Jumat, 20 Juni 2014

Mantan #CrazyLove



“Sekarang kamu bisa menyebutnya kekasihmu, sedetik lagi, bisa saja kamu harus menyebutnya mantan. Tidak ada yang tahu kapan orang akan pergi.” (hal. 157)


Penulis: Dy Lunaly, Christina Juzwar, Aiu Ahra, & Ayuwidya
Penyunting: Dila Maretihaqsari
Perancang & Ilustrasi sampul: Nocturvis
Ilustrasi isi: Fransisca Ayu Hapsari
Pemeriksa aksara: Intari Dyah & Tiasty I
Penata aksara: Gabriel
Penerbit: Bentang  Belia (Bentang Pustaka)
Cetakan: Pertama, Juni 2014
Jumlah hal.: vi + 210 halaman
ISBN: 978-602-1383-07-0
My Ex Boyfriend

Hahaha, aneh banget nama toko ini! Segitu cintanya mungkin, ya,
orang yang punya toko ini sama mantan dia, sampai dijadiin nama toko.

Karena penasaran aku pun masuk ke toko. WOW! Semua yang dijual
di situ ternyata barang pemberian mantan! Dan, nggak cuma sedikit,
tapi banyak banget. Dari yang mainstream kayak cincin tunangan
sampai mantel bulu yang aneh banget. Bukan, semua bukan bekasnya
si pemilik seorang, melainkan milik orang-orang yang punya mantan
dan menjual barang pemberian mantan mereka di toko ini.

Berarti banyak banget, ya, orang-orang  yang jualin barang-barang
mantannya. Biar bisa move on? Mungkin sudah saatnya aku juga
melakukan ini sekarang. Atau, kamu juga perlu? Lenyapnya barang
dari mantan, terhapus pula bayang-bayang sosok mantan
yang terus menghantui kita. Semoga.

***

“Cuma dua kemungkinan kalau ingat mantan. Sesal atau kesal. Keduanya sama-sama cuma bikin capek hati.” (hal. 166)

Hm..setelah membaca buku ini bikin saya mikir. Barang apa yah yang mau saya jual? Setelah dipikir-pikir lagi kayaknya sayang deh kalau dijualin. Kalau cincin mah nggak saya jual tapi langsung saya buang ke tempat sampah #upsss *bukan curcol*. Kalau buku? Sayang ih, bukunya bagus. Kan rugi kalau dijual. (^_^)v

Nah, mikir gini bikin saya ngebayangin, gimana ya kalau benar-benar ada toko seperti itu? Atau jangan-jangan beneran ada? *berniat googling setelah nulis review..kalau ingat (>_<)* Trus saya juga ngebayangin perasaan yang dibawa oleh setiap orang saat memutuskan untuk menjual barang pemberian mantannya. Apa mereka juga sempat galau seperti saya? Atau mereka memang perlu menyingkirkan barang-barang itu agar bisa move on?

Ah, abaikan galau saya di atas. Sekarang saya mau membagi pendapat saya tentang buku Mantan #CrazyLove ini.

Buku ini termasuk dalam omnibook menurut saya. Yakni kumpulan cerita yang masih memiliki benang merah satu sama lain. Konsep ini berbeda dengan seri #CrazyLove yang telah saya review sebelumnya (baca LDR #CrazyLove). Di buku Mantan ini, meski ditulis oleh 4 orang berbeda, mereka masih memiliki benang merah yakni toko “My Ex Boyfriend”. 

Saya akan mencoba me-review masing-masing cerita. Oiya, setiap judul di cerita ini memakai nama mantan mereka masing-masing. *baru sadar pas nulis review ini* XD


Beberapa hal baik terjadi kemarin dan kita menyebutnya kenangan.( Hal. 9)

Danang
Cerita ini ditulis oleh Dy Lunaly. Menggunakan sudut pandang orang pertama, Dy Lunaly menyuguhkan kisah hidup Illa. Illa Ahimsa adalah pemilik toko My Ex Boyfriend. Di part ini kita akan diajak merasakan pengalaman tokoh Illa dengan mantannya bernama Danang. Hm.. cerita yang diangkat cukup menarik, yakni kekerasan dalam berpacaran. Ya, Danang yang awalnya dikenal Illa sebagai sosok yang perhatian dan penyayang ternyata berubah menjadi monster setelah hubungan mereka berjalan selama satu tahun.

Namun ternyata meski mengalami kekerasan, Illa tetap saja tidak bisa lepas dari Danang. Hingga suatu hari, Illa memutuskan berpisah dari Danang. Itu pun tidak mudah. Dan ternyata, setelah 4 tahun mereka berpisah, Danang datang kembali ke kehidupan Illa karena tanpa sengaja mendapati kalung pemberian Danang yang sudah di jual Illa.

Menariknya, di cerita ini saya bisa membaca pola hubungan dan psikologi pelaku dan korban kekerasan dalam berpacaran. Meski di akhir cerita saya sempat gemas dengan tokoh Illa dan juga takut, apa Illa akan jadi gila? Hm..greget juga. Pas terakhir baca dan berharap Illa jadi gila, saya mikir yang psycho? Danang, Illa, atau saya si pembaca yang berharap Illa gila? (>_<)v

 Lukas
Kali ini cerita yang disuguhkan oleh Christina Juzwar mengangkat kisah salah seorang pengujung toko “My Ex Boyfriend”. Cerita tentang Ella Anastasia dan kekasihnya bernama Lukas. Dengan menggunakan sudut pandang orang pertama, pembaca disuguhi kesulitan Ella untuk melupakan Lukas, kekasihnya di SMA.
Awalnya Ella sangat membenci Lukas, ia mati-matian menolak Lukas yang menurutnya norak meski tampan. Hingga akhirnya lama kelamaan ia pun luluh. Ia pun bersedia menjadi kekasih Lukas. Namun setelah hubungan mereka berjalan kurang lebih setahun, Lukas menghilang. Tanpa kabar. Setelah sebuah insiden yang membuat Lukas dicurigai mengkonsumsi narkoba. 

Cerita ini seharusnya bisa mengguncang emosi pembaca. Namun karena space yang tidak sepanjang novel, maka sisi emosional jadi kurang terasa. Alur yang maju mundur pun membuat perasaan pembaca awalnya jadi penasaran mendadak menjadi sedih pun disajikan kurang smooth.

Devan
Bagaimana rasanya jika mantan kekasihmu mendadak menjadi bos-mu? Hubungan kalian yang berakhir tidak jelas membuatmu masih menyimpan tanya yang cukup dalam?

Pertanyaan ini mungkin bisa saya duga sebagai salah satu penggerak cerita yang ditulis Aiu Ahra. Mengawali cerita dengan kemunculan Devan sebagai atasan Selyn, penulis membawa kita ke hubungan lama keduanya. Hubungan yang terjalin di antara senior dan juniornya di sekolah. Hubungan di mana laki-lakinya berusia lebih muda 2 tahun. Di tambah lagi mereka akhirnya harus LDR-an karena Selyn harus meninggalkan Bandung ke Bogor untuk melanjutkan kuliah. Puncaknya mereka putus karena masalah perbedaan usia dibawa-bawa saat mereka bertengkar. Setelah itu, Devan menghilang.

Pertemuan kembali mereka setelah perpisahan tersebut adalah saat Devan menjadi atasan Selyn. Di moment ini, kita disuguhi pergulatan batin Selyn yang ingin mengakhiri semua rasa sesal, bersalah, dan penasarannya atas hubungannya dengan Devan.

Jericho
Karya Ayuwidya ini termasuk menarik. Ia membawa tokoh utamanya, Karmel, menjadi seorang time traveler. Diceritakan bahwa tokoh Karmel ini awalnya mengalami amnesia. Ia lupa dan bahkan tidak mau menerima kenyataan bahwa ia dan Jericho sudah putus. Ia bahkan menolak menerima informasi dari Fay, sahabatnya, bahwa ia dan Fay telah berpacaran.

Hingga suatu hari hari ia jatuh dan saat tersadar ia ada di waktu ia dan Jericho belum putus. Ia pun memanfaatkan kesempatan itu untuk membuat Jericho tetap menjadi kekasihnya. Berhasilkah Karmel mengubah masa depan?

Oiya, yang lucu adalah moment saat Karmel dengan dipaksa Fay menjual barang-barangnya ke toko My Ex Boyfriend. Tapi karena menyesal, Karmel malah meneror orang-orang yang ingin membeli barang tersebut sampai Teh Illa kesal dan menjutekinya. Baca bagian ini saya malah membayangkan Mbak Dy Lunaly yang jadi Teh Illa. Ha..ha.. maaf, mbak (^_^)v

Secara keseluruhan buku ini menarik. Sampulnya yang cerah dan pembatas bukunya yang imut sangat saya sukai. Selain itu nama-nama penulisnya cukup familiar bagi saya. 

Oiya, saya juga suka dengan beberapa kalimat yang terdapat di setiap awal chapter. Kalimat-kalimatnya banyak yang menarik.

