Jumat, 09 Oktober 2015

Operation: Break the Casanova’s Heart



“Kau tidak boleh menganggap mereka serius, atau mereka akan mempermainkanmu dan menyakitimu kemudian menghancurkan hatimu.” (Hal. 105) 





Operation: Break the Casanova’s Heart
Penulis: Aly Almario
Penerjemah: Airien Kusumawardani
Penyunting: KP Januwarsi
Proofread: Titish A.K
Design cover: Saiful Rohman ( COKROID)
Penerbit: Haru
Cetakan: Pertama, Oktober 2015
Jumlah hal.: 224 halaman
ISBN: 978-602-7742-64-2
Misi: Menghancurkan Hati Sang Casanova
10 Tugas yang Harus Diselesaikan:
1. Buat dia menyadari kehadiranmu.
2. Buat dirimu menonjol dari cewek-cewek lain.
3. Dapatkan ajakan untuk berkencan.
4. Jadikan kencan tersebut sangat berkesan.
5. Buat dia menganggapmu serius.
6. Pastikan dia hanya berkencan denganmu.
7. Buat dia mengajakmu menemui orangtuanya.
8. Buat dia menciummu,
ciuman yang tulus.
9. Jadilah pacar terbaik yang pernah dia miliki.
10. Langkah terakhir: HANCURKAN HATINYA.

Satu-satunya peraturan yang harus kau patuhi dalam misi ini adalah: jangan jatuh cinta kepadanya. Kalau kau melanggar peraturan ini, maka misi akan dianggap gagal. Sebagai gantinya, kau akan menerima hukuman yang berat.

Naomi Perez terpaksa menjalankan misi tersebut karena Stephen Cruz--
Sang Casanova--adalah cowok yang telah menghancurkan hati sahabatnya, Kryzel. Apakah Naomi berhasil membuat Stephen jatuh cinta kepadanya? Ataukah keadaan justru berbalik, dan Naomi jatuh cinta kepada Stephen?
***
Naomi menyimpan amarah kepada Stephen yang telah mempermaikan perasaan sahabatnya, Kryzel. Awalnya ia tidak ingin berurusan dengan Stephen. Ia lebih ingin membuat laki – laki yang ia cintai melihatnya. Naomi menaruh hati pada Drew. Namun ia merasa tidak percaya diri karena ia menyadari bahwa di mata orang lain ia hanyalah seorang kutu buku yang tidak menarik sama sekali.

Namun di satu titik, Naomi tidak bisa menahan amarahnya melihat polah Stephen sehingga menyetujui ide gila “Koalisi Pembenci Stephen Cruz” (KPSC) untuk membalas dendam pada Stephen. KPSC ini dianggotai oleh para perempuan (dan 1 orang laki-laki yang keperempuanan) yang pernah patah hati karena Stephen. Langkah balas dendam ini membuat kehidupan Naomi berubah. Mulai dari penampilannya.

Parahnya, saat ia baru memulai aksi pembalasannya, Drew datang dan menyampaikan perasaannya bahwa ia jatuh cinta pada Naomi. Ah, bagaimana nasib percintaan Naomi ke depannya?

***

Mendapatkan kesempatan mencicipi novel populer yang diterjemahkan langsung dari naskah cerita dari Philipina tentu menjadi sesuatu yang sayang untuk dilewatkan. Maka inilah sedikit review saya tentang novel Operation: Break the Casanova’s Heart, novel baru di lini baru Penerbit Haru, Phil-Fict.

Tema cerita tentang Casanavo dan pembalasan pada sosok Casanova memang sudah bukan ide baru. Namun tetap menarik untuk dibaca. Apalagi jika penuturannya menarik dan diramu dengan konflik yang bisa bikin pembaca gemas.

Inilah yang ditampilkan oleh novel ini. Penulis menyajikan kisah remaja masih cukup emosional terutama untuk hal terkait urusan percintaan, persahabatan dan keluarga. Inilah yang diketengahkan penulis. Ada konflik percintaa, persahabatan dan keluarga.

Dengan menjadikan dua orang tokoh utama dan penceritaan menggunakan POV 1 membuat pembaca mengenal secara personal tokohnya. Pembaca diberitahu alasan Stephen menjadi laki – laki yang anti pada hubungan jangka panjang. Di sisi lain, perasaan Naomi selama misi berlangsung pun dieksplor dengan baik. Meski alasan Naomi untuk bertahan menjalankan misi tersebut masih kurang kuat.

Di sisi lain penggunaan POV 1 dari dua tokoh dengan jenis kelamin berbeda ini belum benar – benar berbeda. Pola pikir perempuan dan pola pikir laki – laki di dalam buku ini masih kurang bisa dibedakan.

Hm..bicara tentang alur cerita di dalam novel ini, cukup bagus. Awalnya alur dibuat lambat. Kemudian di pertengahan cerita alur jadi lebih cepat. Satu persatu langkah untuk mematahkan hati sang Casanova menjadi semakin mudah terselesaikan. Setelah menyembullah konflik baru.

Secara keseluruhan narasi di dalam cerita cukup hidup. Dan mampu membuat pembaca di Indonesia bisa berkenalan dengan beberapa hal yang nge-trend di kalangan remaja Philiphina. Seperti istilah yang umum digunakan, hal – hal yang digemari, dan sebagainya. Ini salah satu pesona dari karya yang datang langsung dari negerinya. Berbeda jika penulis Indonesia yang menulis novel dengan setting negara tersebut.

Dan, you know what? Adegan di halaman 147 sukses bikin aku ketawa ngakak. Ok, itu memang harusnya adegan romantis. Tapi ya maaf, sepertinya aku sepemikiran dengan Stephen soal hal itu. :D

Ah, ini pertama kalinya saya mencicipi novel populer dari Philipina. Dan saya tidak menolak jika ditawari untuk mencicipinya lagi :)


“Saat kau mencintai seseorang, kau mencintainya begitu saja. Hanya itu yang penting, kan?Kau jatuh cinta begitu saja. ....”(Hal. 116)


38 komentar:

  1. Jadi pengin baca novel Filipina ><
    Covernya aja dah bikin mupeng gitu

    BalasHapus
  2. duh jalan ceritannya kayak nya oke, lihat sinopsisinya udah keren

    BalasHapus
  3. Kereeeen, enaknya mbak Atria baca duluan :D Aku juga nunggu Thai-Story dari haru, ini masih Phil-Fict, nggak sabaar :D

    BalasHapus
  4. ooo dr Filipina....
    Ending sama kaya yg novel2 crita lalu kah?

    BalasHapus
  5. Wak, keren banget nih novelnya,,, ceritanya ala ala sinetron.. Berdebar-debar pastinya kalo jadi si Naomi. Menaklukkan si Cassanova??? Wowo,, sukses dah...

    BalasHapus
  6. idenya klise, tapi novel pop memang lebih laku di pasaran.hehe..
    semoga di dalamnya ada bagian-bagian menarik yang tidak membuat boring saat membacanya :)

    BalasHapus
  7. Jadi pengen tahu deh apa aja aksi Naomi untuk menjalankan 10 tugas dari Misi Menghancurkan Hati Sang Casanova itu! Sepertinya bakalan seru!

    BalasHapus
  8. Jadi tertarik buat baca karya dari Filipina pasti bagus ceritanya, dari reviewnya aja udah bikin geregetan hehehehe ^_^

    BalasHapus
  9. reviewnya bikin aku pengin baca phil-fict juga nih. kayaknya seru. sekalian pengin tau novel filipina kayak gimana :D

    BalasHapus
  10. @Kimol12
    Setuju. Ide ceritanya klise dan pasaran, tapi memang ide cerita seperti memang punya pangsa pasar yang lumayan besar. Yah, walaupun begitu tetep aja layak untuk dibaca karena sangat menghibur.

    BalasHapus
  11. nice review Mbak! Aku juga penasaran sama kisah benci jadi cinta ini xD

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Alo alo, aku jarang banget baca buku terbitan Haru, kak. Dan kali ini sukses mupeng berat baca reviewnya. Penasaran sih, apakah kisahnya bakal sama seperti tebakan aku atau jauh meleset?

    Lagipula, aku belum pernah baca buku yang settingnya di Philiphina, bisa nambah ilmu baru deh kalau bisa baca Operation: Break the Casanova’s Heart ini.

    Sepertinya, selain romance-romance gitu, bukunya ngocol ya? Bikin ngakak gitu. Baca list misinya aja aku udah nyengir. Ada-ada aja. Kreatif banget misinya :D

    BalasHapus
  14. Cerita nya menarik misi nya unik yah haha genre nya sepertinya romance komedi? Penasaran sama Phil-Fict ini karena saya cuma baca k-iyagi dan j-lit nya aja dari penerbit haru

    BalasHapus
  15. Kayaknya, ini novel Filiphina pertama yang di terjemahkan penerbit Indonesia, ya Mbak?

    Yang bikin aku tertarik dari novel ini adalah info Mbak tentang penggunaan POV 1 dari sisi cowok dan ceweknya. Menurutku POV 1 malah bisa bikin pembaca semakin mengenal tokohnya, jadi berasa makin kenal dekat dengan mereka.

    Meskipun, jujur, temanya agak sering dipakai. Namun, tetap saja dari review ini jadi cukup menarik hati. Aku tertarik dg cara Naomi menggaet hati Stephen. Dan, bagaimana Naomi menghadapi Drew.

    BalasHapus
  16. Jadi pengen :D kepo sama 10 Misi Naomi.

    BalasHapus
  17. selalu penasaran sama perubahan cewe kutubuku ke cewe ceria yang biasa disebut "normal" dan menarik

    BalasHapus
  18. keren nih... kayaknya banyak perselisihan dan yang pastinya romantisme

    aaaaa gak sabar baca

    BalasHapus
  19. Dari blurbnya, kayaknya Naomi ambisius banget. Ternyata dia kutu buku. Tapi, kutu buku kan juga bisa ambisius, ya. Yah, pokoknya harus baca. :D

    BalasHapus
  20. Penasaran tingkat dewa!!! Bener deh novelnya bikin penasaran. Kak Atria reviewnya bikin menggoda deh. 10 misi itu yang udah bikin greget pengen baca :D

    BalasHapus
  21. langkah terakhir: HANCURKAN HATINYA!

    woaaa... gilak. step terakhir ini yg buat aku pengen baca eh :D

    BalasHapus
  22. Satu lagi novel terjemahan dari Asia, Filipina euy!

    seperti yang sudah di terangkan di atas, pembaca bakal nememukan hal-hal baru novel ini, inilah salah satu daya tarik untuk membuat para pembaca semakin penasaran. Menurutku kovernya simple hehe, simple banget malah, tapi eye catching kok!

    mungkin aku juga bakal greget pas awal-awal baca tentang Stephen, ada apa sih dengan masa lalunya?

    BalasHapus
  23. Temanya memang rada pasaran ya Mbak. Benci jadi cinta gitu deh. Tapi tetap aja sanggup bikin pembacanya jadi jatuh cinta. Tuh, Mbak Atri juga korbannya. Hehehe.
    Ini review ke-3 yang aku baca tentang buku ini. Semuanya pada bilang bagus. Dsri blurb-nya aja emang udah menarik. Pengemasan ceritanya seru. Dan dibilang juga cover-nya unyu, katanya bagusan yang ini daripada cover aslinya. Eh, iyakah? XD

    BalasHapus
  24. Samaaa :D ,aku juga tertarik banget dengan buku ini. Well, aku pensaran dengan apa yg terjadi di hal 147 :D

    BalasHapus
  25. Membaca review dari Kak Atria ini, saya jadi makin pengin baca bukunya. Sebenarnya sudah naksir dari saat cuplikan novelnya muncul di Twitter sih, apalagi dengan covernya. Manis banget. Tapi, isinya ternyata gak kalah manis. Kalau membaca blurb, sebenernya saya agak kurang tertarik. Tapi saat dijabarkan jadi review, ternyata plotnya menarik juga ya. Dari aksi balas dendam, jangan-jangan Naomi kepincut tuh sama Stephen. Saya juga penasaran dengan setting-nya, Filipina, penasaran bagaimana si penulis bisa menajabarkan suasana para remaja di sana, secara ini baru pertama kalinya setting tersebut diangkat ke dalam sebuah novel sebagai setting utama.

    BalasHapus
  26. suka banget sama novel ini, apalagi dengan julukan buat si cowok yang suka nyakiti hati para wanita.. Casanova.. itu kan terlalu keren menurutku. kenapa ngak si penjahat cinta atau penipu cinta dll yang membuat citra Stephen kelihatan lebih buruk. tapi overall, makin penasaran sama buku ini. soalnya ini buku pertama yang masuk kategori phil-fict terbitan haru.. bener kata kak Atria kalau baca novel karya Indonesia yang ambil setting di negara luar pasti beda feelnya kalau kita baca sendiri bukunya yang berasal dari negara tersebut tentunya ditulis langsung oleh orang lokal. meskipun harus diterjemahin dulu.. ^^

    BalasHapus
  27. Seperti dapat penyegaran dan juga referensi baru lewat lini Phil-Fict nya Haru. Kalau K-Iyagi, J-Lit maupun M-Novel emang udah terkenal, dengan drama/film dsb, tapi Filipina belum banyak di eksplor dalam novel. Paling yang terkenal cuma Christian Bautista aja hehee.. ikut baca dong mbak Tria! ^^
    Covernya menarik, katanya lebih bagus juga dari cover aslinya. Tema yg sering diangkat, tapi aku penasaran dengan eksekusinya terutama tentang Drew. Apakah dia memahami misi Naomi dan masih akan memperjuangkan cewek itu?

    BalasHapus
  28. aku belum pernah baca novel Phil-Fict terbitan Penerbit Haru nih. sepertinya boleh dicoba. soalnya setelah baca 'Misi: Menghancurkan Hati Sang Casanova dan 10 Tugas yang Harus Diselesaikan' itu sepertinya seru. Gimana pengorbanan seorang sahabat yang rela berubah penampilan dan mempertaruhkan kehidupannya demi seorang sahabat yang telah dipermainkan hatinya.
    Suka kak sama reviewnya! Sukses bikin aku penasaran sekaligus tergoda untuk baca :)

    BalasHapus
  29. Pertama kali baca novel Philipina itu yang judulnya Trash. YA juga sih.
    Penasaran dengan Phil-Fict rasa romance ini

    BalasHapus
  30. Buku yang kalau kata Haru perlu perjuangan dua tahun untuk mendapatkannya, hihi...

    Endingnya bisa jadi mudah ditebak ya Mbak? Tapi, ya nggak tau deh selipan kenapa si Stephen jadi cowok playboy gitu, bisa jadi masalah keluarga atau trauma masa silam. Tapi walau alur rada-rada kebayang, lebih seru lagi kalau bisa baca bukunya :D

    BalasHapus
  31. sepertinya endingnya tebak-able(?) nih, hehehe. tertarik sama buku ini karena ... yang pertama, karena ini phil-fict. jarang-jarang (atau gak pernah?) saya tau ada terjemahan novel dari negara tetangga, hihi. yang kedua adalah ... karena saya juga punya temen model casanova gini, tapi ga sejutek stephen. orangnya friendly dan yang hebat, hubungan dia sama mantan-mantannya tuh ga kaku, tetep akrab. jadi saat liat judul dan baca sinopsisnya ... udah kebayang gimana tokoh-tokohnya, hihi.

    BalasHapus
  32. Huaaa..pengen banget baca T_T dari awal sebelum novel ini terbit, saya udah kepengen baca. Karena apa? Haha karena saya suka dengan bahasa tagalog dan saya selalu mau mencoba baca novel terjemahan negara lain hihi dan saya jg belum pernah baca terjemahan phil. Waktu baca wattpad terus ada bahasa 'aneh' eh pas buka fb terus di beranda muncul Penerbit Haru. Katanya ada novel filiphina *ini tulisannya udah bener nggak? Dari dulu nggak tau cara penulisan filiphina yg bener hihi* nah, disitulah saya tau bahasa tagalog. Jadi, saya mulai suka tuh, hoho rasanya pengen belajar >< *curcol*
    Yup, Saya setuju sama kakak tentang "tema tentang cassanova memang udah mainstream banget, tp tetap menarik untuk dibaca" dan memang selalu menarik perhatian pembaca. Saya malah suka banget cerita kayak gitu, soalnya saya suka badboys hihi Yah, walaupun cerita kayak gini endingnya mudah ditebak sih.
    Saya selalu excited kalo Haru ngeluarin buku baru. Soalnya novel-novel Haru keren^^

    BalasHapus
  33. Waw.. novel Filipina? novel cinta berbau baru nih :') pingin tahu gimana rasanya? ceritanya menantang gitu kayaknya,sebuah misi yang harus diselesaikan,, penasaraaaannn..... :)

    BalasHapus
  34. Kalo dari plot udah banyak mungkin yaa yang kayak gini (tapi serius aku tetep aja penasaran dan excited sama cerita kayak gini), tapi yang jadi hal baru dan bikin penasaran itu karna ini novel terjemahan filipina, yang aku ngga pernah tau apa2 ttg itu. Siapa tau bisa jd lini favorit kayak j-lit :D

    BalasHapus
  35. waktu baca blurbnya jadi ingat sama salah satu ftv jaman dulu dengan tema yang sama. :D aku belum pernah baca novel terjemahan selain dari US dan Inggris. ini pertama kalinya tau ada novel terjemahan dari Filipana. apa gak mupeng saya.. haha dan terima kasih buat kak Tria yg udah ngasih ulasan nya ^^

    BalasHapus
  36. pernah baca beberapa fiksi dari Filipina, tapi semuanya berupa fanfiksi berbahasa inggris, dan rata-rata ceritanya bagus semua sih. jadi penasaran sama phil-fic pertama yg diterbitin sama haru ini. penasaran juga gimana nasib naomi akhirnya. berhasil atau tidak dalam melaksanakan misinya, jangan-jangan dia... 😱

    BalasHapus
  37. As usual, review Kak Atria selalu oke! ;)
    Awal baca judul dan liat cover nya, saya pikir ini cerita yang mengandung unsur fairytale lho (hubungannya di mana to, Ken?) eladalaaaaahh ternyata malah ceritanya tentang misi membalas dendam pada playboy hahaha

    Oke, mungkin sudah banyak yang bilang seperti ini, tapi YA! siapa yang nggak penasaran dengan buku ini? Apalagi Kak Atria menulis ada sesuatu di halaman 147 yang bisa bikin ngakak, jadi makin kepingin baca :D

    BalasHapus