Minggu, 20 September 2015

[Review + Giveaway] Cinta Tak Perlu Tanda Baca



“Lain kali jangan berjalan terlalu jauh kalau tak tahu jalan pulang!” (Hal. 22)


Penulis: Sri Ulang Sari
Editor: Arya Putranegara
Cover Design: Aruka
Layout: Andhika
Penerbit: Kinomedia
Cetakan: I, 2015
Jumlah hal.: vi + 175 halaman
ISBN: 978-602-72243-1-5

“Titik atau koma bagiku sama saja, tak menghentikan apapun atau melanjutkan apapun. Kisah cinta ini tak perlu tanda baca untuk menyelesaikan segalanya.”

Ada sekian banyak problem cinta di dunia ini, tapi aku tak mengerti mengapa ada laki – laki yang benar – benar tak berhasrat pada seseorang perempuan meski dia telah menyerahkan dirinya secara utuh sekalipun. Aku tahu cinta tak pernah butuh alasan tapi butuh balasan dan dalam hal ini aku tak memperoleh itu. Meski di dalam hatiku bagai remuk, namun aku sadar tak selayaknya aku memaksakan keinginanku. Setelah sekian lama bertindak bodoh di depannya, sekarang mataku terbuka lebar aku tak punya tempat di hatinya. Tak ada. Semua tempat itu telah diisi oleh seseorang meski aku tak pernah mau percaya ada cinta yang demikian itu.

Setelah jatuh berkali – kali, kehilangan berkali – kali, kini aku paham bahwa tak semua hal harus berjalan sesuai kehendak. Terkadang ada yang bercabang ke mana – mana, ada yang mencapai tujuan dan beberapa malah menemui jalan buntu. Hidup tak ubahnya, sebuah perjalanan, dan perjalanan adalah pengalaman, dan cinta adalah sesuatu yang tak habis diselami. Untuk merasakan cinta, kita harus siap mencecapi derita penolakan ataupun kehilangan. Dalam hal ini, aku tak mengalami penolakan, juga tak mengalami kehilangan, aku seutuhnya memiliki cinta. Cinta yang hanya aku yang tahu.

***

Kehidupan Diandra sejak awal tidak pernah mudah. Namun sekali lagi dia harus menghadapi keterpurukan saat kekasihnya, Adrian, ternyata berselingkuh dengan bos-nya sendiri. Saat mendapati Adrian terlah berkhianat, Diandra pun kehilangan arah. Ia memilih keluar dari tempatnya bekerja karena tidak akan mampu menghadapi sang bos serta gosip – gosip yang beredar, baik yang memojokkannya ataupun yang mengasihaninya.

Akhirnya, Diandra pun menyepi ditemani rokok dan minuman keras. Suatu malam ia minum sampai tidak sadarkan diri dan terbangun dikediaman seorang laki – laki yang ternyata tidak mengambil keuntungan atas dirinya. Diandra sempat bersikap tidak sopan pada pria itu. Dan ternyata suatu hari ia bertemu kembali dengan lelaki itu. Ternyata lelaki itu adalah atasan Diandra di kantor yang baru.

Julian, nama lelaki itu. Diandra pun perlahan jatuh hati pada Julian. Namun Julian selalu membangun jarak darinya. Di waktu yang sama Adrian datang kembali ke hidup Diandra. Lantas apa yang akan dilakukan Diandra?


***

Membaca novel Cinta Tak Perlu Tanda Baca ini, akan membuat kita berpikir tentang kehidupan. Tentang pilihan – pilihan yang dapat diambil saat masalah datang. Dan Diandra menampilkan keputusan yang cukup berbeda. Pilihannya menghadapi masalah terasa berani.

Sayangnya, penggambaran kehidupan Diandra yang tragis terasa too hard to be real. Cerita jadi terasa kurang realistis ketika penulis menjelaskan tentang latar belakang Diandra. Tentang kehidupan sepeninggal orang tuanya. Seandainya hal ini tidak dimunculkan, cerita tetap terasa realistis dan tidak begitu tragis.

Diksi novel ini sebenarnya sangat manis. Namun karena terlalu “berbunga – bunga” membuat cerita jadi kurang nyaman dibaca. Penyampaian sebuah masalah dengan bahasa yang terlalu indah namun kadang terasa tidak pada tempatnya sedikit mengganggu kenyamanan membaca.

Karakter Diandra juga terasa kurang konsisten. Mandiri dan tegar tapi memilih melarikan diri ke minuman keras. Disebutkan kuat terhadap minuman keras namun gampang hilang kesadaran saat mabuk. Jelas ini inkonsisten.
Selain itu dalam novel ini terlalu banyak telling dan kurang showing. Banyak hal yang hanya disebutkan tidak digambarkan melalui perilaku atau deskripsi lainnya.

Tapi, twist di akhir cerita tentang Julian cukup menarik dan tidak terduga. 

Hm... secara keseluruhan ide novel ini menarik, terutama tentang hubungan Diandra dan Julian. Penuturan cerita yang lebih mengalir akan membuat kisah ini jadi semakin menarik.

***


Puisi yang terinspirasi oleh novel Cinta Tak Perlu Tanda Baca

Akhir sebuah cinta tak seperti cerita
Ketika satu kalimat berakhir berlanjut hingga kalimat “The End”
Sedang kisah kita, tanpa mula dan seolah tanpa ujung

Jika akhir datang,
tak ada duga akankah ia bermula pada kisah baru
ataukah hanya kelanjutan duka yang lalu
Tak ingin lagi kupikirkan
haruskah aku membubuhkan titik dan mengakhirinya?
atau sekedar menyematkan tanya dan membuatmu mengambil keputusan tentang kita

***


Kembali dimulai Giveaway #RememberSeptember. Kali ini berhadiah novel dari Sri Ulang Sari yang berjudul Cinta Tak Perlu Tanda Baca. Ada 1 novel untuk 1 orang pemenang yang beruntung, Readers. ;)

Ingin memenangkan novel ini? Yuk ikuti langkah – langkah berikut:
1.  Follow akun twitter @atriasartika dan @hujanrintih2

2.   Share Giveaway ini di twitter dalam 2 tweet:

-  Tweet pertama isinya begini: “Yuk ikuti rangkaian #RememberSeptember di blog @atriasartika ini: http://www.atriadanbuku.blogspot.co.id/2015/09/giveawayhop-rememberseptember.html " 

-Tweet kedua berisi link giveaway ini dan mention @atriasartika & @hujanrintih2  Jangan lupa hashtag #CintaTakPerluTandaBaca yaaa 

3.  Jawab pertanyaan berikut di kolom komentar di bawah ya
Jika kamu sedang dilanda patah hati? Hal apa yang akan kamu lakukan?
Sertakan data diri berupa: nama, akun twitter, dan email juga ya, Readers.

 4. Giveaway ini berlangsung tanggal 20 – 24 September 2015

5. Giveaway ini hanya untuk yang berdomisili di Indonesia

26 komentar:

  1. nama : pramestya
    akun twitter @p_ambangsari
    email : pramestya23@gmail.Com

    Jika kamu sedang dilanda patah hati? Hal apa yang akan kamu lakukan?


    Pertama merenung, aku pikirkan lagi kelakuanku. Apa yg membuatku patah hati, kenapa bisa, terus aku harus gimana setelah ini? Kalau udah nemuin jawabanya aku mulai merelaksasikan diri dengan ikhlas, meyakinkan diri bahwa ada hal lain yang lebih baik, dan menyadarkan diri ada yg harus dikerjakan daripada ngegalau.

    Emang susah, tapi aku punya pembantu yg siap merealisasi rencanaku itu mereka adalah tawa, novel, game, lagu, dan teman.

    Kalau sedihnya pake banget, aku biasanya baca novel yg bisa bikin mewek. Entar kalau ditanyain kenapa nangis, aku jawab aja gegara novel. Padahal... ambigu *maafkan saya ya Allah*

    BalasHapus
  2. Nama: Nadia Puspaningtyas A.
    Twitter: @Nadia48nafla
    E-mail: nadia.puspaningtyas@yahoo.com

    Karena pasti bawaannya badmood, biasanya aku suka menyendiri di kamar, cuma satu hari aja sih. Tapi jangan sampai luga segalanya, masak cuma patah hati aja sampai nggak mau makan, dll. Nanti bukannya sembuh dari patah hati, eh malah dimarahin karena di kamar terus.
    Menyendiri di kamar itu ya nggak cuma diem aja kayak patung, dengerin musik, nulis atau apalah yang penting bisa bikin hati enak. Bisa juga janjian ma temen jalan-jalan ke edupark.
    Terus yg penting, kuatin hati dan move on. Percaya bahwa masih ada yang lebih baik dari dia. Membuktikan kalau aku itu cewek kuat, bukan cewek lemah yg bisanya mewek cuma gara-gara patah hati. And Keep Smile :)

    BalasHapus
  3. nama: Visca Apriliyanti
    twitter: @Visca_Apr
    e-mail: apriliyantivisca@yahoo.com
    Jika kamu sedang dilanda patah hati? Hal apa yang akan kamu lakukan?
    "kalo lagi dilanda patah hati, biasanya sih yang saya lakukan adalah makan yang banyak hha, udah itu aja sih"

    BalasHapus
  4. Nama : Faya Mariam Zhallila
    Twitter : @fayamariam
    E-mail : faya.alfateh@xl.blackberry.com

    Jika kamu sedang dilanda patah hati? Hal apa yang akan kamu lakukan?

    Paling ya tidur untuk melupakan patah hati yang barusan dialami, ataupun menggambar atau mencari kesibukan sendiri biar lupa kalau sebenarnya kita sedang patah hati.

    BalasHapus
  5. Nama : Eka Sulistiana
    Twitter : @ekasulistiana24
    Email : ekasulistiana2412@yahoo.co.id
    Jawaban :
    Yang biasanya aku lakukan ketika patah hati adalah merenung sejenak dan berusaha menerima kenyataan yang ada. Tak bisa dipungkiri jika seseorang yang patah hati pasti akan langsung tenggelam dalam kesedihan. Apalagi jika patah hati yang kurasakan itu terlalu parah, sampai hati ini hancur berkeping-keping, air mata akan jatuh tak terhindar. Menangis bukan berarti cengeng. Tapi menangis adalah salah satu caraku untuk meluapkan isi hati yang tak dapat lagi tersampaikan lewat lisan. Setelah menangis, biasanya aku akan merasa sedikit lega. Dadaku yang semula sesak, akan menjadi longgar.
    Setelah itu, aku mencari ketenangan dengan beribadah, seperti shalat dan mengaji. Ibadah bisa membuatku merasa lebih tenang dan perlahan pikiran positif akan bermunculan. Bahwa setiap yang terjadi dalam hidup ini merupakan skenario Allah yang sangat indah. Termasuk patah hati yang sedang kurasa. Akan terselip hikmah dibaliknya.

    BalasHapus
  6. Jiah @jiahjava jiahaljafara32@gmail.com

    makan

    daripada nangis meraung2 gak jelas, mending saya makan, menikmati setiap rasa yg saya alami. Baru patah hati aja gitu, harusnya saya bersyukur krn msh bs patah hati dan msh bs mkn jg.

    Klo sdh makan gitu kan saya punya byk energi. Jd bs nyekik mantan, hahaha #KetawaSetan

    BalasHapus
  7. Nama : Agatha Vonilia Marcellina
    Akun twitter : @Agatha_AVM
    E-mail : agathavonilia@gmail.com

    Jika kamu sedang dilanda patah hati? Hal apa yang akan kamu lakukan?

    Take a walk on foot while listen the music with headset. Keliling taman kota menghirup segarnya udara. Menikmati keindahan taman kota. Sejenak melupakan dia. Mengingat hal-hal terindah, lucu dan seluruh kenangan bersamanya. Walaupun dia telah pergi jauh dan tidak dapat bersamaku lagi, kenangan tentangnya akan tetap tersimpan dalam hatiku. Mencintai tak harus memiliki. Rasa sayang tidak harus ditunjukkan dengan perbuatan, hanya melihat dia tersenyum bahagia itu sudah cukup. Aku ingin dia bahagia. Seperti kutipan kak Atria di atas 'cinta adalah sebuah perjalanan', aku menganggap perjalananku baru saja dimulai. Meskipun air mata perlahan mengalir, patah hati adalah sebuah perjalanan memulai cinta.

    BalasHapus
  8. Nama:septa anggara
    twitter: @seivtha
    email. septaanggara@yahoo.co.id

    aku mungkin hanya bersikap biasa aja kayaknya. palingan hanya dengerin musik dan menonton untuk mengalihkan perasaan yang lagi patah hati. tapi kalau masih ngerasa patah hati mungkin aku akan memikirkan dulu hal apa yang salah dari aku.

    BalasHapus
  9. Nama : Ramadhanul Fitri Mardas
    Akun twitter : @ramadhan_rae
    Email : ramadhanul21@gmail.com

    Jawaban:
    Jika aku sedang dilanda patah hati hal pertama yang akan ku lakukan
    adalah, tentu meratapi nasib. Lalu selanjutnya aku akan melakukan
    pekerjaan yang bisa melupakanku dengan sakit hati yang kurasakan. Aku
    terbiasa belajar Matematika jika sedang sakit hati. Kenapa belajar
    matematika?
    Karena belajar matematika bisa membuat fokus aku hanya tertuju pada
    soal-soalnya dan melupakan rasa sakit hati yang dirasakan. Memang
    hanya sesaat khasiatnya, tapi cukup berguna kok. Silakan dicoba :'D

    BalasHapus
  10. Nama : Umi Marfa
    Twitter : umimarfa
    Email : Menghabiskan banyak waktu dengan sahabat, mendengarkan lagu-lagu yang bikin positif, minum kopi atau teh, main sama kucing, ngeblog. Ya nggak beda jauh sama kegiatan sehari-hari sih :D patah hati bisa bikin ide postingan puisi sama cerpen alay juga mueheheh

    BalasHapus
  11. Nama : Hikmawati Cahyaning Tyas
    Twitter : @tyashc
    Email : tyashc@gmail.com

    Jika kamu sedang dilanda patah hati? Hal apa yang akan kamu lakukan?

    Kalau sedang patah hati biasanya aku suka mendengarkan lagu-lagu sendu, lagu galau dan mellow. Membiarkan semua air mata tumpah. Setelah puas menangis, aku menghabiskan waktu dengan menulis cerpen dan jalan-jalan bareng sahabat.

    BalasHapus
  12. Tri Indah Permatasari
    @LiebeIs0503
    triyusufciduk@yahoo.com

    Patah Hati. Sebelum aku jawab pertanyaannya aku mau kasih tahu dulu hal yang pernah membuat aku patah hati banget adalah ketika begitu banyak orang kenapa bisa mencintai Tuhan mereka dengan begitu baik, ketika mereka mendapatkan hidayah sehingga mereka kini tidak mampu berpaling dari Sang Pencipta maka aku akan benar-benar patah hati, God! Bagaimana bisa mereka mendapatkan cinta darimu yang begitu banyak. Kenapa aku tidak? Apa aku telah melupakanmu? Dan yang akan aku lakukan adalah terus berusaha menguatkan imanku, ilmuku akan agamaku.

