Selasa, 22 April 2014

The After Dinner Mysteries




"Kalau dikatakan bunga mawar, tentu saja itu adalah...."'perasaan yang kuatlah'!'perasaan yang kuat' yang merah membara! Api 'cinta' yang membakar jiwa dan raga! Pasti pelakunya adalah seseorang yang sangat mencintai Takahara Kyoko, kan?" (hal. 121)


Penulis: Higashigawa Tokuya
Penerjemah: Khairun Nisak
Penyunting: Novianita

Proofreader: Dini Novita Sari
Ilustrator: @teguhra
Penerbit: Haru
Cetakan: Pertama, Februari 2014
Jumlah hal.: 291 halaman
ISBN: 978-602-7742-29-1

“Menyelesaikan kasus sepele seperti ini saja tidak bisa, apakah Tuan Putri sebenarnya bego?”
Kenapa ada mayat bersepatu bot di kamar yang berlantai kayu?
Kenapa ada racun dalam botol anggur yang masih tertutup rapat?
Kenapa ada mayat yang tinggi badannya bisa menyusut?

Hosho Reiko adalah putri tunggal pemilik Grup Perusahaan Hosho yang kaya raya. Gadis ini harus menyelesaikan berbagai kasus pembunuhan yang misterius itu bersama atasannya, Komandan Kazamatsuri. Sialnya, Komandan Kazamatsuri ini tidak bisa diandalkan!
Reiko yang belum lama menjadi penyelidik di Kepolisian Kunitachi akhirnya hanya bisa mengeluh pada pelayannya, Kageyama.

Namun, pelayan tampan ini justru mengejeknya habis-habisan. Tapi, mau bagaimana lagi.... Hanya Kageyama yang bisa memecahkan misteri kasus-kasus pembunuhan itu dengan analisis jitunya.
Nikmati tingkah konyol mereka dalam tujuh cerpen komedi detektif ini!

***
Buku ini berisi kumpulan cerita detektif dengan tokoh utamanya, Hosho Reiko, dan pelayannya, Kageyama. Reiko adalah seorang tuan putri, ia adalah puteri tunggal dari pemilik usaha yang sangat besar. Namun ia pun kukuh ingin menjadi detektif. Namun uniknya, tokoh ini masih terus hidup nyaman di bawah fasilitas yang diberikan ayahnya. Ini cukup berbeda dengan cerita-cerita lain. Biasanya jika tuan putri menolak untuk membantu usaha orang tuanya mereka harus keluar dari rumah dan melepaskan segala fasilitas jika masih bersikeras mengejar keinginan/cita-cita pribadinya.

Di buku ini, kita akan menemukan dua tokoh lain yang porsinya cukup besar yakni Komandan Kazamatsuri, pimpinan Hosho Reiko di Kepolisian Kunitachi; dan Kageyama, pelayan Hosho Reiko. Kageyama masih tergolong sebagai pelayan baru. Ia bertugas sebagai supir, dan pelayan pribadi Hosho Reiko. Namun berbeda dengan pelayan lainnya, Kageyama sering kali berkata dengan cukup keras dan menyinggung hari Hosho Reiko. Namun Hosho Reiko lama-lama kelamaan tidak bisa marah kepada Kageyama karena ia membutuhkan kecerdasan Kageyama dalam memecahkan kasus.

Kageyama bagi saya sangat hebat karena tanpa perlu melihat langsung mayat dan TKP ia bisa mengetahui pelaku kejahatan tersebut. Informasi yang ia terima dari cerita Hosho Reiko ternyata sudah sangat memadai baginya untuk menganilisis dan menemukan pelakunya. Saya merasa apakah ini cara penulis menunjukkan bahwa sebenarnya dalam memecahkan kasus kejahatan logika dan sistematika berfikir sangat penting.

Dalam buku ini ada 7 kasus pembunuhan dan ketujuh-tujuhnya berhasil dipecahkan dengan bantuan Kageyama. Menariknya sampai akhir saya masih terus bertanya-tanya tentang siapa sosok Kageyama ini? Dengan kecerdasan seperti itu kenapa ia jadi pelayan? Lagipula jika ia serius ingin menjadi pelayan kenapa ia sering sekali menyindir bahkan menghina Hosho Reiko, majikannya?? 

Satu yang agak mengganggu saya yakni pengulangan tentang latar belakang Hosho Reiko dan Komandan Kazamatsuri  sebagai orang kaya di setiap awal cerita. Ini membuat saya menebak bahwa awalnya cerita-cerita ini diterbitkan secara serial di sebuah majalah. Itulah kenapa pengulangan latar belakang ini selalu terjadi. *tebak-tebak tak berhadiah*

Oiya, dari 7 kasus yang ada di dalam buku ini saya paling suka dengan cerita Mempelai Wanita Berada dalam Ruangan Terkunci. Ini karena korban mengenal Hosho Reika secara personal. Selain itu, dalam kasus ini Kageyama muncul secara langsung untuk membantu tuan putrinya. Serta bagaimana Hosho Reiko malah dianggap menjadi salah satu tersangkanya (^_^)v

Ini adalah sebuah buku detektif yang ringan. Bagi yang ingin mencicipi genre detektif-detekifan namun masih asing dengan genre ini, maka buku ini layak untuk dicoba. Ringan, namun mengasah kemampuan berfikir dan berlogika. (^_^)v

Oiya, untuk sampul gambarnya sudah cukup menarik, tapi penulisan judul dan pengarang kurang bagus karena tidak bisa dibaca langsung saat berdiri cukup jauh dari display toko (^_^)v

Tapi, secara keseluruhan buku ini menarik menurut saya. Jika harus memberi bintang, saya memberinya 3 bintang.

1 komentar:

  1. Ughh... sebeeell... sampek sekarang aku belom punya ini buku. Lagi ngumpulin duit... hwehee... ikutan GA-nya nggak pernah menang siihh... Makin pengen beli dehh, sehabis baca ini review

    BalasHapus