Senin, 22 Juni 2015

[Blogtour] The Bastrd Legacy: Warisan Legendaris Para Bedebah + Giveaway



"Siapa yang bisa menerka perjalanan hidup seseorang? Tidak ada. Masa depan itu misteri dan penuh teka - teki" (Hal. 53)


Penulis: Jounatan
Penyunting: Lis Sutinah
Pendesain sampul & Penata Letak: EM.Giri
Ilustrasi sampul: Aminudin Hadinugroho
Penerbit: Visimedia
Cetakan: Pertama, 2015
Jumlah hal.: vi + 150 halaman
ISBN: 979 – 065 – 240 – 2
Siapa sangka, sehelai selendang tua dapat mengungkapkan misteri kejahatan tentang identitas pelaku kriminal ternama, Jack The Ripper, yang menjadi momok paling menakutkan di Inggris ratusan tahun lalu. Lalu, bagaimana bisa sebuah lukisan yang kini terpasang di sudut dinding museum Gereja Katedral Jakarta merupakan buah karya seorang penjahat top Indonesia yang di akhir hayatnya justru memutuskan untuk menemukan babak baru kehidupannya.
Suatu hal atau benda yang melekat pada tindakan kejahatan seseorang merupakan saksi bisu yang diwariskan, yang dapat menelusuri jejak kejahatan para pelaku kriminal. Warisan itu merekam kejahatan dan memberi gambaran akan kepribadian pelaku kejahatan itu sendiri. Kita bisa mengenal sosok penjahat dari warisan yang ditinggalkannya. Dengan demikian, meskipun para berdebah ini merupakan penjahat besar pada masanya, mereka telah mewariskan sesuatu yang diabadikan oleh masyarakat dalam mengungkap fakta kriminal, yang bisa dijadikan pelajaran.
Apa saja sumbangsih para bedebah tersebut untuk masyarakat? Apakah warisan itu masih bertahan hingga kini? Lalu, bagaimana kisah di balik warisan para bedebah paling berpengaruh ini?
***
Buku The Bastard Legacy ini terdiri dari 10 cerita menarik tentang 10 orang penjahat dengan fenomenanya sendiri. Menariknya, cerita ini berasal dari berbagai negara dan rentang waktu berbeda. Penjahat – penjahat ini ditampilkan sebagai sosok yang menyisakan warisan yang membuat kejahatannya terus terkenang dan jadi pelajaran penting bagi umat manusia. Inilah warisan yang paling utama.


Kejahatan – kejahatan yang terlalu mengerikan dan membuat banyak orang takut dan dirugikan. Warisan paling penting memang bukanlah jejak benda yang berhubungan diri atau kejahatan mereka.
Sepuluh kisah yang tertulis di dalam buku ini:

1.      Warisannya menjadi kunci atas Teka Teki Jack the Ripper

2.      Lukisan Gracy Paling Dicari

3.      Delphine dan Rumah Warisannya yang Berhantu

4.      Misteri Eddy Tansil dan Jurus Seribu Wajah

5.      Kusni Kadut, Perjuang Kemerdekaan yag Terbuang

6.      Belle dan Tabir Misteri yang Diwariskannya

7.      Rumah Jagal di Jombang

8.      Laki – laki Abu – abu dan Pusaran Kekejaman

9.      Saksi Bisu Ladang Tebu Berhantu

10.  Legenda si Cantik dan Kolam Darah


Membaca The Bastard Legacy ini menarik. Jounatan menampilkan kisah nyata dengan gaya bahasa tutur yang mengalir dan seperti bercerita. Selain itu, kasus – kasus dalam buku ini pun beragam. Membaca buku ini memberi banyak pengetahuan baru yang menarik.

Contohnya adalah tentang rumah yang diyakini sebagai rumah paling berhantu di New Orleans, Amerika. Rumah ini memang memiliki sejarah yang kelam. Di rumah yang bentuknya cukup mewah itu, pemilik pertamanya Mrs. Dephine Lalaurie, telah menyiksa banyak orang. Dephine menyiksa budak – budak kulit hitam yang bekerja di rumahnya. Mereka dicambuk, dikuliti, dibiarkan kelaparan dan bahkan dianiaya sampai mati. Cerita lengkapnya bisa dibaca di buku ini. Ini jelas menjadi cerita yang menarik dan bahkan bisa jadi adalah pengetahuan baru bagi pembaca.

Semua kisah – kisah yang dituliskan dalam buku ini semenarik cerita tadi. Dan membuka buku ini dengan cerita Jack the Ripper pun pilihan cerdas. Jack the Ripper adalah kisah yang cukup dikenal namun banyak yang bingung apakah kisah tersebut adalah fiksi atau nyata. Dan menyajikan fakta bahwa sosok asli Jack the Ripper akhirnya terkuak. Ini tentu membuat pembaca semakin tertarik.

Yang paling membekas bagi saya adalah cerita terakhir: Legenda si Cantik dan Kolam Darah. Cerita ini tentang kisah horor di Kastil Csetjthe di Sloavakia. Mengisahkan tentang kekejian seorang perempuan bernama Elizabeth Bathory.

Jika pernah membaca atau menonton cerita fiksi tentang perempuan yang menyerap kemudaan gadis – gadis demi meraih kecantikan abadi, maka kisah ini serupa tapi tak sama dengan hal itu. Elizabeth Bathory yang hidup di sekitar tahun 1575 ini meyakini bahwa dengan mandi di dalam kolam darah gadis – gadis muda, maka itu akan membuatnya tetap cantik. Maka tebaklah hal apa yang kira – kira dilakukannya. Ya, ia membunuh gadis – gadis muda. Nggg.. mengerikan ya. (>_<)

Buku ini disajikan dengan ringan namun sarat informasi. Buku ini layak jadi pilihan untuk duduk menunggu. Kisah – kisahnya pendek namun menarik. Dan kita bahkan bisa saja lupa bahwa buku ini bukanlah buku fiksi.

***

Dan seperti biasa, Blogtour kurang afdol jika tanpa Giveaway. Visimedia sudah menyediakan satu buku The Bastard Legacy untuk Reader yang beruntung. Mau jadi orang beruntung memenangkannya? Yuk ikuti langkah – langkah ini:
1.      Ikuti akun twitter @buku_visimedia @atriasartika dan sukai fanpage Penerbit Visi Media (wajib)
  1. Bagikan tautan giveaway ini via akun media sosial kamu dengan mention akun twitter atau facebook di atas dengan hastag #TheBastardLegacy
  2. Jawab pertanyaan berikut di kolom komentar:
“Menurut kamu apa kejahatan yang paling mengerikan di dunia ini? Kenapa?”
Jangan lupa cantumkan data dirimu berupa nama, akun twitter/ FB, dan email.
  1. Giveaway ini berlangsung sejak 22 Juni – 28 Juni 2015.
  2. Pemenang ditentukan dari jawaban yang paling menarik. Jadi selamat berjuang, Readers.

18 komentar:

  1. Nama: Irmawati
    akun twitter: @irmaa_waati
    email: irmawati0337@gmail.com

    Jawaban: Menurutku kejahatan yang paling mengerikan di dunia ini adalah PEMBUNUHAN. Karena tindakan ini sangat keji. Padahal seperti yang kita tahu, semua orang berhak untuk hidup. Semua orang berhak untuk merdeka, dalam artian merdeka disini adalah bebas dari tekanan maupun siksaan bahkan sampai pembunuhan. Tidak hanya itu, bahkan pembunuhan di jaman sekarang ini sudah sangat-sangat tragis. Banyak perlakuan yang tidak bermoral sebelum mereka membunuh si korban, ada yang di perkosa, di siksa sampai merasa sangat tertekan. Motif dari tindak kejahatan ini pun sangatlah beragam, dari permasalahan sepele pun bisa memacu orang melakukannya.

    Jadi, menurutku kasus kejahatan yang sangat mengerikan di dunia adalah pembunuhan, karena itu adalah suatu bentuk perampasan hak seseorang untuk hidup. Bahkan dalam hukum dan terutama agama tindakan ini sangatlah dilarang.

    BalasHapus
  2. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Email: ayamurning@gmail.com

    Jawaban:
    Menurutku yang paling kejam adalah pembunuhan. Eits, bukan pembunuhan fisik, melainkan pembunuhan karakter. Contohnya yaitu fitnah. Seperti kalimat yang selama ini kita kenal, "fitnah itu lebih kejam daripada pembunuhan". Pernyataan ini bukannya tidak mendasar. Anggaplah semisal gini, saya memfitnah tetangga saya sudah kumpul kebo dengan seorang lelaki karena ia sering kedatangan tamu lelaki bahkan lelaki itu sering menginap hingga berhari-hari tanpa saya tahu lelaki itu siapa. Padahal tetangga saya belum bersuami. Mungkin saja kan itu adiknya dari luar kota yang lama tak pulang atau siapanya lah yang semuhrim. Tanpa menanyakan dulu kepada yang bersangkutan, saya malah langsung menyebarkan kabar kepada orang-orang sekitar kalau tetangga saya itu sudah berzina karena ada lelaki yang sering menginap padahal ia belum menikah. Warga jadi berang dan mengusir wanita itu dari komplek. Bahkan rumahnya dilempari batu, dibakar, dan wanita itu juga dirajam. Warga marah karena jika ada yang berzina maka 40 tetangga kanan kiri depan belakang akan kena pula dosanya. Isu itu menyebar hingga kampung sebelah. Teman-teman kerja wanita itu juga mendengar kabar itu. Lalu ia dipecat dari kerjaannya. Sampai ke mana pun ia tinggal, label "tukang zina" itu tidak lepas dari jidatnya. Ia sering dikucilkan, diasingkan, diintimidasi oleh orang lain. Apa yang lebih menyakitkan daripada dikucilkan oleh masyarakat? Seperti manusia yang hidupnya tidak pernah dianggap ada. Itu sama saja dengan membunuh secara pelan-pelan. Sakitnya lama terasa. Masih mending dibunuh secara fisik karena sakitnya langsung hilang ketika nyawa sudah terlepas dari raga. Tapi kalau pembunuhan karakter, sakitnya ada di hati, obatnya susah dicari jika ia bukanlah orang yang super sabar dan super ikhlas. Sepanjang hidup ia akan menanggung beban itu. Layaknya mau menyembelih hewan, kenapa pisau atau parangnya harus tajam? Supaya hewannya tidak lama-lama tersiksa oleh rasa sakit jika lehernya belum sepenuhnya putus dan nyawanya masih tersangkut di kerongkongan. Begitu juga manusia. Pembunuhan karakter itu seperti tiap harinya tubuhmu dibeset dengan pisau hingga meninggalkan bekas luka di sekujur badan. Membiarkan darahmu perlahan-lahan habis hingga akhirnya kamu mati.
    Itulah mengapa kasus bully itu sebenarnya berbahaya, harusnya diberikan prioritas hukuman pidana, karena jika yang dibully tidak kuat iman maka ia bisa tertekan batinnya dan memutuskan mengakhiri hidupnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju banget! pembunuhan karakter lebih kejam daripada pembunuhan secara fisik. pembunuhan karakter menderita berkepanjangan, pembunuhan fisik hanya sesaat

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Nama : Lois Ninawati
    Twitter : @_loisninawati
    Email : ninawatilois@gmail.com

    Kalau menurutku, kejahatan yang paling mengerikan di dunia ini adalah Pembunuhan. Soalnya kan, setiap manusia punya hak untuk hidup. Apalagi sebelum dibunuh, disiksa dulu, kan, menderita banget. Semua manusia punya hak untuk hidup, mengapa harus diakhiri ? Apalagi dengan cara yang nggak wajar itu.

    BalasHapus
  5. Nama: Vigestha Repit D
    Twitter: @AltGST
    email: gesthareffy@gmail.com

    Yang namanya kejahatan emang mengerikan. Menurutku, kejahatan yang paling mengerikan di dunia adalah kanibal. atau memakan sesuatu yang sama dengannya. Misalnya manusia yang memakan daging manusia yang telah mati. Itu sudah pernah terjadi di dunia bahkan di Indonesia. Apa orang yang memakan daging sesamanya sama sekali tidak memiliki hati nurani? atau memang tidak punya makanan lagi sampai-sampai tega menjadikan kaum sesamanya menjadi santapan ganasnya. Ckck parah.

    BalasHapus
  6. Sebelum menjawab, aku ingin mengingatkan kita pada sebuah cerita yang dulu sering di ceritakan saat masih sekolah.

    Ingat gak kisah pemuda ahli agama terjebak bersama wanita dan seorang bayi. Wanita itu menjebak sang pemuda dan berkata tidak akan melepaskannya kecuali pemuda itu menuruti perkataannya. Wanita itu menyuruh memilih antara menidurinya, membunuh bayi atau minum minuman keras (Narkoba juga termasuk). Nah sang pemuda memilih minum minuman keras, dengan anggapan bahwa pilihannya tidak akan menyakiti siapapun. biarkan ia menanggung dosanya sendiri akibat minum minuman keras.

    Ternyata ....

    Pilihannya salah. Setelah ia mabuk, bukan hanya meniduri wanita itu, ia membunuh bayi tersebut. Semua karena ia berada di bawah pengaruh minuman keras.

    nah jawaban aku adalah Minuman keras atau narkoba. Alasannya udah termasuk cerita di atas.

    Neneng Lestari
    @ntarienovrizal
    n_tarie90@yahoo.com

    BalasHapus
  7. “Menurut kamu apa kejahatan yang paling mengerikan di dunia ini? Kenapa?”

    Jawabanku adalah NAFSU, AMARAH& SERAKAH. Sifat manusia yang pasti ada di diri semua manusia. Karena semua kejahatan apapun bentuknya pasti akan dimulai dengan nafsu ingin memiliki sesuatu, amarah yang tak terkendal dan keserakahan yang bisa membuat semua orang berbuat apapun di luar batas akal manusia. Memang, semua manusia tidak ada yang sempurna. tapi yang menjadikannya sempurna adalah diri kita sendiri mampukah kita mengendalikan ketiga sifat penting yang harus kita buang dari diri kita?, Mampukah kita lebih menahan nafsu , mengontrol amarah, dan tidak serakah melainkan bersyukur atas apa yang telah kita miliki sekarang?. Seperti halnya cerita pemuda beragama yang mengaanggap meinum khamar adalah dosa terkecil. nyatanya dari hal terkecil itupun ia dapat melakukan 2 dosa besar seperti membunuh bayi dan memerkosa wanita. naudzubillah.
    cerita kedua adalah nafsu birahi zulaikha perempuan yang jatuh cinta kepada nabi yusuf , dan ingin memaksanya untuk berzina. Karena nafsunya lah yang membuat ia menjadi seperti itu. nafsu akan tampannya nabi yusuf.

    Andai semua orang bisa mengendalikan 3 itu aku yakin setan tidak akan masuk kedalam fikirannya, dan mengajaknya melakukan hal-hal diluar batas. Setan masuk karena ada kesempatan:) jika tidak ada celah sekecilpun setanpun akan menjauh. Ayo kita lebih memperbaiki diri lagi.

    Nama : Mila Rhmatunnisa
    Twitter : @milehyaa
    Email : jungbaekmila@yahoo.com

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Nama : Veny Prasetyowati
    Twitter : @yutakaNoYuki
    Email : himurasora@yahoo.co.id

    Menurut saya kejahatan yang paling mengerikan adalah kejahatan yang menimbulkan penderitaan sepanjang hidup bagi korban dan keluarganya.Baik penderitaan secar fisik maupun mental.
    Contoh seperti kejahatan seksual yang sampai mati pasti akan tetap diingat baik korban dan keluarganya, well, kecuali kalau mereka terkena amnesia dan baru bisa melupakan peristiwa buruk itu.
    Kejahatan pelecehan seksual itu juga bisa menimbulkan akibat domino, beberapa korban kejahatan seksual malah bisa berubah menjadi pelakunya di masa yang akan datang kalau tidak mendapat perawatan psikologi yang tepat.
    Malah saya pikir untuk kejahatan yang meninggalkan trauma seumur hidup harusnya hukamannya pun seumur hidup, biar si pelaku bisa merasakan juga penderitaan korbannya .