Tapi yang membuat saya bingung, kan ini labelnya Bentang Belia? Tapi usia tokoh-tokohnya banya yang sudah dewasa, meski saat flash-back ke masa mereka pacaran dengan mantan masing-masing setting waktunya saat SMA. Menurut saya, buku ini pun menarik untuk dibaca oleh young adult.

Oiya, satu juga yang membuat saya suka buku ini. Setting tempat toko My Ex Boyfriend ini adalah di Bandung, tepatnya di jalan Braga. Nanti kalau lewat jalan Braga saya mau ngebayangin toko itu nyempil di antara toko-toko tua di jalan itu (^_^)v


“Tidak ada yang bisa aku perbaiki pada masa laluku bersamanya, tapi aku bisa memperbaiki masa depanku, dengan atau tanpanya.” (Hal. 199)

24 komentar:

  1. jadi kepikiran juga, mau buat bisnis penjualan barang-barang dari mantan :D

    BalasHapus
  2. Kenapa nggak ada covernya mbak? Padahal penasaran, katanya menarik. Hm. Kalau toko itu bener ada, aku mau dong nitip jualan :p Banyak yg mau aku jualin kayaknya :v

    BalasHapus
  3. Aanisa Natasya27 Oktober 2014 20.36

    Haha coba seandainya ada tuh toko asli my ex boyfriend, namanya saja sudah sangat menarik minat ya?
    Iya bener mbak reviewnya sudah menarik hanya saja kurang ada cover yang bisa jadi daya tarik kita juga.
    Aku gak tahan deh sama quote terakhir "Tidak ada yang bisa aku perbaiki pada masa laluku bersamanya, tapi aku bisa memperbaiki masa depanku, dengan atau tanpanya" itu nyes sekali dan bener-bener agak mukul saya hehe

    BalasHapus
  4. Menarik juga kalau toko My Ex Boyfriend itu ada, atau... aku perlu bikin kafe kayak gini ya? Dimana semua para mantan menjual-beli barang peninggalan mantan kekasihnya itu, tapi kemudian dapat pacar baru lagi di toko ini. Hihi :D

    BalasHapus
  5. Oh myyyy toko mantannn... gak bs jual wong sdh saya musnahin hihih

    BalasHapus
  6. Kadang permintaan putus karena perbedaan umur susah dinalar ya

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Unik banget judul di cerita ini memakai nama mantan mereka masing-masing. Iya, bener kata Aanisa Natasya. Sayang banget cover dan pembatas buku yang katanya lucu nggak di sertain. Nanti tolong ditambahkan fotonya ya, mbak Atria.

    Hmmm, penjaga toko My Ex Boyfriend harus siap mental nih. Harus siap menghadapi pelanggan yang mau jual barang dari mantannya sambil nangis dan guling-guling di lantai karena habis putus. He he #kyalan tingkat tinggi

    Paling nggak di toko My Ex Boyfriend harus siap sedia tissue sama ember buat nampung air mata pelanggan yang curhat.

    BalasHapus
  9. Duh, kalo ngomongin mantan rasanya... rada gimana ya hahhaha

    Itu unik banget ya kisah-kisahnya. Soal toko Ex Boyfirend idenya unik yak, nggak kepikiran sama sekali kalo seandainya beneran ada toko itu. Ya, daripada barang pemberian mantan dibuang, mending dijual. hahaha kan lumayan #eh

    Kok yang bagian Jericho lucu yak, unik tapi jadi kayak nyambung ke cerita judul perata yang punya toko ex boyfriend itu hahhaa

    Mantan dan sejuta kisah di dalamnya :))))

    BalasHapus
  10. wahahaa dari beberapa cuplikan diatas, paling penasaran sama Danang, iya ya, ngomong-ngomong, gimana bisa pas masa pedekate sikapnya minta ampun lembut banget, tapi lama-lama suka kasar gitu, kan kasihan Illa, tapi iya sih, hati cewek tuh kalo udah terlanjur sayang, mau diapain dibentak kek sampe kekerasan dalam berpacaran, tetep aja hatinya gak bisa lepas, yatuhan-_- semoga cowok kayak Danang harusnya bisa sadar kalo cewenya tulus sama dia, meskipun udah sering disakitin, hahhaa. aduh quote yang terakhir nyess ya :'')) mantan oh mantan *?*

    BalasHapus
  11. Mantan?si pemeran utama masa lalu, haduuuh. dan quote ini “Cuma dua kemungkinan kalau ingat mantan. Sesal atau kesal. Keduanya sama-sama cuma bikin capek hati.” (hal. 166)
    kalau saya kasih tau ke temen saya yang baru putus, mungkin dia melototin saya.

    soal toko ex boyfriend! menurut gue toko itu sangat W O W. siapa sangka, barang-barang yang jdi temen nangis kita bisa jdi uang. haha

    BalasHapus
  12. Membuka toko dengan menjual barang-barang dari mantan... Gokil...

    BalasHapus
  13. ih unik masa ya cerita tentang mantannya.. :D
    sayang sih aku mah ga punya mantan hahaha

    BalasHapus
  14. Duh kalau bahas mantan, agak gimana gitu .__.
    Tapi saya penasaran yang Jericho :D Haha

    BalasHapus
  15. Sudah baca yg seri move on tapi belum baca yg mantan. Aku merasa gagal kece, heheee.
    Pengen baca ini. Serius.

    BalasHapus
  16. Uhh.. Beruntung belum punya si ex alias mantan^^

    BalasHapus
  17. blm pernah punya mantan di tengah2 teman yg sdh punya mantan

    BalasHapus
  18. IDENYA BAGUS BANGET!! tentang toko yang jual barang-barang pemberian mantan hahahha ga pernah kepikiran. Dan kurasa bagus kalau benar-benar ada :D By the way cerita hidupku rada mirip yang punya Devan. hanya dalam masalah umur sih hehehe

    BalasHapus
  19. bagaimana rasanya punya mantan? saya sekalipun belum pernah pacaran.... :(

    BalasHapus
  20. Lucu banget baca toko yg menjual barang2 mantan. Coba ada beneran saya jg udh jual2in kali hihi. Ide2 ceritanya segar apalagi yg toko barang2 mantan. Jg yg jericho buat penasaran dan lagi2 ada cerita dari mbak christina juzwar :D

    BalasHapus
  21. Toko My Ex Boyfriend menerima kenangan pemberian mantan nggak ya? Mau di garage sale langsung deh biar bisa move on *eh? :D
    Tertarik banget sama cerita Illa dan Danang. Memang ya, kekerasan dalam pacaran tidak bisa dianggap remeh. Komnas perempuan juga menyoroti kasus ini, bahkan presentasenya tertinggi kedua setelah kekerasan terhadap istri. Waah, harus waspada kalau hubungan mulai nggak sehat kayak gini

    BalasHapus


  22. Am Mr Jad Kimi adalah reputasi yang sah pemberi pinjaman kredit yang baik. Kami adalah perusahaan yang dinamis Dengan Itu Kami Menyediakan dana bantuan keuangan kepada yang membutuhkan bantuan keuangan Individu, itu memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis Jad Kimi menggunakan media ini untuk menginformasikan Itu kami Memberikan bantuan penerima terpercaya akan senang untuk menawarkan pinjaman Silahkan hubungi kami melalui email: jadkimi@gmail.com

    Layanan mencakup; Refinancing, perbaikan rumah, kredit investasi, kredit mobil, konsolidasi utang, batas kredit, hipotek kedua, pinjaman usaha, pinjaman pribadi, kredit mobil, kredit mobil.

    BalasHapus
  23. nice novel, baca buku ini bkin baper yang paling nyentuh itu lukas. Sedih, pengen nangis deh..., terus semangat berkarya kakak...,!!!

    BalasHapus
  24. Hello Everybody,
    My name is Mrs Sharon Sim. I live in Singapore and i am a happy woman today? and i told my self that any lender that rescue my family from our poor situation, i will refer any person that is looking for loan to him, he gave me happiness to me and my family, i was in need of a loan of S$250,000.00 to start my life all over as i am a single mother with 3 kids I met this honest and GOD fearing man loan lender that help me with a loan of S$250,000.00 SG. Dollar, he is a GOD fearing man, if you are in need of loan and you will pay back the loan please contact him tell him that is Mrs Sharon, that refer you to him. contact Dr Purva Pius,via email:(urgentloan22@gmail.com) Thank you.

    BORROWERS APPLICATION DETAILS


    1. Name Of Applicant in Full:……..
    2. Telephone Numbers:……….
    3. Address and Location:…….
    4. Amount in request………..
    5. Repayment Period:………..
    6. Purpose Of Loan………….
    7. country…………………
    8. phone…………………..
    9. occupation………………
    10.age/sex…………………
    11.Monthly Income…………..
    12.Email……………..

    Regards.
    Managements
    Email Kindly Contact: urgentloan22@gmail.com

    BalasHapus