Minggu, 14 Juni 2015

[Curhat Atria] Perlengkapan Tempur Blogger Buku



Hari ini mau ngobrolin tentang beberapa perlengkapan saya yang terkait dengan kegiatan aku sebagai blogger buku. Jadi blogger buku itu ada suka dukanya sendiri. 

Coba tanya ke meraka yang juga menekuni hobi ini. Jadi blogger buku itu punya beberapa perlengkapan. Ini karena kegiatan membaca nggak lagi sekedar baca buku. Tapi mulai punya “alarm” untuk kalimat yang bisa jadi “quote” yang menarik. Hingga jadi lebih jeli melihat banyak typo.

Jadi hari ini saya mau membongkar beberapa perlengkapan saya sebagai blogger buku mulai dari tas  hingga perintilan kecil. 

***

Jauh sebelum jadi blogger buku, laptop ataupun notebook sudah menjadi benda yang selalu saya bawa ke mana pun saya pergi. Saat bosan membaca, maka saya akan menghabiskan waktu dengan menuliskan apapun di laptop. Itulah kenapa tas dengan ukuran kecil jarang menjadi pilihan. Saya lebih sering jatuh cinta pada ransel. Namun belakangan ini saya sedang suka memakai sebuah totebag dengan ukuran yang cukup untuk notebook saya.
Tas biru lucu
Tas keluaran Pampeliska ini dari luar terlihat sedang namun cukup banyak barang yang dimuatnya termasuk laptop dan buku – buku saya. Selain itu di sisi kiri dan kanannya cocok untuk menyimpan air mineral. Saya cukup mudah dehidrasi, jadi air mineral menjadi bawaan wajib bagi saya.

Selain itu, saya juga memiliki beberapa pouch untuk menyimpan berbagai barang. Ada pouch khusus menyimpan kosmetik dan khusus menyimpan handphone. Dan sering kali demi kepraktisan uang receh saya masukkan saja ke dalam mini pouch handphone. Ini karena kadang saat asyik nge-tweet saya jadi tidak menyadari bahwa saya sudah sampai di tujuan dan harus segera membayar ongkos angkot.

Sampul dan pouch dari Pampeliska ini serasi kan? :D
Selain itu saya pun senang memakai sampul buku kain karena tangan saya sering basah selain itu saya tergolong ceroboh sehingga kadang buku saya basah karena diletakkan di atas meja yang basah. Dan sampul kain ini cukup membantu dalam menghindari “insiden” itu :D

Bagi saya, setiap hari saya pasti akan membawa lebih dari 1 buku. Biasanya saya membawa 2 buku bacaan yang belum selesai saya baca. Dan juga 1 atau 2 buku yang sudah saya baca untuk saya review saat saya duduk dan menunggu di suatu tempat atau kesempatan. 

Selain itu, saya punya satu buku catatan untuk menampung semua “sampah otak” saya. Di dalam buku ini saya menulis puisi mini saya. Saya juga menuliskan berbagai daftar to do list serta jadwal blogtour dan giveaway di blog buku saya.
K3 ini adalah buku dari catatan layang yang saya modifikasi
Dan terakhir adalah perintilan kecil tapi penting seperti tempat pensil yang berisi pulpen, flash disk dan post-it.  Ini juga adalah barang bawaan wajib saya kemana pun pergi. 

Barang penting tapi sering tercecer

Nah, sudah tahu peralatan penting saya sebagai blogger? He..he.. 
Wajar kalau tas ukuran kecil tidak pernah cocok dengan saya. He..he.. sering teman berkata, "Pantesan gak gemuk. Bawaannya berat begitu setiap hari." Ha..ha.. Emang kapan saya gemuk?

11 komentar:

  1. tertarik sama sampulnya, mba Atria beli di mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli di Pampeliska (https://instagram.com/pampeliska_store/)
      bisa tanya2 ke ownernya langsung: Mbak DyLunaly 0821-2761-6166

      Hapus
  2. Bunch of thank you my dear^^
    Senang kamu suka dengan produk Pampeliska. Sering-sering ngeborong ya #eh

    BalasHapus
  3. Bunch of thank you my dear^^
    Senang kamu suka dengan produk Pampeliska. Sering-sering ngeborong ya #eh

    BalasHapus
  4. bisa jadi acuan nih buat yang ingin jadi blogger book :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. He.. He.. Ini hanya curhat buat jawab pertanyaan teman yg suka iseng nanya soal isi tas saya yg selalu menggembung

      Hapus
  5. Biasanya kalo nulis review ditulis di buku catetan dulu ya mbak? engga langsung diketik di laptop ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung ketika di laptop. Tapi kalau nemu pemikiran yg menarik atau merasa gak bakalan sempat buat langsung nulis reviewnya ya suka coret2 singkat di buku catatan. Apalagi sekarang suka nulis puisi buat buku yg direview :D

      Hapus
  6. Kita emang rempong ya ^^ semenjak hamil isi tas saya bertambah lagi dengan bermacam jenis cemilan. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Soalnya suka pengen ngeantisipasi ini itu. Jadilah rempong sendiri..
      Wah semoga kehamilannya lancar ya..
      Ibu dan dedek bayinya sehat selalu

      Hapus
  7. Ah belum jadi blogger buku, cuma hobi iqro aja. Yg pasti di tas harus ada buku dan kamera, biar bisa selalu baca ayat-Nya.

    BalasHapus