    BalasHapus
  10. Nama: Anis Antika
    Twitter: @AntikaAnia
    Email: anis_antika@yahoo.com

    Kejahatan paling mengerikan di dunia ini adalah pembunuhan. Karena menghilangkan nyawa orang lain itu menurutku adalah tindakan mengerikan dan paling keji. Apalagi akhir-akhir ini banyak banget pembunuhan yang korbannya di mutilasi menjadi banyak potongan dan dibuang diberbagai tempat. Juga ada yang dibakar hidup-hidup. Ada yang (maaf) dilecehkan sebelum dibunuh. Ada yang dengan motif cemburu, marah, dendam, juga perebutan harta atau warisan. Ibu membunuh anak karena harta warisan suaminya, anak membunuh Ayah karena benci setiap kali dimarahi, Ibu yang membunuh anak-anaknya dengan meracun karena merasa nggak sanggup membiayai hidup mereka, seseorang yang membunuh pasangannya karena cemburu. Na'udzubillah. Jadi, pembunuhan adalah kejahatan paling mengerikan sekaligus paling keji menurutku.

    BalasHapus
  11. Nama : Afika Yulia Sari
    Twitter : @afikayulia
    Email : afikayuliaakb@gmail.com

    Jawaban :
    Menurut saya, ada beberapa deretan kejahatan yang mengerikan diantaranya adalah :
    1. Mencampur zat-zat kimia berbahaya kedalam bahan makanan
    2. Tindak kekerasan dan pelecehan terhadap anak dibawah umur
    3. Penculikan, pemerkosaan, dan pembunuhan


    1. Mencampur zat-zat kimia berbahaya kedalam bahan makanan.
    Banyak sekali oknum pedagang yang menghalalkan berbagai cara agar dagangannya laku terjual. Terlebih lagi jika bahan makanan yang didapat harganya melonjak mahal. Mereka beranggapan akan rugi besar ketika dagangan mereka masih tersisa atau lebih cepat busuk. Untuk itu, banyak diantara mereka mencampurkan bahan makanan tersebut dengan formalin, boraks, sakarin, dll. Zat-zat makanan yang mereka gunakan dapat memberi efek bagus pada tekstur makanan, dapat mengawetkan makanan sampai berhari-hari, dan sebagainya. Terkadang saya bertanya-tanya mrngapa mereka tega sekali melakukan hal seperti itu. Apakah mereka tidak berfikir dampaknya bagi kesehatan yang akan terjadi ? Mereka terlalu egois, lebih memprioritaskan keuntungan pribadi ketimbang dampak kesehatan yang diderita orang lain. Berbagai macam penyakit yang dapat mereka derita seperti penyakit jantung, kanker, gangguan pencernaan, kerusakan ginjal dan hati, dll.

    2. Tindak kekerasan dan pelecehan terhadap anak dibawah umur.
    Anak adalah amanah yang Allah berikan pada kita. Anak adalah anugerah yang patut kita lindungi, kasihi, sayangi bukan malah sebaliknya. Beberapa orang tua mendidik anaknya dengan kekerasan. Mulai dari memukul atau bahkan sampai menyiraminya dengan air panas. Tindakan mereka bukan saja menyebabkan fisik anak rusak melainkan timbulnya trauma pada anak itu sendiri.
    Pelecehan seksual pada anak dibawah umur biasanya banyak terjadi karena faktor diluar lingkungan. Misalnya saja disekolah, seorang Guru yang melakukan pelecehan terhadap anak muridnya. Seharusnya guru sebagai contoh suri tauladan yang baik bagi muridnya. Bukan merusak masa depan si anak. Mereka egois, hanya menuruti dan mementingkan nafsunya saja. Tidak memikirkan apa yang akan terjadi kedepannya. Tanpa disadari mereka sudah merusak generasi penerus bangsa. Kejadian ini juga berakibat trauma yang berkepanjangan pada si anak. Naudzubillah mindzalik.

    3. Penculikan, Pemerkosaan, dan Pembunuhan.
    Motif seorang penjahat berawal dari penculikan. Entah tujuan mereka ingin mendapatkan sejumlah uang tebusan, balas dendam, atau karna hal lain. Terlebih lagi jika mereka menculik seorang gadis. Tidak segan-segan hal yang tidak diinginkan bisa terjadi. Lagi lagi ulah nafsu yang mereka besarkan. Sekiranya telah dirasa puas, mereka bisa saja membunuh korban. Memutilasinya, diambil organ-organ yg penting lalu menjualnya. Sungguh biadab !!

