Senin, 27 Januari 2014

10 Dongeng Binatang






Judul Asli: The Lion Book of Animal Stories
Penulis: Elena Pasquali
Ilustrasi oleh Nicole Smee
Penerjemah: Agus Mardiyanto
Editor: Jenny Hari-Bernadus, Santoso sri Buwono
Setter & Adaptasi Desain Sampul: Kristian Suryatna
Penerbit: Libri (PT BPK Gunung Mulia)
Cetakan: I, 2011
Jumlah hal.: 46 halaman
ISBN: 978-979-687-850-5
Sepuluh dongeng binatang yang bijak dan jenaka ini dikumpulkan dari seluruh dunia. Kini dapat diceritakan dalam dua menit dengan bahasa yang sederhana dan gambar yang menarik. Dongeng-dongeng bintanga ini mengajak kita bergembira melalui tiap kisahnya!

These ten wise and witty tales have been gathered from all over teh world. Now, they are here retold in two minutes with simple words and appealing pictures. The animal stories make us playfuly by each stories!
***
Buku ini diceritakan dengan menggunakan dua bahasa atau bilingual, Bahasa Indonesia dan Inggris. Dengan bentuk buku yang besar, hardcover, ilustrasi di setiap halaman membuat buku ini menarik untuk dibaca sendiri oleh anak-anak.
Ada 10 cerita di dalamnya:

Semua cerita tersebut adalah fabel. Cerita dimana hewan menjadi tokoh utamanya dan mereka bisa berbicara layaknya manusia. Semua cerita ditulis dalam dua bahasa. Namun sayangnya, bahasa Inggris di tempatkan di bawah dengan ukuran tulisan yang cukup kecil.
***
Dari kesepuluh cerita di dalam buku ini, yang menjadi favorit saya adalah cerita kelima yakni Menghitung Keledai. Dalam cerita ini ternyata yang bodoh bukanlah si keledai melainkan manusia pemiliknya. Kenapa? Dia bolak balik menghitung keledainya dan setiap kali dia menghitung dari atas keledai, keledainya kurang satu. Namun saat ia turun dari keledainya dan mencari keledai yang hilang, maka seketika keledai yang hilang sudah muncul lagi. Tahukah kau kenapa begitu?? (^0^)v


Oiya, dongeng Pesta Para Buaya sangat mirip lho dengan cerita Si Kancil yang lazim diceritakan di Indonesia. 

Beberapa nilai plus dari buku ini adalah covernya yang hardcover namun lembut jadi tidak berbahaya bagi anak. Tulisan yang besar dan ilustrasi gambar yang ada di setiap halaman membuat buku ini bisa digunakan untuk medongeng sambil memperlihatkan gambar pada anak sehingga mereka akan semakin terbantu untuk memahami cerita dalam buku ini. Buku ini juga menyebutkan negara tempat cerita-cerita ini berasal.

Dan yang sangat saya sukai dari buku ini adalah cerita-ceritanya membantu anak-anak untuk semakin mudah mengidentifikasi hewan-hewan tertentu seperti Zebra, Babon, Landak,

Satu hal yang saya sayangkan adalah cerita yang dituturkan dalam bahasa Inggris, diletakkan di bawah dengan ukuran huruf yang kecil-kecil sehingga anak tidak akan merasa tertarik membaca bagian berbahasa Inggris tersebut. Padahal jika tujuan buku ini dibuat menjadi bilingual adalah untuk membuat anak familiar dengan bahasa Inggris, maka dengan setting seperti itu, maka tujuan akan sulit terpenuhi.
Hm, jika harus menyematkan bintang pada buku ini, maka saya memberinya 4 bintang (^_^)v
 ***

Review ini diikutsertakan dalam Event Baca Bareng BBI 2014

Dan Reading Project dan Reading Challenge Berikut:




2 komentar:

  1. Lucu itu yang Menghitung Keledai. LOL.. =D
    Btw, kita baca buku dari penerbit yang sama ya. Dpt buku ini dari mana?

    BalasHapus
  2. wuih..bukunya unyu! ;)

    @lucktygs
    http://luckty.wordpress.com/2014/01/30/review-the-frog-princess/

    BalasHapus