Senin, 21 September 2015

[Blogtour] Sing–Py, Single Happy: Piknik Blog Memori Cinta Anak Kos



“Pacaran itu nggak penting. Menghalangi cita cita jadi diplomat sukses. Cowok itu pesaing. Lengah sedikit, kita kalah ...” (Hal. 21)


Penulis : Dewi Rieka
Penerbit : Loveable
Tahun Terbit : September 2015
Genre : Komedi-Romance

“Ran, emang rencana kamu ke depan tuh apa? Mau balik lagi jadi orang kantoran?”
“Nggak, Bu. Rania tuh mau bikin kos. Tapi, khusus untuk cewek jomblo. Rania pengin ajarin anak-anak gadis bertahan hidup di dunia keras. Pengin bikin Kos Jomblo biar Rania dan cewek-cewek kos nggak diganggu hidung belang.”
Terbentuk KOS JOMBLO yang dikomandani Rania, cewek yang sakit hati dengan cowok yang namanya Anto, si manja, pengangguran, dan nyebelin.

Kos Jomblo, murah meriah dan nyaman, tapi syaratnya harus jomblo. Peminat kos pun menumpuk hingga Rania harus melakukan audisi. Terpilihlah sepuluh cewek dengan fisik, karakter, profesi, dan latar belakang yang berbeda. Semuanya memiliki alasan berbeda kenapa memilih Kos Jomblo.

Dari sinilah dimulai petualangan cinta-cintaan ala anak Kos Jomblo. Mulai cinta segitiga antara Hanna, Vanessa, dan Athalla, kekasih gelap si Kidung, Roro yang pingsan di pernikahan mantannya, sampai Hanna yang di PHP-in. Belum lagi, Tahlia yang pacaran sama playboy, Gani si quiz hunter yang ternyata bisa jatuh cinta, Gillian si cewek SMA cantik yang digila-gilai para cowok abege, serta permasalahan cewek lainnya. Intinya, semua permasalahan cewek terkumpul jadi satu di Kos Jomblo. Dan mereka menamakan diri sebagai SING-PY = Single Happy. “Buat apa dobel tapi nyakitin, kalo bisa single tapi bahagia”.

***
Cerita dibuka dengan kisah patah hati Rania akibat mantan suaminya, Anto. Cerita yang dituturkan dengan kocak ini bikin cerita jadi enak dibaca. Bayangkan. Ada gak sih cewek yang seberkualitas Rania (ini menurut Rania sendiri..catet..menurut dia sendiri..soal benar salahnya saya angkat kaki..) yang berhasil ditipu oleh laki - laki semacam Anto?

Karena insiden ini, Rania akhirnya dengan penuh tekad berusaha melindungi kaumnya dari para laki - laki. Tapi ini kenapa jadi ekstrim gitu ya? Soalnya seolah semua laki - laki sama gak benarnya dengan Anto. Ish...pasti belum kenal suami saya :D *kemudian berharap tulisan ini gak dibaca Rania. Bisa kudeta saya*

Dengan mengambil sudut pandang orang ketiga, penulis dengan serunya membahas kehidupan di Kos Jomblo ini.Mulai dari keberadaan kost campuran yang didirikan oleh tetangga Rania, hingga hebohnya pendaftaran dan seleksi penghuni Kos Jomblo yang diatur sendiri oleh Rania.


Misi Rania benar – benar mulia. Dia ingin membuat agar perempuan yang tinggal di Kos Jomblo yang dibangunnya bisa menjaga dan bela diri biar gak seperti dirinya yang dipermainkan Anto. Misi yang mulia ya, Readers.

