Sabtu, 21 Juni 2014

Blog Tour + GA People Like Us



“Jangan menang. Tolong. ... . Aku mohon, jangan menang. ..., jika kau menang, yang kalah bukan hanya dia; tapi kau juga. Jika kau menang, kau akan musnah. Jika kau kalah, kau akan musnah juga.” (hal. 271)
Penulis: Yosephine Monica
Penyunting: Tia Widiana
Proofreader: Dini Novita Sari
Desain cover: Angelina Setiani
Penerbit: Haru
Cetakan: Pertama, Juni 2014
Jumlah hal.: 330 halaman
ISBN: 978-602-7742-35-2

Review

“Kau benar-benar jatuh cinta. Dan apakah kau tahu kalau cinta membuat semua orang jadi tidak seperti dirinya sendiri? ... Ah, tapi namanya juga jatuh, pasti akan terasa sakit.” (hal. 114)

Dengan mengambil sudut pandang orang ketiga, penulis menyuguhi pembaca tentang kisah cinta dua orang remaja. Tokoh utama perempuannya, Amelia Collins yang disapa Amy, jatuh cinta pada Benjamin Miller (disapa Ben). Sayangnya cinta ini bertepuk sebelah tangan. Saat Ben mengetahui bahwa Amy menyukainya, ia malah menjauhi Amy.

Hingga suatu hari menyebarlah kabar itu, kabar bahwa Amy menderita Kanker Limfa –Limfoma-. Ini membuat banyak orang iba padanya. Begitu pun dengan Ben. Dengan terpaksa ia menyanggupi pakasaan Lana, sahabat Amy, untuk datang menjenguk Amy ke rumah sakit. Ben kemudian mengetahui bahwa Amelia Collins cukup terkenal di sekolah karena tulisan-tulisannya yang ia posting di blog. Amy menulis cerita dan mempostingnya di blog. Tidak sedikit yang mengeprint tulisan Amy dan menyebarluaskannya. Ben pun membaca tulisan-tulisan Amy.
 “Jika kau bisa berhenti membenci seseorang kau juga bisa berhenti menyukai seseorang. Itulah yang terjadi.” (hal. 220)
Ini menjadi momen awal Ben mau membuka diri untuk Amy. Tadinya ia membenci Amy yang selalu menguntitnya dan membuatnya tidak nyaman karena menjadi bahan pembicaraan di sekolah. Namun membaca tulisan-tulisan Amy membuat Ben teringat kembali pada impian yang sudah lama ia kubur. Impian untuk menjadi penulis. Berbagai hal yang terjadi dalam hidup Ben membuat dia menyerah mengejar mimpinya menjadi penulis.

Dan setelah mengenal Amy, ia pun menjadikan Amy sebagai mentornya dalam menulis. Ia mengunjungi Amy di rumah sakit untuk menyerap ilmu-ilmu menulis dari Amy. Ia juga berkonslutasi tentang naskah yang ia tulis. Dan selama proses tersebut Ben menemukan bahwa Amy tidak seperti yang ia duga. Amy malah menjadi sosok yang sangat memahami Ben.


“... . Adalah hak semua orang untuk bebas menyukai sesuatu. Benar, kan? Lagi pula aku tidak mau menghabiskan hidupku yang singkat ini dengan membenci.” (hal. 218)

Di lain pihak, Amy harus menghadapi banyak perubahan dalam hidupnya akibat Kanker yang ia derita. Ia berhenti sekolah dan hidup di rumah sakit. Kemoterapi membuat rambutnya rontok hingga botak. Ia juga melihat bagaimana keluarganya sangat merisaukan dirinya. Keluarganya bahkan jauh lebih takut menghadapi kemungkinan Amy kalah melawan kanker dari pada diri Amy sendiri.

Hingga akhir cerita percintaan dua remaja ini bukannya membuat  kita galau, malah menampilkan sikap yang dewasa dalam menghadapi masalah. Tentang pemahaman-pemahaman mereka tentang apa yang selama ini membuat mereka takut namun ternyata tidak semengerikan yang mereka duga.

Sejujurnya membaca novel ini saya jadi terpana. Saya bahkan lupa bahwa buku yang saya baca bukanlah karya terjemahan. Mengingat setting tempat yang dipilih penulis adalah kota Boston, maka membuat saya kadang lupa akan kenyataan bahwa ini karya anak dalam negeri. Saya harus mengakui karya ini bagus sekali. Meski Yosephine Monica masih berusia 17 tahun namun karyanya tidak cengeng. Fiuh, buku ini benar-benar melebihi espektasi saya. Sukses ya Yosephine Monica (^_^)9

Psst.. People Like Us adalah salah satu pemenang kontes menulis Haru tahun lalu, 100 Days of Romance. Wuih, keren yaaa (>_<)

Oiya, sekedar saran. Sebaiknya ucapan terima kasih penulis ditempatkan dibelakang. Ini agar karya itu benar-benar terasa sebagai sebuah autobiografi penulisnya. Seperti yang diharapkan dari cara penulis menutup cerita ini.


“Orang-orang hanya akan mengingat kesalahanmu atau hal buruk yang terjadi padamu dan menghitungnya dengan jari, sementara kebaikan yang kau perbuat akan dilupakan karena tak cukup banyak jari yang tersisa untu menghitungnya.” (hal. 231)

***
Cerita tentang Kanker di Indonesia

Membaca novel People Like Us ini membuat saya tertarik mencari tahu tentang kanker lebih jauh. Selama ini saya lebih mengenal kanker sebagai sesuatu yang hanya saya temui di novel atau di film. Alhmadulillah, tidak ada keluarga yang saya kenal yang menderita penyakit ini. Tapi, saya akhirnya tertarik googling berbagai hal tentang kanker.

Dan ini salah satu berita yang saya baca tentang kanker:
“Saat ini di dunia terdapat lebih dari 10 juta orang pasien menderita penyakit kanker. Ancaman kanker di Indonesia pun semakin meningkat, seiring dengan perubahan pola hidup masyarakat.
Menurut Organisasi Penanggulangan Kanker Dunia dan Badan Kesehatan Dunia, diperkirakan peningkatan kejadian kanker di dunia 300 persen pada 2030, dan mayoritas terjadi di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.
Dokter Walta Gautama, Kepala Diteksi Dini Kanker RS Kanker Dharmais, Jakarta, mengatakan saat ini terdapat satu pengidap kanker di Indonesia di antara 1.000 penduduk.”[1]

Ah, membaca berita ini saya menjadi bergidik. Kalau begitu kedepannya jumlah penderita akan terus bertambah? Lantas apa penyebabnya? Saya pun menemukan website yayasan kanker Indonesia. Dari sini saya memiliki pengetahuan dasar tentang kanker. Dan saya ingin mencoba membaginya di sini. Data-data berikut saya copy dari http://yayasankankerindonesia.org/

Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian.




Kalimat di atas menunjukkan permohonan Ben pada sel kanker yang ada di dalam tubuh Amy. Ben tahu betul bahwa saat itu sel-sel dalam tubuh Amy tengah berperang. Itulah sebabnya ia  menyebutkan tentang “menang” dan “kalah”
Kanker sering dikenal oleh masyarakat sebagai tumor, padahal tidak semua tumor adalah kanker. Tumor adalah segala benjolan tidak normal atau abnormal. Tumor dibagi dalam 2 golongan, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Kanker adalah istilah umum untuk semua jenis tumor ganas.

Ada 7 gejala yang perlu diperhatikan dan diperiksakan lebih lanjut ke dokter untuk memastikan ada atau tidaknya kanker, yaitu:
  1. Waktu buang air besar atau kecil ada perubahan kebiasaan atau gangguan.
  2. Alat pencernaan terganggu dan susah menelan.
  3. Suara serak atau batuk yang tak sembuh-sembuh
  4. Payudara atau di tempat lain ada benjolan (tumor).
  5. Andeng-andeng (tahi lalat) yang berubah sifatnya, menjadi semakin besar dan gatal.
  6. Darah atau lendir yang abnormal keluar dari tubuh
  7. Adanya koreng atau borok yang tak mau sembuh-sembuh.
Meskipun penyebab kanker secara pasti belum diketahui, setiap orang dapat melakukan upaya pencegahan dengan cara hidup sehat dan menghindari penyebab kanker:
  1. Mengenai makanan:
    • Mengurangi makanan berlemak yang berlebihan
    • Lebih banyak makan makanan berserat.
    • Lebih banyak makan sayur-sayuran berwarna serta buah-buahan, beberapa kali sehari
    • Lebih banyak makan makanan segar
    • Mengurangi makanan yang telah diawetkan atau disimpan terlalu lama
    • Membatasi minuman alkohol
  2. Hindari diri dari penyakit akibat hubungan seksual
  3. Hindari kebiasaan merokok. Bagi perokok: berhenti merokok.
  4. Upayakan kehidupan seimbang dan hindari stress
  5. Periksakan kesehatan secara berkala dan teratur

Jenis-jenis kanker

  • Kanker leher rahim (kanker serviks)
  • Kanker payudara
  • Penyakit Trofoblas ganas
  • Kanker kulit
  • Kanker nasofaring
  • Kanker paru
  • Kanker hati
  • Kanker kelenjar getah bening (Limfoma Malignum)
  • Kanker usus besar
  • Kanker darah (Leukemia)

Demikian informasi yang bisa saya bagi. Semoga ini bisa menjadi pengetahuan dasar kita tentang kanker. Semoga Informasi di atas bermanfaat ya. 

Sekarang waktunya Giveaway \(^_^)/ Oiya, Giveaway ini berhadiah 1 buku dari Penerbit Haru (acak/tidak bisa dipilih) dan 1 sampul kain dari  Emerald Green Label. (sampulnya lucu lho. Ngiri sama yang menang >_<).

Keren kan hadiahnya? Mau ikut Giveawaynya? Caranya gampang kok. Ikuti langkah di bawah ini:
  1. Follow twitter Penerbit Haru @penerbitharu dan saya (@atriasartika)
  2. Like facebook fanpage Penerbit Haru
  3. Follow blog ini via GFC atau Bloglovin’
  4. Promosikan Giveaway ini minimal satu kali via twitter dan jangan lupa mention @PenerbitHaru dan @atriasartika ya. Oiya, cukup satu tweet satu hari (^_^)
  5. Jawab pertanyaan ini di kolom komentar di bawah:
“1. Apa informasi tentang kanker di atas sudah kamu ketahui sebelumnya
2. Kalau kamu jadi teman Amy apa yang kamu lakukan untuk mendukungnya?
Jangan lupa, di bawah jawaban kamu tulis :
Nama, follow blog ini via apa, akun twitter, dan link share.

  1. Giveaway ini akan berlangsung dari tanggal 21 Juni27 Juni 2014
  2. Pemenang Giveway  ini akan diumukan tanggal paling lambat 3 hari setelah giveaway berakhir.
Oiya, selain hadiah di atas. Penerbit Haru juga mengadakan Giveaway Finale
Apa hadiahnya?
  • Paket buku Haru
  • iPad Cover People Like Us dari Emerald Green Label
  • Totte Bag dari Emerald Green Label
Caranya pun mudah saja, tinggal ikut seperti yang sudah ditulis berikut ini:
  1. Ikuti setiap postingan dari para peserta blog tour People Like Us
  2. Di setiap akhir postingan, akan ada sebuah huruf yang harus kamu simpan
  3. Huruf-huruf tersebut harus disusun menjadi KATA dan dirangkai dalam bentuk gambar
  4. Gambar rangkaian kata tersebut diposting di wall fanpage Haru dan sampaikan juga kesan-kesanmu selama periode blog tour People Like Us
Ini  huruf Finale di blog ini


Berikut ini daftar rekan blogger yang menjadi bagian blog tour People Like Us, termasuk jadwal posting:
Selamat berjuang . Semoga beruntung ya (^_^)9


 “Kadang kau tidak butuh petualangan di hutan yang mendebarkan atau perjalanan menuju belahan dunia lain untuk merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya. Kadang kau hanya perlu satu orang dan rasanya kau sudah bisa menggapai seluruh dunia dengannya.” (hal. 259)

43 komentar:

  1. 1. beberapa sudah tahu. tapi lebih banyak belumnya. jadi, makasih sudah memberi ilmu tambahan buat saya :)
    2. aku akan memberi Amy semangat dengan cara apapun, agar Amy tetap tegar dalam menjalani hidup dengan penyakitnya itu. lalu, membuat Amy senang, dan tidak menyalahkan penyakitnya ataupun tuhan.

    Nama : Farah Fahma
    via : GFC
    Email : farahfahma179@gmail.com
    Twitter : @FarrMaSi
    Link Share : https://twitter.com/FarrMaSi/status/480058985014247424

    BalasHapus
  2. 1. Belum sih, palingan tahu sebagian, ternyata banyak yaa jenis-jenis kanker. Semoga makin canggih ya pengobatan untuk kanker:(( terimakasih atas informasinyaa:D
    2. Kalau aku menjadi teman Amy aku akan selalu berdoa untuk kesembuhannya, mendukungnya, menguatkan serta menjaganya semampuku. Kalaupun di saat-saat terakhir, membantunya untuk melewati hari dengan suka cita :D kan semua ada di tangan Tuhan...

    Aida F. F | Follow via bloglovin | aiformaningrum@gmail.com | @aidafa29
    Link share: https://twitter.com/aidafa29/status/480111590071496705

    BalasHapus
  3. 1. Belum Kak. Aku hanya tahu yang umum-umum aja sih. Enggak sedetail yang Kakak jelaskan. Terima kasih informasinya. Benar-benar menambah pemahamanku tentang kanke :)

    2. Jika aku menjadi temannya Amy, aku akan selalu menyemangatinya. Kita boleh kasihan paanya, tapi enggak boleh menunjukkan rasa kasihan itu padanya. Karena sesungguhnya, mereka tidak membutuhkan rasa kasihan kita. Mereka lebih membutuhkan support dari kita agar bisa bertahan, dan melanjutkan kehidupannya. Aku juga akan meminta pada Allah agar mengurangi rasa sakit yang ditanggung oleh temanku. Dan, jika memang pergi adalah jalan yang telah ditakdirkan Allah untuknya, maka akan aku ciptakan kenangan indah di sisa waktunya bersamaku.

    Nama: Rin Agustia Nur Maulida
    Follow via : GFC
    Email : maulida.rin@gmai.com
    Twitter: @Rinchan34

    Link Share: https://twitter.com/RinChan34/status/480153408112820225

    BalasHapus
  4. 1. Banyak yang belum aku tahu sih dari informasi di atas. Paling yang aku tahu ada beberapa. Kayak jenis-jenis kanker dan pengertian kanker. Dapet tambahan ilmu deh adinya, hehehe :D.

    2. Kalo aku jadi temennya Amy dan buat ngedukung Amy, aku bakalan bacain Amy buku motivasi dan inspirasi yang bisa bikin Amy jadi orang yang kuat, aku bakalan selalu ada buat Amy, tetep semangatin Amy, bikin Amy happy dan lupa akan penyakitnya, yah walaupun hanya sesaat. Pokoknya apa aja bakalan aku lakuin buat ngedukung Amy. Biar Amy gak merasa sendiriran melawan penyakitnya.

    Nama : Diana Citra
    Follow via : Bloglovin (Diana Florentina)
    Twitter : @flodiana2
    Link share : https://twitter.com/flodiana2/status/480155562957488128

    BalasHapus
  5. 1. Apa informasi tentang kanker di atas sudah kamu ketahui sebelumnya
    = Untuk gejala - gejala nya aku baru tahu kak , untuk jenis - jenis nya aku sudah tahu lama , dan untuk upaya pencegahannya itu baru tahu setengah heheh Terima kasih kak sudah memberi informasi nya .

    2. Kalau kamu jadi teman Amy apa yang kamu lakukan untuk mendukungnya?
    = Aku pasti selalu ada di samping nya untuk terus memberi semangat , terus melakukan sesuatu yang buat Amy melupakan rasa sakit yang berperang di tubuh nya , dan yang pasti selalu berdoa .

    Nama : Adita Yulinda
    Follow via : GFC (Adita Yulinda)
    Twitter : @AditaYulG_
    Link share : https://twitter.com/AditaYulG_/status/480162190461112320

    Terima Kasih

    BalasHapus
  6. 1. sebagian besar aku sudah tahu tentang informasi di atas,karena waktu di SMA sudah di jelaskan oleh bapak/ibu guru waktu pelajaran biologi. tetapi terima kasih karena sekarang aku lebih mengerti tentang penyakit kanker :-)
    2. memberi support moril kepada Ami, tidak menunjukkan kesedihan saat berada di hadapannya dan yang lebih penting mendo'akannya agar di beri jalan yang terbaik untuk Ami

    Nama : Muhsinatud Diyanah
    Follow via : GFC ( muhsinatud diyanah) G+ (diyanarkyu@gmail.com)
    Twitter : @diyan402
    Link share : https://twitter.com/diyan402/status/480170192756940800

    danke :D wish me luck amin O:-)

    BalasHapus
  7. 1.Cuman gejala nya aja yg Baru tau dari info tadi
    2 . Kalo aku jd temennya Aku jd temennya aku akan bersikap biasa saja seperti biasanya , kemuadian aku tidak akan menawari apapun termasuk bantun sebelum dia sendiri yg meminta hal ini aku lakukan agar dia gk merasa dikasihani dan menurutku jika dia merasa mampu secara tdk sadar dia akan memotivasi dirinya untuk kuat.Aku tdk ingin menawarinya apapun tp aku ingin mengabulkan apapun yg diinginkannya . Selain itu aku juga ingin mengajak Amy ketempat anak" penderita penyakit yg sama dg Amy, Tujuannya adalah agar Amy bisa menceritakan apa yg tdk bisa ia ceritakan kepada org lain kecuali sesama penderita penyakit ini karena Aku yakin sesama penderita akan bisa jauh lebih mengerti perasaan satu sama lain Sehingga mereka akan saling Memotivasi. Dan Yang paling penting Aku akan mendukung apapun yg dilakukan Amy asal itu tidak membahayakan jiwanya . Tidak lupa aku juga akan selalu Berdoa agar Tuhan Akan memberikan yg terbaik bagi Amy.

    Nama : Arum Okta Sukarta
    Follow blog lewat Bloglovin dengan akun www.bloglovin.com/aquharum
    Twitter : @okta_s3233pm
    Link share : https://mobile.twitter.com/Okta_S3233PM/status/480170811161317376?p=v

    BalasHapus
  8. 1. Aku belum tau kak
    2. Sebenernya aku sendiri ngga pinter buat nyemmangatin orang sakit, tapi mungkin aku berusaha untuk selalu ada buat dia, kaya jadi perawatnya gitu, tapi sekaligus jadi temannya. Sewaktu-waktu mungkin lelah, tapi tetep djalanin. Terus, kalo dia mulai ngeluh sama penyakitnya, aku berusaha untuk nenagin dia, kasih semangat untuk hidup dia. Dan ngga lupa berdoa buat dia.

    Nama : Arfina Tiara Dewi
    Fol blog : Arfina Tiara
    Twitter : @ipinkaramel
    link share : https://twitter.com/IpinKaramel/status/480181794826747904

    BalasHapus
  9. 1. Yah, ada sebagian yg tahu. Tapi ada beberapa yg belum tahu.
    2. Aku sudah terbiasa menyemangati sahabatku sihh, tapi dia nggak sakit. Tetapi kalau dia ada masalah, aku dengan senang hati membantunya. Misal, jika sahabatku itu orang yang sakit sejak lahir seperti Amy, aku akan menyemangatinya dengan segenap hatiku, agar dia tidak terlalu menyesali hidupnya. Dan juga dengan berdoa, semoga ia diberi umur yang panjang. Jika umurnya tidak bertahan lama lagi atau tinggal menghitung hari, maka aku akan selalu menjaganya sampai akhir hayatnya dengan mendoakan semoga ia diterima di sisi-Nya
    Terimakasih GAnya ya...
    Aku dimenangin ya... please pick me :) ( ih maksa amat )

    Nama: Adinda Putri Citradewi
    Follow: GFC
    Twitter: @Adindaputri29D
    Link share : https://twitter.com/Adindaputri29D/status/480183032024809472

    BalasHapus
  10. Jawabannya
    1. Sebenernya kanker yang aku ketahui sebelumnya yaitu kanker paru-paru. Kanker paru paru terjadi karena seseorabg merokok tetapi seseorang yang merokok juga bisa terjadi kanker paru-paru tersebut. Mengapa karena seorang yang tidan perokok akan terhisap karbon monoksida dari asap yang dikeluarkab oleh perokok
    2.Misalnya aku jadi amy, aku akan menyemangatinya dengan membuatnya semangat untuk berjuang melawan penyakitnya itu :D

    Nama : Vira Natasyah
    Follow : GFC
    Twitter : @vira_natasyah
    Link share : https://mobile.twitter.com/Vira_Natasyah/status/480188202561437696

    BalasHapus
  11. Haihai kak:)))

