Jumat, 20 November 2015

[Blogtour + Giveaway] Unexpected Wedding




Penulis: Frisca Marth
Penata letak: Tri Kuncoro P. H & Muhammad Oriza N
Desain sampul: Febryanto Nugroho
Penerbit: BukuOryzaee Publisher
Cetakan: Pertama, 2015
Jumlah hal.: vi + 321 halaman
ISBN: 978-602-73305-0-4

Evelyn Sanders tidak pernah menyangka jika pertemuannya dengan gadis kecil bernama Angelica akan membawa perubahan besar dalam hidupnya. Berawal dari keisengannya memberikan permen pada gadis kecil berusia tujuh tahun itu, Angelica lantas mengira bahwa Evelyn adalah Mommy yang telah lama pergi meninggalkannya. Di hadapan Ben, sang Ayah, Angelica memohon pada Evelyn untuk tetap tinggal bersama mereka.

Evelyn menjadi kelabakan. Dan semakin kelabakan ketika Ben benar – benar melamarnya demi sang buah hati, Angelica, yang ternyata mengidap penyakit yang cukup parah. Karena alasan itu pula, pada akhirnya Evelyn menerima lamaran lelaki itu.

Di tengah – tengah perjanjian pernikahan mereka, mampukah Evelyn menolak pesona Ben? Mampukan Evelyn tetap menjaga perasaannya untuk Billu, kekasih yang tengah berjuang memantaskan diri demi menjadi pendamping hidupnya? Lalu... apa yang akan terjadi ketika akhirnya Billy ...

***

Novel ini bercerita tentang kehidupan Evelyn Sanders yang seketika berubah karena sebuah kejadian yang biasa saja. Pertemuan dengan seorang gadis kecil dan kebaikan kecil yang ingin ia lakukan Itu ternyata berujung pada konsekuensi panjang. Ia harus memutuskan antara kehidupan cintanya atau hidup – mati seorang gadis kecil.

Ben yang sangat mencintai putri semata wayangnya yang menderita kebocoran jantung yang membuat geraknya jadi terbatas. Gadis itu tidak boleh kelelahan, tidak boleh banyak pikiran dan bahkan tidak boleh menangis. Sejak Angelica berusia 2 tahun, mereka hanya hidup berdua. Ibu Angelica pergi meninggalkan keduanya.

Dan akhirnya Evelyn menerima permintaan Ben untuk menikah pura – pura demi keselamatan Angelica. Namun benarkah keputusan Evelyn? Ia mencintai Billy dan berharap bisa membangun sebuah keluarga dengan Billy. Namun maukah lelaki itu menunggunya? Menerimanya? Jika mengetahui tentang pernikahannya dengan Ben? Meski pernikahan itu hanya pura – pura?


***

Premis cerita ini menarik. Menggugah rasa ingin tahu pembaca pada akhir cerita karena semua kemungkinan bisa terjadi.

Penggunaan POV 3 serba tahu sangat membantu untuk membuat seluruh cerita disuguhkan dengan utuh. Melalui banyak sudut pandang. Sayangnya, banyak repetisi di akhir bab dan di awal bab yang sebenarnya tidak perlu lagi dilakukan karena menggunakan sudut pandang orang ketiga. Lain halnya jika menggunakan sudut pandang orang pertama. Pengulangan adegan tidak masalah karena interpretasi satu tokoh belum tentu sama dengan tokoh lain meski memandang hal yang sama.

Semua kebetulan yang menjadi penghidup cerita masih masuk akal. Masih bisa diterima karena memang hal – hal semacam itu memang mungkin saja terjadi di dunia nyata. Namun proses pemulihan Angelica yang terlalu cepat, terasa kurang logis. Kenapa secepat itu? Lalu kenapa harus digambarkan bahwa nyawa Angelica di ujung tanduk namun setelah operasi wus semuanya membaik secepat kilat tanpa komplikasi apa pun?

Terkakhis, novel ini masih lebih banyak telling dari pada showing. Kata cantik terlalu sering muncul. Kata indah terlalu sering dipakai menyebutkan sebuah kondisi yang seharusnya lebih menarik jika dideskripsikan.
Tapi seluruh cerita cukup manis. Bagi yang senang dengan kisah cinta yang manis dan tokoh yang bisa bikin melting, maka selamat berkenalan dengan Ben. 

***

Hai, seperti judul postingannya, ini adalah rangkaian blogtour novel Unexpected Wedding karya Frisca Marth yang didukung oleh penerbitnya: Buku Oryzaee. Blogku kembali menjadi pembuka blogtour nih. Kalian sudah siap, Readers?

Udah baca reviewnya? Nah, waktunya Giveway Blogtour Unexpected Wedding. Sudah siap?

Sebelumnya, aku umumkan dulu nih jumlah pemenang yang terpilih. Kali ini spesial lho, akan ada 4 pemenang di blog ini dengan rincian:

Pemenang 1: mendapatkan satu buku Unexpected Wedding

Pemenang 2: mendapatkan satu buku Unexpected Wedding

Pemenang 3: akan mendapatkan merchandise dari penulisnya langsung

Pemenang favorit: akan mendapatkan merchandise dari penulisnya langsung

Nah, sudah jelas kan? Sudah gak sabar buat ikutan Giveaway Blogtour Unexpected Wedding ini? Ini dia langkah – langkahnya:
1. Follow akun twitter @frisca_marth, @bukuOryzaee & @atrisartika
2. share link giveaway ini via akun twitter kalian dengan mention ketiga akun di atas dan pakai hashtag #UnexpectedWedding
3. Jawab pertanyaan ini di kolom komentar di bawah postingan ini:

Jika kalian bisa bertanya ke Frisca Martha tentang novel ini, pertanyaan apa yang akan kalian ajukan? Satu pertanyaan saja ya :)

Jangan lupa sertakan data diri berupa nama, akun twitter, dan email
4. Giveaway ini berlangsung 20 – 26 November 2015
5. Giveaway ini khusus untuk yang berdomisili di Indonesia ya
Nah, semoga beruntung. Kesempatan buat menang lebih besar karena akan ada 4 orang pemenang lho. Good luck ya, Readers ;)

Nanti di postingan pemenang akan diumumkan 4 pertanyaan terpilih yang juga akan dijawab langsung oleh penulisnya. Dan akan ada beberapa pertanyaan lain yang mungkin akan disertakan :)
Jadi buat pertanyaanmu semenarik mungkin dan berhubungan dengan novel ini. Dan pastikan kamu tidak mengulang pertanyaan yang sudah diajukan oleh orang yang telah lebih dulu bertanya ya, Readers ;)

49 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Nama : Tasya
    Akun twitter : @tasyaamanda95
    Email : tasyamanda9525@gmail.com
    Domisili : Bandung
    Link share : https://twitter.com/tasyaamanda95/status/667528263506354176
    Jika kalian bisa bertanya ke Frisca Martha tentang novel ini, pertanyaan apa yang akan kalian ajukan?
    Apakah harapan kak Frisca mengenai karya-karya sastra Indonesia di tengah-tengah gempuran novel-novel karya luar negeri yang cukup digemari oleh para pembaca saat ini ?

    Terima kasih :)

    BalasHapus
  4. Nama: Kiki Suarni
    Twitter: @Kimol12
    Email: kikisuarni616@yahoo.com
    Domisili: Batubara- Sumatera Utara
    Link share: https://mobile.twitter.com/Kimol12/status/667513399484379136

    Pertanyaan:

    Darimana inspirasi/ide cerita dari novel Unexpected Wedding? Ada unsur pengalaman pribadi atau observasi di lingkungan sekitar Mbak Frisca?
    Terima Kasih. :D

    BalasHapus
  5. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    email: auliyati.online@gmail.com
    domisili: Serang
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/667526679737278464

    Pertanyaan buat mba Frisca Marth:
    Untuk siapa novel Unexpected Wedding ini mba Frisca dedikasikan? Apa alasannya?

