Kamis, 18 September 2014

September to Remember Blog Hop



Bulan September tahun ini menjadi berbeda bagi saya. Untuk pertama kalinya pertambahan usia saya rayakan di Litaq Mandar (Tanah Mandar). Meski menggunakan kata “rayakan” sesungguhnya tidak ada pesta apapun seperti acara sweet 17-an para artis (ya iyalah, kan kamu bukan artis, Tria). Bahkan sekedar bikin acara traktiran pun tidak saya lakukan.

Banyak hal cukup lucu yang terjadi di ulang tahun saya kali ini. Pertama adalah papa saya yang salah hari. Siang itu tanggal 1 September 2014, papa dengan semangat menggedor-gedor pintu kamar karena sejak pagi hari saya mengurung diri dengan membaca buku di kamar. Saat akhirnya membuka pintu kamar, papa segera berkata, “Dari tadi saya cari ko. Selamat ulang tahun ya, Nak. Semoga cita-citamu tercapai,” kata Papa sambil menjulurkan tangan kanannya. Saya pun mencium tangan papa dan kemudian mencium pipi papa. Namun saya kemudian berkata, “Makasih, papa. Besok ucapin lagi ya, Pa. Biar do’nya benar-benar terkabul”. Jawaban ini membuat papa bingung. Saya kemudian menunjuk tanggal di koran yang dipegang papa di tangan kirinya. Ha..ha.. Papa lantas tertawa keras dan berkata, “Maklum pensiunan, Nak”. Saya pun segera memeluk papa. Meski salah hari, tapi saya tahu papa berusaha untuk tidak melupakan hari ulang tahun saya. Masih bisa saya ingat salah satu episode saat papa harus keluar kota saat saya ulang tahun. Karena tidak sempat membeli kado, papa pun membelikan sebuah boneka yang sekaligus tempat untuk menyimpan ponsel yang dijual oleh maskapai penerbangan yang dipakai papa untuk pulang segera di hari ulang tahun saya. Sampai sekarag boneka itu menjadi salah satu boneka kesayangan saya (dan ikut merantau bersama saya).
Langit senja 2 September 2014
Selain insiden salah hari. Ulang tahun saya kali ini terasa berbeda karena saya bisa merayakan di tepi pantai. Seorang kawan baru di Majene dengan senang hati menjemput saya dan membawa saya ke rumah pohon teman kami. Rumah pohon ini terletak di daerah Gonda, Polewali. Yang artinya kami harus menyebrang ke kota tetangga. Namun perjalanan tersebut terbayar dengan pemandangan yang saya temui. Hamparan laut yang dangkal yang membuat saya bermain air tanpa takut basah kuyup. Pemandangan mangrove, pantai, dan langit menjadi hadiah yang indah bagi saya. Bisa berteriak lepas ke pantai dan membiarkan ombak mencium kakiku adalah sebuah pengalaman yang menyenangkan. Terima kasih untuk Ashari dan Onie atas hadiah ini (^_^)v


Keesokan harinya, tanggal 3 September, Onie datang ke Dapur Mandar, tempat saya tinggal selama di Majene. Ternyata ia ingin memberikan sebuah kado untuk saya *seolah kado sehari sebelumnya belum cukup* Dan ternyata hadiahnya adalah sebatang cokelat dan sebuah sketsa hasil karyanya. Sekarang, sketsa tersebut menghiasi dinding kamar kostan saya di Bandung.



Tanggal 4 saya diberi buku oleh seorang kenalan baru. Namanya Hendrik, salah seorang petugas di perpustakaan daerah Majene. Sebelumnya saya menyampaikan kebutuhan saya untuk membaca tentang Andi Depu, pahlawan perempuan dari tanah Mandar. Kemudian mendadak dia mengabari saya bahwa ia menemukan dua buah buku yang membahas tentang beliau. Sore hari, Kak Hendrik mengantarkan buku tersebut ke Dapur Mandar. Ia memang tidak tahu bahwa 2 hari sebelumnya saya berulang tahun. Namun bagi saya ini salah satu kado spesial dari Tuhan untuk saya (^_^)



Tanggal 5 ada satu hadiah tak terduga. Ada seseorang yang secara khusus datang untuk menemui saya di Majene. Ia datang jauh-jauh dari Makassar. Kedatangannya adalah sebuah hadiah bagi saya dan ia kemudian memberi saya sebuah tasbih. Sebenarnya kedatangan kakak ini saja sudah cukup sebagai hadiah. Kak Abdillah Mandar, terima kasih untuk hadiahnya. (^_^)



Oiya, terakhir saya mendapat hadiah lain di ulang tahun saya. Setibanya saya di Makassar tanggal 7 September 2014, ada dua paket buku yang menanti. Keduanya adalah hadiah atas partisipasi saya dalam pay it forward. Satu novel berjudul Juliet yang sudah lama saya cari. Buku ini dihadiahi oleh Mbak Ren Puspita. Kemudian satu lagi adalah novel berjudul Kei yang sudah lama ingin saya miliki. Kei dihadiahkan oleh Mbak Okky (^_^)v



September tahun ini adalah salah satu September paling berkesan bagi saya. Terima kasih untuk semua orang yang sudah ikut mewarnai September saya.

Nah, sebagai rasa syukur atas semua anugerah itu, saya pun mengikutsertakan diri dalam September to Remember Blog Hop yang digagas bersama anggota Blogger Buku Indonesia (BBI) yang berulang tahun di bulan September. Yuk, ikut merayakan September ini bersama kami.


Hadiah:
Voucher senilai Rp 340,000,- untuk masing-masing 2 pemenang.
Hadiah buku pilihan di OlShop Indonesia / lokal. Harga yang akan kami pakai adalah harga sebelum diskon (harga normal).

Syarat:
  • Follow blog My Little Library ini (via GFC atau Bloglovin’)
  • Follow twitter @atriasartika
  • Share link tentang event ini via sosial media (bisa via fb, twitter, G+, dll). Share link GA yang ada di blog ku ini cukup dilakukan sekali saja ya.
  • Tulis data diri di kolom komentar di blogpost ini berupa: nama, nama akun yang dipakai memfollow blog ini (via GFC atau bloglovin), akun twitter yang dipakai untuk memfollow @atriasartika
 
Caranya:
  • Tebak judul buku dari 3 quotes yang saya tampilkan di bawah ini ya. Kalian bisa mencari jawabannya di blog ini ;)
  • Kemudian, kunjungi 8 blog (milik 8 teman blog host yang lain) untuk menebak quotes yang ada disana. Daftar blog (blog host) beserta jadwalnya ada di bawah.
  • Jawaban paling lambat pada tanggal 26 September 2014
  • Jadwal dikumpulkan (ditulis) pada google docs yang ada di bawah ini. Jawaban cukup sekali saja. Maka, saran saya, jangan buru-buru nulis jawaban di google docs sebelum kalian bisa menjawab semua quotespara peserta GA hop September to Remember.
  • Penting: Jawaban harus berurutan baik urutan secara quotes yang menjadi pertanyaan dan secara blog host.

Quotes:
sila menebak Quotes berikut:

Quote 1
 “...masa lalu cukuplah menjadi sejarah, yang hanya perlu dimasuki saat-saat dirimu membutuhkan kehadirannya untuk berkontemplasi.”

Quote 2
 " Masa lalu telah mengajarkannya bahwa setiap menit terlalu berharga. Pengabaian terhadap satu menit, bahkan bisa membuka kesempatan untuk seribu satu kemungkinan." 

Quote 3
"... Jadi, semua yang ada di dalam tubuh kita dan sekeliling kita is a game of luck. Makanya mendingan kita gamble aja"  

 
Bonus (Optional):
Nah ada lagi nih yang seru. Untuk menambah nilai, teman-teman bisa melakukan bonus sebagai berikut:
  • kolase cover: Setelah menebak seluruh judul buku dari 9 blog host September to Remember, silakan susun cover dari buku-buku tersebut. Susunan cover harus berurutan, namun model sesuai selera. Misal teman-teman ingin membuat model huruf atau puzzle dari cover-cover tsb. Upload hasil collage cover di image host dan kemudian submit linknya di google docs.
  • susun kalimat / paragraf: Apakah teman-teman suka menyusun puisi atau kalimat atau paragraf dari berbagai judul buku? Jika suka, yuk susun judul-judul buku yang sudah kalian tebak menjadi sebuah paragraf atau puisi atau bahkan cerpen. Hehe.

Jadwal Blog Hop:
Submit Jawaban September to Remember di sini: September to Remember

58 komentar:

  1. Follow blog: via GFC Ade Delina Putri
    Follow twitter: @adedelinaputri
    Link share: https://twitter.com/adedelinaputri/status/512420519639924736

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah ikut berpartisipasi (^_^)

      Hapus
  2. Follow blog : GFC : orybun
    share twitter : https://twitter.com/alvina13/status/512440236580683776
    akun : @alvina13

    Selamat hari lahir, Atria!! Btw itu ada typo di postnya ya, harusnya 1 September 2014 malah jadi 1 Januari 2014 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. He..ha..makasih, Mbak (^_^)

      Iya nih typo karena bikin postingannya mepet jadwal
      *Mengaku dosa sebagai deadliners* (>_<)

      Hapus
  3. Follow Blog via GFC: Husnul Aini
    Akun twitter: @azadinda
    Share: https://twitter.com/azadinda/status/512444988202840064

    Semoga diberi keberkahan umur kak, salam kenal ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.. terima kasih ya sudah mendo'akan dan sudah berpartisipasi.
      Salam kenal (^_^)

