Senin, 05 Mei 2014

Blog Tuor + GA Cheer Boy!!





Apa yang terlintas di pikiran kamu saat saya menyebutkan kata “cheerleading”? Hm..biar saya tebak, sekelompok cewek dengan rok yang pendek dan pom-pom di tangan. Sekelompok cewek populer di sekolah (untuk anak-anak SMP dan SMA)?

Ya, di Indonesia kegiatan cheerleading masih identik dengan sekelompok perempuan centil yang memakai pom-pom. Dan kalaupun ada cowok yang tergabung dalam team cheerleader cenderung akan di-judge sebagai laki-laki yang lemah gemulai.

Tapi saat membaca buku Cheerboy!! saya menemukan hal yang berbeda. Ya, di dalam Cheerboy!! diceritakan tentang sekelompok cowok yang membentuk sebuah tim Cheerleader. Tapi jangan salah, semua anggota BREAKERS, nama tim cowok ini, bukanlah cowok-cowok yang lemah-gemulai. Leader group itu, Haruki, adalah mantan atlet Kendo. Teman-teman yang lainnya pun begitu, walaupun memang ada satu yang  sifatnya lemah lembut (upss..). Tapi mereka benar-benar macho. 

Dan saat saya mencob mencari tentang sejarah cheerleading saya menemukan informasi menarik. Sebenarnya dalam dunia cheerleading keberadaan cowok dalam tim sebenarnya tidak aneh. Bahkan dalam sejarahnya, cheerleading ini dimulai oleh seorang laki-laki bernama Johnny Campbell. Pada tahun 1989, Johnny Campbell mengorganisir teman-temannya untuk mendukung tim football kampus mereka, Universitas Minnesota. Johnny Campbell berdiri di tengah penonton dan mengorganisir sorak-sorai dalam mendukung tim kampus mereka yang tengah bertanding. Hal ini tercatat sebagai awal mula munculnya cheerleading.

Oiya, membaca definisi Cheerleading dalam wikipedia  pun membuat saya tertarik. Disebutkan bahwa “Pemandu sorak (Inggris: cheerleading) adalah perpaduan gerakan dinamis senam, tari, akrobatik, dan sorak-sorai untuk memberi semangat tim olahraga yang sedang bertanding, atau sebagai olahraga yang diperlombakan secara kompetisi. Istilah pemandu sorak juga digunakan untuk menamakan orang yang melakukan aksinya (bahasa Inggris: cheerleader). Para pemandu sorak bertugas memimpin teriakan-teriakan untuk memberi semangat dan motivasi kerumunan.”

Dari definisi di atas ada kalimat menarik yakni “atau sebagai olahraga yang diperlombakan dalam kompetisi”. Wah, benarkah? Cheerleading adalah olahraga? Bukan sekedar tim-tim hore yang pamer popularita? Hm..ini semakin membuat saya tertarik mencari tahu tentang dunia cheerleading di Indonesia.

Sejarah Cheerleading di Indonesia


Saat saya mencoba mencari sejarah cheerleading di Indonesia, tidak banyak informasi yang berhasil saya temukan. Ini semakin membuat saya penasaran. Akhirnya saya pun mencoba bertanya ke teman-teman, “Apakah ada yang punya kenalan cheerleader?”. Tidak lama saya diberi kontak Line oleh salah seorang teman. Dari sini saya pun berkenalan dengan Frans. Frans adalah salah seorang anggota All-Star Bandung. Ia pun ikut aktif dalam Indonesian Cheerleading Association (ICA) Region Jawa Barat.

Saya kemudian bertanya kepada Frans tentang sejarah masuknya Cheerleading ke Indonesia. Ia pun bercerita bahwa sebenarnya bahwa tahun 1990an cheerleading sudah ada di Indonesia. Namun saat itu cheerleading masih identik dengan cewek-cewek sexy dan centil yang berdiri di pinggir lapangan. Sekitar tahun 2000 Cheerleading masih dianggap sebagai seni dimana cewek-cewek pemandu sorak ini bergerak dengan lentur seperti melakukan split, kayang ,dll. Baru sekitar tahun 2004 mulai muncul kesadaran di kalangan cheerleader bahwa Cheerleading adalah sebuah olahraga. Ia seperti senam lantai, namun bedanya senam lantai melakukan akrobatnya di darat, cheerleading berakrobat di udara.  Saat itu ada beberapa pelatih cheerleading Indonesia yang ditraining di Jepang, Singapura, dan Amerika. Pelatih-pelatih ini belajar teknik, safety rules, dan mulai menjalin hubungan dengan cheerleader lain di seluruh dunia.

Tahun 2005 hingga sekarang cheerleading masih terus diminati. Namun sayangnya, pandangan masyarakat tentang cheerleading masih belum banyak berubah. Masyarakat Indonesia masih banyak yang belum menyadari bahwa Cheerleading  adalah sebuah olahraga. Ini menyulitkan langkah ICA, sebagai Asosiasi Cheerleading di Indonesia, dalam memperjuangkan cheerleading sebagai salah satu cabang olahraga yang diperlombakan di Pekan Olahraga Nasional (PON).

Padahal di Jepang, dari yang saya baca di dalam buku Cheer Boy!!, cheerleading menjadi salah satu cabang olahraga dan memiliki kompetisi yang cukup bergengsi. Sampai-sampai proses seleksinya pun cukup panjang dan diikuti oleh banyak tim dari berbagai sekolah dan kampus di Jepang. 

Nah, ternyata di Indonesia sendiri sudah ada kompetisi nasional untuk cheerleading yang digagas oleh ICA namanya adalah Indonesian Cheerleading Association National Championship (ICANAC). ICANAC ini adalah sebuah kejuaraan nasional dimana setiap tim yang bertanding di kejurnas ini harus melalui seleksi di kejuaraan daerahnya masing-masing. Seleksi daerah ini dilakukan oleh ICA cabang daerah (region) masing-masing. Saat ini region ICA sudah ada di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Sumatra Selatan, Sumatera Utara, Riau, Kalimatan Timur, dan Papua.

Setalah mendapat informasi ini, saya pun meminta izin untuk memotret kegiatan mereka saat latihan. Akhirnya saya pun melihat sendiri bagaimana gerakan-gerakan cheerleading seperti yang disebutkan dalam Cheer Boy!!. Saat melihat itu saya semakin menyadari bahwa cheerleading memang sebuah olahraga apalagi saat mengetahui porsi latihan mereka. Menurut cerita Dika, salah seorang cheerleader, untuk tim yang akan dikirim ke Florida 21 April 2014 untuk mengikuti Kejuaraan Internasional, tim ini porsi latihannya sudah diatur. Setiap pagi mereka harus lari , setiap malam hari latihan, dan seminggu 2 kali mereka fitness. Wah benar-benar perjuangan yang berat.

Saya dukung perjuangan teman-teman ICA untuk menjadikan cheerleading sebagai salah satu cabang olahraga dalam PON. Dan semoga bacaan Cheer Boy!! bisa ikut mengedukasi masyarakat khususnya generasi muda bahwa cheerleading itu bukan sekedar kegiatan bersenang-senang dengan rok mini dan pom-pom, melainkan sebuah olahraga yang membutuhkan stamina, memiliki rule dan tata cara penilaian, dan punya resiko cedera juga (>_<).

Ah, bermula dari baca Cheer Boy!! ternyata pengetahuan saya bertambah dan kini membuka mata saya untuk melihat dunia cheerleading dari kacamata yang berbeda. *tsaaah* (^_^)v

Profil buku
Judul Asli: Cheer Danshi!!
Penulis: Asai Ryo
Penerjemah: Faira Ammadea
Penyunting: Tia Widiana
Proofreader: Dini Novita Sari
Desain Cover: Bambang ‘Bambi’Gunawan
Penerbit: Penerbit Haru
Cetakan: Pertama, November 2013
Jumlah hal.: 428 halaman
Baca review lengkapnya tentang Cheer Boy di: Review Cheer Boy!!
***
Nah, itu tadi sedikit informasi yang bisa saya share tentang dunia Cheerleading dan buku Cheer Boy!! yang diterbitkan oleh Penerbit Haru. Oiya, kalau kamu tertarik untuk memiliki buku ini bisa pesan online ke Owlbookstore.co.id. Bisa juga memasukkan buku-buku Haru lainnya dalam keranjang belanja kamu di online store itu (^_^)

Oiya, karena postingan ini adalah bagian dari Blog Tour Cheer Boy!! yang disponsori oleh Penerbit, Haru, maka saya dan Penerbit Haru sudah menyediakan dua bundel Buku dari Penerbit Haru (judul acak. Tidak bisa dipilih) untuk dua orang pemenang. Nah cara ikut Giveaway ini mudah:

  1. Follow twitter Haru (@PenerbitHaru) dan saya (@atriasartika)
  2. Promosikan Giveaway ini via twitter dan jangan lupa mention @PenerbitHaru dan @atriasartika ya (^_^)v
  3. Jawab pertanyaan ini:
“Apa sih yang kamu pikirkan pertama kali tentang Cheerleading atau Cheerleader? Setelah baca blogpost ini apa pendapat kamu tentang Cheerleading?
  1. Kalau memberi Komentar di Review Cheer Boy!! di blog ini, saya beri nilai tambah deh ;)
  2. Giveaway ini akan berlangsung dari tanggal 5 Mei – 11 Mei 2014
  3. Pemenang Giveway  ini akan diumukan tanggal 12 Mei 2014 dan Blog Tour akan pindah ke Blog berikutnya (^_^)
Saya beri bocoran jadwal dan link Blogtour-nya yah. Psssstt, setiap blog akan mengadakan Giveaway, lho. Jadi jangan lewatkan ya. ;)
28-Apr-2014  
Twitter: @rie_dominique

5-May-2014
Twitter: @atriasartika

12-May-2014
Twitter: @raindropsiro

19-May-2014
Twitter: @lindemort

26-May-2014
Twitter: @alizarinnn

2-Jun-2014
Twitter: @smilingnath

Sudah mencatat jadwal BlogTour Cheer Boy!! ?? Siap-siap untuk yang rajin mengikuti BlogTour ini. Di akhir Tour Penerbit Haru menyiapkan hadiah untuk kamu. Nah ini dia ketentuannya.

!!KUIS FINALE!!

Bagi kamu yang mengikuti Blog Tour Cheer Boy!! ini dari awal hingga akhir, bakal ada hadiah seru yang menunggu kamu,
sebuah paket menarik dari Haru yang berisi:
  1. Notes Placebo Eksklusif (senilai 9 material)
  2. Paket buku Haru
  3. Pouch dari Emerald Green Label!!

Caranya? Gampang banget.
  1. Kamu harus mengikuti Blog Tour dari awal hingga akhir
  2. Di setiap akhir posting, kakak-kakak blogger akan menyediakan 1-2 huruf yang merupakan bagian dari sebuah KATA
  3. Huruf-huruf itu harus kamu kumpulkan, simpan baik-baik jangan sampai hilang
  4. Kamu harus menyusun semua huruf-huruf tersebut ke dalam satu gambar membentuk KATA tersebut
  5. Post gambar tersebut di wall Haru, sertakan kesan-kesan kamu terhadap Blog Tour kali ini

PERHATIAN!
Huruf-huruf Kuis FINALE akan dihapus dari artikel setelah artikel berusia 2 minggu!
So, buruan kumpulkan dan ikuti terus Blog Tour Cheer Boy!!

Dan Ini huruf di Tour kali ini


39 komentar:

  1. Apa sih yang kamu pikirkan pertama kali tentang Cheerleading atau Cheerleader?
    sekelompok cewek popular yang centil dengan rok mini

    Setelah baca blogpost ini apa pendapat kamu tentang Cheerleading?
    seharusnya masyarakat Indonesia menyadari cheerleading sebagai sebuah olahraga agar kompetisi nasional untuk cheerleading tetap ada

    Share : https://twitter.com/Dei_Mustika18/status/463151896203501568

    BalasHapus
  2. yapz betul tak pikir cewek2 pembawa pom pom hahaha :) ternyata salah ya :)

    BalasHapus
  3. 1. Follow twitter Haru (@PenerbitHaru) dan saya (@atriasartika) >> Done
    2. Promosikan Giveaway ini via twitter dan jangan lupa mention @PenerbitHaru dan @atriasartika ya (^_^)v >> https://twitter.com/fenitapenot/status/463188746825785344

    3. Menurutku Cheerleading atau Cheerleader, sekumpulan cewek-cewek pemandu sorak yang populer. Dikerubutin banyak cowok... ^_^ Dan makasih buat info-nya di blogpost ini, ^_^ ternyata aku salah banget udah under estimate sama Cheerleading atau Cheerleader. Usaha mereka nggak main-main buat jadi mahir dan diakui. Dan adanya cowok sebagai bagian dari Cheerleaders adalah hal lumrah...

    BalasHapus
  4. “Apa sih yang kamu pikirkan pertama kali tentang Cheerleading atau Cheerleader?"
    ekskul untuk cewek-cewek cantik yang lincah dan jago dance dan pengin populer disekolah.
    Tapi pengetahuanku tentang cheerleading hanya seputar apa yang aku baca dari novel-novel yang menyinggung cheerleader, artikel-artikel tentang cheerleader dan tayangan-tayangan yang ada di tv. Di kotaku -Serang, Banten- yang memang belum termasuk kota besar di Indonesia, ekskul cheerleader emang gak ada di sekolah-sekolah, karena notabene murid-murid ceweknya diwajibin pake hijab jadi ga mungkin ada ekskul yang mengharuskan mereka pake rok mini. Jadi sampe skarang pun aku belum pernah lihat secara langsung atraksi cheerleader.

    "Setelah baca blogpost ini apa pendapat kamu tentang Cheerleading?”
    gak ada yang berubah dari pendapatku tentang ekskul ini, karena dari awal tahu tentang cheerleading aku udah suka dan sempat berandai-andai bisa ikutan cheerleader, hehehe..
    wish-nya aja sih semoga langkah teman-teman ICA dalam memperluas cheerleader di Indonesia bisa berjalan lancar dan saya bisa nonton aksi-aksi grup cheerleader secara live

    BalasHapus
  5. Menurut aku Cheerleading atau Cheerleader adalah sekumpulan cewek-cewek cantik, top, beken, berkuasa, pupuler dan sebagainya lah...
    pokoknya yang di bilang nge-hitss (pake s dobel) disekolahnya ! hehe yaa bisa dibilang girls perfect in school lah, biasanya sih suka jadi perbincangan dan perebutan anak-anak Cowok di sekolah. :)
    tapi, setelah baca Review dan Blogspot diatas rasanya hal itu jadi 360 Derajat kebalik deh, soalnya yang jadi Cheerleadingnya cowok-cowok gituuu...*o'ya mudah-mudahan penilaian kita tentang cheerleading cewek bisa berubah ya seperti tulisan diatas (Dan bisa seperti di Jepang : bukan sekedar ekskul biasa tapi bisa jadi salah satu olahraga yang bergengsi)
    ini nih yang bikin penasaran buat dibaca >,<
    Review dan penjelasan di atas baguss *tapi, jadi penasaran sama bukunya :) :D Hehehe
    thank's mbak Atria :)

    BalasHapus
  6. saya ikut meninggalkan komentar :D

    BalasHapus
  7. Apa sih yang kamu pikirkan pertama kali tentang Cheerleading atau Cheerleader?
    Waktu SMP dulu, pertama kali tahu yang namanya cheerleading dari ekskul. Pertama kali lihat, saya pikir cheerleading itu semacam senam berkelompok, tapi lebih ekstreem. :p
    Setelah melihat pertandingan basket, yang terpikir, cheerleading itu senam yang ditampilkan di sela-sela pertandingan untuk ngehibur penonton. Dan saya sadar anggapan awal saya itu salah. XP

    Setelah baca blogpost ini apa pendapat kamu tentang Cheerleading?
    Sebenarnya, seiring dengan bertambahnya umur saya, dan pengalaman saya membaca buku, novel, majalah, menonton film, saya sadar bahwa anggapan saya salah mengenai cheerleading, bahwa cheerleading, dalam sebuah pertandingan, bukan hanya ada untuk menghibur penonton, tetapi tujuan utamanya adalah untuk memberi semangat pada tim yang bertanding. Bahwa cheerleading tidak melulu dilakukan oleh wanita, dan bahwa tim cheerleading yang terdiri dari pria-wanita sudah umum di luar negeri.
    Setelah membaca novel Cheer Boy!!, atau membaca blogpost ini pun image cheerleading tidak terlalu berubah di mata saya. Tetapi saya takjub dengan semangat 'cowok-cowok' dalam novel ini. Saat membaca novel ini, yang terpikirkan oleh saya, "ternyata pria pun bisa melakukan cheerleading dengan semangat yang menggebu-gebu." karena di mata saya, pria yg ada di team cheerleading adalah pria yang keren yang hanya mencari popularitas. :v
    Tetapi setelah membaca blogpost ini, saya mendapat banyak informasi baru mengenai cheerleading di Indonesia, dan ini menyenangkan! Saya mendapat wawasan baru yang menarik, seperti adanya asosiasi cheerleading di Indonesia yang tidak saya ketahui sebelumnya. :)

    Oke, itu tadi jawaban saya yang panjang. ^^a
    Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca. :)

    BalasHapus
  8. Hal yg pertama kali aku fikirkan tentang cheerleading adalah sekelompok org yg memberi semangat atau pemandu sorak

    Pendapat saya tentang cheerleading setelah baca blogpost ini adalah cheerleading itu keren karena menampilkam gerakan akrobatik & seni itu kreatif banget,dan semoga cheerleading bisa dianggap sebagai suatu olahraga diIndonesia sehingga bisa dipertandingkan dalam PON

    Twitter : @SharaSharazsa
    Email :Sharazsa@gmail.com

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. -Apa sih yang kamu pikirkan pertama kali tentang Cheerleading atau Cheerleader?
    Jawaban : Sekumpulan beberapa orang terutama cewek yang melakukannya, memakai rok mini/celana pendek sebagai pemandu sorak yang tak kalah ternama dari para atletnya, menyemangati tim basket/olahraga lainnya, biasanya berkisar dari satu sampai tiga menit, yang mungkin mengandung banyak komponen jatuh , tari , melompat , sorak-sorai dan stunting untuk mengarahkan penonton acara untuk menghibur untuk tim olahraga di game atau untuk berpartisipasi dalam kompetisi pemandu sorak, saling menjaga kekompakkan dan membangun rasa percaya diri dan sikap disiplin.
    -Setelah baca blogpost ini apa pendapat kamu tentang Cheerleading?
    Ya, Cheerleading di Jepang sangat banyak apalagi di sekolah-sekolah.Tetapi, di Indonesia jarang sekali adanya olahraga Cheerleading, hanya beberapa sekolah saja. Sebaiknya di Indonesia harus lebih banyak mengenal cheerleader sebagai cabang olahraga, pengembangan barometer cheerleading di lingkup sekolah,mengembangkan minat di bidang cheerleading.Tapi, aku senang di Indonesia sendiri sudah ada kompetisi nasional untuk cheerleading yang digagas oleh ICA namanya adalah Indonesian Cheerleading Association National Championship (ICANAC). Aku dukung mereka deh! Semangat teman-teman :D

    Link share : https://twitter.com/biancanitta/status/463294499402170368
    Twitter : @biancanitta

    BalasHapus
  11. Sama seperti yang mbak tulis di paragraf pertama dan kedua, aku berpikir cheer itu identik dengan cewe-cewe centil.

    Orang Indonesia banyak yg berpikiran seperti itu mungkin gara-gara nonton sinetron. Coba aja liat. Kalau ceritanya tentang sekolahan, pasti selalu ada sekelompok cewe centil, dan mereka adalah pemandu sorak di sekolahnya.

    Sebelumnya aku pernah denger kalau cowo juga ada yang jadi cheer (pom pon boys). Setelah baca ini, aku semakin yakin. Yakin kalau cheer itu bukan cuma cewe, cowo pun ada.

    Aku pun baru tau kalau di Indonesia, cheerleading ini di lombakan tingkat nasional. Jadi penasaran pengen liat mereka lagi lomba kaya gimana. Soalnya aku pernah liat video cheer cowo Jepang, dan itu keren banget.

    Semoga di Indonesia olahraga ini makin maju, dan bisa membawa nama baik Indonesia di mata dunia. Aamiin

    @zoellula

    BalasHapus
  12. Kaka! Aku ikutan yaaaa :) :)

    “Apa sih yang kamu pikirkan pertama kali tentang Cheerleading atau Cheerleader? Setelah baca blogpost ini apa pendapat kamu tentang Cheerleading?”

    Sekumpulan gadis yang bersorak, menyemangati para atlet yang biasanya sedang bertanding. Tak hanya itu, cheerleader juga identik dengan pesona keanggunan. Maka tak heran, gadis-gadis memakai pakaian ketat dan serba mini.
    Setelah baca ini, aku jadi miris lihat olahraga cheerleader ini. Soalnya banyak melihat olahraga ini hanya sebelah mata saja. Mereka hanya tahu, cheerleader itu sekelompok gadis yang centil dan modal tampang saja. Jujur, saya baru tahu kalau cheerleader termasuk jenis olahrara dan saya juga baru paham ternyata jadi seorang cheerleader itu nggak mudah. Karena butuh kerjasama serta gerakan yang menurut saya tak bisa semua orang melakukannya. Saya bingung, kenapa olahraga ini tak dikembangkan di Negara kita? Itu kan bisa menjadi wawasan dan pembelajaran. Jadi, semua orang bisa tahu seluk beluk gerakan di cheerleader ini. Dan kayanya saya jarang banget dengar ada pria yang masuk olahraga ini. Meskipun saya baru tahunya di novel. Tapi saya berharap, itu beneran. Kan tak harus gadis saja yang jadi penyemangat, pria juga mesti menunjukkan performanya dong. Tapi bukan sebagai pria gemulai loh..hihi :D

    Bdw aku udah komentarin Review Cheer Boy ya!!
    Wish me luck :D :D

    Nurdiani Soffa
    @feicloudsm

    BalasHapus
  13. Link share : https://twitter.com/fdl_resti/status/463262500033556480
    Twitter : @fdl_resti

    Hal yang aku pikirin pertama kali saat mendengar cheerleader adalah cewe cewe centil, cewe cewe yang teriak dan bersorak-sorak rame di lapangan, cewe cewe yang pake rok mini pembawa pom pom warna-warni, lompat-lompat , akrobatik, dilempar ke atas terus dijatohin lagi ke temen-temennya, serta dandan unyu unyu gitu deh hehe
    Setelah aku baca yg kakak tulis diatas, aku baru tahu bahwa cheerleader itu salah satu cabang olahraga yg dikompetisikan. Mungkin banyak orang yang salah paham mengenai cheerleader. Itu karena belum tahu betul apa itu cheerleader.
    Namun, aku bersyukur dengan adanya ICA, mungkin orang-orang tidak akan "salah paham" lagi dengan aksi-aksi cheerleader dengan rok mininya. Semoga saja dapat menginspirasi orang banyak. Dan untuk para cheerleader di Indonesia (ICA) semoga dapat terkenal hingga manca negara dan mengharumkan tanah air kita tercinta<3 sekiannnnn:)

    WISH ME LUCK:)
    @fdl_resti a.k.a res rae soo

    BalasHapus
  14. Awalnya aku pikir cheerleader hanya tim penyemangat pertandingan olahraga yg terdiri dari cewek" kece dan popular dgn pom" warna-warni sambil menari :)
    Setelah baca blogpost ini ternyata cheerleading lebih rumit dari yg ku bayangkan, butuh latihan khusus dan ekstra untuk menampilkan gerakan" indah srta melayang diudara dlam cheerleading shingga terlihat kereenn bangeettt :D Aku juga dukung perjuangan teman" ICA, Smoga sukses. Makasih kak atria atas infonya :)

    Ana Rosdiana
    @Ana_On3

    BalasHapus
  15. Hai, salam kenal kak :)
    boleh dong ikutan?
    Pertama denger cheerleader itu persepsiku cewek centil, sok imut, berisik ga jelas, pake rok mini. Huft, agak kurang baiklah mnurutku *maaf
    ehh, setelah baca ini persepsiku ga spnuhnya salah dan ga spenuhnya bener. Ternyata cheerleader itu skmpulan cewek yg bs mmbuktikan krjasama mreka lwat krja keras. Oh, dan aku bru tau klo cheerleader itu sjenis olahraga. *Plakk
    Usaha mereka ptut diacungin jmpol. Aplgi klo perform mreka kreatif, unik, dan keren. Udh pasti the best lah..
    Ikut dkung tmen2 ICA utk kmajuan cheerleader di Indonesia. Biar nnton
    prtndingan apapun jadi berasa (?)
    Sukses buat tmen2 ICA..
    Makasih udh blh cuap2 :)
    td udh posting komentar di review buku ini. Namanya anonim (maaf ga trlalu ngerti dunia perblogeran) *gabruk

    Hanifah Putri
    @hanifahae

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. “Apa sih yang kamu pikirkan pertama kali tentang Cheerleading atau Cheerleader?
    Menurutku cheerleader itu adalah salah satu ekskul di sekolah dimana kumpulan anak-anak cewek smp atau sma dance untuk memeriahkan pertandingan basket di suatu sekolah serta memberikan semangat pada teman-temannya yang sedang bertanding.
    Tapi cheerleader juga ada perlombaannya.
    Setelah baca blogpost ini apa pendapat kamu tentang Cheerleading?”
    Hmm... Apa ya? Hehe
    Aku bisa mendapat pengetahuan dan informasi tentang cheerleading. Dan ternyata cheerleading itu merupakan salah satu cabang olahraga. #baru tahu sya *kudet banget ya gue*.. Hehe
    Cowok juga bisa jadi cheerleader ya?
    *prokprokprok* hebat-hebat... Semoga teman-teman jangan salah pengertian kalau cowok jadi cheerleader. Karena tidak mudah untuk jadi seorang cheerleader. Apalagi perlu berlatih dan terus berlatih. :)
    Aku mendukung teman-teman ICA!!!! Sukses selalu ya.. ;3

    Hanny handayani
    @hannniiy

    BalasHapus
  18. Sebelumnya, Salam kenal kak Atria~
    Aku ikutan yaa..^^

    Yang aku pikirkan pertama kali tentang cheerleader adalah sekelompok perempuan pemberi semangat bagi cowok - cowok pemain basket^^ (pertama kali tau cheerleader). dan aku gak pernah tau kalau cheerleader itu olahraga. ketika pertama kali melihatnya di tv (film), aku kagum sama mereka. gerakan2 dance yang mereka lakukan semata-mata untuk pemberi dorongan semangat kepada para pemain. bukan hanya dance tapi juga sorak - sorai teriakan mereka. pasti sulit melakukan gerakan itu, ada yang di terbangkan keatas :D, memanjati punggung2 teman - teman yg lain, pastilah mereka harus membangun kerjasama yang kuat dan juga latihannya, ada yang mengalami cidera dn sbgainya tapi mereka tetap bertahan mnjadi cheerleader dan yang bertahan itulah yg patut diacungi 2 jempol. Aku juga dulu ada niat pengen jadi cheerleader :D tapi krna fasilitas sekolah tidak mendukung, yah gak apa deh, melihat mereka - mereka di tv atau Yutube juga udh seneng.

    Stelah membaca post ini pendapat aku tentang cheerleader,
    Ternyata cheerleader adalah olahraga. dan aku juga bingung ketika ada novel yang judulnya Cheer Boya, karena aku pikir hanya cewek yang ikut cheer. tapi setelah membaca review2 dri Blog tour, aku jdi tau klau bkn hanya cewek yang bisa ikut cheer, tapi cowok juga bisa.
    Dan cheerleader ternyata juga ada lomba kejuaraan internasionalnya. jujur aja pengetahuanku terhadap cheerleader bener-bener hanya dari melihat film dan gambar2 yang artinya pengetahuanku dangkal. tapi setelah baca posting-an nya kak atria aku jadi tau cheerleader bukan hanya dilombakan antar sekolah *ini juga tau dari film dn video dri YuTube:D* tapi juga ada kejuaran nasionalnya sprt ICA, malah kejuaraan Internasionalnya pun ada dan bertanding ke Florida *luarnegri(pengen)hehe* Semoga menang buat Kak Dika dan timnya, hebat banget menjadi wakil indonesia, (udah telat kalee:D). Smangat terus buat CHEERLEADER INDONESIA, teruslah berkaryaa~~
    Mkasih,^^
    Twitter: @adeanugrah11
    Facebook: Ade anugrah
    Email : adeanugrahsiahaan@ymail.com/adeanugrah139@gmail.com
    Share link : https://twitter.com/adeanugrah11/status/463695277644185600

    BalasHapus
  19. Sebelumnya sih aku pikir cheerleader itu cuma buat cewek-cewek cantik dan kaya, maklum di sekolahku nggak pernah ada cheerleader. Awalnya ku kira cheerleader itu hanya pelengkap kalau ada pertandingan basket yang biasanya cowok-cowok ganteng, jadi harus dilengkapi dengan cewek-cewek cantik. Dulunya kalau pergi ke sekolah lain terus ketemu anggota cheerleader tuh kayaknya "Wow" gitu, karena aku sendiri juga biasanya cuma liat cheerleader di tv aja, jadi berasa ketemu artis. Tapi kalau liat ada yang cowok, aku pikir, bukannya cowok itu feminin, tapi aku kira cowoknya itu yang dapat bagian angkat-angkat cewek yang lain karena yang lainnya nggak kuat.
    Tapi stelah itu, pemikiranku geser, setelah nonton acara perlombaan cheerleader beberapa tahun lalu di tv, itu lho yang disponsori salah satu produk mi instan, di acara itu aku liat berbagai tim melakukan gerakan-gerakan yang buatku benar-benar keren. Setelah itu aku bandingin deh dengan film-film bertema dance semacam step up, dari situ aku malah jadi menyimpulkan kalau cheerleader itu sama kayak dance, tapi tetep aja aku liat lebih banyak dilakukan cewek.

    Waktu aku liat judul buku ini yang sempat dipormosikan penerbit haru aku kira tokohnya ntar cowok-cowok yang agak kecewek-cewekan gitu. Tapi setelah liat sinopsisnya itu berasa semua persepsi yang selama ini udah ku bangun tentang dunia cheerleader itu hancur semua. Sempat heran sih, masa sih cowok kayak Haru itu bisa main cheerleader, gara-gara penasaran itu langsung deh aku beli novelnya.
    Tapi lagi, (kebanyakan tapi =__= ) setelah aku baca review ini tentang cheerleader di Indonesia, aku baru tau kalau cheerleader itu juga termasuk olahraga, apalagi ada yang sampe dilatih di luar begri pula, keren deh. Terus juga latihannya nggak segampang yang ku pikir, nggak cuma sekedar belajar dan ngafalin gerakan aja, ternyata sampe lari dan fitnes juga toh. Untuk menghasilkan sesuatu yang luar biasa memang butuh perjuangan berat ya. Nah, sekarang kalo aku pikir cheerleader cuma cewek-cewek cantik yang sekedar jadi pelengkap kayaknya terdengar kejam ya, terutama latihan mereka itu yang nggak semua cewek bisa. Dan sekarang aku jadi berpendapat kalau cheerledaer yang dilakukan sama cowok itu bukan hal yang aneh, karena kembali lagi ke latihan mereka yang berat, dan justru cheerleader yang dilakukan cewek itu adalah hal yang luar biasa. Serius deh, cewek lho harus latihan fisik seperti itu kan nggak gampang.
    Intinya cheerleader memang AMAZING deh ! :D

    Link share: https://twitter.com/mikyou4/status/463895604783882240
    Twitter: @mikyou4
    artyas@ymaol.com

    BalasHapus
  20. Dari acara-acara di TV, awalnya ku fikir cheerleader hanyalah aktivitas yang dilakukan seorang cewek dengan rok pendek, menggunakan pom-pom dan berteriak-teriak guna mendukung timnya yang sedang bermain. Ya, semacam supporter belaka.
    Setelah membaca postingan blog ini, saya baru tau kalau cheerleader merupakan sebuah olahraga yang memang memiliki manfaat dan latihan yang intens. Ternyata tak semudah yang dibayangkan.

    Link share: https://twitter.com/ErlinSI/status/463993541866160128
    Twitter: @ErlinSI
    email: erlinsuryoindah@gmail.com

    BalasHapus
  21. Cheerleader sih terkesan sama kegiatan cewek-cewek paling famous di sekolah. Hehehehe... kebanyakan nonton sinetron. Dan saat tahun novel ini, yang cerita para pelaku cheerleader-nya adalah cowok, aku kok ngerasa mereka agak 'banci', ya?
    Tapi, setelah baca postingan di atas, aku berubah pikiran. Ternyata, kegiatan ini nggak bisa dipandang sebelah mata dan...yah, sepertinya kalau cowok yang ngelakuin, agak terkesan aneh, sih (Tetep) tapi setidaknya bayangin seketat itu seleksinya, em...bolehlah! Hehehehe
    Link Share : https://twitter.com/DeeLaluna/status/464010986215600128
    Twitter : @DeeLaluna
    Email : dian_putu26@yahoo.com

    BalasHapus
  22. P: “Apa sih yang kamu pikirkan
    pertama kali tentang Cheerleading atau Cheerleader?"
    J: menurut aku yg terlintas pertama d pikiran aku yaitu Sebuah olahraga yg terdiri dr beberapa perempuan yg ingin menjadi cantik, populer, disukai banyak orang terutama laki2 n sok berkuasa d wilayahnya, contohnya seperti sekolah. (Soalnya dulu disekolah mrk yg jd cheer kaya gtu. Hehe :p) tapi seiring berjalannya waktu, aku berpikir bahwa cheerleader adalah orang yang punya kemampuan hebat, yang mau kerja keras dan berani untuk cidera demi mendukung rekan2 setim-nya.

    P: "Setelah baca
    blogpost ini apa pendapat kamu
    tentang Cheerleading?”
    J: sebuah olahraga yang nyatanya bukan hanya perempuan saja yang bisa melakukannya, tetapi seorang laki2 pun juga bisa melakukan cheerleader/cheerleading. Bukan berarti laki2 yg bisa melakukannya yaitu laki2 yg hanya memiliki badan lemah gemulai saja, semua orang termasuk laki2 pun bisa melakukannya asal mereka memiliki keinginan, kemauan dan kerja keras, -terutama yang memiliki hoby senam dan akrobat di udara-. Tetapi sayangnya pemikiran dari beberapa masyarakat luas masih berpikir bahwa hanya perempuan saja yang bisa melakukan cheerleader. (Bagaimana kalau kita menyebarkan virus ttg "cowok (macho) juga bisa cheerleading looooh?" XD

    Link share: https://www.twitter.com/A_matchuu/status/464007816378728450

    BalasHapus
  23. 1. Udah ^^
    2. Done ini~ https://mobile.twitter.com/SouL_BF/status/463985524957384704?p=v
    3. Sebelumnya berpikir kalau cheerleading itu sekumpulan cewe" cantik yg tenar... Trus ngehibur penonton lewat atraksi mreka..
    soalnya liat cheers wktu istirahat main (?) [ex.pertandingan basket]
    trus cheers ada cowonya? Kkk~ terkesan gak manly :3
    TP,
    setelah ada novel ini jd flashback (?)
    dulu pernah liat tim cheers yg ada cowo nya, tp bukan di skolah :3
    buat atraksi" pertunjukan hiburan gitu~
    dan wow...
    kereeen >///<
    cheers bukan cuma atraksi" aja, tp bener bgt kata blog ini~
    ini mrupakan olahraga..!
    dan bukan hanya utk cewe..
    buktinya dgn adanya cowo justru lebih menarik, dan penampilan nya lebih ekstrim di udara~
    (banyak lempar" org)
    sayang di sekolah" blm banyak nih cowo" yg gabung cheers.
    pdhl utk membuat 'atraksi' di cheers itu butuh kekuatan cowo~
    tekun latian, disiplin, berani, kompak, senyum, semangat, kreatif..
    dampak postifnya banyak bgt (y)
    thanks ka atria :) blog nya bnr" bikin pandangan berubah~ ^o^

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Kalo aku pribadi pertama kali denger cheerleader yang terlintas pasti cewek2 cantik sama imut dgn badan kurus dan langsing yg yah,biasanya sih sok kuasa sama sombong soalnya masuk kelompok mayoritas,kayak anak dance (kalo menurutku dari pengalaman).Biasanya kan cheerleader itu isinya cewek2 kurus sama cantik,bagiku mutlaknya mereka kurus2.Terus kalo denger cheerleader aku juga kebayangnya sama rok mini,baju mini,sama pom pom yg unyu2 itu,hehe.Mereka praktek gerakan2 kayak akrobatik,lompat2 dll.

    Habis baca blogspot ini pendapatku tentang cheerleading berubah.Kukira mutlaknya cheerleading itu cewek2 yg ngelakuin,terus karna badannya udah kurus2 pasti gampang ngelakuin gerakan2 cheerleadingnya.Tapi ternyata nggak.Pasti yg ikut cheerleading juga latihan keras dengan olahraga2 keras semacam latihannya basket.Terus cheerleading butuh kekompakan,kalo semaunya sendiri2 antar anggota pasti bisa cedera salah satunya.Tadinya kukira cheerleading nggak masuk olahraga,kukira semacam dance.Dan yang lebih ngagetin,ternyata ada organisasi khususnya!!diIndonesia juga ada!!dan masuk cabang olahraga!!waduh,aku salah besar,baru tahu habis baca blog ini.Aku jadi berubah pendapat,cheerleading itu olahraga yang susah,terus butuh teknik juga pastinya biar sukses,keren deh :)
    (maaf sempat salah paham)

    o,iya aku udah baca review Cheerboy-nya
    menurutku bahasa yang dipake kurang nyantai,terus kepanjangan isi reviewnya,jadi agak bosen pas baca
    tapi penjelasan kesan kakak sama isi ceritanya bisa mengusir kebosenanku,soalnya menarik disisi ada kamus sama lain2 tentang cheerleading dalam novel itu
    kalo kakak gak suka kritiknya,mohon maaf dulu sebelumnya :)

    makasih,ya kak info baru sama GA-nya :D
    link share: https://twitter.com/inase_michaelis/status/464649974694039553
    @inase_michaelis

    BalasHapus
  27. kalo ditanya soal cheerleading, pasti langsung keinget sama sinetron di tv yang nampilin cewek-cewek ber-rok mini sambil bawa pom-pom warna-warni terus teriak-teriak gaje gitu dannn ada loncat-loncatnya juga, diterbangin/?/ kesana kemari dan banyak deh. terus setelah lihat blogpost ini aku jadi tahu kalo cheerleading itu juga salah satu cabang olahraga. dan yang aku salutin adalah mereka-mereka yang ikut cheerleading bukan hanya cewek..... tapi cowok! oh my god!! sebelumnya sempet mikir, ini beneran cowok itu bisa ikutan? tapi dari penjelasan mba atria di atas malah aku jadi tahu kalo pencetus cheerleading itu sendiri seorang cowok! dan dari novel cheer boy juga itu bisa ngubah persepsi masyarakat kita yang nganggep kalo cheerleader itu bukan hanya cewek tapi cowok juga bisa! dan itu jauh lebih keren dari yang kita kira. kerjasama tim yang bagus mampu membuat gerakan-gerakan yang super keren!
    sebelumnya terima kasih sama kak atria yang sudah sudi memberikan GiveAway pada kita-kita dan mau memberikan fakta-fakta menarik tentang cheerleadingnya.....

    @1004_usriyah

    BalasHapus
  28. Apa sih yang kamu pikirkan pertama kali tentang Cheerleading atau Cheerleader?
    awalnya aku cuma serng tahu "cheerleader" itu dari FTV di TV gitu. kan banyak tuh FTV yang difilmnya meliput sedikit tentang cheerleader. nah awalnya aku ngira bahwa cheerleader itu bukan olahraga, melainkan ekstrakulikuler seperti paduan suara, musik, dan sejenisnya. jujur nih waktu itu aku ga tertarik sama sekali sama yang namanya cheerleader, soalnya di FTV gitu kebanyakan anggotanya cewe cewe yang kecentilan gitu. hehe.
    trus waktu Penerbit Haru ngeluarin novel CheerBoy!!! aku langsung penasaran, penasarannya itu dimulai dari judulnya. memang ada cherrleader cowo? padahal kan setauku cheerleader itu cuma sekumpulan cewe cewe centil yang bisanya cuma lompat lompat dan teriak teriak untuk dukung klub/regu favorit disekolahnya. dan setelah aku beli + baca novel CheerBoy!!!, aku jadi penasaran buat googling tentang cheerboy. ternyata dugaanku salah 360 derajat hehe. yang awalnya aku ngira cheerleader itu bukan olahraga, ternyata dijelasin di google + review diatas kalau cheerleader itu olahraga, terkenal pula di Jepang. nah anehnya lagi, cheerleader ini bisa diikuti oleh beberapa cowok. nah disitu aku mulai tau kalau sebenernya cheerleader itu bukan sekedar cewe cewe centil yang ga berbakat, malah menurutku olahraga yang sebenernya bener bener unik + berkualitas itu cheerleader. selain ada gerakan senam, dance, juga atraksi. berkat review ini pengetahuanku tentang cheerleader semakin luas^^
    Setelah baca blogpost ini apa pendapat kamu tentang Cheerleading?
    nah seperti yang dikatakan tadi, aku jadi suka baca baca artikel yang isinya tentang cheerleader. ternyata dugaan negatifku tentang cheerleader itu salah. yang awalnya aku pikir cheerleader itu cuma kegiatan yang hanya mengandalkan kecentilan, ternyata salah. cheerleader adalah olahraga yang seharusnya tidak dipandang jelek untuk remaja remaja seusia anak SMP/SMA.
    maaf share dikit nih hehe, gara gara novel CheerBoy!!! + review di blog kakak ini, setiap hari minggu atau hari libur aku selalu latian Cheerleader di sanggar. ya meskipun ga sepenuhnya bisa dibilang cheerleader, karena ga ada klub/regu yang bisa kami dukung. aku + temen temen (5cewe dan 2 cowo) sengaja latihan cheerleader soalnya pengen tahu yang namanya atraksi. disaat satu orang jadi top, jadi base, dan lainnya^^ karena aku jadi base nih, aku jad bisa belajar dari olahraga cheerleader ini, kalau sebenernya, cheerleader ini bukan olahraga biasa, tapi olahraga yang membutuhkan kerja sama + tanggung jawab yang besar untuk setiap anggotanya. contohnya base yang punya tanggung jawab besar untuk menangkat top, ya meskipun awal awal latihan badanku sakit semua, haha! tapi seru juga, jadi pengen latihan terus:D
    terimakasih kak atria udah mereview + ngasih info info tentang Cheerleader^^ sukses terus yaaaa;)))

    link share: https://twitter.com/RiniSkndr/status/464719129086152705
    twitter : @RiniSkndr


    BalasHapus
  29. follow @penerbitharu @atriasartika :) Done ^^
    link share : https://twitter.com/NovaaMunira/status/464781233093115904
    twitter : @NovaaMunira
    Apa sih yang kamu pikirkan pertama kali tentang Cheerleading atau Cheerleader?
    yang pertama kali terlintas dipikan aku tu cheerleader itu adalah sekumpulan atau sekelompok cewek-cewek famous n merasa diri paling keceh disekolahnya yang selalu tampil dengan formasi-formasi yang sudah dilatih untuk mensupport cowok-cowok olahragawan disekolahnya. kayak yang kebanyakan di sinetron-sinetron gituh. maklum,, aku sekolahnya di pesantren. jadi gak ada cheerleader2 gituh. hehehe
    tapi lama2 perspektif aku tentang cheerleading itu berubah. apalagi abis ngebaca blogspot ini. ternyata cheerleading itu kalau dilihat dari segi positif nya juga ada ada manfaatnya. gak jauh beda sama senam atau olahraga gitu, jadi bisa menyehatkan badan juga. apalagi yg gak suka olahraga, dengan adanya cheerleader ini bisa mengubah pola pikir mereka, bahwa gak selama nya senam itu membosankan. kan bisa juga berinovasi atau berkreasi seperti formasi-formasi cheerleading ini. ^^
    jadi kita tidak boleh melihat atau mengkritisi suatu hal itu dari segi negatif nya aja. tapi kita juga perlu melihat dari segi positifnya. tergantung pribadi masing-masing ^_^

    BalasHapus
  30. Apa sih yang kamu pikirkan pertama kali tentang Cheerleading atau Cheerleader?

    yang ada di otak saya tentang cheerleader yaitu sekumpulan cewek kurus yang manja, ganjen yang suka pakai rok mini dan hanya menjadi pemandu sorak saat ada perlombaan atau pertandingan olahraga

    setelah novel ini keluar sepertinya dugaan saya salah, ternyata cheerleader itu bukan hanya untuk cewek tapi cowok pun berhak untuk ikut cheerleader dan ternyata cheerleader itu bisa dijadikan olahraga yang harus dilestarikan :D

    Afifah Adrida Rafa'
    @phiipuutt

    BalasHapus
  31. Rini Cipta Rahayu (@rinicipta)

    Dari awal tau ada novel ini udah ngebet banget pengen baca, apalagi setelah baca sinopsisnya tentang cheerleader cowok? Gak salah denger ya? Selama ini yang identik dengan Cheerleader adalah cewek-cewek yang bodynya bagus, tinggi, langsing dan lincah. Biasanya jadi opening performance sebelum adanya sebuah pertandingan. Mereka akan menari, melakukan gerakan-gerakan menakjubkan sambil tidak berhenti menebarkan senyuman.

    Tapi di novel ini, Asai Ryo menggambarkan cheerleader yang out of the box *ini terlalu lebay* padahal sebenarnya saya yang nggak tau, cheerleader itu pada dasarnya adalah pemandu sorak yang tidak terbatas dilakukan oleh cewek aja. Setelah membaca postingan ini, mata saya baru terbuka. Banyak fakta-fakta unik yang belum saya tau seperti ada organisasi untuk Cheerleading, fakta bahwa cheerleading itu adalah olahraga yang membutuhkan stamina, memiliki rule dan tata cara penilaian, dan punya resiko cedera. Menambah pengetahuan banget deh!

    Terimakasih

    BalasHapus

  32. Hmm... cheerleading ya? Nggak banyak sih yang aku tahu tentang kegiatan yang satu ini, kecuali setelah baca penjelasan Kak Atria di atas. Karena sekolahku memang nggak ada ekskul cheerleaders ini, hoho. Yang aku tahu dari cheerleading atau cheerleaders itu semacam sekelompok perempuan-perempuan pembawa pom-pom yang biasanya bertugas menyoraki/memandu sorak semangat tim basket, itu sih yang suka di film-film :D Tapi, menurutku, cheerleading bisa lebih dari itu aja, apalagi kalau dilihat secara kata, dari kata cheer yang berarti ceria, periang, gembira dan leading berarti kemampuan memimpin. Yaaa... bisa dikatakan semacam kemampuan memimpin anggota cheerleaders satu sama lainnya untuk tetap kompak dengan berbagai variasi gerakan yang menurutku susah-susah. Kan nggak mudah tuh menyatukan belasan kepala manusia yang punya pemikiran beda-beda, makanya anggota cheerleader dituntut untuk bisa memimpin, baik dirinya sendiri, bahkan teman setimnya, tapi tetep... kemampuan memimpinnya nggak serius-serius banget lah, mereka harus tetep kompak, tapi juga harus ceria, biar orang juga lihatnya enak :D

    Hmmm... kalau dipikir-pikir, mungkin bisa aja ya beberapa tahun mendatang, tim pemandu sorak ini diikutkan dalam kegiatan atau lomba-lomba olahraga semacam PON. Aku juga setuju kalau cheerleading ini bisa dikategorikan semacam olahraga, mungkin cabang senam. Kan gerakan-gerakannya juga cukup menantang, yaaa... sama lah kayak olahraga di cabang senam lainnya :D

    @asysyifaahs

    BalasHapus
  33. Apa sih yang kamu pikirkan pertama kali tentang Cheerleading atau Cheerleader?
    Awalnya sih berpikir kalau cheerleader itu cuma bagian dari acara yang tugasnya memeriahkan aja. Kalau dibilang cheerleader itu cewek gak juga sih, karena aku dari jogja jadi udah tau kalau cheerleader itu bisa cowok juga. Cheerleader dari SMA Pangudiluhur Yogyakarta itu cowok loh, padahal bukan sekolah khusus cowok. Dan hebatnya lagi mereka terkenal walaupun bukan karena tampang ganteng gitu hehehehe.

    Setelah baca blogpost ini apa pendapat kamu tentang Cheerleading?
    Cheerleading itu gak hanya memeriahkan acara tetapi menyemangati penonton dan partisipan dari acara yang berlangsung. Tugas yang kayaknya simple sih, tapi kalo kita mau perhatiin bener-bener berat juga loh. Kan tugas mereka untuk memancing reaksi dari orang-orang jadi mereka harus bisa melakukannya dengan meriah dan menarik

    Link share: https://twitter.com/pigurou/statuses/465311557765709824
    @pigurou

    BalasHapus
  34. Cheerleader menurutku adalah sekumpulan cewek2 yg merasa dirinya cantik serta berbadan sangat proporsional (nggak maksud apa2, serius) yg bergabung dlm kegiatan cheerleading. Biasanya sih gunanya cuma 1, meningkatkan popularitas.
    Kebanyakan cheerleading ini adalah suatu ekskul di sekolah2 (ya kali). Dan kebanyakan dipakai buat pemandu sorak dlm kompetisi basket (dari tv dan bbrp novel yg prnh kubaca). Menampilkan atraksi yg keren memang dgn latihan dan ketrampilan khusus.

    Setelah baca penjelasan mengenai sejarah dll dari blogpost diatas, rasanya ekspektasiku membaca 'cheerleader' selama ini salah. Sebuah tontonan yg dianggap norak (untuk sebagian orang) di negeri sendiri, ternyata merupakan ajang bergengsi yg mempunyai nama di olahraga bahkan kompetisi tingkat internasional.
    Makanya jgn anggap remeh segala sesuatu hal.

    Link share : https://mobile.twitter.com/nhenie/status/465329576445767681?p=p

    BalasHapus
  35. Pertama yang terlintas setelah Denger kata cheerleaders pasti langsung kepikiran tentang sekumpulan cewek – cewek cantik yang memakai rok, bersorak sorai dan berlenggak-lenggok (?) sambil berjoget ria dengan energik :D … berkumpul di pinggir lapangan klo lgi ada pertandingan… cewek – cewek yang paling menonjol diantara cewek – cewek yang lain…. :D

    Setelah baca sejarah cheerleaders di Indonesia…
    Aku bener – bener baru tau kalo cheerleader itu termasuk olahraga… bener kagum & bangga banget… Semoga “Indonesian Cheerleading Association National Championship (ICANAC)” bisa merubah pandangan masyarakat tentang cheerleading… dan bisa sukses memperjuangkan cheerleading sebagai salah satu cabang olahraga yang diperlombakan di Pekan Olahraga Nasional (PON). ^_^ :D

    @AyuArista16
    Link Share : https://twitter.com/AyuArista16/status/465335707943194624

    BalasHapus
  36. Cheerleader? Em.. seperti yang kakak pikirkan, salah satu ekskul di sekolah (jika ada, di sekolah saya gak ada ini kak :D). Kumpulan cewek yang cantik, seksi, populer dan centil yang jago nari atau bisa dibilang badannya lentur, terus bawa pom-pom dan pake rok mini #BukaSitikJoss *abaikan*. Biasanya tugas mereka itu nyemangatin anak ekskul basket atau futsal yang lagi bertanding melawan sekolah lain *yang aku tau dari baca novel dan nonton sinetron xD*

    Setelah baca blog kakak, itu mengubah pandanganku tentang image cheerleader. Jadi, cheerleader itu bukan untuk ajang adu kecantikan dan mencari kepopuleran tapi salah satu olahraga yang menarik, enak dipandang mata *bagi cowo:p* punya peraturan, punya resiko cedera dan butuh stamina juga.

    Ah, ternyata ada juga ajang nasionalnya. Aku baru tau ini. Mari lestarikan Cheerleader di Indonesia! Semoga Indonesia bisa menang ajang nasionalnya ya;) Banyak pengetahuan baru dan info yang kak Atria berikan *thanks infonya kak*. Cheerleader cowok, awal aku tau buku ini aku langsung cengo, emang ada ya?! Kalau di Indonesia mau jadi korban bully. Ah, bukunya juga sangat menarik, uda lama mengidamkannya tapi gak jadi-jadi untuk membelinya *brb cari di toko buku>.<*

    @supernovaD_

    BalasHapus
  37. “Apa sih yang kamu pikirkan pertama kali tentang Cheerleading atau Cheerleader? Setelah baca blogpost ini apa pendapat kamu tentang Cheerleading?”


    Cewek yang kegirangan jingkrak-jingkrak dengan pakaian kekurangan kain pas ada pertandingan basket. Well, seperti yang sering diceritaian di sinetron-sinetron dan di novel-novel.

    Setelah baca resensi Mbak Artia, aku jadi ngerti gimana susahnya mencapai 'tempat' itu. Padahal, ada banyak sekali orang di luar sana yang meremehkan atau pun memandang sebelah mata tentang cheerleading. Tapi untuk pendapatku, sih, nggak bisa diubah seenaknya, hohoho. Mungkin enggak semua cheerleading sih keganjenan, dibuku ini contohnya. Mereka berjuang keras untuk dapetin apa yang mereka mau dan itu patut diacungi jempol karena bisa mengubah cara pandang orang terhadar cheerleading. Kedepannya, sih, harapan saya supaya enggak ada anggota cheerleading yang seenaknya. Soalnya, sekarang kebanyakan eskul/kegiatan cheerleading digunakan sebagai ajang cari pamor dan keternaran.

    O, ya, penjelasan di postingan kali ini lengkap banget, ya. Sampai sejarah-sejarahnya dikupas abis deh sama Mbak Artia. Salut! Hehe. ^^ Kebetulan, aku sudah punya bukunya. Tapi, masih belum dibaca. Abis ini niat baca, deh, biar bisa lebih tau tentang cerita Cheerboy!! dan gimana perjuangan mereka, apalagi penulisnya ganteng (Asai Ryo). Heheh. :3

    Eh, ketinggalan! Terimakasih Mbak Atria buat blogtour-nya dan GA-nya! <3


    @_wolfhara
    Link share: https://twitter.com/_wolfhara/status/465437911832227840
    Link komen: http://atriadanbuku.blogspot.com/2013/12/cheer-boy.html?showComment=1399803938815#c9130449714283803319

    BalasHapus
  38. hal pertama yang aku pikirkan tentang Cheerleading atau Cheerleader adalah: KUNING. Yak, warna kuning yang identik dengan keceriaan. Ditilik dari namanya pun; Cheer berarti ceria :D lalu imajinasiku pun membentuk suatu kelompok cewek-cewek yang berkuncir kuda memakai pita dan rok pendek yang bertumpukkan membentuk pola piramid ke atas. Dan cewek yang berdiri di puncak merentangkan kedua tangan yang memegang pom-pom sambil tersenyum lebar. Atau melakukan gerakan salto terlebih dahulu.

    Ah, kayaknya aku terlalu keracunan film Bring It On series XD

    Aku, tidak seperti orang-orang kebanyakan yang salah paham tentang cheerleaders, aku malah sangat tertarik dan agak addicted kalau berhubungan tentang olahraga yang identik dengan 'cewek centil' itu. Bahkan sebelum menonton Bring It On, aku sudah menyukai cheerleading. Tapi, sebatas menyukai, aku tidak berminat bergabung menjadi anggota cheers karena aku ini hijabers, ntar malah ditendang dari rumah kalau ketahuan gabung XD Aku semakin cinta sama cheers setelah menonton Bring It On series secara maraton. Dari situ aku tahu, cheerleading tidak sedangkal kelihatannya. Seperti penjelasan diatas, menjadi cheerleaders itu penuh perjuangan. Dari film itu aku sudah melihat bagaimana beratnya latihan dan bagaimana persaingan antar kelompok Cheers yang begitu ketat dan cenderung tidak sehat. Dan, setelah membaca cerita kak Atria yang mewawancarai Dika, ternyata benar. Berarti film Bring It On memang benar2 menggambarkan dunia cheerleaders di Amerika--atau bahkan dunia. Kak Atria, coba nonton deh, dijamin gak nyesel! #malahpromo
    dan cheerleading itu kompak banget, dan tali persahabatannya juga kuat! Aku benar2 mengagumi cheerleading dan salut kepada cheerleaders ^^ terlebih saat ada novel yang menceritakan tim Cheers beranggotakan cowok semua!! Wohoo, its cool, man!!!

    Link share: https://twitter.com/meliarawr/status/465473850071732225
    @meliarawr

    BalasHapus
  39. Kak Atria, aku ikutan ya :))
    Makasih :)

    Apa sih yang kamu pikirkan pertama kali tentang Cheerleading atau Cheerleader?
    Setelah baca blogpost ini apa pendapat kamu tentang Cheerleading?

    Yang pertama kali aku pikirkan tentang Cheerleader atau Cheerleding enggak beda sama yang Kak Atria tebak :D
    Aku pikir, isinya sekeumpulan cewek-cewek cantik, populer dan disukai banyak cowok kayak di sinetron-sinetron atau novel-novel :D <- Korban sinetron dan novel :3
    Tapi emang dari pengalamanku bener gitu sih kak, soalnya waktu aku SMP itu, ada ekskul cheerleding, eh yang jadi anggotanya cewek-cewek populer dan cantik, pemilihannya juga langsung dipilih aja, enggak pakai audisi-audisian segala :3
    Emang sih waktu aku SMP cheerleadernya enggak cuma cewek semua, ada cowoknya juga, jadi aku enggak begitu kaget kalo ada cheerleader cowok :P

    Dan pendapat aku setelah baca postingan kakak ini, merubah pandanganku tentang cheerleading :D
    Postingan kakak itu PAKET KOMPLIT :D
    Ternyata enggak semua cheerleading itu isinya cewek-cewek cantik nan populer :D
    Jadi cheerleader itu juga butuh perjuangan, butuh latihan yang keras, dan butuh ketahanan mental karena seringnya dapet cemooh orang-orang sekitar :)
    Baru tau juga ada kompetisi Indonesian Cheerleading Association National Championship (ICANAC) di Indonesia :D
    Semoga aja olahraga cheerleding di Indonesia bisa lebih terkenal di Indonesia atau dunia :) *tentunya dengan pakaian yang sesuai budaya orang Indonesia :D*

    Ila Aulia Rahmah
    @ilaciouss
    https://twitter.com/ilaciouss/status/465535698766819328

    BalasHapus