Minggu, 22 Februari 2015

Stand by Me



“.... Sekuat-kuatnya cewek tetap saja ada kalanya mereka butuh perlindungan cowok. Butuh ditenangkan. Dikasih rasa aman. ...”(Hal. 156 – 157)


22707523
Penulis: Indah Hanaco
Editor: Afrianty P. Pardede
Penerbit: Elex Media Komputindo
Cetakan: Pertama, 2014
Jumlah hal.: viii + 330 halaman
ISBN: 978-602-02-4576-8

Selama bertahun-tahun, Ralph menyaksikan bagaimana Mya tumbuh menjadi gadis kepala batu dan cenderung judes. Selama itu pula hubungan mereka tetap berada pada dua sisi yang berpunggungan. Hingga suatu malam Mya yang patah hati bersumpah akan menikahi teman kakaknya. Tentu saja yang dimaksud bukan Ralph, karena hati Mya sudah terlanjur takluk pada pesona Chris. Tapi, cinta tetaplah salah satu misteri terbesar semesta. Hingga suatu ketika Mya menyadari bahwa hatinya kini menghendaki sosok lain untuk menjadi tempat penitipan abadinya. Ralph.

Namun, masa lalu Ralph dengan sederet panjang pada mantan, tidak mudah diabaikan. Belum lagi perbedaan usia yang terentang jauh di antara keduanya. Juga keraguan yang kerap menyudutkan Ralph dan Mya ke tempat asing.

Namun keduanya kian menyadari bahwa perasaan istimewa sudah membenamkan mereka terlalu jauh. Nyaris tida ada kesempatan untuk membebaskan diri tanpa tersakiti. Pertanyaannya, cukupkah cinta mereka menjawab semua rintangan yang siap melukai?

***

Novel Stand by Me bercerita tentang kehidupan Mya. Hubungan Mya dengan abangnya, Nicolas. Serta hubungan Mya dengan ketiga sahabat abangnya: Joe, Chris dan Ralph.

Suatu hari hubungan mereka menjadi rumit karena Mya menyukai Chris. Padahal usia mereka terpaut sepuluh tahun. Mya pun bingung dengan perasaannya yang tumbuh untuk Chris. Posisi Chris sebagai sahabat Nicolas pun membuat Mya makin bingung. Namun ahirnya, suatu hari Mya pun memberanikan diri untuk menyampaikan perasaannya pada Chris. Sayangnya Chris hanya menggapnya bercandan dan menolak Mya. Ini membuat Mya patah hati untuk yang pertama kalinya.


Saat patah hati ini, Mya jadi dekat dengan Ralph. Padahal sebelumnya, dari semua sahabat kakaknya, Ralph-lah yang paling tidak diakrabi oleh Mya. Entah mengapa mereka selalu berjarak. Mya selalu merasa kesal pada Ralph. Sedangkan Ralph sendiri lebih sering bersikap tidak peduli.

Namun ternyata patah hati Mya dan kebutuhannya untuk memiliki pendengar membuat mereka dekat. Ralph menjadi pendengar yang baik bagi semua keluh kesah Mya. Dan Mya merasa nyaman dengan kehadiran Ralph. Hingga lama kelamaan Mya menyadari bahwa ia menaruh ketertarikan pada Ralph. Namun pengalamannya bersama Chris mengajarinya banyak hal. Dan Mya tidak siap untuk patah hati yang kedua kalinya.

***

Cerita ini dibuka dengan potongan adegan yang membingungkan. Ini menjadi pancingan yang menarik bagi pembaca untuk terus melanjutkan membaca. Rasa penasaran yang dibuat di awal cerita akan menambah semangat untuk menyelesaikan membaca buku ini.

Dalam novel ini Indah Hanaco menggunakan 2 jenis POV yakni POV 1 dan POV 3. Pada umumnya POV yang digunakan adalah POV 3, namun di bab tertentu Indah Hanaco memilih menggunakan POV 1. Sebenarnya untuk menegaskan tentang pemikiran dan perasaan tokoh utamanya, namun terasa agak janggal. Apakah masalah perasaan ini tidak bisa terjelaskan dengan utuh jika konsisten menggunakan POV 3? 

Terkait konflik, memang menarik. Membahas kehidupan dari sudut Mya sejak ia SMA hingga kuliah. Namun karena alur maju, maka kesannya cerita ini datar-datar saja. Hubungan Ralph dan Mya memang membuat pembaca penasaran dan terasa sangat manis. Namun tidak ada twist yang bisa membuat pembaca kaget. Puncak klimaksnya tidak terasa karena intensitas seluruh konfliknya kurang lebih sama.

Ada sedikit masukan untuk editor: di halaman 63 di paragraf ketiga baris keempat ada  typo yang cukup parah. Selain itu di halaman 181, paragraf ketiga juga ada kesalahan penulisan. Seharusnya yang tertulis adalah Heidy bukannya Mya. Semoga dicetakan beritkutnya bisa diperbaiki ya. (^_^)v

Selain itu, kenapa ada sejumlah kata yang di-bold seperti di halaman 33, 37, dan 43? Dan jika saya perhatikan, kata-kata tersebut adalah kata yang cukup jarang digunakan dalam percakapan. Jadi maksudnya apa ya? 

Tapi, secara keseluruhan cerita ini sangat manis untuk remaja. Khas Indah Hanaco. Tapi saya tetap lebih suka karya fiksi romance Young adult dan dewasa karya Indah Hanaco (^_^)v

***
Puisi yang terinspirasi oleh novel Stand by Me
https://igcdn-photos-g-a.akamaihd.net/hphotos-ak-xfa1/t51.2885-15/11015534_1572385212979206_1113140739_n.jpg
posted on my instagram

Aku tidak pernah berharap kau akan datang & tinggal di sudut hatiku
Namun tangismu & ceriamu berhasil membekukan duniaku
Hingga yang nampak hanya sosokmu yang hangat & penuh semangat

2 komentar: