Selasa, 31 Desember 2013

Takoyaki Soulmate




 

Penulis: Erlita P
Editor: Anin Patrajuangga & Fanti Gemala
Desain sampul & Ilustrasi: Ivana PD & Lisa Fajar Raina
Penata isi: Lisa Fajar Riana
Penerbit: Grasindo
Cetakan: 2013
Jumlah hal.: 210 halaman
ISBN: 9789790819702

Maya memasuki dunia yang berbeda dengan dunia yang dikenalnya selama ini. Di Kaguya’s Corner, ia belajar bekerja. Bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang yang baru dikenalnya. Dari mulai pemilik kafe, juru masak, karyawan lainnya hingga pengunjung kafe.

Setiap hari adalah pengalaman baru. Setiap menu yang tersaji menyimpan episode ceritanya sendiri.Terutama menu Takoyaki Soulmate yang menjadi andalan Kaguya’s Corner. Ada cerita sukacita, duka, persahabatan, dan juga cinta. Membuat meringis, tersenyum, bahkan tertawa lebar. Terutama bila berhasil menjadi “Tweet of the Week”. Siap menjadi tempat persinggahan untuk melepas lelah atau menjalin cerita. Terutama untuk menikmati seporsi Takoyaki Soulmate!
***
Novel ini bercerita tentang tokoh Maya yang bekerja sambilan di Kaguya’s Corner. Ia bekerja selama libur kuliah untuk mengisi kekosongan yang ia rasakan. Ia merasa dirinya menjadi sosok yang berbeda karena perceraian orang tuanya. Ini membuat hubungan dia dan sahabat-sahabatnya menjadi berbeda.

Bekerja di Kaguya’s Corner memberi Maya pengalaman baru

Book Kaleidoscope 2013: 5 Buku terfavorit di 2013

Hm..postingan kali ini sebagian saya tulis di smartphone dalam perjalanan menuju bandara. Kalau beberapa hari ini, postingan saya dalam bentuk schedule maka kali ini mencoba posting via app blogger di telepon pintar saya.
Jadi mohon maaf jika tampilannya tidak menarik dan minus gambar2 dan link2 yg seharusnya ada.
 Postingan ini saya buat untuk ikut dalam Book Kaleidoscope 2013 yang digagas Mbak Fanda.
Nah, ini dia 5 Buku terfavorit saya di 2013:
 
1. Misteri Soliter



Buku ini adalah buku yg ringan namun muatannya "berat". Kenapa ringan, karena sudut pandanganya adalah sudut pandang seorang anak2, namun pertanyaan2 yang dia munculkan sangat dalam.
Sebut saja dia filsuf kecil yang merupakan anak dari filsuf jalanan. Menarik dan mencerahkan.

2. Wonder


Saya benar-benar jatuh cinta dengan karya RJ Palacio ini. Tema yang diangkat menarik. Cara bercerita juga menarik. Sudut pandang yang banyak, membuat saya merasa "kaya" dalam usaha saya memahami apa yang dialami oleh August dan orang-orang di sekeliling August.
Kesadaran bahwa orang-orang seperti August benar-benar ada dunia ini membuat saya merasa harus memberi hormat atas ketangguhan mereka.
Saya percaya bahwa yg dikatakan August benar, bahwa setiap orang berhak merasakan moment di mana semua orang ber-standing applause untuknya.

3. CineUs


Karya ini membuat saya menikmati apa yang saya. Saya juga merasa senang karena ditengah-tengah novel yang ditujukan untuk remaja Indonesia ada karya yang tidak bernuansa cengeng dan cinta2an ala drama Korea.
Novel2 seperti ini mungkin tidak bisa disamakan dengan novel Pulang. Namun, bagi saya buku ini jadi salah satu oase dalam bacaan bergenre teenlit karya anak negeri ini.

4. Dewi Sartika


Hm..buku ini memang bukan novel, melainkan sebuah biografi. Namun buku ini memberi saya kepuasan besar. Pertanyaan-pertanyaan saya tentang Raden Dewi Sartika mulai terjawab. Perjuangan menemukan buku ini pun tidak mudah.
Maka wajar rasanya jika saya menjadikannya buku favorit saya di 2013.

5. Penghancuran Buku dari Masa ke Masa.


Buku ini saya nobatkan sebagai buku favorit saya di 2013. Ini ditunjang oleh sampul yang unik dan pembahasan yang lengkap dan teratur. Meski berbicara cukup panjang, tahapan2 masa dan kejadiannya cukup runtut dan mudah diikuti meski banyak kata-kata yang masih kurang familiar bagi saya sampai akhirnya saya harus mengeceknya di KBBI. Tapi worth it kok.
Buku ini memang bukan novel, dan memang gaya  bahasanya sangat formal. Namun cerita-cerita yang diungkapkan sangat menarik untuk di-googling lebih jauh. Yah, meskipun belum berhasil saya tamatkan, tapi saya sangat suka dengan pengetahuan yang saya temukan di dalam buku ini.

Nah, itu dia 5 buku favorit saya di tahun 2013 ini. Kalau buku favorit kamu apa??

Roma




Penulis: Robin Wijaya
Editor: Ibnu Rizal
Proofreader: Alit Tisna Palupi
Penata letak: Dian Novitasari
Desain sampul: Jeffri Fernando
Ilustrasi isi: Ayu Laksmi
Penerbit: Gagas Media
Cetakan: Pertama, 2013
Jumlah hal.: x+374 halaman
ISBN:  979-780-6146

Pembaca tersayang,

Banyak jalan menuju Roma. Banyak cerita berujung cinta. Robin Wijaya, penulis novel Before Us dan Menunggu mempersembahkan cerita cinta dari Kota Tujuh Bukit.

Leonardo Halim, pelukis muda berbakat Indonesia, menyaksikan perempuan itu hadir. Sosok yang datang bersama cahaya dari balik sela-sela kaca gereja Saint Agnes. Hangatnya menorehkan warna, seperti senja yang merekah merah di langit Kota Roma. Namun, bagaimana jika ia juga membawa luka?

Leo hanya ingin menjadi cahaya, mengantar perempuan itu menembus gelap masa lalu. Mungkinkah ia percaya? Sementara sore itu, di luar ruang yang dipenuhi easel, palet, dan kanvas, seseorang hadir untuk rindu yang telah menunggu.

Setiap tempat punya cerita. Roma seperti sebuah lukisan yang bicara tanpa kata-kata.

Enjoy the journey,

EDITOR
***
Cerita di buka dengan prolog yang belum menghadirkan tokoh utamanya. Melainkan memberi gambaran tentang impian dan hal yang dihargai oleh tokoh utama laki-laki, Leonardo Halim (yang akrab disapa Leo). The Lady adalah sebuah masterpiece baginya yang hanya dibagikan ke publik untuk dipandangi namun tidak untuk dimiliki. Kelak pembaca akan tahu bahwa The Lady akan menjadi sebuah jembatan tak kasat mata atas cerita ini.
Novel ini mengangkat kisah tentang Leo, seorang pelukis yang sangat mengagumi Michelangelo dan mencinta seni. Ia bertemu dengan Felice Patricia di Roma dalam sebuah moment yang tidak mengenakkan yang melibatkan lukisan Leo. Namun entah mengapa kehadiran Felice sangat membekas di hati Leo.
Pertemuan mereka berikutnya terjadi di Bali, saat Leo ikut meramaikan pameran seni di Taman Budaya, Bali. Di waktu yang sama Felice datang ke Bali untuk menghadiri pernikahan kakaknya, Anna. Namun karena ada masalah diantara ia dan ibunya, akhirnya Felice lebih sering memilih untuk menghabiskan waktu di luar cottage karena ingin menghindari ibunya. Saat itulah mereka bertemu kembali.

Senin, 30 Desember 2013

The Mysterious Benedict Society & The Perilous Journey




Terjemahan: Persekutuan Misterius Benedict dan Perjalanan Maut
Penulis: Trenton Lee Stewart
Penerjemah: Maria M Lubis
Penyunting: Nadya Andwiani
Ilustrasi dan design cover: Ella Elviana
Penerbit: Matahati
Cetakan: Pertama, Januari 2010
Jumlah hal.: 546 halaman
ISBN: 602-8590-06-1
Persekutuan Misterius Benedict berkumpul lagi. Mereka akan merayakan peringatan setahun mereka berkumpul dan keberhasilan mereka membongkar suatu konspirasi jahat—dengan mendapatkan hadiah berupa suatu perjalanan misterius dari Mr. Benedict.