Sejujurnya, satu yang paling menarik perhatian saya. Yaitu tentang peraturan di Kos Jomblo. Ini peraturannya:
1. Jomblo di segala aspek.
2. Bayar kos tiap bulan maksimal tanggal 05.
3. Tidak menerima tamu cowok.
4. Tamu cewek hanya sampai ruang tengah.
5. Dilarang merokok dan berisik
6. Memutar musik hanya sampai pukul 21.00.
7. Jam malam pukul 21.00.
8. Tidak boleh menerima telepon cowok, dijemput, dan diantar cowok.
9. Mematuhi jadwal bersih-bersih.
10. Tidak diperkenankan punya kunci pintu sendiri.

Huwaaaa... peraturannya lumayan ketat juga ya. Tapi sejujurnya saya gak keberatan sih. Beberapa peraturan ini bahkan saya terapkan sendiri bagi diri saya saat ngekost di Bandung. Padahal pemiliki kostan saya tidak tinggal di rumah tersebut. Ia tinggal di kota lain. Dan tidak ada yang mengawasi tingkah laku penghuni kostan. He..he.. rasanya saya memang terlalu alim ya, Readers. *dikeplak semua pengunjung My Little Library*

Tapi tetap saja peraturan kos ini agak gimana gitu. Nomer 6, 7, dan 10 itu bikin saya uwel - uwel jilbab. Gimana ya nasib para penghuni Kos Jomblo yang hidup di bawah naungan tiran semacam Rania #PrayForKosJomblo :D

***

Bagaimana? Penasarankan ingin tahu gimana kehidupan para single (dan yang mengaku single) yang mengisi Kos Jomblo?
Mau memiliki bukunya? 

Ada kesempatan untuk 1 orang Reader memenangkan 1 buku

1.      Follow twitter @Loveableous dan @atriasartika 

2. Share link giveaway ini di twitter dengan hashtag #SingPy. Mention  @Loveableous @dewirieka dan @atriasartika  

3. Jawab pertanyaan berikut di kolom komentar di bawah postingan ini

“Kalau kamu dapat kesempatan nge-kost di Kos Jomblo dengan semua peraturannya itu apa kamu mau? Berikan alasannya ya :D
Sertakan juga data dirimu berupa nama, akun twitter, dan email.

4. Giveaway hanya berlangsung selama dua hari saja yakni 21 – 22 September 2015 

5. Satu orang yang beruntung akan mendapatkan satu ekseplar Sing-Py Single Happy langsung dari penerbit. Ingat, ini hanya untuk yang berdomisili di Indonesia.

21 komentar:

  1. Nama : Agatha Vonilia Marcellina
    Akun twitter : @Agatha_AVM
    E-mail : agathavonilia.blogspot.com

    Wahhh ... Aku comment pertama nih. Hehehe
    Lama-lama Kak Atria bosen sama aku ikutan GA terus deh. Hohohoho

    “Kalau kamu dapat kesempatan nge-kost di Kos Jomblo dengan semua peraturannya itu apa kamu mau? Berikan alasannya ya ...

    Emohhhhhhhh ... No, I don't. Dibayar berapapun nggak mau aku kalau disuruh nge-kost di Kos Jomblo. Lihat peraturannya aja bikin pusing kepala. Aku butuh seseorang di sampingku. Butuh cowok untuk sandaran dan berdiskusi. Jomblo emang enak sih tapi pasti ngerasa ada yang kurang dan bosen deh. Cinta emang gitu kok pasti ada sakit hati juga. Tapi, kalau nggak gitu bukan cinta namanya. Jadi, kita bisa belajar dari pengalaman pahit untuk mencari cinta sejati. Tuhan menciptakan setiap manusia saling berpasangan kok. Nggak mungkin kan jomblo seumur hidup. Jangan terlalu lama sakit hati. Tapi aku aja baru bisa move on setelah 1 tahun :D. Mungkin aku selalu berpikir positif sih. Aku cuma hidup sekali sih, nggak mau bikin hidup ruwet. Hidup dipenuhi dengan segala persoalan cinta, bangun cinta serta sakitnya dikhianatin akan mengubah cara pandangku terhadap cinta. Ternyata begini ya rasanya sakit hati dan bener-bener sayang sama seseorang. Rasanya juga amazing hidupku yang semula hanya terisi oleh memori aku, sahabat dan keluarga sekarang terisi juga dengan seorang cowok asing yang sempat mampir dalam hidup kecilku.

    Kalau aku boleh kasih pendapat, Kos Jomblo hanyalah untuk pelarian dan bagi yang tidak mau menghadapi kenyataan pahit.

    BalasHapus
  2. Nama : Afika Yulia Saru
    Twitter : @afikayulia
    Email : afikayuliaakb@gmail.com

    Jawaban :

    It's No Problem :) Aku sih fine aja. Malah lebih bagus menurutku. Aku mau banget ngekost disitu *bukan karena harganya miring loh ya :D
    Kebetulan diriku jomblo hehe, dan satu hal aku memang agak takut sih sama laki-laki *kecuali ayahku :p jadi aku suka ngehindar gitu, lebih baik begitu kan? Seenggaknya jaga-jaga kalau terjadi apa-apa. Lebih aman!!. Kalau soal dianter jemput sih engga perlu ya, karena aku sendiri pun bisa bawa motor sendiri *mandiri dan engga enak ngerepotin orang
    Melihat sederetan peraturan seperti itu engga kaget sih, biasa aja haha :D aku mau kalo ada kost"an kaya gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun typo :D

      Nama : Afika Yulia Sari
      Twitter : @afikayulia
      Email : afikayuliaakb@gmail.com

      Hapus
  3. Nama: Eni Lestari
    Twitter: @dust_pain
    Email: shinra2588@yahoo.com

    jawaban:

    mau banget dong! mungkin karena dasarnya aku alim kali ya, makanya gak masalah dengan peraturan itu. malah bagus karena berarti 'terjaga' dari hal2 buruk yang gak diharapkan, apalagi yang berhubungan dengan cowok. cowok sekarang ganas2 sih, meski ada juga yang baik hehe. tapi yah mending jaga2 aja, daripada nanti terjadi sesuatu yang gak diinginkan. sekaligus melatih mandiri juga sih. jangan dikit2 cowok gitu. cewek harus tangguh dong. toh nanti juga ada waktunya cewek 'mengabdi' ke cowok kalo udah jadi istri yang sah #halah :p

    BalasHapus
  4. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    rinspiration95@gmail.com

    Kalau ada kosan jomblo, aku mau deh pindah ke kosan itu. Soalnya suka baper nih kalo malam minggu, tetangga kamar pada pergi. Menjelang malem udah dandan cantik dan wangi, trus nangkring nungguin pacar datang. Sepertinya pantang banget, gelundungan di kamar sambil online kayak aku.
    Ketika berada di lingkungan yang homogen, kemungkinan kejadian baper itu nggak akan terjadi. Malam minggu kosan tetep rame trus pasti ada motivasi untuk makin rajin kerja atau kuliah tanpa pusing mikirin cinta yang kadang nggak bisa dipahami logika.

    BalasHapus
  5. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    rinspiration95@gmail.com

    Kalau ada kosan jomblo, aku mau deh pindah ke kosan itu. Soalnya suka baper nih kalo malam minggu, tetangga kamar pada pergi. Menjelang malem udah dandan cantik dan wangi, trus nangkring nungguin pacar datang. Sepertinya pantang banget, gelundungan di kamar sambil online kayak aku.
    Ketika berada di lingkungan yang homogen, kemungkinan kejadian baper itu nggak akan terjadi. Malam minggu kosan tetep rame trus pasti ada motivasi untuk makin rajin kerja atau kuliah tanpa pusing mikirin cinta yang kadang nggak bisa dipahami logika.

    BalasHapus
  6. Nama: Safitri Ariyanti
    Twitter: @safitriariyanti
    Email: safitriariyanti@gmail.com

    Jawaban: Kalo aku malah mau banget ya. Bagiku peraturan seperti itu biasa aja sih, malah perlu diapreasi. :D Asal gak ada peraturan jam 21.00 harus tidur aja. Tapi agak gak terima dengan peraturan no. 10. Masa gak boleh punya kunci pintu sendiri. Kan itu aneh. Alasanku sudah tentu karena aku juga jomblo dan gak punya target untuk punya pacar. Sudah cukup merasakan asem, manis, pahitnya pacaran. Setidaknya, tahulah rasanya pacaran itu seperti apa. Jadi kurasa tidak perlu lagi pacar-pacaran. Banyak mudharatnya ketimbang manfaat. Lagipula, Islam juga gak memerintahkan untuk pacaran, malah dilarang karena bisa mendekatkan diri pada zina. Memang benar bahwa manusia diciptakan berpasang-pasangan, tapi berpasangan di sini menurutku dimaksudkan untuk pasangan suami istri bukan pasangan muda mudi. Daripada kos yang bebas, lebih baik seperti Kos Jomblo milik Rania. Gak apa-apa single yang penting bahagia. Suatu saat nanti juga bakal punya pasangan juga. :)

    BalasHapus
  7. Nama: Yuliza Sachira
    Twitter: @zasachi
    Email: zasachi@yahoo.com

    Jawabanku:
    Owaleee ribet banget ya buat ngekos :D
    Tapi aku mau kok mencoba ngekos di Kos Jomblo. Alasannya karena peraturan yang berlaku di Kos Jomblo tersebut bisa aku terima.
    1. Sebelum menikah aku memang tidak pacaran, itu prinsipku. Jadi tidak ada masalah dengan syarat itu.
    2. Bayar kos tiap tanggal 5, itu juga masih bisa diterima. Bukankah jadwal gajian itu tanggal 1 atau akhir bulan, jd tetap bs disiasati.
    3. No problem. Kenapa juga harus bertamu ke rumah kos2an cewek? kao pun ada keperluan kampus/kantor atau apalah bisa dibicarakan di kampus/kantor. Kalo famili atau sodara yang cowok juga pasti ngerti dan gak bertamu di malam hari
    4. Agak gak seru, tapi ambil hikmahnya aja, jadi terhindar dari ngegosip :p
    5. Setujuu banget di poin ini, aku paling gak suka sama asap rokok. Dan kebisingan? c'mon.. kos2an adalah rumah kedua buatku, dan aku menginginkan suasana yang tenang :)
    6. No problem, karena aku lebih suka membaca :)
    7. Tidur lebih awal juga bukan hal yang buruk :)
    8. Gak masalah... lagian prinsipku tidak akan pacaran sebelum menikah, jd siapa yang bakal antar jemput? ojek kalee :D
    9. Kebersihan itu sebagian dari iman, semangaattt!!!
    10. Hmm... bagian ini yang bikin aku berpikir lama. Kalau memang ada jaminan keamanan ya gak masalah, tapi kalau ragu barangkali jangan tinggalkan barang berharga di kos2an.. Bisa diatasilah :)

    BalasHapus
  8. Nama : Ramadhanul Fitri Mardas
    Akun twitter : @ramadhan_rae
    Email : ramadhanul21@gmail.com

    Jawaban :
    Kalau aku nge-kos disitu dengan segala tetebengek peraturan yang ada,
    aku sih mau mau aja. Kenapa?
    Pertama, aku gaada punya hubungan sama makhluk yang namanya laki-laki.
    Jadi ga usah ambil pusing sama semua peraturan yang ada.
    Kedua, aku juga sedikit risih deket-deket sama orang pacaran (efek
    jomblo Hahak), jadi kalo nge-kos disitu  pastinya malah bikin aku
    seneng pake buanget. Kan lucu tuh ngeliat orang yang biasa sering
    pacaran tiba-tiba dibatesin gitu sama ibu kos. Hahaha #EvilLaugh :v
    Untuk peraturan yang lain gaada masalah. Bisa dilaksanakan dengan mudah ;D

    BalasHapus
  9. Nama : Wening Purbawati
    Twitter : @dabelyuphi
    Email : dabelyu_phi@yahoo.com

    Jawaban :
    wah kalo aku sih nggak mau nge-kos di Kos Jomblo tersebut. beberapa peraturan sih masih bisa dimaklumi kayak nomer 1, 2, 5, 7, 9. tapi yang lainnya sepertinya perlu dipertimbangkan ulang.
    "tidak menerima tamu cowok"? bagaimana kalo ada keluarga atau saudara yang datang? mau langsung diusir pas yang berkepntingan tidak ada di tempat?
    atau "tidak diperkenankan punya kunci pintu sendiri"? misal, bagaimana kalo nanti ada barang berharga yang hilang?

    BalasHapus
  10. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Email: ayamurning@gmail.com

    Mau dong, Mbak. Jomblo mana yg nggak mau ngekos di kos yang mendukung para jones? Haha. Meski peraturan sebarek, ketat, dan bersifat mengekang, tapi kan tujuan ibu kos itu baik tho. Ada maksud supaya anak-anak kos ini nggak sampe kuciwa karo lanang bejat di luar sonoh. Hehe. Ini sekaligus sarana untuk menjaga diri dari godaan-godaan yang nauzubilah deh. Apalagi kos itu sering jadi tempat yang tidak-tidak dan bikin orangtua cemas. Nah, kalo kos yang begini modelnya, aku mau banget. Aman nyaman tentram damai sentosa dan sejahtera.

    BalasHapus
  11. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    email: auliyati.online@gmail.com

    Sebenarnya aku gak keberatan dengan peraturan itu, hampir semuanya emang bisa disanggupin lah. Cuma aku agak keberatan dgn no 10, benar kata Wening, kalau ada barang berharga hilang gimana? Kita juga kan butuh privasi, itu hak kita loh.
    Jadi, kalo Rania mau diajak nego dan setuju, aku mau kos di situ. Tapi kalo enggak, ya kayaknya cari tempat kos lain kali yaa....

    BalasHapus
  12. Sofhy Haisyah
    @Sofhy_Haisyah
    sofhyhaisyah28@gmail.com

    Mau banget >_< !!

    Karena kalo baca peraturannya semuanya lumayan bahkan pasti bisa aku patuhi sih. Bersih2 aku bisa, merokok jelas aku nggak lakuin, berisik merupakan musuh utama aku. Jadi, nih kost pasti bakal cocok buat aku ^_^))">.

    Jelasnya sih, nggak ada peraturan yang terlalu memberatkan menurutku. Dan untuk soal kunci kamar, awal baca peraturannya yaa sedikit keberatan. Tapi kembali lagi aku mikir dengan berdasarkan kehidupan aktualku selama nge-kost sendiri, yaa peraturan ke-10 itu sebenarnya dibuat untuk jaga-jaga aja jika ada sesuatu yang "tidak diinginkan" terjadi, seperti : kasusnya artis yang meninggal di kostnya dan seminggu baru bisa dievakuasi. Kan kunci cadangan seperti itu berguna keberadaannya. Dengan catatan, yang pegang kuncinya jelas si pemilik kost lah, bukan teman sesama kost sendiri.

    Tapi, untuk aku pribadi, jika ada kost model begitu di dekat kampusku sekarang, bakal langsung nelpon ortu minta izin pindah kost dan telpon jasa angkut barang ^_^))">

    BalasHapus
  13. Nama: Rika Triana
    Twitter: @rikatriana
    Email:rikatrianapasaribu@gmail.com

    berhubung akunya jomblo, yah setuju setuju aja kalo dibuat pertauran kayak gitu. secara gak ada ruginya juga. kan sekalian jaga diri dari pergaulan yang makin gak bener :D

    BalasHapus
  14. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Email : n0v4ip@gmail.com

    Sebenarnya untuk keseluruhan peraturan nya sih bagus untuk kita para cewek tapi yang gak enak itu peraturan no. 2. gak bisa gitu diundur jadi tanggal 10. masa tanggal 5?? belum tentu saya udah gejongan tanggal segitu... :D *miris*

    Thanks kak Tria ^^

    BalasHapus
  15. Alifana Silvana
    @AlifanaSilvana
    Alifanasilvana@gmail.com

    Mau aja. Walaupun peraturannya banyak yang gk sreg, tapi kayanya gak papa selama kita bisa punya temen yang fine, bisa have fun dan ejoy, terus lingkungannya comfortable :D Bisa berbagi cerita, motivasi, pengalaman dan peringatan tentang bahaya pacaran. Banyak juga kan orang yang tau pacaran dilarang agama tapi tetap dijalankan sampai akhirnya gak memilih pacaran karena udah kena dampak buruknya. Lingkungan dan pergaulan bisa jadi faktor pendukung dan aku ingin memilih lingkungan dan pergaulan yang baik.

    BalasHapus
  16. Nama : Ita
    Email : itahadjah@gmail.com

    Peraturannya bagus buat jones jones kayak gue ini tapi yang nomor 10 itu kenapa gak bisa punya kunci sendiri sih ibu kos?? saya kan juga butuh privasi ini... :D

    BalasHapus
  17. Pertanyaan :

    Kalau kamu dapat kesempatan nge-kost di Kos Jomblo dengan semua peraturannya itu apa kamu mau? Berikan alasannya ?

    Jawaban :

    Tidak mau. Alasannya yaitu karena memang belum ada niat buat nge-kost. Meskipun ada peraturan begitu atau pun nggak ada, kalau memang belum berniat buat nge-kost pasti tetap jawabanku 'tidak mau' heheXD

    Nama : Piska Lestari
    Twitter : Kyupishae
    Email : Alicepark20@yahoo.co.id

    BalasHapus
  18. Nama: Leny Hermi
    Twitter: @Lenny66677291
    email: lenyhermi@gmail.com
    jawaban: kalau aku sih mau banget. Soalnya kan aku jomblo jadi tdk masalah bagiku untuk semua peraturannya. Semua peraturannya itu bisa aku sanggupin.

    BalasHapus
  19. Nama: Thia Amelia
    Akun twitter: @Thia1498
    E-mail: thiameliasn@gmail.com

    Kalau kamu dapat kesempatan nge-kost di Kos Jomblo dengan semua peraturannya itu apa kamu mau? Berikan alasannya ya :D
    Kalau aku sih mau-mau aja. alasannya yang pertama karena memang aku jomblo dan ga terlalu ngurusin sama hal-hal yang namanya pacaran atau lelaki, yah kecuali lelaki itu ada tugas kelompok sama aku yang memungkinkah aku harus izin karena memang itu kan tugas sekolah atau kerjaan. Kedua karena menurut aku ibu kos bikin peraturan seperti itu pasti ada alasan logisnya yang tentunya juga buat kepentingan si penghuni kost dan yah mungkin juga sedikit alasan pribadi. Dan yang terakhir semua peraturan itu pastinya akan mempengaruhi masa depan kita, peraturan yang dibuat sama ibu kos belum seberapa dari kesusahan yang akan kita hadapi nanti di tempat kerja atau di kuliahan, lagipula peraturan itu bagus kok, memberikan jati diri baru yang bersifat positif pada kita.

    BalasHapus
  20. Terima Kasih, Sangat Bermanfaat Sekali. Oya Kang, saya punya banyak sekali koleksi Emban Perak | Emban Cincin | Emban Akik | Emban Titanium | Cincin Perak | Cincin Akik | Gagang Cincin | Terima Kasih atas Kunjungannya. Salam Persaudaraan dari saya.

    BalasHapus