    1. Beberapa sudah tau. Tapi, terimakasih banyak sudah membagi ilmunya kepadaku, jadi lebih tau deh nama2 sel kanker.

    2. tentunya, menyemangati dong. sebagai sahabat dekat, Amy pasti butuh bangt semnagat dari orang terdekat. dan juga berikan motivasi agar tidak terpuruk pada keadaan. berusaha menghibur, dan berikanlah usaha kita agar dia selalu tersenyum. dan juga, doakan semoga lekas sembuh :')

    Nama: Isna Farhatina
    Follow: GFC
    ID twitter: @isfrh
    Link share: https://twitter.com/Isfrh/status/480211014298779648

    BalasHapus
  12. Hello ^^

    1. Informasi tentang kanker dalam postingan ini sama sekali belum kuketahui karena aku memang tidak mengikuti dan tidak tertarik dengan dunia kedokteran seperti itu. TAPI aku sangat berterima kasih atas informasi yang telah diberikan, aku jadi tahu seluk beluk mengenai kanker. :)

    2. Kalau kamu jadi teman Amy, aku tidak akan meninggalkannya. Aku akan selalu mendukung, menemani, dan menghibur sebisaku supaya dia bisa tersenyum dan syukur2 bisa tertawa riang dan sejenak melupakan penyakitanya. Aku akan terus memberikan semangat dan tidak ada kata lelah dalam kamusku. Juga tidak lupa untuk mendoakannya setiap saat dan berharap akan ada keajaiban sehigga Amy bisa sembuh total dari penyakitnya.

    Nama: Phelina Felim
    Follow blog via Blogger/e-mail
    Twitter: @phelinafelim
    Link Share: https://twitter.com/phelinafelim/status/480221312170741760

    BalasHapus
  13. 1. Klo tentang gejala" kanker aku blom tau tapi klo jenis" kanker aku udah pernah dengar soalnya suami sodaraku juga mengidap kanker darah (Leukemia). Oiya kak, katanya salah satu penyebab kanker juga karna keturunan, benar kah??

    2. Klo aku jadi teman Amy, aku akan slalu memberinya semangat untuk menghadapi penyakitnya agar dia tetap menjalani hari"nya dgn baik, slalu berada disampingnya saat dia membutuhkan teman untuk bicara & berbagi, tidak mengasihaninya karna hal itu akan membuatnya lemah dan slalu mendukungnya dalam hal" positif^^

    Nama : Ana Rosdiana
    Twitter : @Ana_On3
    Follow blog via
    GFC : Ana Anaa
    Bloglovin : Ana Rosdiana
    Link share
    https://twitter.com/Ana_On3/status/480222189791105024

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum :3
    seperti biasa, sudah banyak yg ikutan, waks :3
    saya juga mau ikutan dong... kita kan setanah air harus saling membimbing :3 wkwk #apaini

    Bismillah :3
    Pertanyaan:
    1. Apa informasi tentang kanker di atas sudah kamu ketahui sebelumnya
    2. Kalau kamu jadi teman Amy apa yang kamu lakukan untuk mendukungnya?”

    Jawab:
    1. sebagian besar sudah, cuma gejalanya yg ga terlalu inget, gara2 baca lg jadi inget Om ku yg blg pernah operasi katanya tahi lalatnya membesar dan jadi gatal. waduh itu berarti termasuk gejala kanker. untung Omku segera operasi. ya gara2 info yg mbak ungkapkan saya jadi nginget2 lagi deh moga setelah ini ga lupa :3 dan, rajin bgt sih ampe mau lgsg nyari gt? XD
    2. saya bakal cari cara nyembuhin kanker :3 lewat internet, lewat mantan pengidap kanker, dr berbagai sumber. setelah tahu, saya bakal ngasi tau Amy segala macemnya. saya ga mau nunjukin keputusasaan saya kalo kondisi Amy gak membaik. saya bakal terus memotovasi dan sebisa mungkin ga keliatan sedih didepannya. setidaknya kalo dunia terlihat suram, ada satu hal yg memperlihatkan padanya kalo "Amy ga punya penyakit apapa". dan saya bakal ngasih tau keluarganya untuk ga nunjukin rasa sedih mereka. sebagai temen pastinya saya uda deket ama keluarga Amy. saya bakal berusaha yg terbaik agar ga cepet2 kehilangan temen. tp kalopun temen saya harus saya pasrahkan, setidaknya dia tau kalo dia selalu punya saya :) tamat :P hehehe

    Nama: Ade Aprilia Puspayanti
    follow blog via: Bloglovin dan GFC
    nama akun follow blog: Ade Phia / adephia119@gmail.com
    Twitter: @Dephiil119
    Link share: https://twitter.com/Dephiil119/status/480239239074820096

    BalasHapus
  15. 1. Udah tau kak tp gak semuanya. Ttg pengertian kanker, kanker adalah tumor ganas dan beberapa jenis kanker sama pencegahannya udh pernah baca. Tapi kalau gejala-gejala kanker aku baru tau ini. Gejalanya 1 smpai 7 udh dibaca bt tambahan ilmu. Untuk informasi yg kakak bagi aku ucapin makasih, mngkin suatu saat akan brguna :'))
    2. Yang pasti aku akan mendukungnya sebisa ku. Terinspirasi dari teman-teman Keke di Surat Kecil Untuk Tuhan, aku juga akan mendukung Amy sprti teman-teman Keke mendukung Keke. Aku akan menjaga Amy, lebih memperhatikan Amy dan tetap berusaha memperlakukan Amy sprti biasanya agar Amy tdk merasa dikasihani. Tdk lupa untuk trus memotivasi Amy agar dia trs berusaha melawan penyakitnya bukan malah pasrah menyerah dan menyalahkan keadaan. Untuk hasilnya kita serahkan saja pada Tuhan. Selain itu mungkin aku akan mendukung Amy dengan membantunya lbh dekat dgn Ben.

    Nama: Dinar Arisandy
    Follow via: GFC (Dinar Arisandy)
    Twitter: @Dinar_Arisandy
    Link share:
    https://twitter.com/Dinar_Arisandy/status/480258101128347648

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. 1. Belum cukup tahu. Kalau gejala-gejalanya sudah cukup tahu dari novel sicklit dan film. Infonya sangat bermanfaat kak.
    2. Aku akan membuat mood Amy tetap bagus. Setidaknya ia bisa sedikit tersenyum walaupun keadaannya sedang tidak baik. Selain itu memotivasinya untuk tetap berjuang melawan penyakitnya.