    BalasHapus
  6. Nama: Ayatin Anisa
    Twitter:@tenchoQ
    Domisili: Solo

    https://mobile.twitter.com/tenchoQ/status/667536912538693632

    1. Akhir2 ini bnyk bgt novel ttg wedding, apakah kelebihan novel ini?
    2.jika saya membut cerita,saya beranggapan tokoh utama yg terkena konflik adalah saya.nah bawaannya pengen happy ending aja. Klo dr mb fris udh prnh buat sad ending?mgkn di novel ini?
    3. Ini latar ceritanya dmn mb? Apakah mb sudah prnh kesna langsung? Ato sekedar googling?
    4.saya agak janggal dg kesanggupan si evelyn mau menikah dg ben hnya krn permintaan angelica. Apakah di dlm novel ini dijelaskn secra detail?
    5.bbrp pembaca review mgkn sudah bs menebak ending novel ini,bgmn cara mbak agar pembaca tidak bosen di tengah2 cerita krn sudab tahu endingnya?

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Nama : Cahya Widyastutik
    Akun twit : @cahyawid
    Domisili : Gresik
    Link share : https://twitter.com/cahyawid/status/667541702819880960
    Email : cahyaembun04@gmail.com
    Pertanyaan :

    Pesan moral apa yg ingin mba Frisca sampaikan melalui tiap karakter dalam novel ini?~

    BalasHapus
  9. nama : Anggita Dewi
    akun twitter: @Anggitarav
    email: ravinaanggita@gmail.com

    Jawaban:
    setelah membaca review dari mbak atria. saya juga ikut bertanya-tanya seperti mbak atria tentang angelica. tapi pertanyaan saya..
    "Apa cerita ini ingin cepat-cepat diselesaikan? secara, kenapa angelica langsung sembuh tanpa kelainan apapun, apalagi ia masih kecil untuk istilahnya melakukan operasi besar... sehingga saat membaca review diatas seakan cerita ini terlalu tergesa-gesa ingin selesai dengan happy ending."

    BalasHapus
  10. Nama: Eris Andriani
    Twitter: @RizAnNie88
    Email: ayaseyis@gmail.com
    Domisili: Kota Batu Jatim
    Link share: https://twitter.com/RizAnNie88/status/667615437077655552

    Pertama-tama aku mau ngucapin selamat dulu kepada kak Frisca Martha atas diterbitkannya novel Unexpected Wedding ini ^_^.

    Rasa bahagia tuh pasti dirasakan oleh setiap penulis yg karyanya berhasil diterbitkan, pasti kak Frisca Martha juga begitu kan hehe, aku ada satu pertanyaan nih buat kakak.

    Seperti yg kita tau bahwa ada novel karya penulis Indonesia yg diterjemahkan ke dalam bahasa asing, nah seandainya novel kakak yg berjudul Unexpected Wedding ini akan diterjemahkan kedalam bahasa asing, kakak pengennya bahasa apa aja? Dan kenapa kakak memilih bahasa itu?

    Terima kasih ^_^

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Nama : Tanya Fransisca
    Twitter : TanyaFcsh_
    Email : tanya28fransisca@gmail.com
    Domisili : Tangerang
    Link : https://twitter.com/TanyaFcsh_/status/667622470149537792

    Kk ngerasa ada yg kurang dgn novel kk ini? Terus kalo kk punya kesempatan balik ke masa lalu, apa yg pengen kaka edit dari novel kaka ini?

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Nama: Zaharani Awandana
    TW: @zawandana
    Email: lolitaaprilia27@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/zawandana/status/667650979928502272?s=09

    Pertanyaan:

    Apakah karakter yg kakak tulis (terutama Ben dan Eve) disini terinspirasi dari kehidupan nyata atau bkn? Dan dari semua tokoh yg ada, mana yg paling bikin kakak jatuh cinta?

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Nama: Nur Fajrina P.
    Twitter: @HYUNMinho
    email: nurfajrinaputriaji@gmail.com
    Domisili: Jogja
    Link share: https://twitter.com/HYUNMinho/status/667678391806521345
    Pertanyaan:

    Setau saya novel Unexpected Wedding ini awalnya dari wattpad ya, nah bisa ceritain ga gimana sih novel ini akhirnya bisa dilirik sama penerbit?


    Maaf repost terus, salah kasih link share hehe :p Makasiiih :)

    BalasHapus
  17. Nama: Riqza Nur Aini
    Twitter: @riqzanainiee
    Email: moha3451@gmail.com Domisli: Demak,Jateng
    LinkShare: https://mobile.twitter.com/riqzanainiee/status/667571121244368896?p=v
    .
    .
    Pertanyaan:
    "Jika kalian bisa bertanya ke Frisca Martha tentang novel ini, pertanyaan apa yang akan kalian ajukan?Satu pertanyaan saja ya :)"
    .
    .
    Jawaban:
    Kak Frisca Martha,aku mau tanya nih..
    Belakangan ini kan sering banget muncul novel baru yang bertema pernikahan..
    Nah,untuk bisa menang di pasaran,ada tidak sesuatu hal di novel #UnexpectedWedding yang istimewa?Adakah sesuatu hal yang ingin kakak sampaikan dinovel itu biar semua orang itu tahu?Sesuatu hal yang hanya ada di #UnexpectedWedding dan menjadi daya tarik tersendiri,daya tarik untuk semua orang itu harus punya novel ini.Ada kak Frisca??
    Udah,terimakasih...

    BalasHapus
  18. Nama: Putri Prama Ananta
    Twitter: @putripramaa
    email: anantaprama@yahoo.co.id
    1. Apa kendala dalam menulis Unexpected Wedding? Bagaimana menghadapi kendala tersebut?
    2. Bagaimana cara memasukkan hasil riset ke dalam tulisan sehingga tidak terkesan 'mengajari'? Contohnya penyakit jantung bocornya Angelica di novel Unexpected Wedding ini.

    BalasHapus
  19. Nama: Cecilia Atma Negara
    Twitter: @kanoir666
    Email: crowblack999@gmail.com
    1. Karakter favorit kakak di Unexpected Wedding siapa?
    2. Apa yang menginspirasi kakak membuat novel Unexpected Wedding?
    3. quote favorit?
    4. Kenapa Unexpected "Wedding"?
    Akhir-akhir ini para penulis novel lagi demen tema wedding ya?
    5.Karakter yang kurang disukai?

    BalasHapus
  20. nama : Wening Purbawati
    twitter : @dabelyuphi
    share : https://mobile.twitter.com/DabelyuPhi/status/667907791441428480?p=v
    domisili : Ambarawa

    Soal karakterisasi, apakah tokoh-tokoh dalam novel Unexpected Wedding ini murni imajinasi atau memang ada beberapa yang nyata di kehidupan sehari-hari penulis? Tokoh mana yang paling sulit pendalaman karakternya dan siapa tokoh favorit penulis?

    BalasHapus
  21. Mita Oktavia
    @Oktaviamithaa
    Bogor, Jawa Barat
    Share: https://twitter.com/OktaviaMithaa/status/667916147799404544

    Bagaimana tanggapan Friska sebagai penulis mengenai pernikahan pura-pura itu sendiri dan menurut kamu arti dan makna pernikahan itu apa sih?

    Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak, maaf linknya salah. Kak atrianya nggak ke-mention.
      Yang bener ini ya https://twitter.com/OktaviaMithaa/status/667919179169705984

      Hapus
  22. "Apa yang membuat buku ini dengan tema
    'pernikahan' berbeda dengan novel yang lain? Secara kan banyak novel lain yang bertema
    'Pernikahan. Selain dari segi ceritanya ya mbak :p

    Nadia Zulpa Aulia
    @nadia_zulpa
    Palembang
    https://twitter.com/nadia_zulpa/status/667974971637952512

    BalasHapus
  23. Bintang Maharani
    @btgmr
    btgmhrn@gmail.com

    (1) Sebenarnya sebuah penyakit parah seperti leukimia atau kebocoran/kalainan jantung atau kanker itu lumayan 'biasa' dan sudah banyak digunakan dalam berbagai karya fiksi. Tidakkah terpikirkan untuk memakai jenis penyakit lain yang lebih langka supaya menjadi nilai lebih dari novel ini?

    (2) Si author sendiri udah nikah belum? Jika belum, dari mana bisa mendapat referensi tentang menikah dan lika-liku biduk pernikahan untuk dijadikan bahan menarik di novel ini?

    (3) Peran apa yang diharapkan bisa disandang oleh novel Unexpected Wedding ini? Apakah hanya sekedar sebagai penghibur pembaca atau bagaimana?

    BalasHapus
  24. Nama : Ria Monica
    Twitter : @Riamonic23
    Link Share : https://twitter.com/Riamonic23/status/6680921875281838

    Satu pertanyaan saja untuk mbak friska ,apa tanggapan dan tindakan yg dilakukan oleh mbak friska mengenai plagitor karya novel mbak ? apalagi yang aku ketahui karya novel mbak yg unexpeted wedding dan my perfect doll di wattpad bnyak yg melakukan plagiat terhadap karya novel mbak friska.

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Nama : Aulia Resky
    Twitter : @AuliaaRez
    Email : auliareski20@gmail.com
    Domisili : Cirebon
    Link share :
    https://mobile.twitter.com/AuliaaRez/status/668055545077608449?p=v

    Bismillahirahmanirahim

    Sebelumnya aku ingin menyampaikan 'Congratulation for Kak Frisca' pasti suatu kebahagiaan bisa melihat karya kita terpampang dengan label best seller. Semoga sukses selalu kak^^ kembali ke niat awalku untuk mengikuti give away ini uwuwu.
    -
    -
    -
    -
    Jika kalian bisa bertanya ke Frisca Martha tentang novel ini, pertanyaan apa yang akan kalian ajukan?
    -
    -
    -
    -
    Satu pertanyaan yang sangat ingin kutanyakan kepada penulis yang mampu membuat para pembacanya baper:3
    'Bagaimana cara kakak memperdalam karakter dari para tokoh di novel kakak, yang membuat perasaan pembaca terombang ambing, dapat merasakan berbagai perasaan seperti senang dengan tokoh itu, kesal, benci, simpati, dan membuat tokoh novel kakak seakan hidup di dunia nyata dan dengan tokoh itu mampu membuat cerita kakak unik dan berwarna?'

    BalasHapus
  27. Nama : Veny
    Twitter : @yutakaNoYuki
    Domisili : Balikpapan
    Link : https://twitter.com/yutakaNoYuki/status/668253271509725185

    Pertanyaan buat mbk Frisca :)
    Ketika menciptakan karakter Evelyn dan Ben, sosok siapa yang terlintas di pikiran Mbk Frisca ? Mungkin artis atau tokoh dalam film tertentu yang gambarannya jadi acuan membuat karakter Evelyn dan Ben ini ?

    BalasHapus
  28. Nama; Yennesy damayanti
    twiiter; @chi_yennesy
    domisili; padang
    link;https://twitter.com/chi_yennesy/status/668267158548320257
    pertanyaan; Kalau dilihat dari nama tokohnya Evelyn Sanders dan Ben jelas-jelas novel ini bukan tentang orang Indonesia, tapi di blurb dan resensi tidak disebutkan settingnya, awalnya aku mengira biasanya cerita luar negeri selain menonjolkan ceritanya sendiri pasti menonjolkan latar menggali tempat-tempat cantik dalam cerita, apakah latar tidak termasuk salah satu keunggulan yang ingin ditonjolkan dalam novel ini? Mengingat tema weddinglit termasuk tema yang sedang booming, bagaimana supaya pembac tidak bosan dengan tema itu di novel ini. tq

    BalasHapus
  29. Nama : Rany Dwi Tanti
    Akun Twitter : @Rany_Dwi004
    Email : ranydwi11@yahoo.co.id
    Link share : https://twitter.com/Rany_Dwi004/status/668422761706991616

    Apa yang mbak Frisca coba tonjolkan dalam novel ini? Apakah dari segi plot, setting, karakter para tokohnya yang kuat, atau penggunaan diksinya sehingga novel ini lebih istimewa dari yang lainnya?

    BalasHapus
  30. Nama: Aya Murning
    Email: ayamurning@gmail.com
    Twitter: @murniaya
    Link share: https://twitter.com/murniaya/status/668035871036317697

    Dalam proses pembuatan cerita ini, apakah dari awal memang sudah ditemakan tentang pernikahan tak terduga seperti ini atau sempat terjadi perubahan besar pada plot ceritanya? Biasanya kan selagi nulis suka dapat inspirasi baru yang sama-sama nggak terduganya. :D
    Kalau benar ada, bisa ceritakan nggak apa saja perubahan-perubahan yang dilakukan di cerita ini misalnya dari plot, atau judul, atau nama tokoh, dll.

    Terima kasih. :)

    BalasHapus
  31. Nama: Siti Nurbaity
    Twitter: @Unyi94
    Email: snbaity@gmail.com
    Domisili: Jatinangor, Sumedang
    Link Share: https://twitter.com/Unyi94/status/668652530281242624
    Pertanyaannya, bagaimana membangun karakter setiap tokoh dalam novel Unexpected Wedding ini, apalagi ini bercerita tentang pernikahan?

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Nama : Asri Rahayu MS
    Twitter : @princessashr
    Email : peekthebook@gmail.com
    Domisili : Yogyakarta
    Link share : https://twitter.com/PrincessAshR/status/668655583701045248
    Jawaban :
    Hai, kak Frisca.. Aku mau tanya, sebelum menulis cerita ini apakah kakak mengadakan riset terlebih dahulu?

    BalasHapus
  34. Nama : Nur Puji Lestari
    Twitter : @indut471
    Email : arymuchablacky@gmail.com
    Domisili : Tuban
    Link Share : https://twitter.com/indut471/status/668665707639406593
    Pertanyaan : Assalamu'alaikum mbak Frisca, saat nulis ini cerita apakah mbak Frisca memikirkan perasaan tokoh dari kekasih Evelyn sebelumnya (Billy). Karena memiliki nasip seperti Billy itu sungguh butuh kebesaran hati untuk bisa menghadapi keadaan hidupnya tanpa Evelyn.

    BalasHapus
  35. Kak Frisca, pelajaran berharga apa yang ingin anda sampaikan sebagai seorang penulis kepada para pembaca novel ini?

    Ibnu Majah
    @ibnu_berkicau
    den.bagoes33@gmail.com

    BalasHapus
  36. Nama : seffi soffianti
    Twitter : @seffiii
    Email : seffichan@yahoo.com
    Domisili : bandung

    Hai, kak frisca. Selamat yah atas novelnya.. oh yaa mau nanya, kan angel ini punya riwayat penyakit jantung. Kaka melakukan riset dulu gak sebelum nya?? Terinspirasi dari mana mengangkat tema novel wedding ini??

    BalasHapus
  37. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    rinspiration95@gmail.com

    Kalau misalnya Evelyn kan tidak pernah menyangka akan menikah dengan seorang duda beranak satu karena permintaan putrinya yang menderita penyakit, nah kalau kak Frisca sendiri pernah terpikirkan nggak tentang pernikahan diluar ekspektasi kakak? Seperti apa Unexpected Weddingnya? Bagi ceritanya dong.. hehee
    Terima kasih.
    Sukses terus yaa! Wish me luck :)

    BalasHapus
  38. Naning Pratiwi
    @chelseas_lovers
    chelsea_lovers83@yahoo.com
    https://twitter.com/chelseas_lovers/status/669398635562606593
    Tulungagung, Jatim

    Kenapa memilih tema berbau pernikahan? Apakah memang karena mengikuti 'musim' yang tengah tren, atau ada alasan lain?? :D :D

    BalasHapus
  39. Nama : Rindang Yuliani
    Akun twitter : @Ryu_keren
    Domisili : Barabai, Kalsel
    Link share : https://twitter.com/Ryu_keren/status/669401622389391360

    Pertanyaan untuk kak Frisca: berapa lama waktu yang kakak butuhkan untuk menulis novel ini?

    BalasHapus
  40. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Email : n0v4ip[at]gmail[dot]com
    Link Share : https://twitter.com/n0v4ip/status/669404928394305536

    Mbak Frisca pasti pernah donk nemuin komentar-komentar yang gak enak dari pembaca. Dan pastinya setelah baca itu pasti kesal, sedih, nyesek dan bahkan jadi bad mood. Orang saya aja sebagai pembaca ikutan nyesek sendiri kalo ada komentar2 pedas -tapi-gak-membangun- yg ditujukan pada suatu cerita apalagi cerita yang saya suka dan ujung2 nya malah saya yang baper... :D *lah, malah curhat*
    Nah, pertanyaan saya adalah ada gak kiat-kiat yang mbak Frisca lakuin untuk mengatasi bad mood setelah membaca komentar-komentar tersebut?
    karena ada beberapa penulis yang memilih hiatus sejenak demi meredakan emosinya akibat komentar pedas dari pembacanya.

    Terima kasih ^^

    BalasHapus
  41. ailina
    @ailina85
    ay_lyna@yahoo.com
    Probolinggo

    link share : https://twitter.com/ailina85/status/669724802941214720

    Pertanyaan :
    1. Kayaknya Frisca ini masih muda deh. Tapi tema yang diangkat di novelnya bukan tema menye-menye kayak novel anak muda yang lain. Terinspirasi dari siapa?
    2. Kenapa judul dan nama tokoh yang diambil menggunakan ejaan Eropa? Kenapa nggak memakai nama Indonesia saja? ^_^
    3. Berapa lama waktu yang dihabiskan buat menulis novel ini? Soalnya saya liat belakangan ini banyak novel yang bertema-kan 'wedding' :)
    4. Perna nggak sih merasa buntu pada saat menulis novel ini? Ketika sedang merasa 'buntu', biasanya apa yang dilakukan?
    5. Pada saat apa biasanya Frisca mendapatkan banyak inspirasi buat bahan menulis novel?
    Terimakasih sudah diijinkan bertanya.. ^_^


    Sukses GA-nya buat Atria. Buat Frisca, semoga segera menelurkan novel-novel baru.. ^_^

    BalasHapus
  42. Nama: Adelia Putri SEptiani
    Twitter: @Elyadelsunjarat
    Email: Elyadelsunjaratus@gmail.com
    Link: https://twitter.com/Elyadelsunjarat/status/668337353732153344
    .
    Kak, gimana sih bikin pembaca baper gitu? Seperti yg dirasain pembaca waktu baca novel ini nih, aku pingin tahu soalnya aku pingin buat cerita yg bikin pembaca itu nangis darah ... hehe :p

    BalasHapus
  43. Nama: Leny H
    twitter: @Lenny66677291
    email: leny.hermi@yahoo.com
    novel ini kan bertema tentang keluarga dan pernikahan, kenapa sih kakak memilih tema tersebut?

    BalasHapus
  44. Nama: Thia Amelia
    Twitter: @Thia1498
    e-mail: thiameliasn@gmail.com

    Jika kalian bisa bertanya ke Frisca Martha tentang novel ini, pertanyaan apa yang akan kalian ajukan? Satu pertanyaan saja ya :)

    Reset apa yang kakak lakuin ketika menulis novel ini? Dan pernah ga, ngerasa nyerah dengan novel ini sampai berfikiran untuk berhenti aja? kalau iya kenapa? Kalau engga, gimana cara kakak supaya bisa terus semangat ngelanjut novel ini?

    BalasHapus
  45. Nama : Nanda Zulya Gustina
    Twitter : @Nanda26Zulya
    Email : nandazulya@gmail.com
    Domisili : Serang - Banten
    Link Share : https://twitter.com/Nanda26Zulya/status/669864201486102532

    Pertanyaan : Jika kalian bisa bertanya ke Frisca Martha tentang novel ini, pertanyaan apa yang akan kalian ajukan? Satu pertanyaan saja ya

    Jawaban : Pertanyaan yang akan saya ajukan kepada Kak Frisca yaitu; "Siapakah tokoh dalam Novel Unexpected Wedding yang merupakan dominasi dari diri Kak Frisca ? ". - Based On : Buku itu bentuk otentik dari otak penulis.

    BalasHapus