Jumat, 24 Oktober 2014

Oktober Ceria Bersama Dy Lunaly



Hai, pengunjung My Little Library.
Sudah isi buku tamu?? *lirik GFC dan Google+*

Siapa yang bulan lalu ikut kemeriahaan September di blog ini dan blog teman-teman BBI lain?
Nah, kata siapa hanya September yang ceria?? Kali ini Mbak Dy Lunaly berhasil meyakinkan bahwa Oktober pun bisa seceria September. Buktinya, Mbak Dy bersedia buat diwawancarai di blog ini dan bahkan sudah menyiapkan hadiah untuk pengunjung My Little Library yang beurntung. Ah, Mbak Dy memang baik hati dan jadi teman bergosip yang menyenangkan.

Nah, sebelum lanjut saya mau bertanya nih. Pada tahu gak siapa Mbak Dy yang saya maksud ini? Hm..saya yakin banyak yang tahu. Tapi untuk menyeragamkan pengetahuan *eerrr..bahasanya bisa lebih santai gak sih, Tria*saya bagikan sedikit bocoran tentang sosok perempuan berjilbab ini.

Saya & Mbak Dy Lunaly

Dy Lunaly adalah pecinta senja yang selalu jadi mendadak galau setiap hujan turun, bukan karena nggak bisa moveon, melainkan aroma hujan mengubrak-abrik kenangan. Untuk mengintip tulisan Dy yang lain silakan kunjungi dylunaly.blogspot.com atau melayangkun surel ke dylunaly@yahoo.com. Dy juga senang berkicau riuh di twitterlanda, @dylunaly. Beberapa karya Dy Lunaly antara lain: My Dady ODHA (Bentang Belia), Remember Dhaka (Bentang Belia), Ny Overheels (Bentang Belia), Pssst...! 5 Sahabat, 5 Negara, 5 Rahasia (Bentang Belia), seri #CrazyLove Mantan (Bentang Belia), seri #CrazyLove Move On (Bentang Belia).

Nah, semalam saya akhirnya menodong Mbak Dy wawancara via whatsapp. (^_^)v Nah ini dia hasil chit-chat kami.

Assalamualaykum. Halo, Mbak Dy. Saya mau nodong beberapa pertanyaan nih. Boleh gak?
Saya penasaran, sejak kapan Mbak Dy akrab dengan buku? *itu padahal belum dijawab boleh sama Mbak Dy (-_-“)*
Akrab dengan buku sejak kecil. Awalnya karena orang tua dan tante sering nyekokin denagn buku :D Buku dan komik. Antara komik doraemon atau cerita disney bergambar.

Masih ingat gak buku pertamanya apa?
Antara komik doraemon atau cerita disney bergambar. Yang baca sendiri ya?!

*kaget dengan jawaban Mbak Dy* Hooh jadi dulu awalnya didongengin ya?
Iya..awalnya dibacain terus ngarang cerita sendiri deh baru deh bisa baca sendiri.

Ceritain donk Mbak gimana akhirnya bisa jadi penulis?
Dari sekolah memang suka nulis. Tapi ya suka doang. Enggak pernah diseriusin. Waktu SMA suka bikin cerpen di kertas trus dibaca teman-teman. Diedarin gitu dari kelas ke kelas. Ternyata respon teman-teman positif.
Waktu kuliah sempat niat bikin novel. Tapi niat doang. Sampai sekarang naskahnya baru separuh jadi.
Terus waktu 2011 banyak kejadian yang bikin down, waktu lagi traveling seputaran jawa kepikiran buat nulis cerbung di note FB. . Terus Abang ngasih link nulisbuku. Nah dari situ nyoba cerbung tadi diterbitkan di nulisbuku. Tapi emang dasarnya enggak bisa marketing, ya melempem. Sempat drop juga, ngerasa enggak cukup mampu untuk menulis novel.
Nah pas itu lagi ada lomba bentang belia. Ikut deh ^^ Alhmadulillah sejak itu jalannya kebuka.

Nah, bukannya buku pertama Mbak Dy diterbitkan Bentang? Itu gimana ceritanya?
Yang pertama diterbitin via penerbit major, iya. Indie enggak. Yang indie naskahnya belum terbit kalo via major. Udah 3x ditolak.. hahahhahaha.. sadar sih banyak kurangnya
Yang via Bentang, ikutan lomba 30 hari 30 cerita. Awalnya ragu karena aku nggak pernah nulis genre remaja. Tapi teman semangatin terus. Buat dapat feel remaja aku nonton film-film Disney remaja dan borong novel-novel teenlit. Alhamdulillah hasilnya oke. Nggak menang tapi masuk naskah favorit dan diterbitkan.

Wah, terus sejak itu semakin produktif nulis, Mbak? Pernah gak sih jenuh menulis?
Alhamdulillah, produktif. Walau kadang ngos-ngosan. Hehehe
Jenuh? Pernah banget!
Paling kerasa  waktu baru nyelesain naskah. Biasanya minimal 2 minggu ga bisa nulis. Gantinya ngelahap buku karena pas nulis aku biasanya puasa baca. Satu lagi, waktu mentok, belum dapat feelnya, kalau ini biasanya ngelakuin hobi lainnya.

Hm...ada gak novel yang rasanya berat banget buat diselesaiin? Kalau ada, kenapa? Apa karena writers block atau malah kebanyakan ide atau hal lain?
Sejauh ini “Pssst...”. Lebih karena belum fokus aja sih. Terlalu banyak yang pengin disampaiin. Sahabatnya, masalah wira sama papanya dan urusan perasaan. Kemarin sih break dulu, difokusin dulu, ngobrol tentang tokohnya, baru deh lanjut nulis. Makin lama makin lancar nulisnya.
Anyway, aku nggak percaya sama namanya writers block. Enggak ada writes block, yang ada kemalasan.

Setuju \(^_^)/ writers block itu nggak ada. Btw, Mbak Dy punya ritual tertentu gak kalau mau nulis?
Di awal nulis naskah baru, sebelum nulis kudu makan enak dulu. Hahahahahah. Aneh ya?
Nulis adegan romantis makin lancar kalau nonton film thriller atau sejenisnya. Itu aja sih kayaknya.
Oh, satu lagi. Kalau mentok banget biasanya aku tinggal tidur dan sebelum ketiduran ngobrol sama tokoh hahahahahah. Nanya-nanya apa maunya, perasaannya, dll.

Ha..ha.. aneh (-_-“) Tapi seruuuu. Apalagi kalau tokohnya ganteng. Saya juga mau donk
Hahahahah. Ganteng itu relatif. Aku  malah nggak punya bayangan penampilan fisik tokohku. Yang menuhin kepalaku ya karakternya

Nah sekarang kita ngobrolin seri #CrazyLove. Gimana ceritanya Mbak Dy bisa ikut sebagai penulis seri ini?
Ditawari editor. Jadi, mendadak mbak editor kece Bentang Belia menawarkan dua tema, move-on dan mantan. Setelah semedi, akhirnya memutuskan milih move on. Enggak ada alasan Cuma kebetulan aja idenya duluan muncul yang move on. *ha..ha..Mbak Dy langsung ngejelasin sebelum ditodong sama saya dengan pertanyaan “Pengalaman pribadi ya?”*

Eh tapi itu cerita #CrazyLove Move On punya Mbak Dy kok sedih gitu? (-_-“) apa yang menginspirasi?
Yang menginspirasi pertanyaan yang terus menghantuiku: “What if I’m gone”. Apa yang terjadi sama orang-orang yang aku sayang kalau aku tiada.

Ugh itu dalem banget (>_<)Pake nangis gak sih pas nulisnya?
Hahahha. Iya, entah sejak kapan pertanyaan itu menghatuiku.
Pas nulis suratnya, iya aku nangis. Nggak tahu gimana tapi rasanya kaya menulis ketakutan aku sendiri.
Syukurlah, berarti wajar kalo saya mengharu-biru saat membacanya
Hahahaha

Nah, kan awalnya milih Move-on. Trus kok akhirnya ikut nulis di #CrazyLove Mantan juga? *kepo*
Lagi pula itu ide toko My Ex Boyfriend itu tercetus dari mana? Kok milih settingnya di jalan Braga Bandung?
Nah itu penawaran berikutnya. Jadi setelah Move On dan LDR, mbak editor kece nawarin 3 tema baru dan... di antara yang lain tema Mantan paling menggoda :)
Itu ide kesekian, mengajukan ide ditolak terus dan pas di KRL (waktu itu masih kerja) kepikiran aja, barang mantan kan biasanya dibiarin gitu aja, nah, gimana kalau barang itu dibiarkan berkisah? Nah, dari ide barang berkisah itu baru muncul ide gimana seandainya mantan mendadak muncul setelah sekian lama?
Pemilihan Braga sederhana karena aku suka kawasan itu. Aku pecinta kawasan bangunan kuno/ lama.

