Rabu, 01 Juli 2015

[Giveaway] Review Pssst...!




“... belajar berdamai dengan keadaan, untuk menjadikan masa lalu tetap masa lalu bukan hantu yang menghantui masa depannya, masa depan kita.”(Hal. 29)


Penulis: Dy Lunaly
Penyunting: Ikhdah Henny
Perancang sampul: Nocturvis
Ilustrasi sampul & isi: Nocturvis & Belinda CH
Pemeriksa aksara: Gabriel
Penerbit: Bentang Pustaka
Cetakan: Ketiga, Maret 2014
Jumlah hal.: viii + 204 halaman
ISBN: 978-602-7975-59-0
Enggak ada yang salah dengan liburan atau negara ini. Aku yang salah. Salah enggak, sih, nyimpen rahasia dari sahabat sendiri?
-Wira

Ada banyak alasan kenapa aku memilih Belgia, termasuk karena aku akan lebih jujur kepada mereka. Semoga!
-Jiyad

Luksemburg, ada apa di negara kecil ini? Nggak tahu, sih, sama enggak tahunya kalau pilihanku ini akan menjadi bencana. HELP!
-Noura

Aku lebih dari sekadar bahagia ketika merayakan ulang tahun di depan Menara Eiffel. Tapi, Wira merusaknya dengan sempurna! ARGH!
-Adhia

Tiga kesalahan! Memilih tujuan liburan dengan dart, mengubah rencana di detik terakhir, dan yang paling parah, akhirnya aku jujur kepadanya. Eh, itu kesalahan bukan, ya?
-Kalyan

***

“Aku tersenyum melihat mereka. Aku mungkin nggak bisa memilih siapa yang menjadi keluargaku, tapi aku bisa memilih siapa yang menjadi sahabatku ...” (Hal. 38)

Kisah 5 sahabat yang melakukan perjalanan ke Eropa ini diceritakan dengan menggunakan sudut pandang orang pertama dari 5 orang berbeda. Cerita dibuka dengan cerita dibuka dengan flashback kehidupan Wira. Cerita tentang sang ayah yang pergi dan meninggalkan bekas luka di hati Wira dan ibunya.

Kemudian cerita tentang liburan itupun dimulai dengan menghubungkannya dengan kisah masa kecil Wira. Kenangan Wira dengan kota Amsterdam. Kemarahan pada sang ayah.

Setelah itu cerita berlanjut ke Belgi. Gudangnya cokelat yang nikmat dan lezat. Juga tempat Herge Museum berada. Tempat Jiyad bisa melihat museum penulis Tintin yang digemarinya. Dan selama perjalanan di Belgia, sudut pandang orang pertama dari sisi Jiyad-lah yang dipakai. Dan melalui sudut pandang ini  jugalah sebuah pengakuan besar dari Jiyad dilontarkan dan mengancam retaknya hubungan persahabatan mereka.

Kemudian cerita berlanjut dari sisi Noura. Mereka melanjutkan perjalanan ke Luksemburg. Di sana persahabatan mereka kembali direkatkan. Dan saat itu Noura dihadapkan pada sebuah kenyataan tentang sikapnya yang sebenarnya baik namun bisa membawa dampak buruk bagi orang – orang di sekitarnya.

Lalu, perjalanan berlanjut ke Paris. Ke tempat yang membuat Adhia jatuh cinta sejak kecil. Impian romantisnya pun memasukkan Paris dan “pernyataan cinta” di dalamnya. Lantas kenapa ketika itu terwujud ia tetap saja merasa tidak bahagia?

Dan terakhir, Venesia. Ini adalah pilihan Kaylan. Kaylan yang suka bersikap seenaknya namun sekaligus calon dokter yang pengecut. Hm.. Deskripsi yang aneh? Tapi itu tepat.

Perjalanan 5 negara yang dilakukan oleh 5 sahabat ini akan membawa pembaca menjelajahi keeksotisan Eropa. Dan di dalamnya konflik keluarga, cinta, dan persahabatanmu diketengahkan.


***

“Sahabat bukan orang yang ada ketika kamu sedih, tapi sahabat adalah mereka yang paling bahagia, lebih dari kebahagiaan yang kamu rasakan ketika melihat kebahagiaanmu.” (Hal. 75)

Hm.. novel Pssst...! adalah novel solo kedua karya Dy Lunaly yang saya baca. Karya pertamanya yang saya baca adalah My Daddy Odha.

Dalam karya ini, ada beberapa hal yang berkembang yakni kemampuan Dy Lunaly mengolah konflik dan mengembangkannya. Siapa yang menduga bahwa perjalanan 5 sahabat ini akan melibatkan banyak konflik sekaligus. Sayangnya karena dituturkan dari 5 sudut pandang, maka klimaks konflik utama tidak terasa. Rasanya semua masalah adalah masalah utama.

Hm.. Selain itu, yang perlu diperhatikan dari novel ini adalah penggunaan POV orang pertama namun dari 5 karakter berbeda. Ini memang membuatnya menarik. Sayangnya, untuk tokoh cowok, masih terasa kurang maskulin. Cara ia berkata dalam hati masih lebih dipengaruhi oleh logika dan gaya bahasa perempuan. Ini memang tantangan bagi penulis perempuan yang mencoba menulis dari sudut pandang tokoh laki – laki. Semoga di karya berikutnya ini bisa lebih baik lagi. (^_^)

Namun, di luar semua kekurangan itu, membaca novel Pssst...! akan membuat pembaca menikmati Eropa secara alami. Tidak terkesan seperti sebuah buku traveling sebab setting cerita berhasil menyatu dengan apik dalam rangkaian cerita. Settingnya tidak terasa sebagai tempelan. Itu adalah kekuatan utama buku ini.
Dan, hei, tokoh Wira ini memang loveable ya. Tapi ya kok penulisnya tega sih sama Wira (>_<)

Pssst...! dapat bocoran dari Dy Lunaly. Ia akan menebus dosa dari “kejahatannya” pada tokoh Wira di buku barunya. Jadi, untuk #TeamWira jangan lupa untuk menunggu novel terbaru Dy Lunaly.
***

Puisi yang terinspirasi novel Pssst...!

Aku merindu & membenci Amsterdam
atas kenangan masa kecil penuh duka
& atas hati yang patah

Aku mengharapkan cinta di Belgia
agar kisah cintaku semanis cokelatnya

Aku mendatangi Luksemburg
bersama do'a akan bahagia untuk semua

Aku jatuh cinta pada Paris
menunggu kekasih yang romantis
yang mungkin tak eksis

Aku memilih Venesia
tanpa rencana & menemukan keberanianku di sana

Dan terakhir:
Aku memilih sahabat yang penuh cinta
untuk menghadapi dunia bersama
***



Seperti judul postingan ini. Ada Giveaway berhadiah novel Pssst...! karya Dy Lunaly. Dan Giveway ini cukup spesial karena akan ada pula hadiah kaos untuk kamu, Readers.
Sudah siap untuk memenangkannya? Ikuti saja langkah berikut:

1. Follow akun twitter @atriasarika dan @dylunaly
2. Share link postingan Giveaway ini di twitter kamu dengan mention @atriasartika @dylunaly dan @bentangPustaka dengan hashtag #Pssst  *ingat, huruf “s” ada 3. He..he..*
3. Jawab pertanyaan berikut:
Dari 5 negara yang jadi tujuan traveling Wira,dkk. Pilih 1 negara yang menurutmu paling menarik. Coba jelaskan biar saya juga ikut tertarik ;)
Sertakan data dirimu berupa: nama, akun twitter, dan email
4. Giveaway ini berlangsung tanggal 1 – 7 Juli 2015
5. Hanya untuk yang berdomisili di Indonesia ya.
Nah, semoga beruntung ya, Readers J

31 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Nama: Lois Ninawati
    Twitter : @_loisninawati
    Email : ninawatilois@gmail.com
    Jawban : aku milih Belgia. soalnya, disana, sudah seperti "surganya coklat" :D aku suka banget sama coklat :D ntar bisa wisata kuliner coklat di sana :D oh iya, aku juga punya temen orang Belgia, ntar mampir ke rumahnya XD ntar jalan-jalan, sambil ngemil macem-macem coklat *bayangin aja udah ngiler* kalo perlu, belajar juga ngolah coklat di sana. pasti seru bangett ^^ Puisinya, keren kakk :D

    BalasHapus
  3. Nama: Dy
    twitter: @dylunaly
    email: dylunaly@yahoo.com
    Jawaban:
    Belanda! Soalnya negata itu semacam "pintu" eropa yang paling gampang dimasukin! Terus dari Belanda juga cuma 1 jam ke Belgia, 2 jam ke Lux, dan cuma butuh semalam untuk ke Venesia dan Verona. Nggak cuma itu, banyak pilihan destinasi berikutnya karena banyak maskapai menjadikan Amsterdam sebagai tempat transit mereka.
    Jado..Belanda karena itu pintu dengan banyak kesempatan :)

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Nama: Wulida
    twitter: @Jm_nim
    email: wulida.nadhila@yahoo.com
    link: https://twitter.com/Jm_nim/status/616227344299134977

    Jawaban : Paris. Paris selalu membuat orang jatuh cinta. Karena paris begitu gagah dan dilengkapi menara eiffel yang begitu angkuh. Paris adalah kota yang paling sering disebut untuk orang-orang pertama yang ingin berlibur ke Eropa. Seolah Paris adalah jendela yang memperlihatkan bagaimana indahnya Eropa

    BalasHapus
  6. Nama : Tasya Permata Sanjaya
    Twitter : @tasyatasa_
    Email : ptasya23@gmail.com

    Yang paling menarik menurutku adalah Belanda. Sebab dari dulu aku tertarik sekali dengan negara ini,padahal bangsa kita dulu pernah dijajah. Tapi aku tertarik. Dan aku ingin melihat langsung pemandangan kincir angin yang bertebaran dihamparan rerumputan hijau nan hidah. Aku juga ingin berfoto dirumah yang ada kincir angin besarnya #kayakanakkecil. O,ya aku ingin lebih tahu apakah warga Belanda masih ada yang membenci/dendam ke Indonesia karena Indonesia merdeka. Dan aku penasaran dengan bahasa belanda. Aku ingin mencobanya tapi susah dan terkesan horor jika sambil diingat dengan masa penjajahan. Aku juga ingin tahu cara Belanda supaya menjadi negara yang ekonominya lumayan. Supaya kita warga Indonesia juga bisa berkembang pesat juga. :)

    BalasHapus
  7. Nama : Putri Diniansyah
    Twitter : @PrincesArgentum ( https://mobile.twitter.com/PrincesArgentum/tweets)
    Email : mputdiniansyah@gmail.com
    Jawaban : Venesia ,, pertama kali yang terlintas yaitu Ponte dei Sospiri, well untuk sebagian orang pasti sudah tahu kenapa? Yes,karena mitos romantis di kota ini yaitu pasangan
    yang naik gondola ketika di bawah jembatan Ponte dei Sospiri (jembatan yang menghubungkan Palazzo Ducae dengan penjara Venesia) bertepatan dengan matahari terbenam lalu mereka berciuman maka cintanya akan abadi..
    Kalau ditanya kapan saya tergila-gila dengan kota Yang dibangun diatas air ini , jawabannya ketika menonton satu film yang mengambil tempat di Venesia, dan sampai sekarang kota ini masih memikat hati saya,
    kalau saya punya kesempatan ke Eropa kurang afdol rasanya kalau tidak mengunjungi kota Venesia
    Bagaimana dengan mba Atria Sartika?

    BalasHapus
  8. nama : siti zulaikhah
    email ; zulaikhah0796@gmail.com
    twitter : @kimzujonghee

    negara yang ingin aku kunjungi?
    Paris.
    Paristerkenal sebagai kiblat mode dunia, selain ituparisjuga merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Pesona Menara Eiffel di Paris adalah daya tarik utama para pelancong domestik dan mancanegara. Namun sebenarnya ada banyak alasan Anda harus berkunjung ke kota romantis ini. Simak selengkapnya seperti yang dilansir dariReader Digest Asiaberikut ini.Orang-orang di sanaWargaPrancismemiliki gaya hidup, selera berpakaian, dan perilaku yang menarik. Mereka banyak ditemukan berbusana indah dan pergi dari satu toko kue ke yang lain. Ada pula yang berjemur di tepi Sungai Seine atau sekadar duduk di kafe pinggir jalan untuk menyeduh minuman hangat mereka. Sangat menyenangkan. Jadi tidak ada salahnya berpura-pura menjadi salah satu orangPrancis dan menikmati kotaParisbukan?Keromantisan yang ditawarkanBaru sampai diParis, Andaakan langsung ditawari hal-halberbau romantis yang menenangkan hati. Misalnya, mengutarakan harapan cinta di bawah Pont-Marie atau jembatan para kekasih. Atau Anda juga bisa melakukan pose seperti melamar di bawah Menara Eiffel setelah makan malam romantis dengan pasangan.

    BalasHapus
  9. Nama : Veny
    Twitter : @yutakaNoYuki
    Email : himurasora@yahoo.co.id

    Sebenarnya dari 5 negara setting di novel Pssst ... ! ini ada 2 negara yang menarik perhatian saya, yaitu Luxemburg dan Belgia. Tapi karena disuruhnya milih salah satu maka saya memilih negara Belgia. Kenapa ? Karena saya jarang sekali menemukan buku yang berlatar negara Belgia, kalau Venesia dan Paris banyak banget tuh buku yang mendiskripsikan gimana pemandangan dan romantisnya suasana negara-negara tersebut. Tapi Belgia saya sama sekali belum pernah menemukan penulis yang menggambarkan negara ini senagai setting sebuah buku.Kira-kira kalau di Belgia itu suasana seperti apa yang bisa tangkap ? Selain coklatnya apa lagi yang menjadi trademark negara ini ?

    BalasHapus
  10. Nama : Wahyu Triyani
    Twitter : @witri_nduz
    Email : witinduz2@gmail.com
    Jawaban :
    PARIS. Paris itu kota yang penuh cerita cinta. Suatu saat aku ingin ke sana bersama pasangan. Berfoto mesra di depan Menara Eifel. Hehehe. Biar kaya di film-film itu :)

    BalasHapus
  11. Nama: Anis Antika
    Twitter: @AntikaAnis
    Email: anis_antika@yahoo.com

    Perancis, dong. Karena menurutku Perancis adalah kota seni paling Indah sedunia. Apalagi festival seni di sana. Selalu menjadi tujuan semua penikmat seni sedunia. Setiap mendengar kata Perancis yang terlintas di kepala kita pastilah Paris. Padahal hampir semua tempat di Perancis sangatlah indah. Yang paling menjadi impian saya adalah museum Louvre. Yeah... Tempat di mana Monalisa berada.

    Daripada Paris aku lebih tertarik dengan kota Montmartre. Kota kecil yang pernah menjadi tempat berkumpulnya para seniman besar Perancis yang melegenda. Di sana kita bisa menapaktilas tempat hidup dan tempat berkarya Pablo Picasso dan kawan-kawan . Ah... Aku sangat menyukai seni. Kota kecil ini terkesan romantis, antik, dan terlihat penuh seni. Karena itu aku menyukainya.

    BalasHapus
  12. Nama: Khusnul
    Twitter: @imahreana
    Email: khusnulalsyafia@gmail.com

    Aku pilih Amsterdam, karna Amsterdam itu adalah kota yang menawarkan suasana eksotik dengan bangunan khas nya yang sekaligus kuno juga klasik. Puluhan kanal yang membelah kota ini membuat setiap sudut jalan terlihat indah. Kurasa waktu seolah berjalan lambat di sini, apalagi menikmati kota Amsterdam dikala malam. Dan juga di Amsterdam sangat enak saat berjalan kaki, ngirit dan bebas polusi, itu yg terpenting :D

    BalasHapus
  13. nama: Alfa
    twitter: @kardusepatu
    email: marichacha88@gmail.com

    Dari dulu aku selalu ingin ke Paris, tapi kali ini aku ingin mencoba hal baru, jadi aku akan memilih Venesia - Italia. Di sana ada gondola dan Canal Grande. Kita bisa melihat berbagai bangunan yang dibangun dengan desain ala Eropa di kanan-kiri kanal itu. Untuk perjalanan itu kita (wisatawan) katanya bisa menggunakan gondola atau taksi air (basically, taksi air itu juga semacam perahu). Selain tertarik ingin naik gondola di kanal-kanalnya Venesia, aku juga tertarik untuk mencoba makanan-makanan ala Italia di kota itu (yang pasti selain pizza ya, hehe).

    O ya, mungkin akan lebih tepat jika kita menyusuri kanal di Venesia menggunakan gondola saat hari sudah menggelap. Bayangkan saja, cahaya lampu-lampu bangunan berwarna kuning-oranye di tepi kanal yang terpantul di air pasti terlihat sangat indah. Apalagi jika kita ditemani oleh seseorang yang spesial di samping kita...dan beberapa cemilan juga, mungkin? :)))

    BalasHapus
  14. nama : pramestya wahyu
    twitter : @a_pramestya https://twitter.com/a_pramestya
    email : pramestya23@gmail.com

    Paris. Itu kota yg paling aku suka di Eropa (walau sebenarnya belum pernah ke sana atau cari kota lain yg lebih keren dari Paris).

    Ada Arc de Triomphe, gapura kemenangan yg gedhe banget itu, tiduran diatasnya kayaknya enak :3 , ditambah Avenue des Champs-Elysées yang jadi jalan buat atraksi jalanan keren.

    Pemandangan Paris dari pencakar langit Tour Montparnasse saat sore hari, ketika langit memiliki empat warna; biru, ungu, putih, dan jingga. Aku jadi ngerasa tenang, damai, sejuk... (padahal cuma liat di foto -_- ).

    Dan tentu saja, yang paling menonjol dari Paris, Menara Eiffel. Pencakar langit yang ada di tepi sungai berliku-liku, panjang, membelah Paris menjadi dua, itu memiliki keindahan tersendiri menurutku. Andai bisa naik ke atas sana, apalagi malam hari. Ngebayangin jadi galau sendiri.

    Ahhh sudahlah. Mungkin itu aja. Yang pasti, Paris selalu indah dalam waktu kapanpun. Kalau aku, spesial malam hari, kesan romantisnya dapet!

    Thanks kak :) malah jadi kayak curcol... Maklumin ya...

    BalasHapus
  15. Nama : Afika Yulia Sari
    Twitter : @afikayulia
    Email : afikayuliaakb@gmail.com

    Jawaban:
    Menurut saya, negara yang paling menarik adalah Belgia.
    Alasannya karena Belgia merupakan negara penghasil cokelat. Sekitar 220.000 ton cokelat diproduksi setiap tahunnya. Sebagai salah satu penggemar cokelat saya sangat tertarik sekali menyicipi cokelat dari Belgia langsung. Disamping itu, aku ingin berkunjung ke pabrik cokelat dan melihat bagaimana cara pembuatan dan pengolahan cokelat. emmm, lezatnya cokelat :D
    Belgia juga merupakan salah satu negara yang menekankan pentingnya pendidikan. Itu cukup bagus ! Karena mendapat pendidikan adalah hak setiap manusia.
    Pada abad ke-15 Belgia menemukan cat minyak.
    Hobi orang-orang kaya di Belgia adalah mengumpulkan berbagai bentuk seni dan lukisan. Kebetulan saya suka sekali melihat-lihat seni dan lukisan baik itu punya temen ataupun hasil dari orang lain.
    Orang Belgia juga suka mengumpulkan kupon diskon.
    Belgia juga pusatnya berlian dunia.
    Makanan khas Belgia adalah "WAFFLE" yaitu adonan kue yang empuk dengan bentuk segiempat atau bundar dengan motif kotak-kotak. Waffle yang ditemani secangkir teh, wuihhh engga kebayang lagi deh rasanya seperti apa. Sepertinya menyenangkan sekali bila berkunjung ke Belgia.

    BalasHapus
  16. Nama: Anni Nurussayyidah
    Twitter: @anny_fairish
    Email: annyfairish@gmail.com

    Jawaban:
    Saya paling suka luksemburg. Meski secara kuantitas wilayahnya minim tapi kualitasnya luar biasa. Di Asia, ini mengingatkan saya pada Singapura.

    Letaknya juga sangat strategis. Betapa tidak, letaknya yang dikelilingi negara Perancis, Jerman dan Belgia. Itu, membuatnya asyik untuk dikunjungi sebagai tempat jalan-jalan.

    Taman bermain: Di dekat alun-alun kotanya, ada sebuah taman asri. Di sana banyak disediakan tempat sampah. Dari tempat sampah satu ke tempat sampah yang lain hanya berjarak 3 meter! Gimana mau males buang sampah coba? Pasti tempat sampahnya malah pada berebut… Hei! Isi aku isi aku!

    Kalau pergi ke Luksemburg kita bisa irit kok. Cukup datang pada hari minggu. Karena toko-toko dan swalayan tutup pada hari itu. Lumayan kan, AMAN!

    BalasHapus
  17. Nama : Agatha Vonilia M.
    Akun twitter : @Agatha_AVM
    E-mail : agathavonilia@gmail.com

    Jawaban : Aku memilih kota Amsterdam. Sebelum aku menjelaskan mengapa aku memilih kota Amsterdam, aku mau menjabarkan sejarah kota Amsterdam yang merupakan kota tertua di Belanda dan merupakan ibu kota Belanda serta surganya kanal, kincir dan bunga tulip. "Nama kota Ams­ter­dam berasal dari Amstelredamme yaitu asal usul kota ini. Am­sterdam dibangun di ben­dungan sungai Amstel yaitu di salah satu daerah bahagian Holland utara di abad 13. Kota ini sangat unik dari segi trans­portasi dan tanpa polusi. Sejarah Kota Amsterdam masih terdapat di Dam Square, taman kota yang menjadi pusat wisata dunia. Di wilayah Dam Square ini terdapat istana Raja/Ratu Belanda. Disini pula dilangsungkan acara penobatan Raja Wilem Alexander, April yang silam. Sebagai ibu kota negara tentu Amsterdam berbagai kantor peru­sahaan besar terdapat disini. Hal ini turut menjadikannya sebagai daya tarik dan tujuan wisata. Setiap tahun diperkirakan 4,2 juta orang berkunjung ke Amsterdam. Apalagi di kanal-kanal pusat kota tersedia perahu-perahu pesiar yang siap mengantarkan para pelancong mengitari kota dan daerah sekitarnya. Tentu saja kota Amsterdam tidak hanya terkenal dengan kota kanalnya. Kincir angin dan tulip." Menurut wartawan senior, Ketua PWI Sumbar Basril Basyar. Nah, Kak Atria itu sejarah dari kota Amsterdam. Menurut pendapatku sendiri, di Eropa terkenal dengan keeksotisan kanalnya. Kita pergi ke sana pasti yang pertama dituju adalah kanal-kanal setempat dan menikmati pemandangan dari atas perahu terutama di Venesia. Di Amsterdam pun juga begitu, cuma bedanya kanal-kanal yang terdapat di Amsterdam terletak di tengah kota sehingga jika kita naik kapal pesiar dan berkeliling kota Amsterdam serasa melewati kanal di tengah kota dengan disuguhi berbagai bangunan klasik bergaya khas Amsterdam. Kanal-kanal Amsterdam (Belanda: 'Grachtengordel') abad ke-17 yang berada di jantung Amsterdam dimasukkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO pada Juli 2010. Menakjubkan bukan Kak? Nggak hanya itu, kita juga dapat mengunjungi tempat-tempat wisata utama Amsterdam, termasuk kanal-kanal bersejarahnya, Rijksmuseum, Van Gogh Museum, Stedelijk Museum,Hermitage Amsterdam, Anne Frank House, Amsterdam Museum, distrik lampu merah, dan kedai kopi cannabisnya menarik lebih dari 3,66 juta wisatawan mancanegara setiap tahunnya. Di salah satu artikel ada yang bilang seperti ini :

    Banyak orang bilang Amsterdam itu hanya enak dikunjungi untuk 2-3 hari saja, kecuali mereka yang ingin “nakal”.
    Tak begitu banyak memang yang ditawarkan oleh Amsterdam, tak seperti kota tetangganya, yakni Paris atau London yang lebih termasyur bidang pariwisatanya. Namun jangan sekali-kali meremehkan Amsterdam, ada begitu banyak alasan untuk bisa mencintai kota ini, apalagi dengan sejumlah keunikan yang tak dimiliki destinasi lain manapun di dunia.

    Jadi, Amsterdam tidak kalah dengan kota-kota termasyhur di Eropa. Sebenarnya aku mau kasih beberapa gambar tentang Amsterdam tapi nggak bisa. Kalau kak Atria sudah lihat foto-fotonya di google pasti akan terpikat juga deh ^_^

    BalasHapus
  18. Nama: Dian Maya
    Twitter: @dianbookshelf
    Link share: https://twitter.com/dianbookshelf/status/616782802701283328

    VENESIA
    Karena kota-kota lain sudah terlalu mainstream. Apa yang bikin saya tertarik? Kota ini kan terkenal karena kanal-kanal panjangnya tuh. Saya pengen menyusuri kanal-kanalnya naik gondola. Trus selfie-selfie deh bareng pendayungnya. Pasti nyenengin, apalagi kalo sama Wira. Hakhakhak. Berasa selebritis.

    BalasHapus
  19. Nama: Ratih Cahaya
    Twitter: @ratiihcahaya
    Email: cahayaratih@gmail.com

    PARIS. Mungkin kedengarannya biasa banget. Apalagi kota ini sering diangkat menjadi latar novel dan film-film. Tapi aku punya alasan sendiri kenapa aku ingin ke Paris.

    1. Aku ingin mengunjungi Shakespeare and Co. Toko buku yang muncul di film Before Sunset ini bener-bener membuatku pengen ke sana.

    2. Aku ingin mengunjungi Stravinsky Fountain. Ini juga terinspirasi dari novel Pardon My French-nya Cathy Hapka, di mana tokohnya mengunjungi tempat ini, dan pas aku cari tahu, ternyata seru juga di sana, apalagi di malam hari.

    3. Aku ingin ke Laduree dan nyobain all of sweets di sana!

    4. Aku ingin mengunjungi cafe-cafe unik dan klasik di Paris, dan belanja buku yang dijual di sepanjang tepi sungai Seine.

    5. dan terakhir, aku ingin menikmati hujan di Paris, seperti tokoh Gil Pender di film Midnight in Paris, juga menikmati senja di sepanjang sungai Seine seperti Jesse dan Celine di film Before Sunset.

    Banyak ya?? hehehe...

    BalasHapus
  20. Nama : Septy Anggita
    Akun twitter : @sseptyanggita
    Email : septysmpnss@gmail.com
    Jawaban :
    Yang paling menarik dari 5 negara menurut sya adalah Luksemburg. Karna menurut review yg kaka sampaikan, terdapat hal baik terjadi disana. Kerekatan 5 org shbt terjadi disana. Menurut sya tempat yg menarik itu bkn karna keindahan ataupun kemolekan negara tsb, tetapi karna sejarah kebaikan yg terjadi. Trims ^^

    BalasHapus
  21. Nama: Gestha Reffy
    Twit: @AltGST
    email: gesthareffy@gmail.com

    Aku memilih negeri dongeng. Yap, Luxembourg.
    Kota kecil. Dimana jarang banget ada orang-orang yang kepikiran buat travelling ke kota ini. Padahal, kota yang dijuluki kota seribu wajah ini menyimpan 1001 pesona keindahannya yang tak dapat diungkapkan dengan kata-kata.

    Luxembourg.. sebuah kota yang menaungkan nuansa khas musim dingin, pepohonan cokelat disekitar mendominasi Kota ini. Saya sangat suka akan suasana seperti ini. Menenangkan.

    Luxembourg punya tempat-tempat wisata yang wajib dukunjungi. Ada Kota Tua yang menyuguhkan pesona sejarahnya. Jika mengitari Kota Tua, kita akan menjumpai patung-patung, bangunan-bangunan tua, dan batu-batu peringatan yang punya ciri khasnya sendiri.

    Ada balkon terindah di Eropa, yang diberi nama Chemin de la Corniche. Dindingnya memanjang di atas lembah Alzette,dari Tinggian Bock hingga keHoly Ghost Citadel.

    Ada juga Casemates semacam jaringan terowongan bawah tanah yang juga tak kalah mempesonanya.

    Ada The Monument of Remembrance yaitu monumen yang sengaja didirikan untuk mengenang jasa-jasa para tentara sukarelawan yang tergabung dalam kesatuan militer Luxembourg.

    Ada Pont Adolphe adalah jembatan yang dibangun di atas sungai Pétrusse, sebagai penghubung antara jalan Boulevard Royal di sisi wilayah utara (Ville Haute), dan jalan Avenue de la Liberté.

    Jalanan di sekitar Kota itu pun selalu terjaga bersih dan tertata rapi. Pokoknya bikin adem deh..

    Dan salah satu yang bikin aku kagum yaitu kota yang jadi bagian Eropa ini pernah didapuk sebagai kota dengan pendapatan perkapita tertinggi. Waahhh *prokkkprokkk*

    Gak kebayang pokoknya, kalo dapet rezeki dan vacation di sana.. Aamiin ya ALLAH :)

    At least, pokoknya Luxembourg kece badai dah. Pantes aja kalo Luxembourg masuk dalam list negara di novel Pssst karya Kak Dy ^^

    BalasHapus
  22. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Email: ayamurning@gmail.com

    Jawaban:
    Yang ditanya negara kan ya? Jadi kalo kota pilihannya nggak sama dengan 5 kota di atas nggak apa-apa kan? :D

    Aku pilih negara Belanda, tapi aku lebih tertarik dengan kota Rotterdam dibanding Amsterdam. Alasan utamanya karena di Rotterdam itu ada rumah kubus atau biasa disebut kubuswoningen oleh orang Belanda sendiri. Tidak hanya menyuguhkan pemandangan rumah biasa, tetapi dengan adanya kubuswoningen ini kota Rotterdam jadi lebih berwarna. Rumah-rumah itu ada warna kuning, ungu, cokelat, biru, hijau. Tapi kuning lebih mendominasi. Coba deh searching di google, bentuknya unik sedangkan isi di dalam rumahnya itu asri dan rapi.

    Selain itu, kota Rotterdam adalah kota yang nggak pernah banjir (lagi). Seperti yang kita tahu kalau wilayah Rotterdam itu 7 meter di bawah permukaan laut sehingga sering dilanda banjir bahkan akibat banjir itu mereka kehilangan beberapa wilayah karena tenggelam. Namun, dengan kegigihan warga kotanya dan didukung oleh pemerintah, mereka membangun bendungan super megah dengan kostruksi super ribet yang akhirnya bisa menghalau banjir itu. Bendungannya pun bukan bendungan biasa. Bendungan itu dibangun dengan bentuk yang menarik sehingga tidak terlihat seperti bendungan. Kalau malam terlihat sekali indahnya dihiasi lampu layaknya tempat wisata. Tentunya dilengkapi dengan kecanggihan sensor di sana sini yang bisa buka-tutup otomatis jika keadaan air tidak normal. Jadi, sungguh aman penduduk di sana tidak usah khawatir lagi akan adanya banjir yang mengancam. Tidak seperti di Jakarta. Hihihi.

    Di seputaran Kota Rotterdam juga sangat bersih, tidak akan ditemui sampah di sana sini. Sistem perairan di sana juga bagus, saluran airnya rapi, parit-paritnya tertutup semua, tidak ada got atau gorong-gorong yang terbuka apalagi menghasilkan bau tak enak.

    Banyak disediakan parkiran sepeda di setiap tempat. Parkiran sepeda lebih banyak dibanding parkiran kendaraan yang lainnya. Ya, di sana itu kendaraan utamanya adalah sepeda. Bahkan para pejabat dan menterinya tidak sungkan naik sepeda juga. Di sana sangat menerapkan hidup sehat dan bebas polusi udara.

    Mengunjungi suatu negara itu rasanya nggak lengkap kalo nggak kenalan sama makanannya dan souvenirnya, ya kan?

    Nah, di sana sih nggak susah menemukan makanan halal karena 13% penduduk di Rotterdam itu muslim, 47% penduduk Rotterdam keturunan Suriname, Turki, Aruba, Maroko, dan lain-lain sehingga restoran berlabel halal pun banyak dikelola oleh orang-orang dari keturunan tersebut. Caro masjid juga nggak susah, tapi jangan terkecoh dari bentuk bangunannya ya.

    Kalau soal belanja atau beli souvenir, sudah disurvei kalau belanja di Rotterdam itu lebih murah dibanding kota lainnya di Belanda. Wah, kalo untuk traveller dengan modal pas-pasan kan cocok banget jalan-jalan ke kota ini. :)

    So, Mbak Atria udah tertarik belum nih mau mengunjungi Kota Rotterdam? :D

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Jiah @jiahjava jiahaljafara32@gmail.com Jepara

    Venisia, kota apung. Saya suka dg sungai2 disepanjang sisi. Naik apa ya namanya, gondola, gampangnya perahu utk keliling jd keinget Tangled waktu Rapunsel liat lampu.

    Saya pikir, pengairan di sana sgt mengesankan. Orgnya pasti sgt peduli dg kebersihan. Air kan sumber kehidupan, kalau mereka bs menjaga air, apalagi hati kita yg rapuh #eaa #INIKOMENAPACOBA HIHI

    BalasHapus
  25. Nama: Irmawati
    twitter: @irmaa_waati
    email: irmawati0337@gmail.com
    Jawaban: Luksemburg! Karena negara ini banyak sekali situs warisan dunia UNESCO! Dan hampir semua bangunan di negara ini, memiliki arsitektur bangunan kuno. Nah mungkin negara ini memang tidak ramai, namun inilah yang menjadi daya tariknya! :)). Cocok banget buat yang suka travelling ke tempat yang jauh dari keramaian namun sangat mengesankan! :D. Nah ini tempat-tempat yang wajib dikunjungi ketika sudah berada di Luksemburg:
    *Jembatan Adoilphe, jembatan yang bediri di atas lembah petrus ini menghubungkan Boulevard Royal di Ville Haute dengan Avenue de la Liberte Di Gare. Ketika melewatinya akan terlihat pemandangan dengan langit yang biru jika cuaca mendukung dan lembah petrus yang hijau. Tempat ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan.
    *Grand Ducal Palaces adalah tempat tinggal wakil Gran Duke. Pengunjung dapat menonton pertunjukan seremonial militer.
    *Di Garden Luksemburg terdapat patung Liberty yang dipahat oleh Frederic Aguste Bartholdi. Setinggi 15 kaki yang dikelilingi taman dan pohon yang rindang. Kamu bisa bersantai atau mengirup udara segar di sini.
    *Echternach. Kota tertua di Luksemburg dibangun pada tahun 698 oleh St. Willibord. Kota ini dekat dengan perbatasan Jerman. Saat memasuki kota ini, kamu akan terkagum kagum dengan bangunan abad pertenghan.
    *Wiltz. Setiap musim panas Wiltz selalu mengadakan festival seni pertunjukan. Di dekat Wiltz ada Sanctuary of Our Lady Fatimah di atas bukit. Situs ini merupakan situs ziarah. Di Wiltz ada monumen bernama The Internasional Pramuka One of Penny Monument. Bangunan ini didirikan untuk menghormati bapak pramuka Robert Baden Powell. Tidak heran jika banya tempat perkemahan yang disediakan pemerintah di sekitar monumen.

    Selain itu, karena memang luas wilayah yang bisa dibilang "sempit" kita bisa sambil berjalan-jalan santai ketika menikmati sejuta pesona keindahannya. Bahkan, kita bisa menjelajahi seluruh tempat yang berada di negara ini hahahaha:D. Karena memang masih banyak tempat yang belum disebutkan.. Bagaimana? Tertarik? :))).

    Sumber: http://www.berkuliah.com/2014/07/12-objek-wisata-terbaik-di-luksemburg.html

    BalasHapus
  26. Noer Anggadila-@noeranggadila-noerfaradila@yahoo.co.id

    Pada dasarnya aku suka main air, jadi aku milih Venesia. Apalagi Kota tersebut dikenal dengan gondolanya, pingin bgt bisa jalan-jalan sambil naik gondola buat nikmatin nuansa apik nan romantik, karena kalau jalan kaki kan udh mainstrem :) Selain tempat-tempat bersejarahnya yang unik, ada beberapa pulau di Venesia yg bikin aku penasaran, karena biasanya cuma bisa lihat lewat internet aja, yaitu Pulau Burano. Pulau ini sangat unik dengan dekorasi rumah-rumah yang ada di sana, cat tembok setiap rumah bisa berbeda dengan warna yang cerah dan mencolok, walaupun sepertinya hanya rumah sederhana, namun karena perpaduan cat yang digunakan membuat kesan eksotiknya memancar keluar, jadi kerasan banget jalan-jalan menyusuri pulau tersebut, apalagi dengan gondola, lumayanlah menghemat tenaga.

    BalasHapus
  27. nama : Ria
    akun twitter: @goodenoughoks
    email : mawarhs12@gmail.com
    Dari 5 negara yang jadi tujuan traveling Wira,dkk. Pilih 1 negara
    yang menurutmu paling menarik.
    Coba jelaskan biar saya juga ikut tertarik ;)

    Belgia
    Khas di Belgia adalah Cokelat, ya... Cokelaaat... yummy, ak suka banget sama cokelat, ada cokelat praline, cokelat yang berisi pasta lembut.
    Ada juga cokelat truffle yang berbentuk bulat atau kerucut...
    Ada perusahaan pembuat cokelat terkenal di dunia yaitu
    Godiva dan Leonidas
    Belgia surganya cokelat, yang suka cokelat pasti memimpikan Belgia :) kemana.mana dikelilingi cokelat hmmm... It would be nice :)

    BalasHapus
  28. Nama : Erdina Yunianti
    Twitter : @Dinnaaa_27
    Email : erdinayunianti21@gmail.com

    Paris, karena banyak kota-kota impian yang pengen bangett di datangi yaitu Menara Eiffel, ikon Paris. terus ada juga Arch d Triomphe, yaitu bangunan yang menyerupai gapura besar. Bangunan ini sebagai simbol kemenangan Prancis.
    Ada lagi, Place de la Concorde,tempat wisata yang merupakan alun-alun terluas di Paris in.Ciri khas tempat ini adalah monumen dan air mancur.
    Kemudian ada lagi Museum Louvre, merupakan salah satu museum seni terbesar di seluruh dunia.Ditambah lagi, Paris adalah pusat kota mode. Sehingga menjadi salah satu tujuan favorit para perempuan yang suka mengikuti mode.

    BalasHapus
  29. Ananda Nur Fitriani
    @anandanf07
    Anandanftrn@gmail.com

    Belgia. Dari dulu saya ingin berkunjung ke sana. Belgia terkenal dengan kastil abad pertengahan dan katedral Gothic. Antwerpen, Bruges, dan Ghent merupakan kota seni terkenal di Belgia. Saya selalu tertarik melihat bangunan-bangunan yang bersejarah dan bernilai seni, rasanya senang melihat sejarah negeri orang, hihi :D

    Selain kastil, Belgia juga memiliki banyak museum. Contohnya seperti Cinquantenaire Art Museum, AutoWorld Museum, dan Royal Military Museum di Brussels. Terdapat juga Manneken Pis; patung yang berwujud anak kecil sedang kencing di air mancur. Lucu gitu mbak, patungnya xD Patung itu terkenal karena dibuat tahun 1619 ^^

    Jika bosan melihat-lihat museum, bisa pergi ke Parc du Cinquantenaire; taman besar berukuran 30 hektar yang memiliki penataan indah disertai air terjun dan kolam. Berkeliling taman yang luas dan melihat air terjun yang indah, saya bisa membayangkan diri saya yang memijakan kaki pada bebatuan dan bermain air di bawah air terjun. Pasti langsung seger deh, eh ngekhayal banget ya xD

    Belgia terkenal dengan cokelatnya. Jadi, pergilah ke Choco-story museum di Bruges! Disitu, kita bisa mendapat gambaran sekilas tentang pembuatan cokelat. Dari depan kita bisa melihat berbagai macam cokelat, hmm..😍 ada juga frietmuseum, disitu kita bisa melihat peran serta sejarah kentang dan keripik di Belgia. Jujur, saya itu tukang makan mbak xD (abaikan).

    Ada festival patung salju dan es juga di Bruges😍 saya lihat di Internet, patung nya keren keren lho mbak😍 Setelah itu, ada Leuven. Kota yang terkenal dengan Hortus Botanicus Lovaniensis; kebun botani yang memiliki koleksi bunga dan tanaman langka, serta dilengkapi kolam dan rumah kaca😍 seperti Kebun Raya Bogor lah ya di daerah saya. Saya suka jika pergi ke kebun, melihat berbagai macam tumbuhan hijau, apalagi ada rumah kaca nya, duh surga dunia😍😍

    Antwerpen merupakan pelabuhan besar di Eropa. Di Antwerpen juga terdapat kebun binatang yang memiliki sekitar 6.000 hewan. Lalu ada Royal Museum of Fine Arts dimana terdapat berbagai karya seniman terkenal dunia😍 ada juga kastil Steen, Antwerp Port, dan berbagai toko berlian. Wajar saja, karena Antwerpen dikenal sebagai ibukota berlian dunia. Kalau saya kesana, saya ingin membeli banyak berlian untuk mama, hehe xD

    Ghent! Saya pingin banget kesini😍 Ghent dikenal sebagai kota bunga di Belgia. Kota ini menjadi tuan rumah festival bunga Gentse Floraliën yang diadakan 5 tahun sekali. Saya suka Ghent karena kita bisa menyusuri sungai Leie sambil mendengarkan musik, karena kota ini menjadi surga bagi pecinta musik ^^ kota ini juga menjadi tempat diselenggarakannya berbagai festival olahraga, seperti Gentse Feesten, I Love Techno, dan Festival Flanders.

    Hasselt😍 merupakan kota "citarasa" karena terdapat banyak restoran di kota ini. Makanan Belgia sangat menggoda perut saya😋 contohnya Chicon Au Gratin (potato gratin yang dibungkus dengan saus béchamel dan lelehan keju) dan Boudin Blanc (Sosis putih yang dibuat dengan campuran susu, lalu dipanggang atau ditumis dan disajikan dengan mashed potatoes)😍😋 makanan penutupnya Wafel Belgia yang berbeda dengan wafel-wafel lainnya (lebih padat dan disertai potongan gula atau karamel saat dimasak). Oh iya! Di Hasselt ada taman hiburan Plopsa Indoor, tempatnya lumayan luas dan menyenangkan, ga kebayang deh saya main disana sambil makan-makan😍😍😍

    BalasHapus
  30. Aku setuju dan masih meyakini bahwa Paris memang negeri dengan Magis Cinta, namun jika harus dibandingkan dengan Amsterdam tentu aku akan memilih Amsterdam, sorry for Paris :)
    Aku ingin sekali mejadi backpacker, mendengarkan banyak pengalaman seseorang traveling membuatku kian bermimpi dan Amsterdam bagiku adalah negeri 1002 mimpi. Aku pernah melihar brosur traveling yang menyajikan Vondelpark sebagai salah satu destinasi wisata yang akan dituju di Amsterdam, hasil search sana sini di mbah google membuat aku bermimpi dapat menikmati sore yang indah dengan tidur direrumputan, membaca buku ditemani coklat dengan atmosfir yang membahagiakan. Selain itu Museum menjadi destinasi yang wajib kita kunjungi saat traveling bukan? dan Amsterdam memilikinya, ada Museum Plein, Van Gogh Museum, Rijksmuseum dan masih banyak lagi. Mendengar kata Belanda pasti mengingatkan kita pada sang ratu, yaitu Ratu Beatrix. Di sana kita dapat mengunjungi Istana megah Royal Palace tempat dimana sang ratu tinggal. Dan, jangan lupa dengan kincir angin yang tentunya tidak dapat kita biarkan begitu saja. Kita dapat melihat 7 kincir angin kuno dan De Gooyer Windmill merupakan salah satu yang terkenal. Selain itu, betapa sering kita melihat adegan burung merpati putih berkumpul memakan kacang yang kita lempar dalam film? Maka, kita pun dapat melakukan hal yang sama dengan bersantai di De Dam, melepas lelah setelah mengunjungi beberapa destinasi wisata. Lalu, kita bisa ke jalan Damrak untuk menyobai PATAT (yaitu makanan khas berbentuk seperti french fries tapi dengan ukuran besar digabungkan dengan berbagai saus pilihan). Jangan lupa untuk berkeliling dengan Blue Boat Canal Cruise di Museum Plein, kita dapat berkeliling sambil berfoto ria. Menikmati suatu tempat di ketinggian merupakan hal yang menyenangkan, kita dapat melihat seluruh Amsterdam dari rooftop Science Center Nemo. Selain itu, mengunjungi Dam Square di malam hari merupakan pilihan yang baik karena jika kita beruntung disana merupakan tempat biasa diadakan pasar malam. Huaaah, inilah impian aku kalau kesampaian traveling ke Amsterdam. Wish me luck.
    Nama : Rissya Mutya Prima
    Twitter : @RMP2982
    Email : rissyamutyaprima@gmail.com
    Link Share : https://twitter.com/RMP2982/status/618311622130446340

    BalasHapus
  31. Nama: Muhammad Arsyad
    Email: Muhammad.arsyad.yahya@gmail.com
    Twitter: @arsyad_yahya
    Link Share: https://twitter.com/arsyad_yahya/status/618334805072089088

    Perancis adalah destinasi terbaik dari kelima tujuan wisata Wira dan teman-temannya. Bagaimana tidak, di negara ini banyak spot-spot wisata paling popular dan paling banyak dituju orang dari seluruh dunia. Dari yang paling terkenal adalah Menara Eiffel. Menara paling ikonik bagi Paris dan Perancis. Dari atas gedung ini kita bisa melihat seluruh kota Paris. Yang paling populer kedua tentunya Arc de Triomphe atau diterjemahkan Gerbang Kemenangan, sebuah terowongan besar peninggalan Napoleon. Lalu ada juga Museum Lovre yang sangat terkenal dengan piramidanya dari kaca dan muncul dalam berbagai film, misalnya di Da Vinci Code. Di dalam museum ini dipajang lukisan paling populer di dunia yakni Mona Lisa karya Leonardo Da Vinci. Lalu ada bangunan gaya gothic paling populer yakni Katedral Notre Dame. Bila mau wisata lebih lapang ada Place de Concorde yakni alun-alun unik berbentuk octagonal. Mau yang lebih romantis? Ada Jembatan Gembok CInta yang katanya bila dua gembok ditambatkan di wahana ini maka cinta kita akan tergembok juga. Lalu ada juga Wisata Kapal Pesiar Sungai Seine kita bisa mengelilingi kota Paris, dan masih banyak lagi yang tidak sempat saya sebutkan. Banyaknya tujuan wisata ini membuat Perancis menjadi Negara paling banyak dikunjungi, dan ramah di Eropa bagi wisatawan dan menjadi lokasi stategis bila akan ke negara lain sebab sangat dekat secara geografis dengan Spanyol, Italia, Swiss, Belanda, Belgia dan Jerman menjadikannya mudah diakses. Jadi? Apa ada alasan menolak ke Perancis? :)

    BalasHapus