Kamis, 18 Juni 2015

[Blogtour] Review Rahasia Lantai Keempat + Giveaway



Penulis: Rettania
Editor: Ry Azzura & Syafial Rustama
Penyelaras aksara: Funy DRW
Penata Letak: Irene Yunita & Erina Puspitasari
Desain dan ilustrasi sampul: Dedy Koerniawan & Ayu Widjaja
Penerbit: Bukune
Cetakan: Pertama, April 2015
Jumlah hal.: vi + 154 halaman
ISBN: 978 – 602 – 220 – 153 – 5
Sebuah catatan usang misterius ditemukan di perpustakaan sekolah.
Di atas tulisan tangan yang dibuat tergesa – gesa itu, terbaca: RAHASIA LANTAI KEEMPAT.

Nikki, Fara, Randy, dan Neil – empat sahabat penyuka misteri – jelas jadi penasaran. Bagaimana bisa, sekolah yang jelas – jelas terdiri dari tiga lantai ini memiliki lantai keempat?

Bersama, mereka melakukan ritual rahasia dan berhasil menemukan jawabannya. Sebuah dimensi lain, di mana sesuatu yang jahat menunggu. Menghancurkan semangat, mental, dan menjebak mereka untuk selamanya berada di sana....

Mampukah keempat sahabat itu melawan teror yang menghalangi mereka kembali ke dunia nyata? Atau menyerah dan ikut hilang bersama... LANTAI KEEMPAT.

***

Persahabatan yang terdiri dari 2 orang perempuan dan 2 orang laki – laki kadang memang rumit. Perasaan yang tumbuh di antara keempatnya tidaklah terduga.

Nikki, digigit cemburu pada sahabatnya sendiri, Fara. Ia merasa bahwa Fara memiliki segala yang tidak ia miliki. Termasuk cinta Neil, cowok belesteran yang memikat. Nikki, Fara, dan Neil sebenarnya bersahabat ditambah pula Randy, sosok cuek yang selalu jadi peredam dalam gejolak hubungan mereka.

Suatu hari Nikki dan Fara menemukan sebuah catatan menuju Lantai Keempat. Selama ini Lantai Keempat menjadi urban legend yang terkenal di sekolah mereka. Ini karena gedung sekolah mereka termasuk gedung tua peninggalan Belanda. Menurut rumor, jika berhasil menemukan Lantai Keempat, maka kamu akan menemukan sosok yang bisa mengambulkan APAPUN permintaanmu. APAPUN.

Maka penemuan ini jelas menggugah 4 sahabat itu. Mereka pun melakukan ritual yang diinstruksikan catatan itu. Hingga akhirnya mereka berhasil mendatangi Lantai Keempat. Sayangnya mereka terancam tidak akan pernah bisa pulang.

Kerumitan hubungan di antara mereka pun tidak membantu sama sekali. Sebab kekuatan jahat itu akan terus mengikuti mereka karena bisa “mencium” emosi negatif mereka. Tidak ada jalan untuk lari selain menyatukan kekuatan mereka.

Lantas bisakah Nikki merelakan perasaannya pada Neil? Bisakah Fara memaafkan keegoisan Nikki? Dan mampukan Neil meredam rasa tidak enaknya pada Nikki dan Randy?

Jika tidak, maka mereka akan terus ditemukan oleh kekuatan jahat itu.

***

Sejak membaca novel ini saya cukup tergugah karena dua alasan.
1) karena nama salah satu tokohnya adalah Neil. Mirip dengan nama suami saya, Nail. Ha..ha.. abaikan alasan ini.
2) novel ini mengambil setting tempat favorit saya, perpustakaan.
Dan tahukah, readers? Kelak tempat ini pun menjadi salah satu tempat penting dalam seluruh rangkaian kisah di dalam novel ini.

Sejak awal, novel dibuka dengan menampilkan pikiran negatif Nikki pada Fara. Rasa iri yang dia pendam dan sifat sinis Nikki. Ini membuat pembaca penasaran pada bentuk hubungan yang terjadi di antara 4 sahabat tersebut.

Kemudian perlahan, Mbak Rettania mampu menampilkan pola hubungan ini dalam narasi dan dalam interaksi. Selain itu, penulis berhasil memasukkan pola hubungan ini sebagai salah satu kunci cerita.
 
Tokoh – tokoh di novel ini ditampilkan sangat manusiawi. Dan ini menjadi salah satu kekuatan cerita.

Sejak awal pembaca bisa saja menebak hasil akhir petualangan mereka. Namun penulis berhasil menyusun alur maju dengan ritme yang tepat. Tidak terlalu cepat. Tidak terlalu lambat.

Selain itu penulis berhasil membangun ketegangan cerita, membuat saya memutusakan untuk menamatkan novel ini dalam sekali duduk (meskipun sambil nge – date dengan suami.. maafkan saya, my husband :D)

Secara keseluruhan kisah ini menarik. Meskipun agak kasihan dengan sosok Randy yang jatah tampilnya tidak sebanyak tokoh lainnya. Ia bak sosok yang tersembunyi di antara bayang Nikki, Fara, dan Neil. Namun Randy pun menjadi kunci yang menguatkan kelompok ini agar tidak kalah melawan bayangan gelap yang mengejar mereka.

Dan sesungguhnya saya pun dibuat membaca cepat buku ini karena ikut berlari bersama tokoh – tokohnya setiap kali bunyi gemerincing itu mengejar pikiran dan emosi negatif mereka. God, semoga di dunia nyata tidak ada sosok seperti itu. 

Dan saya hampir melupakan satu sosok lagi. Maria, sosok yang ikut menjadi urban legend di sekolah. Satu rahasia yang juga ikut terkuak bersama rahasia Lantai Keempat.

Dan good job untuk ilustrator buku ini. Gambarnya berhasil “menghantui” saya selama membaca kisah di novel ini.

***


Permalink gambar yang terpasang
Blogtour #RahasiaLantaiKeemapt
Seperti biasa, blogtour selalu diikuti oleh Giveaway. Ada satu buku Rahasia Lantai Keempat yang disiapkan untuk Reader yang beruntung.

Nah, sudah siap untuk ikutan giveaway Rahasia Lantai Keempat ini? cukup ikuti langkah – langkah berikut:

1)      Follow blog ini via GFC atau Bloglovin’ (optional)
2)      Follow akun twitter @rettaniea dan @atriasartika
3)      Share giveaway ini via twitter dengan mention @rettaniea, @atriasartika, @bukune dan pakai hashtag #RahasiaLantaiKeempat
4)      Jawab pertanyaan berikut di kolom komentar:
Apa urban legend yang beredar di sekitarmu? Bagaimana jika kamu berkesempatan untuk membuktikannya?
Jangan lupa sertakan data dirimu berupa nama, akun twitter, dan email
5)      Giveaway ini berlangsung sejak 18 Juni – 24 Juni 2015
6)      Giveaway ini khusus untuk kamu yang berdomisili di Indonesia.

Pssst.. sebenarnya agak horor juga menanyakan hal ini. Ntar bakalan nodong Mbak Rettania aja yang baca ah. Aku takut mimpi buruk *kemudian dikeplak*

18 komentar:

  1. Nama : Lois Ninawati
    Twitter: @_loisninawati
    Email : ninawatilois@gmail.com

    Jawaban : di daerahku sih, nggak ada urban legend yang lagi beredar, rasanya, aman-aman aja di daerahku :D nggak ada gosip tentang urban legend gituan :D *jawaban jujur sejujur jujurnya* :D

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Nama : Ni Nyoman Sundani
    Twitter: @pervamaya
    Email : sayasundani@gmail.com

    Uran Legend daerah aku kayanya adanamanya jembatan batu cincin kalau gasalah pokonya daerah jatinangor aku ga hpl namanya,
    Ada juga gereja tua di pasteur yang ada guritanya
    Kalau disuruh ngebuktiin mau asal ditemenin penulisnya hehe dan jangan malem2 😄

    BalasHapus
  4. Nama : Veny
    Twitter : @yutakaNoYuki
    Email : himurasora@yahoo.co.id

    Kalau penampakan hantu termasuk urban legend gak ?
    Di daerah tempat tinggalku ada jalanan tikungan, nah biasanya kan ditikungan itu akan dipasang cermin (cermin besar dan agak cembung, kurang tau istilahnya apa) biar pengendara yang lewat bisa tahu kalau ada kendaraan lain yang mau lewat dari arah berlawanan, Ada yang pernah cerita kalau pas malam lewat situ terus ngeliat ke cermin ada penamapakan seperti cewek pakai baju putih panjang, kalau titel hantunya itu kuntilanak.
    Entah benar atau tidak tapi berita seperti itu langsung cepat menyebar di kalangan warga dikampungku itu.
    Kalau diberi kesempatan untuk membuktikannya aku lebih milih untuk gak akan membuktikannya. Kenapa ? karena itu jalanan yang sering aku lewati, apalagi kalau pulang malam dan pas gak ada orang rumah yang bisa jemput. Aku lebih milih untuk gk pernah liat itu makhluk, ketimbang membuktikan kebenarannya dan gak berani lagi untuk lewat jalan itu.

    BalasHapus
  5. Nama : Mila Rhmatunnisa
    twitter : @milehyaa
    Email : jungbaekmila@yahoo.com
    Apa urban legend yang beredar di sekitarmu? Bagaimana jika kamu berkesempatan untuk membuktikannya?

    Jawaban : wah kak atria aku jawab pertanyaan ini tepat jam 0:15 loh, agak merinding sih, tapi karena bulan puasa insyaallahgak ada apa-apa hehe :D.
    jadi gini kak dirumahku tuh lagi marak-maraknya berita tentang maling yang mencuri dengan hanya memakai celana dalam warna putih. Konon ceritanya pemilik rumah, ia melihat maling itu di rumahnya, tapi anehnya dia tidak bisa berbuat apa-apa. berbicara pun susah. maling itu mengambil uang tak seberapa, hanya 20.000 -50.000 aja. Aneh sekali, padahal dirumah itu ada barang2 berharga juga. Seperti emas,laptop, uang belasan juta dll, tapi yang di ambil hanya uang kecil. Aneh bener-bener aneh. Itu maling gimana ya otaknya, kurang pinter *seketika di keplak maling*. Pokoknya aneh banget deh ada maling yang seperti itu.

    hmm.. cara aku membuktikannya ya? gimana ya?? jangan suruh aku buat ketemu langsung sama tuh maling please.. Takut. Aku sih gak bisa ngebuktiin apa-apa kak, karena kan ini juga musibah pencurian. walaupun yang diambil gak seberapa, Tetap saja sebuah pencurian kan?. Yang bisa membuktikannya adalah orang yang mengalaminya langsung. Yaitu, orang yang kecurian. entah maling itu manusia/ setan gak ngerti yang jelas dia masuk tiba-tiba kedalam rumah.

    BalasHapus
  6. Nama : Afika Yulia Sari
    Akun Twitter : @afikayulia
    Email : afikayuliaakb@gmail.com

    Jawaban :
    Mitos urban legend disekitar lingkungan rumahku adalah dulunya terdapat tanah lapang yang luas. Tanah lapang tersebut ditumbuhi banyak pohon, terutama pohon pisang. Ada yang bilang ditanah lapang tersebut ada beberapa kuburan. Namun, aku tidak melihatnya. Beberapa tetangga kerap melihat sosok anak kecil dimalam hari. Bahkan ada yang melihat bayangan hitam postur tubuhnya besar. Aku bersyukur sekali tidak pernah melihat penampakan" itu. Jangan sampai deh.
    Beberapa tahun lalu tanah lapang tersebut ditemukan sosok mayat yang tergantung disebuah pohon pisang. Dari kejadian itu, semakin membuat suasana tanah lapang itu semakin seram. Kabarnya mereka mendengar suara rintihan orang kesakitan dimalam hari.
    Lalu dua tahun atau tiga tahun kemudian (aku lupa tepatnya kapan). Tanah lapang tersebut dibeli oleh suatu perusahaan untuk dijadikan sebuah perumahan yang kecil tidak terlalu megah. Pembangunan diawal-awal cukup lancar. Tapi entah mengapa lama-kelamaan tidak ada perubahan. Hanya beberapa bagian tanah yang sudah diaspal semen. Anehnya tidak ada satu bangunan rumah yang jadi sampai sekarang. Tidak ada yang tau penyebabnya karna apa.

    Jujur, aku orangnya penakut. Tapi jika aku diberi kesempatan untuk membuktikannya aku rasa sangat sulit. Rasa beraniku sudah terkalahkan dengan rasa takutku sendiri. Bahkan suka parno sendiri hehe : D

    BalasHapus
  7. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Email: ayamurning@gmail.com

    Urban legend yang ada di daerahku itu... hmm bingung nih takaran daerahnya itu mau segimana luas ya? :D
    Oke lah, daripada jauh-jauh, aku mau ambil yang ada di komplekku aja. Dulu di komplek rumahku ini pernah ada kejadian babi ngepet. Sempat coba ditangkap oleh warga. Dari kabar yang beredar, babi ngepet itu asalnya dari RT 22 (aku tinggal di RT 21) tapi tidak tahu siapa tuannya. Hingga sekarang rahasia itu belum terungkap. Tapi alhamdulillah sekarang nggak pernah ada kejadian babi ngepet lagi.
    Lalu, beberapa minggu lalu ada kenalan yang punya kelebihan bisa menerawang. Ketika diajak keliling komplek, tiba-tiba ia berkata, "dulu di sini pernah kejadian ada babi ngepet kan? Aku tahu kok siapa yang ngingun (melihara) tapi aku nggak mau bilang ah." Hahaha. Ya sudah, toh itu sudah lama berlalu. Mending tidak perlu tahu siapa orangnya daripada nanti-nantinya malah menimbulkan rasa suudzon mulu sama beliau. :)
    Kalau dikasih kesempatan untuk membuktikan, hmm lebih baik aku tidak ikut-ikutan. Karena yang lalu biarlah berlalu. Toh itu sudah lama. Mungkin pula si empunya babi sekarang sudah bertaubat dan jauh dari perbuatan pesugihan lagi. :)

    BalasHapus
  8. Nama : Ratna
    Twitter : ratna@Shinju2chi
    E-mail : kazuhanael_ratna@yahoo.co.id

    Jawab :
    Aku tidak tahu apakah ini urban Legend atau tidak. Namun menurut kakekku, ada sebuah jalan yang letaknya tepat di antara rumahku dan rumah kakek bahwa jalan itu juga sering dilewati para hantu. Dan kata ibu memang pernah melihat wanita berpakaian merah dengan rambut panjang berjalan di tengah malam. membuat ibu tidak bisa bergerak saking ketakutan. Kadang juga dilewati nyi roro kidul dengan kepak jarannya. Kalau yang ini aku memang sering mendengarnya dngan jelas. Tapi jika memang berkesempatan untuk membuktikan secara langsung face to face, semoga tidak. Sudah cukup dulu bertemu dengan genderuwo di dekat pohon bambo yang katanya memang selalu ditungguinya dan juga pocong di belakang rumah tetangga yang baru meninggal dunia.

    Biarlah mereka hidup di dunia masing-masing begitupun aku

    BalasHapus
  9. nama : siti zulaikhah
    twitter : @kimzujonghee
    email : zulaikhah0796@gmail.com

    urban legend di sekitar?
    banyak sih ya di dekat sini, tapi yang paling melegenda itu di bawah jembatan di deket bendungan sini.
    ini cerita melegenda sampai sekarang.
    pada zaman PKI dulu, di bawah jembatan di gali lubang yang sangat dalam, mau tau alasannya?
    itu lubang di buat untuk menyiksa dan membunuh para PKI.
    Bahkan dari dulu di tempat itu terkenal dengan keangkeran. konon katanya isu yang beredar di bawah jembatan itu tiap tahun mencari tumbal. sudah tk terhitung jatuh korban yang tenggelam di sana.

    ada satu lagi, ini di nglirip, jawa timur, dan tak jauh dari tempat tinggal saya.
    bendungan yang sangat indah dengan kejernihan airnya, apalagi ini tempatnya sebelah atau bisa di katakan bawah makam para penyebar Islam.
    Di tempat ini sangat angker, tapi tak sedikit yang datang ke sini. konon ceritanya hiduplah seorang putri nglirip yang putus cinta, dan memutuskan bunuh diri dengan terjun ke air terjun nglirip, dan tiap tahun sampai saat ini masih mencari tumbal. bahkan yang di cari itu seorang pemuda perjaka.

    singkat... ngeri soalnya kekeke

    BalasHapus
  10. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Email: ayamurning@gmail.com

    Urban legend yang ada di daerahku itu... hmm bingung nih takaran daerahnya itu mau segimana luas ya? :D
    Oke lah, daripada jauh-jauh, aku mau ambil yang ada di komplekku aja. Dulu di komplek rumahku ini pernah ada kejadian babi ngepet. Sempat coba ditangkap oleh warga. Dari kabar yang beredar, babi ngepet itu asalnya dari RT 22 (aku tinggal di RT 21) tapi tidak tahu siapa tuannya. Hingga sekarang rahasia itu belum terungkap. Tapi alhamdulillah sekarang nggak pernah ada kejadian babi ngepet lagi.
    Lalu, beberapa minggu lalu ada kenalan yang punya kelebihan bisa menerawang. Ketika diajak keliling komplek, tiba-tiba ia berkata, "dulu di sini pernah kejadian ada babi ngepet kan? Aku tahu kok siapa yang ngingun (melihara) tapi aku nggak mau bilang ah." Hahaha. Ya sudah, toh itu sudah lama berlalu. Mending tidak perlu tahu siapa orangnya daripada nanti-nantinya malah menimbulkan rasa suudzon mulu sama beliau. :)
    Kalau dikasih kesempatan untuk membuktikan, hmm lebih baik aku tidak ikut-ikutan. Karena yang lalu biarlah berlalu. Toh itu sudah lama. Mungkin pula si empunya babi sekarang sudah bertaubat dan jauh dari perbuatan pesugihan lagi. :)

    BalasHapus
  11. Nama: Nur Ramadhani Anwar
    Twitter: @DhaniRamadhani
    Email: dhanianwar.ramadhani2@gmail.com

    Saya gak tahu ini juga termasuk urband legend atau gak, hehe. Nah, novel ini bercerita tentang sekolah, saya juga bakal cerita mengenai sekolah saya. Duh agak merinding ini kak At nulisnya. Hahaha. Tentang pohon besar dan tua yang ad di sekolah saya, tepat di depan kelas saya waktu kelas 3 SMA. Nah, menurut teman saya yang sering kesurupan, dia selalu dirasuki oleh arwah perempuan yang ada di sana. Setiap dia lewat di sana, teman saya itu kesurupan. Dan anehnya ketika dia kesurupan, dia selalu mengomentari orang-orang yang berada di sekitarnya, mengenai sifat-sifatnyalah, kebiasaan-kebiasaannya dan apa saja. Sehingga setiap kali teman saya itu kerasukan, malah dijadikan semacam ramalan-ramalan. Bergantian saja dari kelas sebelah yang berdatangan. Padahal kan, kasiah yang kesurupan. Ini secara tidak langsung sudah dibuktikan kan, kak At. hehe. Percaya tidak percaya sih, tapi itu memang terjadi dan memang dia mengenal semua sifat anak-anak di sekolahan yang disebutkan ketika teman saya itu kesurupan. Bisa juga sih sebenarnya dijadikan bahan intropeksi diri. Tapi semoga tidak ada lagi anak sekolah yang jadi korbannya. Tapi setahu saya, pohon itu tidak pernah bisa ditebang.

    Duh jadi ingat sekolahan. hehehe.

    Itu aja kak at, menangkan saya yaaah... *wink hahaha

    BalasHapus
  12. Nama: Irmawati
    Akun twitter: @irmaa_waati
    email: irmawati0337@gmail.com
    Jawaban: Kalo urband legend di daerahku, Bandar Lampung, yang paling terkenal adalah keangkeran bekas rumah sakit, namanya Rumah Sakit Kartika, nah RS ini sudah tidak beroperasi semenjak tahun 2000-an, katanya sih karena bangkrut, jadi para dokter, suster dan karyawan-karyawan yang lain satu persatu meninggalkan kerjanya di RS ini, hingga semuanya berhenti, hanya menyisakan satpam yang bertugas untuk menjaga alat-alat medis saja.

    Konon katanya, di RS ini sering terlihat penampakan dari sosok suster ngesot, kuntilanak, tuyul dll. RS ini pun sudah cukup terkenal keangkerannya, bahkan pernah diliput di acara Mister Tukul Jalan-Jalan. Konon pula, katanya jika kita memasuki RS ini banyak pantangannya, misal bagi para wanita tidak boleh masuk dengan rambut tergerai dan saat menstruasi, tidak boleh berkata senonoh. Jika mau masuk ke dalam RS inipun harus mendapat izin terlebih dahulu. Katanya sih, ketika baru sampai di halamannya saja sudah ada aura-aura gaib yang begitu terasa.

    Kalo aku berkesempatan untuk menyelidikinya, aku tidak mungkin sendirian kesana, pastinya aku akan mengajak temak-temanku, ya aku gak berani kalo sendiri. Kalo perlu harus ada yang mendampingi, misalnya ustad gitu, biar selalu dibimbing gak bertingkah macem-macem dan kalo emang beneran ada kejadian yang aneh-aneh langsung bisa di sadarin hehe :)).

    BalasHapus
  13. Nama: Ananda Nur Fitriani
    Twitter: @anandanf07
    Email: Anandanftrn@gmail.com

    Urban Legend ini terkenal di lingkungan sekolahku. Halaman dan bangunan yang luas, ditambah dengan banyak pepohonan membuat sekolahku sangat menyeramkan saat malam hari.

    Orang-orang menyebutnya 'Mata Satu'. Katanya, makhluk itu sudah ada sebelum sekolahku dibangun. Bisa dibilang dialah 'pemilik' sekaligus 'penjaga' sekolahku. Dari dulu, dia sudah suka merasuki tubuh murid-murid. Bukan seperti kesurupan, namun jiwanya seakan menyatu dengan jiwa manusia. Serem? Banget :'D karena sekitar satu setengah tahun yang lalu, teman sebangku-ku dirasuki olehnya. Sebangku lho ini mbak, sebangku :'( aku nggak akan menceritakan kronologis kejadiannya, karena pasti panjang banget mbak :'D

    Selama sebulan, sikap temanku sangat berubah. Dia berteriak-teriak saat mendengar bacaan Al-Quran, sampai Al-Quran nya dibanting. Dia bisa berlari kencang dan muncul dari arah berlawanan, seakan dia bisa menghilang dan muncul secara tiba-tiba. Suara dan matanya pun berbeda. Begitu banyak kejadian aneh selama sebulan itu, namun ada satu kejadian yang paling kuingat. Saat jam pelajaran dia menggambar sebuah meja yang dikolongnya ada gambar satu mata. Dia menyuruhku melihat kekolong, saat itu aku belum tau tentang si 'Mata Satu', jadi aku menurut. Tapi aku nggak melihat apa-apa disana, dan dia menggambar makhluk itu secara keseluruhan. Badannya besar seperti genderuwo, disertai bulu-bulu diseluruh tubuhnya. Namun dia hanya memiliki satu mata. Dan dia bilang 'ini mata satu'. Suaranya itu looh mbak😓 masih lemah lembut seperti perempuan, tapi seperti ada makna yang tersembunyi dari ucapannya😌

    Setelah itu aku menanyakan tentang si 'Mata Satu' pada guru Agama, dan dia menceritakan tentang makhluk itu. Konon katanya, 'Mata Satu' memang tinggal di kolong meja kelasku. Sebulan setelah itu temanku baru bisa bersikap biasa. Dia berubah menjadi alim dan rajin sholat. Alhamdulillah yah sesuatu :) membuktikannya? Hmm.. Kayanya engga deh, sudah cukup aku jadi penonton aja waktu itu :'D eh tapi tapi, kabarnya 'Mata Satu' udah pindah ke kelas sebelah waktu itu, berarti kelas ku saat ini! Oh tidaaak!

    BalasHapus
  14. Nama: ARIESKA ARIEF
    akun twitter: @MiyungArief
    email: aaanimanga@gmail.com

    Apa urban legend yang beredar di sekitarmu? Bagaimana jika kamu berkesempatan untuk membuktikannya?

    Apa ini urban legend gak, ya? Nama Beshi, sang eksekutor dari Arab Saudi itu terdaftar sebagai urban legend di Jeddah. Gak tahu sih apa orangnya masih hidup atau sudah mati, yang jelasnya dia terkenal sebagai pelaksana hukuman mati di masjid Qisas itu dan tentu saja itu bukan mitos sih.
    Waktu hari Kamis kan ada perjalanan menuju Jeddah dengan menumpangi sebuah bus besar. Selama perjalanan, Pak Ustad sebagai pemandu wisatanya, jadi dia menjelaskan tentang sejarah semua tempat di sana. Aku mendengarkannya dengan seksama, namun begitu melintas di depan sebuah masjid berwarna putih dengan berbagai menaranya di tengah pantai itu, bulu kudukku jadi merinding. Glek!
    Pak Ustad menjelaskan, masjid itu bernama masjid Qisas yaitu tempat mengeksekusi mati para tahanan, terutama para pembunuh yang bersalah dan pengedar narkoba, mereka semua dimatikan di sana. Tentu saja aku ngeri mendengarnya. Jadi, para TKW yang membunuh dibantai di sana, dipenggal kepalanya. Dan eksekusi mati itu dilaksanakan tiap hari Jumat. Duh, besok dong artinya. Pak Ustad pernah melihat ada terpidana mati yang tak jadi dihukum mati dari sebuah jendela hotel yang akan kami inapi hari itu. Jadi, artinya beliau sudah pernah melihat pemandangan mengerikan itu tiap hari Jumat di sana dong. Ya, hotel yang kami inapi itu deket banget sama masjid itu. Hiks!
    Hotelnya tentu saja indah dan makanannya enak banget, hanya saja membayangkan di sebelahnya itu loh ada beberapa kepala terpidana mati yang terpenggal membuatku ngeri dan tak tenang. Mau cepat-cepat pulang ke Indonesia rasanya. Tentu saja di sini situasinya normal-normal saja, serasa tak berdekatan dengan tempat kematian. Hiii.
    Selama tidur, aku takut meski kamarnya nyaman. Lihat saja tuh jendelanya, aku takut memandang keluar sana. Semoga saja Mas Beshi besok lagi tidak bertugas ya, katanya dalam sehari itu dia memenggal 10 kepala. Tapi karena ini di tempat suci, jadinya tentu saja aku tak mimpi buruk. Setannya ogah tuh mampir ke tanah suci!
    Diberi kesempatan untuk menyaksikannya tiap hari Jumat itu? Untung saja tidak! Soalnya kami pulang pada hari Jumat, jadi tentu saja tak ada pengalaman mengerikan. Melihat batang hidung Mas Beshi yang terkenal itu saja tidak sempat lagi. Alhamdulillah!

    BalasHapus
  15. Nama: rizqa nurul hidayanti
    Twitter: @nurul_rizqa
    Email: rizqanurulhidayanti@yahoo.co.id

    Urban legend di tmptku adalah jalan mbolo.
    Itu sebuah jln utama menuju magetan dari desaku tapi bukan satu2nya kok. Menurut cerita yg beredar, di sana byk penampakan dan itu sangat mungkin krn jln itu dikelilingi sawah dan tanaman tebu tanpa penerangan sedikitpun.
    Menurut kbr, rombongan pengantin di larang melintasi jln itu pas hari H krn akan ada nasib buruk yg menimpa mereka. Krn kepercayaan itu, dlu wktu saudraku menikah tdk melewati jln itu dan lbh memilih jalan yg lbh jauh untuk menghindari nasib buruk.
    Tapi dlu waktu tim sepak bola tmptku bertanding di kabupaten dan lwat tmpt itu jd klah.
    Sedangkan saat tdk lewat mlah menang. Tp entahlah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanpa aku membuktikannya, hal itu sudah terbukti lewat fakta yg dialami org lain ^^

      Hapus
  16. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    Rinspiration95@gmail.com

    Sebenarnya urban legend ini tidak hanya di daerah tempat tinggalku saja kak. Tapi di daerah lain juga kebanyakan percaya tentang bola apu yang tiba - tiba melintas di langit malam di hari-hari tertentu.
    Konon, bola api itu adalah jelmaan manusia yg memuliki ilmu hitam, mereka tg memiliki ilmu itu akan berubah wujud sebagai bentuk menyerupai bulatan berwarna merah menyala untuk membalaskan dendam terhadap seseorang yg dianggap sebagai musuh. Hiiyy!! Aku sih berharap tidak pernah melihatnya. Membayangkannya aja sangat menyeramkan.
    Tapi kalau berkesempatan membuktikan aky cuma pengin membuat dokumentasi berupa foto/video agar kesaksianku berdasar fakta, no gosip! Cuma membuktikan gak apa-apa kan? Aku tidak ingin ikut campur urusan mereka hehee

    BalasHapus
  17. Nama: Ani Purditasari
    Twitter: @Anny_Tears
    Email: annytears.at@gmail.com

    Nama: Ani Purditasari
    Akun Twitter: @Anny_Tears
    Email: annytears.at@gmail.com

    Apa urban legend yang beredar di sekitarmu? Bagaimana jika kamu berkesempatan untuk membuktikannya?

    Urband Legend di daerahku lumayan banyak, mungkin karena 80% masyarakat disini sangat percaya mitos/tahayul. Tapi yang paling membuatku penasaran adalah Urband Legend Penunggu Tanah Tumbuh, soalnya urband legend ini memang adanya di desaku.

    Tanah tumbuh yang dimaksud adalah tanah yang semula datar namun dalam waktu semalam berubah menjadi gundukan tanah keras mirip bukit.

    Menurut cerita yang beredar tanah tumbuh itu rumah jin. Kalau dipikir memang aneh, dalam semalam tanah datar berubah jadi gundukan tanah keras, kalau pun itu buatan manusia pastilah tanahnya masih basah, dan kalau itu rumah semut, ada berapa banyak koloni semutnya?

    Konon katanya jin penunggu tanah tumbuh itu berwujud wanita cantik dengan rambut yang sangat panjang, namun penunggu tanah tumbuh ini sering berubah wujud menjadi orang yang kita kenal dan kemudian mengajak kita berjalan masuk ke hutan (alam gaib) yang akhirnya tidak bisa kembali.

    Memang pernah beberapa kejadian (saat aku masih SD) beberapa orang hilang yang akhirnya ditemukan sudah tidak bernyawa di dekat tanah tumbuh, tapi menurut sebagian masyarakat orang-orang itu meninggal karena kelelahan berlari dikejar binatang buas (tanah tubuh itu memang berada di pinggir hutan). Apa iya?

    Jujur saja sampai saat ini aku masih penasaran dengan urband legend itu, dan jika aku berkesempatan membuktikannya (tentunya dengan orang yang memang mengerti soal ilmu ghaib) aku sangat tertarik untuk ikut.

    Kak Atria dan Kak Rettania mau ikutan juga? Hayyuk... :D

    BalasHapus