Senin, 05 Oktober 2015

Memahami Matematika :Rangkuman Matematika Lengkap untuk Pelajar SD Kelas 4, 5 & 6



“Bilangan ditemukan untuk membantu manusia dalam menghitung dan mengukur benda. Akan tetapi, bilangan mempunyai dunianya sendiri. Matematikawan menemukan bahwa cara bilangan – bilang berkaitan satu sama lain menciptakan berbagai macam pola.” (Hal. 11)


Penulis: Alex Frith, Minna Lacey & Lisa Jane Gillespie
Penerjemah: Esther Puji Lestari, S. Si
Editor: Betty, S.Si & Winny Rachmayanti, S.Si
Ilustrasi: Adam Larkum
Penerbit: Erlangga
Cetakan: Pertama, 2015
Jumlah hal.: 112 halaman
ISBN: 978-602-252-536-3
Temukan penjelasan tentang bilangan,
bagaimana bilangan membantu menjelaskan dunia di sekita kita,
dan cara matematikawan jenius mengubah dunia ini.
Disertai rangkuman rumus matematika super lengkap,
dengan contoh soal dan penyelesaiannya.

***

Buku ini adalah buku pendamping untuk pelajaran Matematika bagi anak – anak yang duduk di bangku kelas 4, 5, dan 6 SD. Tapi jika melihat isi di dalamnya bahkan sejak membaca daftar isinya saya merasa buku ini pun menarik untuk dibaca oleh siapa pun yang menyenangi atau berminat belajar matematika.

Tampilan bukunya penuh ilustrasi. Font tulisannya? Tidak kaku. Menyenangkan untuk dibaca. Full colour.


Buku ini dibagi menjadi 6 Bab dengan rincian sebagia berikut:
Bab 1: Apa itu bilangan?
Bab 2: Menyelidiki yang tidak diketahui
Bab 3: Bangun, ruang, dan pengukuran
Bab 4: Fakta dan Gambar
Bab 5: Mengambil Kesempatan
Bab 6: Lebih lanjut tentang matematika

Setiap Bab dipenuhi ilustrasi dan penjelasan lengkap. Narasi yang dibuat pun sering menyebutkan praktik sehari – hari yang terkait dengan pembahasan. Seperti saay membahas pecahan, narasi dan gambar dibuat agar pembahasan tersebut lebih mudah dipahami.

Selain itu ada pula contoh soal yang disertai dengan gambar ilustrasi yang berwarna dan menarik. 
 
Salah satu isi dalam buku

Dan disisipi juga oleh sejarah terkait pembahas tersebut. Benar – benar lengkap dan menarik, Readers.

***

Membaca buku ini, membuat saya menyadari tentang seberapa lama saya meninggalkan bangku sekolah. Bahkan sudah 10 tahun lebih saya tidak pernah menyentuh buku pelajaran dan buku pendamping untuk anak SD kelas 4, 5 & 6. Biasanya saya malah bersentuhan dengan buku balita dan buku anak kelas 1 SD.

Membaca buku ini saya cukup tercengang. Informasi yang ditampilkan benar – benar banyak. Ada sejarahnya. Ada penjelasan tentang matematika sehari – hari ini seperti apa. Benar – benar berbeda dengan typical buku pelajaran dan pendamping pelajaran yang saya kenal.

Buku ini bahkan bisa dibaca oleh semua orang. Ini menurut saya, lho. Karena sangat informatif. Baru membaca pengantarnya saja saya sudah sangat tertarik dan dapat banyak hal yang baru. Disebutkan beberapa fakta (serta sejarah singkatnya) tentang bagaimana seorang matematikawan mengubah dunia.

Tapi pada akhirnya, saya berpikir bahwa buku ini sebaiknya dibaca dengan pendampingan orang tua karena banyaknya informasi yang disampaikan. Ini bisa saja membingungkan anak – anak. Dan orang tua akan bisa membantu memberi penjelasan yang lebih lengkap dan tepat sasaran bagi anak.

Ah, kalau dulu saya dapat buku seperti ini sebagai bacaan saya saat duduk di kelas 4 SD, kemungkinan saya akan jadi pelahap buku pelajaran yang sangat bersemangat :D


Tertarik beli buku ini? Klik di sini aja

 ***

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar