Senin, 01 Juni 2015

[Blogtour + Giveaway] 3 Sisi Susi



“..., dia berharap Indonesia bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Susi tidak ingin laut Indonesia yang besarnya 70% dari wilayah negara kita tetap tidur. Wilayah laut Indonesia lima kali lebih besar dari laut Thailand, tetapi angka ekspor Indonesia tidak jauh lebih besar dari Malaysia maupun Thailand. Target KKP selanjutnya adalah meningkatkan angka ekspor Indonesia.” (Hal. 87)



Penulis: Fyra Fatima
Penyunting: Zulfa Simatur, Fitria Pratiwi, Lis Sutinah
Pendesain Sampul & Penata Letak: EM. Giri
Ilustrasi Sampul: Aminuddin Hadinugroho
Penerbit: Visimedia
Cetakan: Pertama, 2015
Jumlah hal.: viii + 172 halaman
ISBN: 979-065-239-9

Sang penerobos! Mungkin cap semacam itu sangat layak kita sematkan kepada sosok Susi Pudjiastuti. Pada masa remaja, dia berani melakukan pilihan hidup yang “gila” yaitu meninggalkan bangku SMA. Orangtuanya marah karena biaya untuk sekolah ada dan semua kebutuhan terpenuhi. Dia hanya ingin mandiri, menjalankan hal yang dia anggap mampu. Berawal dari bakul ikan, Susi menjadi pengusaha sukses yang bisa mengekspor sendiri hasil tangkapannya. Ketika ada kebutuhan pesawat untuk membawa hasil laut ke tempat yang jauh dalam keadaan segar, tidak ada pihak perbankan yang yakin bahwa Susi bisa membayar. Empat tahun kemudian, barulah ada pengusaha nasional yang bersedia memberikan dana. Lain halnya ketika baru menjabat sebagai menteri, Susi yang dijuluki sebagai pahlawan laut mengeluarkan terobosan baru dengan menenggelamkan kapal asing yang tepergok masuk perairan Indonesia tanpa izin dan membuat moratorium perizinan usaha perikanan tangkap.

Tiga sisi yang diangkat dalam buku ini berkisah tentang terobosan atau kegilaan-kegilaan Susi terkait kecerdasan, kesuksesan, dan keberaniannya dalam kehidupan pribadi, perjalanan usaha, hingga kebijakan publiknya. Semangat yang ditularkan oleh Susi memberikan harapan kepada banyak orang bahwa tidak ada yang tidak mungkin tanpa usaha keras dan kesungguhan. Mungkin benar bahwa jika ingin mendapatkan hasil yang gila-gilaan, kita juga harus melakukan upaya yang gila-gilaan.

***

Munculnya Susi Pudjiastusi dalam jajaran Kabinet Kerja yang dibentuk oleh Jokowi – JK menuai kontroversi. Gambar saat Susi (ia menolak dipanggil Bu Menteri, Hal. 91 – 92) terlihat merokok setelah pelantikannya sebagai Menteri menjadi berita heboh. Dukungan dan cercaan muncul serempak. Pemberitaan atas Susi pun kian meningkat.


Buku 3 Sisi Susi ini hadir untuk memberi informasi lebih banyak tentang sosok Susi Pudjiastuti ini. Pilihan judul 3 Sisi Susi ini mengacu pada 3 hal dari diri Susi yakni sosoknya sebagai perempuan cerdas, suskses, dan berani.

Setiap sisi juga mewakili sisi kehidupan tertentu seperti berikut:

Pada Sisi 1: Perempuan Cerdas, penulis mengajak pembaca mengenal kehidupan masa kecil dan kehidupan Susi secara umum. Ia yang terkenal cerdas namun kemudian memutuskan untuk tindak melanjutkan pendidikannya di bangku SMA.

Sisi 2: Perempuan Sukses menghadirkan cerita perjalanan Susi dalam merintis dan mengembangkan usahanya hingga merambah ke berbagai bidang usaha. Bagian ini menampilkan bahwa apa yang dimiliki oleh Susi bukanlah sesuatu yang ia dapatkan dengan mudah. Banyak pengorbanan dan kerja keras yang dilakukannya.

Sisi 3: Perempuan Berani menampilkan kehidupan Susi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Di sisi ini dijabarkan tentang  sejumlah kebijakan Susi untuk kementrian yang dipimpinnya. Kebijakan ini ia buat berdasarkan pengalamannay selama puluhan tahun dalam bidang kelautan. 

***

Berapa hal yang menarik disampaikan dalam buku ini adalah bahwa pengalaman hidup Susi tidak semuanya mulus. Disebutkan di halaman 31 bahwa dengan menjadi perempuan maka tidak serta merta semua hal menjadi mudah. Baik perempuan sekalipun harus siap untuk bekerja keras jika ingin mendapatkan sesuatu.

Selain itu, di halaman 101 dituliskan dengan baik tentang tantangan yang dialami oleh Susi sebagai menteri. Susi mengakui bahwa ada perbedaan yang cukup besar dalam posisi menjadi pimpinan di Kementrian Kelautan dan Perikanan dengan posisi sebagai pimpinan perusahaan. Perbedaan yang cukup terasa adalah efektivitas kerja. 

Pikiran yang dituangkan oleh penulis dalam buku 3 Sisi Susi ini menampilkan Susi sebagai sosok yang inspiratif. Ketegasan, keuletan, dan kecerdasannya diharapkan mampu menginspirasi pembacanya khususnya pembaca perempuan. Tulisan ini juga membuat pembaca menjadi lebih mengenal Susi sebab di beberapa bagian menceritakan tentang ketakutan dan perasaan Susi dalam hidupnya. 

***
Seperti biasa, Blogtour selalu diikuti oleh Giveaway. Nah, buat kamu yang ingin memiliki buku ini, boleh banget ikut Giveaway ini. Visimedia Pustaka sudah menyiapkan satu buku 3 Sisi Susi untuk satu orang Readers yang beruntung di Giveaway ini.

Mau memiliki buku ini? Yuk ikuti syaratnya:
1. Silakan follow twitter @buku_visimedia atau like Fan Page Visi Media

2. Follow @atriasartika dan @buku_visimedia

3. Share/bagikan giveaway ini di media sosial. Silakan mention @buku_visimedia dan @atriasartika jika di Twitter, atau di fanPage Penerbit Visi Media di Facebook

4. Jawab pertanyaan berikut di kolom komentar:

“ Jika harus menggambarkan sosok Susi Pudjiastusi dalam 3 kata kamu akan memilih kata apa?”

Jangan lupa sertakan nama, email, akun twitter/ FB kamu ya

5. Blogtour giveaway ini berlangsung 1 - 7 Juni 2015. Pengumuman pemenang dilakukan tanggal 8 Juni 2015.

PUNCAK BLOGTOUR
Ikuti juga puncak blogtour “3 Sisi Susi” yang akan berlangsung di FanPage Visi Media. Hadiahnya lebih super, yakni:

1 pemenang mendapatkan 1 buku 3 Sisi Susi, GoodieBag & paket buku senilai 75k



 
1 pemenang mendapatkan 1 buku 3 Sisi Susi, GodieBag& paket buku senilai 50k

9 komentar:

  1. "Jika harus menggambarkan sosok Susi Pudjiastusi dalam 3 kata kamu akan memilih kata apa?”
    Saya pilih tegas, tanggap, berani.

    Nama: Selma Dwi Hapsari
    Email: selmahapsari1@gmail.com
    Twitter: @selmahapsari

    BalasHapus
  2. Rini Cipta Rahayu
    rinspiration95@gmail.com
    @rinicipta/ Rini Cipta Rahayu

    Bagiku, sosok ibu Susi Pudjiastuti adalah sosok wanita yang Berani, Berdedikasi dan Menginspirasi.

    Terima kasih

    BalasHapus
  3. nama : siti zulaikhah
    email : zulaikhah0796@gmail.com
    twitter : @kimzujonghee

    jawaban: optimis, kreatif dan pemberani.

    BalasHapus
  4. Nama : Erdina Yunianti
    Email : erdinayunianti2@gmail.com
    Twitter : @Dinnaaa_27

    “ Jika harus menggambarkan sosok Susi Pudjiastusi dalam 3 kata kamu akan memilih kata apa?”

    Yang pertama Pekerja keras, sosok ibu Susi merupakan wirausaha pekerja keras yang berhasil membangun usahanya dari nol.
    Yang kedua Cerdas, Meski hanya lulusan SMP, beliau bisa membalik garis nasib yang semula hanya seorang bakul ikan menjadi pengusaha penyewaan pesawat semua berkat kecerdasan yang di miliki oleh sosok bu Susi.
    Dan yang terakhir adalah Sukses, untuk menjadi orang sukses bekal pendidikan formal bukan satu-satunya faktor penentu. Contohnya perjalanan hidup ibu Susi yang hanya tamatan SMP bisa menjadi pengusaha perikanan dan penyewaan pesawat yang sukses.



    BalasHapus
  5. Nama: Bintang Permata Alam
    Email : bintangpermata45@gmail.com
    Twitter: @Bintang_Ach

    "Jika harus menggambarkan sosok Susi Pudjiastusi dalam 3 kata kamu akan memilih kata apa?”

    3 Kata untuk Bu.Susi menurut saya adalah 3T ( TEKAD, TANDANG, TANGGAP)

    Mengapa?
    1. TEKAD
    Maksud saya, tekad itu adlh niat seseorg dlm mlkukan suatu hal/utk menggapai impianya. Dan mnrut sy Bu Susi mempunyai itu, tekad yg kuat dlm mnggapai impiannya sprti skrg.
    2. TANDANG
    Tandang dlm bahasa Ind adalah Tindak / Bertindak. Bertindak utk berusaha mewujudkan hal yg dinginkan/diimpikan. Dan mnrt sy ini cocok utk Bu.Susi.
    3. TANGGAP
    Mksd saya Tanggap dsni adlah tau/mngrti apa yg harus dilakukan dan diperbuat. Sigap dalam sgala hal dan cermat dlm melakukan usaha.
    Dan, ketiganya tsb mnrut sy sesuai dg kepribadian Bu.Susi
    Thanks ^^

    BalasHapus
  6. Nama : Muhammad Ichsan
    Email : ichsan.aliyyah@gmail.com
    Twitter : @ichsan_kaira

    Pertanyaan :
    Jika harus menggambarkan sosok Susi Pudjiastusi dalam 3 kata kamu akan memilih kata apa?

    Jawaban :
    1. Sosok wanita yang peduli pada nasib para nelayan.

    2. Sosok ibu yang tegar dalam menghadapi hidup ini walaupun menjadi single parent beliau tetap mementingkan pendidikan untuk anak-anaknya.

    3. Sosok perempuan yang pantas disebut sebagai Kartini masa kini.

    Terima kasih

    Share Link : https://twitter.com/ichsan_kaira/status/606645738139877376

    BalasHapus
  7. Nama : Tasya Permata Sanjaya
    Twitter : @tasyatasa_
    Email : ptasya23@gmail.com

    3 Kata untuk Bu Susi Pudjiastusi :
    1. GESIT , cepat dan tepat dlm menghadapi masalah yang ada seperti penangkapan ikan yang di lakukan oleh kapal asing & langsung ditenggelamkan.
    2. ULET , ulet ya bukan ulat , Bu Susi memang sangat ulet krn dengan keuletannya dia menjadi sosok yang sukses dan disegani banyak pihak .
    3. TOMBOY ,dengan ke tomboy an nya Bu Susi telah membuktikan sebagai perempuan kita harus berani,tegas,cepat,tepat. Karena perempuan harus seperti itu jangan hanya pasrah ,sok manis atau apalah. Kita sebagai perempuan harus lah menunjukkan bahwa kita BISA supaya kita tidak diremehkan .
    Cukup Sekian . Terima Kasih

    BalasHapus
  8. Jika harus menggambarkan sosok Susi Pudjiastusi dalam 3 kata kamu akan memilih kata apa?

    1. Anti Mainstream
    Menurutku, aku baru pertama kalinya liat sosok seperti Ibu Susi di Indonesia terlebih beliau kan sudah menjadi seorang menteri dan seringnya jadi sorotan, tapi bukannya kayak menteri-menteri yang lain justru ibu susi tetap tampil apa adanya seperti dirinya sendiri, tidak ada yang berubah dari dirinya.
    Terus juga selain penampilan dan sikap, pemikiran ibu susi juga lain daripada yang lain. Dia punya gebrakan dan caranya sendiri untuk menjalankan tugasnya. Anti Mainstream banget! Sehingga tidak jarang apapun yang Ibu Susi lakukan menjadi sorotan banyak orang.


    2. Pekerja Keras
    Terlihat dari beliau yang benar-benar memulai semuanya dari Nol. Membangun usaha dari bawah hingga seperti sekarang punya usaha yang maju dan sekarang bekerja menjadi menteri Kelautan dan Perikanan

    3. Inspiratif
    Karena sifat, sikap dan pikiran-pikiran luar biasanya tidak sedikit yang membuat sosok Ibu Susi dapat menginspirasi banyak orang.


    Mita Oktavia
    @Oktaviamithaa
    greenchochobichocolate@gmail.com

    Makasih, kak! :)

    BalasHapus
  9. Jika harus menggambarkan sosok Susi Pudjiastusi dalam 3 kata kamu akan memilih kata apa?Yang pertama adalah wanita anti mainstream. Alasannya karena sosok Susi Pudjiastuti ini berani meninggalkan bangku SMA dan melakukan terobosan baru dengan menenggelamkan kapal asing yang tepergok masuk perairan Indonesia tanpa izin dan membuat moratorium perizinan usaha perikanan tangkap. Menurut saya ini termasuk perbuatan yang tidak biasa dan gila-gilaan.Yang kedua adalah wanita hebat. Alasannya adalah meskipun tidak ada pihak perbankan yang mempercayai bahwa dia akan sanggup membayar biaya pesawat, sosok Susi Pudjiastuti yang tetap gigih dan terus berusaha hingga akhirnya ada yang membantunya inilah yang menyimpulkan bahwa beliau adalah sosok wanita yang hebat, terlebih ketika beliau berjuang keras dari zero to hero.Yang ketiga adalah wanita yang menginspirasi. Alasannya adalah kisah perjalanan hidup beliau dari zero to hero inilah yang akan menginspirasi banyak orang bahwa apapun dapat kita raih kalau kita mau bekerja keras dan berusaha.

    Rany Dwi Tanti | ranydwi11@yahoo.co.id | @Rany_Dwi004

    BalasHapus