Kamis, 30 Januari 2014

PosBar Hadiah dari Secret Santa: Slammed




Judul Terjemahan: Cinta Terlarang
Penulis: Collen Hoover
Penerjemah: Shandy Tan
Editor: Ambhita Dhyaningrum
Desain Sampul: Edward Iwan Mangopang
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan:  April 2013
Jumlah hal.: 336  halaman
ISBN: 978-979-22-9518-4

Layken harus kuat demi ibu dan adiknya. Kematian mendadak sang ayah, memaksa mereka untuk pindah ke kota lain. Bayangan harus menyesuaikan diri lagi dengan lingkungan baru sungguh menakutkan Layken. Namun semua berubah, begitu ia bertemu dengan Will Cooper, tetangga barunya.

Will memang menarik. Dengan ketampanan dan senyum memikat, pemuda itu menularkan kecintaannya pada slams––pertunjukan puisi. Perkenalan pertama menjadi serangkaian hubungan intens yang membuat mereka semakin dekat, hingga keduanya bertemu lagi di sekolah...

Sayangnya, hubungan mereka harus berakhir. Perasaan yang mulai tumbuh antara Will dan Layken harus dihentikan. Pertemuan rutin mereka di kelas tak membantu meniadakan perasaan itu. Dan puisi-puisi menjadi sarana untuk menyampaikan suara hati. Tentang sukacita, kecemasan, harapan, dan cinta terlarang mereka.
***
Cerita di mulai dari tokoh utama perempuan, Layken (akrab disapa Lake) yang harus menghadi perubahan yang besar dalam hidupnya. Dia harus meninggalkan kota Texas dan pindah ke Ypsilanti. kepindahan ini terjadi tidak lama setelah ayahnya meninggal. Lake bersama ibu dan adiknya akhirnya harus pindah karena di Ypsilanti, ibu mereka bisa mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang lumayan untuk bisa membiaya hidup mereka bertiga.

Di kota inilah Lake bertemu Will Cooper. Will adalah tetangganya sekaligus kakak Caulder. Caulder adalah sahabat baru Kel, adik Lake. Rumah mereka yang berhadap-hadapan, serta adik-adik yang bersahabat semakin memudahkan mereka untuk akrab.

Hanya perlu tiga hari bagi keduanya untuk saling jatuh cinta. Pada hari ketiga mereka saling mengenal, Will mengajak Lake ke Club N9NE. Hari itu, Kamis, yang berarti club dibuka hanya untuk pertunjukan Slam. Slam adalah pertunjukan yang memberi kesempatan setiap orang untuk menampilkan puisinya. Mereka akan dinilai oleh juri yang dipilih secara acak. Namun dimensi terpentingnya sebenarnya bukan pada nilai-nilai yang mereka dapatkan.

Di pertunjukan Slam malam itu, Will tampil membawakan sebuah puisi. Puisi itu membantu Lake memahami tentang apa yang dialami oleh Will dalam hidupnya. Ia pun menyadari bahwa ia dan Will memiliki perasaan yang sama. Kencan mereka hari itu berakhir dengan sangat mengesankan.

Namun ternyata masalah datang. Di hari pertama Lake masuk sekolah, mereka menyadari bahwa ada sesuatu yang terlewat di masa awal perkenalan mereka. Ternyata Will adalah seorang guru dan dia adalah guru Lake di sekolah. Hal ini menjadi rintangan awal hubungan mereka.

Will menganggap penting pekerjaannya karena itu adalah cara dia agar bisa terus membiayai dirinya dan Caulder. Maka Will tidak boleh kehilangan pekerjaannya. Dipihak lain, ibu Lake, Julia, memutusskan menarik dukungannya terhadap hubungan Will dan Lake saat dia tahu bahwa Will adalah guru Lake.

Selain masalah-masalah, datang lagi masalah baru. Ibu Lake mengidap kanker. Saat itu Lake benar-benar merasa bahwa kehidupannya sejak kematian ayahnya benar-benar tidak mudah. Ia sangat membutuhkan dukungan Will, namun di saat yang sama ia pun sadar bahwa sangat sulit bagi dia dan Will untuk terus bersama-sama.

Bagaimanakah kelanjutan hubungan Lake dan Will? Apakah rintangan-rintangan itu akan membuat mereka benar-benar terpisah atau manyadari betapa mereka sangat saling membutuhkan.

***
Membaca novel ini sebenarnya membuat saya cukup bingung dengan cara mereka menghadapi kondisi guru-murid yang tanpa sengaja menjerat Will dan Lake. Memangnya nggak terpikir sama sekali untuk backstreet saja? Lagi pula jika mereka akrab seharusnya menjadi hal yang wajar mengingat mereka memang tinggal bertetangga dan kedua adik mereka bersahabat.

Jadi seharusnya jika tidak membesar-besarkan masalah ini, saya rasa masalah itu nggak akan jadi masalah. Yah, walaupun pada akhirnya ada adegan yang menjelaskan kenapa masalah tersebut menjadi hal yang sangat penting bagi Will, tapi tetap saja menurut saya cara Will menanggapinya terlalu heboh.

Untuk Slam dan puisi-puisinya memang menarik. Tapi kekurangan dari membaca terjemahan adalah mereka juga menerjemahkan hal-hal yang saya rasa lebih baik untuk tidak diterjemahkan. Ada baiknya puisi-puisi ini tetap ditulis dalam bahasa Inggris dan kalaupun ingin menerjemahhkannya, tetap sertakan teks aslinya. Ini agar pembaca bisa benar-benar paham tentang apa yang ingin ditekankan dalam puisi tersebut.

Dalam hal konflik sudah cukup memuaskan kecuali dibagian yang telah saya sebutkan semua. Tentang kanker paru-paru yang diderita ibu Lake pun ikut memperkuat cerita dalam novel ini. Harus saya akui, saya bahkan menangis saat membaca buku ini, padahal saat itu saya ada di salah satu rumah makan di Ciwalk dan saya sedang bersama salah seorang sahabat saya. He..he.. (>_<).

Kehadiran Eddie, sahabat Lake yang ternyata memiliki hidup yang berat namun bisa selalu berusaha ceria pun menjadi bagian yang menarik dalam buku ini. Saya suka dengan tokoh Eddie ini. Hadiah ulang tahun yang diterima Eddie dari kekasih dan ayahnya pun sukses membuat saya terharu. *tissue mana tissue*.

Cover? Menarik kok, warna merah (atau orange? He.he..saya tidak terlalu paham tentang warna) dan komposisi Judul buku dan penulisnya sudah proporsional, yah, meskipun bagi saya jadinya tidak terlihat cukup mencolok di toko buku.

Jadi, jika harus memberi nilai untuk novel ini dalam skala 1-10, maka saya memberinya nilai 8,5.

Oiya, satu tambahan informasi, yang membuat saya jatuh cinta pada pertunjukan Slam dalam buku ini adalah puisi pertama yang didengar Lake saat pertama kali ia mengikuti Slam bersama Will.
Puisi itu sangat realistis. Tidak sulit tapi bisa bercerita banya. I really like it (>_<)
 
***
Quote:
“Ada tiga pertanyaan yang mesti benar-benar di jawab ‘iya’ oleh seorang perempuan sebelum dia mengikatkan dirinya pada seorang laki-laki. Kalau ada satu saja yang kau jawab ‘tidak’, maka larilah sekencang-kencangnya.”....”Apa laki-laki itu selalu memperlakukanmu dengan hormat? Itu pertanyaan pertama. Pertanyaan kedua adalah, misalkan dua puluh tahun lagi dia masih tetap orang yang persis sama dengan dia yang sekarang, apakah kau tetap mau menikah dengannya? Terakhir, apakah laki-laki itu menggugah keinginanmu menjadi orang yang lebih baik? Jika berhasil menemukan laki-laki yang bisa membuatmu menjawab iya untuk ketiga pertanyaan tadi, berarti kau sudah menemukan laki-laki yang baik.”

“Apakah kamu mensyukuri yang mereka miliki? Apakah Gen dan Erica mensyukuri kesehatan mereka? Apakah Scott mensyukuri pemasukan tambahannya dari menyewakan rumah? Karena semua itu, setiap keping dari semua itu, akan berakhir. Tidak ada yang bertahan selamanya. Satu-satunya kesamaan di antara kami semua adalah satu hal yang tidak terhindarkan. Yaitu, kami semua pada akhirnya akan mati.”

Tentang Penulis
Colleen Hoover adalah pengarang bestseller New York Times untuk 2 novel: Slammed #1 dan Point of Retreat #2. Ia tinggal di Texas bersama dengan suaminya dan tiga anak lelaki mereka. Untuk membaca lebih banyak tentang pengarang ini, silahkan kunjungi website-nya di www.colleenhoover.com
***

Terima kasih kepada Secret Santa saya yang baik hati yang sudah menghadiahi saya dua buah buku yakni buku Slammed ini dan buku Inspiring One karya Muhaimin Iqbal.

Nah, postingan kali ini adalah bagian dari Posbar BBI dalam event Secret Santa yang diadakan di bulan Desember lalu. Setelah memposting bersama Riddlenya pada 20 Desember 2013 (Riddle saya selengkapnya bisa dibaca di sini).

" -kebetulan kota asalku sama dengan tempat tinggalmu sekarang
-Huruf pertama namaku sama dengan huruf pertama salah satu novel karya Poppy D. Chusfani yang bercerita tentang bangsa kucing atau huruf awal novel terkenal karya C.S. Lewis
-Dalam bhs.Inggris namaku punya arti khusus jadi coba cari akunku dan lihat gambar profilnya, pasti ketahuan deh.
Kalau beruntung eksekusi akhir mungkin akan meninggalkan jejak pula."

Setelah membaca Riddle ini, saya melacak Santa dengan mempersempit pencarian.
Pertama, dengan  mengecek posisi pengirim yang tertulis "Tangerang"
Setelah itu saya mempersempit pencarian dgn mencarinya hanya dari daftar BBIers yang ikut Secret Santa.
Dan kemudian menemukan dua nama dengan huruf N dan berdomisili di Tangerang.
Dan segera saya cek Goodreads keduanya dan clue terakhir bahwa nama Santa saya punya arti khusus dalam bahasa Inggris benar-benar membantu.
Jadi, menurut tebakan saya ,



Yup, Secret Santa saya adalah: Nannia/ Nanny (Nannia Mini Library)

So, My Santa, dengan kekuatan bulan, perlihatkan dirimu!!! (>_<)v 
 

Senin, 27 Januari 2014

10 Dongeng Binatang






Judul Asli: The Lion Book of Animal Stories
Penulis: Elena Pasquali
Ilustrasi oleh Nicole Smee
Penerjemah: Agus Mardiyanto
Editor: Jenny Hari-Bernadus, Santoso sri Buwono
Setter & Adaptasi Desain Sampul: Kristian Suryatna
Penerbit: Libri (PT BPK Gunung Mulia)
Cetakan: I, 2011
Jumlah hal.: 46 halaman
ISBN: 978-979-687-850-5
Sepuluh dongeng binatang yang bijak dan jenaka ini dikumpulkan dari seluruh dunia. Kini dapat diceritakan dalam dua menit dengan bahasa yang sederhana dan gambar yang menarik. Dongeng-dongeng bintanga ini mengajak kita bergembira melalui tiap kisahnya!

These ten wise and witty tales have been gathered from all over teh world. Now, they are here retold in two minutes with simple words and appealing pictures. The animal stories make us playfuly by each stories!
***
Buku ini diceritakan dengan menggunakan dua bahasa atau bilingual, Bahasa Indonesia dan Inggris. Dengan bentuk buku yang besar, hardcover, ilustrasi di setiap halaman membuat buku ini menarik untuk dibaca sendiri oleh anak-anak.
Ada 10 cerita di dalamnya:

Minggu, 26 Januari 2014

Terlanjur Cinta



Penulis: Anita Sari & Kusumaningtyas
Penyunting: Gari Rakai Sambu
Penata Letak: Cintia
Desain Sampul: Mahar Mega
Pemeriksa Aksara: Tika Yuitaningrum
Penerbit: Eazy Book
Cetakan: 2013
Jumlah hal.: 208 halaman
ISBN: 978-602-7702-19-6

“Kalau aku bilang, hidupku nggak akan lama lagi, dan aku ingin menghabiskan sisa hidupku denganmu, apa kamu rela melupakan Shone untukku?” tanya Nando tiba-tiba.
***
Bagaimana rasanya saat orang yang terlanjur kita cintai lebih memerhatikan orang lain? Perasaan terabaikan itu harus dikecap Ishky ketika ia bertemu dengan Nando. Namun bukan pada Nando ia jatuh hati. Rasa itu tertuju pada Shone, sahabat dekat Nando. Orang yang tak pernah menganggap Ishky ada.
Ini kisah tentang rumitnya hati. Tentang rasa cinta yang bisa dengan mudah muncul, lalu lenyap sekejap mata, tanpa bisa hati mengerti.
Akankah takdir berpihak pada Ishky?
***
Cerita dibuka dengan Nando yang berpamitan kepada 3 sahabatnya; Shone, Zetta dan Figar. Disebutkan sekedar sambil lalu tentang kepergian seseorang. Ya, ada seseorang yang meninggal dan disamarkan hubungannya dengan keempat orang tersebut.

Braga Siang Itu



Penulis: Triani Retna A
Editor: Yasintha
Setting: Alek
Desain Cover: Sarah Zerlinda Wijaya
Korektor: Ariata
Penerbit: Sheila (Imprint Penerbit Andi)
Cetakan: 2013
Jumlah hal. : iv + 140 halaman
ISBN: 978-979-29-4157-9

Tatapan Ben menyusuri wajah lembut Fei, mencoba mencari sorot mata gadis berkulit kuning langsat itu. Namun Fei tampak lebih tertarik memperhatikan awan.
“Tak apa?” tanya Ben lagi, menegaskan.
“Kalau kamu yakin itu yang terbaik, pergilah,” kata Fei datar.
“Terima kasih, Fei.”
Fei mengangguk. Khayalnya mengembara ke sebuah negeri di balik awan
*
 “Braga Siang Itu” merupakan kumcer yang terdiri dari lima belas cerpen. Kelima belas cerpen ini berfokus pada perempuan. Konflik yang diangkat dalam cerpen-cerpen ini dikemas dengan apik dan menarik oleh Triani Retno A. Cerpen-cerpennya banyak menghiasi media cetak nasional maupun lokal.

***
Buku Braga Siang Itu adalah kumpulan cerpen karya Triani Retno A yang dibukukan. Sejumlah cerpen yang ada di dalam buku ini sudah pernah diterbitkan di berbagai media massa. Total cerpen yang ada di “Braga Siang Itu” adalah sebanyak 15 cerpen dengan tema yang beragam.


Cerita pertama berkisah tentang sosok anak kecil di pasar yang bernama Rahmi. Ia bekerja mengangkatkan barang-barang di pasar. Tokoh “aku” dalam cerita ini menyimpan kekaguman pada sikap santun Rahmi dan penasaran terhadap ibunda Rahmi yang berhasil mendidik anak tersebut hingga baik perangainya padahal anak itu hidup di pasar.

Setiap cerita di dalam buku ini selalu punya pesan moral yang kuat.

Sabtu, 25 Januari 2014

BBI Review Challenge 2014





Wah, ada yang baru nih dari Blogger Buku Indonesia. Divisi Event bikin gebrakan seru untuk mendorong agar semangat para BBI untuk me-review­ berbanding lurus dengan semanagat menimbunnya. Ha..ha.. Saya yakin banyak anggota BBI yang seperti saya, punya timbunan buku yang belum di baca tapi terus sibuk membeli buku baru (dan buku diskonan yang menggiurkan), tapi belum selesai membaca dan me-review semuanya eh sudah keburu beli buku baru lagi.

Selasa, 21 Januari 2014

Miss Bento





Penulis: Erlita P
Editor: Anin Patrajuangga
Desain cover: Lisa F
Penata isi: Yusuf Pramono
Penerbit: Grasindo
Cetakan: 2013
Jumlah hal.: vi + 186 halaman
ISBN: 978-602-251-266-0

"Aku kan masih pemula. Masa' harus mengerjakan pesanan 100 buah Bento Box. Lagipula Tante Ita kan bisa memesan di tempat lain."

Dapur bukanlah bagian rumah yang sering dikunjungi Sakura. Selama ini, satu-satunya masakan yang bisa dia buat hanya satu, salad! Namun obrolannya dengan 'Pendekar Samurai' di dalam commuterline membuat Sakura bermetamorfosis menjadi sosok yang berbeda. Demi mewujudkan mimpinya mengunjungi negeri tempat asal bunga Sakura, didukung penuh oleh sahabatnya dan keluarganya, Sakura mulai merintis bisnis bento. Ada banyak cerita suka dan duka.

Pertengkaran dengan sahabatnya, misteri yang disimpan oleh kakak semata wayangnya, belum lagi percobaan membuat masakan yang gagal. Namun kehadiran sosok misterius Chef Hari membuat Sakura bisa melalui semua itu hingga akhirnya mendapat julukan Miss Bento.

***
Novel ini dibuka dengan cerita pertemuan Sakura Ayu Maharani dengan Pendekar Samurai di Commuterline. Cewek yang kadang disapa Ayu dan kadang dipanggil Ayu ini jadi tergerak untuk belajar membuat bento berkat ide dari Pendekar Samurai. Btw, siapa sih Pendekar Samurai ini? Sebenarnya ini hanyalah gelar yang diberika oleh Ayu kepada seorang bapak yang tidak ia ketahui namanya. Obrolan yang bermula dari pertanyaan bapak-bapak tersebut tentang kesukaan Ayu membaca komik berbuntut pada niatan Ayu membuat usaha bento.

Bento sukses membuat Ayu jatuh cinta. Bento, sebenarnya hanya semacam kotak bekal. Namun, oleh orang Jepang, bekal makanan tersebut dihias sedemikian rupa sehingga tampilannya menarik. Akhirnya berkat informasi yang diberikan oleh Pendekar Samurai, Ayu pun ikut kelas memasak. Tak disangka olehnya bahwa sang Pendekar Samurai itu ternyata adalah chef  di tempat kursus masak tersebut.

Sabtu, 18 Januari 2014

Buku paling HARU!!!



Hm, kalau ada yang bertanya sejak kapan saya mengenal Haru, maka jawabannya adalah sejak Maret 2013 lalu. Saya membaca haru karena tergoda oleh hasil googling acak yang saya lakukan untuk novel-novel Jepang yang sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Saya menemukan bahwa buku Crying 100 Times sudah diterjemahkan oleh Penerbit Haru dan drama Jepang untuk film tersebut akan segera dirilis di Jepang. Saya pun tertarik mencarinya. Akhirnya saya membeli buku Crying 100 Times dan setelah itu jatuh cinta dengan penerbit Haru.

Sebelum saya menuliskan 3 novel dari Penerbit Haru yang paling saya sukai, saya mau mengucapkan Happy Birthday untuk Penerbit Haru. Semoga makin jaya dan tetap konsisten menerbitkan buku yah. Dan semoga kualitas cerita dan buku-bukunya semakin bagus. Oiya, ulang tahunnya sama dengan ulang tahun blog saya, lho. *numpang beken*

Baiklah, sekarang izinkan saya bercerita tentang novel Haru favorit saya. Saya akan menyimpan satu yang paling favorit untuk saya bahas paling terakhir. Save the best for the last. Ha..ha.. Nah, 2 novel Haru yang termasuk dalam 3 terfavorit saya adalah:

Jumat, 17 Januari 2014

Hai, Miiko! Vol.26



cover Hai, Miiko

Judul asli: Kocchimuite Miiko Vol.26
Pengarang: Eriko Ono
Alih bahasa: Widya Anggaraeni
Editor: Marin Hermanto
Artistik: Ikmal Aldwinsyah
Penerbit: M & C Komik (Gramedia)
Cetakan: Pertama 2014
Jumlah hal. : 188 halaman
ISBN:

Ini pertama kalinya saya mereview komik. Jadi, maaf jika ternyata rasanya berbeda dengan review-review saya sebelumnya. Trus kok nggak ada blurb-nya? Ini karena Miiko edisi ini termasuk edisi spesial. Hai, Miiko vol. 26 ini edisi khusus “Hai, Miiko Indonesian Tour 2013”. Jadi Ono-sensei menuangkan pengalamannya saat datang untuk Meet & Greet di Jakarta pada Juni 2013. So, dibelakangnya tidak ada blurb, sebagai gantinya bagian belakang cover dipenuhi dengan foto-foto saat Ono-sensei datang ke Jakarta.
edisi khusus
***
Di volume 26 ini ada 10 cerita plus 1 cerita yang dibuat Ono-sensei tentang Meet & Greet di Indonesia. Oiya, dari 10 cerita Miiko kali ini ada satu yang berjudul “Ikut Meet & Greet!”, wah mungkin terinspirasi sama pengalaman saat di Jakarta ya (^_^)

Kamis, 16 Januari 2014

I’mpossible



Penulis: Orinthia Lee
Editor: Ara Philomina
Desain Cover: Agoes
Layouter: Febri
Pracetak: Endang
Penerbit: PING!!
Cetakan: Pertama, Oktober 2013
Jumlah hal. : 195 halaman
ISBN: 978-602-279-016-7
Jadi berasa balik ke SMA lagi baca buku ini, inget sama suka dukanya jadi ABG. Enaknya dibaca pas weekend, ditemani es cappuccino dan muffin blueberry. (Nilam Suri, penulis novel Camar Biru).

Hidup nggak selalu seperti yang kita inginkan. Saat “yang nggak kita inginkan” itu datang, rasanya senang jika bisa melaluinya dengan baik. Novel ini mengajak kita untuk melihat diri kita sendiri dan mengenali potensi di dalamnya dengan gaya cerita yang remaja banget. (Hapsari Hanggarini, penulis novel Sapporo No Niji).
 
***
Cerita dibuka dengan memperlihatkan kehidupan seorang Fay. Ia dan kehidupan populernya membuat Fay menjadi sosok yang memandang seseorang dari seberapa kaya, cantik, pintar, atau populer orang tersebut untuk dia jadikan teman. Benar-benar menilai seseorang dari sisi luarnya saja.

Ia kemudian harus berhadapan pada sebuah kehidupan yang lain saat ayahnya jatuh sakit dan kemudian ia tahu bahwa sang ayah telah bangkrut. Perekonomian keluarga mereka yang mendadak jatuh hingga membuat semua harta habis dan rumah mereka disita, membuat Ibu Fay pergi bersama dua adik Fay. Sang ibu meninggalkan Fay dan ayahnya dibawah perlindungan nenek Fay.

Ini benar-benar pukulan berat bagi Fay. Ia baru mengetahui tentang karakter ibunya saat keadaaan terasa sangat berat. Namun syukurlah ia memiliki seorang nenek yang baik, lembut, pengertian, dan bijaksana (ha..ha..kurang baik apa lagi??). Dengan dukungan sang nenek, Fay belajar menjadi anak perempuan yang lebih tangguh dan mandiri. Tapi sayangnya ada satu hal yang membuat hidup Fay semakin terasa sulit, yakni “gengsi”.

Get Lost






Penulis: Dini Novita Sari
Penyunting: Agatha Tristanti
Desain: Yanyan Wijaya
Ilustrasi Cover: Rendi Arrahman
Penerbit: Bhuana Sastra
Cetakan: 2013
Jumlah hal. :198 halaman
ISBN 10: 602-249-439-7
ISBN 13: 978-602-249-439-3

I need to get lost...
and get lost needs no itinerary...

Lana Sagitaria senang melakukan perjalanan sebagai selingan untuk mengatasi kejenuhannya menghadapi rutinitas sebagai karyawati. Alasan klasik, tetapi begitulah yang dia percaya selama ini. Hingga suatu ketika, dia memutuskan untuk berjalan mengikuti kata hatinya, tanpa itinerary, membiarkan dirinya hanyut dalam arus perjalanan. Siapa sangka, perjalanan ini justru membawanya pada jawaban penting atas pertanyaan yang selama ini terpendam jauh di lubuk hatinya. Jelajah kakinya ke beberapa kota dan negara, juga pertemuannya dengan orang-orang asing, membuatnya berkaca pada kenangan berbagai peristiwa penting dalam hidupnya, termasuk hilangnya seseorang yang sangat berarti bagi dirinya. Akankah kenangan itu tetap tinggal, ataukah sudah saatnya untuk dilepaskan?


***
Novel ini bercerita tentang Lana, perempuan yang senang menjadi traveler. Kesenangannya menjelajah erat kaitannya dengan sosok Dharma, laki-laki yang ia cintai sejak lama tapi sekarang telah menghilang. Perjalanan Lana Sagitaria ini pada akhirnya menjadi perjalanan untuk menemukan jawaban dan memperoleh sebuah kesadaran tentang cinta dan keberadaan sosok Dharma.

Selasa, 14 Januari 2014

#2 Telling Tuesday

http://thelittlepresent.blogspot.com/

Awal tahun kok Telling Tuesdaynya nggak pake #1 ya? He..he.. ini karena saya baru pertama kali mengikuti Telling Teusday pada bulan lalu. So, kali ini jadi kesempatan kedua saya menulis Telling Tuesday. Btw, bingung apa itu Telling Teusday?? Nah, cob cek penjelasana berikut yang saya copy dari The Little Present selaku host untuk meme ini:

Senin, 13 Januari 2014

Scene on Three [3]


He..he.. ini adalah Scene on Three ketiga sejak pertama kali ikut dan yang pertama di tahun 2014 ini. Scene on Three ini di host oleh mbak Bzee yang cantik di Bacaan B.zee

Kebetulan ketemu kalimat yang lucu dan bikin saya ngakak saat membaca Buku Dongeng karya Grimm Bersaudara. Rencananya buku ini akan jadi buku yang saya ikutkan dalam Posting Bareng BBI

Nah ini dia Scene pilihan saya kali ini:

[Master Post] Children’s Literature Reading Project (CLRP)

http://bacaanbzee.wordpress.com/childrens-literature-reading-project/

Saya akhirnya memantapkan hati mengikuti Reading Project yang diadakan di sini http://bacaanbzee.wordpress.com/childrens-literature-reading-project/. Mengingat akhir-akhir ini saya sering membaca buku yang cocok sebagai bacaan untuk anak-anak. Saya sudah beberapa kali melihat master post Reading Project ini, tapi sempat bingung sendiri karena tidak yakin dengan jumlah koleksi buku anak-anak yang saya miliki. Tapi akhirnya saya pun membaca beberapa buku anak-anak akhir-akhir ini, jadi saya putuskan mengikutkkan review-nya ke dalam Project ini.

Untuk daftar bukunya saya baru memiliki beberapa seperti:
1. Little Princess by Frances Hodgson Burnett
2. Dongeng Shakespeare
3. Dongeng Charles Dickens

Sabtu, 11 Januari 2014

[Master Post] Orizuka’s Book Reading Challenge 2014


Saya tertarik mengikuti RC ini karena saya baru saja memiliki beberapa buku Orizuka. Sejujurnya saya belum pernah berkenalan dengan karya penulis ini. Makanya RC ini jadi lebih menantang bagi saya (^_^)v

Sejumlah buku Orizuka yang sudah saya miliki dan akan saya baca adalah:
- seri Oppa & I (Penerbit Haru)
- 4R (Penerbit Haru)

[Master Post] 2014 Mystery Book's Club


Untuk pertama kalinya saya mengikuti RC / Book Club berbau Mystery. Saya memang membaca Genre ini, tapi tidak begitu suka jika banyak adegan berdarahnya (>_<). Tapi saya pikir mungkin ada baiknya saya ikuti RC ini karena bisa memperluas bacaan saya di genre detektif ini.

Berikut beberapa ketentuan yang ditetapkan di master post RC ini (http://my-mystery-readings.blogspot.com/2013/11/2014-mystery-books-club.html )
- Setiap bulan akan ada tema bacaan bersama dengan host yang berbeda-beda.
(untuk lengkapnya setiap bulan ada tema apa saja sila cek ke link di atas tadi)
- Saya berencana akan mengikuti tema di bulan-bulan berikut:
1. Maret ---> John Grisham (judul menyusul setelah mengecak ulang yang tersedia untuk dibaca)
2. Mei ---> Sherlock Holmes
3. Juli ---> Trio Detektif

Untuk sekarang saya yakin hanya bisa mengikuti ketiga tema tersebut. Tapi semoga bisa mengikuti yang lainnya juga.

Saya sengaja membuat master post ini agar saya ingat, RC apa saja yang saya ikut (^_^)v

Jumat, 10 Januari 2014

Carrie




Penulis: Stephen King
Penerjemah: Gita Yuliani K
Desain dan ilustrasi sampul: Steven Andersen
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: Pertama, Oktober 2013
Jumlah hal.: 256 halaman
ISBN: 978-979-22-9951-9
Carrie White adalah gadis yang tidak populer, tapi dia memiliki kemampuan tersembunyi. Carrie bisa membuat benda-benda bergerak jika dia memusatkan perhatiannya pada benda itu. Kemampuan ini membuatnya berkuasa dan menjadi sumber dosanya.

Carrie hanya ingin menjadi gadis normal di sekolah, tidak diejek sebagai gadis aneh, dan... bisa pergi ke pesta dansa sekolah. Hingga seorang gadis berusaha menebus kesalahannya pada Carrie dengan memberikan semua keinginan Carrie tersebut. Kebaikan itu berubah menjadi malapetaka yang takkan pernah dilupakan teman-teman sekolahnya dan seisi kota.

"Mengerikan dan menakutkan... Kau tidak bisa berhenti membacanya." –– Chicago Tribune

"Dijamin akan membuatmu bergidik."––The New York Times

***
Novel ini dibuka oleh bagian pertama dengan judul “Olahraga Berdarah”. Kutipan dari sebuah berita mingguan menjadi pembuka cerita. Judul berita tersebut adalah “Laporan Adanya Hujan Batu”. Cerita tentang hujan batu ini tidak menjelaskan apapun. Hal ini akan tetap seperti itu sampai dipertengahan cerita.

Setelah itu cerita langsung dilanjutkan ke kejadian di sebuah kamar mandi sekolah. Sekelompok anak-anak yang mencemoh seorang anak perempuan karena ternyata untuk pertama kalinya ia mengalami menstruasi. Anak perempuan yang dicemoh itu bernama Carrie White. Ia adalah seorang anak perempuan yang sejak kecil selalu menjadi korban penyiksaan dan ejekan oleh teman-temannya.

Semua ini ada hubungannya dengan didikan ibunya dan kepercayaan ibunya sebagai seorang yang cenderung fanatik dan berpandangan berbeda tentang apa itu religius dan sikap-sikap manusia di dunia. Ibunya bahkan menggangga persetubuhan yang dilakukan suami istri itu adalah dosa. Ini membuat Carrie tumbuh menjadi anak yang berbeda. Awalnya dia diejek karena hal ini. Karena ia berdoa di mana pun. Dan meyakini ajaran ibunya sebagai hal yang paling benar. Sejak saat itu ia pun selalu menjadi korban kekerasan baik secara verbal maupun fisik.

Hingga akhirnya haid pertamanya membawanya pada kesadaran tentang kekuatan yang dia miliki. Ia memiliki kekuatan telekenesis yang memungkinkan ia untuk menggerakkan berbagai benda sesuai dengan keinginannya tanpa perlu menyentuh benda tersebut.

Liebster Blog Award


Hari ini saya di-tag dua kali untuk menjawab pertanyaan "Liebster Blog Award". Pertama oleh Mbak Stefanie Sugia (Bookie Looker) dan kemudian oleh Arian "ABO" Syah (AriansyahABO). Setelah sempat menghilang dan kesulitan bertemu dengan sinyal internet, akhirnya saya berhasil bercengkrama akrab dengan sinyal internet. Maka sesegera mungkin saya berusaha menjawab postingan Liebster Blog Award yang mencolek saya untuk menjawab sejumlah pertanyaan.

Oiya, sekedar info "Liebster Blog Award" ini adalah sebuah "perkenalan" berantai yang saya tidak tahu sumbernya pertamanya (penggagas). Dalam "Liebster Blog Award" ini setiap orang diminta menjawab 10 pertanyaan yang diajukan oleh blogger lain yang men-tag-nya. Setelah menjawab 10 pertanyaan tersebut, orang yang di-tag harus mengajukan 10 pertanyaan dan men-tag 10 orang lain untuk menjawab pertanyaan2 tersebut. Selain jawaban dan pertanyaan, setiap blogger diminta menuliskan random facts tentang dirinya. Maka jelas bahwa ini adalah cara agar para Blogger Buku bisa benar-benar saling mengenal satu sama lain. (^_^)

Sekarang, saya akan mulai menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada saya.

Rabu, 08 Januari 2014

Wishful Wednesday #2

 Sambil menunggu teman saya jalan ke toko buku dan menemukan buku ini.


Buku ini membuat saya tertarik untuk memasukkannya ke wishlist saya. Kemudian teringat bahwa ini hari Rabu. Artinya ada meme WW yang menjadi ruang untuk berbagi cerita tentang buku yang kita masukkan ke wishlist pekan itu.

Saya tertarik dengan karya Jeffrey Archer. Saya rasa saya sudah pernah membaca bukunya berjudul Son of Fortune (kalau tidak salah) bertahun-tahun lalu.

Jadi izinkan saya memasukkan buku ini ke dalam wishlist saya dan mengikutkannya ke meme Wishful Wednesday kedua yang saya tulis. Yup, setelah menjadi memberi BBI sejak Juli, saya baru kedua kalinya ikut meme ini. Sering baca-baca postingan orang, tapi selalu gagal ikut posting untuk WW ini. Semoga di 2014 bisa lebih rajin. He..he..

Minggu ini, buku apa yang menjadi incaranmu?


Ikutan Wishful Wednesday juga yuk. Ini caranya:
1. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlist-nya di hari Rabu =)

Selasa, 07 Januari 2014

Buying Monday [6]


Huft, untuk pertama kalinya saya terlambat mengikuti buying monday.
Kondisi mudik suskes membuatu blog ini nyaris hiatus jika nggak ada schedule post. Dan alhamdulillah malam ini saya berhasil mendapat jaringan internet yang ngos-ngosan. Jadi kali ini saya post tanpa foto, yah. Foto dll menyusul nanti begitu sinyal lancar.
Ok, Buying Monday ini di host oleh Aul (The Black in The Book) dan ini adalah BM saya yang ke-enam.
Nah, ini daftar buku yang saya peroleh bulan lalu. Saya pamer (he..he..) per kategori saja yah:

- Kategori Hadiah

Sabtu, 04 Januari 2014

Life on The Refrigerator Door



Terjemahan: Kehidupan di Pintu Kulkas
Penulis: Alice Kuipers
Penerjemah: Rosi L. Simamora
Desin Cover: Ria Radja Haba
Penebit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: November 2008
Jumlah hal.: 240 halaman
ISBN: 978-979-22-4173-0

KALAU HIDUPMU TAHU-TAHU BERANTAKAN, SANGGUPKAH KAU BERPEGANG PADA CINTA?

Kehidupan di Pintu Kulkas adalah tentang pesan-pesan di kulkas antara seorang ibu dan putri remajanya, Claire. Pesan yang dibuka dengan kehidupan yang serba bergegas, tak ada waktu untuk bicara dan bertemu, kemudian berkembang menjadi sesuatu yang sangat dalam: kesadaran bahwa cinta berarti menyediakan diri kita bagi orang yang kita cintai.

***
Novel ini dibuka oleh daftar belanjaan. Yup, daftar belanjaan yang sering kali kita temukan tertempel di pintu kulkas dan ditahan oleh magnet yang punya bentuk yang imut-imut. Seluruh isi buku ini berupa pesan-pesan yang ditempelkan di kulkas.

Pesan-pesan ini awalnya berisi berbagai pesan yang umum terkait belanja, pesan-pesan terkait jadwal Claire dan ibunya. Rasanya agak kesal juga saat menyadari bahwa pesan-pesan ini menunjukkan seberapa jarang mereka berinteraksi secara langsung. Kesibukan mereka berdua berhasil menjauhkan mereka berdua.

Claire ada gadis berusia 15 tahun yang tinggal dengan ibunya. Orang tuanya bercerai dan ibunya bekerja sebagai dokter. Ini menjelaskan kenapa ibunya bekerja sekuat tenaga untuk membiayai mereka. 

Kemudian datanglah masalah itu.

Rabu, 01 Januari 2014

Baca Bareng BBI 2014

Tahun lalu saya masih anggota baru BBI, baru bergabung pada bulan Juli 2013. Belum tahu apa artinya "meme", tidak tahu bahwa ada fitur "schedule post" di blog, dan nggak begitu lancar ikut Baca Bareng BBI. Nah, tahun ini saya bisa ikut sejak awal, sejak Januari. Bahkan sudah men-schedule postingan untuk Posting Bareng hadiah Santa.

Nah, blogpost ini saya buat untuk memudahkan diri sendiri mengecek lagi tema-tema Baca Bareng agar bisa bersiap sebulan sebelumnya. (^_^)v
Ini dia daftar tema selama setahun ke depan:

  1.  JANUARI
a. Fabel : Cerita-cerita fiksi dengan tokoh binatang boleh lokal maupun mancanegara seperti Animal Farm by George Orwell, Life of Pie by Yann Martel, dll list fable by GR: https://www.goodreads.com/genres/fable
Posbar 27 Januari 2014
*cukup satu tema karena bersamaan dengan event Secret Santa 2014, Posbar SS 30 Januari 2014

  1. FEBRUARI
a. Historical Fiction Indonesia : HisFic yang berlatar tempat di Indonesia dan ditulis oleh pengarang lokal seperti Untung Surapati by Yudhi Herwibowo, Gajah Mada by Langit Kresna Hariadi, Centhini by Sunardian Wirodono. Posbar 27 Februari 2014
b. Kuliner : Boleh buku fiksi maupun nonfiksi (cookbooks, cuisine, culinary/wisata kuliner,foods, diets, dll) berlatar nusantara maupun mancanegara, tentang apapun yang bertema kuliner. List by GR: https://www.goodreads.com/genres/cookbooks Posbar 28 Februari 2014

  1. MARET
a. Oprah’s Book Club : Buku-buku yang termasuk dalam list Oprah’s Book Club seperti A Tale of Two Cities by Charles Dickens, Love in The Time of Cholera by Gabriel Garcia Marquez, dll list lengkap bisa dilihat di http://www.oprah.com/book-list/Oprahs-Book-Club-The-Complete-List. Posbar 27 Maret 2014
b. Puisi : Saatnya mengapresiasi karya-karya sastra puisi nusantara maupun mancanegara yang kalian sukai seperti Kumpulan Puisi Chairil Anwar, Shakespeare’s Sonets by William Shakespeare, dll list by GR: https://www.goodreads.com/genres/poetry Posbar 28 Maret 2014

Interview Eva Sri Rahayu & Evi Sri Rezeki (+Giveaway)



Selamat datang 2014!!! Selamat datang Januari!!!
*teriak yang kencang sampai ngos-ngosan*

Apa kabar? Bagaimana liburanmu, seru gak? Wah, jangan-jangan liburannya bisa dijadiin cerita novel. *mulai ngeyel*. Ok, untuk menambah keceriaan di awal tahun, saya mau mengajak teman-teman untuk berkenalan dengan Mbak Eva Sri Rahayu dan Mbak Evi Sri Rezeki.

Bagi yang belum familiar dengan keduanya, saya kasih bocorannya nih.



Eva Sri Rahayu
Lahir pada 17 Juli di Bandung. Lulusan Universitas Pendidikan Indonesia, Jurusan Teknologi Pendidikan. Selalu merasa hidup di dua dunia (nyata dan fantasi). Obsesinya adalah menjadi petualang dan penjelajah waktu. Novelnya yang sudah terbit berjudul “I’m Not an Underdog” (bukupop, 2006), “Dunia Trisa” (Stiletto Book, 2011), dan Love Puzzle (Noura Books, 2013)



Evi Sri Rezeki
Lulus FIKOM UNISBA Jurusan Manajemen Komunikasi. Seorang entrepeneur dan freelancer, mendirikan perusahaan bernama Indonesian Create. Karyanya seperti puisi, artikel, dan cerpen pernah dimuat di media massa dan antologi seperti Herbarium (2007), dan Roh (2005). Cerpennya diterbitkan dalam antologi seperti A cup of Tea – Menggapai Mimpi (2012), In the Name o(f)f Love (2012) dan Sell Your Soul (2012). Novel pertamanya berjudul Marsmallow (2008). Novel terbarunya adalah CineUs (Noura Books, 2013)




Nah, mungkin ada yang bertanya-tanya kok saya mewawancarai Mbak Eva dan Evi, kenapa nggak penulis yang lain? Hm... ini ada hubungannya dengan ketertarikan saya kepada dua penulis ini. Mereka adalah saudara kembar!! *pake acara melotot dan suara digedein*. Di luar sana mungkin ada penulis lain yang juga merupakan saudara kembar, namun karena mereka tidak sulit untuk ditemui dan sangat ramah, jadi saya pun dengan sok akrab senang hati mewawancarai keduanya via Whatsapp.

Nah, ini hasil tanya jawab saya ke Mbak Eva dan Mbak Evi via Whatsapp:

Revenge of the Girl with the Great Personality




Penulis: Elizabeth Eulberg
Penerjemah: Mery Riansyah
Penyunting: Starin Sani
Penerbit: Bentang Belia
Cetakan: I, Juli 2013
Jumlah hal.: vi + 314 halaman
ISBN: 978-602-7975-15-6

 Saatnya melakukan perubahan!

Hidupku dikelilingi putri-putri cantik. Adikku, Mac, ratu kecantikan cilik. Ini gara-gara Mom yang ketagihan mendaftarkannya ke semua kontes. Alyssa, pacar dari gebetanku juga bintang fashion show. Cantik dan populer tentu saja!

Mereka, selalu sempurna di mata banyak orang. Apa kabar orang-orang sepertiku? Di dunia itu, aku merasa ada yang salah. Semuanya tampak dipaksakan, dan … palsu. Seharusnya, orang merasa sempurna bukan hanya karena penampilan yang kece, melainkan juga punya kepribadian yang mengagumkan.

Aku harus melakukan ini, gerakan orang-orang berkepribadian mengagumkan! Lihat apa yang akan kulakukan. Mau ikut denganku?
***
Cerita ini tentang remaja perempuan bernama Lexi. Ia tinggal dengan seorang ibu dan seorang adik perempuan. Adiknya, Mackenzie (dipanggil Mac), adalah seorang putri kecantikan cilik. Lexi dan ibunya adalah tim sibuk yang memastikan Mac bisa tampil dan jadi pemenang. Mac selalu menjadi putri kesayangan ibunya. Lexi harus rela menjadi pihak yang dicari hanya saat ada kondisi darurat yang perlu untuk ia tangani, di luar itu ibunya lebih berfokus pada sang adik.

Namun ada yang salah. Keuangan mereka menjadi sangat memburuk karena semua perlombaan “keputrian” yang diikuti Mac. Ibunya menghabiskan uang hingga 1000 dollar untuk membiayai persiapan kontes Mac, sedangkan uang yang bisa dimenangkan oleh Mac hanya sekitar 200 dollar. Namun sang ibu tidak peduli. Ibunya bersikap bahwa Mac dan perlombaannya adalah bagian terpenting dalam hidup sang ibu. Semua itu menjadi hal yang mengisi kekosongan yang muncul dalam hidup sang ibu setelah bercerai dari ayah Lexi dan Mac. 

Namun, Lexi mulai merasa tertekan dengan hal ini. Hingga suatu hari karena sebuah permainan tantangan yang ia mainkan bersama sahabatnya, Benny, ia pun tampil menjadi sosok yang baru. Sosok yang layak untuk masuk ke kelompok populer. Hal ini wajar, karena pada dasarnya Lexi mempunyai sense yang bagus dalam fashion, dia hanya perlu belajar untuk memakai make-up dan tampil lebih menarik.

Lexi yang tadinya yakin bahwa dirinya akan sulit mendapatkan kencan, ternyata dalam beberapa hari langsung mendapatkan undangan kencan dari Tayor, salah satu cowok populer di sekolahnya. Ini pun membawa beberapa perubahan dalam hubungannya dengan sang ibu dan Mac. Hingga akhirnya puncaknya, ibunya melakukan sesuatu yang membuat Lexi tidak bisa memaafkannya. Di lain pihak, ia tidak bisa berhenti mengagumi Logan, pacar Alyssa. Alyssa adalah salah satu cewek populer di sekolah yang juga bintang fashion show. Meskipun sudah mulai berkencan dengan Taylor, Lexi tetap tidak bisa berhenti mengharapkan Logan.

Hingga suatu hari keinginannya terwujud. Tapi apakah benar itu yang ia inginkan? Bagaimana hubungan Lexi dengan ibu dan adiknya?