau profesor pahamnya. Maka, kalau kalian percaya dengan peraturan ini, berhati2lah selalu untuk jatuh cinta, bukan sebaliknya, malah asyik bermain dengan perasaan. Jangan coba2 membuka bendungan hati kalian, nanti jebol tidak terkendali.

    2. Jatuh cinta itu tidak pernah rumit. Sederhana. Selalu sederhana. Tapi orang2nya lah yang membuat rumit.

    Camkan baik2. Lagi2, buat kalian yang belum pernah jatuh cinta mungkin tidak paham, tapi besok lusa, ketika kalian mencemplungkan diri dalam urusan ini, ingat peraturan tersebut. Kitalah yang selalu membuat rusuh, galau, ribet, bego diri sendiri. Jatuh cintanya sih nggak. Cinta itu selalu simpel. Orang2nya yg rumit. Dalam urusan yang sudah pasti sekalipun orang2 tetap saja membuat rumit, apalagi dengan perasaan tidak jelas, hubungan tdk lurus, lebih rumit lagi.

    3. Cinta itu bisa redup, bahkan padam, pun juga bisa menyala tinggi. Tergantung kita.

    Bohong banget kalau cinta orang itu terussss saja menyala tinggi. Itu hanya trik pemasaran film, buku2, dsbgnya. Dilebih2kan, biar yang nonton atau baca senang hatinya. Cinta itu persis seperti api unggun. Kita sendiri yang menentukan apakah api unggun itu akan terus menyala atau padam. Nah, kebanyakan, orang2 bahkan sukarela menyiram api unggunnya dengan minyak tanah sekontainer, maka menyala tinggilah dia sesaat, membakar dirinya sendiri, merusak. Tanpa sempat berpikir, apakah perasaannya itu sungguhan atau karena dia tidak mampu mengendalikan diri. Tanyakan ke orang tua kalian, yang membuat pernikahan itu awet hingga 50 tahun, bukan karena cintanya terus menyala tinggi. Tapi karena mereka punya komitmen, kepercayaan. Dengan dua hal tsb mereka memutuskan untuk jatuh cinta lagi, jatuh cinta lagi pada suami/istrinya hingga bertahan puluhan tahun.

    BalasHapus
  2. Nama: Dian Maharani
    Akun Twitter: @realdianmrani93
    Link Share: https://twitter.com/realdianmrani93/status/706784298708250624

    Manual Mission D'Amour:
    1. Jangan mengenalkan namamu atau bertanya namanya. Jika misi sudah terlaksana, walau tak berjumpa, tapi namanya akan selalu terngiang-ngiang dalam ingatan. Dan itu bisa bikin misi selanjutnya gagal.
    2. Jangan peka dengan kode wanita. Kode wanita bukan untuk dipecahkan, tapi untuk dipahami. Tapi, jangan sekalipun memecahkan atau memahami kode-kode itu. Hanya akan membuatmu terjerat dalam kode-kode lainnya.
    3. Dilarang jatuh cinta. Cinta itu buta. Jadi, misi bisa saja tak terlaksana walaupum mata dalam keadaan terbuka.

    BalasHapus
  3. Nama: Putri Prama Ananta
    Twitter: @putripramaa
    Email: anantaprama@yahoo.co.id

    “Jika kamu diberi kesempatan menyusun sebuah manual berjudul Mission D’Amour. Kamu akan menulis peraturan apa saja? Sebutkan 3 peraturan yang akan kamu cantumkan di dalamnya”

    Mission D'Amour Manual

    Diterapkan secara resmi dalam pelaksanaan Mission D'Amour untuk para agen BIA.

    Version 1
    Issue Date: March, 7th 2016
    Last Review Date: March, 13th 2016
    Owned By: Putri Prama

    Pasal 1
    Setiap agen BIA berhak dan wajib ikut serta dalam usaha menyimpan perasaan cintanya sehingga tidak mengganggu pelaksanaan misi.
    Pasal 2
    Setiap agen BIA wajib untuk tidak menunjukkan perasaan cinta saat melakukan misi.
    Pasal 3
    Agen BIA dapat diberhentikan setelah diajukan usul pemberhentian oleh klien kepada Kepala BIA apabila terbukti telah melakukan pelanggaran seperti yang tercantum pada Pasal 2.

    BalasHapus
  4. Nama: Dera Devalina
    Twitter: @deradevalina
    e-Mail: deradevalina@gmail.com

    “Jika kamu diberi kesempatan menyusun sebuah manual berjudul Mission D’Amour. Kamu akan menulis peraturan apa saja? Sebutkan 3 peraturan yang akan kamu cantumkan di dalamnya”

    Manual Mission D'Amour:
    1. Jangan percaya dengan siapapun
    Menurut aku sih yang utama jangan percaya dengan siapapun bahkan dengan orang yang dekat dengan kita, terkadang orang yang didekat kitalah tersangka utamanya.

    2. Jangan Baper
    jangan tunjukkan kebaperan kita ke pihak lawan bisa jadi itu senjata buat diri kita sendiri, kan bisa brabe. Jatuh cinta dengan si target penangkapan, ya kalo si target itu balik suka dengan kita kalo ternyata Cuma pura- pura kan kita ngak tahu… namanya juga agen rahasia bisa jadi kita yang kena perangkap bukannya si target kita.. huf

    3. Jangan Membocorkan Identitas diri
    jangan membocorkan identitas diri apalagi memposting bukti kalo kita sebenarnya agen rahasia, yang ada bisa dipecat dari pekerjaan kita.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Nama : Pida Alandrian
    Twitter : @PidaAlandrian92
    Email : shafrida.alandrian@gmail.com
    Link Share : https://twitter.com/PidaAlandrian92/status/707559501327511552

    “Jika kamu diberi kesempatan menyusun sebuah manual berjudul Mission D’Amour. Kamu akan menulis peraturan apa saja? Sebutkan 3 peraturan yang akan kamu cantumkan di dalamnya”

    Manual Mission D'Amor ala Pida Alandrian
    Cekidot...

    1. Harus memiliki kharisma yang tinggi.
    Seorang Agen haruslah memiliki daya tarik melalui kharismanya. Agen rahasia yang baik juga harus bisa memikat orang asing, memanipulasi mereka untuk melakukan apa yang kamu mau. Misal, jika targetmu adalah pemain poker dengan taruhan tinggi di Maroko, kamu harus bisa melewati penjaga pintunya, memasang taruhan, dan ikut serta bagian dalam permainan pokernya.
    dgn kamu memiliki kharisma kamu bs melewati itu semua dgn mudah.

    2. Harus bisa mendeteksi dan mengetahui jika seseorang berbohong.
    Jika seorang agen rahasia tertangkap oleh penjaga keamanan pada tengah malam, bersembunyi di dalam ruang catatan dengan cahaya obor, seorang agen rahasia harus mempunyai alasan atau dapat melarikan diri dengan cepat tanpa diketahui.
    Sebaliknya, jika kamu menemukan kelakuan yang mencurigakan, kamu juga harus bisa mendeteksi kebohongan dengan cepat dan efisien. Mempunyai keahlian dalam mendeteksi kebohongan juga bisa membuatmu menjadi pembohong yang baik.

    3. Harus pandai, ahli dan menguasai berbagai macam bahasa negara.
    Poin ini yang paling penting.
    Jika kamu ingin menyamar di seluruh dunia, kamu harus nyaman dan mahir berbicara dalam bahasa local dimana kamu ditempatkan utk menjalankan misi. Hal ini sangat penting untuk mata-mata misalnya sebuah perusahaan, dan beberapa lokasi di agen pemerintah resmi, kebanyakan di lokasi-lokasi yang menunjukkan keributan yang mana agen mungkin ditugaskan.

    Sekian dari 3 Mission D'Amor jika kau diberi kesempatan utk menyusun peraturannya. Dan 3 di atas itu yang paling utama yg harus di adakan dlm peraturanku.

    Sekian
    Salam Pida Alandrian

    BalasHapus
  7. Nama : Lois Ninawati
    Twitter : @_loisninawati
    Email : ninawatilois@gmail.com

    Manual Mission D'Amour :
    1. Harus bisa berkelahi. *untuk perlindungan tentunya*
    2. Bersikap santai *gak gegabah maksudnya*
    3. Ekspresi wajah harus cool

    😊

    BalasHapus
  8. Nama : Lois Ninawati
    Twitter : @_loisninawati
    Email : ninawatilois@gmail.com

    Manual Mission D'Amour :
    1. Harus bisa berkelahi. *untuk perlindungan tentunya*
    2. Bersikap santai *gak gegabah maksudnya*
    3. Ekspresi wajah harus cool

    😊

    BalasHapus
  9. nama : Mukhammad Maimun Ridlo
    akun twitter : @MukhammadMaimun
    email : maimun_ridlo@yahoo.com

    “Jika kamu diberi kesempatan menyusun sebuah manual berjudul Mission D’Amour. Kamu akan menulis peraturan apa saja? Sebutkan 3 peraturan yang akan kamu cantumkan di dalamnya”

    1. Tak ada Musuh atau teman yang abadi. Semua tergantung kepentingannya.
    Teman kita hari ini bisa saja jadi musuh atau target kita besok.
    2. Jangan jadikan cinta sebagai pengantar suksesmu. Tapi jadikan cinta sebagai misimu.
    Karena cinta harus diperjuangkan.
    3. Bila sebuah masalah tidak bisa dicari jalan keluarnya, lihatlah awal terjadinya masalah dan runut kembali situ.
    Akar masalahnya pasti akan kau temui di sana

    BalasHapus
  10. Nama: Putri Carera
    Akun twitter: @santicar_
    Email: putricarera16@gmail.com

    “Jika kamu diberi kesempatan menyusun sebuah manual berjudul Mission D’Amour. Kamu akan menulis peraturan apa saja? Sebutkan 3 peraturan yang akan kamu cantumkan di dalamnya”

    1. Kenali jati dirimu, lalu buang sejauh-jauhnya. Siapapun yang punya misi untuk dijalankan harus dapat mengenali dirinya sendiri lalu mengontrolnya. Segala emosi yang dia punya ataupun masa lalu yang pernah dialami, bahkan kebiasaan yang biasa dilakukan, semuanya harus dibuang demi kelancaran misi-terutama masalah percintaan.

    2. Pandai dalam segala hal, termasuk acting. Dalam menjalankan misi untuk mencari informasi dibutuhkan skill penyamaran yang oke. Dengan banyak keahlian kamu dapat lebih mudah mendekatkan diri dengan target, apalagi kalau jago acting, kamu dapat menggunakannya untuk menipu target.

    3. Jangan bertele-tele. Laksanakan misimu dengan cepat dan tepat. Hambatan yang menghambatmu dalam misi harus segera disingkirkan (termasuk emosi), agar misi dapat terselesaikan.


    Ngomong-ngomong makasih kak GAnya^^

    BalasHapus
  11. Khoyul
    @Jkhoyul
    Jukhoyul@gmail.com

    1. Tidak boleh serta merta percaya pada siapapun, termasuk diri sendiri.

    2. Tidak bolah berhubungan khusus (sekedar dekat atau hubungan cinta) pada siapapun dan apapun yang ada hubungan dengan pekerjaan. Baik client, teman kerja, dan target/musuh.

    3. Mematikan perasaan demi berjalannya tugas dengan baik. (perasaan kasihan, tak tega, takut, risih, dll)

    BalasHapus
  12. Nama: Ari
    Twitter: @tiarizee
    Email: muthia_batari@yahoo.com

    Peraturan Manual Mission D'Amour-ku adalah:

    Peraturan 1:
    Agen BIA wajib memprioritaskan misi diatas segalanya. Hal-hal sentimentil seperti rasa Cinta, Kasihan, ataupun Tega dilarang keras dilibatkan saat menjalankan misi.

    Peraturan 2:
    Para Agen BIA harus menyelesaikan tugas dengan rapi, cepat, dan efisien namun tanpa membunuh target ataupun lawan. Karena yang dibutuhkan adalah 'kebenaran' dari kasus tersebut, bukan menghabisi nyawa seseorang. Biarkan pengadilan menjalankan tugasnya nanti.

    Peraturan 3:
    Jika diketahui ada agen yang melanggar peraturan-peraturan itu, agen tersebut akan diberhentikan dari jabatannya, dikenakan denda sesuai dengan tingkat level misinya, dan diasingkan ke negara yang sudah ditentukan dalam kontrak kerja Badan Intelijen Alerva selama misi yang gagal diselesaikan tuntas di tangan agen lain.

    Wish me luck! ^^

    BalasHapus
  13. nama: Kitty
    akun twitter: @womomfey
    e-mail: kitty.wibisono@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/WoMomFey/status/708428374868242432

    My Mission D'amour manual:

    1. Buatlah orang-orang di sekitarmu jatuh hati padamu, tapi jangan pernah sekalipun jatuh hati dengan siapa pun.
    >> Hal ini akan mempermudah adaptasimu dengan orang-orang yang terlibat dalam misi yang kamu emban. Sering kali, saat seseorang sudah mendapatkan hati orang lain, maka ia pun otomatis akan mendapatkan kepercayaan mereka. Hal ini juga akan sangat membantu dalam mengumpulkan informasi terkait misimu. Jika hati dan kepercayaan orang-orang sekitar sudah kamu dapatkan, maka kamu akan dapat banyak mengorek informasi berharga dari mereka. Inti peraturan pertama ini adalah: love no one, trust no one!

    2. Waktu adalah sahabat terbaik sekaligus musuh paling mengerikan bagimu, so do not wasting your time fulfilling your mission
    >> bersegeralah dalam melakukan segala sesuatu terkait misi yang diberikan. Karena waktu adalah sahabat terbaik jika dimanfaatkan sebaik-baiknya, namun ia juga dapat berbalik menjadi musuh yang sangat mengerikan jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Manage your time efficiently!

    3. Kegagalan menjalankan misi bukanlah sebuah opsi/pilihan. Seorang agen harus melaksanakan misinya dengan cemerlang, tanpa sedikitpun meninggalkan jejak.
    >> dengan peraturan penutup ini kamu diharuskan selalu sukses dalam mengemban misi apapun yang ditugaskan kepada kamu. Dan apapun yang terjadi dalam pelaksanaannya, kamu harus dapat menghilangkan semua bukti dan jejak keberadaan dirimu terkait misi tersebut, segera setelah misi tersebut selesai dilaksanakan.

    BalasHapus
  14. Nama : Tri
    Twitter : @tewtri
    E-mail : triwahyuni.irawan3@gmail.com

    Mission D’Amour

    Demi terselesaikannya misi dengan baik. Harap bersungguh-sungguh ketika membaca maupun mempraktekan peraturan yang tercantum. Ingat, dalam misi salah sekali, kau bisa mati berkali-kali. Hati-hati dan jaga hati.

    1. Sebagai seorang pembawa misi tugasmu sudah serius. Jangan membuat hidupmu semakin mbluet dengan bertingkah sok serius jika memang tidak berkemampuan untuk itu. Santailah sejenak, minum kopi. Karena mungkin kalau kau gagal kali ini, di alam baka tidak tersedia paket kopi instan. Sekali lagi, kau manuasia biasa, tugas yah tugas, tertawa yah tertawa. Kau agen, tapi hidupmu adalah hakmu sendiri.

    2. Di samping ingat misi, di harapkan juga bisa ingat Tuhan. Tidak ada jaminan mengenai nyawamu dalam mengemban misi ini. Sekali lagi, kalau kau gagal. Jabatan, kecerdasan maupun kepiawaianmu sebagai agen agaknya sulit menolong. Jalan satu-satunya yah ingat selalu Tuhan seringan apa pun misi tersebut.

    3. Jangan sekali-kalinya berani patah hati. Nah, apabila tidak mau patah hati artinya kau juga di larang jatuh cinta. Agen patah hati sering kali sensitif dan emosian. Misi tidak bisa menunggu, dan sebagai agen harusnya sadar betul kalau satu detik saja bisa berarti banyak hal.




    BalasHapus
  15. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Email : n0v4ip[at]gmail[dot]com
    Link Share : https://twitter.com/n0v4ip/status/708525754418466816

    1. Saat dalam misi, jangan gunakan hatimu tapi logika.
    2. Dilarang jatuh cinta terutama pada musuh
    3. Sebagai agen, Keberhasilan misi adalah prioritas utama.

    Terima kasih kak ^^

    BalasHapus
  16. “Jika kamu diberi kesempatan menyusun sebuah manual berjudul Mission D’Amour. Kamu akan menulis peraturan apa saja? Sebutkan 3 peraturan yang akan kamu cantumkan di dalamnya”

    Peraturan Saat menjalankan mission, terdiri atas tiga bagian:
    SATU: Gunakan Akal pikiran dalam menjalankan misi, isi otaklah yang bekerja keras ketika misi itu berjalan.

    DUA: Sediakan Peralatan perang sebelum peperangan benar2 terjadi.

    TIGA: Gunakan metode pemecahan ter-quick ketika dihadapkan dengan 'problem' yang berat.

    Nama : Rinita
    Akun twitter : @Rinitavyy
    Email : rinivir90@gmail.com

    BalasHapus
  17. Nama: Frida Kurniawati
    Akun Twitter: @kimfricung
    Email: kimririn93@ymail.com

    MISSION D'AMOUR
    1. Keluarga dan cinta menumpulkan logika. Tinggalkan keduanya sebelum memulai misi dan selama melaksanakan misi sampai selesai. Ingat, sampai selesai.
    2. Tak ada satu pun yang bisa kaupercayai, kecuali misi. Oleh karena itu, kau tidak akan mengendurkan kewaspadaanmu barang sedikit pun.
    3. Waktu adalah elemen yang tak bisa kita tipu, pun kita tak bisa sembunyi darinya. Misi yang tak selesai tepat waktu akan mengakibatkan kau dihukum sesuai dengan peraturan yang telah disepakati untuk tiap misi.

    BalasHapus
  18. Nama: Leny
    akun twitter: @Lenny1785
    email: lynnlenie7@gmail.com
    1. Harus berpenampilan biasa saja agar tidak dicurigai.
    2. Tidak boleh jatuh cinta saat melakukan tugas, apalagi jatuh cinta kepada musuh.
    3. Harus tetap konsisten dengan tugas, tidak boleh bawa perasaan dlm melaksanakan tugas.

    BalasHapus
  19. Humaira Balfas
    @RaaChoco
    humairabalfas5@gmail.com
    https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/708969975415906304?p=v


    1. Berani mengambil resiko
    Resiko menjadi teman(untuk lawan sekalipun), resiko untuk tidak jatuh cinta (jika gagal, simpan rapat-rapat, jangan sampai ada yang tahu), resiko dibenci oleh orang tercinta, dan resiko kehilangan.

    2. Mampu memanipulasi.
    Memanipulasi diri, pikiran,perasaan, raut wajah, dan bahkan lawan. Agar tidak terkecoh dalam bertugas.

    3. Jangan percayai apapun dan siapapun.
    Baik hatimu, temanmu, orang yang kau cintai, dan bukti sekalipun. Dalam bekerja, hanya gunakan logika untuk memecahkannya.

    BalasHapus
  20. Rini Cipta Rahayu
    Twitter @rinicipta
    Email rinspiration95@gmail.com

    1. Fokus
    Segala sesuatu yang dikerjakan dalam keadaan tidak fokus hanya akan mendatangkan masalah baru yang membuat kita semakin sulit!

    2. Profesional
    sikap utama yang harus selalu diingat untuk dilakukan. Jangan campurkan urusan pribadi dengan misi yang sedang dijalani!

    3. Do the best
    Lakukan segalanya dengan maksimal. Upayakan yang terbaik demi kesuksesan misi dan kepuasan klien!

    Selamat bertugas, Agen Rahasia!

    BalasHapus
  21. Nama : Ratih M
    Twitter : @Jju_naa
    Email : ratihmulyati02@gmail.com

    1. Tidak ada identitas selama menjalankan misi.
    Bertujuan, seandainya Anda tewas dalam misi, jena
    zah Anda tidak akan teridentifikasi dengan mudah.

    2. Dilarang membahayakan tim dan bersedia bunuh diri jika tertangkap musuh, ini demi melindungi misi dan informasi terkait.

    3. Dilarang menjalin hubungan dengan sesama pegawai/agen BIA.

    BalasHapus
  22. - Selalu fokus terhadap misi. Jangan sampai masalah lain sampai mengalihkan duniamu. Jika ada kucing lewat bawa ikan bandeng asap, jangan tergoda ikutan lapar dan teralihkan dari target. Anggap saja itu cobaan dan lanjutkan misimu! Begitu pula tentang cinta. Untukmu is a no no way sebelum misi tuntas.
    - Ikuti insting yang sudah terlogika. Sherlock Holmes sering kelihatan keren dengan instingnya yang benar. Tapi tetap jangan tinggalkan logika.
    - Be smart in every condition. Saat membaca gelagat target, menyensor apakah dia jujur atau tidak. Lari pontang panting atau sembunyi dengan anggun saat melihat musuh mendekat. Diam saja atau jujur saat pacar tanya dia gendut atau tidak, eh. Yang jelas kau harus tau apa yang harus kau lakukan sedetik kemudian. Tak boleh gegabah dan harus pintar trik. Berkepala dingin. Mampu menguasai berbagai situasi.

    Faiz Istighfara
    Twitter : @lisyaann
    faiz.istighfara@gmail.com

    BalasHapus
  23. Oke sesuai judul Mission D'Amour yg kalau gk salah arti misi cinta atau semacamnya itulah, maka inilah 3 peraturan yg akan saya tuliskan dibuku manual:

    1. BOLEH JATUH CINTA. Loh kok boleh sih? Iya, kamu diberi kesempatan jatuh cinta asalkan bisa profesional dan dapat membedakan antara urusan pekerjaan dan hati. Saya bukan Tuhan yg bisa ngelarang kalian untuk enggak jatuh cinta, saya tau cinta itu seringnya dtg tiba-tiba tapi sekali lagi tolong jaga keprofesionalan kalian dalam menjalankan misi ini. Misal km dan target sama-sama jatuh cinta maka manfaatkan lah cintanya untuk mempermudah dlm menjalankan misi ini bukan mempersulit situasi dan kondisi yg ada. Jahat? Memang!

    2. MENJADI DIRI ORANG LAIN! Iya kenapa saya minta kalian buat menjadi diri orang lain? Plisss banget jgn bawa kebiasaan kalian dalam menjalankan misi ini terlebih kebiasaan buruk kalian, untuk tetap menjaga kemurnian misi ini maka jadilah diri orang lain. Misal nama disamarkan, berpakain dan berperilaku berbeda dari keseharian tetapi tetap dalam batas yg normal.

    3. JANGAN KAKU. Kalian harus selalu bisa mencairkan suasana, mengatur dan memasang target apa saja sesuai keinginan kalian. Jgn situasi dan kondisi yg mengatur kalian tp kalianlah yg hrs bisa mengatur situasi dan kondisi.

    Salam,
    Ketua Agen Rahasia Mission D'Amour

    Agnes/ @its_nessie/ Bookieslicious@gmail.com

    BalasHapus