Minggu, 25 Oktober 2015

[Review + Giveaway] Putri Kunang – Kunang



“Kenapa manusia bisa begitu mudah jatuh cinta?Bahkan, beberapa nggak berhenti jatuh cinta meskipun mereka sudah punya pacar. Apakah itu artinya kita bisa mencintai dua orang bersamaan? Atau bahkan lebih dari dua orang? Kenapa hal seperti itu bisa terjadi?” (Hal. 115)


Penulis: Titi Setiyoningsih
Desain sampul: Ivan Susatya
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: Pertama, 2015
Jumlah hal.: 192 halaman
ISBN:978-602-03-1507-2

Pindah ke sekolah keren dan terkenal kedengarannya menyenangkan. Tapi tidak buat Sanding. Rasanya seperti masuk ke sarang alien. Ia harus siaga dari gangguang anak – anak geng populer yang sangat berkuasa dan siap menindasnya. Kalau saja dia bisa eksis di kegiatan ekstrakulikuler, pasti akan ada teman – teman yang membelanya.

Alih – alih bergabung di cheerleader, Sanding malah memilih bergabung di kelas drama yang biasanya hanya diikuti siswa – siswa cupu. Untungnya sih, Kala – si cowok ganteng – juga terpaksa ikut kelas drama sebagai hukuman, dan menjadi lawan main Sanding dalam lakon Ramayana. Mereka semakin dekat karena memerankan tokoh Rama dan Sinta.

Tapi ternyata ada yang tidak terima melihat kedekatan Sanding dan Kala. Ragan tak pernah habis akal mengganggu gadis itu. Mampukah Kala membela “Sinta”-nya dari gangguan si Raja Preman itu? Dan bagaimanakah kalau ternyata Ragan jatuh cinta pada Sanding?

***

“Bukankah perasaan juga ada masa kedaluwarsa, bisa berubah – ubah. Terlebih karena sekian jauh jarak yang memisahkan.” (Hal. 39)

Kasanding Hapsari, seorang remaja putri yang menikmati hidupnya di tepi pantai. Namun keputusan ayahnya untuk menutup kedai yang selama ini menjadi tempat mereka tinggal dan pindah ke Kota Nusa dan membuka kafe di sana. Jika bukan karena hal itu adalah permintaan ibunya yang telah meninggal dunia, maka Sanding tidak akan pernah mau menyetujui hal tersebut.

Bahkan sang ibu pun berpesan khusus agar Sanding bersekolah di SMA Nusa. Sekolah itu adalah sekolah yang terkenal di Kota Nusa. Kumpulan anak – anak dengan otak encer kalau nggak yang punya dompet tebal. Sanding merasa dirinya tidak masuk dalam kedua kategori itu. Tapi sekali lagi ini demi memenuhi permintaan sang ibu. Sanding sendiri tidak habis pikir tentang alasan di balik permintaan tersebut. Akhirnya Sanding pun menjalaninya demi ibunya.

Kehidupan yang menanti Sanding di tempat baru tersebut tidak mudah. Ia dan ayahnya harus memulai kembali kafe mereka dari nol. Menyiapkan, mendesain interior kafe dan banyak hal lainnya menyita perhatian Sanding saat libur sekolah. Syukurlah tetangga mereka Pak Martin, pemilik toko bunga di dekat kafe, menjadi teman yang baik bagi Sanding. Sesekali Sanding membantu di sana. Dan di sanalah Sanding bertemu kala dan Ragan.

Esok harinya ia mendapati bahwa mereka berdua adalah anggota geng populer yang lucunya adalah dua orang yang selalu berseteru. Persaingan antara Kala dan Ragan ini telah terjadi turun temurun. 

Kemudian perlahan banyak hal terjadi membuat Sanding menjadi dekat dengan Kala. Di waktu yang sama Ragan pun terus mengganggu Sanding. 

Bagaimanakah kehidupa masa putih abu – abu Sanding? Akankah perseteruan Kala dan Ragan yang sudah diwariskan turun temurun itu akan berkahir?


“.... Sebuah pilihan dikatakan salah jika pilihan itu melawan kata hati.” (Hal. 165)

***

“Jangan pernah menyalahkan orang lain karena dia nggak bersikap seperti yang kamu harapkan.” (Hal. 75)

Novel dibuka dengan perkenalan tokoh – tokoh utamanya. Penggunaan sudut pandang orang ketiga memudahkan hal ini. Tentu saja yang deskripsinya paling jelas adalah tokoh Sanding.

Dan kisah perseteruan keluarga Kala dan Raga yang turun temurun ini bikin kita ingat kisah keluarga Capulet dan Montague. Yup kisah Romeo dan Juliet. Daaaan, di dalam novel ini pun ada Romeo dan Juliet. Tapi kisah mereka adalah side story yang diperankan oleh kakak perempuan Kala dan kakak laki – laki Ragan. Heisye dan Bima.

Romansa pun ada dalam kisah Sanding. Ia dan Kala saling menyukai. Dan hubungan mereka pun berkembang. Namun perbedaan “kasta” membuat hubungan mereka penuh tantangan. Belum lagi sikap Ragan yang sangat sering menjahili Sanding. Dan ternyata Sanding dan Ragan pernah berbagi sebuah momen di masa lalu.

Keseluruhan cerita ini menarik diikuti. Karena punya banyak cerita. Tidak hanya berpusat dihubungan Sanding, Kala, dan Raga. 

Tapi, semua kisah ini belum benar – benar selesai. Banyak hal belum terjawab. Apa alasan ibu Sanding memintanya bersekolah di SMA Nusa? Bagaimana akhir hubungan Ragan, Kala, dan Sanding?

Bukan berarti cerita ini tidak menarik dibaca dan akhir cerita menggantung. Banyak cerita lain yang bisa dinikmati. Selain kisah cinta Heisye dan Bima, ada juga suka duka kelas drama yang diikuti Sanding, hubungan Sanding dengan anggota geng populer SAM Nusa.

Hm.. tapi satu hal yang cukup bikin saya bertanya – tanya adalah: kenapa Sanding lulus SMP di umur 16 tahun? Tidak terlalu tua kah?

Tapi di luar itu, cerita ini menarik. Dan nggak “menye-menye” karena sosok Sanding digambarkan sebagai remaja yang peka namun tegar dan kuat. Ia perempuan mandiri dan peka pada sekitar. Sosok Sanding bisa menjadi teladan yang simple bagi remaja.

Ini salah satu jenis novel remaja yang saya suka. Menjadi contoh baik bagi remaja. :D

“Apa memang begini jika kamu mencintai seseorang? Terlalu sering terjebak dalam momen gila yang membuatmu hanya memikirkan dirinya.” (Hal. 127)

***

“... . Sahabat itu bakal selalu memaafkan dan tanpa syarat.” (Hal. 138)


Hai, Readers. Sudah baca review di atas? Tertarik gak buat memiliki novelnya? Mau?

Mbak Titi Setiyoningsih sudah berbaik hati nih kepada kita. Penulis kece kita ini sudah nyiapin 1 (satu) novel Putri Kunang – Kunang untuk 1 orang Readers yang beruntung.

Mau?? Gampang kok. Cukup dengan ikuti langkah – langkah berikut:

1.) Follow akun twitter @atriasartika dan @setiyoningsih

2.) Share link giveaway ini di akun twitter kamu dengan mention akun @atriasartika @setiyoningsih dan pakai hashtag #PutriKunangKunang

3) Jawab pertanyaan berikut di kolom komentar postingan ini:

“Suka baca novel remaja? Novel seperti apa sih yang kamu sukai, Readers?”

Jangan lupa tulis data diri berupa nama, akun twitter dan email ya.
4) Giveaway ini berlangsung 25 – 28 Oktober 2015
5.) Giveaway ini hanya untuk yang berdomisili di Indonesia ya :)
Nah, mudahkan, Readers. Jadi, jangan lewatkan yaaaa

“..., jangan pernah menjadi tokoh dalam cerita orang lain. Kamu punya ceritamu sendiri. Kamu punya kebebasan akan menjadi siapa kamu,” (Hal. 165)

***

Nah, Readers akan ada juga 1 (satu) novel Putri Kunang – Kunang yang akan diberikan untuk satu orang penanya di #LiveInterview. Wah, kesempatannya dobel kan? Yuk ikuti dua – duanya.



31 komentar:

  1. Nama : Fikriah Azhari
    Twitter : @Lovaren_
    Email : Fikriahazhari@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/Lovaren_/status/658080846457364480

    “Suka baca novel remaja? Novel seperti apa sih yang kamu sukai, Readers?”

    Suka dong, di umurku yang masih 13 tahun, novel remaja memang menjadi salah satu bacaanku saat ini. Aku suka novel remaja yang melibatkan sedikit percintaan di dalamnya, tentunya percintaan ala remaja yang cukup ringan. Ditambah dengan berbagai misteri di setiap bab yang bisa membuat pembaca penasaran dan terus membuka halaman halaman selanjutnya lalu akhirnya menemukan jawabannya di bab bab selanjutnya. Aku juga suka novel remaja yang di dalamnya terdapat satu tokoh yang suka menasehati teman-temannya dengan kata kata bijaknya yang akan menjadi kutipan-kutipan indah dalam novel. Selain itu dengan munculnya tokoh dengan karakter misterius bisa menjadi daya tarik tersendiri. Ah, dan aku suka dengan novel remaja yang memberikan warna baru, mungkin bisa menciptakan karakter yang terjangkit Bipolar? Atau mungkin penyakit lain yang akan menjadi kunci dari cerita tersebut, kalau bisa penyakit yang jarang terdengar. Ah sepertinya itu akan terasa seru, jangan karena itu adalah novel remaja maka ceritanya akan mudah ditebak, jangan. Intinya jangan sampai sang tokoh meninggal karena penyakit tersebut, ini udah sering ditemukan dalam beberapa cerita. Oke, segitu dulu hehe. Semoga daku beruntung^^

    BalasHapus
  2. Nama : Angelina Arum Wulandari
    Twitter: @angeliaaw249
    Email : angelina_arum@yahoo.com
    Link share: Check out @angeliaaw249's Tweet: https://twitter.com/angeliaaw249/status/658098820509626368?s=09

    “Suka baca novel remaja? Novel seperti apa sih yang kamu sukai, Readers?”

    Suka banget! Aku sekarang ini udah punya banyak novel remaja yang menuh-menuhin kamarku jiahahahaha. Yang paling aku sukai sih romance, rom-com, persahabatan sama yang ada unsur-unsur keluarganya gitu kak. Entah kenapa setiap baca novel remaja itu hati serasa tenang, soalnya kan aku juga baru 14 tahun kan, baca novel remaja jadi mikirnya gak usah susah-susah. Terus novel remaja biasanya banyak hal yang bisa dipelajari meskipun kadang novelnya agak aneh-aneh gimana tapi banyak moralnya. Hehehehe itu aja kak, makasih :)

    BalasHapus
  3. Nama: Kiki Suarni
    Twitter: @Kimol12
    Email: kikisuarni616@yahoo.com
    Link share:https://mobile.twitter.com/Kimol12/status/658102702640005120

    “Suka baca novel remaja? Novel seperti apa sih yang kamu sukai, Readers?”

    Suka dong! Dari dulu emang udah suka. Aku suka baca novel selaga gendre dan remaja ini salah satu favoritku. Menurutku cerita dari novel remaja itu ringan, khas remaja banget. Paling suka dengan tema Romamce atau romace comedy dan persahabatan. Karena masa-masa remaja lekat banget dengan kedua hal itu.

    Yah, walaupun aku sudah gak bisa dikatakan remaja lagi ( wkwkkwk....berasa tua.) Tapi kalau baca novel-novel remaja, aku berasa jadi ABG lagi. Hehe...

    BalasHapus
  4. Nama : Fuja Sagita
    Twitter : @fujasagita_45
    Email : fujasagita@gmail.com



    “Suka baca novel remaja? Novel seperti apa sih yang kamu sukai, Readers?”


    Suka. Novel yang saya sukai yaitu novel yang di dalamnya memuat konflik perseteruan antara tokoh utama. Seperti tokoh Sanding dan Ragan di novel Putri Kunang-Kunang karya Mbak Setyoningsih. Jujur saja saat membaca review nya saya langsung tertarik. Ceritanya nggak bakalan membosankan dan langsung menantang untuk dibaca... Ah kembali lagi ke pembahasan semula. Ya, jadi saya suka membaca novel yang tidak berlarut-larut dalam kesedihan atau nggak banyak unsur 'galau'-nya. Jadi yang paling seru itu yang alurnya nggak datar dan ceritanya yang musuh-musuhan tetapi akhirnya damai bahkan jatuh cinta si para tokoh utamanya. Saya sih sukanya yang seperti itu. Udah seru kalau tokohnya musuhan di awal, bikin greget gitu. Hehe

    BalasHapus
  5. Nama: Nadia Zulpa Aulia
    Akun twitter: @nadia_zulpa
    Email: nadia.aulia99@yahoo.com

    “Suka baca novel remaja? Novel seperti apa sih yang kamu sukai, Readers?

    Suka pasti kak. Sejauh ini novel remaja yang aku suka yang terlibat percintaan didalamnya ada persahabatan dan misteri. Aku juga suka novel unik, baik dalam ceritanya atau tokohnya dan endingnya yang susah ditebak.. Jadi tambah penasaran untuk terus menyimak novelnya. Yang penting ceritanya ringan dan mudah aku mengerti. Itu aja sih kak modal utama novel remaja yang aku sukai.
    Makasih :)

    BalasHapus
  6. nama: Visca Apriliyanti
    twitter: @Visca_Apr
    link share: https://twitter.com/Visca_Apr/status/658112827522023424
    “Suka baca novel remaja? Novel seperti apa sih yang kamu sukai, Readers?”
    suka banget, aku suka novel yang tokoh nya masih SMA (romance) , masih seger-seger gitu :D. terus digabungin sama tema yang masih berkaitan tentang kekeluargaan atau broke home, tentang sahabat juga

    BalasHapus
  7. Nama : Noer ANggadila
    Twitter : @noeranggadila
    Email : noerfaradila@yahoo.co.id
    Link share : https://twitter.com/NoerAnggadila/status/658116525677674498

    “Suka baca novel remaja? Novel seperti apa sih yang kamu sukai, Readers?”

    Suka banget. Biasanya gak tentu, kadang suka novel fiksi kaya karangannya Rick Riordan, imajinasinya kuat dan ada humor, ya aku suka novel yang ada homor ringannya, jadi bisa nyantai bacanya gak terlalu serius, nah Pm Rick pinter banget nyelipin homor di setiap cerita fantasinya. Kadang juga suka baca romance, tapi gak menye-menye, gak mainstream dan gak ketebak akhirnya kaya buku karangan Kim Eun Jong, So, I married by anti-fan [kalau gak salah] dan sering suka sama novel yang isinya memotivasi, kaya karyanya A. Fuadi [trilogi 5 menara] dan Andrea hirata, perjuangan para tokoh yang gigih dalam menggapai cita-citanya itu menginspirasi bgt!. aku juga suka yang genrenya traveling, suka jalan-jalannya, bisa tau banyak tempat!

    BalasHapus
  8. Nama: Adriani Febrina
    Twitter: @FebrinaAdriani
    Email: orizuka414@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/FebrinaAdriani/status/658125883450888192

    “Suka baca novel remaja? Novel seperti apa sih yang kamu sukai, Readers?”

    Sukaaa bangetttsss.

    Novel yg aku sukai itu ya novel remaja. Tentang cinta-cintaan, yg mungkin bisa ditebak bagaimana akhirnya tapiii ternyata salah total! Endingnya gak sesuai harapan, trus yg konfliknya mungkin biasa terjadi di kehidupan nyata namun, yg buat beda tokoh atau asal mula terjadinya konflik. Novel-novel seperti The Cronicles of Audy. Dimana kisah cintanya biasa, seorang remaja SMA jatuh cinta dengan seorang gadis kuliahan, yg berbeda adalah asalmula si remaja dan gadis itu bertemu, belum lagi tokoh-tokoh yg unik, seperti 4R (Regan, Romeo, Rex-tokohutamaLK- ,Rafael) 4R sendiri memiliki watak yg berbeda-beda tapi hanya 1 yg membuat mereka sama yaitu kecerdasan.

    Selain suka novel genre romance, aku jga suka novel genre thiller dan comedy romance :)

    BalasHapus
  9. Nama: Eris Andriani
    Twitter:@RizAnNie88
    Email: ayaseyis@gmail.com

    Aku suka banget novel romance, walaupun aku udah gak remaja lagi namun dgn membaca novel romance aku bisa berimajinasi membayangkan bahwa aku adalah tokoh utama di novel itu yg berakhir bahagia, karena jujur masa remajaku dulu gak seindah cerita novel itu. Jadi bisa buat hiburan tersendiri buat ku hehe

    Sebenernya aku menyukai semua genre novel baik itu romance, fantasi, horor, komedi, dsb.
    Karena bagiku semua jenis novel itu menarik, banyak pengalaman dan manfaat yg bisa aku dapat dari cerita novel itu.
    Misalnya aku bisa mengetahui pengalaman tokoh dari novel itu yg bisa ku terapkan sisi positifnya dalam kehidupan nyataku.
    Membaca membuatku bisa menghilangkan stress dan rasa bosan. Semua jenis novel itu sebenarnya sama, sama-sama mempunyai manfaat tersendiri bagi pembacanya.

    Bagiku tidak ada karya penulis yg jelek, semuanya bagus karena aku sendiri belum tentu bisa menulis dan berpikiran sebagus dan sehebat mereka.

    Sekian terima kasih

    BalasHapus
  10. Nama : F. Diana Citra Tonapa
    Twitter : @flodiana2
    email : florentina.diana98@gmail.com
    link share : https://twitter.com/flodiana2/status/658135836014178304

    Aku suka baca novel remaja. Dari novel remaja tersebut yang paling aku suka adalah novel remaja yang di dalamnya terdapat kalimat kalimat sastra yang menyejukan, yang selalu membuatku meresapi setiap kata tersebut. Nggak harus sastra berat. Jadi bukan hanya novel remaja yang ringan sebagai bahan untuk refreshing, namun juga sarat makna di dalamnya. Novel remaja yang seperti itu pula yang dapat membuatku bukan hanya mencerna pesan dari penulis, namun juga dapat meresapinya.
    Jadi yang aku dapatkan bukan hanya novel remaja yang "menye-menye" untuk bersantai dan refreshing, setiap kata dari novel yang bermakna tersebut dapat aku resapi dan uh.... membayangkannya saja berhasil membuatku merasa damai dan tenang. novel remaja seperti itu juga yang dapat benar benar membuat remaja merasa lebih dekat dengan dunia atau mungkin semakin menjauh karena imajinasi yang tak terbatas. Rasa peka pun akan bertambah berkali-kali lipat. Sangat menyenangkan membacanya.

    BalasHapus
  11. Nama: Eni Lestari
    Twitter: @dust_pain
    Email: shinra2588@yahoo.com

    “Suka baca novel remaja? Novel seperti apa sih yang kamu sukai, Readers?”

    suka bangeeeett!! meski udah gak remaja lagi, tapi paling demen kalo baca novel remaja xDD

    untuk genre sih semuanya aku suka. romance, romance comedy, thriller, misteri, family, friendship, mah hajar! yang penting buatku itu gaya menulisnya yang gak bertele2 dan ngalir gitu. aku gak gitu suka yg gaya bahasanya terlalu nyastra atau berbunga2. bikin pusing soalnya hehe.

    BalasHapus
  12. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    rinspiration95@gmail.com

    Kalau aku suka baca novel yang punya ciri khas, misalnya dari segi jalan cerita, tokohnya maupun setting. Aku suka yang punya moral value yg dalam dan merasuk ke pembaca. Kalau tema pasaran boleh tapi eksekusinya harus berbeda dong.
    Selain itu suka kalau novel juga memuat tentang ilmu pengetahuan baru buat aku yg aku nggak tau, karena belajar dari kisah fiksi lebih nyantol daripada non fiksi. pokoknya kalau deskripsi ttg suatu hal, tempat itu akan selalu berkesan buatku. Contohnya : Still Alice ttg Alzheimer, Segenggam Daun di Tepi La Seine itu ttg kehidupan masyarakatnya dan tempat kece di Paris ^^

    BalasHapus
  13. nama : Isqi Noor Hamdani
    Twitter : @Isqi_Noor
    Email : isqite@gmail.com

    sebenarnya suka semua novel remaja, namun lebih suka kepada novel bergenre romance, terus tidakmainstream pastinya .. .

    BalasHapus
  14. Nama : Afika Yulia Sari
    Twitter : @afikayulia
    Email : afikayuliaakb@gmail.con

    Aku suka baca novel remaja. Sebenernya apapun jenisnya, mau itu remaja sampai dewasa, diriku welcome aja. Netral lah :D
    Kalo ditanya seperti apa novel remaja yang kusukai, emm pastinya tidak banyak cerita mengenai disekolah. Karena aku cepat bosan penulis yang ceritanya kebanyakan disekolah. Ya boleh lah ada tapi jangan keseringan. Terus yang kusuka ada unsur sosialnya, kaya tentang membantu anak" jalanan, panti asuhan dan semacemnya. Dan pastinya ada komedinya juga dan tidak bercerita ttg cinta mulu. Horor boleh lah sekali-kali *walaupun takut :D

    BalasHapus
  15. Nama: Evita
    Twitter: @evitta_mf
    email: evita.mf27@ymail.com

    Q: “Suka baca novel remaja? Novel seperti apa sih yang kamu sukai, Readers?”
    Kalau ditanya seperti itu aku pasti jawab suka. Walau sudah lewat dari masa remaja tapi sampai saat ini aku masih suka membaca novel-novel remaja.
    Karena semakin bertambahnya umurku aku mulai pemilih juga sih dalam membaca. Aku semakin suka bacaan yang lebih ke young adult atau novel dewasa jadi kalau baca novel-novel teenlit aku bakal pilih-pilih banget.
    Novel remaja yang aku sukai itu novel percintaan yang disertai masalah-masalah khas anak remaja. Walau pun novel remaja kebanyakan tentang cewe cupu, anak cheers, anak basket, OSIS, atau bahkan tentang pembulian, tapi selama ceritanya logis dan menarik aku bakal baca itu sampai akhir. Kalau lebih spesifik lagi aku suka banget novel tentang gadis malu-malu tapi ditaksir sama pangeran sekolah. Biasanya kalau baca yang ceritanya begini bikin senyum-senyum sendiri, jadi pengen balik ke masa-masa SMA hahhaa... *nggak mungkin banget ini*

    BalasHapus
  16. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Email : n0v4ip@gmail.com

    Suka baca novel remaja yang gak menye-menye, yang gak terkesan kayak sinetron atau ftv. Yang bukan hanya menyuguhkan kisah cinta atau masa-masa indah remaja tapi juga sarat akan makna.

    Terima Kasih kak Tria ^^

    BalasHapus
  17. Tri Indah Permatasari
    @LiebeIs0503
    triyusufciduk@yahoo.com


    Pastinya suka donk, meskipun sudah masuk kategori ngak remaja lagi tapi tetap tergoda sama novel-novel remaja loh. Ngak tau kenapa novel remaja itu rata-rata polos gitu, maksudnya jujur apa adanya, simple, dimana ceritanya yang dialami orang jadi difavoritin, apalagi oleh orang meranjak dewasa seperti saya (?) kalau baca novel remaja itu jadi mengingat masa-masa sekolah yang penuh suka-duka ^^ Dan sampai sekarang ini novel favoritku Dealova loh, yang ngebooming banget pas jaman SMA.
    cerita seperti apa yang ku suka, adalah kisah cinta pertama anak remaja yang masih polos, dimana baru pertama kali jatuh cinta, yang berusaha untuk saling menjaga perasaan, cinta yang tulus, cinta yeng memotivasi untuk bersemangat menggapai mimpi bersama, cinta yang menguji kesabaran karena banyaknya konflik intrik, antra problem keluarga, sekolah atau sahabat. cinta yang berusaha untuk dipertahankan sampai tetap bertahan dengan orang itu selamanya sampai akhirnya menikah kelak.

    BalasHapus
  18. Nama : Rheinita Choirun Nikmah
    Twitter : @rheinitacn
    Email : rheinita.cn@gmail.com

    Saya menyukai jenis novel dengan banyak diksi yang bagus, juga beberapa kalimat berprosa ataupun dengan kandungan konotasi yang membuat penasaran untuk dipecahkan di awal halaman pembuka cerita ataupun di akhirnya sebagai penutup.
    novel bergenre remaja, tapi bukan yang menye-menye atau ringan, saya suka bacaan yang sedikit berat namun sarat informasi dan mudah di cerna.
    sebab dengan banyak diksi dan kalimat puitis itu bisa memperkaya kamus bahasa kita. dan juga saat membaca novel yang seperti itu bisa membuat kita mendapat banyak inspirasi untuk menulis cerita, puisi dan permaianan kalimat bahasa yang manis .

    BalasHapus
  19. Nama : Nurdiana Gunawan
    Twitter : @nurdianaanissa3
    Email : nurdianarise24@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/nurdianaanissa3/status/658562425206083584

    Suka baca novel remaja? Novel seperti apa sih yang kamu sukai, Readers?”

    Sukaaaaaaaaaa, sukaaaa banget malah hihi.

    Aku suka nya lebih ke tema benci jadi cinta sih, gimana gitu remaja banget, di mana awal nya musuh an terus lama-lama jadi cinta karena satu hal misal nya. Nah, pas itu deh pas mulai tumbuh bunga-bunga cinta menurutku nge feel nya.

    Sekian, terimakasih.

    BalasHapus
  20. Nama: Putri Prama Ananta
    Twitter: @putripramaa
    email: anantaprama@yahoo.co.id

    Suka banget karena sekarang aku berada di masa itu, masa yang benar-benar menyenangkan. Aku suka novel yang realistis, entah itu mengangkat tema cinta pertama, persahabatan, petualangan, maupun keluarga. Kenapa aku suka novel yang realistis? Karena, novel itu nggak jauh dari kehidupan kita dan bakal ngajarin kita untuk menjadi lebih baik lagi; tentang bagaimna kita harus tetap sabar, dll. Dengan banyak quotes-quotes yang tersebar, aku semakin suka novel remaja yang tidak menggurui tapi amanatnya langsung mengena. Aku juga suka novel psikologi-remaja, novel yang nggak melulu tentang cinta tapi juga membahas bagaimana emosi remaja. Selalu ada yang menarik dengan remaja, oleh karena itu aku suka novel remaja.

    BalasHapus
  21. Nama : Diah Pujiawati
    Twitter : @She_Spica
    Email : pujiawatid@yahoo.com
    Link Share: https://twitter.com/She_Spica/status/658636814077394945

    Saya paling suka novel remaja yang mengisahkan tentang pencarian jati diri mereka. Masa remaja adalah masa transisi dari kecil menuju dewasa. Gak melulu tentang cinta, namun tentang pengembangan diri mereka dalam belajar untuk menghadapi dunia orang dewasa yg sesungguhnya. Atau tentang pemahaman baik-buruknya pelajaran yg mereka ambil dari tiap cerita kehidupan yg mereka jalani. Kl udh baca novel remaja bergenre begini, rasanya saya sedih dan terenyuh karena merindukan masa remaja saya yg tidak mungkin kembali.

    BalasHapus
  22. Nur Ramadhani Anwar
    @DhaniRamadhani
    dhanianwar.ramadhani2@gmail.com

    Suka dong Kak At, selain saya juga masih remaja yaah. Hahaha, iya kan, walau udah nggak young adult lagi. Hihii. Saya suka karena membuat saya jadi tersipu malu sendiri mengingat kehidupan SMA (rata-rata teelint yah kehidupan SMA)

    Saya suka cerita yang seperti di atas yang nggak menye-menye tapi kesan romantisnya dapet! yah kisa komedi romantis dan juga persahabatan. Saya langsung suka buku ini karena judulnya. Kak At tau... saya terobsesi putri-putrian. waktu dulu koleksi teenlit yang berbau putri-putrian. Cowoknya yang memperlakukan sang cewek layaknya putri. Tapi tetep gak menye-menye. hihi

    BalasHapus
  23. Nama: Nadia Puspaningtyas A.
    Twitter: @Nadia48nafla
    E-mail: nadia.puspaningtyas@yahoo.com

    Saya suka, saya suka ^^. Novel remaja yang aku suka itu tentang persahabatan yang berujung kisah cinta segi tiga, rahasia tersembunyi, dan konflik. Pokoknya yang bikin deg-degan, geregetan, dan mewek akhirnya. Satu-satunya novel remaja yang pernah aku baca adalah Jingga dan Senja, Jingga Dalam Elegi (buku kedua) karya Esti Kinasih. Sebenarnya ada buku ketiganya tapi sayang sampai sekarang tidak ada kabar kapan terbitnya. Berpusat pada 2 cowok yang mempunyai nama yang sama berebut perhatian dengan 1 cewek. Uhhh bacanya bisa bikin gigit kuku saking gemesnya. Sama suka yang novelnya itu ada cowok yang bisa bikin hati lumer ;3.
    Sekarang pengin banget baca novel seri Teenlit, semoga bisa baca ^^9.

    BalasHapus
  24. Nama : Agatha Vonilia Marcellina
    Akun twitter : @Agatha_AVM
    Email : agathavonilia@gmail.com

    “Suka baca novel remaja? Novel seperti apa sih yang kamu sukai, Readers?”

    Suka bangettt walaupunn umur sudah agak tua. Hehehee Novel remaja yang aku sukai itu yang berbau fantasy gitu terus ada petualangannya juga dan paling penting mempunyai kemampuan yang unik para tokoh-tokohnya. Berbau Fantasy itu, aku suka Incognito punya Kak Windhy Puspitadewi. Petualangan yang disisipi oleh perjalanan waktu sehingga kita mendapatkan hikmah bahwa kita harus dapat menghargai waktu, persahabatan, dan diri kita sendiri.

    Kemampuan unik dimiliki oleh para Touche masih Kak Windhy Puspitadewi, di mana orang tersebut memiliki kemampuan melalui sentuhan untuk melihat, merasakan dan lain-lain yang tidak dapat dilakukan oleh manusia biasa.

    Seperti kata Kak Titi, dia menyukai dongeng dan apa salahnya jika novel remaja disisipin oleh cerita dongeng. Terbukti: Novel Putri Kunang-Kunang terlahir.

    Sukses ya Kak Titi dan Tria.

    BalasHapus
  25. Nama: Elly Darmawan
    Twitter: @kulanku
    Email: elly.darmawan@ymail.com

    Saya masih suka baca novel remaja. Jenis novel remaja yang saya sukai, seperti Still-nya Esti Kinasih. Saat membaca, perasaan kita diaduk-aduk dan kita serasa terlibat dalam cerita tersebut.

    BalasHapus
  26. Nama : Sofhy Haisyah
    Twitter : @Sofhy_Haisyah
    Email : sofhyhaisyah28[at]gmail[dot]com

    “Suka baca novel remaja? Novel seperti apa sih yang kamu sukai, Readers?”

    Suka ! Novel remaja fantasy (ada sihir atau vampire) atau novel remaja yang bertema detektif atau agen rahasia.

    BalasHapus
  27. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    email: auliyati.online@gmail.com

    “Suka baca novel remaja? Novel seperti apa sih yang kamu sukai, Readers?”
    Jawaban:
    Tentu aja suka. Baca novel remaja itu bikin fresh, mengingatkan kembali pd masa-masa sekolah. Untuk tema aku lebih suka novel remaja yg penuh humor & petualangan, karena masa remaja itu waktunya mengeksplore diri didukung rasa ingin tahu remaja yang besar. Aku kurang suka novel remaja dengan konflik cinta yang rumit, kayaknya belum waktunya aja remaja ngalamin itu.

    Untuk masalah cinta bisa baca novel romance.
    Genre romance adult lebih jadi favorite, walau ceritanya kompleks tapi banyak pengalaman hidup yang bisa diambil hikmahnya.

    Tapi melihat sinopsis & review novel Putri Kunang-Kunang ini, sepertinya novel remaja satu ini termasuk yang aku suka deh, apalagi kalau dapat gratisannya hahaaa.. ;)

    BalasHapus
  28. Nama: Bintang Maharani
    Twitter: @btgmr
    Email: btgmhrn@gmail.com

    Suka. Soalnya kalau habis baca genre remaja gitu bawaannya malah senyam-senyum sendiri, "eh ini kok kayak gue dulu banget ya?" gituuu :D

    Saya sukanya baca novel remaja yang nggak menye-menye, nggak melulu soal cinta. Entah kenapa kadang suka geli aja kalau yang remaja udah dijejelin 100% soal cinta karena remaja kan baiknya nikmati dulu masa mudanya tanpa dipusingin soal cinta yang serba ribet. Lebih suka sama yang inti ceritanya tuh menonjolkan konflik selain cinta (misalnya persahabatan, keluarga, sekolah, kejiwaan, kesulitan hidup, dll) dan eksplorasi dari perwatakan tokoh-tokohnya.

    BalasHapus
  29. Nama: Musdalifah Putri
    Akun twitter: @MusdalifahYeaa
    E-mail: musdalifahpoetry@yahoo.com

    Tentunya aku suka novel remaja. Aku suka kisah remaja yang memiliki tokoh remaja kuat—bukan kuat berkelahi, namun menginspirasi temannya. Aku lebih suka cerita remaja dengan alur ringan, tidak berbelit-belit, dan khas remaja. Ceritanya bisa memberi dampak positif dan mempunyai banyak poin yang bermanfaat. Kisah remajanya dekat dengan kehidupan seorang remaja & dialami remaja pada umumnya. Memiliki unsur kekeluargaan, pertemanan, pergaulan, serta percintaan dengan porsi yang cukup & tepat. Membahas hiruk pikuk remaja dan jika bisa di sertai solusi. Karakter tokohnya itu berwawasan pengetahuan yang luas. Memiliki pesan moral di dalamnya dan tidak ada kalimat ambigu/menyesatkan. Ku rasa semua orang pernah mengalami masa remaja. Jadi kira-kira itu bisa dijadikan bahan & contoh novel remaja :D

    BalasHapus
  30. Nama: Leny Hermi
    Twitter: @Lenny66677291
    email: leny.hermi@yahoo.com
    suka banget. Novel yang aku sukai yang bertemakan keluarga,persahabatan,dan sedikit dibumbui percintaan layaknya remaja, yang pasti mendidik dan bisa dijadikan inspirasi juga.

    BalasHapus
  31. Nama : Tiara I.K.
    Twitter : @tirr_
    Email : tiara.borpang@gmail.com

    Jawaban:
    Sukaaa... hampir semua novel remaja sih saya suka. Biasanya novel fantasi, misteri, komedi, romance, com-rom, sci-fi, atau novel tentang kehidupan gitu.

    kalo novel fantasi, misteri, sama sci-fi itu kan ceritanya ga biasa, diajak memecahkan masalah2 gitu, trus memacu adrenalin bgt. terus buat novel romance, suka sama yg berlatar SMA, dan yg happy ending!haha. dan novel tentang kehidupan tuh ngingetin kenyataan hidup setelah pikiran berhayal & melayang2 dibuat novel fantasi. biasanya tentang persahabatan atau keluarga, aku suka.. :D

    thx ka

    BalasHapus