Sayangnya, semua menjadi kacau dengan menghilangnya Mr. Benedict dan Nomor Dua. Yang anak-anak miliki hanyalah petunjuk-petunjuk Mr. Benedict yang harus mereka pecahkan, yang akan membawa mereka ke tempat dia berada, di suatu tempat terpencil yang tidak terpetakan.

Dan bukan suatu kejutan, mereka ternyata berhadapan dengan musuh lama mereka—Mr. Curtain yang jahat, beserta orang-orang bayarannya, para Manusia Sepuluh yang sangat berbahaya!
***

Setelah berhasil menggagalkan rencana Mr. Curtain di ke Learning Institute for the Very Enlightened (L.I.V.E) dalam buku The Mysterious Benedict Society , keempat orang sahabat Reynie, Sticky, Kate, dan Constance (yang dalam tulisan ini kadang saya gabungkan sebagai The Mysterious Benedict Society) berpisah. Reynie diadopsi oleh Miss Perumal yang disayanginya, Kate yang bertemu kembali dengan Ayahnya, Sticky yang kembali tinggal dengan orang tuanyan dan Constance yang (masih dalam proses) diadopsi oleh Mr. Benedict; merasa rindu untuk berkumpul kembali. Jadi untuk merayakan 1 tahun perpisahan mereka, Mr. Benedict menyiapkan sebuah kejutan untuk mereka.

Namun sebelum mereka mengetahui kejutan tersebut, Mr. Benedict dan Nomor Dua menghilang. Dan ternyata dalang dari hilangnya Mr. Benedict adalah Mr. Curtain. Saat itu, tidak ada yang tahu dimana keberadaan Mr. Benedict. Akhirnya mereka pun menyusuri jejak yang ditinggalkna oleh Mr. Benedict. Sebenarnya jejak tersebut adalah petunjuk yang disiapkan oleh Mr. Benedict agar anak-anak bisa mendapatkan kejutannya. Namun sayangnya, perjalanan yang harusnya menjadi kejutan tersebut malah menjadi sebuah perjalanan “hidup-mati” untuk mereka, Mr. Benedict, dan Nomor Dua.

Sabtu, 28 Desember 2013

Book Kaleidoscope 2013: Top Five Best Book Cover




 

Hm..satu lagi kriteria yang saya tulis dalam rangka meramaikan BookKaleidoscope 2013 yang digagas mbak Fanda. Kali ini saya harus memilih 5 buku dengan cover terbaik. Hm..baiklah mari kita cek 5 buku tersebut. Berbeda dengan kriteria Top Five Book Boy Friend yang sebelumnya sudah saya posting. Kali ini saya tidak akan membuat rating (nggak mau pusing sih sebenarnya..he..he..). Jadi saya sebutkan saja 5 Cover Favorit saya.

Kamis, 26 Desember 2013

Rayuan Kekasih Masa Lalu




Judul asli: Wanted by Her Lost Love
Penulis: Maya Banks
Alih Bahasa: Nadya Suryo
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Seri: Harlequin Koleksi Istimewa
Cetakan: November 2013
Jumlah hal.: 232 halaman
ISBN: 978-979-22-8388-9
Enam bulan lalu, Ryan Beardsley memberikan cek berjumlah besar pada tunangan yang mengkhianatinya, Kelly Christian. Tapi ketika cek itu tak juga diuangkan, Ryan mulai khawatir. Karena sesungguhnya Ryan tak pernah benar-benar bisa melupakan wanita itu.

Saat akhirnya berhasil menemukan Kelly, Ryan mendesak wanita itu untuk kembali ke New York bersamanya. Karena cintanya jelas belum padam! Ryan bertekad mendapatkan kembali hati Kelly dengan cara apa pun, termasuk dengan rayuan termanis untuk sang kekasih.
***
Novel ini dibuka dengan sebuah pesta pernikahan. Ryan Beardsley menghadiri pernikahana sahabatnya Raphael de Luca. Ia kemudian mendapat kabar dari detektifnya tentang Kelly Christian. Kelly adalah mantan tunangannya. Ia mengkhawatirkan perempuan itu karena Kelly tidak mencairkan cek yang ia berikan saat mereka putus. Entah mengapa ia tidak bisa berhenti mengkhawatirkan Kelly.