    Nama: Siti Maryam
    Follow via bloglovin (Siti Maryam)
    Twitter: @aii_SM
    Link share: https://twitter.com/aii_SM/status/480273070939074560

    BalasHapus
  18. Aduh, aku lupa kasi biodataku >< aku ulang yah. Maap :3

    1. Tahun lalu, sekolahku juga pernah ada lomba PKTP (Perlindungan Kanker Terpadu Paripurna) yang waktu itu di adakan se-kota Denpasar Bali. Banyak sekali petugas dari puskesmas yang memberikan penyuluhan kepada murid-murid.
    Dengan begitu, pengetahuanku tentang kanker juga bertambah. Kalau tidak salah, breast cancer (kanker payudara) menempati urutan pertama untuk kategori jenis kanker yang paling sering menyerang penduduk Indonesia. Lalu disusul dengan kanker serviks dan kanker paru.
    Pada tahun 2011 di Kanada, juga ada kasus, dimana gadis cilik berumur 3 tahun, diangkat payudaranya. Karena terkena kanker payudara. Tak hanya perempuan, laki-laki ternyata juga bisa terkena kanker payudara. Hanya saja, kemungkinannya lebih kecil.
    Yang masih aku ingat sekali dalam penyuluhan tahun lalu itu, adalah kita bisa memeriksa payudara sendiri. Atau biasa kita singkat SADARI (periksa payudara sendiri). Kalau untuk bagaimana cara yang baik melakukan SADARI, bisa dicari di google. Karena rasanya gak enak kalau aku yang menjelaskan. Hehe. Segitu aja yanng aku bisa kasi tau. Sebenarnya masih ada banyak rangkuman tentang kanker yang tersimpan di buku catatanku. Tapi takut kepanjangan.
    2. Kalau aku jadi teman Amy, aku bakal berusaha membuat dia tersenyum. Meski aku tahu, dia tak sebahagia saat tidak mengidap kanker. Obat yang paling ampuh adalah suasana hati. Aku akan berusaha membuat Amy bahagia semampuku. Karena aku bukan dokter atau ahli dalam penyakit, aku tak bisa membantu penyembuhan Amy. Tapi mungkin aku bisa menjadi penyembuh terbaik dalam hati Amy. Entah bagaimana pun hasilnya, aku sudah berusaha.
    Thankies:)

    Nama: Fransiska Olivia
    Follow blog via: GFC (Siska Oli)
    twitter: @FSiskaaa_
    Link share: https://twitter.com/FSiskaaa_/status/480270173190909952

    BalasHapus
  19. 1. sudah pernah kecuali yang no.3 (trofoblas ganas),. saya pernah membuat cerpen tentang tokoh yang terkena kanker payudara, serviks, paru-paru dan hati (beda cerpen), jadi riset dulu hehe..
    2. saya akan berteman baik seperti biasanya dalam artian tidak mendiskriminasi dia dengan sikap iba atau mengasihani berlebihan. dukung setiap niat baiknya atau rencana positifnya dalam hidup, bantu sebisanya. dan tentunya jangan lupa doakan untuk kesembuhannya, atau kalaupun umurnya benar ditakdirkan pendek, semoga kebahagiaan didapat di dunia maupun di akhirat kelak. bukankah teman harus saling mendoakan?

    Nama : Melani Ika Savitri
    Follow Blog : GFC (Lani Vitri)
    Twitter : @aii_vitri
    link share : https://twitter.com/aii_vitri/status/480289791469027328

    salam kenal :)

    BalasHapus
  20. Jawaban :
    1. saya sdh tw ttg kanker, krn mmg sy kuliah d jurusan kesehatan. Banyak faktor yg dpt menyebabkan kanker, bs keturunan, pola hidup kurang bnr dan lainnya.
    2. sy blm prnh mmiliki tmn yg memiliki kanker ganas. Jk sy sbg tmn Amy, maka sy akn berusaha memberikannya dukungan scr psikologis. Krn dlm kesehatan, psikologis salah 1 hal pnting yg hrs dperhatikan. Jk kanker tsb dpt diobati, maka ia hrs menjalani penyembuhan sgr tnpa menundanya, krn penyakit kanker memiliki stadium. Sbg tmn, sy akn mendukungnya utk melakukan kgiatan sehari-hari, agr ia dpt mengakhiri hidupnya dg berkualitas, tdk hanya pasrah merenungi penyakitnya. Sy prnh nnton film ‘my sister keeper’, dsna dgambarkan bgmn seorg pnderita kanker leukemia menjalani hidupnya yg tak kan bertahan lama.

    nama : nuriyanni R
    follow : lwt blog http://nuriyanni.blogspot.com/
    twitter : @RianiJauzaa
    link : https://twitter.com/RianiJauzaa/status/480298227741097984

    BalasHapus
  21. 1. Sudah tau sih, tapi cuma beberapa dari yang dikasih tau diatas. Gara-gara waktu pelajaran Biologi dikasih tugas nyari jenis-jenis kanker dan perbedaannya dengan tumor. Kan kalo ngumpul tugas dibaca dulu, nanti kalo ditanya-tanya gak tau apa-apa kan jadi salah juga, hehehe :D

    2. Aku gak bakal beda-bedain, justru karena tau kondisinya gitu aku bakal beri perhatian yang lebih ke dia. Tapi jangan terlalu menunjukkan kaya "rasa kasihan" gitu, nanti gak enak di dianya jyga. Nanti kalo dia merasa terus dia ngerasa gak enakan kan jadi salah juga. Sebenernya kan aku orangnya jail, dan kalo aku sampe tau Amy suka sama Ben, siapa tau nanti aku mainin dia sama Ben, tapi liat sikon pastinya, wkwkwk :v

    Nama: Dewi Triantini
    Follow blog via: GFC (Dewi Triantini)
    Twitter: @DewiTriantini
    Link share: https://twitter.com/DewiTriantini/status/480304112169271297

    *wish me luck Yaa Allah O:) ^^

    BalasHapus
  22. 1. Udah tau,tapi infonya bagus kok =) kanker itu unik, yang paling penting harus happy. buah naga bagus untuk kanker karena zat kimia,kalau kanker karena hormon, bisa evening primrose oil atau Andrographis paniculata (ini dua2nya bisa bikin abortus kalo yg lagi hamil).

    2.Terus support Amy,tapi tidak membuat terbebani dengan penyakitnya. Bikin dia happy dan tenang.Bikinin makanan/minuman sehat buat dia, ajak yoga bareng, apapun.walaupun kanker ganas, kita tetap harus berdoa dan berusaha semaksimal mungkin =)

    Nama : Fransisca Susanti
    GFC : santi.wiryawan@gmail.com
    Email : siscawiryawan@ymail.com
    Twitter : @siscacook
    Link Share : https://twitter.com/siscacook/status/480315388404563969

    BalasHapus
  23. 1. Apa informasi tentang kanker di atas sudah kamu ketahui sebelumnya?
    Sebagian besar sudah aku ketahui waktu belajar Biologi pas SMA :D Tapi, udah banyak yang lupa hehehe

    2. Kalau kamu jadi teman Amy apa yang kamu lakukan untuk mendukungnya?
    Yang pasti, aku tidak memperlihatkan rasa kasihanku padanya walau sesungguhnya aku pasti sangat mengasihaninnya. Ajak dia jalan-jalan ringan kalau dia masih kuat untuk jalan. Lakukan aktivitas seperti biasa, tapi aktivitas yang tidak terlalu berat. Ingatkan dia untuk beristirahat dan beri kekuatan dan keyakinan bahwa dia bisa sembuh, walaupun hal itu sangat kecil kemungkinannya.

    Nama: Dian Maharani
    Follow via Bloglovin & GFC: Dian Maharani
    Akun Twitter: @realdianmrani93
    Link Share: https://twitter.com/realdianmrani93/status/480342864551870464
    Wish me luck o:)

    BalasHapus
  24. 1. Informasi soal kanker yang saya tahu? Hmm... mungkin pengertian kanker, beda tumor dan kanker, serta beberapa jenis kanker yang disebutkan. Sisanya jadi pengetahuan baru :D.

    2. Kalau saya jadi teman Amy, saya tentunya akan tetap berteman dengannya, sebisa mungkin datang berkunjung, dan berinteraksi seperti biasa. Kalau bisa sih tidak membuat dia merasa dikasihani.

    Biondy
    @biondyalfian
    share Twitter: https://twitter.com/biondyalfian/status/480412992282972160

    BalasHapus
  25. 1. Informasi kankernya baru tahu. Terutama gejala dan jenisnya. yang saya tau gejalanya cuma benjolan. Tapi di atas dijelaskan gejala yang lain dan mengerikan sekali. Untuk jenis-jenisnya, yang setau saya hanya kanker rahim, kanker payu dara. Yang lainnya baru tau.

    2. Pertama, mendoakan agar Amy sabar menghadapi penyakitnya. Kedua, tetap berteman dan membesarkan hatinya kalau saya pun akan selalu ada saat ia terpuruk dan tetap menjadi sahabat yang peduli. Ketiga, merekam kuat jejak perjuangannya melawan kanker dan menyebarkannya agar memberikan motivasi buat penderita kanker yang lain melalui buku. Keempat, bersama-sama mewujudkan keinginannya yang belum terpenuhi. Saya yakin Amy ingin melakukan apa yang menjadi keinginannya sebelum hal paling buruk menimpanya.

    Nama: Hapudin
    Twitter: @adindilla
    https://twitter.com/adindilla/status/480470587710509056

    BalasHapus
  26. 1. Sebagian besar sudah karena ada di salah satu mata kuliah. ^^
    2. Mengajak Amy menjalani hidup seperti biasa, seolah-olah tidak ada apa-apa. Dengan begitu, Amy akan merasa dia tidak berbeda, tidak sakit. Walaupun Amy di rumah sakit, saya gak akan memperlihatkan rasa iba supaya Amy merasa penyakitnya hanya penyakit biasa - seperti maag kronik, gejala tifus, dbd, yang kemungkinan sembuhnya besar - yang hanya perlu istirahat di rumah sakit.

    Afifah Mazaya
    follow via GFC
    @FifNoor https://twitter.com/FifNoor/status/480533887936757761

    BalasHapus
  27. 1. Apa informasi tentang kanker di atas sudah kamu ketahui sebelumnya?
    2. Kalau kamu jadi teman Amy apa yang kamu lakukan untuk mendukungnya?


    Jawab : 1. Hm.. hanya beberapa doang sih, ngga sebanyak yang kaka kasih informasi itu :D
    2. Aku akan lakukan selalu mengingatkan lawan penyakit itu, akan selalu bilang jangan mudah menyerah, banyak-banyak bersyukur, menyemangati Amy dalam menjalani hidup, jangan suka mengeluh dan selalu berdo'a meminta kesembuhan penyakit kanker.

    Nama : Aubrey Biancanitta
    Twitter : @biancanitta

    BalasHapus
  28. Mostly known. Beberapa tambahan informasi dari " 7 gejala yang perlu diperhatikan dan diperiksakan lebih lanjut ke dokter " :)) thankyou buat info tambahannya :))

    Kalo aku jadi temennya Amy, aku akan ngelakuin hal-hal yang sebisa mungkin bikin dia seneng. Mulai dari ndeketin dia sama org yang dia sukai, ngebuat mereka kencan romantis, ngerayain ultah bareng orang-orang tercinta plus temen-temen dan gebetan. trus, apalagi ya? Mmm.. aku juga mau bikin kehidupan dia yang berwarna. Hangout, wisata, ikut sosialisasi, dan Memperbanyak Foto Kenangan :) Dan tentunya aku harus bisa ngerawat dia disaat dia lagi kumat atau stabil. Menjaga makanannya, penampilannya (apalagi pas keluar bareng sama temen), dan siap menjadi tempat curhatnya. Dan aku akan belajar untuk memotivasi agar bisa menyemangati dia.
    Oia, satu hal yang harus kutanamkan terlebih dahulu. Sebuah pikiran tentang "Aku harus lebih tegar dari Amy. Aku akan mengalami hari yang berat kali ini. Melihat senyumnya, sakitnya, juga melihatnya pergi. Untuk selamanya. Aku harus mengembangkan senyum. Semuanya akan baik-baik saja. Semuanya akan berjalan dengan sangat lancar. Aku harus kuat. Aku harus tegar. Gak boleh memperlihatkan kesedihan. Gak boleh. Itu akan membuatnya risih dan semakin down. Anggap dia adalah anak kecil. Yang harus diajak main agar ia ceria tapi juga harus diperhatikan keselamatan dan pertumbuhannya. Semua obatnya adalah suplemen. Suplemen itu harus diminum untuk pertumbuhannya kan? Iya, seperti itu. Aku harus kuat. Aku harus tegar. Senyuuum :)) "
    Daaan ayo kita mulai :))
    *kurang lebih seperti itu yang akan kulakukan*

    Siti Muthma'innah | @iindetya | via GFC : iindetya | https://twitter.com/iindetya/status/480570381737017344

    BalasHapus
    Balasan
    1. GFC nya aku ganti jadi Siti Muthma'innah yaa.. PP nya animasi penari gandrung :))

      Hapus
  29. ikutan ya... udah share di https://twitter.com/chi_yennesy/status/480575602433339394
    @chi_yennesy
    Yang aku tau, kanker itu mematikan, hanya saja deteksi dini pada kanker akan membantu menyelamatkan pasien. Dari kejadian yang pernah aku lihat, jika masih stadium awal, kemungkinan sembuhnya lebih besar. Dan penyebab utama kanker dari gaya hidup, baik itu pola makan/pola hidup yang tak sehat.
    2. Amy, aku memang gak megalami sendiri ujian yang kamu alami. Mudah bagi aku buat bilang, ''Amy yang kuat dan sabar ya''..karena aku gak diposisi kamu. Amy, kemari lah, sambil ku peluk ia, lalu bilang, aku akan selalu menemanimu. Ku rasa itu yang paling ia butuhkan.

    BalasHapus
  30. nama : Lita A.P
    link share : https://twitter.com/Litaa_FAN/status/480847223102509056
    follow lewat GFC : Lita A.P
    twitter : @Litaa_FAN

    1. Belum .. Dan berguna sekali .. karna aku punya tahi lalat dan informasi di atas juga berguna untuk semua orang ga cuma cewek doang..
    dan ternyata banyak banget jenisnyaa sehingga pencegahan bisa dilakukan..
    2. Peluk dan selalu mendampingi dia .. membuktikan kalau kita itu ada di saat suka dan duka.. Lalu aku juga tidak menganggap dia sebagai orang sakit karna mungkin Amy sakit hati .. Jadi aku akan perlakukan seperti orang biasa.. Walaupun aku memberi support atau perhatian lebih ..

