Jumat, 13 Februari 2015

[Curhat Atria] Berkreasi dengan Kalender 2014 Blogger Buku Indonesia (BBI)



Bagi seorang jomblo..ups..salah..maksud saya sebagai seorang yang menggemari buku, salah satu barang yang paling sering dicari adalah pembatas buku. Soalnya pasti rasanya gak tega kalau harus membiarkan ujung buku terlipat meski pun sedikit hanya demi menandai bacaan. Maka wajar bagi sejumlah orang termasuk saya pribadi, salah satu benda yang cukup sering hilang adalah pembatas buku. Entah tertinggal di meja kafe, atau saat tanpa sengaja pembatas buku tersebut jatuh tanpa disadari.
Nah, ide menjadikan kalender BBI menjadi pembatas buku muncul saat melihat tampilan kalender 2015 yang lucu.
 
Kalender BBI 2015
Lihat saja kalender untuk bulan Februarinya bikin gemas dengan quote tentang buku yang menarik. Langsung mikir, “Ah, ini bagus nih digunting buat jadi pembatas buku.” Tahu-tahu langsung ingat kalender BBI 2014. Dan pas aku tengok, ternyata banyak bagiannya yang menarik untuk dijadikan pembatas buku (^_^)v


Kalender meja ini, bahannya cukup tebal, sehingga cukup cocok dijadikan pembatas buku. Nah, untuk yang punya kalender yang serupa (baca: BBIers), cukup menyediakan alat-alat ini:
Gunting 
Cutter
Penggaris
pertama-tama lepaskan kawat yang menyatukan bagian kalender. 
Kondisi kalender setelah kawat putihnya dilepas

Setelah itu, dimulailah proses mengunting dan memotongnya. Cutter dan penggaris digunakan agar potongan terlihat lebih rapi. Terutama untuk bagian atas yang bertuliskan quote tentang buku. Sebab ukurannya lebar dari pembatas buku pada umumnya. Sedangkan untuk yang lainnya bisa digunting mengikuti garis gambar.

Kegiatan ini tidak memakan waktu lama. Dan hasilnya, kita jadi punya cukup banyak pembatas buku baru dan juga sejumlah gambar yang lucu seukuran kartu pos untuk ditempel (kalau saya sih sebutnya dijemur) di dinding kamar. He..he.. (^_^)
gambar seukuran kartu pos tentang perpustakaan dan buku

pembatas buku berlambang BBI

pembatas buku dengan gambar yang lucu-lucu

Dengan begini, jumlah pembatas buku saya jadi semakin banyak dan unik. Sebab jadinya hanya anak BBI saja kan yang punya. Ha.ha.. Lagi pula saya ini orang yang paling sering menghilangkan pembatas buku. Itu sebabnya selalu ada pembatas buku yang saya selipkan di dompet dan di kantong tas. Takutnya pas butuh, pas lagi nggak ada pembatas buku yang terselip di buku.
 
Favoritku. Pembatas buku dengan quote buku

Ah, sekian share saya ini. Semoga bermanfaat.
Btw, jangan langsung buru-buru menggunting kalender BBI 2015-nya ya. Mentang-mentang yang Januari sudah bisa dijamah. Ha..ha..
(^_^)v

2 komentar:

  1. Wah, makasih mba share tutorialnya. Aku jadi ga sabar buat guntingin kalender BBI 2014 nih. Semoga kalendernya masih ada, soalnya akhir tahun kemarin sempet bersih2 kamar >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha..ha.. iya.. Semoga masih ada *ikut do'a*

      ini tuh termasuk iseng-iseng berhadiah gak sih?? :D

      Hapus