Jumat, 28 Agustus 2015

Someone to Remember




Penulis: Nathalia Theodora
Penyunting: Winda Veronica
Perancang sampul: Athaya Zahra
Penataletak isi: Aldy Akbar
Penerbit: Ice Cube
Cetakan, Pertama, Januari 2014
Jumlah hal.: viii + 206 halaman
ISBN: 978-979-91-0653-7
“Apa kamu ini nyata?
Atau cuma ada dalam pikiranku saja?”
“Aku nyata,” kata Henry. “Aku memang kembali untukmu.”
“Aku nggak ngerti,” kataku. “Rasanya beban pikiranku terlalu banyak sampai aku nggak bisa mengerti apa pun.”

Regina terbangun dari koma dan menyadari bahwa ada sesuatu yang terasa salah dalam hidupnya. Kehilangan sebagian ingatan membuatnya bertanya – tanya tentang apa yang salah itu. seperti bercermin di air keruh, Regina terus menerus mencari potongan ingatannya yang hilang itu. Tanpa bantuan siapa pun, kecuali Alex, cowok yang ditemuinya di taman tak lama setelah dia pulih dari kecelakaan yang menimpanya.

Bersama Alex, sedikit demi sedikit ingatannya datang kembali melalui sekelabat bayangan. Dan seiring itu juga hatinya mulai terbiasa dengan perhatian dan keisengan Alex. Hingga suatu hari, ketika potongan ingatannya terkumpul semua, Regina sadar bahwa ada yang salah dengan Alex.

***

Sebuah kecelakaan membuat Regina melupakan sepenggal ingatannya. Ia tidak bisa mengingat kejadian terkait kecelakaannya. Namun entah mengapa hatinya terus mendorongnya untuk mengingat hal itu. Namun setiap kali ia berusah mengingat sesuatu, kepalanya akan terasa sangat sakit.

Kemudian suatu hari, tanpa sengaja Regina bertemu dengan Alex. Entah mengapa Alex membuatnya bisa menerima kehadiran pria itu. Padahal pada dasarnya Regina adalah orang yang sulit bersosialisasi.

Hingga suatu hari saat terbangun dari mimpinya ia ingat sebuah nama. Henry. Nama itu memberinya perasaan rindu dan sedih sekaligus. Namun ia masih sulit mengingat wajah dan berbagi hal tentang Henry.

Kemudian semakin banyak ia tahu tentang Henry, maka semakin Regina merasa bersalah atas kedekatannya dengan Alex. Tapi sesungguhnya siapa Henry?

***
Novel yang ditulis oleh Nathalia Theodora ini menceritakan tentang kisah cinta yang terlupa namun tidak terhapus dari hati. Yup, Henry memang sosok yang punya arti di hati Regina tapi pembaca tentu penasaran kenapa Regina bisa melupakan Henry. Ada apa di masa lalu?

Sesungguhnya bagi yang senang baca novel twist utama di novel ini cukup tertebak. Namun tetap menarik untuk tahu tentang bagaimana Regina akan menemukan kebenaran itu.

Kebingungan Regina berhasil disuguhkan dengan baik oleh penulis. Sayangnya proses penerimaan Regina pada kenyataan yang ada masih kurang emosional. Terasa agak mudah. Sisi ini bisa lebih dieksplorasi lagi. Saya cukup terharu membacanya namun belum benar – benar sukses menangis.

Alur maju yang disisipi kelebata ingatan Regina membuat cerita jadi mudah dipahami dan memberi kesempatan untuk menghidupkan emosi Regina untuk Henry. Sayangnya proses healing yang dialami oleh Regina kurang tereksplorasi.

Tapi, saya suka dengan tokoh Alex. Laki – laki manis penuh perhatian? Cewek mana yang bisa nolak? ;)

Oiya, sampulnya manis banget ya. Saya suka. Saya suka. Warnanya ceria tapi di saat yang sama bisa menampilkan sosok Regina yang menanggung kesedihan seorang diri dan seolah menunggu seseorang. Maniiiis.

Sukses terus ya, Mbak. Saya tunggu karya – karya berikutnya ya.

37 komentar:

  1. jangan2 alex itu termasuk orang dimasa lalu regina atau alex itu henry (?) *ngaco ya :D*

    BalasHapus
  2. Ih sama mba ... sampulnya jadi kesukaan pas pertama kali buka link ini hehe .....

    Hm, kalau saya tebak sih, udah terjadi sesuatu sama henry, dan alex adalah penyebabnya. Mau disengaja atau gak, alex pasti ada hbungan dengan henry.

    BalasHapus
  3. Covernya imut" XD
    Asli penasaran sama cerita nya Reginaaaa.. Gimana kelanjutan ceritanya setelah regina inget lagii

    BalasHapus
  4. Covernya Manis...
    Pas pertama baca reviewnya
    Aku malah mengira Alex yang menjadi penyebab kecelakaan Regina , Alex merasa bersalah lalu mencoba membantu dan menolong Regina hingga sadar dari Koma.. Jadi penasaran endingnya apakah Regina bisa menentukan sikapny??

    BalasHapus
  5. Sependapat sama mbak atria soal covernya, aku juga suka.

    Hingga suatu hari, ketika potongan ingatannya terkumpul semua, Regina sadar bahwa ada yang salah dengan Alex.

    Ini yang aku bingungkan, ya semoga bisa dapat kesempatan baca buku ini hihihi

    BalasHapus
  6. Alex, hmmm siapa dia? Aduh, masa aku nggak bisa nebak sih? Atau aku yang kebanyakan hipotesis? >,<

    BalasHapus
  7. kovernya emang maniiiiiiiss banget. perpaduan warnanya cantik >_< aku belum pernah baca novel yg tentang kehilangan ingatan. baca reviewnya sih keknya menarik, jadi pengin baca juga :D

    BalasHapus
  8. covernya keren dan manis sekali. dari reviewnya bener-bener bikin penasaran. nyesel dulu gak jadi pinjem sama temen. dan sekarang malah pengen banget baca novel ini

    BalasHapus
  9. Covernya lucu kak atria :) ada manis-manisnya gitu :D

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Huehehehe sebenarnya aku baca review novel ini sampai 2 kali gara-gara di gak nangkep-nangkep *maklum lola* :3 ahaha..

    Nah, setelah aku baca, tiba-tiba aja di otak sumpekku ini muncul berbagai pemikiran sama isi ceritanya ini, apa mungkin sih alex ini sebenernya henry yang sengaja mengubah namanya sendiri karena sebuah alasan atau malah sebenernya henry ini udah meninggal karena kecelakaan bareng regina, dan penyebab kecelakaan ini adalah sih alex, untuk itulah alex ingin menebus kesalahannya dengan mengganti posisi henry dengan dirinyaa untuk berada disisi regina (*ngelantur wkwk) *abaikan*

    Uhm, untuk covernya sih menurut aku menarik dan berwarna, cocoklah yah sama isi ceritanyaaa hehe

    BalasHapus
  12. cover nya memang menggambarkan judul nya sekali "Someone to Remember". gadis yg duduk dikursi taman itu memang seolah olah sedang menikmati keindahan taman padahal pikiran dan hatinya melanglang buana ntah kemana mencoba mengingat ingat sesuatu yang ntah apa. itu yang saya pikirkan sebelum saya baca review dari mbak tria. ternyata setelah dibaca reviewnya, cover nya memang cocok sekali dengan isi ceritanya y.

    Semoga bisa punya kesempatan untuk baca novel ini untuk bisa mengetahui lebih dalam kisah hidup Regina. ^^

    BalasHapus
  13. Covernya itu simpel banget, suka deh... Jadi pingin punya cowok kayak Alex #ehh bukunya maksudnya HAHAHA

    Kok kayaknya Alex itu kayak orang di kehidupanku yaa #jenggg #flashback #terkapar

    BalasHapus
  14. Covernya itu simpel banget, suka deh... Jadi pingin punya cowok kayak Alex #ehh bukunya maksudnya HAHAHA

    Kok kayaknya Alex itu kayak orang di kehidupanku yaa #jenggg #flashback #terkapar

    BalasHapus
  15. Covernya itu simpel banget, suka deh... Jadi pingin punya cowok kayak Alex #ehh bukunya maksudnya HAHAHA

    Kok kayaknya Alex itu kayak orang di kehidupanku yaa #jenggg #flashback #terkapar

    BalasHapus
  16. Klo saya nebaknya si Alex ada hubungannya dg Henry. Henry mati kah?

    BalasHapus
  17. Tuh kan! Kak Nathalia bikin novelnya selalu menggoda. Di tambah review Kak Atria yang juga mengoda. Terus aku mau komentar sampulnya. Sampulnya manis & soft. Entah kenapa aku berpikir bahwa gambar kepingan puzzle di sampulnya juga menggambarkan cerita Regina yang terdiri dari kepingan-kepingan puzzle yang nantinya akan saling menyatu juga terhubung.. So, aku sependapat sama Kak Atria. Ditunggu karya-karyanya lagi ya Kak Nathalia ^^

    BalasHapus
  18. Amnesia dan ketika sadar menemukan orang asing disisinya, wiihh, temanya sad romantic kayaknya nih. Dan Alex baru dari review aja sudah bikin tertarik karakternya :D

    BalasHapus
  19. Sependapat deh sama mbak atria tentang covernya, lucu dan unik. Jadi pengen banget punya novel ini. Tetap semangat ya kak Nathalia dalam melahirkan karya-karya yang luar biasa ;)

    BalasHapus
  20. Tampaknya banyak yang setuju bahwa desain covernya sungguh cantik.
    Dan memang untuk covernya patut diacungi jempol.
    Sungguh indah dan cantik, khas novel-novel romantis ala eropa.
    Judulnya pun tidak kalah indahnya, Someone to Remember.
    Buat penggemar cerita romantis, buku ini tidak boleh dilewatkan.
    Semoga beruntung bisa mendapatkan buku ini bersama dengan buku Sleepover. Amin

    BalasHapus
  21. Membaca sinopsis dan reviewnya, kok aku menebak bahwa Henry ini adalah kekasih dari Regina ya?
    Namun terlalu awal untuk menyimpulkan hal tersebut hanya dari membaca reviewnya saja.
    Masih banyak misteri yang ada didalamnya. Termasuk apakah nanti Regina akan memilih untuk bersama dengan Henry atau Alex.
    Patut ditunggu kelanjutan kisahnya, terutama endingnya. Semoga ada kejutan juga dari penulisnya.:)

    BalasHapus
  22. aku suka reviewnya.. jujur dan memotivasi penulis. walau penulis sejujurnya mudah ditebak saat twist, tapi kak Tria ngga spoiler hehehe :D #padahal aku yang penasaran ingin di spoiler#
    Sepertinya di novel ini karakter tokoh harus diperkuat lagi ya? aku setuju kalau begitu hehe aku jadi makin penasaran...

    BalasHapus
  23. Kalau tebakanku sih nih kayaknya Alex itu termasuk orang yang terlibat dalam kecelakaan yang dialami Regina. Baru dugaan sementara sih ya. Kalau Mbak Atria bilang ini mudah ketebak, kayaknya itu hal yang paling duluan melintas di kepalaku.
    Kalau lihat dari cover-nya nuansa sendu banget. Nggak heran kalau bisa bikin Mbak Atria terbawa sedih juga. Mungkin kalo Mbak Atria bacanya sambil dengerin instrumental yg mellow gitu bisa kebawa sampe nangis. :D

    BalasHapus
  24. Aku gak mau nebak-nebak ahh :P pengen baca ceritanya langsung :D Mba atria bisa sampe nangis tuh bacanyya, penuturan bahasanya pasti keren deh. Kemaren udah ubek" ke bokk fair tapi gak nemu..

    BalasHapus
  25. Keren reviewnya Mbak. Pengen punya novel ini deh. Kapan ya di Kota Sumedang ada toko buku yg lengkap, kaya Gramed :(

    BalasHapus
  26. Covernya emang eye catching gitu ya, manis-manis sedih gimana gitu. Ah, jadi penasaran nih. Henry itu siapa, terus apa sih salahnya si Alex. Ngebayangin gimana Regina sedikit demi sedikit menemukan penggalan ingatannya

    BalasHapus
  27. Wah, dari desaign covernya ceria sejauh mata memandang kayanya sih seru banget kalo dipandang di reviewnya

    BalasHapus
  28. Aku termasuk orang kalau beli novel selalu melihat penampilan dari cover. Jujur, aku cari novel ini di gramedia udah nggak ada. I'm falling in love in this novel first. Kak Atria aku juga selalu lope-lope padamu. Reviewnya lho bikin penasaran sama Alex. Aku jadi narik kesimpulan dari review kakak. Mungkinkah Alex penyebab Regina kecelakaan atau dia hanya menebus dosa atau mungkin dia ada hubungannya dengan Henry? Aku bener-bener pingin novel ini. Kak Theodora, terus berkarya kak. Aku selalu menunggu novel-novel kakak dan tampaknya novel kakak selalu abis deh. Hikssss

    BalasHapus
  29. Covernya manis ^^
    Sinopsis dan review kak Atria juga membantu banget buat membangun rasa keinggintahuanku tentang Alex dan Henry? Apa mereka ada hubungannya? Apa Regina akan bertemu Henry? Apa Regina menyukai Alex? Lalu bagaimana?

    Padahal aku menunggu puisinya kak, ini kan novel romantis. kirain ada puisi yang akan menyayat hati. Soalnya suka sama puisi kakak yang selalu bisa menggambar semua isi sinopsis dan reviewnya!!

    sukses..

    BalasHapus
  30. Apa Alex sebenernya orang jahat yang nyamar? *nahlo ngaco :o*

    BalasHapus
  31. Aku belum pernah baca novel ini.
    Setelah membaca Alpha, berharap bisa membaca novel ini nantinya. xD

    BalasHapus
  32. Covernya kerenn :D
    "Someone to Remember" ... Rasanya denger kata-kata itu jadi tersentuh.... Aku jadi ngarep deh, ada ga ya yang jadiin aku "Someone to Remember" nya? Xixixi :D

    BalasHapus
  33. Genrenya agak beda sama Alpha ya kak? Tapi genre romance selalu buat aku tertarik sih hehee..
    Kok aku curiganya Henry itu orang spesialnya Regina ya? Tapi pas pemulihan itu Henry menghilang untuk kebaikan Regina, lalu muncullah si Alex yang terlihat baik tapi justru memperburuk keadaan(?)
    Entahlah :D

    BalasHapus
  34. Uhhhh covernya...... lucu banget yah kak. Bagi penggemar sampul kece, lihat ini jadi seger banget matanya. Kadang, kalau sampulnya okeh liat sinopsisnya jadi semacam formalitas aja hahaha

    BalasHapus
  35. Covernya emang benar-benar bisa menggambarkan kecerian disamping kesedihan. Jadi, apa Alex ini hanya seorang bayangan? Atau emang benar2 manusia yg punya kisah lama dengan Regina?

    BalasHapus
  36. Cinta segitiga? Interest.
    Kalo alex laki laki manis penuh perhatian, bagaimana dengan Henry?

    BalasHapus
  37. Untuk buku Mbak Nathalia yang satu ini, saya setuju banget sama Mbak Atria. Design sampulnya emang manisss banget, malah saya berasa lagi liat komik-komik Jepang :D Eye-catching dan bisa ngebuat yang liat langsung mau beli (karena cover buku kadang bisa menjadi satu dari sekian banyak alasan kita membeli buku). Kalau untuk isi ceritanya, no wonder lah, pastinya lebih eye-catching dan feel-catching (baper mungkin dalam bahasa Indonesianya, hehe). Rahasia yang harus dikuak dari seseorang yang punya tempat tersendiri dalam hidup kita di masa lalu... Jalan cerita seperti ini siapa sih yang nggak mau ngelahap novelnya sampai habis?

    BalasHapus