    BalasHapus
  31. 1. Apa informasi tentang kanker di atas sudah kamu ketahui sebelumnya ?
    Tidak semuanya kak , walaupun aku sering baca di media tentang kanker tapi ga pernah sedetail ini :D tapi ada satu kanker yang aku telusuri lebih dalam yaitu tentang kanker otak . Alu mencari tahu soalnya aku dulu sering merasakan sakit kepala terus menerus oleh karena itu aku takut jadi aku berusaha untuk mengetahui apa itu kanker otak itu sebenarnya serta penyebabnya . Dan terima kasih telah mau berbagi tentang kanker kak :)
    2. Kalau kamu jadi teman Amy apa yang kamu lakukan untuk mendukungnya?”
    Aku akan terus mensupport support dan mensupport ! Memebrikan motivasi serta memberikan harapan bahwa orang yang punya kanker bisa sembuh ! Terus berbagi , membuat ia senang dan tertawa .. Meneceritakan cerita , apengalaman serta terus berdoa supaya ia diberi jalan untuk sehat kembali ..


    Nama : sandra febry adriani
    Follow Via : GFC
    Twitter : @sandra129499
    Linkshare :https://mobile.twitter.com/SandRa129499OS/status/480993996915752961?p=v

    Semoga Menag ;)

    BalasHapus
  32. 1. bebrapa sudah tahu, tapi beberapa baru tahu dari informasi kakak

    2. karena saya cuma seorang teman, sebisa mungkin saya akan membuat amy nggak merasa sendirian.

    Nama : Ayun Susanti
    follow via : GFC (Choi Yuna)
    twitter : @yunay1107
    link share : https://twitter.com/yunay1107/status/480999251091009536

    BalasHapus
  33. 1. Aku sering mendengar tentang kanker, tapi baru beberapa saja yg aku tahu seperti kanker darah (leukimia), kanker otak dan kanker payudara. Setelah baca postingan ini saya tahu ternyata banyak jenis-jenis dari kanker sekaligus cara pencegahannya.

    2. Pertama, aku akan kasih dia support untuk terus berjuang melawan penyakitnya tersebut. Mendoakannya agar amy cepat sembuh dari kanker-nya. Selalu mencoba untuk berada disamping amy kapanpun dan dimanapun. Menjadi pendengar yang baik bagi dia mencurahkan apa yg ada dihati dan pikirannya. Mencoba untuk tidak membeda-bedakannya dengan orang lain dan menganggap dia sama seperti orang sehat lainnya. Membantu mewujudkan apa yg ia inginkan di akhir sisa hidupnya agaria tak merasa putus asa. Dan terakhir, jika pada akhirnya amy 'kalah' dari penyakitnya itu, aku akan mencoba merelakan ia pergi dengan tenang :')


    Nama: Anas Tasya Sekartaji
    Twitter: @tsekaartajii
    Link share: https://mobile.twitter.com/tsekaartajii/status/480506564500291584
    Follow blog lewat GFC :)

    BalasHapus
  34. 1. Udah sih kak, kebanyakan aku tahu karena aku memang suka googling.. hehe
    2. Kalau aku jadi temennya Amy, aku bakalan doain dia terus, bukan untuk kesembuhannya tapi untuk yang terbaik baginya. Karena kanker itu sulit disembuhkan, apalagi setelah pasien menjalani kemo yang malah bikin putus asa si penderita. Jadi lebih baik aku akan doakan Amy, meminta Tuhan memberikan yang terbaik untuk Amy. Meskipun bukan dalam bentuk kesembuhan tapi ada banyak hal baik yang bisa Amy dapatkan selama sisa hidupnya jika Tuhan memberikan. Dan yang pasti aku juga bakalan support Amy terus, menumbuhkan harapan-harapan yang setidaknya memberikan semangat hidup yang lebih lama untuk Amy.

    Nama : Windy Agustin
    Twitter : @windyagustin8
    Link Share : https://twitter.com/windyagustin8/status/481281130708996098
    Follow blog lewat Bloglovin : Windy Agustin

    BalasHapus
  35. 1. Belum pernah, yah, saya masih awam tentang hal-hal beginian. Lewat ulasan Kakak tentang kanker, seenggaknya saya sedikit tahu tentang penyakit itu.
    2. Apa yang bisa dilakukan seseorang untuk temannya yang sedang sekarat? Tentu aja menemaninya terus, dan berdoa.

    Nama : Lin Ulfah Minnati
    Twitter : @eubbbeeeee
    Follow blog via GFC : Pa'ul
    Link share : https://twitter.com/eubbbeeeee/status/481283167668559872

    BalasHapus
  36. Nama: Dea Widyaastuti
    Twitter: @dea_widya834
    Email: deawidyaastuti@gmail.com
    Link share: https://mobile.twitter.com/dea_widya834/status/481007151792783360?p=v
    Salam kenal Kak, ikutan GAnya ya.
    1. Aku sudah tahu informasi diatas sebelumnya, seingetku guru biologiku sering bahas tentang kanker2 gitu waktu pelajaran, kurang lebih hampir sama dengan info diatas, walaupun tidak sedetail itu. Jadi, terima kasih kakak atas infonya, karena pengetahuankutentang kanker jadi tambah dan aku akan lebih waspada sama KANKER.
    2. Kalau aku jadi temannya Amy, aku akan melakukan beberapa hal untuk mendukungnya. Pertama, selalu ada disampingnya dan selalu menghiburnya. Menjadi orang pertama yang Amy lihat saat membuka mata dan menjadi yang terakhir yang ia lihat saat menutup mata. Kedua, memenuhi keinginannya sesuai dengan kemampuanku. Seperti Lana yang bersikeras mengajak Ben untuk menjenguk Amy, karena dengan kedatangan Ben mungkin kondisiAmy akan membaik. Ketiga, tidak menunjukkan rasa kasihan dan iba, serta tak menganggapnya lemah. Menunjukkan perhatian padanya sewajarnya saja dan meyakinkannya bahwa ia masih bisa sembuh, serta selalu membesarkan hatinya agar iatetap semangat menjalani hidupnya. Dan yang terpenting, ikut merasakan apa yang ia rasakan, dengan begitu kita lebih memahaminya dan sedikit banyak mengurangi penderitaannya. Keempat, selalu tersenyum dan membawa keceriaan untuknya. Karena senyum ceria itu pasti akan memancarkan aura positif sehingga membuatnya nyaman bersama kita. Kelima, selalu berdoa untuk kesembuhannya, karena penyakit asalnya dari Allah dan Dialah yang Maha Menyembuhkan.
    Nice review kakak, moga blog tournya sukses dan kapan2 diadakan lagi. Terima kasih kakak karena sudah menjadi perantara buatku untuk mengikuti GA dari penerbit Haru.
    Follow via GFC

    BalasHapus
  37. jawab:
    1.kalau kanker belum semuanya tau sih, msalahnya jenisnya kan ya banyak juga . hehe..
    2. kalau jadi temennya amy,,
    nggak nangis di depannya dan sedih didepannya,,,
    mereka pasti uda punya semangat yg lebih gede dari yang kita punya,, yang kita lakukan hanya mendukungnya,, pas dia lagi down jangan ikut nangis di depannya, dan yang jelas aku nggak akan bilang aku memahaminya dan sejenisny,, karena bagaimanpun juga kita nggak merasakan apa yang amy rasakan. cz nggak menutup kemungkinan dia bakal marah ma aku.
    aku hanya akan menganggapnya sepeti orang yang sehat lainnya.