    Sudah sepantasnya mereka yang melakukan yang telah saya sebutkan diatas mendapatkan hukuman yang setimpal. Supaya mereka jera dan kapok tidak mengulanginya lagi.

    BalasHapus
  12. “Menurut kamu apa kejahatan yang paling mengerikan di dunia ini? Kenapa?”
    Nama: ARIESKA ARIEF
    akun twitter/ FB: @MiyungArief / Menulis Bukti Hidupku
    email: aaanimanga@gmail.com
    jawaban: makanan dan minuman yang sangat controversial!
    Makanan jahanam seperti KANIBALISME (khusus janin). Menurutku ini sangat mengerikan dan sangat kebinatangan. Bagaimana bisa janin perempuan dijadikan sup Baikut demi alasan menambah vitalitas pria? Kalau tak salah ini ada di China, karena di Negara itu makanannya sudah banyak yang controversial dan yang ini paling keji. Ada isu mengemukakan agar menurunkan tingkat populasi di China sana maka janin perempuan harus dikurangi dengan cara dijadikan sup daripada mereka tak berguna sama sekali. Sup jahanam ini sangat mahal dan tentu saja bahannya sulit, paling orang miskin yang tak bertuhan yang mau menyerahkan janin perempuannya demi uang agar dijadikan sup. Mungkin janin yang dilahirkan secara sesar atau premature sekitar 6 bulanan yang dijadikan bahan. Janinnya kemudian ditim selama kurang lebih 8 jam dan hasilnya sangat mengerikan, meskipun janinnya masih utuh tapi gosong seperti patung kayu hitam yang mengapung-apung di sup. Sungguh jahanam para pria yang mengkonsumsinya, juga yang masak. Mereka tak kasihan sama janin-janin malang itu yang seharusnya sangat lucu, eh malah dimakan. Ih ga nyangka ada orang sekejam itu! Itu orang atau iblis, atau sudah gila kali, ya?
    Sedangkan minuman kontroversialnya adalah BAR ASI di Jepang. Jepang memang vulgar sih, tapi kegilaan ini dianggap wajar. Yang datang hanya boleh pria 30 tahunan ke atas (bapak-bapak) ‘gila’. Pelayan wanitanya juga (maaf: tak memakai itulah) tentu saja sudah pernah melahirkan. Bukannya bayi yang menyusu, tapi si pelanggannya itu dan langsung ke ‘itu’ pelayannya. Sangat gila! Menurutku ini kejahatan yang paling mengerikan karena mencoreng status ‘manusia’nya ada di mana karena sudah di bawah akal pikiran manusia. Yah, hewanilah. Berada dalam status hewani karena mereka tak bisa berpikir untuk apa juga mengkonsumsi ASI padahal sudah bapak-bapak? Yang ada hanyalah hawa nafsu…
    Jadi intinya, kejahatan paling mengerikan menurutku adalah: menurunnya status kemanusiaan menjadi status hewani dalam memilih makanan dan minuman yang semestinya.

    BalasHapus
  13. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    Rinspiration95@gmail.com

    Menurutku, kejahatan yang paling mengerikan adalah pemerkosaan. Seharusnya, hubungan itu didasari oleh rasa cinta dan tidak dilakukan umtuk menyakiti satu sama lain tapi seringnya hal itu dilakukan secara paksa dan keji.
    Seseorang melakukan hal itu untuk memenuhi hasrat nafsu pribadi dan seringnya juga menyakiti. Korbannya dibuat tidak berdaya, tunduk atas segala perlakuan tidak mengenakkan yang diterima. Setelah terpenuhi seringnya ditinggalkan tanpa tanggung jawab.
    Efeknya pun tidak hanya dirasakan secara fisik tapi juga psikis. Banyak yg merasa dirinya kotor, kejadian itu dianggap sebagai aib yang tidak pantas diceritakan, kalaupun bisa bercerita akan mengalami pengucilan karena dianggap mencemarkan nama diri dan keluarga. Korban juga mengalami trauma yang mungkin dibawa seumur hidupnya.Oleh karena itu tidak banyak kasus perkosaan yang ditangani pihak berwajib hingga tuntas. Pelakunya melenggang bebas, korban kebiadaban makin banyak.

    BalasHapus
  14. Nama :Dini Auliana Putri
    Twitter :https://twitter.com/Dini_AP28
    Email :dinieembemz@yahoo.co.id

    Menurutku kejahatan yg paling mengerikan didunia ini adalah fitnah. Dijelaskan dalam Al'Qur'an surah Al-Baqarah :191
    "...Dan fitnah itu lebih kejam daripada pembunuhan..."
    Fitnah adalah perkataan bohong yg disebarkan untuk menjelek-jelekan seseorang. Yang dapat membuat semua orang berprasangka buruk terhadap yg difitnah. Dan itu bisa membuat seseorang dikucilkan, dihujat dan tidak ada lagi yg percaya. Karena fitnah dapat menimbulkan kekacauan yg amat sangat.

    BalasHapus
  15. Pada umumnya, semua kejahatan itu mengerikan. Misalnya saja diskriminasi, penyiksaan, perbudakan, dll. Menurutku, sebuah kejahatan yang paling mengerikan di dunia ini ada 2, yakni:

    1. Pelanggaran hak asasi manusia, adalah setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk aparat negara baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara melawan hukum mengurangi, menghalangi, membatasi, dan atau mencabut Hak Asasi Manusia seseorang atau kelompok yang dijamin oleh Undang-Undang. Karena, akibat dari Pelanggaran Hak Asasi Manusia ini yaitu menciptakan perilaku yang tidak adil & diskriminasi dan juga menimbulkan kekerasan & konflik antarsesama manusia. Contohnya yaitu kasus meninggalnya aktivis buruh perempuan, Marsinah di Jawa Timur tanggal 8 Mei 1993, Penjajahan yang dilakukan Belanda & Jepang terhadap Indonesia, dan masih banyak lagi kasus pelanggaran hak asasi manusia. Pelanggaran ini dapat dilakukan oleh 2 (dua) pihak yaitu: Negara atau penyelenggara (State actors) dan pihak-pihak di luar negara (Nonstate actors)

    2. Pelanggaran HAM Internasional. Pelanggaran ini dapat di golongkan menjadi dua macam :
    a). Kejahatan terhadap kemanusian, ialah perbuatan yang dilakukan sebagai bagian dari serangan yang meluas dan sistematik yang diketahuinya dan serangan tersebut ditujukan secara langsung terhadap penduduk sipil. Kejahatan kemanusiaan berupa: pembunuhan, pemusnahan, penyiksaan, kejahatan apartheid, dan perbudakan.
    b). Kejahatan genosida, adalah perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan/memusnahkanseluruh atau sebagian kelompok bangsa, ras, kelompok etnis, kelompok agama dengan cara: membunuh anggota kelompok, membuat penderitaan fisik/mental yang berat terhadap anggota-anggota kelompok, melaksanakan tindakan-tindakan yg bertujuan mencegah kelahiran di dalam kelompok, dan memindahkan secara paksa anak-anak dari kelompok tertentu ke kelompok lain.

    Hak Asasi Manusia sudah diatur dalam Undang-Undang Negara Republik Indonesia itu dalam UU No. 39 Tahun 1999. Hak Asasi Manusia juga sudah dicantumkan dalam berbagai dokumen-dokumen HAM seperti Piagam Jakarta, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, dan juga The Universal Declaration of Human Right. Munculnya berbagai piagam hak asasi manusia menunjukkan bahwa hak asasi manusia sejalan dengan proses globalisasi. HAM tidak lagi menjadi monopoli suatu negara tetapi bersifat universal yaitu diakui dan diperjuangkan oleh seluruh negara sekalipun diwarnai oleh kebudayaan dan ciri khas dari tiap-tiap negara. Sebaiknya kasus-kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia sudah tidak terjadi karena pada dasarnya hak asasi manusia merupakan hak dasar setiap manusia, bersumber dari Tuhan dan tidak dapat diganggu gugat. Intinya, setiap kejahatan terhadap hak asasi manusia itu tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan. Barang siapa yang melakukan pelanggaran hak asasi manusia, akan dan harus mendapat hukuman sesuai hukum yang berlaku. De jure!

    Nama : Musdalifah Putri
    Twitter : @MusdalifahYeaa
    Email : musdalifahpoetry@yahoo.com

    BalasHapus
  16. Ananda Nur Fitriani
    @anandanf07
    Anandanftrn@gmail.com

    Ekhem. Kejahatan yang paling mengerikan di dunia👉 pembegalan😂😅

    Walaupun hanya terkenal di Indonesia, tapi pasti di negara lain juga ada kejahatan yang sejenis dengan begal. Kenapa begal menjadi kejahatan yang mengerikan?

    👉 Walaupun motif mereka hanya mencuri motor, tapi mereka menggunakan senjata tajam. Mereka tidak segan-segan melukai korbannya, bahkan ada yang membunuhnya dengan senjata api. Begal mempunyai kelompok besar, bukan hanya di satu daerah tertentu, tapi di seluruh nusantara. Banyak pelajar SMP atau SMA yang menjadi begal, menyedihkan ya mbak? Jujur, saya jadi parno sendiri kalau ayah saya pulang malam. Karena di daerah saya (Bogor) banyak kejadian seperti itu.

    Mungkin mbak Atria pernah baca di koran atau melihat berita di televisi tentang begal yang menembak leher seorang warga Bogor. Jadi sang korban yang dicuri motornya meminta tolong kepada temannya untuk mengejar begal itu. Begal itu 6 orang (3 motor), mereka kejar-kejaran. Berdasarkan info di televisi, begal itu menembak teman si korban yang membawa motor saat sedang kejar-kejaran, dan peluru jatuh tepat di lehernya. Namun berdasarkan info di koran, katanya si korban berhenti dan begal menembak teman si korban yang berada di motor dengan pistol, tepat dilehernya juga. Entahlah yang benar yang mana, tapi yang pasti begal itu mempunyai senjata api. Jika si begal menembak saat kejar-kejaran, berarti begal itu profesional bukan? Bisa menembak dengan tepat saat berkendara itu sulit, apalagi tepat di bagian leher.

    Menurut saya, begal menjadi salah satu kejahatan yang membuat resah banyak warga Indonesia. Mempunyai banyak komplotan, menggunakan senjata tajam, dan yang paling menyedihkan, banyak pelajar yang bergabung menjadi begal. Mereka menjadi begal sebagai pelampiasan karena tidak mendapat perhatian dari orangtua. Sedih rasanya melihat anak-anak Indonesia seperti ini😞
    Tapi alhamdulillah, begal sudah tidak se-eksis dulu lagi, walaupun mungkin di daerah-daerah kecil masih sering terjadi. Seandainya saja pemerintah Indonesia bisa memberantas komunitas begal, saya bakal bangga banget deh sama pemerintah😁😏

    BalasHapus
  17. Rizqa nurul hidayanti/@nurul_rizqa/ rizqanurulhidayanti@yahoo.co.id
    Kejahatan paling mengerikan di dunia menurutku adalah perang terutama perang di timur tengah lebih tepatnya di jalur gaza.
    Mengapa kejahatan paling mengerikan?
    Karena perang ini sudah berlangsung lama bahkan dalam al-quran pun di jelaskan perang antara israel dan palestina ini berlangsung sampai hari kiamat. Yang membuat perang ini terasa keji adalah banyak rakyat sipil dari pihak palestina yg tak bersalah menjadi korban terlebih wanita, orang tua dan anak2. Rakyat gaza tidak memiliki kemerdekaan bahkan di tanah mereka sendiri dan itu sangat miris. Bahkan dunia seperti tidak bisa berbuat banyak pada perang ini. Kemerdekaan menjadi suatu hal yg mahal terlebih bagi muslim di sana yg harus menantang maut bahkan untuk beribadah. Perang di gaza merupakan kejahatan keji tidak hanya dari pihak israel tp jg kita yg hanya diam membisu melihat tingkah israel yg semena2.

    BalasHapus