Rabu, 01 Juli 2015

Seoul Cinderella




Penulis: Lia Indria Andriana
Penyunting: Nyi Blo
Desain Cover: Saiful Rochman
Penata Layout: Dedy Andrianto
Penerbit: Haru
Cetakan: Kedua, Februari 2013
Jumlah hal.:221 halaman
ISBN:978-602-98325-8-7
Aku memandangi wajah di depanku dan menyadari bahwa ia seorang Cinderella.
Seorang Cinderella pasti pandai memasak, kan?
Ia membuatkanku sebuah masakan, tapi aku tahu ia menghidangkan makanan siap saji yang entah ia beli dari mana.
Lalu, apa yang ia lakukan berpura – pura jadi Cinderella?
Ah, manusia jadi menarik jika punya rahasia, kan?

***

Novel karya Lia Indra Andriana ini “mengawinkan” tentang dongeng Cinderella dengan kehidupan masa kini dan berlatarkan dua negara yakni Korea dan Indonesia. Ini dicerminkan oleh tokoh utamanya yang bernama, Nia.

Ya, Nia dikisahkan sebagai Cinderella dengan ibu tiri dan kakak tiri. Hidupnya berubah setelah sang ayah meninggal. Ia harus ke Korea dengan menjadi TKW demi membiayai keluarganya. Beruntung ia masuk dalam keluarga yang baik.

Hingga ia pun berkenalan dengan Hyun Jun, adik majikan perempuannya. Pertemuan pertama benar – benar buruk. Namun ternyata mereka ditakdirkan untuk selalu bersama. Sang majikan akhirnya menyerahkannya pada Hyun Jun. Nia pun akhirnya jadi pembantu di apartemen Hyun Jun.

Namun ternyata cerita tidak hanya itu saja. Nia dan Hyun Jun akhirnya ke Indonesia bersama dan membawa mereka pada sebuah kebenaran. Dan di waktu yang sama Hyun Jun sendiri menyimpan sebuah rahasianya sendiri yang berkaitan dengan Indonesia.

Dan apakah akhirnya Hyun Jun adalah pangeran yang ditunggu Nia? Ataukah Nia memang hanyalah seorang Cinderella gadungan?

***

Membaca novel Seoul Cinderella ini, membuat saya berpikir bahwa ide cerita memang bisa berasal dari mana saja. Kisah Cinderella memang sudah banyak “diplesetkan” bahwa mengambil banyak sudut pandang. Lihat saja, ada Drama Korea yang menceritakan kisah Cinderella masa kini namun dari sudut pandang saudara tirinya.

Dan kini kisah Cinderella kembali diceritakan namun versi modern dan mengambil setting dua negara yakni Korea dan Indonesia.

Ide dasar yang ditampilkann penulis sebenarnya cukup menarik. Menampilkan Nia sebagai Cinderella masa kini namun sikapnya tidak begitu mirip dengan Cinderella. Nia ditampilkan tidak piawai di dapur juga tidak gampang ditindas. Sayangnya karakter ini jadi kurang konsisten saat Nia berinteraksi dengan keluarganya. Saat di Korea, Nia bersikap berani dan tidak gampang ditekan. Namun saat berada di Indonesia, karakter tersebut melemah.

Selain itu, setting Korea dan Indonesianya kurang dieksplor. Setting Korea ditampilkan hanya di awal. Sisanya kurang menyatu dengan cerita. Pun setting kota Surabaya yang diceritakan sebagai kota asal Nia. Kurang diceritakan. Padahal tidak ada salahnya jika ikut diuraikan sedikit karena setting cerita salah satunya memang di kota ini.

Alur cerita menarik. Ini karena kedua tokoh utamanya yakni Nia dan Hyun Jun sama – sama menyimpan rahasia. Ini membuat pembaca tetap penasaran hingga akhir novel. Sayangnya, dialognya masih kurang hidup. Narasi juga masih terasa kaku.

Tapi secara keseluruhan, buku ini cukup enak dibaca.

1 komentar: