Selasa, 31 Maret 2015

[Update Giveaway] #GAUrbanFarming diperpanjang sampai 1 April 2015

Hai, Readers.
Malam ini Pustakawan My Little Library mau mengumumkan sesuatu nih. 

Beberapa hari ini kesehatan Pustakawan sedang kurang baik. Jadi tidak bisa wara wiri di twitter tentang Giveaway berhadiah buku "Urban Farming ala Indonesia Berkebun" yang disponsori oleh Agromedia Pustaka, #GAUrbanFarming. 

Jadi, untuk menebus kelalaian itu, Pustakawan My Little Library memperpanjang deadline #GAUrbanFarming sampai 1 April 2015 jam 8 malam. 

Nah, jadi untuk pengunjung yang belum ikut, bisa segera ikut dalam #GAUrbanFarming di sini - - - > http://atriadanbuku.blogspot.com/2015/03/giveway-giveaway-urban-farming-bersama.html?m=0
Semoga beruntung ya, Readers \(^_^)/

Rabu, 25 Maret 2015

Who Am I? Comic Version


https://igcdn-photos-d-a.akamaihd.net/hphotos-ak-xaf1/t51.2885-15/10986396_1420843568219091_580623323_n.jpg




Penulis: @PsikologiID & Olive
Editor: Tina Leoni & Shinta
Desain Cover: Githanoo
Tata Letak: Githanoo
Penerbit: Lintas Kata
Cetakan: Pertama, Oktober 2014
Jumlah hal.: xii + 132 halaman
ISBN: 602-71445-3-8

Apakah kalian merasa prefeksionis? Pemarah? Pengalah? Atau pribadi yang tenang? Kenali dirimu melalui buku ini. Buku komik Who Am I? berisikan penjelasan tentang 4 kepribadian utama manusia, yaitu si Sanguin (agresif), si Melankolis (sempurna), si Koleris (high profile), dan terakhir si Phlegmatis (low profile). 

Empat tokoh utama di dalam komik ini menceritakan berbagai macam kebiasaan baik dan buruk mereka berdasarkan kepribadian masing-masing. Cari tahu manakah kepribadianmu yang paling sesuai melalui kuis yang diberikan. 

Kenali dan pahami dirimu melalui buku ini.
Selamat mengenali kepribadianmu!

***

Melihat judul dan sampulnya, saya yakin bahwa ini adalah sebuah komik. Tapi saya sempat kebingungan karena di awal membaca buku ini saya malah diminta mengisi 25 pertanyaan. Tanpa soal. Hanya diminta memilih sifat yang paling menunjukkan pribadi saya sendiri.

Selasa, 24 Maret 2015

[Liputan Kegiatan] 28 Detik di 22 Maret




Di hari Minggu yang cerah di tengah ke’galau’an cuaca Bandung, sejumlah orang memadati sudut sebuah cafe di bilangan jalan Dago. Cokotetra. Cafe ini kembali menjadi tempat berlangsungnya kegiatan Klub Baca Bandung.

Kegiatan kedua ini berlangsung lebih ramai dan lebih lama dari sebelumnya. Dengan antusiasme yang membuat saya bersemangat.

Hari itu, Minggu, 22 Maret 2015 saya didaulat menjadi pembahas untuk novel yang akan dibaca bersama hari itu, “28 Detik” karya Ifa Inziati. Kali ini kegiatan Klub Baca Bandung terasa lebih spesial karena penulisnya pun turut hadir. Ini jadi kesempatan untuk mendengarkan proses kreatif karya ini.

[Update RC] Chefs VS Authors Reading Challenge 2015 (Maret)



Banner RC Chefs VS Authors RC 2015

Bulan Maret sudah memasuki hari ke dua puluh empat dan saya baru ingat untuk membuat postingan ini.
Ah, maafkan saya (>_<)

Bagaimana bacaanmu di bulan ini? Adakah tokohmu yang berprofesi sebagai penulis? Hm kalau penulis skripsi termasuk gak? Ha..ha.. Kalau itu pertanyaan serius maka jawabannya adalah bukan. (^_^)v

Ok, yuk lanjut. Sudah siap menyetorkan link bacaanmu? Sebelumnya perhatikan dulu aturannya ya, Readers.

1.
      Pastikan kamu sudah mendaftar sebagai peserta RC ini. (daftar di sini: Master Post ChefsVS Authors Reading Challenge 2015)

Minggu, 22 Maret 2015

28 Detik



“That’s why gue nggak percaya bakat. My talent is the passion. Bakat itu kita yang ciptakan, bukan anugerah semerta-merta dari langit” ( Hal. 33)



Penulis: Ifa Inziati
Penyunting: Dila Maretihaqsari
Perancang sampul: Belinda C.H
Pemeriksa Aksara: Nunung Wiyati & Sheraynardia
Penata aksara: Gabriel
Penerbit: Bentang Belia
Cetakan: Pertama, 2014
Jumlah hal.: vi + 230 halaman
ISBN: 978-602-1383-03-2
Kamu itu cewek paling aneh yang pernah kutemui.

Nyebelin, tapi bikin penasaran.
Cantik, tapi belagu.
Ngeselin, tapi pengin dijadiin pacar.

Sebenarnya, kamu ini terbuat dari apa, sih?

Kamu membuatku membangun harapan sekaligus meruntuhkannya. Seluruh impian yang sudah kubangun seumur hidup buyar seketika.

Hanya butuh waktu 28 detik untuk secangkir kopi yang nikmat. Tapi, untuk meraih hatimu? Berapa lama lagi harus kukorbankan egoku?
***

“.... Kita memang semestinya melewati beberapa tahap dulu sebelum menjadi diri kita yang sekarang” (hal. 90)


Mengambil setting cerita di sebuah kedai kopi di kota kembang.  Kopi Kasep nama tempat itu. Menggunaka kata “Kasep” dari bahasa Sunda yang berarti “Tampan”. Di dalam tempat inilah si pencerita menuturkan kisahnya. Dengan berfokus pada tokoh Candu, barista Kopi Kasep.

Dengan menggunakan sudut pandang Simoncelli, mesin espresso yang ada di Kopi Kasep kisah tentang pershabatan, cinta dan cita-cita pun dituturkan. Dinamika dalam hubungan staf Kopi Kasep ditampilkan menarik. Simoncelli sebagai pengamat menceritakan cukup detail interaksi di antara mereka. Ada Candu, sang Barista. Ada Satrya si ahli latte art. Ada Nino, kasir pendiam nan serius. Dan Winona, waitress yang ceria dan penuh semangat. 

Diceritakan bagaimana mereka saling mendukung. Dan bagaimana perasaan mereka satu sama lain. Ada cinta, ada perhatian, ada rasa iri yang terselip dan tentu saja ada kepedulian.

 “Dalam setiap nama besar, selalu ada beberapa orang di belakang yang membangunnya.” (Hal. 89)

Kamis, 19 Maret 2015

[Giveaway] Celebrating BBI's 4th Anniversary



Hai, pengunjung My Little Library. April menjelang. Ada yang kamu tunggu-tunggu di bulan April ini?

Nah, kalo untuk BBI-ers (anggota Komunitas Blogger Buku Indonesia), April itu berarti waktunya ngerasaya Anniversary ke 4 BBI (www.blogbukuindonesia.com). Setiap tahun akan ada perayaan khusus. Jika tahun lalu ada BlogHop yang diisi dengan giveaway serentak di beberapa blog member dan bertamu di blog member lain, tahun ini dibuat lebih seru lagi.

Di bulan April nanti akan ada event 30 Days Around Genre. Di dalam event ini akan dibuat beberapa kelompok yang akan membahas genre tertentu. Nah, My Little Library bergabung di grup Children & Young Adult’s Literature.

Grup ini khusus membahas buku-buku fiksi dengan genre children literatur sampai ke young adult. Rentang usianya dari anak-anak hingga dewasa muda. Bingung tentang genre ini? Nah, nanti pembaca akan diajak mengenal dan tahu banyak informasi tentang genre-genre tersebut. Dan ingat, ini baru satu grup saja lho. Nanti akan ada grup lain juga. Tapi karena My Little Library masuk di grup Children & Young Adult’s Literature ini jadi, saya hanya akan ngobrolin genre itu saja (^_^)v

Jadi, nantikan perayaan BBI’s 4th Anniversary nanti ya. Dan jangan lupa untuk ikut memeriahkan. Bakalan baaaannnyyaaaak hadiahnya. Believe me (^_^)v



Nah, grup Children & Young Adult’s Literature ini My Little Library akan berkolaborasi dengan blog-blog lain dalam ngobrolin tentang genre-genre tadi. Dan ini dia blog-blog tersebut

Selasa, 17 Maret 2015

[Giveway] Giveaway Urban Farming bersama Agromedia Pustaka

https://igcdn-photos-b-a.akamaihd.net/hphotos-ak-xap1/t51.2885-15/10787841_805681872820681_1809310292_n.jpg


Hai, Readers. Terima kasih sudah kembali berkunjung ke My Little Library. Giveaway datang lagi, nih. Kali ini jenis buku yang jadi hadihanya cukup berbeda tapi tetap seru (^_^)

Ada di antara Readers yang suka berkebun? Atau tertarik berkebun tapi masih ragu? Atau malah ada yang ikut dalam komunitas yang aktif mengajak masyarakat untuk berkebun seperti Komunitas Indonesia Berkebun?

Ada buku baru yang seru dan akan jadi hadiah di giveaway ini. Judulnya “Urban Farming ala Indonesia Berkebun”. Buku ini ditulis oleh Indonesia Berkebun dan diterbitkan oleh AgroMedia Pustaka.

Mau jadi yang beruntung mendapatkannya?
Yuk..yuk..ikut saja langkah-langkah ini:

1) Follow akun twitter @atriasartika & @bukuagromedia

2) Baca review Urban Farming ala Indonesia Berkebun dan tinggalkan komentar di sana

3) Tweet blogpost Giveway ini di twitter kamu dan mention @atriasartika & @bukuagromedia. Sertakan hashtag #GAUrbanFarming

4) Jawab pertanyaan berikut:
“Untuk Urban Farming, apa jenis tanaman yang ingin kamu tanam? Kenapa?”
 Sertakan data diri kamu di akhir komentarmu. Data berupa (nama, akun twitter, dan url share giveway)

5) Periode Giveway dari 17 Maret – 30 Maret 2015

6) Pemenang dipilih berdasarkan jawaban yang paling menarik. (kami akan berusaha objektif)

7) Pengumuman pemenang akan dilakukan paling lambar 7 hari setelah Giveaway berakhir

8) jika ada yang ingin ditanyakan terkait Giveway ini bisa bertanya via twitter ke @atriasartika atau via email ke anora.widad@gmail.com

Ok, itu dia langkah-langkahnya. Mudahkan? Nah, kami tunggu jawabanmu ya, Readers (^_^)

Senin, 16 Maret 2015

Urban Farming ala Indonesia Berkebun




Penulis: Indonesia Berkebun
Penyunting: Nofiandi Opi & Tinton DP
Penyelaras akhir: Purwadaksi Rahmat
Desain: Teguh Widyanto
Foto: Dok. Penulis
Penerbit: PT AgroMedia Pustaka
Cetakan: Pertama, 2015
Jumlah hal.: x + 94 halaman
ISBN: 979-006-536-1

Komunitas Indonesia Berkebun adalah komunitas yang sudah cukup dikenal dalam skala nasional. Kejelian dalam melihat fenomena di kehidupan perkotaan menjadi nilai lebih bagi komunitas ini. Selain itu peran Indonesia Berkebun dalam menghijaukan ruang-ruang yang tidak terpakai juga menambah simpati masyarakat pada komunitas ini. Ditambah lagi dengan semakin booming-nya metode hidroponik yang banyak digunakan oleh komunitas ini semakin memperbesar ketertarikan masyarakat pada Indonesia Berkebun dan kegiatan-kegiatannya.

Ridwan Kamil sebagai inisiator komunitas ini pun menyampaikan bahwa peran yang diambil oleh Indonesia Berkebun menjadi jalan untuk membuktikan bahwa manusia perkotaan bisa menjadi produsen, tidak hanya konsumen. Masyarakat perkotaan dengan urban farming bisa menghasilkan sendiri kebutuhan mereka atas sayuran dan buah-buahan. Ini jelas menjadi hal yang baik sebab memberi keuntungan secara ekologi dan ekonomi.

Saat mendapat buku ini, saya bertanya-tanya apa yang akan disuguhkan oleh buku yang ditulis oleh sebuah komunitas. Apakah hanya sekedar informasi tentang komunitas itu sendiri? Seperti siapa saja pengurusnya, penggiatnya dan kegiatannya.

Tapi ternyata buku ini bukanlah ajang narsis. Setiap part cerita kental dengan pembahasan urban farming. Berbagai tips dan motivasi untuk melakukan urban farming bertebaran di manapun.

Bintang dan Cahayanya

https://igcdn-photos-c-a.akamaihd.net/hphotos-ak-xaf1/t51.2885-15/10953628_593262477475378_1717890011_n.jpg




Penulis: Pretty Angelia
Editor: Pradita Seti Rahayu
Penerbit: Elex Media Komputindo
Cetakan: 2014
Jumlah hal.: 334 halaman
ISBN: 978-602-02-5474-6
Top of Form
Bottom of Form
Top of Form
Bottom of Form
Alina Lovita Wahab, seorang cewek berusia 17 tahun harus memikul beban paling berat di hidupnya. Memiliki seorang adik yang punya Gangguan Spektrum Autisme ternyata nggak semudah yang ia bayangkan. Banyak yang harus Alin korbankan di masa remaja.

Mengikuti emosi, Alin bertindak nekat. Hingga orang yang paling ia sayang di jagat raya harus menanggung akibat—kecelakaan yang membuat Bunda hampir menuju cahaya yang menuntunnya ke surga. Apa yang paling kau takuti di dunia ini? Mimpi buruk bernama kesendirian…

Sanggupkah Alin bertahan menghadapi masa remaja yang seharusnya berwarna? Bisakah ia menjadi bintang yang bercahaya di tengah gelapnya langit bernama kenyataan dan rahasia? Bagaimana Mikael hadir dan menjadi malaikat penjaganya? Suatu saat kita akan menjadi bintang paling terang dijagat raya. Kamu bintangnya, Kakak cahayanya.

***

Novel ini berkisah tentang kehidupan Alina Lovita Wahab yang akrab disapa Alin. Perempuan dengan sikap yang cenderung galak ini punya kehidupan yang berwarna. Ini karena ada hal yang membuatnya sedikit lebih berbeda dari teman-temannya yang lain. Alin memiliki adik yang menderita Spektrum Autis. Ini membuat Aster, adik Alin, tidak seperti anak-anak lain seusianya. Ia sulit diajak berkomunikasi.

[Giveway] Pengumuman Pemenang Giveaway #GACL2015



bekerja sama dengan Bentang Pustaka

Selamat sore, readers. Terima kasih sudah mau berkunjung serta meninggalkan jejak di My Little Library ini. Sekarang lagi baca buku apa? Apa review di blog ini membantu  kamu menemukan buku yang kamu sukai?

Rasanya senaaaaang banget baca jejak yang ditinggalkan di My Little Library selama ini. Dan khusus untuk postingan Giveaway #CrazyLove 2015 (#GACL2015)  ini, saya jadi dapat banyak cerita seru. 

Dan ternyata hampir semua orang sepakat bahwa lima tema yang dipilih oleh Bentang Pustaka untuk seri #CrazyLove ini sesuai banget dan memang saling terhubung. Mulai dari pacaran jarak jauh, patah hati sama mantan, trus gak bisa berhenti nge-stalking mantan, dan akhirnya berjuang untuk move on pun biasanya jadi lingkaran hubungan yang umum terjadi di sini.

Kisah-kisah yang banyak diceritakan oleh peserta #GACL2015 ini pun jadi kasus pembuktiannya. Dan saat harus memilih dua orang pemenang dari semua kisah ini pun membuat saya kebingungan. Akhirnya setelah memilih dengan susah payah, inilah dua orang yang beruntung mendapatkan buku #CrazyLove. Mereka adalah:

Minggu, 08 Maret 2015

[Pengumuman Giveaway] Pemenang Giveaway Interval bersama Nay



Assalamualaykum..
Selamat pagi..
Maaf untuk keterlambatan yang amat sangat atas pengumuman pemenang #GAInterval ini.


Setelah membaca semua jawaban yang seru dari para peserta Giveaway, saya jadi menyadari bahwa memang pola hubungan dengan saudara itu berbeda-beda. Biasanya dipengaruhi oleh perbedaan usia serta jenis kelamin. Perempuan dengan perempuan jika jaraknya dekat bisa jadi saingan bisa juga jadi sahabat baik. Jika laki-laki bisa jadi pelindung, bisa jadi teman berantem. Sedangkan jika jarak usianya jauh, biasanya sangat dipengaruhi oleh keberanian untuk memulai percakapan dan membangun komunikasi.

Saya sendiri memiliki 4 orang saudara yang semuanya laki-laki. Dua kakak laki-laki dan dua adik laki-laki membuat saya jadi sangat terlindungi. Apalagi jarak usia kami cukup dekat. Kakak tertua saya adalah sosok penyayang dan perhatian. Dia cukup sering mengomeli saya. Berbeda dengan kakak kedua saya. Ia cenderung pendiam dan penyabar. Tapi selalu siap saya minta tolongi.

Sedangkan dengan adik yang usianya terpaut dua tahun dari saya, kami tidak dekat. Ia cenderung pendiam dan lebih banyak bergaul di luar rumah. Tapi selalu siap mengawal saya jika sesekali saya minta tolongi. Sedangkan bagi si bungsu? Saya harus bisa jadi kakak yang baik. Ha..ha.. ke bawelan saya sering membuatnya gerah. Tapi karena kami berdua merantau di Bandung dan hanya memiliki satu sama lain di kota itu, jadilah ia sering membutuhkan pertolongan saya. Terutama saat sakit.

Satu kesamaan yang muncul dari mereka berempat. Mereka tumbuh menjadi laki-laki pelindung karena sejak kecil selalu diwanti-wanti oleh mama-papa bahwa mereka hanya punya 1 saudara perempuan yang harus mereka jaga. Ini ada baiknya dan ada buruknya. Laki-laki yang mendekati saya harus melewati 4 rintangan ini dulu. Tapi yang menyenangkan adalah saya tidak perlu takut ke mana-mana. Karena jika butuh untuk pergi di malam hari untuk urusan penting, saya selalu punya pendamping. Sampai lulus SMA, saya jarang keluar rumah sendirian. Karena mereka selalu memastikan saya ada yang mengawal jika saya tidak pergi bersama papa atau mama.

***

Ah, sekian dulu cuap-cuap saya tentang saudara-saudara laki-laki saya. Sekarang waktunya pengumuman pemenang Giveaway Interval.

Dua orang yang beruntung mendapatkan novel Interval karya Nay Sharaya dan Dion Sagirang terbitan Grasindo, adalah:

Minggu, 01 Maret 2015

[Liputan Kegiatan] Baca Bareng The 100 Year Old Man Who Climbed Out of The Window and Disappeared


Bandung, adalah salah satu kota di Indonesia yang punya banyak komunitas. Berbagai macam komunitas lahir untuk mewadahi berbagai jenis minat orang-orang yang bermukim di Bandung. Begitupun alasan Klub Baca Bandung lahir.

Hari ini, Minggu, 1 Maret 2015, untuk pertama kalinya Klub Baca Bandung melakukan kegiatan. Bertempat di Cokotetra Cafe yang beralamat di Dago 322, para worm (sebutan untuk penggiat Klub Baca Bandung) berkumpul untuk membahas bersama satu buku yang sama.

Untuk pertemuan perdana ini, buku The 100 Year Old Man Who Climbed Out of The Window and Disappeared menjadi pilihan. Buku dari Swedia yang diterjemahkan oleh Bentang Pustaka ini berhasil mengundang berbagai pendapat dari worm yang hadir.

Dibuka oleh Ariel Seraphino selaku Kapten Klub Baca Bandung, acara dilanjutkan oleh Gelar Riksa Abdillah selaku pembahas hari ini. Gelar berbagi opininya tentang buku 100 Yoman (disingkat. Soalnya judulnya kepanjangan (>_<))

Menurut Gelar buku 100 Yoman ini dituturkan dengan menarik. Penulis berhasil menampilkan sosok tokoh utama yang cenderung amoral tapi cerdas. Sosok kakek tua berusia 100 bernama Allan Karlsson ini berhasil menghadirkan humor cerdas melalui petualangan hidupnya bertemu dengan para diktator. Pelarian Allan yang berujung pada peremapokan tanpa sengaja yang dilakukannya benar-benar menampilkan kejahatan yang jenaka.

Alur cerita pun menuai tanggapan dari para worm  yang hadir. Selain itu cara Jonas Jonasson menampilkan Indonesia dalam karyanya memang “jleb” banget. Hm.. negatif sih, tapi memang benar (>_<)
"Indonesia adalah negara di mana segalanya mungkin" hal. 483