Jumat, 10 Januari 2014

Liebster Blog Award


Hari ini saya di-tag dua kali untuk menjawab pertanyaan "Liebster Blog Award". Pertama oleh Mbak Stefanie Sugia (Bookie Looker) dan kemudian oleh Arian "ABO" Syah (AriansyahABO). Setelah sempat menghilang dan kesulitan bertemu dengan sinyal internet, akhirnya saya berhasil bercengkrama akrab dengan sinyal internet. Maka sesegera mungkin saya berusaha menjawab postingan Liebster Blog Award yang mencolek saya untuk menjawab sejumlah pertanyaan.

Oiya, sekedar info "Liebster Blog Award" ini adalah sebuah "perkenalan" berantai yang saya tidak tahu sumbernya pertamanya (penggagas). Dalam "Liebster Blog Award" ini setiap orang diminta menjawab 10 pertanyaan yang diajukan oleh blogger lain yang men-tag-nya. Setelah menjawab 10 pertanyaan tersebut, orang yang di-tag harus mengajukan 10 pertanyaan dan men-tag 10 orang lain untuk menjawab pertanyaan2 tersebut. Selain jawaban dan pertanyaan, setiap blogger diminta menuliskan random facts tentang dirinya. Maka jelas bahwa ini adalah cara agar para Blogger Buku bisa benar-benar saling mengenal satu sama lain. (^_^)

Sekarang, saya akan mulai menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada saya.
Pertama adalah 10 pertanyaan dari Mbak Stefanie Sugia (Bookie Looker)

1. Sebagai seorang pembaca, pernahkah kamu memotivasi orang lain untuk membaca?
Iya, pernah. Dan sejujurnya saya memang suka mempengaruhi orang untuk suka membaca. Paling seru waktu pertama kali berhasil meracuni salah satu teman kuliah untuk membaca, dan tahu2 dia akhirnya jadi saingan saya dalam menimbun buku. Dan koleksi dia bikin saya iri, mengingat budget uang jajan dia jauh lebih banyak daripada saya. Ha..ha.. 
2. Jika kamu suka baca buku, apakah pernah terpikir untuk menjadi seorang penulis?
Saya memang terpikir jadi penulis. Tapi belum kesampaian. Selain itu karena sudah banyak membaca dan me-review *dan memprotes*, maka saya jauh lebih banyak tuntutan kepada diri saya sendiri. Dan hasilnya sebelu ditulis sudah diedit di kepala. Dan ujung-ujungnya malah nggak jadi ditulis. He..he..
3. Apa yang membuatmu tertarik dengan sebuah buku?
Cover & blurb yang menarik
4. Serial buku apa yang menjadi favoritmu? (Boleh lebih dari satu)
Harry Potter. Komik termasuk nggak? kalo termasuk saya suka Kungfu Boy dan Skip Beat (^_^)v
5. Saat membaca sebuah buku, lebih suka kisahnya disampaikan dari sudut pandang pertama atau ketiga?
Hm..saya nggak terlalu pemilih soal POV, selama penulis pintar merangkainya. Tapi saya cenderung lebih mudah terbawa kalau pakai sudut pandang orang pertama.
6. Cerita seperti apa yang akan kamu buat jika kamu adalah seorang penulis?
Hm..tentang kehidupan para pahlawan yang difiksikan tapi berdasarkan sejarah sebenarnya dan dengan gaya bahasa anak muda. Biar generasi muda bisa baca lebih banyak tentang pahlawan mereka tanpa perlu berfikir "ih..bacaan sejarah kan susah".
7. Jika sudah terlanjur membeli buku serial sampai lengkap dan ternyata kecewa dengan buku pertamanya, apa yang kamu lakukan? Lanjut membaca sampai habis atau tidak?
Tetap dibaca tapi menunggu hingga kembali tertarik membaca seri itu. Ha..ha.. Dan itu bisa butuh beberapa hari hingga berbulan-bulan untuk kembali tertarik membaca buku tersebut (^_^)v
8. Sebutkan judul buku yang mengubah hidupmu. (Boleh lebih dari satu)
Aduh, ini saya bingung. Nggak banyak buku yang mempengaruhi saya. Karena saya termasuk pembaca yang gampang move-on dari buku. Hm..mungkin buku-buku tentang kisah hidup pahlawan R.Dewi Sartika dan RA Kartini kali yah. Soalnya saya jadi malu dan termotivasi untuk lebih berbuat banyak dan menulis lebih banyak.
9. Apa yang menjadi motivasimu untuk membuat sebuah blog buku?
Karena saya suka membaca buku dan sering kali lupa, jadi saya pikir menulis review saya di blog bisa membantu saya untuk ingat kembali saat membaca postingan review saya. Dan jujur saya jatuh cinta dengan Event Secret Santa 2012 yang diadakan BBI dan ini memperbesar bisikan untuk membuat blog buku.
10. Lebih suka membaca buku berbahasa Inggris atau Indonesia?
Indonesia!!!! saya nggak pintar *dan malas* baca buku berbahasa Inggris. (^_^)v


Dan ini daftar pertanyaan kedua dari Arian "ABO" syah (AriansyahABO):
  • Buku yang paling ingin kamu baca sekarang?
Hm..bingung karena banyak. Kalau dalam pekan ini, saya tertarik dengan A Prisoner of Birth karya Jeffrey Archer.
  • Sad ending, Happy ending atau cliffhanger ending?
Happy Ending!!!
  • Edward Cullen atau Peeta Melark?
Nggak dua-duanya. Ha..ha.. lebih suka Jacob.
  • Lebih suka baca buku sambil ngemil atau sambil dengerin musik?
Dua-duanya. Tapi lebih sering sambil ngemil
  • Buku yang paling menjadi favoritmu selama ini?
Karya-karya Jodi Picoult dan Harry Potter tentu saja. He..he..
  • Pernah baca buku yang bikin kesel setengah mati? Judulnya?
Pernah, judulnya Semata Cinta karya Chacha Thaib. Buku itu terlalu cengeng dalam cerita LDR yang cuma Bandung-Jakarta dan tokoh perempuan yang usianya sudah 20 tahunan.
  • Paperback atau hardcover?
Lebih suka paperback sih biar gampang dibawa ke mana-mana. Kalau hardcover lebih cocok untuk dikoleksi dan disimpan manis di lemari.
  • Apa judul buku yang menurutmu paling sukses ketika diadaptasi jadi film?
The Lord of The Rings
  • Dan apa film adaptasi dari buku yang paling mengecewakan menurutmu?
My Sisterkeeper karya Jodi Picoult! Kenapa sih endingnya diubah!!! *ngomel-ngomel*
  • Metropop atau Amore?
 Metropop. Soalnya Amore masih teenlit banget dan saya sudah tidak terlalu tertarik dengan teenlit.


Nah, itu adalah jawaban-jawaban saya. Sekarang berbagi random facts tentang diri saya sendiri.
- saya suka baca buku di kamar mandi (>_<)
- saya suka baca novel dewasa meskipun jilbab saya "kata orang" cukup gede. Orang-orang berfikir saya terlalu alim untuk membaca buku-buku genre itu.
 - tidak akan bisa tidur kalau tidak baca buku dulu. Dan kalau buku yang dipilih ternyata menarik sekali, saya malah jadi tidak tidur sampai buku itu tamat. He..he..
-selalu gagal membeli buku sesuai rencana. Lebih sering beli spontan saat di toko buku.
-suka nulis diary di laptop dan file-nya di password, tapi kemudian lupa sama passwordnya. (-_-")

Sudah, ah segitu saja postingan saya. Sekarang waktunya saya menodongkan 10 pertanyaan kepada 10 orang blogger lain.
1. Sejak kapan suka baca buku?
2. Buku apa yang sudah lama masuk di wishlist tapi belum kesampaian sampai sekarang?
3. Siapa penulis favorit kamu dan kenapa suka dengan dia?
4. Apa judul buku yang paling tua yang ada di rak buku kamu?
5. Buku apa yang paling ingin kamu wariskan ke anak-cucumu? Kenapa?
6. Siapa tokoh yang paling kamu sukai dari dalam semua buku yang pernah kamu baca?
7. Buku apa yang mencerminkan kehidupanmu?
8. Suka dengar musik saat membaca? Kalau iya, lagu apa yang paling sering kamu dengarkan saat baca buku?
9. Buku paling tebal yang pernah kamu baca?
10. Apa yang paling mempengaruhi untuk membeli sebuah buku, cover atau blurb?

Di atas adalah daftar pertanyaan dari saya untuk kesepuluh orang blogger yang saya tag. Semoga kesepuluh orang ini belum di-tag oleh yang lain.
1. Aulia  The Black in The Book || @blackinbook
2.Perdani Melihat Kembali || @daneeollie
3. Busyra Bacaan B.Zee || @bzee_why

4. Inge Bacaan Inge || @noninge
5. Melisa Surga Bukuku || @melmarian
6. Desty desty baca buku || @destinugrainy
7. Orinthia Orinthia's Bookshelf || @orinthiaLee
8. asdewi Through Tinted Glass || @asdewi
9. Nanny nannia mini library || @nann_ya
10. Winda Scorfi roem:pi boekoe || @ @windascorfi

Saya harap setelah dijawab, teman2 yang saya tag bisa memention saya via twitter bersama link blogpost jawaban pertanyaan  Liebster Blog Award dari saya. Selamat menjawab (^_^)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar