Rabu, 25 Maret 2015

Who Am I? Comic Version


https://igcdn-photos-d-a.akamaihd.net/hphotos-ak-xaf1/t51.2885-15/10986396_1420843568219091_580623323_n.jpg




Penulis: @PsikologiID & Olive
Editor: Tina Leoni & Shinta
Desain Cover: Githanoo
Tata Letak: Githanoo
Penerbit: Lintas Kata
Cetakan: Pertama, Oktober 2014
Jumlah hal.: xii + 132 halaman
ISBN: 602-71445-3-8

Apakah kalian merasa prefeksionis? Pemarah? Pengalah? Atau pribadi yang tenang? Kenali dirimu melalui buku ini. Buku komik Who Am I? berisikan penjelasan tentang 4 kepribadian utama manusia, yaitu si Sanguin (agresif), si Melankolis (sempurna), si Koleris (high profile), dan terakhir si Phlegmatis (low profile). 

Empat tokoh utama di dalam komik ini menceritakan berbagai macam kebiasaan baik dan buruk mereka berdasarkan kepribadian masing-masing. Cari tahu manakah kepribadianmu yang paling sesuai melalui kuis yang diberikan. 

Kenali dan pahami dirimu melalui buku ini.
Selamat mengenali kepribadianmu!

***

Melihat judul dan sampulnya, saya yakin bahwa ini adalah sebuah komik. Tapi saya sempat kebingungan karena di awal membaca buku ini saya malah diminta mengisi 25 pertanyaan. Tanpa soal. Hanya diminta memilih sifat yang paling menunjukkan pribadi saya sendiri.

Belakangan saya menyadari, ini adalah kuis panduan untuk mengenali kepribadian sendiri. Semua soal ini sebenarnya mudah tapi sulit dijawab. Apalagi jika sifat-sifat yang disebutkan sangat mirip dengan sifat yang kita yakini ada pada diri kita. Lantas yang manakah yang PALING menujukkan pribadi kita?

Menurut Florence Littauer ada 4 tipe kepribadian manusia:
1) Tipe Koleris. Tipe ini adalah tipe manusia pemimpin. Senang memerintah, suka tantangan, menilai berdasarkan logika. Mereka adalah pendengar yang buruk. Tapi mereka sangat setia pada persahabatan.

2) Tipe Sanguin. Orang-orang dengan tipe ini adalah pribadi yang humoris, supel, easy going, ekspresif, dan up to date. Mereka adalah orang tipe orang yang disukai oleh banyak orang.

3) Tipe Melankolis. Manusia tipe ini lebih suka menyendiri dan punya perasaan yang peka. Mereka cocok menjadi musisi khususnya untuk musik melankolis.

4)Tipe Phlegmatis. Tipe ini mudah bergaul dan sangat suka kedamaian. Mereka adalah pendengar yang baik. Namun tipa ini juga termasuk tipe yang membosankan karena tidak suka mencoba hal baru dan cenderung pendiam.

Itu tadi sedikit tentang 4 tipa manusia yang kemudian digambarkan dalam komik ini.

Lanjut cerita. Setelah mengidentifikasi diri *dan ternyata saya adalah tipe Koleris garis keras (>_<)* akhirnya saya pun mulai menikmati membaca buku ini. Bahkan karena membacanya saat duduk di kereta, beberapa gadis muda yang duduk di depan saya akhirnya memandangi saya. Mungkin mereka heran, kenapa ada mbak-mbak jilbaban berkacamata sibuk ketawa sendiri.

Tapi ya susah. Bagaimana saya tidak ketawa dan geleng-geleng kepala jika komik yang ditampilkan absurd? Gak percaya? Lihat nih halaman yang membahas Es Krim Pare ini (>_<)





Ha..ha.. Baik Koleris, Melankolis dan Phlegmatis di halaman ini sama kacaunya.

Isi buku ini dibagi dalam 3 BAB. 1) Mengenal Tempramen; 2) Cerita Sehari-hari; 3) Sifat Khusus.

Dalam BAB 1, satu persatu sifat yang umum dimiliki oleh masing-masing kepribadian dijabarkan dalam bentuk komik. Cara mereka menghadapi sesuatu atau cara karakter-karakter ini saling berinteraksi. *termasuk cerita es krim pare tadi*


Pada BAB 2: cerita yang ditampilkan juga menarik. Keempat karakter ini digambarkan bekerja sebagai sebuah tim dalam mempersiapkan kegiatan reuni. Dan ternyata? Ha..ha.. kocak. Bisa terlihat bahwa Koleris selalu menjadi pemimpin, kemudian Sanguin yang jadi bagian humas karena mengenal banyak orang, melankolis yang cocok menjadi sekretaris atau divisi acara karena perhatiannya pada detail, serta Phlegmatis yang cocok jadi seksi perlengkapan. Keempat karakter ini memang berbeda. Namun saat bekerjasama hasilnya akan menarik dengan pola interaksi  yang tidak kalah menarik.


 BAB ketiga adalah bagian terakhir dari buku yang membahas sifat-sifat khusus dari masing-masing karakter. Hm..tapi..tapi..kok itu Koleris lebih banyak yang negatifnya ya (>_<) *kemudian batal ngaku punya kepribadian Koleris*.


Hm..baca komik ini rasanya menyenangkan. Walaupun gambarnya masih terasa sederhana dan dibeberapa bagian masih terkesan “jayus” tapi secara keseluruhan saya suka dengan komik ini. Dan akan makin suka jika sampulnya diubah jadi lebih lucu lagi. (^_^)v

12 komentar:

  1. Wkt ngecek doloooo bgt, aq plegmatis... Weee menarik ye

    BalasHapus
  2. Wah... seruu. kebetulan sejak SMP aku udah suka ngecek beginian. Hehe.. jadi pengen baca

    BalasHapus
  3. Mirip kayak STABT-nya Haru, cuma ambil tema dari empat tipe pribadi manusia secara umum. Keren, asli buatan Indonesia kan? :)

    BalasHapus
  4. konsep-nya hampir mirip ma komik simple thinking about blood kan ? Tapi bedanya, ini berdasarkan sifat kalo yang stab brdasarkan golongan darah.. Keren sih :)

    BalasHapus
  5. Aku ternyata masuk yang tipe phlegmatis. Easy going dan mudah bergaul tapi pendiam. Hehehe.. pas banget ini kak ^^

    BalasHapus
  6. Setelah baca review-nya, jadi keinget komik korea Simple Thinking About Blood Type yang juga membahas tentang kepribadian dan sifat kita tapi memalui golongan darah. Komik-nya juga mirip kayak ini, kocak dan bisa bikin tertawa.

    BalasHapus
  7. *beeeep* ternyata buku bagus ya ini >.<

    BalasHapus
  8. Wih aku masuk yg kategori phlegmatis nih wkwk yeah aku cnderung lebih suka menjadi pendengar dan pendiam :) menarik bukunya :D

    BalasHapus
  9. Sepertinya aku perpaduan antara plegmatis sama melankolis :")) *emang ada?*

    BalasHapus
  10. Aku campuran sanguin-melankolis-plegmatis-koleris -_-

    BalasHapus
  11. kayaknya gue perpaduan karakter koleris dan sanguinisnya yg kental kepribadian itu bisa berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan juga..karena pada hakekatnya manusia memiliki karakter untuk maju menjadi lebih baik, layaknya koleris type dan pendengar yg baik seperti plegmatis dan juga pembicara yg hebat seperti sanguinis..cuma gak sembrono aja bicaranya dipilah-pilah dulu yg mana mau dipublish tuh kata2. thanks komiknya guys.

    BalasHapus