Minggu, 17 Mei 2015

[Posting Bareng BBI] Hari Buku Nasional

Cerita saya dengan buku-buku karya penulis Indonesia cukup menarik *ini menurut saya lho*. 

Sejak awal saya membuat blog buku ini untuk ikut mengambil peran dalam perkembangan dunia buku di Indonesia. Saat teman-teman saya tidak begitu suka membaca buku, saya memilih membagi kesenangan membaca lewat tulisan. 

Saat teman-teman yang gemar membaca lebih menyukai buku import atau pun terjemahan, saya malah dengan cukup berani (dengan resiko dompet kosong) mencicipi berbagai karya penulis dalam negeri terutama novel populernya.

Resiko patah hati pun membayangi. Tidak sedikit buku yang saya beli membuat saya kecewa dengan pertanyaan,  "Kemana editor? Kenapa penerbit menerbitkan buku ini?“

Karena saya merasa ini bisa menurunkan kualitas terbitan dalam negeri dan membuat kecewa mereka yang baru mencoba mencicipi karya dalam negeri. 

Tapi semakin lama saya semakin bahagia. Kenapa? Karena resiko yang saya ambil membuat saya berkenalan dengan banyak karya keren. 

Sebut saja karya yang baru-baru ini bikin saya bangga. Yaitu Misteri Patung Garam karya Ruwi Meita. Karya ini tidak kalah dengan Silkworm karya penulis luar yang terkenal itu.

Kemudian sebut saja buku "Dear Me!" buku terbitan Lintas Kata dengan genre psikologi remaja yang kata saya menarik untuk mereka yang baru mencoba menyukai membaca. Padahal buku ini non-fiksi tapi tampilan dan isinya ringan dan menarik. 

Selain itu, saya pun menaruh bangga karena bisa berkenalan (dan bisa mewawancarai)  beberapa penulis yang produktif. Ada Mbak Indah Hanaco, Mbak Triani Retno A, Mbak Riawani Elyta, Mbak Ruwi Meita, dan masih banyak penulis lain. 

Selain itu saya juga berkesempatan berkenalan dengan penulis-penulis muda yang buku pertamanya pun menarik untuk dibaca. 

Ah, dari hari ke hari saya semakin cinta pada dunia buku Indonesia. Dan semoga ke depannya jadi semakin baik. 

Jayalah dunia buku Indonesia.

Teruslah menulis karya-karya keren dan berkualitas wahai penulis-penulis Indonesia.
Dan mari terus berkontribusi teman-teman Blogger Buku Indonesia :*
Selamat Hari Buku Nasional, Readers.
buku - buku karya penulis dalam negeri yang ada di Pamboang

3 komentar:

  1. Wah... senangnya yang sudah kenal dengan banyak penulis lokal. :')

    Selamat hari buku nasional!

    BalasHapus
  2. Iyaa, takut patah hatinya itu lho, aku juga merasakan.
    Padahal dulu aku tipe yang sembarangan pilih buku. Asal cover dan judulnya menarik, aku langsung beli/pinjam dan enjoy saja pas baca.
    Sejak kerja dan beli buku sendiri, jadi mulai kritis. Karena udah dewasa juga kali ya, hahaha.

    BalasHapus
  3. Saya suka semangat tulisan ini. Positif. Apalagi saat ini banyak pembaca serius yang udah skeptis dengan karya-karya fiksi kontemporer Indonesia. :)

    BalasHapus