Senin, 14 April 2014

Recommendation for You dari Peri Hutan



Dalam rangka Anniversary BBI yang ketiga, BBI-ers mengadakan kegiatan seru. "Guest post", ini moment dimana anggota BBI saling mengunjungi dan berkenalan dengan anggota lainnya. Untuk kegiatan ini, saya berkesempatan menerima mbak Sulis, Peri Hutan nan cantik yang sudah lama melanglang buana di dunia blog buku ini. *saya mah junior* 
Yuk, baca postingan dari Mbak Sulis ini. Kita akan bisa "icip-icip" berbagai menu buku dari Mbak Sulis
 


Recomendation For You
 
Hai Halo, sebelumnya mau minta maaf ya sama si empunya blog karena saya agak lelet menyetor postingan untuk program Guest Post di blog member BBI yang lain, biasa sok sibuk :D. Awalnya saya agak bingung, ini kok nggak diwawancara ya sama Atria? Setelah saya mencerna lagi rules dari event ini dan tanya ke Oky ternyata saya harus membuat postingan, nggak hanya diwawancarai, entah itu review atau non review di blognya Atria. Bingung lagi deh postingan apa yang harus saya buat :D. Kalau review udah biasa, saya ingin postingan yang berbeda, mumpung jadi tamu di blog lain :p. Saya ambilah salah satu postingan yang cukup sering saya buat (yah walau nggak sering-sering amat :p) di Kubikel Romance, yaitu Recommendation for You.

Recommendation for You sendiri terinspirasi dari program MTV yang bernama MTV Tripel Play, salah satu program acara yang saya sukai jaman kecil dulu. Acara tersebut menyajikan tiga buah video musik yang memiliki kesamaan, misalnya saja dari segi setting yaitu pantai, ketiga video tersebut mengambil lokasi di pantai. Bermula dari sanalah saya ingin membuat postingan seperti itu tapi dalam hal ini yang berhubungan dengan buku karena saya sering sekali menemukan kesamaan antara satu buku dengan buku yang lain, saya ingin mengumpulkannya jadi satu.

Mulailah saya mengumpulkan buku yang memiliki kesamaan, baik itu genre, cover, karakter, ide cerita, setting, plot, dan masih banyak lagi, semua berfokus dengan kesamaan yang ada di dalamnya. Misalnya saja yang sudah pernah saya buat di blog; Buku Non Fiksi Yang Nggak Basi, berisi buku-buku non fiksi yang saya suka, dalam hal ini kesamaannya adalah genre. Sebelumnya saya anti banget dengan buku non fiksi, nggak tertarik sama sekali, tapi ada kalanya saya terkesima dan menelan ucapan saya yang meremahkan kalau buku non fiksi itu itu nggak asik, saya buat lah daftar buku non fiksi yang menurut saya recommended banget. Kedua adalah Buku-Buku yang Bikin Mrebes Mili, ketauan dari judulnya kalau buku-buku yang saya kumpulkan di sini adalah cerita sedih, yang bikin saya nagis megeb-megeb sewaktu membacanya. Ada juga tentang Buku-Buku Yang Bikin Lapar Akan Cinta dan Makanan, postingan ini berisi buku romance yang ada cerita kulinernya, saya terobsesi dengan cerita cinta yang berbau masakan di dalamnya, gara-gara nonton master chef saya jadi berandai-andai pasti kisah cinta yang bersetting di dapur bisa jadi romantis banget :). Dan terakhir adalah Recommendation To New Readers, buku-buku yang saya tulis di sini adalah buku-buku yang cocok bagi pemula untuk mengawali hobi membaca, saya ambil dari pengalaman saya sendiri :D.

Yah, emang baru keempat postingan di atas, sebenarnya masih banyak lagi tema yang ingin saya ambil seperti; Buku-Buku Tentang Tips Menulis, After 30 Years (sepasang sahabat berjanji kalau sampai umur 30 tahunan belum menikah maka mereka memutuskan akan menikah bersama), Sick Lit (buku-buku di mana tokoh utamanya mengidap suatu penyakit), Buku-Buku Yang Minta Ditendang, Buku Yang Memiliki Cover Mirip Dengan Buku Lain, dan sebagainya. Kendalanya adalah semua buku yang saya masukkan di dalam recommendation for you ini adalah buku yang sudah saya baca atau ada di tangan (mau dibaca), karena saya nggak akan tahu kesamaannya kalau nggak membaca itu semua bukan? Jadi kendala terbesar adalah saya harus rajin membaca lagi, dan itu perlu waktu lama melihat saya orangnya angin-anginan dan kadang mood baca saya berubah-ubah.

Itulah salah satu fitur yang ada di Kubikel Romance yang ingin saya kenalkan kepada pembaca blog My Little Library, jangan sungkan untuk berkunjung dan meninggalkan jejak ya :)

Salam sayang,
@peri_hutan

https://mail.google.com/mail/u/0/images/cleardot.gif
Nah, itu tadi blogpost dari Guest saya yang kali ini bertamu dalam rangka Guest Post BBI Anniversary Project. Mbak Sulis sang peri_hutan ini bisa kita tengok di Kubikel Romance miliknya. Yuk kenalan lebih jauh lagi dengan Mbak Sulis lewat interview singkat saya dengannya. (^_^)


Mbak Sulis sang Peri_hutan




1.       Perkenalkan donk diri mbak Sulis ke pembaca. Siapa? Kesibukan? Hobby?
Halo, perkenalkan aku Sulis dari blog Kubikel Romance. Bergolongan darah AB, bershio naga, berzodiak sagitarius. Kesehariannya bekerja sebagai 'Juru Rawat' di sebuah rumah sakit swasta tempatku tinggal, yaitu di Sragen. Hobi selain baca adalah nonton film dan mendegarkan musik, sesekali ngemall :D

2.       Sejak kapan Mbak Sulis suka baca buku? Kenapa? Trus gimana ceritanya sampai bikin blog buku?
Sejak kecil udah baca buku, buku pelajaran =)). Bener-bener serius baca adalah awal kuliah, suntuk dengan pelajaran yang ada aku lari ke rental buku, pinjem beberapa lama lama jadi pelanggan setia, berlanjut sampai sekarang. Baca itu asik, buku bisa jadi teman setia, dia nggak pernah ngeluh, menerima kondisi kita apa adanya, baik seneng, susah dia selalu menerima kita, nggak ada kata kesepian kalau udah ada buku.
Awalnya bikin blog biasa, berisi macam-macam, segala sesuatu yang berhubungan dengan yang aku suka. Band favorit, cerita pendek, kegiatan sehari-hari, review buku, dsb. Kenal orang-orang yang suka baca dari twitter dan mereka memiliki blog buku. Pas BBI baru terbentuk aku diajak bergabung sama Ana dan Ally, awalnya nggak mau karena nggak mau membuang postingan yang udah ada diblogku, setelah dibujuk dan nggak perlu membuang semuanya, baru lah terpikirkan untuk ikut bergabung. Aku pindahin review yang ada di goodreads karena awal mula nulis review adalah di goodreads, walau singkat. Lama kelamaan bisa mengembangkan dari singkat itu menjadi lebih panjang, bahkan malah kepanjangan =))

3.       Kapan gabung di Blogger Buku Indonesia? kenapa?
Sejak kapannya aku lupa, yang jelas dari pertama udah ikut bergabung, diajak Ana dan Ally itu tadi, yang awalnya dari grup facebook sekarang udah berkembang pesat, membernya aja udah dua ratusan. Di BBI aku menemukan sebuah komunitas yang kegiatannya emang aku suka banget, seperti menemukan apa sih kesukaanku sebenarnya, yaitu mengulas kembali apa yang aku baca dari sebuah buku, apa sih cerita singkatnya dan kenapa aku suka atau nggak suka dengan buku tersebut, ingin sharing ke orang lain kalau buku ini tuh bangus banget, layak banget kamu baca, kasian banget buku tersebut kalau hal bagus nggak di share ke orang lain.

4.       Apa buku yang paling berkesan yang pernah Mbak Sulis baca?
Banyak banget, ini sering banget aku ulas di blog, coba aja cari di postingan favorite authors karena sebagian besar buku mereka pasti berkesan bagiku, atau cari di #5BukuDalamHidupku :). 

5.       Ada nggak buku yang dari dulu pengen banget dibeli sama Mbak Sulis tapi sampai sekarang gak kesampaian?
Banyak juga, maklum #KutuBokek =)). Misalnya seri The Selection, Fahrenheit 451, keduanya buku dystopia, lagi gencer-gencernya baca genre tersebut :)

6.       Punya harapan-harapan apa nih buah BBI yang sekarang sedang merayakan hari jadinya yang ke-3?
Harapannya semoga lebih baik lagi dari sebelumnya, anggotanya selain bertambah banyak juga aktif dan saling kenal, minimal saling blogwalking lah biar tambah akrab :) Lebih banyak dikenal orang dan bisa bermanfaat untuk orang lain :D

Akhirnya jadi lebih kenal dengan Mbak Sulis. Terima kasih sudah berkunjung dan meramaikan blog saya. Jangan kapok main ke sini ya. Mudah-mudahan saya sudah jadi tuan rumah yang baik. He..he..
Dan terima kasih untuk pilihan menu bukunya yang menarik untuk dicicipi. Bisa jadi alternatif pilihan untuk beli buku berikutnya (^_^)v

3 komentar:

  1. Halo Mbak Sulis, ini penggemar blog Anda jauh jauh datang di mari ^_^
    Oh, Mbak SUlis itu AB. Pantesan orangnya rame ^_^
    Mau mengulang pengakuan, deh. Kubikel Romance itu blog buku pertama yang saya subscribe biar update terus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. awwwwww, makasih banyak Amaya *peluk-peluk* :)

      Hapus
    2. wah, penggemar yang setia..jadi iri (>_<)

      Makasih ya Mbak Sulis sudah menjadi tamu saya..
      Maaf kalau belum jadi tua rumah yang baik..

      Hapus