Berdasarkan informasi dari detektifnya, ia menemukan Kelly di sebuah kedai kopi di Houston. Dan saat itu, ia menyadari bahwa Kelly hamil. Ia seketika bertanya-tanya, anak siapa itu? Anaknya atau anak adiknya? Ya, ia memutuskan hubungannya dengan Kelly karena Kelly berselingkuh dengan adiknya. Setelah itu, Kelly menghilang dari hidupnya.
Namun ternyata, Kelly menghilang bukan karena merasa bersalah. Ia menghilang karena

How to be Popular




Judul terjemahan: Panduan Meraih Popularitas
Penulis: Meg Cabot
Penerjemah: Maharani Aulia
Ilustrasi dan Desain Sampul: Rizki Arnosa
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: Desember 2010
Jumlah hal.: 312 halaman
ISBN: 978-979-22-6497-5

Apakah kau ingin menjadi populer?
Semua orang ingin populer---termasuk Stephanie Landry. Steph adalah cewek paling tidak populer di kelas sejak terjadi musibah Super Big Gulp lima tahun yang lalu.

Pentingkah menjadi populer?
Penting banget---bagi Steph. Karena itulah tahun ini dia berencana secepatnya bergabung dengan Kalangan A. Dia mendapat sebuah senjata rahasia: sebuah buku tua berjudul---apalagi kalau bukan---Panduan Menjadi Gadis Populer.

Apa saja syarat untuk menjadi populer?
Yang harus dilakukan Steph hanyalah mengikuti semua petunjuk dalam buku, dan dia akan segera berpesta dengan Kalangan A (termasuk Mark Finley, gelandang tim football sekolah), alih-alih melewatkan malam Minggu dengan duduk-duduk di The Hill, memandangi bintang-bintang di langit dengan sobat kuper-nya, Becca, dan Jason yang lebih kuper (sekarang dia lumayan seksi, tapi tetap saja), yang tertarik pada astronomi.
Siapa yang butuh ditemani para kurcaci merah jika kau diundang ke pesta paling seru di kota?

Tapi jangan abaikan hal terpenting tentang popularitas!
Menjadi populer itu mudah. Kenapa tidak? Ikuti panduannya!
***
Novel dibuka dengan sebuah penjelasan berikut:
Populer: ks. Disukai atau dihargai banyak orang; disukai oleh para kenalan; banyak dicari untuk dijadikan teman.
Popularitas.
Kita semua menginginkannya. Kenapa? Karena populer berarti disukai. Semua orang ingin disukai.
...
***
Diceritakan tentang seorang anak perempuan bernama Steph Landry yang mengalami kehidupan sebagai seorang gadis yang menjadi bahan lelucon karena menumpahkan minuman ke baju putih seorang anak perempuan yang populer saat duduk di kelas enam. Sejak saat itu selama lima tahun dia menjadi lelucon yang bahkan menyebar ke seluruh kota. (Wow!! Apakah itu memang bisa terjadi jika sekelompok remaja populer menjadi “penguasa”).

Hercule Poirot’s Christmas



Judul terjemahan: Pembunuhan di Malam Natal
Penulis: Agatha Christie
Penerjemah: Mareta
Renovasi sampul: Dwi Koendoro
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: ketujuh, Desember 2002
Jumlah hal.: 296 halaman
ISBN: 979-655-629-4

“Lelaki tua yang lemah seperti ini, begitu kurus, kering-tetapi-dalam kematiannya- begitu banyak darah....” Suara Hercule Poirot menghilang.

Si tua Simon Lee mengundang seluruh keluarganya untuk bersama-sama merayakan Natal di Gorston Hall. Dia menciptakan hiburan bagi dirinya sendiri dengan mempermainkan nafsu serakah mereka. Permainan ini ternyata mengusik kekuatan dan nafsu terpendam yang akhirnya membawa kematiannya.

Hercule Poirot menghadapi kasus pembunuhan yang direncanakan dengan sangat cermat dan dilaksanakan dengan brilian, tetapi... ada terlalu banyak darah!
***

Novel ini bercerita tentang sebuah pembunuhan yang terjadi di Gorston Hall. Kematian seorang pria tua, Simon Lee yang digambarkan sebagai pria yang jahat namun juga cukup murah hati. Kematiannya menjadi sebuah cerita pengungkapan tentang tabiatnya yang ternyata membentuk karakter anak-anaknya.

Cerita tidak langsung dibuka dengan berlatar tempat Gorston Hall. Cerita dibuka dengan berbagai latar tempat terkait kepentingan setiap orang dan tanggapan mereka akan undangan untuk merayakan natal di Gorston Hall yang datang dari si tua Simon Lee. Natal tahun itu meenjadi berbeda sebab setelah sekian lama tercerai berai karena berbagai alasan, semua anak Simon Lee berkumpul untuk merayakan natal bersamanya. SEMUA anaknya!!

Wrap Up Indonesia Romance Reading Challenge 2013


Saya baru mengikuti Reading Challenge ini pada bulan Juli 2013
Namun saya lampirkan juga novel romance Indonesia yang sempat saya baca sebelum bulan Juli.
Oiya, saya memilih level Married saat membuat postingan master untuk Reading Challenge ini.

Maret
1.  Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya
2. Jodoh Terkahir by Netta Virgiantini
3. Catatan Musim by Tyas Effendi

Mei
4.  Goodbye Happiness by Arini Putri
5. The Coffee Memory by Riawani Elyta
6. Meniti Jembatan Emas by Yan Daryono
7. Berjuta Rasanya by Tere Liye

Juni
8. The Choclate Chance by Yoana Dianika
9. Montas by Windry Ramadhina

Love Puzzle


Penulis: Eva Sri Rahayu
Penyunting: Ifnur Hikmah
Penyelaras akhir: Novia Fajriani, Lian Kagura
Penata aksara: Nurul & Anisa
Perancang Sampul: Fahmi Ilmansyah
Penerbit: teen@noura (Lini Remaja Penerbit Noura Books)
Cetakan: I, November 2013
Jumlah hal.: 286 halaman
ISBN: 978-602-1606-04-9
 Rasi memberi senyuman, tetapi cowok itu malah tidak mengacuhkannya.
“Raja?" sapa Rasi.
“Sori?” Kening cowok itu berkerut.
“Kamu Raja, kan?” tanya Rasi lagi.
“Hmm, enggak usah sok kenal, deh,” balas Raja dingin.
Rasi melengkungkan bibirnya, cowok keren memang sering kena amnesia! “Enggak usah nyebelin gitu, deh. Kamu kan yang nanya-nanya soal fotografi di atap BIM kemarin? Kalau aku salah orang, biasa aja, deh.”
Raja merespon perkataannya dengan wajah kaget. Namun sedetik kemudian, ekspresi Raja kembali sinis. “Denger ya, aku enggak kenal kamu!” geram Raja penuh penekanan.
***
Sejak ketemu cowok itu, Rasi merasa level hatinya naik turun seperti roller coaster: kadang berbunga, kadang kesal setengah mati. Sama seperti sikap Raja yang jago sulap: kadang baik, kadang nyebelin. Ada ya orang yang seperti itu? Rasi hanya belum tahu kalau di balik semua kejadian ada misteri tersimpan. Dan takdir menuntun Rasi masuk ke labirin yang entah ke mana berujung ….
***
“Karya yang manis, hangat, dan bikin penasaran hingga halaman terakhir.”
— Dyah Rinni, penulis “Unfriend You” dan “Serial Detektif Imai”
“… kepingan demi kepingan cerita yang mengundang rasa penasaran pembaca.”
— Valleria Verawati, penulis “Bidadari di Bawah Hujan” dan “Nggak Usah Jaim, Dech!”
***

Prolog dibuka dengan keseruan Rasi dan 3 sahabatnya, Reta, Cherry, dan Aji menonton film horor. Saat Reta, Cherry, dan Aji berteriak ketakutan, Rasi nampak biasa saja. Setelah nonton, ia pun bercerita tentang pengalaman masa kecilnya yang membuat dia tidak takut pada hantu. 

Setelah itu cerita pun mulai bergulir. Perkenalan Rasi dengan Raja di atap Bandung Indah Mall (BIM). Tempat perkenalan mereka adalah tempat favorit Rasi untuk memotret. Sebab dari ketinggian tersebut ia bisa melihat banyak hal tanpa terhalang gedung-gedung tinggi.

Pertemuan kedua Rasi dengan Raja adalah di lapangan basket indoor saat Rasi datang untuk memotret Reta yang sedang bermain basket. Rencananya, hasil foto hari itu akan mereka gunakan sebagai pelengkap dokumen pengajuan lomba atlet sekolah berprestasi. Pertemuan kedua ini membuat Rasi kesal karena bersikap seperti orang yang tidak mengenalnya sama sekali. Seolah ia lupa bahwa mereka sempat berkenalan di atap BIM.

Keesokan harinya Rasi berkenalan dengan Ayara, perempuan cantik yang terlihat mirip boneka Jepang. Awalnya Rasi tertarik menjadikannya sebagai objek foto namun saat menyadari bahwa gadis itu seperti orang yang kebingungan, akhirnya dia pun menolongnya. Ternyata pertolongan spontan itu bermakna cukup dalam bagi Ayara. Dan membuat Rasi kebingungan dengan reaksinya.

Book Kaleidoscope 2013: Top Five Book Boy Friends




Sudah baca berapa banyak buku selama 2013 ini?? Ada yang mencapai 50 buku?? Wuih, keren. Nah, dari semua bacaan itu ada gak sih tokoh-tokoh yang cukup membekas dalam ingatan kamu? Mungkin karena dia mirip gambaran pujaan hati kamu? Uh..oh..bagi penggemar novel terkadang tanpa sadar kita bisa mengagumi sosok yang diciptakan oleh penulis buku yang kita baca. Ini biasanya juga bisa menjadi bukti kekuatan penulis dalam menciptakan karakter tokohnya.


Nah, sebagai kenang-kenangan akhir tahun, saya mau berbagi pendapat saya tentang 5 Tokoh Cowok Terfavorit 2013 (rasanya seperti membaca nominasi). Tapi sebelumnya, izinkan saya berkata jujur bahwa saya terkadang sulit merasa kagum atau jatuh cinta pada tokoh tertentu karena saya adalah jenis orang yang saat membaca lebih banyak berfokus ke jalan cerita dan dialog daripada deskripsi fisik tokoh cowok. Dan kalaupun saya jatuh cinta pada tokoh tertentu, itu biasanya karena sifat tertentu yang (digambarkan oleh penulis) dimilikinya. So, jangan harapkan penjelasana fisik dari saya. He..he.. (^_^)


Nah, kita mulai dengan yang ada di posisi ke 5 ya.



Posisi ke-5 diduduki oleh:





Kenapa saya memilih tokoh ini? Hm..as I told you. Saya ini tidak tertarik pada detail fisik. Memang Ammar digambarkan sebagai tokoh yang memiliki penampilan fisik yang cukup menarik. Tapi yang membuat saya suka sama dia adalah karena dia mampu melihat sisi lain seorang Magali. Magali adalah tokoh utama dalam novel Macaroon. Magali adalah perempuan yang “unik”, dan sebenarnya cenderung sinis. Kehadiran Ammar di hidupnya benar-benar membantu dia untuk memandang hidup dengan lebih positif. Keceriaan Ammar menular ke Magali. Selain itu saya suka dengan cara Ammar yang mendekati Magali dan tidak memaksanya untuk menjadikannya kekasih. Selain itu, saya suka dengan cara Ammar mendorong Magali meraih apa yang menjadi passion-nya meski itu berarti dia harus bersabar menunggu Magali (^_^)


Next, Posisi ke-4 ditempati oleh:

Selasa, 24 Desember 2013

#1 Telling Tuesday



Hm..ini pertama kalinya saya mengikut event Telling Tuesday. Sebelumnya saya pikir meme ini adalah meme mingguan atau dua mingguan, namun setelah membaca ulang peraturannya saya mendapati bahwa meme ini adalah meme bulanan. Yup, cob cek penjelasana berikut yang saya copy dari The Little Present selaku host untuk meme ini:

Apa itu Telling Tuesday?
Telling Tuesday adalah Meme yang diadakan oleh The Little Present setiap bulannya. Meme ini berisikan tiga hal:


  • Kamu sudah baca buku apa selama satu bulan sebelumnya?
  • Saat ini sedang baca apa?
  • Kamu berencana baca buku apa aja selama satu bulan kedepannya?
Apa Tujuan Telling Tuesday?
As for me: semacam wrap-up, jadi saya bisa tahu sudah seberapa banyak yang saya baca selama satu bulan. Disamping itu untuk mulai membiasakan diri membaca buku lebih banyak daripada membelinya.
Tentunya untuk blogwalking ke sesama blogger.. :)

Bagaimana aturan Telling Tuesday?
Saya akan memposting Telling Tuesday di minggu pertama setiap bulannya. Dan kamu yang ingin berpartisipasi bisa posting di hari Selasa apa saja di sepanjang bulan, dan silahkan masukkan url kamu di Inlinkz yang akan saya sediakan..


Oiya, untuk bulan ini Telling Tuesday-nya edisi spesial. Untuk lebih jelas cek aja di blog The Little Presnt. (^_^)v


Ok, sekarang waktunya pamer :p
Bulan lalu saya membaca:




1. Tilll We Meet Again
2. The Man Who Loved Books Too Much
3. I Love My Boss
4. Pollyanna
5. Pollyanna Grows Up
6. Wonder
7. Dear Friend with Love
8. Rumah Cokelat
9. Sketsa Terakhir
10. Always with Me
Semua buku-buku yang saya baca selama November sudah saya review.
He..he..terlalu rajin?? Ah, biar saja (^_^)v


Nah, sekarang buku-buku yang sudah saya baca dan sedang saya baca selama Desember ini apa saja??
Buku-buku yang sudah saya baca jelas yang reviewnya sudah saya posting.
sedangkan buku-buku yang belum direview berarti sedang saya baca (^_^)v

1. Dewey
2. Rebecca of Sunnybrook Farm
3. CineUs
4. Cheerboy
5. The Mysterious Benedict Society
6. The Vanilla Heart
7. Cinta Kemarin
8. The Mysterious Benedict Society & The Perilous Journey
9. Roma (Seri STPC)
10. Hercule Poirot's Christmas
11. Life on The Refrigerator Door
12. How to be Popular
13. Revenge of the Girl with The Great Personality
14. Takoyaki Soulmate
15. Autumn Once More 

Untuk tahun depan, eh maksud saya Januari 2014 nanti saya akan membaca:
1. Wife 22
2. The Storyteller
3. Mum's List
4. Secret Life of Bees
5. Slammed

Hm..sepertinya targetan2 itu sudah cukup.
Sampai ketemu di Telling Tuesday bulan depan..He..he.. (^_^)v

Jumat, 20 Desember 2013

Posbar Riddle Secret Santa


Di akhir November, pengumuman terkait even Secret Santa sudah menyulut semangat anak-anak Blogger Buku Indonesia (BBI). Ini karena even ini termasuk yang cukup menarik untuk diikuti. Kenapa? Karena banyak keseruan di dalamnya.

Yang mengikuti Secret Santa, harus mengirim hadiah kepada target yang telah ditetapkan (dari hasil undian yang diadakan panitia). Tapi si pengirim ini pun menjadi target bagi peserta Secret Santa yang lain. Jadi, kita memberi sekaligus mendapat hadiah.

Selain itu, kita harus merahasiakan identitas kita saat mengirim hadiah kepada target. Dan target harus bisa menebak siapa Santa-nya. Jadi, dimulailah kebingungan teman-teman BBIers yang lain dalam membuat riddle sekaligus menebak Santa berdasarkan petunjuk yang diterima.

Kado-kado sudah mulai diterima di awal Desember dan mulai muncul keributan dalam tebak-menebak siapa santanya. Kado saya sendiri sampai pada 8 Desember 2013.

Nah, ini adalah kado yang saya terima dari Secret Santa-ku


Wrap Up Post "Finding New Authors 2013"


Tadinya mau membuat juga Wrap Up untuk  What's in a Name Reading Challenge tapi ternyata saya melakukan sebuah kebodohan karena ternyata belum memenuhi syarat pendaftaran. (>_<) *maklum pendatang baru* So, akhirnya saya pun harus puasa bahwa saya hanya terdaftara dalam 2 Reading Challeng di tahun 2013 ini. *kebodohan deh kamu, Tria*

Ok ini Wrap Up untuk Reading Challenge Finding New Authors 2013.

Januari
1. The Timekeeper by Mitch Albom
2.  Lima Sekawan: Penculikan Bintang Televisi by Enid Blyton
3. Misteri Nuri Gagap by Robert Arthur
4. Mereka Bukan Anakku by Torey Hayden
5. Little Men by Lousia May Alcott

Februari 
6. Misteri Soliter by Jostein Gaarder
7. Klub Film by David Gilmour
8. Love Story by Erich Segal

Maret
9. Catatan Musim by Tyas Effendi
10. Jodoh Terakhir by Netta Virgiantini
11. Ibuku tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya by Triani Retna A


Jumat, 13 Desember 2013

Autumn Once More: Kumcer Metropop




Penulis: Ilana Tan, Ika Natassa, Aliazalea, dkk.
Penyunting: Tim editor GPU
Sampul: Marcel A. W
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: April 2013
Jumlah hal.: 232 halaman
ISBN: 978-979-22-9471-2
Cinta < adj >: suka sekali; sayang benar; kasih sekali; terpikat.

Ada bahagia dan kepedihan dalam cinta. Cinta yang terpendam menimbulkan resah, pengkhianatan pun tak lepas dari cinta, atau bahkan cinta berlebihan sehingga menyesakkan. Galau dan rindu pun dituturkan dalam ribuan kata di buku ini.

Autumn Once More membawa kita ke banyak sisi cinta dari kumpulan pengarang, mulai dari pengarang profesional hingga editor yang harus jadi pengarang “dadakan” dan menunjukkan kreativitas mereka dalam tema abadi sepanjang masa.

Inilah tumpahan rasa dan obsesi karya aliaZalea, Anastasia Aemilia, Christina Juzwar, Harriska Adiati, Hetih Rusli, Ika Natassa, Ilana Tan, Lea Agustina Citra, Meilia Kusumadewi, Nina Addison, Nina Andiana, Rosi L. Simamora, dan Shandy Tan.

* Semua royalti buku ini akan disumbangkan ke Dana Kemanusiaan Kompas untuk membantu sesama kita...
***

Buku ini terdiri atas 13 cerpen karya penulis-penulis metropop Gramedia dan para editor Gramedia yang selama ini selalu ada di belakang layar. Kumpulan cerpen ini memiliki tema umum yang sama yakni tentang cinta. Namun sudut pandang, gaya bercerita dan penyuguhan konflik dari masing-masing penulis tidaklah sama.

Be Careful What You Wish For (aliaZalea). Cerpen ini bagi saya kurang merepresentasikan ceritanya. Berkisah tentang tokoh “aku” perempuan yang suka dan sibuk nge-kepo-in laki-laki yang disukainya. Tidak melakukan apapun sebagai usaha untuk menarik perhatian laki-laki bernama Gonta. Dan ya itu, nothing happened dan sampai akhir hanya itu yanga terjadi. Dalam skala 1-5, cerpen ini saya beri nilai 2.

Thirty Something (Anastasia Aemilia). Bercerita tentang Rachel, perempuan yang mencintai sahabatnya

Cinta Kemarin




Penulis: Dila Putri
Editor: eNHa
Proofreader: Gita Romadhona
Penata Letak: Nopianto Ricaesar
Desain Sampul: Jeffri Fernando
Penerbit: Gagas Media
Cetakan: pertama, 2012
Jumlah hal.: viii + 212 halaman
ISBN: 979-780-468-2
Aku punya cerita.

Tentang seseorang yang menghabiskan separuh hidupnya mencari cinta. Menelusuri ke segala arah, bertanya ke semua orang. Dan, pada suatu masa, orang itu mulai merasa lelah. Mulai pesimis. Apakah semustahil itu cinta hadir untuk dirinya?

Saat itulah cinta datang. Sungguh-sungguh menghampirinya, benar-benar berdiri di hadapannya. Namun, tahukah kau apa yang dia lakukan kemudian? Berjalan menjauh. Dan, melanjutkan pencariannya lagi.

Aku punya cerita.

Tentang orang yang terlalu banyak berharap. Tentang sebuah kekeraskepalaan. Tentang aku dan lelakiku. Tentang cerita yang tak kunjung lengkap
***
Novel ini bercerita tentang Danisa, perempuan berusia 23 tahun yang bekerja sebagai  guru di sebuah international pre-school sekaligus seorang penerjemah freelance. Ia juga senang melukis tapi hanya sebatas hobby. Ia dan kekasihnya, Bimo sudah dua tahun bersama. