Jumat, 27 November 2015

[Blogtour + Giveaway] Railway in Love



“Sebenarnya ini adalah salah satu sikap yang harus dihindari semua wanita. Menganggap dirinya baik – baik saja padahal hati sudah berdarah dan bernanah.” (Hal. 83)


Penulis: Viera Fitani
Editor: Afrianty P. Pardede
Penerbit: Elex Media Komputindo
Cetakan: Pertama 2015
Jumlah hal.: vi + 236 halaman
ISBN: 9786020275413

Andara Riana Rasyid, seorang pengacara muda yang sedang naksir berat sama bosnya, Harsya Bramanta. Cinta yang sepertinya tidak bertepuk sebelah tangan, karena Harsya sedang berusaha move on dari mantan tunangannya, yang meninggalkannya tanpa alasan yang jelas. Tapi akhir – akhir ini, Andara merasa otak dan hatinya seperti tidak sinkron lagi. Sejak ditugaskan menjadi pengacara bagi pengusaha muda yang juga sahabat Harsya, Ribeldi Bimantara, Andara mulai merasa ada yang aneh dalam dirinya. Andara pernah menyumpah – nyumpah tidak akan jatuh ke pelukan cowok playboy, mesum, angkuh, dan menyebalkan macam Ibel. Tapi jantungnya mengkhianatinya, detaknya selalu lebih cepat ketika berada dekat dengan cowok berbahaya tersebut, Andara ingin menghentikan semua ini.


Aku pengennya perjalanan cintaku itu kayak rel kereta api, meskipun banyak belokan, tapi nggak pernah putus sampai tujuan....”
 – Andara Riana Rasyid
***

“Hal yang paling tidak menyenangkan adalah berada di dalam mobil, terjebak kemacetan, dan hanya berdua dengan orang yang kita tidak suka.” (Hal. 47)

Novel Railway in Love ini bercerita tentang kehidupan percintaan Andara. Andara menyimpan ketertarikan dan rasa suka pada bosnya, Harsya. Ini membuat Andara selalu bersemangat ke kantor. Ia pun jadi semakin semangat melakukan pekerjaannya. Suatu hari Harsya meminta Andara sebagai teman setim dalam menangani kasus sahabatnya, Ribeldi. Ribeldi ini ternyata adalah laki – laki paling mesum, dingin, dan menyebalkan yang pernah Andara kenal. Andara sebenarnya ingin melepaskan diri dari kasus tersebut, sayangnya tidak ada satu orang pun yang bisa menggantikannya. Andara pun terjebak dan harus terus menangani kasus Ribeldi.

Di saat yang sama, Harsya mendadak memberi perhatian pada Andara. Ia pun meminta Andara menjadi kekasihnya. Andara tentu saja tidak akan menolak.

Namun hubungan yang baru saja dirajut itu mendadak dihantam badai dengan kemunculan kembali mantan tunangan Harsya, Elya. Elya ini sangat cantik dan elegan. Andara sendiri yang yang seorang perempuan mengakui kecantikan Elya. Andara pun berkecil hati. Apa lagi Harsya tidak bisa mengabaikan Elya. 

Hati Andara yang tengah dirundung sedih karena sikap Harsya dibuat kesal dengan sikap Ribeldi yang seenaknya. Seenaknya pria itu mencium Andara di lift. Namun sikap menyebalkan Ribeldi membuat perhatiannya sedikit teralih.

Tapi bagaimanakah hubungan Andara dengan Harsya selanjutnya? Apa pilihan Harsya? Andra atau Elya? Bagaiman Andara bisa menyingkirkan Ribeldi dari hidupnya?


“Gue dari dulu anti sama orang yang gagal move on! Lagian ya, ngapain menghabiskan waktu untuk orang yang selalu melihat masa lalunya sementara lo merajut harapan sendirian untuk masa depan kalian!” (Hal. 122)

***

“Hidup itu seperti lingkaran yang talinya saling berkaitan. Ketika kita menyakiti seseorang, bukan hanya orang itu yang sakit. Tapi orang lain yang talinya berkaitan pun akan merasakan imbasnya.” (Hal. 203)

Jika harus mengkategorikan novel ini, maka saya akan lebih suka mengkategorikannya sebagai novel komedi romantis. Kenapa? Karena narasinya yang kocak. Kadang rasanya pengin nimpuk Andara karena isi kepalanya yang kacau. Tapi lebih sering ngikik lucu pas baca. Terutama saat adegan si kecil Lisa ngobrolin soal dada. Ha.. Ha.. itu ngakak donk.

Novel ini ringan dengan premis cerita yang simpel. Tapi narasinya yang mengalir bikin pembaca bisa santai membacanya dan tahu – tahu sudah tamat. Ini karena penggunaan POV 1 dalam novel ini. Ia menjadi kekuatan buku. Karena dailog di kepala tokoh Andara jadi sangat terbuka. Dan penulis memainkannya dengan menarik. Humoris.

Btw, yang terasa masih kurang adalah alasan utama Harsya menyukai Andara? Kedekatan mereka terlalu mendadak. Lebih menarik jika hal ini bisa digambarkan jelas karena ini menjadi salah satu bagian penting plot cerita.

Mengabaikan kekurangan tadi serta typo dan  beberapa kalimat yang penempatan tanda bacanya kurang sesuai, novel ini tetap nikmat dibaca. Meski akhir cerita cukup bisa ditebak, tapi tetap saja pembaca melanjutkan membaca karena narasinya yang menghibur.

Secara keseluruhan. Cerita ini benar – benar pas. Humornya pas. Manisnya pas. :D

“Rumput yang lebih hijau belum tentu rumput asli bisa jadi itu rumput sintetis!” (Hal. 220)

***

“Hidup yang penuh misteri ini untuk dijalani. Bukan untuk dilihat, diraba, dan diterawang seperti uang palsu.” (Hal. 220)

“Kami adalah dua sisi berlawanan yang bertemu di satu jalur kehidupan dan saling jatuh cinta. Dia tidak sempurna, begitu pun aku. Untuk itulah tangan kami saling menggenggam erat.” (Hal. 236)

***

Hai...hai.. sudah baca reviewnya? Tertarik mau baca langsung bukunya? Tapi khawatir karena sekarang akhir bulan dan belum gajian? *I know your feeling, Readers.. baca: senasib* Ha..ha..

Ok, karena Mbak Viera Fitani baik hati, maka sudah disediakan 1 novel Railway ini Love untuk Reader yang beruntung. Mau jadi yang terpilih? Syarat dan ketentuan berlaku ya. He..he.. ini dia syaratnya dan ketentuannya.
1) Follow blog ini via GFC atau bloglovin (Cek sisi kiri atas side bar. Tepat di atas “My Favorit Book This Month”)
2) Follow akun twitter @VieraFitani dan @atriasartika
3) Share link giveway ini di twittermu sambil mention kedua akun di atas dan pakai hashtag #RailwayInLove
4) Jawab pertanyaan berikut di kolom komentar

“Apa pendapatmu tentang orang yang gagal move on?”

Sertakan data dirimu berupa nama, nama untuk follow blog ini (kalau beda dengan nama), akun twitter, email.
5) Periode giveaway ini: 27 November – 3 Desember 2015
6) Hanya untuk yang berdomisili di Indonesia
Nah, sudah baca S & K – nya? Selamat berjuang. Semoga beruntung ya, Readers ;)


38 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Nama : Alifa Nanda Tarina
    Follow via bloglovin : Embol1
    Akun twitter : @_alifananda
    Email : embol559@gmail.com
    Orang gagal Move On? Itu sih aku yg dulu.. Gak pernah bisa move on dr mantan pacar,sampai mamahku turun tangan nih, orang gagal move on itu sama aja penakut, takut akan mencoba sebuah perasaan baru, gaya hidup baru dan yang paling penting mamah sama papah gak mau punya anak yg penakut sama hal kaya gitu, kalo kamu takut buat move on kenapa dulu jatuh cinta sampai pacaran? Makanya mikir dulu ajalah kalo mau pacaran. Sampai pada malam hari aku pikirin nih? Betul juga kata mamahku. Aku harus bisa move on dari dia, dan alhamdulillah udah nemuin yang baru dan berjalan hampir 2 thn meskipun kita LDRan.

    BalasHapus
  3. Nama: Evita
    Twitter: @evitta_mf
    email: evita.mf27[at]ymail[dot]com
    follow blog ini via GFC
    link share: https://twitter.com/evitta_mf/status/670313833613799424

    Pendapatku tentang orang yang gagal move on itu berarti dia gagal mendapatkan masa depannya. Ya iya kerjaannya nengok mulu ke belakang. Padahal di depan sana ada masa depan yang lebih cerah dan bahagia.
    Masa lalu mah lupain aja, anggep kenangan dan pembelajaran, mulailah move on dan membuka hati untuk orang yang baru.
    Sederhananya gini, masa lalu semakin tertinggal jauh di belakang sementara kita semakin terseret waktu menuju masa depan. Mantan dan kamu udah nggak jalan bersisian, sementara saat ini kalian berjalan saling bertolak belakang. Move on! Jangan inget-inget terus sama yang udah say goodbye.. ^^

    BalasHapus
  4. Nama: Kiki Suarni
    Follow via Bloglovin : Kiki Suarni
    Twitter: @Kimol12
    Email: kikisuarni616@yahoo.com
    Link share:https://mobile.twitter.com/Kimol12/status/670330626747142144

    Jawaban:

    Menurutku orang yang gagal move on itu adalah orang yang menyia-nyiakan waktu, tenaga, kreatifitas dan masa depannya. Disaat yang lain sedang giat mengejar mimpi dan masa depan, dia hanya berkutat memikirkan masa lalu. Terus tenggelam dalam kesedihan dan penyesalan masa lalu yang notabene gak bisa diubah. Menurutku, semakin kita mengingat masa lalu, semakin kita akan tertekan dan bisa-bisa stres. Kita boleh bersedih, tapi jangan lama-lama, harus segera bangkit. Move on! Walau dirasa sulit tapi memang harus dicoba demi kebaikan dan masa depan. Karena masa depan ada di hadapan kita bukan dibelakang kita. Yakinlah, sesuatu yang baik pasti akan terjadi bagi siapa yang mau mencoba. Nasib manusia gak akan berubah kecuali manusia itu yang merubahnya.

    Bukan aku gak pernah ngalamin hal yang menyakitkan, sering. Tapi, aku selalu bisa move on walau butuh proses dan waktu. Dan sekarang aku baik-baik aja dan selalu semangat meraih masa depan.

    Terima kasih :D

    BalasHapus
  5. Nama: Debora Theresia Julyanti
    lupa follow via apa (?) kayaknya dua-duanya.
    Twitter : @borde2707
    Email: deborajulyanti@gmail.com
    Link share:https://twitter.com/borde2707/status/670452889391878144

    my jawaban,,
    pendapat ane sama orang yang gagal mup on, ya itu, dia masih terpenjara sama kenangan-kenangan manis dan indah masa lalunya. Orang yg malas buat mencoba buat mengenal suasana dan kenalan baru. Dan belom yakin mau dibawa diri dan perasaan ini kemana. Mau terjun ke segitiga bermuda atau ke pantai maldives nan indah?
    Masa lalu biarlah menjadi masa lalu, karena masa lalu itu bukan sekarang atau masa depan. Cukup aje dijadikan pembelajaran supaya masa sekarang dan masa depan itu jadi lebih baik dan berwarna kayak pelangi dimatamu.
    Ayok lah kita mup on cuy! emang susah ngelakuin, tapi kalo dibiasain entar juga jadi terbiasa.
    Ane jd teringat kata-kata mutiara ini "Jangan lihat ke belakang, entar jadi tiang garam." seketika ane bergidik ngeri. Masak mau jadi tiang garam? kan gak lucu. Ha.
    sekian dari ane "Debora".