      Hapus
  4. Nama : Fransisca Susanti
    Follow blog via GFC : Santi Wiryawan
    Akun twitter : @siscacook

    Link share :
    https://twitter.com/siscacook/status/512452494002114561
    https://www.facebook.com/toko.bross/posts/695473583876671

    Met ultah ya. Smoga sehat dan sukses slalu =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin..
      Makasih sudah berpartisipasi ya (^_^)

      Hapus
  5. Nama : Destinugrainy
    Follow Blog via GFC : destinugrainy
    twitter : @destinugrainy

    https://twitter.com/destinugrainy/status/512560500861722624

    Salama' allo kadadian... Itu bahasa Toraja-nya Selamat Ulang Tahun. Kalau di Mandar bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya sih nggak ada, Mbak Desty karena nggak ada tradisi perayaan ulang tahun di adat Mandar (^_^)v

      Makasih sudah ikut berpartisipasi

      Hapus
  6. Follow blog via GFC: Zuhelviyani Zainuddin
    Twitter: @evizaid
    Link share: https://twitter.com/evizaid/status/512564519395004416

    Waah, banyak banget ya, yang kasi hadiah. :) Semoga tahun depan tambah berkesan yaa, Kak. Happy birthday! Sukses terus yaaa.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. He..he..iya nih alhamdulillah..
      Amin..makasih do'anya (^_^)

      Makasih sudah berpartisipasi ya ;)

      Hapus
  7. Kak Atria, selamat tambah umur sama-sama September, doa terbaik untuk kita semua ya. Kece banget deh ultahnya dirayain di luar kota luar pulau, hihi, beda ya sama aku u,u

    GFCL: Asy-syifaa Halimatu Sadiah
    Twitter: @asysyifaahs
    Share: https://twitter.com/asysyifaahs/status/512658417735831552

    Nuhun, semoga ini jadi kado buat aku ya :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya bukan di luar kota sih. Soalnya Majene itu kampung halamanku yang selama ini tidak pernah saya tinggali permanen (>_<)
      seumur-umur baru kali ini saya berulang tahun di Majene :D

      Amin :)

      Hapus
  8. Selamat ultah Kak Atria, semoga umurnya berkah :) salam suku tetangga ya kak (aku dari Bugis ^^)..

    Bloglovin : Sofhy Haisyah
    Twitter : @Sofhy_Haisyah
    Link : https://twitter.com/Sofhy_Haisyah/status/512757531324604421

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang Bugis ki?? Tena kuissengi ma'ogi' :D

      Makasih ucapannya, sayang.
      Amin.. makasih do'anya.

      terima kasih juga sudah ikut berpartisipasi ya ;)

      Hapus
  9. Selamat ulang tahun^^

    Nama : Fatiah Nur Madina
    GFC : Fatiah Nur Madina
    Twitter : @Fatiah_NM
    Link share : https://twitter.com/Fatiah_NM/status/512873501103898624

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berpartisipasi ya :)

      Hapus
  10. Happy Birthday for you ^^
    udah follow blog via GFC dgn nama elika herliana
    udah follow twitter dgn akun @elhrln
    ini link share :
    https://twitter.com/elhrln/status/512906291346296832

    thank you ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih..
      Makasih sudah berpartisipasi ya (^_^)

      Hapus
  11. Selamat ulangtahun \^^/
    Semoga selalu diberikan kesehatan dan sukses selalu yaa..

    Aku udh follow blog via GFC : Endah Nur Fajriyah
    Twitter : @enndh
    Link share : https://mobile.twitter.com/enndh/status/513528505712533505?p=v

    Terima kasih ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin..amin..
      Makasih ya..

      Makasih juga sudah berpartisipasi (^_^)

      Hapus
  12. Deasy Dirgantari Sasongko
    GFC: Deasy Dirgantari
    Twitter: @deasyds
    Link share: https://twitter.com/deasyds/status/513565112850866176

    Selamat ulang tahun, Kak! Sehat dan sukses selalu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiin..
      Makasih sudah berpartisipasi ya (^_^)

      Hapus
  13. Selamat milad, Tria :) Keberkahan usia, kesuksesan, kebaikan hati, dan kedamaian tercurah untukmu ....
    Aku follow blogmu via bloglovin (Amaya Kim), dan twitter dari @kimkkomaya.
    Berikut link share GA-nya: https://twitter.com/kimkkomaya/status/513998003468640257
    Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin..
      Makasih do'anya (^_^)

      Makasih sudah berpartisipasi ya :)

      Hapus
  14. Nama : Citra Apsara
    Akun GFC : Citra Apsara
    Akun twitter : @citrapsara
    Link share : https://twitter.com/Citrapsara/status/514273712997031936

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berpartisipasi (^_^)

      Hapus
  15. GFC: Peri Hutan
    twitter: @peri_hutan
    link: https://twitter.com/peri_hutan/status/514407337331683330

    selamat ultah, semoga sehat selalu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin..
      Makasih, Mbak

      Makasih sudah berpartisipasi (^_^)

      Hapus
  16. Selamat ulang tahun Nona Atria. Semoga disegerakan segala hal baik-baik yang dicita-citakan. Aamiin.
    Sudah memenuhi syarat:
    Nama: Rico Martha R.
    follow via GFC : Rico Martha R.
    follow via twitter : @richoiko
    link share : https://twitter.com/richoiko/status/514682515068444672
    Terima kasih atas GA-nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin..Makasih do'anya..

      sama-sama..makasih sudah berpartisipasi ya (^_^)

      Hapus
  17. Selamat ulang tahun kakak
    Nama : Dian S
    Follo GFC : Dian S Putu Amijaya
    Twitter : @DeeLaluna
    Share : https://twitter.com/DeeLaluna/status/514787562284523520

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih..
      Makasih sudah berpartisipasi (^_^)

      Hapus
  18. Nama: Jun
    GFC: F Juni Ismarianto
    Twitter: @FJrean
    Share: https://plus.google.com/u/0/118091736580642661968/posts/hDtX8DdHar5

    Selamat ulang tahun, kak (:

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih..
      Makasih sudah berpartisipasi ya :)

      Hapus
  19. Inge
    Gfc : non Inge
    Twitter : @noninge
    Share link : https://mobile.twitter.com/noninge/status/514843359018364929

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah berpartisipasi :)

      Hapus
  20. Saya ikutan giveaway nya ya ka, salam kenal :)
    Nama: Syiva Nugraningsih
    Bloglovin: NugraS
    Twitter: @NugraS_
    Link share: http://twitter.com/nugras_/status/514718834952241152

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal.
      Terima kasih sudah berpartisipasi (^_^)

      Hapus
  21. Selamat ulang tahun Atria. Semoga selalu dikasi yang terbaik dalam hidup.
    Aku follow lewat GFC dan twitter ya. Terus share linknya di sini https://twitter.com/asdewi/status/514978726363140096

    BalasHapus
  22. nama: Rosa
    nama akun yang dipakai memfollow blog ini: Rosa Alrosyid
    akun twitter: @Rosa_Alrosyid
    link share: https://twitter.com/Rosa_Alrosyid/status/515004726388072448

    BalasHapus
  23. Selamat ulang tahun :D

    Nama : Indriani
    GFC : Indria Ni
    Twitter : @ryanie31
    Link share : https://twitter.com/ryanie31/status/515022559117443072

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih (^_^)

      Makasih sudah berpartisipasi ya ;)

      Hapus
  24. GFC : bzee
    Twitter : bzee_why
    Share : https://twitter.com/bzee_why/status/515106392584110081

    Selamat ulang tahun (telat ya), hehe, suka ceritanya sama papa, so sweet :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Mbak Bzee.. Nggak telat kok. Masih September ini ;)

      he..he..ketahuan banget ya kalo aku anak Papa ya (^_^)v

      Makasih sudah berpartisipasi

      Hapus
  25. Selamat ulang tahun ya Kak ^^
    Aku ikutan ya :)

    Nama : Ila Aulia Rahmah
    Follow blog via GFC : ilaulia
    Akun twitter : @ilaciouss
    Link share : https://twitter.com/ilaciouss/status/515168659279323136

    Makasih kak :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih...

      makasih sudah berpartisipasi ya (^_^)

      Hapus
  26. Hi, aku ikutan yah :D
    GFC: Biondy
    twitter: @biondyalfian
    Share: https://twitter.com/biondyalfian/status/515372603951685632

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sudah berpartisipasi ya (^_^)

      Hapus
  27. Selamat Ulang Tahun kak^^
    Follow via GFC : rany dwi
    Twitter : @Rany_Dwi004
    Link Share : https://twitter.com/Rany_Dwi004/status/515373533019394048

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ucapannya..

      Makasih sudah berpartisipasi ya (^_^)

      Hapus
  28. Kenapa saya ga bisa submit jawaban di Google Docs yaa? Tertulis "The form September to Remember Birthday Giveaway Hop is no longer accepting responses". Saat ini kan belum 26 September jam 23:59 . Padahal saya sudah mencari judul quotes dan membuat Pic College :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya, ada kesalahan setting.

      Kirimin aja jawaban kamu ke kukilasbuku@gmail.com

      Hapus
  29. Gabisa submit jawaban, kenapa ya Mbak? Padahal aku udah buat kolase cover dan buat cerpen juga. Huft sedih deh ga bisa ikutan :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya, ada kesalahan setting.

      Kirimin aja jawaban kamu ke kukilasbuku@gmail.com

      Hapus