    nama: ana indriyani
    tw: @anaindriyani
    email : ai_ana@ymail.com
    link : https://twitter.com/Anaindriyani/status/481521629592166400
    follow by : blog Ana Indriyani (komunitasanaknyasar.blogspot.com)

    BalasHapus
  38. 1. Apa informasi tentang kanker di atas sudah kamu ketahui sebelumnya
    Sebagian besar aku sudah tahu, tapi untuk gejala-gelaja kanker yang disebutin di atas aku masih belum tau jadi makasih banget kak, udah ngebagi info penting diatas, jadi sekarang bisaberhati-hati denga pola makan dan pola hidupku dan juga dengan info diatas aku bisa membaginya lagi ke teman dan keluargaku supaya mereka menjadi lebih waspada :D

    2. Kalau kamu jadi teman Amy apa yang kamu lakukan untuk mendukungnya?
    Aku akan selalu menyemangatinya dan membuat dia bahagia. Karena hati yang gembira adalah obat yang manjur. Dan aku akan selalu menemani dan siap sedia setiap waktu ketika dia membutuhkanku. Aku juga akan selalu menemani dia mewujudkan harapan-harapannya yang belum terwujud di waktu yang sedikit itu.

    Nama : Noelade Ratri Hananugraha
    Follow blog via GFC : Noelade Ratri Hananugraha
    Akun Twitter : @NoeladeRatr
    Link Share : https://twitter.com/NoeladeRatr/status/481600964856922112

    BalasHapus
  39. 1. Apa informasi tentang kanker di atas sudah kamu ketahui sebelumnya
    Ada beberapa yg blm aku tau, tapi kebanyakan blum tau… :D makasi untuk infonya… sangat bermanfaat…
    2. Kalau kamu jadi teman Amy apa yang kamu lakukan untuk mendukungnya?
    Memberinya semangat setiap hari, menguatkannya bahwa ia pasti bisa melewati semuanya… aku akan berusaha semampuku menjaganya, menemaninya, selalu memberinya kekuatan dan berdoa untuk kesembuhannya…

    Nama : Ayu Arista
    follow blog ini via : GFC (Ayu Arista)
    twitter : @AyuArista16
    link share : https://twitter.com/AyuArista16/status/481062653742157825

    BalasHapus
  40. 1. Informasi tentang kanker di atas sudah aku ketahui sebelumnya adalah tentang kanker payudara dan kanker leher rahim. Aku mengetahui jenis kanker itu sewaktu aku masih anak-anak. Mendiang nenekku terkena kanker leher rahim mungkin karena beliau melahirkan banyak anak dan stress yang melanda. Sementara budheku (kakaknya ibuku) terkena kanker payudara yang aku sendiri kurang tau apa penyebabnya, tapi puji syukur budheku menang melawan kanker yg diderita. Sewaktu SMA, jdi tau juga kalo ternyata kanker itu ada banyakkk jenisnya. Kata dokter sih, salah satu cara sederhana untuk menghindari kanker yang kuketahui adalah menghindari stress dan menjalani pola hidup sehat.

    2. Aku akan memperlakukan Amy dengan baik –seolah dia sedang baik-baik saja– memberikan perhatian seperlunya dan berusaha agar perhatian itu tidak terlalu berlebihan, agar dia merasa sama seperti kita yang sehat dan otaknya sedikit tersugesti bahwa Amy masih baik-baik saja.

    Nama FB: Yuniar Saraswati
    Follow via GFC: Yuniar Saraswati
    Twitter: @yurizkyyy
    Link share: https://twitter.com/yurizkyyy/status/482031581683400704

    BalasHapus
  41. “1. Apa informasi tentang kanker di atas sudah kamu ketahui sebelumnya
    2. Kalau kamu jadi teman Amy apa yang kamu lakukan untuk mendukungnya?”

    *1) Sebenarnya belum. Terutama untuk gejala-gejalanya. Karena menurut aku kanker dan tumor itu sulit ditebak kedatangannya. Untuk kanker, kan tak seperti tumor yang lama-kelamaan menunjukkan benjolan. Kanker hanya beroperasi di dalam tubuh kita. Jika kita tak periksakan, kita mungkin tak akan pernah tahu apa yang sedang tubuh kita alami. Beda halnya dengan tumor. Dan sebenarnya ini yang saya takutkan. Tumor biasanya menunjukkan benjolan, meski tak semua tumor itu ganas, namun tetap saja benjolan itu mengganggu. Untuk gejala kanker atau tumor seperti suara serak atau batuk yang tak sembuh-sembuh. Ini sulit diidentifikasi. Jarang orang yang berpikir kalau batuk terus menerus bisa jadi kanker. Menurut mereka batuk itu kan biasa.
    Tapi setelah aku baca postingan kakak, wawasanku jadi luas. Jadi, kan aku bisa jaga-jaga. Karena kanker itu datang tak memandang umur. Aku jadi belajar. Jangan meremehkan hal sekecil apapun, apalagi itu berkaitan dengan tubuh kita. Jangan main-main! Kesehatan itu aset di dunia ini.

    *2) Aku akan menemaninya sambil terus memotivasinya. Itu yang penting. Penyakit itu boleh saja menempel di diri Amy, namun jangan sampai penyakit itu mengambil alih segala pemikiran dan tubuh Amy. Jangan turuti penyakit. Tubuh boleh lemah, asalkan pikiran kita jangan lemah. Meski sakit, Amy tetap harus gapai cita-citanya. Gapai cintanya. Tak ada yang tak mungkin di dunia ini. Amy harus percaya takdir dan keajaiban. Obat terbaik untuk penyakit kita merupakan kepercayaan diri kita sendiri untuk sembuh, bukan obat-obatan medis.
    Dan aku juga akan selalu membawa Ben serta teman-teman yang lainnya. Aku ingin Amy selalu merasakan keramaian bukan kesepian. Dan satu lagi. Aku akan support dia untuk harus tetap menulis. Wadah terbaik untuk mencurahkan keluh kesahnya adalah dengan tulisan.


    Nama: Nurdiani Soffa
    Follow blog via GFC : Nurdiani Soffa
    Twitter: @feicloudsm
    Link share: https://twitter.com/feicloudsm/status/482152118925549568

    BalasHapus
  42. Nama: Anita Rifa'atul Sidiqqa
    Follow blog via Bloglovin
    E-mail: anita.sidiqqa1213@gmail.com
    Twitter: @haloohan
    Link share: https://twitter.com/haloohan/status/482753065217294337

    Jawaban:
    1. Sebagian besar belum tahu. Terima kasih atas infonya kak ^^
    2. Anita akan berusaha menjadi sahabat yang terbaik baginya. Kita akan melakukan hal-hal yang menyenangkan selagi ada waktu. Dan Anita akan melakukan hal-hal yang akan membuatnya meneteskan air mata bahagia karena mempunyai sahabat seperti Anita. Anita ingin terus dikenang sebagai sahabat terbaik sampai dia menutup matanya.

    BalasHapus