    Tapi jika membahas tentang patah hati? Aku pernah mendapatkan soal ini di GA beberapa waktu lalu dan aku memenangkannya. Apakah akan menang kali ini?
    "Hari itu juga, disaat aku patah hati. Au akan merenungkan apa hal yang membuat aku bisa merasakan patah hati ini. Kenapa aku harus merasakan hal itu? Membayangkan semua hal yang pernah diakukan bersama, semua kisah suka dan dukanya, hingga pada titik terakhir dimana saat ini terjadi, pasti air mata akan mengalir dengan sendirinya dan mungkin inilh yang terbaik buat aku dan dia. So, hapus airmata, hirup napas dalam dan hembuskan dengan lantang. Oke, jika memang dia jodohku maka dia akan kembaliku. Tuhan akan memberikan pasangan yang baik untuk orang yang baik."

    BalasHapus
  13. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    email: auliyati.online@gmail.com

    Jika kamu sedang dilanda patah hati? Hal apa yang akan kamu lakukan?
    Jawaban:
    Yang pasti sih nangis sendiri tanpa orang lain tau.
    Ngadu dan curhat sama Allah, walaupun jawabannya mungkin ga langsung seperti kalo curhat sama orang lain tapi hati tuh jadi lebih tenang.
    Walaupun berat banget tapi berusaha untuk ikhlas, dan cuma bisa berpikir kalo dia bukan jodohku, dgn pemikiran seperti itu aku bisa lebih rela dan menerima dengan lapang hati, karena kalau emang bukan jodoh mau berusaha sekeras apapun gak akan bisa bersama.
    Jadi ya sudah, let it go! Dan kembali memupuk harapan untuk cinta yang baru yang sebenarnya cinta & jodoh aku. Tetap yakin suatu hari akan ada jodoh terbaik yang diberikan Allah buat aku, amiiin :)

    BalasHapus
  14. Nama : Afika Yulia Sari
    Twitter : @afikayulia
    Email : afikayuliaakb@gmail.com

    Hal yang aku lakukan ketika patah hati adalah ngemil sebanyak-banyaknya sampe puas, meluapkan semuanya dalam bentuk tulisan apapun itu *corat coret kertas, curhat ke temen ampe bibir dower haha :D dan biasanya suka marah-marah engga jelas gitu :p *pelampiasan, orang lain yg kena getahnya

    BalasHapus
  15. Nama: Eni Lestari
    Twitter: @dust_pain
    Email: shinra2588@yahoo.com

    Jawaban:

    kalau patah hati yang aku lakukan adalah dipuasin nangis sampai mata bengkak :') setelah lega, biar gak berlarut sedih, aku bakal baca buku, nonton film, atau ikutan kuis hehe. pokoknya melakukan kegiatan apa aja yang gak bikin inget kalo lagi patah hati :D

    BalasHapus
  16. Nama : Ratnani Latifah
    Twitter : @ratnaShinju2chi
    E-Mail : kazuhanael_ratna@yahoo.co.id


    Jika kamu sedang dilanda patah hati? Hal apa yang akan kamu lakukan?
    Awalnya sudah pasti marah-marah nggak jelas dan sensi. Tapi kemmudian muali menenangkan diri dengan membaca buku, nonton drama Korea atau Jepang. Mendengarkan music. Nah kalau masih juga sedih jurus terakhir adalah baca Al-Quran. Insya Allah akan tenang kembali.

    BalasHapus
  17. Nama : Wening Purbawati
    Twitter : @dabelyuphi
    Email : dabelyu_phi@yahoo.com

    Jika kamu sedang dilanda patah hati? Hal apa yang akan kamu lakukan?

    biasanya butuh menyendiri dulu, marah-marah gak jelas sambil dengerin lagu yang bisa bikin teriak-teriak, lalu nangis sampe ketiduran. pas bangun biasanya sudah agak tenang, terus dilanjut ambil air wudhu, shalat dan terakhir baca Al-Quran beserta maknanya. insyaAllah sedikir demi sedikit bakal hilang patah hatinya dan hati bisa mulai tenang lagi.

    BalasHapus
  18. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Email : n0v4ip@gmail.com

    Waktu pertama kali saya patah hati itu rasanya kan sakit banget tuh,
    jadi yang saya lakuin adalah :
    - Setelah diputusin tuh ya, saya nangis di kamar mandi sambil diguyur air biar kepalanya dingin *oke, ini drama bgt*
    - Bangun lebih pagi biar otak lebih fresh, karena udara pagi itu bagus untuk relaksasi
    - Berusaha menyibukkan diri. Misalnya nyelesain tugas kantor yg sebenarnya belum disuruh atasan untuk dikerjain :D, nangkring satu harian di toko buku meski cuma numpang baca, karokeaan bareng teman dll
    - Rajin nonton program TV yang membangun dan ngasih motivasi. Nah, waktu saya patah hati pas bgt saya nonton acara nya pak Mario yang judul nya Move On. Jadi bisa langsung diterapin deh :D
    - Rajin juga baca buku dan artikel artikel seputar patah hati, cara move on, cara mengembangkan diri ke arah yg lebih baik dll
    - Dan yang paling penting itu mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Curhat lah kepada-Nya. InsyaAllah jiwa raga jauh lebih tenang. :) dan ini nih dampak positif dari patah hati saya, saya jadi lebih dekat dengan Sang Pencipta :)

    So, itu yang saya lakuin waktu pertama kali patah hati sepatah patah nya. Kenapa pertama kali? krn setelah nya saya gak pernah ngerasain patah hati lg maklum gak pernah pacaran lagi... :D *harus sedih atau bahagia ya??*

    Thanks kak Tria ^^

    BalasHapus
  19. Nama : Fita
    Twitter : @fitania09
    Email : fitani90@gmail.com

    Jika kamu sedang dilanda patah hati? Hal apa yang akan kamu lakukan?
    Aku uda pernah juga sih patah hati, jadi dari pengalaman yang pernah aku lakuin dulu itu mirip orang gila. Kenapa aku bisa bilang orang gila, karena emang kerjaanku cuma nangis doang di kamar.Keluar pun paling ke kamar mandi sama minum. Bahkan orang rumah bilang aku lebih mirip wewe gombel saat itu. Emang keadaanku jauh dari orang normal dan bau kamar ku seperti sarang kecoa. Habis ngurung di kamar beberapa hari aku pergi ke rumah temenku buat curhat. Semasa disana aku gak henti-hentinya nyrocos gimana sakitnya hatiku. Temenku ngasih saran dg perbanyak istighfar & sholawat. Aku iya in aja, tanpa banyak kata. Lepas dari itu semua hal gila yang aku lakuin adalah memberiarkan semua tugas kuliahku terbengkalai beberapa bulan tanpa aku sentuh sekalipun bahkan aku gak datang ke kampus sekedar nyari informasi tentang tugas akhir. Ya, semua itu uda jadi pelajaran buat aku. Sekarang aku tidak akan mengulangi hal konyol seperti itu. Aku sudah punya pengalaman pahit, jadi kedepannya aku jauh lebih bisa hati-hati agar tak mengorbankan masa depanku sendiri :)

    BalasHapus
  20. Alifana Silvana
    @AlifanaSilvana
    Alifanasilvana@gmail.com

    Aku pernah ngerasain sakit+patah hati dan yang aku lakuin adalah nangisss sampai puas, sampai lega, sampai bisa menata pikiran. Habis itu, aku cari pelampiasan dalam bentuk positif. Aku ingin senang-senang sesenang-senangnya. Cari kesibukan sampai jadi sok-sok sibuk gitu, bisa sendiri atau bareng temen-temen. Pokoknya aku pasti butuh "me time" yang lama dan melakukan hal-hal yang bisa lupain perasaan sakit hati itu. Kalau tiba-tiba keingetan, bisa sekalian belajar menata hati juga. Tapi waktu menyembuhkan segalanya. Setelah itu, aku merasa free and happy hehehe...

    BalasHapus
  21. Sofhy Haisyah
    @Sofhy_Haisyah
    sofhyhaisyah28@gmail.com

    Mencoba untuk menemukan sosok penyembuh (dibaca : pengganti) yang mampu mengobati patah hati tersebut.

    BalasHapus
  22. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    rinspiration95@gmail.com

    Kalau lagi patah hati, yang akan aku lakukan adalah diam di kamar, menyendiri dan menikmati me-time. Pokoknya menjauhkan diri dulu dari orang-orang yang berpotensial menanyakan keadaanku atau hal yang membuatku kembali mengingat kejadian patah hati itu.
    Nggak ada yang lebih membahagiakan dan menenangkan selain membiarkan diriku hanyut dalam imajinasi saat membaca novel dan menikmati tiap lirik lagu yang up beat! Paling setelah nangis bombay, dan melakukan 2 aktivitas itu keadaanku biaa membaik.

    BalasHapus
  23. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    rinspiration95@gmail.com

    Kalau lagi patah hati, yang akan aku lakukan adalah diam di kamar, menyendiri dan menikmati me-time. Pokoknya menjauhkan diri dulu dari orang-orang yang berpotensial menanyakan keadaanku atau hal yang membuatku kembali mengingat kejadian patah hati itu.
    Nggak ada yang lebih membahagiakan dan menenangkan selain membiarkan diriku hanyut dalam imajinasi saat membaca novel dan menikmati tiap lirik lagu yang up beat! Paling setelah nangis bombay, dan melakukan 2 aktivitas itu keadaanku biaa membaik.

    BalasHapus
  24. Nama : Dias Shinta Devi
    Twitter : @DiasShinta
    Email : diasshinta.iyas@gmail.com

    Kalau lagi patah hati itu aku suka ngikutin ke mana kaki melangkah. Pokoknya menyendiri dan menyepi. Entah kalau pas lagi patah hati itu lokasinya di sekolah, seringnya aku lari ke perpustakaan. Sepi. Kesepian itu menenangkan. Kadang juga seringnya makan makanan yang mengandung cokelat supaya perasaan jadi ringan. Kalau misalnya patah hati di rumah atau di luar rumah (tp bukan di sekolah/kampus) aku sukanya melakukan pelarian ke gramed terus nyari masjid gitu atau diem di taman nunggu gerimis sambil baca. Pokoknya baca novel jg membantu mengalihkan perasaan. :") yang pasti aku butuh waktu untuk diriku sendiri dan menata hatiku lagi..
    thanks kak atas GAnyaaa :))

    BalasHapus
  25. Nama :Dini Auliana Putri
    Twitter :@Dini_AP28
    Email :dinieembemz@yahoo.co.id

    Hal yg aku lakukan adalah beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Setelah itu aku akan menghabiskan sebagian waktuku untuk makan dan ngemil. Karena biasanya saat patah hati otak dan fikiran kita terkuras habis untuk selalu tertuju pada kenangan. Makadari itu makan adalah solusi supaya badan tidak lemah. Dan yg terakhir, saat patah hati biasanya aku(pribadi) selalu ingin menyendiri dan mencari suasana yg tenang, dan saat-saat itu adalah saat yg paling tepat untuk menciptakan cerita-cerita yg membawa perasaan.

    BalasHapus
  26. Nama: Leny H
    twitter: @Lenny66677291
    email: lenyhermi@gmail.com
    kalau aku sih menyendiri dulu, aku mencoba berpikir lebih terbuka dulu, kenapa sih aku bisa patah hati. Melihat ke diri sendiri dulu,apa aku yg salah atau bagaimana. Dan juga aku akan lebih mendekatkan diri kepada Allah,lebih banyak berdoa supaya aku bisa menerima semuanya dengan ikhlas dan kuat serta memohon agar di berikan jalan keluar yang terbaik. Dan hati menjadi lebih tenang.

    BalasHapus