Sabtu, 19 Maret 2016

Double Spin Round + Giveaway




Judul Asli: Tsumuji Double
Penulis: Yukiya Shoji, Natsu Miyashita
Penerjemah: Andry Setiawan
Penyunting: Arumdyah Tyasayu
Design cover: Cyntia Yanetha
Proofreader: Yuli Yono
Penerbit: Haru
Cetakan: Pertama, Februari 2016
Jumlah hal.: 268 halaman
ISBN: 978-602-7742-75-8

Siapa pun pasti punya rahasia

Madoka dan Yuichi adalah kakak beradik dengan beda umur yang cukup jauh dan sifat yang bertolak belakang. Madoka masih duduk di bangku SD, sedangkan Yuichi sudah SMA. Madoka menyukai Judo, sedangkan Yuichi adalah anggota band.

Keluarga mereka hidup baik-baik saja sampai Madoka menerima sebuah panggilan telepon dari orang yang tidak dikenal.

Satu panggilan telepon mengubah keluarga yang tadinya baik-baik saja menjadi keluarga yang menyimpan rahasia satu sama lain.

Apa sebenarnya rahasia keluarga mereka?

***

“Orang bilang perasaan wanita itu tajam” (Hal. 26)

Apa arti keluarga bagimu? Apakah ia tempat kamu merasa bahwa tidak ada  rahasia di antara kalian? Tempat kamu mencari rasa aman dan nyaman? Tempatmu menemukan bahwa setiap dari diri anggota keluarga ada peran yang harus dilakukan?
Inilah yang dirasakan oleh Madoka, gadis kecil yang berusia 10 tahun. Ia memiliki kepekaan yang mulai terbangun. Ia mulai belajar memahami situasi dan mengambil keputusan sesuai perannya sebagai anggota keluarga paling muda. Ia selalu berusaha mempertahankan sikap cerianya, sebab ia pikir itulah cara terbaik yang bisa ia lakukan dalam keluarga. Perannya sebagai anak-anak, membuatnya merasa bahwa ia harus selalu memasang sikap ceria. Hal ini pun yang ia yakini saat ia mengendus sebuah rahasia di rumahnya. Rahasia yang melibatkan sosok bernama Ashida Nobuko-san yang membuat ibunya bersikap aneh. Kemudian menyusul sikap kakaknya yang semakin aneh.

Sedangkan Yuichi, yang menyadari bahwa sebagai seorang kakak, maka ia harus mampu menjaga keceriaan Madoka. Jangan sampai tindakannya membuat gadis kecil yang peka itu menjadi cemas. Membuat adiknya yang sangat memujanya itu merasa kecewa atau bahkan terluka. Tapi bagaimana caranya jika ia sendiri tengah dibuat bingung oleh pilihan masa depannya? Memilih untuk serius nge-band atau melanjutkan universitas. Dan kemudia masalah baru muncul saat ibunya tidak setuju saat seorang bernama Ishigo muncul dan mengajak ia dan band-nya untuk melakukan debut. Ini jelas aneh, sebab ibunya adalah salah satu orang yang paling mendukung aktivitas band Double Spin Round miliknya.

Ada apa sebenarnya? Apakah kenyataan yang dirahasiakan itu akan melukai Madoka dan Yuichi?

“Musik itu mengubah dunia. .... Di zaman kapan pun selalu, selalu ada musisi yang mengubah dunia. ....” (Hal. 111)

***

“Seringan apa pun latihannya, orang tidak akan bisa berkembang kalau tidak ada niat untuk melakukan hal yang baru.” (Hal. 76)

Jika ditanya, mana yang lebih saya sukai, drama Korea atau drama Jepang? Maka jawaban saya adalah drama Jepang. Kenapa? Ini karena apa yang disuguhkan oleh drama Jepang selalu terasa lebih kompleks. Dan salah satu tema favoritku adalah drama keluarga, baik untuk dibaca maupun untuk ditonton.

Membaca Double Spin Round ini kita akan diajak melihat sebuah double perspective. Satu masalah dari dua sudut pandang yang berbeda. Pertama sudut pandang orang pertama dari tokoh Madoka, gadis kecil berusia 10 tahun; kedua adalah dari sisi Yuichi seorang remaja pria yang duduk di tahun terakhir SMA.

Madoka dengan pikiran kanak-kanaknya, memandang sebuah masalah lebih sederhana. Ia menyimpulkan bahwa rahasia biarlah tidak ia ketahui sampai tiba saatnya orang tersebut mau membicarakannya. Ini menunjukkan kepekaan anak-anak. Mereka memikirkan, namun enggan memaksakan kehendak apalagi mendesak.

Sedangkan Yuichi yang beranjak dewasa, menghadapi masalah dengan lebih serius serta pemikiran yang lebih kompleks. Ini disebabkan oleh kondisi persimpangan jalan kehidupan yang sedang dihadapinya. Ia harus memikirkan masa depannya dengan lebih serius, sehingga penting untuk bisa fokus. Dan masalah yang terjadi membuatnya sulit untuk fokus karena menjadi kabut yang menyelimuti isi kepalanya.

Menarikkan? Penggunaan dua sudut pandang orang pertama dengan kehidupan dan pola pikir yang berbeda dalam menghadapi masalah yang sama ini terasa memikat. Kita pembaca reemaja maupun dewasa juga diingatkan bahwa perasaan dan pikiran seorang gadis kecil tidak bisa diabaikan begitu saja. Mereka mungkin belum dewasa, namun mereka sedang menjalani proses pendewasaan sehingga bukan berarti mereka tidak mampu bersikap bijak. Kadang bahkan kebijaksanaan seorang gadis kecil jauh lebih baik karena mereka melakukan sesuatu tanpa dihantui ketakutan yang berarti.

Ah, drama keluarga yang disuguhkan dalan novel ini menarik. Dan hingga akhir, ada satu spekulasi yang tidak dijawab dengan tuntas. Pembaca dibiarkan membuat keputusan sendiri untuk memercayai yang mana. Namun apapun yang ingin dipercayai oleh pembaca, tetap saja ada hal indah yang jadi bagiannya.

“Perasaan yang berputar-putar itu nggak akan sia-sia. Berputar-putar lalu maju selangkah, berputar-putar lagi dan maju selangkah lagi. Meskipun enggak tahu apa sudah melangkah atau belum, tapi perasaan yang seperti berputar-putar itu menurut Ibu sangat penting.” (Hal. 229)

***

Sudah baca review di atas? Tertarik membaca langsung novel Double Spin Round ini? Nah, Penerbit Haru yang baik hati dan semakin hari semakin keren itu menyediakan satu novel Double Spin Round untuk satu orang yang beruntung di blog ini. Mau jadi yang beruntung? Caranya mudah:
1. Jawab pertanyaan ini di kolom komentar
“Apa arti keluarga bagimu? Seberapa jauh sebuah rahasia akan memengaruhi hubuangan kamu dan keluarga?”
Jangan lupa sertakan data diri berupa nama, akun twitter atau akun instagram, dan email kamu. 

2. Share giveaway ini dengan ketentuan berikut:
Via Twitter: follow akun twitter @penerbitharu dan @atriasartika. Kemudian share link Giveway ini dengan hashtag #DoubleSpinRound dan mention kedua akun tersebut.
Via Instagram: follow akun instgram @atriasartika & @penerbitharu. Repost banner atau e-poster Giveaway #DoubleSpinRound yang ada di akun @atriasartika. Sertakan link blogpost ini dalam caption. Tag akun @atriasartika. Ingat, tag ya, bukan mention :)
3. Giveaway ini hanya berlangsung 3 hari dari tanggal 19 – 21 Maret 2016
4. Giveaway ini hanya untuk yang berdomisili di Indonesia
5. Pengumuman pemenang akan saya posting di twitter atau IG (tergantung yg terpilih jadi pemenang pakai medsos apa dalam mempromosikan GA ini)

19 komentar:

  1. Keluarga ialah segalanya bagiku, karena dengan keluarga aku bisa merasakan arti memiliki, arti kasih sayang sekaligus arti kesepian. Dengan adanya keluarga, aku mampu melewati suka dan duka walaupun rentetan keluhan dan nasihat selalu terdengar.
    Didalam keluargaku, terdapat kebebasan dalam bercerita soal apapun dan ada rahasia yang harus diceritakan maupun tidak diceritakan. Mereka (orangtua ku) selalu menerima keadaanku bagaimana caranya. Kalaupun memang mereka tahu aku memiliki rahasia tentang sebuah masalah, maka mereka akan menunggu waktuku untuk menceritakan dengan sendirinya. Tak ada jarak diantara kami, malah yang ada ialah rangkulan.

    Nama : Eka Agustiani
    Akun IG : @ekahollo
    Email : holloeka@gmail.com

    BalasHapus
  2. Keluarga ialah segalanya bagiku, karena dengan keluarga aku bisa merasakan arti memiliki, arti kasih sayang sekaligus arti kesepian. Dengan adanya keluarga, aku mampu melewati suka dan duka walaupun rentetan keluhan dan nasihat selalu terdengar.
    Didalam keluargaku, terdapat kebebasan dalam bercerita soal apapun dan ada rahasia yang harus diceritakan maupun tidak diceritakan. Mereka (orangtua ku) selalu menerima keadaanku bagaimana caranya. Kalaupun memang mereka tahu aku memiliki rahasia tentang sebuah masalah, maka mereka akan menunggu waktuku untuk menceritakan dengan sendirinya. Tak ada jarak diantara kami, malah yang ada ialah rangkulan.

    Nama : Eka Agustiani
    Akun IG : @ekahollo
    Email : holloeka@gmail.com

    BalasHapus
  3. Keluarga itu pelarian akhir, tempat pulang, di mana setelah apa pun menimpa kita itu akan jadi tempat paling aman untuk bersandar dan berbagi.

    Untuk rahasia sendiri, masing-masing anggota keluargaku pasti punya rahasia masing-masing di mana porsinya belum bisa dibagi atau yang sudah bisa dibagi dengan anggota keluarga yang lain. Nggak masalah rahasia itu ada, asalkan tidak memberikan akibat luar biasa yang bisa menghancurkan keluarga. Karena setiap orang berhak memiliki rahasia. ^^

    Nama: Rizcha Mawadah
    Twitter: @chaecungmochi
    Email: rizcha_10@yahoo.co.id

    BalasHapus
  4. Nama : Aziza Avita Sari
    Twitter : @azizaavita
    Email : azizaavitasari@gmail.com

    Arti keluarga bagi saya ? Sejujurnya, saya sangat kesulitan untuk mengartikan makna keluarga yg sesungguhnya. Namun saya akan berusaha.

    Oke, menurut saya, keluarga adalah hal kedua setelah Allah SWT yang begitu berharga dalam hidup saya. Ya... tempat dimana saya belajar untuk tegar dan sabar dalam menjalani hidup ini.

    Seberapa jauh sebuah rahasia akan memengaruhi hubungan kamu dan keluarga?
    Oke, menurut saya, itu tidak terlalu berpengaruh. Karena sejak kecil saya diajarkan untuk saling "curhat" antar anggota keluarga. Sehingga hubungan kami sangat akrab. Namun, keluarga saya juga mengajarkan agar tidak saling mencampuri privasi orang lain.

    Karena apa ? Sedekat apapun kita, seakrab apapun kita. Hal buruk jika kita ikut campur dalam hal yg menyangkut urusan pribadi, karena setiap orang memperlukan ruang rahasianya sendiri.

    Makasih...

    BalasHapus
  5. Nama: Fitra Aulianty
    Twitter: @fira_yoopies
    Email: fitra.aulianty@gmail.com

    “Apa arti keluarga bagimu? Seberapa jauh sebuah rahasia akan memengaruhi hubuangan kamu dan keluarga?”

    Keluarga adalah mereka yang menerima dan selalu ada untukku. Keluarga juga inspirasi dan motivasi buat aku. Setiap ada masalah atau ada hal yang membuat aku gak pengen ada lagi di dunia, aku ingat mereka, ingat kalau mungkin aja mereka masih butuh aku dan masih ingin aku ada di sini. Begitupun mereka selalu ada tiap aku butuh dukungan.

    Berhubung kami sekeluarga itu introvert, ya pastinya gak ada satupun yang jujur-jujuran xD jadi sih rahasia gak ngaruh banyak karena pada dasarnya keluarga itu adalah rumah yang gak pernah protes. Mau aku lagi marah, badmood dll, mereka gak pernah marah balik, paling mereka cuma nunjukkin mereka tau (karena pada tau sih aku gak suka diperhatiin terang"an xD)
    Pokoknya keluarga itu sama aja kayak hidup kedua, tanpa mereka aku gak ada artinya. Tanpa mereka aku cuma orang bingung yang gak punya arah tujuan. Love them <3

    BalasHapus
  6. Nama: Eni Lestari
    Twitter: @dust_pain
    Email: shinra2588@yahoo.com

    “Apa arti keluarga bagimu? Seberapa jauh sebuah rahasia akan memengaruhi hubuangan kamu dan keluarga?”

    bagiku keluarga adalah anugerah terindah yang diberikan Tuhan untukku. aku sangat menyayangi keluarga kecilku. tanpa mereka, entahlah, kayaknya hidupku bakal hambar banget. intinya sih, i can't live without my family. mereka terlalu berharga untuk diganti dengan apapun yang ada di dunia ini :)

    soal rahasia sih, well ada sesuatu yang gak mungkin kuceritakan ke keluargaku. bukannya aku gak percaya mereka, tapi aku masih beranggapan itu bagian dari privasiku. walau aku memiliki rahasia, tapi itu gak mengubah apapun kok. aku tetap menghargai keluargaku. kadang kita kerap adu mulut juga, tapi setelahnya baikan kembali. pokoknya... I LOVE MY FAMILY!! :D

    BalasHapus
  7. Nama: Putri Carera
    Akun twitter: @santicar_
    Email: putri.carera16@gmail.com

    “Apa arti keluarga bagimu? Seberapa jauh sebuah rahasia akan memengaruhi hubuangan kamu dan keluarga?”

    Apa arti keluarga? Bagi saya keluarga itu tidak dapat diartikan, malah yang ada keluarga itu sangat berarti.
    Bagi saya rahasia tidak akan mempengaruhi hubungan siapapun, termasuk dengan keluarga. Setiap orang boleh mempunyai rahasia, dari golongan tua maupun golongan muda.
    Reahasia adalah hak privasi setiap orang, dan itu berlaku juga untuk keluarga.
    Pasti ada alasan jika orangtua tidak memberitahukan rahasia itu kepada anak-anaknya.

    Sekarang bagaimana kita menyikapi rahasia orangtua kita? Marahkah kita karena rahasia itu dirahasiakan dari kita?
    Bukankah kita seharusnya senang karena orangtua kita masih mempercayai kita untuk menyimpan rahasia yang seharusnya dirahasiakan itu?

    Jadi, intinya rahasia tidak akan mempengaruhi hubungan saya dan keluarga saya...
    Ahhhh I loveeeeee my family

    Makasih GAnya^^

    BalasHapus
  8. Keluarga sangat berarti buat aku, karena keluarga tempat di mana aku dapat menceritakan semua masalah yang aku alami dan keluarga juga lh orang satu-satunya yang selalu setia membantu menyelesaikan masalah, selalu memberikan nasihat yang bermanfaat buat aku, memberikan keceriaan buat diriku sendiri tanpa keluarga hidup tidak bisa berjalan dan tidak berguna

    Untuk rahasia sendiri aku rasa masing-masing dari kami sekeluarga mempunyai rahasia akan tetapi untuk aku sendiri jika aku mempunyai rahasia tidak begitu mempengaruhi dalam keluarga karena aku bersikap seperti biasa, dan keluarga tidak memaksa aku untuk berbagi jika aku belum siap untuk menceritakannya :) Yang terpenting rahasia tersebut tidak mempengaruhi hal buruk bagi keluargaku ^^

    Nama: Maria Elsa
    Instagram: @xoxoelsaaa
    Email: mariaelsa286@gmail.com

    BalasHapus
  9. “Apa arti keluarga bagimu? Seberapa jauh sebuah rahasia akan memengaruhi hubuangan kamu dan keluarga?”
    nama: Noer Anggadila
    twitter: @noeranggadila
    email: noeranggadila27@gmail.com

    keluarga itu lebih sering aku menganggap mereka yang serumah denganku, karena kita memiliki satu tujuan pulang yang sama, rumah. Keluarga itu penting, karena mereka aku ada, karena mereka aku masih bisa bertahan meskipun banyak cobaan di luar sana, karena keluarga yang akan selalu menerimaku kembali kapanpun. Meskipun dalam satu keluarga kita memiliki masalah internal, namun kita berusaha saling pengertian pada akhirnya untuk menyelesaikan masalah tsb secara kekeluargaan. Keluarga itu satu, saling melindungi satu sama lain, saling mengasihi satu sama lain, dan saling menyayangi satu sama lain. Karena keluarga kita gak pernah kesepian.

    tergantung jangka waktu rahasia itu tersimpan dan seberapa pentingkah rahasia itu. Semakin lama, bisa jadi rahasia itu semakin berkembang menumbuhkan rahasia-rahasia lainnya, dan juga semakin penting rahasia itu maka akan semakin rumit jika terus disimpan sendiri dan itu menyangkut keluarga dan pada akhirnya akan runyam urusannya.

    BalasHapus
  10. Nama: Arie E. Pradianita
    Twitter: @APradianita
    e-Mail: ariepradianita@gmail.com

    Apa arti keluarga bagimu? Seberapa jauh sebuah rahasia akan memengaruhi hubuangan kamu dan keluarga?

    Bagiku keluarga adalah orang yang teramat dekat, tempat kita saling berbagi, tempat kita saling memberi, tempat kita berkorban, tempat kita menumpahkan fitrah kita sebagai manusia.

    hmmp, keluarga, tempat kita kembali, memperkuat ruhiyah kita, memperkuat tarbiyah, memperkuat ukhwah. Dan aku telah memilih. Bagiku keluarga ditautkan bukan hanya oleh darah, namun lebih dari itu oleh akidah. Pertautan yang sangat kuat. Bayangkanlah ada seseorang yang rela membagi dua hartanya, bahkan mempertaruhkan nyawanya demi keluarganya yang lain. Dan itu bukan ditautkan oleh darah namun akidah.

    Karena itu aku bingung ketika ada saudara kita yang terluka, namun ada sebagian saudara yang lain, yang masih dengan tenangnya  tidak ambil peduli dengan penderitaan saudara-saudaranya. Bahkan ada yang justru membantu musuhnya untuk membantai saudara-saudaranya. Apakah makna keluarga bagi orang-orang seperti itu?

    hmmp, kata “keluarga” membuatku kembali merenung. Sampai saat ini aku sudah menemukan tempat dimana aku berlindung, sungguh, aku menemukan makna keluarga disana. Keluarga yang memberi spirit, yang memberi kekuatan untuk terus berjuang. Keluarga tempatku kembali mengisi kembali energi jiwa, setelah diserap kerasnya dunia.



    Setiap anggota keluarga mempunyai rahasia dan banyak pula alasan untuk menutupi rahasia pribadinya. Hal ini pastinya akan mengakibatkan banyak mempengaruhi keharmonisan hubungan keluarga yang kini dijalani. Banyak konsekuensi yang harus dijalani meskipun di dalamnya ada kekecewaan dan sakit hati. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan keluarga tidaklah selalu mengalami hal-hal indah saja tetapi harus melalui berbagai tantangan yang meliputi pengkhianatan, ketidakjujuran, pengorbanan, dan kesabaran yang pastinya itu sangatlah menyakitkan.

    Jangan pernah merasa canggung membuka rahasia kepada anggota keluarga yang lain karena sangat mempengaruhi perjalanan hidup keluarga. Tidak sedikit anggota keluarga mempunyai rahasia yang buruk dalam kehidupannya. Perlunya hal ini dilakukan untuk lebih mengetahui dan mengenali latar belakang rahasia anggota keluarga, diterima atau tidaknya kenyataan tergantung dari setiap pribadi masing-masing yang mengalaminya. Semakin anggota keluarga menerima rahasia anggota keluarga yang lainnya akan semakin besar pula rasa cintanya kepada anggota keluarga tersebut meskipun itu terlalu berat menurutnya.

    BalasHapus
  11. Vena Dwi Masfiyah
    @venadwim
    venadm16@gmail.com

    Keluarga itu adalah tempat untuk saling melindungi dan dilindungi. Keluarga juga tempat untuk saling berbagi. Berbagi kasih sayang, perhatian, cinta, bahkan rahasia. Saling terbuka antar anggota keluarga adalah hal yang baik. Tapi harus tetap memperhatikan rahasia apa diberikan kepada anggota yang tepat. Ya misal kalau kakaknya sudah mulai suka sama lawan jenis ya bilangnya ke ibu atau ayahnya bukan sama adiknya yang masih SD.
    :D
    Rahasia dalam keluarga saya sangat penting. Karena dengan saling bercerita setiap anggota keluarga bisa saling mengenal dan bisa bersikap toleransi. Pastinya hal ini mempengaruhi keharmonisan keluarga saya. Kalaupun terpaksa menyimpan rahasia, biasanya walaupun lambat ibu atau ayah saya selalu memberi tahu saya. Walau waktunya lama dan cara memberitahunya sedikit demi sedikit. Saya pikir mereka melakukan hal itu karena mereka tidak ingin mengacaukan pikiran saya yang masih remaja ini. Jadi dengan cara seperti itu saya bisa belajar menerima kenyataan walau dengan cara yang pelan-pelan. Biasanya rahasia yang diberikan dengan cara seperti ini adalah karena rahasianya adalah rahasia yang cukup besar ataupun sulit untuk diterima.

    BalasHapus
  12. Vena Dwi Masfiyah
    @venadwim
    venadm16@gmail.com

    Keluarga itu adalah tempat untuk saling melindungi dan dilindungi. Keluarga juga tempat untuk saling berbagi. Berbagi kasih sayang, perhatian, cinta, bahkan rahasia. Saling terbuka antar anggota keluarga adalah hal yang baik. Tapi harus tetap memperhatikan rahasia apa diberikan kepada anggota yang tepat. Ya misal kalau kakaknya sudah mulai suka sama lawan jenis ya bilangnya ke ibu atau ayahnya bukan sama adiknya yang masih SD.
    :D
    Rahasia dalam keluarga saya sangat penting. Karena dengan saling bercerita setiap anggota keluarga bisa saling mengenal dan bisa bersikap toleransi. Pastinya hal ini mempengaruhi keharmonisan keluarga saya. Kalaupun terpaksa menyimpan rahasia, biasanya walaupun lambat ibu atau ayah saya selalu memberi tahu saya. Walau waktunya lama dan cara memberitahunya sedikit demi sedikit. Saya pikir mereka melakukan hal itu karena mereka tidak ingin mengacaukan pikiran saya yang masih remaja ini. Jadi dengan cara seperti itu saya bisa belajar menerima kenyataan walau dengan cara yang pelan-pelan. Biasanya rahasia yang diberikan dengan cara seperti ini adalah karena rahasianya adalah rahasia yang cukup besar ataupun sulit untuk diterima.

    BalasHapus
  13. Nama : Eka Putri Arviyanthi
    IG : ekaarviyanthi
    Email : ekaarviyanthi@gmail.com


    Keluarga menurutku ibarat rumah yang nyaman. Kenyamanan yang menghadirkan banyak cerita. Sebuah cerita yang selau hadir dan menjadi bagian dari hidupku. Kenyamanan pula yang mampu membuat aku mau menyimpan rahasia di dalamnya.

    Keluarga menjadi latar dalam pembentukan plot lalu menjadi naskah yang indah untuk diceritakan. Keluarga menjadi bagian alur hidupku yang aku jalani.

    Kehidupan terkadang berbau tengik, tapi keluarga mampu menjadi sebuah ekpansi menuju tawa dan pelipur lara. Keluarga adalah tempat jalan pulangku ketika aku lelah dan jengah dengan kehidupan.

    Dan Rahasia, bukan hal yang mampu merenggangkan hubunganku dengan keluarga. Rahasia adalah sebuah pilihan yang telah dipetimbangkan sebelumnya. Rahasia itu ada dan hadir bukan karena ketidakpercayaan. Namun, ada saatnya semua akan mengetahui sampai waktu yang tepat. :)

    Terima Kasih

    BalasHapus
  14. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    email: auliyati.online@gmail.com

    “Apa arti keluarga bagimu? Seberapa jauh sebuah rahasia akan memengaruhi hubuangan kamu dan keluarga?”

    Keluarga adalah tempat awal kita berada dan akan menjadi tempat terakhir untuk pulang. Keluarga sangat berarti buatku karena mereka adalah orang-orang yg menyayangiku dengan tulus dan akan selalu membantu dan melindungiku. Walaupun terkadang ada saja pertengkaran, namun ikatan kasih sayang dalam keluarga akan selalu ada dalam hati setiap anggotanya.

    Setiap orang pasti memiliki rahasia, begitu juga dengan aku dan masing-masing anggota keluargaku. Namun kami tidak akan pernah memaksakan satu sama lain untuk mengungkapkan rahasia masing-masing. Setiap orang berhak untuk membuka rahasianya maupun menyimpannya sendiri. Dan ketika ada rahasia yg terungkap, kami akan mendiskusikannya, mencari solusi dan jalan keluar terbaik yg akan dilakukan. Awalnya mungkin akan kaget bahkan kecewa kalau rahasia itu sesuatu yg buruk. Namun pada akhirnya semua anggota keluarga akan saling mendukung dan membantu menyelesaikan masalah yg timbul dari rahasia tersebut.

    BalasHapus
  15. Novi Andriyani21 Maret 2016 13.14

    Nama: Novi Andriyani
    Twitter: @nvandryn
    Email: noviandryn@gmail.com

    Keluarga itu sesuatu yang paling berharga, Keluarga itu pemberi motivasi disaat kita lagi jatuh, Keluarga itu orang pertama yang peduli pada kita, Keluarga yang pertama kali mengajarkan untuk hidup rukun, damai, tenang dan bahagia. Pokoknya keluarga itu segalanya, seperti mutiara yang harus dijaga. Tanpa keluarga hidup pasti tidak akan sempurna.

    Rahasia juga berpengaruh. Tapi ada porsinya juga, karena pasti tidak semua rahasia akan diceritakan dan masing2 juga memiliki privacy.Dan pastinya keluarga juga bisa mengerti.

    BalasHapus
  16. Nama: Dera Devalina
    Twitter: @deradevalina
    Email: deradevalina@gmail.com

    Keluarga seperti payung di saat kehujanan, mereka selalu melindungi, mereka yang membuat nyaman, mereka adalah tujuanku, tujuanku disaat aku pulang, mereka yang selalu mengerti tentang keadaanku, mereka yang mengajariku kasih sayang dan arti kehidupan, tanpa mereka aku bukan apa – apa dan siapa – siapa, mereka yang membuatku merasa lengkap, dirumah kami selalu berbagi dalam hal apapun, selalu menceritakan hal apapun itu bahkan sering bercerita kekonyolan masing – masing, mereka selalu berbagi pengalaman dengan ku, mereka selalu ada di saat sedih maupun senang, merekalah keluargaku dengan satu ayah, satu ibu dan satu adik kami menjadi keluarga kecil yang bahagia. Begitu besar peran keluarga dalam kehidupan kita ini, oleh karena bersyukurlah memiliki keluarga yang lengkap, dan bahagiakan lah orangtua kalian sampai akhir hayat mereka.

    BalasHapus
  17. Nama : M. Sulhan Habibi
    Twitter : @SulhanHabibi
    Email : soulhahnmail [at] gmail.com
    Link share : https://twitter.com/SulhanHabibi/status/711885928248180736

    “Apa arti keluarga bagimu? Seberapa jauh sebuah rahasia akan memengaruhi hubungan kamu dan keluarga?”

    Keluarga adalah segalanya bagiku. Keluarga adalah tempat untuk berbagi, tempat untuk mengadu, tempat untuk pulang. Keluarga adalah hal yang akan selalu aku rindukan dan akan selalu ada kapanpun, juga yang akan selalu menerima untuk kembali apa adanya.

    Keluarga ada madrasah pertamaku. Tempat aku belajar untuk mencintai, menyayangi, peduli sesama. Tempat pertama kali emosiku tersalurkan. Tempat untuk belajar menjadi manusia seutuhnya. Tempat di mana pertama kalinya aku mengenal makna hidup ini melalui didikan orang tuaku, interaksi bersama saudara-saudaraku, dan juga hubungan dengan orang lain untuk selanjutnya. Jadi, keluarga adalah yang paling utama, nomor satu, dan segalanya bagiku.

    Rahasia itu sendiri sesuatu yang sengaja disembunyikan supaya tidak diketahui orang lain/sesuatu yang belum dapat atau sukar diketahui dan dipahami orang/sesuatu yang tersembunyi.

    Jadi, rahasia itu memang sengaja untuk disembunyikan, tidak diberitahukan kepada orang lain karena tahu bahwa ada dampak yang mungkin tidak diinginkan yang akan terjadi apabila informasi tersebut diketahui orang lain.

    Rahasia itu pasti akan memiliki dampak, baik kecil maupun besar. Dalam keluarga, pasti ada informasi yang memang sengaja tidak diberitahukan kepada anggota keluarga yang lain, dan mungkin menunggu waktu yang tepat untuk disampaikan kepada anggota keluarga yang lain. Yang paling beresiko dari rahasia itu adalah apabila informasi yang sengaja kita sembunyikan diketahui dari orang lain. Hal tersebut pasti membuat perasaan kecewa bahwa orang lain lebih mengetahui dibandingkan keluarga sendiri.

    Yang paling bahaya dari rahasia itu adalah prasangka. Rahasia, apalagi kita ketahui tanpa sengaja, pasti akan menimbulkan prasangka. Akan ada hal yang mengganjal di hati yang minta untuk dikeluarkan.

    Prasangka inilah yang sebenarnya bahaya karena pasti akan mempengaruhi sikap dan prilaku kita terhadap orang yang punya rahasia. Prasangka inilah yang membuat hubungan bisa renggang apabila tidak segera diselesaikan. Apalagi kalau prasangka ini kita ungkapkan di saat yang tidak tepat, maka akan menimbulkan clash.

    Dalam keluargaku sendiri tidak ada rahasia-rahasiaan. Kita semua terbuka satu sama lain walaupun pasti tidak semua hal yang kami ceritakan. Ada hal-hal yang memang tidak kami ceritakan, bukan karena tidak penting atau sengaja disebunyikan, namun karena memang kami merasa hal tersebut hanya untuk diri kami sendiri. Ingat, rahasia itu adalah hal yang sengaja disembunyikan/tidak ingin diketahui orang lain.

    Sekali lagi, rahasia itu pasti ada pengaruhnya dalam hubungan kekeluargaan. Pengaruhnya bisa kecil maupun besar. Namun, dalam keluarga pasti ada maaf, rasa sayang, rasa memaklumi, dan penerimaan, sehingga rahasia itu tidak akan menghancurkan sebuah hubungan keluarga yang memang dilandasi oleh rasa kasih, sayang, dan cinta. Kalaupun ada rasa kekeluargaan yang renggang karena rahasia, aku percaya bahwa waktu akan mengembalikan rasa kekeluargaan tersebut. Karena itulah yang dinamakan KELUARGA.

    ---

    eh, jadi panjang gini ya jawabanku. Malah curhat. Hehe..
    Btw, terima kasih banyak atas GA nya. Aku juga suka kisah keluarga. Aku juga suka kisah drama Jepang, karena tema tentang keluarganya pasti kompleks dan punya nilai yang sangat kuat :)

    BalasHapus
  18. Nama: Afifah Mazaya
    Twitter & Ig: @afifahmazaya

    Keluarga itu rumah. Keluarga seharusnya tempat berlindung. Keluarga seharusnya memberi rasa aman. Keluarga bukan angkatan bersenjata yang semua anggotanya harus digembleng untuk taat aturan, tapi harus bisa membuat semua anggotanya nyaman sehingga terbiasa dengan aturan. Keluarga bukan sekolah yang menjadikan nilai adalah tolak ukur kemampuan anggotanya, tapi harus bisa membuat kemampuan anggotanya terus berkembang. Keluarga juga buka toko yang mengharuskan adanya keuntungan, tetapi setiap anggota keluarga harus harus tidak boleh merugikan dari segi lahir dan batin. Keluarga adalah tempat seharusnya kenyamanan selalu tercipta sehingga kita merasa aturan hidup itu berat, kita tidak takut menunjukkan kemampuan unik kita, dan kita juga tidak takut ada penilaian negatif ketika berbagi sehingga membuat hati merugi. Keluarga juga seharusnya tidak memberikan statement sebelum mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Kadang, kita lupa bahwa setiap individu mempunyai pemikiran dan kehidupan berbeda bahkan walaupun satu keluarga. Kita pun jadi seenaknya memberikan pernyataan yang tanpa disadari bisa menjatuhkan orang yang kita anggap keluarga. Rasa aman yang seharusnya hadir pun bisa hilanh. Padahal, inti dari hubungan sebuah keluarga adalah rasa aman. Kalau kita sudah merasa aman, keharmonisan pun bisa tercipta.

    Selain karena wrong judgement, rasa aman pun bisa goyah dengan adanya rahasia.
    Kalau kita saling menyayangi, seharusnya sebuah rahasia tidak terlalu berpengaruh. Mungkin rahasia itu ada karena penyimpan rahasia sangat menyayangi kita dan khawatir kita terpengaruh. Di sisi lain, seharusnya penyimpan rahasia juga percaya bahwa kita tidak akan meninggalkan mereka apa pun yang terjadi. We are family, after all.

    Belum lama ini, aku menamatkan drama tentang rahasia dalam keluarga. Para tokoh menyimpan rahasia dari seorang tokoh. Pada akhirnya, ketika rahasia terkuak, orang yang bersangkutan memang terpengaruh, tetapi kemudian dia menerima karena yang terpenting adalah kebersamaan mereka.
    Aku setuju. Rasa sakit ketika rahasia terkuak, tidak sesakit ketika memilih meninggalkan keluarga atau ditinggalkan keluarga.

    Kok jadi panjang banget.
    Makasih giveaway-nya, Kak.

    BalasHapus
  19. Nama: Dhilayaumil
    Twitter: @dhilayaumil
    E-mail: dhilayaumil@gmail.com

    Bagi saya, keluarga adalah rumah untuk pulang. Sejauh apapun seorang ayah, ibu, dan anak pergi... pada akhirnya ia akan kembali ke rumah. Sejauh apapun kaki saya melangkah, saya selalu ingin pulang. Kembali ke pelukan Ibu, pangkuan Ayah, dan rangkulan saudara-saudara. Keluarga dibangun bukan hanya dari hubungan darah, tapi juga dengan kasih sayang, kehangatan, kesedihan, dan canda tawa orang-orang di dalamnya. Sesedih apapun saya, seindah apapun tempat di luar sana, pada keluargalah saya ingin kembali pulang. :')

    Rahasia sebenarnya justru menjadi salah satu bahasa di antara kami. Seerat apapun hubungan dalam sebuah keluarga, kami selalu merasa rahasia itu perlu dan menghormati rahasia masing-masing dari kami juga bentuk toleransi antar anggota keluarga. Jadi, adanya rahasia di antara kami bukan berarti kami tidak terbuka antara satu sama lain. Kami menghormati privasi masing-masing dan tidak memengaruhi kami untuk menjadikan rumah dan keluarga sebagai tempat untuk pulang.

    Terima kasih, Kak Tria. :)

    BalasHapus