Hm..jadi sebenarnya seri #CrazyLove ini ada berapa banyak? *bingung karena baru baca Mantan, LDR, dan Move On*
Yang baru terbit 3 itu. tapi nanti ada 2 seri lagi nyusul ^^

Nah, ada kesulitan gak sih saat nulis rame-rame seperti seri #CrazyLove ini. Apalagi yang mantan. Kan itu ada benang merah yang sama. Kesulitan nggak sih nyatuin idenya gitu?
Move On bisa dibilang nggak ada kesulitan karena ceritanya lepas ya.
Kalau Mantan, kebetulan pas aku ngajuin ide toko My Ex Boyfriend, mbak editor kece dan penulis lain setuju kalau itu jadi semacam benang merah. Kesulitannya lebih ke menyesuaikan timeline. Kapan toko buka, kapan tokoh ini berkunjung dll.
Satu lagi menjaga karakter tokoh. Di ceritaku Illa itu lemah lembut eh di cerita Mbak Ayuwidya dibikin jutek. Hahahaha

Iya tuh..ha..ha.. Di akhir cerita kesannya malah Teh Illa galak :D
Iya, kan?? Hahahahahah
Makanya sebelum proofread semua penulis ngecek bareng-bareng

Nah, pertanyaan penutup. Sekarang lagi nulis novel tentang apa? Trus ada gak sih obsesi pengen nulis hal tertentu tapi belum kesampaian sampai sekarang?
Lagi nulis cerita tentang cinta *halah* untuk Bentang Populer sama revisi naskah Bentang Belia dengan tokoh utama cowok yang macho banget tapi ngegemesin :D
Ada. Obsesi pengin nulis dengan setting Yerussalem dari sudut pandang 3 wanita bersahabat yang berbeda keyakinan. Obsesi pengin nulis dengan tema hubungan anak perempuan dan ayah. Obsesi pengin nulis cerita dari sudut pandang pembunuh berantai. Sejauh ini  3 itu dulu.



Nah, sebelum mengkahiri sesi tanya jawab ini saya mau menyampaikan dua pertanyaan titipan yang dimention ke saya dan Mbak Dy Lunaly:

Pertanyaan pertama dari @asysyifaahs yang bertanya “Kak Dy sebenarnya lebih suka sama nulis, gambar, atau travelling? Mostly yang paling suka apa? Kenapa?”
Suka semuanya! Nulis, gambar, fotografi, dan traveling itu yang bikin aku tetap “waras”

Pertanyaan kedua dari @LintangLujain yang bertanya,” Menurut Kak Dy, seorang fans di matanya itu gimana sih?”
Teman perjalanan yang saling membantu dan menyadarkan kalau “salah jalan”

Nah, berakhir sudah sesi wawancara kali ini. Makasih Mbak Dy untuk kesempatan wawancaranya. Saya tunggu karya berikutnya ya ;)

Nah, itu hasil interview saya dengan Mbak Dy Lunaly. Sudah lebih kenal dengan Mbak Dy kan? Dan untuk yang masih penasaran dengan seri #CrazyLove yang sempat kami bicarakan, bisa cek review-nya:
#CrazyLove Move On


Nah, seperti yang saya sebutkan di awal, Mbak Dy ingin membuat Oktober menjadi lebih cerita. Caranya? Dengan menyediakan hadiah berupa satu paket seri #CrazyLove (Mantan, LDR, & Move On) untuk 1 orang pemenang. 
Hadiah untuk 1 orang pemenang yang beruntung (^_^)9


Wuih satu pemenang bakalan dapat 3 buku?? *iri (>_<)* Mau berkesempatan jadi pemenangnya? Mudah kok. Ikuti langkah-langkah ini saja:
1.  Follow akun twitter saya (@atriasartika), Mbak Dy Lunaly (@DyLunaly), dan follow blog ini juga via GFC atau Bloglovin.

2. Sebarkan info GA ini via twitter atau me-mention Mbak Dy dan saya.
contoh: “Mau dapat seri #CrazyLove ? Yuk Ikut GA yang diadakan @atriasartika bersama @DyLunaly Cukup klik link ini (link pendek)”

3.  Semua peserta yang mengikuti GiveAway  diminta menjawab pertanyaan berikut di kolom komentar di bawah blogpost ini:
“Apa hal tergila yang kamu lakukan karena cinta?”
Sertakan data diri: nama (yang dipakai untuk memfollow blog), akun twitter, & email.

4. Akan jadi nilai tambah kalau teman-teman memberi komentar di review buku-buku #CrazyLove yang ada di blog ini.

5. Pemenang akan kami pilih berdasarkan jawaban yang paling menarik menurut kami. (Kami akan berusaha untuk objektif). 

6. Giveaway ini berlangsung dari tanggal 24 Oktober – 30 Oktober 2014. Pengumuman pemenang akan dilakukan selambat-lambatnya 3 hari setelah Giveaway ini ditutup (2 November 2014).
7. Kalau ada pertanyaan terkait Giveaway ini, sila menghubungi saya via email di: anora.widad@gmail.com atau via twitter di @atriasartika
8. Oiya, GA ini hanya untuk yang berdomisili di Indonesia ya.

Mudahkan? Tunggu apa lagi? Yuk kenalan dengan Mbak Dy dan jangan lupa ngucapin selamat dan ngirim do’a buat Mbak Dy Lunaly yang tengah berbahagia dengan datangnya hari ulang tahunnya.

Happy Millad, Mbak Dy. Semoga sukses. Semoga terus produktif menghasilkan karya-karya yang hebat dan menarik. Semoga semua rencana dan cita-citanya dimudahkan oleh Allah. Sehat selalu ya \(^_^)/


9 komentar:

  1. Nama : Sofhy Haisyah (bloglovin)
    Twitter : @Sofhy_Haisyah
    Email : sofhyhaisyah28@gmail.com

    Hal tergila yang saya lakukan karena cinta, terjadi pas masa-masa SMP. Cinta monyet yang labil, istilahnya :D

    Hal gila itu, diantaranya :
    ~ setiap jam istirahat, "pertama" kali sebelum ke kantin, harus curi-curi pandang ke arah kelas si dia dulu.
    ~ setiap ada acara di aula, selalu ingin duduk pas di depan kelasnya dia. dan ini berhasil loh kak ! dia pernah lewat pas di samping saya. senangnya tuh sampe kebawa di rumah. eh, sampe sekarang mungkin ^_^))">
    ~ hafal dengan aroma parfum, pengharum baju, dan minyak rambutnya dia. berhubung dia juga cowok yang rada metroseksual, jadi kalo pas lewat tuh harum banget. plus, kebetulan aroma parfum-parfumnya sama ma yang di pake kakakku. jadi hafal aromanya :)
    ~ bela-belain duduk di emperan toko, buat nunggu dia naik angkutan umum. modusnya sih, mau ngikut angkutan umum yang dia naikin juga.
    ~ lompat kegirangan, ketawa ketiwi sendiri, pas dia like ucapan ultah di sosmed dari aku. (padahal, yang lain dia juga like)
    ~ berkhayal menjadi gita gutawa dan dia partner duetnya gita, di lagu 2 Hati Menjadi 1.. Terakhir,
    ~ saya masih suka dengan orang tersebut. kalo dihitung, dah sekitar 8 tahun saya suka dia. #poinpalingGILA

    I hope, kak Atria gak ketawa yee baca kegilaan saya karena cinta.. Tapi, cinta kan memang seperti itu. Seperti ada kupu-kupu yang sedang menari di perut kita. Indah, lucu, bikin senyum terus.. :)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Nama : Mulky mukamyn Bangsawan
    Twitter : @mulkymukramyn
    E-mail : Mulkybangsawan@gmail.com
    Bloglovin : hiroyuki utada

    “Apa hal tergila yang kamu lakukan karena cinta?”

    pengalamn cinta saya sangat banyak (sombong <(^_^)>..haha), serta begtiu banyak hal gila yang saya lakukan karena cinta (sombong lagi.. <(^_^)>, dan memang pada dasarnya saya agak gila dan terlalu nekad.. (sekali lagi sombong,..hahaha <(^_^)>

    - kelas 6 SD : di bulan puasa, tepatnya setelah sholat subuh saya menyatakan cinta ke adik kelas saya, tapi adik kelas saya belum yakin, karena memang pada saat itu saya terkenal playboy, akhirnya untuk membuktikan bahwa saya serius, dia menyuruh saya teriak "I LOVE U (nama disensor) DI TENGAH JALAN..!!!, walhasil malunya bukan main. tapi, membuahkan hasil. pertanyaan saya.. apa dia juga tidak malu?? namanya diteriakkan di tengah jalan?? hahahah, tapi skip aja, masa lalu biarlah masa lalu..

    - SMA kelas 2 : saya rela pagi-pagi buta, datang kesekolah dan menulis di papantulis adek (pacar) kelas saya, " I LOVE YOU DORAYAKY" pada saat ultahnya.. PAKE SPIDOL PERMANEN.. dan papan tulisnya masih ada loh sampai sekarang, tapi sudah digudangkan .. hikss.hikss (-_-)^

    - surat menyurat pada saat salat tarawih (isinya udah pasti "cinta-cinta"), aduh.. betapa sulitnya melakukan itu, suratnya di oper dari shaf cowok ke shaf cewek, plus dipelototin sama orang tua di sebelah kiri, kanan, belakang. pengalaman yang tidak telupakan.

    miris memang, dan semuanya berakhir tragis, tapi kegilaan itu it's an irreplaceable.. hahahha. hahahah..hahah..

    BalasHapus
  4. Nama : wulida nadhila ubudiyah (bloglovin)
    Twitter : @wulidana
    Email : sowulida.nadhila@yahoo.com

    saya bukan tipe orang yang mudah jatuh cinta dan orang yang mudah melupakan masa lalu. sekali saya jatuh cinta orang itu tidak mempedilikan saya lol

    hal gila yg saya lakukan:
    - selalu ikut barisan kelas 12 IPS 1 saat upacara bendera agar semakin dekat dengan kelasnya, sampai sampai teman di kelas tidak mengakui saya bagian dari kelas mereka.
    -mengendarai motor dg kecepatan 105km/jam karena ingin menyalip dia. eh dia malah tidak bisa di salip
    -selalu menyempatkan diri mencuri pandang ke arah kelasnya
    -menulis selamat mengerjakan uts di loker mejanya entah dia melihat atau tidak
    -menulis "semoga harimu menyenangkan" di daun kering lalu di taruh di motornya
    -menyematkan namanya dalam setiap doa sehabis sholat wkwk
    -selalu ke mushola walaupun itu aku sedang halangan karena dia anak mushola yg setiap hari sholat di mushola lol

    dan mirisnya dia tau kalau aku suka dia tapi dia gak peduli.

    BalasHapus
  5. Nama: Ade Delina Putri
    Akun twitter: @adedelinaputri
    Email: adedelinaputri@yahoo.com

    Dulu, aku menyebutnya itu cinta. Tapi sekarang, mungkin sebenarnya itu cinta buta. Aku pernah menyukai suami orang. Yess. Awalnya aku belum tahu kalau dia sudah punya istri, yang kutahu aku suka. Tapi setelah aku tahu, bukannya berhenti menyukai, aku malah tetap menyukainya. Sampai ternyata dia juga menyambut perasaanku. Hubungan kami cuma lewat sms-an. Kalau ketemupun bersikap biasa saja. Hingga akhirnya, suatu saat istrinya memergoki smsku. Malunya luar biasa. Aku takut istrinya marah, cuma ternyata tidak. Istrinya dengan lembut mengingatkan. Setelah itu, enough. Aku sadar bahwa aku salah dan tak pernah lagi mengganggunya. Pesan-pesannya tak lagi kubalas sekalipun saat itu dia terus menghubungiku >_<

    BalasHapus
  6. Nama: Aanisa Natasya (bloglovin)
    Twitter: @aanisanatasya
    Email: aanisanatasyaf@gmail.com

    "Hal Tergila Saya Karena Cinta?"
    Ini banyak versi sih kak hehe, versi sd yang cinta monyet gitu paling masih standar ya cuma intip-intip sang gebetan yang lagi main bola atau apalah.

    Masa smp:
    Masih sama nih sukanya ngeliatin gebetan diam-diam lagi paling ditambah sudah berani cari nomer handphone dan smsan sama gebetan.
    Tapi ketika kelas 3 smp saya buat keputusan gila yaitu tidak menerima teman akrab lelaki saya dikarenakan sahabat, klasik ya? Tapi memang itulah yang terjadi, temen lelaki smp saya ini nembak saya dengan sebuah sms awalnya saya bimbang mau terima apa gak, dikarenakan kami dekat dari sd dan aku juga menyukai pada waktu smp. Lalu aku berpikir tentang sahabatku yang yang duluan cerita kalo dia menyukai A (panggil saja begitu). Aku gak mau merusak persahabatan yang ada, dan prinsipku kalo ada orang ngomong duluan kalo suka sama seseorang aku gak mau ganggu itu meskipun aku suka lebih lama dari dia. Akhirnya aku tolak dan ya begini akhirnya aku dan teman lelaki aku itu udh gak saling berhubungan lagi.

    Masa sma:
    Kayaknya gak ada hal gila apapun, cuma saya harus mengakui ini. Agak geli juga sih saya, saya orangnya gak gampang nangis tetapi menangis setelah mendengar gebetan saya jadian sama teman saya (gak akrab) saya udah suka sama dia dari kelas 1 dan aku sempet GR juga gara-gara kadang kita memiliki kesamaan dan temen-temennya suka ledekin aku, tetapi semuanya gak terbukti, sampe sekarang mereka awet banget.

    Masa kuliah:
    Aku sekarang seseorang mahasiswi semester 3 dan sampai sekarang belum melirik siapapun yang lumayan, bkn krn saya gak bisa move on. Sang gebetan dari sma itu sudah menghilang dari hati saya. Tetapi karena gak tau sekarang sudah malas ada sih kadang ngelirik oh ini oke cuma ya gitu. Skrg mau fokus ke kuliah aja. :)

    BalasHapus
  7. Hal tergila yang pernah aku lakukan demi cinta adalah... menangisinya. Walaupun beberapa kali pernah jatuh cinta, hampir semuanya selalu ada perasaan yang bisa menjadi alasan kenapa aku menangis. Aku menangis karena nggak tau apa yang harus aku lakukan, entah itu kecewa pada diri sendiri atau memang menyesal cinta pada orang itu.

    Aku sadar menangis nggak bakal bikin semua berubah--nggak bakal bikin orang itu berbalik mencintai aku. Inilah yang aku sesali, aku menangis untuk orang yang bahkan bukan siapa-siapa aku, dia sama sekali nggak tahu dan nggak sadar ada orang yang menangisinya karena cinta.

    Asy-syifaa Halimatu Sadiah
    @asysyifaahs
    asysyifaahs@yahoo.com

    BalasHapus
  8. Hal tergila yang pernah saya lakukan demi cinta :
    Kejadian itu saya alami saat sedang melakukan kegiatan Prakerin di salah satu Universitas di Malang. Yupp, pasti kalian pada tahu kan ? kecantol (?) salah satu Kakak AsLab, Karena saya termasuk orang yang ingin tahu lebih tentang dirinya, jadinya dengan sangat lancang *nggak lancang-lancang juga sih sebenarnya, karena saya disuruh dosen. Ngubek-ngubek biodata mahasiswa dari tahun ajaran 2012 dan 2013.

    Bayangkan teman-teman perjuangan saya untuk mendapatkan informasi lebih tentangnya karena saya hanya mendapat klue nama panggilannya saja. Berhari-hari saya melakukan itu dengan teman-teman yang juga mendukung aksi gila saya #Hehe. Sempat salah mengira nama orang lain sebagai namanya. Ya, maklumlah. Nama yang sama dengannya banyak. Mirip-mirip malah.

    Dan syukur alhamdulilah bin ajaib, akhirnya saya mendapatkan informasi tentang dirinya. Lengkap lagi. Mulai dari nama lengkapnya, tanggal lahirnya, nomor handphonenya + nama ibu dan ayahnya *kurang lengkap apa coba #Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf kelupaan Kak,
      Nama : Hikari Mio (GFC)
      Twitter : @HikariMio
      Email : rinaeko87@gmail.com

      Hapus