    BalasHapus
  6. Nama: Anis Antika
    Nama untuk follow blog: Anis Antika
    Twitter: @AntikaAnis
    Email: anis_antika@yahoo.com
    Jawaban: Orang yang gagal move on? Enggak banget, deh. Masih banyak yang jauuuh lebih baik darinya, kenapa malah buang-buang waktu cuma buat mikirin dia, coba? Sedih boleh. Tapi jangan keterusan. Hidup harus terus berlanjut. Lupakan yang gagal dan berjalan untuk menuju yang baru.
    Tsah! Kayak gue bener aja... :))

    Lagian ya, dunia ini terlalu indah untuk diabaikan dan sibuk dengan masalah hati. Sesekaki lupain masalah hati dan menikmati hidup juga perlu, lho. Biar nggak stres. Parahnya bisa depresi. Ngeri, tau.

    BalasHapus
  7. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    rinspiration95@gmail.com

    Menurutku, orang yang gagal move on itu adalah orang yang tidak berani untuk mencoba hal baru dan keluar dari zona nyamannya. Nggak selamanya sih move on itu selalu dari hal/masa lalu yang buruk, mungkin aja seseorang saat ini merasa terlalu nyaman dengan keadaannya sehingga tidak berniat beranjak karena takut mengambil resiko yang lebih besar dari yang dia lakukan sekarang. Mungkin merubah kebiasaan itu juga agak susah dilakukan.
    Ketika ada pada masa itu, sebenernya seseorang itu sedang membuang banyak kesempatan, mematikan potensi dalam dirinya dan membiarkan diri berkubang dalam lubang yang sama tanpa kemajuan berarti. Tentunya hal ini tidak baik yaa. Jadi keluar dari kebiasaan, bertindak spontan, melenceng dari peraturan selama itu baik ya wajib dicoba dilakukan :)

    BalasHapus
  8. Nama: Eris Andriani
    Akun GFC: Eyis yis
    Twitter: @RizAnNie88
    Email: ayaseyis@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/RizAnNie88/status/670583009549021184

    “Apa pendapatmu tentang orang yang gagal move on?”

    Menurutku orang gagal move on tuh wajar sih kak alias manusiawi, dimana kita terbiasa dengan hal.hal yg membuat kita bahagia, trus tiba.tiba kita juga harus terbiasa kehilangan hal itu.
    Orang gagal move on tuh kalau kata Raisa Terjebak diruang Nostalgia, saat kita mencoba untuk melangkah tapi hati dan pikiran kita tuh stuck diruang itu. Apalagi kalau stucknya sama mantan terindah yang selalu ku rindukan.
    Semuanya tuh butuh proses, orang gagal move on tuh nggak harus diketawain, dikapok in, atau malah dimarahi. Harusnya di kasih semangat dan nasehat. Karena hidup tuh nggak berhenti disitu, masih banyak kok cinta baru yg pastinya jauh lebih baik. Sulit memang ku akui buat move on itu, asalkan ada kemauan pasti bisa kok.

    Nih aku buktinya bisa setelah terjebak di lingkaran gagal move on sekarang aku bisa move on, walaupun kadang masih suka stalking medsosnya sih *uhuukk kesedak sendal seloow hehe

    Intinya orang gagal move on itu wajar, tapi ya jangan keterlaluan banget sampai berlarut.larut. Kenapa harus terus.terusan menyiksa diri sendiri kalau didepan ada sesuatu yg bakal buat kita lebiiiiihhh bahagia.

    Cukup sekian matur thank yuuuu :)
    Yuk Move On :D

    BalasHapus
  9. Nama : Ria Monica
    Twitter : @Riamonica
    follow via GFC : Ria Monica
    Email : Monicamonn17@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/Riamonic23/status/670596408710455297

    " Apa pendapatmu mengenai orang yg gagal move on "

    Seringkali orang menganggap gagal move itu hal yg berkonotasi negatif karena identik dengan seseorang yg masih terjebak dengan masa lalu kaitanya dg hubungan percintaan , hal itu wajar saja mungkin masa lalu tesebut memiliki kenangan yg berarti tersendiri. Tapi jangan sampai berlarut larut karna itupun tak baik dan bukan juga untuk melupakan masa lalu,sebab itu pun bagian dari perjalan hidup untuk dikenang namun jangan diratapi .show must go on & enjoy your life maanfaatkan hidup yg hanya sekali ini dengan sebaik baiknya. :)

    BalasHapus
  10. Nama: Riqza Nur Aini
    Follow via Bloglovin : Riqza Nur Aini
    Twitter: @riqzanainiee
    Email: moha3451@gmail.co,
    Domisli: Demak,Jatne
    LinkShare: https://mobile.twitter.com/riqzanainiee/status/670516264050278401?p=v
    Lengkap?:3
    .
    .
    Pertanyaan:
    “Apa pendapatmu tentang orang yang gagal move on?”
    .
    .
    .
    Jawaban:
    Orang gagal Move on itu kalau ibarat buku,dia itu seperti terjebak disuatu lembaran yang telah terisi oleh coretan hitam,tapi dia sendiri yg tidak mau membuka yang baru...Orang-orang yang menyimpan contact (dulunya) pacar di hp. Waktu masih pacaran nama contact nya diganti sama panggilan-panggilan sayang, contohnya :"bebeb","ayang","sweetheart","lovely","cintaku hanya padamu","lop u poreper","K4mo3 uNyUu BaNg3tzZ" dan sebagainya. Giliran udah putus, kalo tuh contact gak dihapus, yah biasanya dibiarkan apa adanya. Alibinya adalah males nyari cuman buat ganti atau paling gak kalo di sms atau ditelpon biar gak dikira orang asing.Gagal move on deh.Terus orang yang belum lama putus. Tipe-tipe orang ini akan takut pada yang namanya hari "Sabtu". Efek awal yang terjadi saat tiba hari sabtu adalah sering bengong atau melamun, lesu tak bergairah, males ngapa-ngapain dan bahkan dalam kasus yang ekstrim adalah merenung di pojok kamar seharian. Tipe ini sangat sensitif dengan yang namanya "Malam Minggu" karna untuk sementara waktu mereka hanya mengenal "Sabtu Malam".Biasanya terjadi pd org yang belum lama putus.Gagal move on kan kamu? orang gagal move on yang terlalu cinta dengan gadget nya, atau lebih umumnya adalah hp. Kemana pun, dimana pun, dan kapan pun, hp akan setia dipegang dan dibawa kemana-kemana. Bukan takut hp hilang, tapi karna tipe ini selalu berpegang teguh bahwa sms, bbm, atau telpon harus segera dibalas (kadang berharap dari mantan). Pada kenyataannya, fungsi yang lebih utama sering digunakan adalah untuk melihat jam. #KorbanPHP Gagal move on lagi.terus orang,terutawa cewek yg mempunyai khayalan tingkat tinggi. Mereka akan cinta pada yang namanya "FTV" karna hanya di FTV semua kisah cinta akan berakhir indah. Sesering apapun nonton, mereka tidak akan pernah bosan karna mereka (berharap) yakin bahwa suatu saat nanti kisah cintanya akan seperti itu. Pada kenyataannya, diakhir FTV selalu ada : "Cerita ini hanya fiktif belaka". Gagal move on deh. Lalu tipe yang enggak nerima naseb,Segala hal akan dilakukan demi mendapatkan sang mantan kembali ke pelukannya. Tipe ini akan sangat sensitif bila ada cowo / cewe lain yang deketin mantan, dan akan menyebabkan awal peperangan dengan pesaing untuk merebutkan mantan tersebut dan akan berakhir hingga salah satu pihak menang atau ada yang mengibarkan bendera putih (bukan bendera kuning) atau terjadi gencatan senjata. Gagal move on kann,tauk lo.Ayoloh stalker yang gagal move on,mereka akan sesering mungkin ngecek status bbm atau fb atau timeline mantan. Umumnya para orang-orang tipe ini akan melakukan hal demikian dengan tujuan berharap sang mantan masih ada ngomongin dia ato berharap masih kangen dia. Pada kenyataannya, yang sering terjadi adalah ngomongin gebetan baru atau pacar baru. Efek terburuknya adalah merenung kembali di pojok kamar seharian. Gagal move on lagi.
    Intinya,Gagal atau tidaknya Move on itu tergantung paa dirikita sendiri.Bagaimana mau maju jika tetap pada lembar yang sama!Buka lagi!Tulis lagi!Bermimpi lagi! NEVER GIVE UP!! Tunjukkan bahwa kamu bisa mendapatan yang lebih baik dari dia!

    BalasHapus
  11. Nama : Rizky Novianti
    Email : rizkynovianti26@gmail.com
    Twitter : @ritzkyy99

    Masih terkungkung sama sesuatu menurutku ya wajar-wajar aja sih, gak setiap orang sama : cepet move on, mungkin aja kenangan itu emang berarti banget. Move on itu kan perlu waktu, ada prosesnya. Mau lama atau sebentar ya tergantung gimana kita menyikapinya. Tapi, bukan berarti harus terbuai, gak mau keluar dari kotak nyaman. Ada saatnya kita harus buka lembaran yang baru. C'mon dunia di luar sana sebegitu indahnya, gak perlu kita terpaku pada satu pemandangan di dalam kotak :)
    Dan kegagalan itu sih jangan dianggap sebagai suatu kesalahan besar, toh kesalahan itu yang buat kita belajar, dijadikan pedoman biar gak tersesat ke arah yang salah lagi waktu buka lembaran baru. Masih banyak yang menunggu di depan, jangan sering menoleh ke belakang :)

    BalasHapus
  12. Nama : Naning Pratiwi
    Nama untuk follow blog ini : Naning Pratiwi
    Akun twitter : @chelseas_lovers
    Email : chelsea_lovers83@yahoo.com

    “Apa pendapatmu tentang orang yang gagal move on?”
    Masih terjebak sama masa lalu. Belum mau ninggalin hal-hal yang pernah dialamin (kebanyakan sih hal yang manis-manis). Apalagi kalau putus cinta. Ehhhhh.... Aku pernah gagal move on, tapi sekarang menyesal deh, kenapa harus terbelenggu dengan masa lalu yang ternyata nggak banget. D
    Tapi sebenarnya gagal move on itu wajar. Cuman, jangan lama-lama. Lagian, hidup itu nggak melulu tentang kenangan masa lalu kan. Kalau kita terus terjebak, kapan bisa lihat pelangi yang berwarna?
    Kemarin ya kemarin, Sekarang untuk hidup lebih baik di masa depan. :D :D :D

    Fighting!! Say no to gagal Move On deh. :D :D

    BalasHapus
  13. “Apa pendapatmu tentang orang yang gagal move on?”

    Hidupnya itu kayak lingkaran, berputer - puter aja terus di masa lalu tanpa henti.

    Nama: Nadia Zulpa Aulia ( sama nama untk follow blog)
    Akun twitter : @nadia_zulpa
    Email: nadia.aulia99@yahoo.com

    BalasHapus
  14. Nama : Dita Nur Aeni
    E-mail: ditanuraeni15@gmail.com
    Twitter : @ditaaeni15
    Link Share : https://twitter.com/ditaaeni15/status/670823074590232577


    “Apa pendapatmu tentang orang yang gagal move on?”

    Orang yang gagal move on itu wajar, gagal move on tidak selamanya berarti negative. Karena melupakan seseorang yang setelah sekian lama disayang tidak semudah membalikan telapak tangan. Bahkan terkadang rasa sayang yang dimiliki lebih besar dari rasa sakit yang ia berikan.
    Mantan itu bukan monster, mantan itu bukan penjahat, Kalo memang masih menyayangi cukup simpan dalam hati. Cinta itu tidak harus memiliki. Biarkan semua berjalan seperti air mengalir, tidak usah dilupakan karena malah akan semakin teringat. Sibukan diri dengan hal positif dan biarkan ia terlupakan dengan sendirinya.
    Jika memang dia jodohmu, dia akan kembali. Kalaupun tidak, akan ada gantinya yang lebih baik lagi.

    BalasHapus
  15. Orang yang gagal move on? No comment. Karena setiap orang kan punya pilihannya masing-masing, ya. Terserah dia mau melanjutkan hidup atau malah berkubang dengan segudang kenangan. Tapi bagi saya sendiri, apa yang sudah terjadi, ya udah. Kereta aja jalannya maju, kok. Masa kita mau terus-terusan mundur ke belakang, right?

    Nama: Riani Suhandi, sama dengan nama untuk follow blog ini
    Email: Rianisuhandi@gmail.com
    Twitter: Rianimarry_swan


    BalasHapus
  16. nama: sitasiska
    Twitter: @sitasiska95
    Email: elsitafransiska@gmail.com
    link share: https://twitter.com/sitasiska95/status/670873996687073280

    "Orang yang gagal move on adalah orang yang belum bisa menerima masa lalunya dengan orang yang dicintainya sebagai sesuatu yang seharusnya dijadikan pelajaran. Ia masih terperangkap dalam cinta yang sebenarnya tinggal berupa kenangan yang seharusnya dilupakan. Ia adalah orang yang masih berharap bahwa masa lalunya itu, semenyakitkan apapun untuknya adalah sebuah kepingan masa depan. Ia belum bisa menerima kenyataan. Itu wajar bagi saya. Cinta tidak dangkal dan adalah sesuatu yang sangat sulit untuk melupakan orang yang dicintai. Tapi meski begitu, ada batas waktu untuk kesedihan. Layaknya orang yang pergi karena menghadap Tuhan, cinta juga sepantasnya diperlakukan demikian. Ditangisi lebih dulu untuk kemudiam direlakan."

    BalasHapus
  17. Nama: Putri Prama Ananta
    Nama follow: Putri Prama (GFC)
    Akun Twitter: @putripramaa
    email: anantaprama@yahoo.co.id

    Pertanyaannya sudah sering banget ditanyain sama orang-orang, apalagi kalo lagi sesi curhat-curhatan sama temen. xD Nah, ketika diberi pertanyaan seperti itu, aku selalu menjawab: Orang yang gagal move on adalah orang yang tidak benar-benar mau untuk move on. Kegagalan pasti terjadi kalau dia nggak mau ngelakukan hal tersebut, pada kasus ini ya move on itu.
    Dalam move on, yang pertama dilakukan pastilah niat dulu untuk move on. Orang yang gagal move on itu nggak punya (punya sedikit) niat untuk move on. Kalo niatnya aja udah begitu, ada godaan dikit udah 'kecantol' lagi lalu baper dan berakhir dengan gagal move on. Iya sih, dalam proses move on itu banyak lika-likunya, apalagi kalo yang mau move on itu remaja. Beuh, berasa melupakan si dia itu adalah fase paling menyedihkan, fase paling sulit, dll; berlebihan banget (iya, aku masih remaja xD). kalau mau move on, ya usahakan dong flashback-flashback-nya dihindari. Biasanya, orang-orang yang gagal move ini tipe orang yang suka flashback, jadi baperan dan akhirnya gagal move on deh.
    Jadi, intinya adalah orang yang gagal move on adalah orang yang tidak benar-benar mau untuk move on.

    BalasHapus
  18. follow GFC an Mawar Hs
    https://twitter.com/goodenoughoks/status/670925738753843200
    @goodenoughoks

    “Apa pendapatmu tentang orang yang gagal move on?”
    Setiap orang punya batas sendiri-sendiri, yang
    masih gagal move on yang memang masih terjebak
    di masa lalunya it's ok asalkan tidak mengakibatkan trauma :) dengan kesibukan - jalan bareng temen, saudara, kerja, sekolah, ngerjakan tugas, apapun itu - mungkin pikiran bisa teralihkan, cari kegiatan positif, berkutat pada hobby atau apapun yang disukai biar bisa move on :)

    BalasHapus
  19. Nama : Dyah Mustika
    Follow via google : Dyahmustika kw
    Akun twitter : @Dymustika_
    Email : Chimomo15@gmail.com

    “Apa pendapatmu tentang orang yang gagal move on?”

    Orang yang gagal moveon itu manusiawi yaa, aku sendiri pernah ngalamin gagal moveon. sebenernya gaada istilah gagal moveon menurutku, cuman moveon yang tertunda hehehe. segala sesuatunya kan butuh proses. bayi bisa jalan aja harus ada beberapa stepnya. sama halnya kayak orang yang mau moveon. Tiba-tiba kehilangan sesuatu yang selama ini udah jadi bagian dari hari-hari kita itu ga gampang. Jadi wajar aja orang gagal move on, selama ga mengganggu kehidupan sehari-hari dan terlalu berlarut-larut.

    Allah kasih kita udara buat napas, mata, organ tubuh yg lainnya secara gratis. Kenapa kita ga mau berusaha buat lanjutin hidup dan malah milih stuck di hal yang mungkin akan kita sesali nantinya. Rencana Allah lebih indah :)

    BalasHapus
  20. Neneng Lestari
    GFC: Neneng Lestari
    n_tarie90@yahoo.com
    @ntarienovrizal

    pendapat aku tentang orang yang gagal move on ..

    Emang salah kalau ada tipe orang yang gagal move on? Bukannya itu bisa memberikan kita satu sudut pandang lain bahwa seseorang yang gagal move on itu berarti tulus mencintai orang yang telah meninggalkannya.

    Aku memang gak begitu tahu sifat gagal move on. Tapi aku pernah punya teman yang gagal move on. Dan lihat dia aja sudah bikin sedih, bayangkan aja kalau sifat gagal move on itu menjadi sifat kita?

    aku gak akan menjugde bahwa orang gagal move on itu selalu negatif. Percayalah kalau seandainya kita mau berada di posisi mereka, mereka juga tidak akan mau memiliki sifat gagal move on tersebut. Karena rasanya nyiksa banget, mencintai sesuatu yang tidak ada. merindukan sesuatu yang tidak pasti. dan selalu terbangun dengan kesedihan yang tidak berujung, Benar-benar gak enak.

    BalasHapus
  21. Sri Darmawati
    Follow blog ini melalui GFC dgn nama Azzahra Fathurahman
    Twitter : @Eyiaz_AB
    email : azzahrafathurahman@gmail.com

    Menurut saya, orang yang gagal move on itu adalah pribadi yang menikmati kegagalan dan keterpurukan. Dia menjadikan rasa sakit yang ia rasakan sebagai alasan untuk tak segera bergegas bangkit untuk menyambut hari baru yang lebih baik dan ceria. Orang yang gagal move on, entah itu gagal move on karena broken heart atau kegagalan lainnya, takmau melihat kesempatan masa depan yang lebih berharga. Saya memiliki seorang kenalan dengan pribadi seperti ini. Tiap saat saya berupaya untuk mengajaknya bangkit dan melihat masa depan yang lebih baik ketimbang memikirkan seseorang yang telah jauh di masa lalunya. Namun, dia tak juga bergegas. Bagi saya, dirinya pribadilah kunci kebangkitan itu. Tekad untuk hari yang lebih berwarna. Jadi, gagal move on itu perlu motivasi yang kuat dari diri sendiri dan orang terdekat.

    BalasHapus
  22. Orang yang gagal move on itu orang yg menyia-nyiakan hidupnya. Kegagalan dalam cinta itu hal yg biasa, karena resiko jatuh cinta itu memang bahagia karena cinta bersambut, atau patah hati karena cinta sebelah pihak. Merana dan sedih boleh saja, tapi jangan sampai meratapi nasib apalagi sampai gagal move on. Berpikir saja kalau kita tidak berjodoh dengannya, habis perkara, karena kalau memang bukan jodoh, usaha sebesar apapun tidak akan membuat kita bisa memilikinya. Lebih baik bangkit dan mencari cinta yg lain, cinta yg sebenarnya untuk kita.

    nama: Aulia
    nama follow blog (GFC): nunaalia 79
    twitter: @nunaalia
    email: auliyati.online@gmail.com

    BalasHapus
  23. Nama: Gestha R
    Follow via GFC: gestha reffy
    Email: gesthareffy@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/AltGST/status/671342879340683265

    Menurutku orang yang gagal move on adalah orang-orang pilihan yang telah ditakdirkan oleh Tuhan untuk hidup bersama masa lalu yang kini tinggal bayang. Gimana enggak,udah mencoba melupakan segala tentang doi namun nggak bisa juga? Gagal move on tingkat dewa banget tuh. Tapi kayaknya asik deh jadi orang yang gagal move on, bisa bernostalgia bersama masa lalu sepanjang waktu, nggak cepet lupa ama sejarah(peristiwa yang telah dulu). Nggak kayak kita, dikit-dikit udah pelupa :|

    BalasHapus
  24. Nama: Siti Nurbaity
    Follow via GFC: Siti Nurbaity
    Twitter: @Unyi94
    Email: snbaity@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/Unyi94/status/671510719829925888

    Gagal move on menurutku menghilangkan kesempatan baru. Bersedih atau hanya sekedar mengingat masa lalu boleh-boleh saja, tapi tidak untuk berlarut dalam masa itu. Rasanya sayang sekali jika kita terjebak dalam masa lalu. Padahal banyak hal baru yang menanti kita di depan. Kesuksesan, kebahagiaan tidak akan datang begitu saja tanpa sebuah usaha. Jadi kita harus move on untuk meraih itu semua.
    Masa lalu hanyalah sebagian dari apa yang menjadi takdir kita, tanpa kita bisa merubahnya. Berbeda dengan masa depan yang kita dapat berusaha menjadikannya sebaik mungkin. Yang harus kita lakukan adalah belajar dari masa lalu agar lebih berhati-hati lagi dalam bertindak supaya kejadian sebelumnya tidak terulang lagi. Jika kita hidup dalam masa lalu, tidak akan ada perubahan apapun dalam hidup kita. Lagipula apa enaknya mengingat sesuatu yang menyedihkan? Lebih baik mencari sasuatu yang baru yang bisa membuat kita merasa nyaman dan bahagia.

    BalasHapus
  25. Nama: Ayatin Anisa
    Follow lewat GFC kayaknya mbk.lupa.udah lumayan lama follownya
    Twitter: @tenchoQ
    Email: ayatin07@gmail.com

    Galon (gagal move on) itu ketika logika dan emosi saling bermusuhan. Logikanya bilang harus "bergerak" sedangkan emosi masih ingin stay on. Dan saya (wanita) lebih dominan emosinya jd ya wajar klo saya termasuk pasukan galon. Mungkin dilematis antara 'terlalu setia' atau menyambut episode baru dr kehidupan. Bagi saya keduanya sama saja, hanya waktu yg tepat harus memilih move on atau stay on

    BalasHapus
  26. Nama : Ayu Widyastuti
    follow lewat GFC : ayu widyastuti
    twitter : @widyayu15
    Email : ayu_lmh@yahoo.com


    Pendapat saya tentang gagal move on sebenernya mereka itu bukan gagal move on hanya saja mereka masih kurang berusaha lagi. sebenernya orang yang belum bisa move on itu orang yang masih belum bisa nerima kenyataan bahwa hubungan mereka telah berakhir akibatnya mereka selalu teringat masa-masa indah saat bersama itulah mengapa mereka gagal move on

    BalasHapus
  27. Nama : Amilah Rahmatunnisa ,
    nama untuk follow blog ini (kalau beda dengan nama) : Mila Rhmatunnisa via GFC akun twitter : @RnMilaa
    email. : milaa_rn@yahoo.com

    Bismillah^_^


    “Apa pendapatmu tentang orang yang gagal move on?”

    Halo kak izin ikutan giveawaynya yaa ^^
    Menurutku orang yang gagal move on itu orang yang mudah menyerah pada cinta. Kenapa? karena dia hanya berfikir cintannya hanya orang yg dulu berhubungan dengannya atau istilahnya lah mantan. Dia akan terus berharap agar suatu saat sang "mantan" akan datang kembali padanya dan kembali berhubungan dengannya. Pemikiran yang aneh menurutku. Bukankah sama halnya kita menyerah pada cinta? Untuk apa mengejar yang sudah berlalu. Kejarlah apa yang ada di depanmu. Semisal contoh tokoh Harsya kenapa dia tidak mengejar masa depannya yaitu, Andara orang yang kini tengah menjalin hubungan dengannya. Tetapi ia malah memilih wanita lain dari masa lalunya. Bukankah sama saja ia menyerah pada cinta yang baru? Lelaki seperti itu adalah lelaki pengecut yang hanya bisa terjebak oleh masa lalu. Padahal di depan sana pasti ada seseorang yang jauh lebih baik yang menantinnya. Orang yang gagal move on menurutku hanya orang-orang yang tidak bisa menerima kenyataan. Banyak cara untuk bisa move on yang paling penting adalah "NIAT". Karena kalau kita sudah niat apapun bisa kita lakukan. Niatkan pada diri kita sendiri untuk mengikhlaskannya pergi. Dan berjanji pada diri kita sendiri untuk menghapus bayang-bayangnya dan meninggalkan kenangannya. Kalau sulit cobalah sedikit, demi sedikit. Dan yang kedua adalah menyibukkan diri. Banyak-banyak cari aktifitas agar pikiran kita tidak tertuju pada dia terus. Gagal move on memang hanyalah kata-kata belaka. Tapi, memiliki arti yang berdampak besar pada kehidupan kita.

    Untuk orang yang gagal move on

    "Sudah berapa banyak hati yang kamu singkirkan karena kamu sibuk menunggu dia yang menyingkirkan hatimu " :,(

    "Jika dia cukup bodoh untuk meninggalkanmu kamu. Kamu harus cukup pandai untuk melupakannya" (Mario teguh)

    "Ketika kamu berusaha melupakan dia tapi gagal, kamu juga harus berfikir ketika dia berusaha untuk mencintaimu tapi gagal."

    How to move on?
    Simply delete " L" from LOVER
    And
    Realize that it's "OVER"



    BalasHapus
  28. Nama: Aya Murning
    Follow blog: Aya Murning (GFC)
    Twitter: @murniaya
    Email: ayamurning@gmail.com

    Gagal move on itu hanyalah kesuksesan move on yang tertunda. Asalkan terus berusaha, maka tidak ada kata gagal, hanya belum kesampaian saja tujuannya. :D

    BalasHapus
  29. Nama : Agatha Vonilia Marcellina
    Follow blog : Agatha Vonilia (GFC)
    Twitter : @Agatha_AVM
    Email : agathavonilia@gmail.com

    Orang yang gagal move on menurutku adalah orang yang terperangkap dalam ketakutannya sendiri untuk menghadapi kenyataan dan juga sebuah masa depan. Dia lebih percaya bahwa masa lalu adalah hal terbaik daripada masa depan yang tidak menjanjikan. Logika dan pintu hatinya benar-benar sudah tertutup rapat. Padahal kita butuh sebuah proses menuju kedewasaan, kemandirian yang mantap dan kepercayaan diri dalam sebuah kehidupan. Kalau tetap saja menengok ke belakang tidak lama kemudian kematian yang akan menghampiri dia bukan kehidupan. Aku hanya tidak habis pikir begitu sulit ya melupakan masa lalu. Justru harusnya kita membuktikan diri bahwa kita itu kuat dan mampu mendapatkan yang terbaik. Kunci kalau kita ingin berhasil move on adalah diri sendiri dan percaya pada kehidupan.

    BalasHapus
  30. Nama: Erdina Yunianti
    Follow blog : Erdina yunianti (GFC)
    Twitter : @Dinnaaa_27
    Email : erdinayunianti21@gmai.com
    Share link : https://twitter.com/Dinnaaa_27/status/672239188129931265

    “Apa pendapatmu tentang orang yang gagal move on?”
    wajar kookkkk! wajar banget malah. soalnya move on itu emang susah bangett..ngelupain aja susah, apalagi berpindah kan? jadi ya kalau ngeliat orang yang susah move on tanggapan aku biasa aja, aku pernah gitu kok hiks..curcol gitu nih ceritanya -__-

    BalasHapus
  31. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Follow blog via GFC : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Email : n0v4ip[at]gmail[dot]com

    Orang yang gagal move on itu adalah orang yang belum bisa mengikhlaskan dan merelakan jalan takdir yang sudah digariskan oleh yang Kuasa. Mereka akan terus mencari dan menggali alasan demi alasan dari kejadian yang menimpa mereka. Mereka merasa masih ada hal-hal yang perlu diselesaikan dari kisah masa lalu mereka. Alhasil, mereka akan terus berkubang
    dalam masa lalu dan akhirnya gagal move on. Padahal, jika mereka mau berpikir lebih jernih, melihat jauh kedalam hati, dan mau menerima kenyataan, ada hikmah dari setiap kejadian yang menimpa mereka. Ada hal-hal baik yang terjadi setelahnya. Yang perlu dilakukan adalah berusaha untuk ikhlas dan merelakan semuanya dan menyerahkan semuanya pada yang Kuasa dan mempercayakan semuanya pada waktu sebagai obat penyembuh yang paling mujarab. *melirik kembali masa lalu :')*

    Terima Kasih kak ^^

    BalasHapus
  32. Nama : Dewi ayu ningsih
    Id twitter : @DewiiaeyuN
    Follow blog via email : dewiiayuningsih@gmail.com

    Hari gini masih ada aja yang gagal move on? Kasiannyaaaa :p hahaha
    Pendapatku tentang orang yang gagal move on sih wajar-wajar aja sihh .
    Mungkin dia terlalu sayang & gak bisa merelakan sesuatu atau seseorang itu pergi. Keingetan terus gitu. Denger lagu galau dikit, inget.Ke tempat yang ada kenangannya, inget. Yaa gitu deh, susah memang kalau mau move on itu :). Tapii yang perlu diinget bagi orang-orang yang gagal move on, hidup itu berjalan terus ke depan, gak bisa balik ke masa lalu.jadi ngapain sih masih inget yang udah berlalu, toh yang diinget-inget belum tentu inget sama kamu kok :p . Masa lalu boleh diinget buat dijadiin bahan pelajaran tapi jangan stuck disitu-situ aja. Mungkin sudah saatnya kamu membuka hati bagi yang baru, Semangat!!! :D

    BalasHapus
  33. Nama : M. Sulhan Habibi
    email : soulhahnmail[at]gmail.com
    follow GFC : Hab2
    link share twitter : https://twitter.com/SulhanHabibi/status/672383449836089344

    Orang yang gagal move on?
    Aku adalah orang yang sering naik angkutan umum, termasuk angkot. Menurutku, orang yang gagal move on itu sering aku analogikan dengan sopir angkot dan penumpangnya.
    Ada sopir angkot yang begitu ngotot menunggu penumpang yang jelas-jelas gak mau naik ke dalam angkotnya, malah sudah ditolak beberapa kalipun masih nungguin
    Ada pula sopir angkot yang ngetem sangat lama untuk menunggu penumpang yang tidak jelas ada atau tidak.
    Ada pula sopir angkot yang rela mundur bekali-kali melihat calon penumpang yang masih sangat jauh dan belum tentu mau naik ke angkotnya.
    Aku sering menganggap orang yang gagal move on mirip dengan sopir seperti yang aku jelaskan di atas. Padahal, kalau dia mau, jelas-jelas perjalanan dia mencari penumpang masih panjang. Untuk apa ngetem lama, menunggu penumpang yang jelas-jelas sudah turun dan berharap naik lagi, tidak mau menyerah dengan calon penumpang yang gak mau naik angkotnya. Padahal masih banyak calon penumpang di depan, di jalan yang lain yang mungkin lebih banyak dan lebih potensial. Dia melewatkan kesempatan itu, bahkan mungkin tidak memikirkan hal tersebut. Dia hanya memikirkan yang mau dia pertahanin dan seolah-olah membiarkan begitu banyak kesempatan (penumpang lain) di depannya.

    Orang yang gagal move on itu orang yang rugi. Kalau dia berpikir, banyak hal yang dia lewatkan, dia rugi banyak hal, membiarkan kesempatan dirampas oleh orang lain. Dia tidak tahu banyak hal indah dan kesempatan di depannya, yang menantinya. bahkan mungkin lebih indah. Tapi, dia tidak melihat hal tersebut karena orang yang gagal move-on, PIKIRFAN, HATI, dan PANDANGANnya selalu berada di masa lalu, selalu menengok ke masa depan, memenjarakan dirinya tanpa mau melihat ke depan.

    Seperti ke-egoisan sopir angkot di atas, ada penumpang lain yang gelisah karena harus menunggu sangat lama. Begitu pula orang yang gagal move-on. Sebenarnya dalam dirinya terdapat kegelisahan yang banyak, tapi mungkin dia tidak menyadarinya. Atau mungkin dia tahu, tapi tidak mau peduli yang penting dia menuruti keegoisannya.

    Itulah pendapatku tentang orang yang gagal move-on.

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Nama: Faiqatul Muyasaroh
    Twitter: @FaiqMysrh
    Follow by GFC dg nama Faiq Iqoh
    Jawaban:
    Org yg gagal move on itu menurutku org yg masih menganggap sang mantan adlh satu2nya yg terbaik yg prnh dy punya, satu2nya org yg bs melengkapi dy shingga dy merasa hidupnya ud sempurna. Makanya org yg gagal move on itu psti msh sll ingat sm mantan, sm smua kebaikan mantan, sm smua kenangan terindah mreka. Trus biasanya nih org yg gagal move on akan sll banding2in org baru yg brniat deketin dy sm si mantan, dan pastilah si mantan ttp bakal jd yg terbaik dimata dy. Ada pepatah(?) nih *ceileh* bwt klian yg gagal move on, "Dibalik move on yg lambat ada mantan yg hebat, dan dibalok move on yg cepat ada org baru yg lebih hebat" 😁😁😁 jdi jgn putus asa bwt nemuin org baru yg jauh lebih hebat dr sang mantan oke, tenang aj psti ada kok.. Siapa yg bersungguh2 psti dapat *PLOK* πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

    BalasHapus