Sabtu, 03 Oktober 2015

Stay with Me Tonight



“Ibuku adalah bukti nyata kalau cinta membuat orang buta. Hal ini yang selalu mengingatkanku kalau cinta hanya membuat wanita lemah dan menjadi bodoh.” (Hal. 19)


Penulis: Sofi Meloni
Editor: Afrianty P. Pardede
Penerbit: Elex Media Komputindo
Cetakan: Pertama
Jumlah hal.: viii + 272 halaman
ISBN: 978-602-02-6646-6

Mereka bilang hubungan di atas tempat tidur dan cinta itu dua yang berbeda. Katanya lagi hubungan intim bisa dilakukan dengan ataupun tanpa cinta.
Dengan cinta? Bullshits...!

Cinta itu hanya ada di cerita dongeng belaka, setidaknya itu yang kupercaya sampai aku bertemu dengannya....

Mungkin pertemuan kami diawali dengan cara yang salah dan mungkin juga pada dasarnya dua orang yang sama – sama terluka tidak seharusnya bersama.

Pada akhirnya kami harus mengakui kalau kami adalah dua orang yang salah untuk satu sama lain.

-Ayu-

***

“Hidup yang mengajarkan kalau aku tidak semestinya bergantung pada siapa pun selain diriku sendiri.” (Hal. 120)

Ayu dan Benny adalah dua orang yang bertemu sebagai oang asing dan tadinya ingin bisa berakhir sebagai orang asing pula. Sayangnya, banyak hal yang terjadi hingga mereka mulai membuka diri sedikit demi sedikit sekaligus menyimpan sebuah rahasia masing – masing.

Hingga suatu hari Ayu menyadari bahwa ia mulai jatuh cinta pada Benny. Namun ia ketakutan. Takut bahwa perasaannya akan membuatnya mengulangi kesalahan yang dilakukan ibunya dulu. Dan ini dikuatkan dengan kehadiran Yuuna, mantan kekasih Benny.

Di saat yang sama Ditto, orang yang dulu disukai Ayu datang dan menawarkan diri sebagai tempat Ayu bersandar.

Lantas jalan apa yang akan dipilih Ayu? Maukah ia mempertahankan dan memperjuangkan cintanya? Ataukah ia lebih memilih untuk melepaskannya?

“Kau tahu, kadang cara terbaik untuk melupakan hal yang buruk adalah menganggapnya sebagai mimpi yang tidak pernah terjadi.” (Hal. 159)
***
Sejujurnya saya tidak punya ekspektasi apapun saat membaca buku ini. Melihat buku ini berseliweran beberapa kali di timeline twitter dan instagram, akhirnya saya putuskan untuk meminangnya di toko buku. Dan yang saya dapatkan? Bacaan yang cukup menarik

Membaca beberapa Bab awal buku ini saya langsung mikir, “Ok, ini buku dewasa dengan konflik dewasa.” Kemudian satu persatu konflik digulirkan. Pengunaan sudut pandang orang pertama di dalam novel ini membuat konflik batin tokoh Ayu tersampaikan dengan baik.

Cerita dituturkan dengan runut. Meski di satu titik saat POV orang pertama berpindah ke Benny, cerita menjadi sedikit membosankan karena pengulangan. Konflik seolah berputar di sana. Dan ini membuat akhir cerita hanya berkutat di satu hal yang sama.

Syukurlah cerita bisa ditutup dengan cukup manis. Oiya, cover buku ini cukup manis. Dan saya suka.

Untuk sebuah novel pertama ini adalah pembuka yang bagus. Selamat ya, mbak Sofi Meloni. Saya tunggu karya berikutnya :)

***

Puisi yang terinspirasi oleh novel Stay With Me Tonight

Aku tak butuh cinta
Jika ia membuatku buta
Memaksaku menanggung luka

Namun aku pun tak mampu melepaskanmu
Sebab kita punya cerita
Tentang cinta yang saling menjaga

Namun sanggupkah kita lepas dari duka untuk masa lalu yang tak pernah kamu duga
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar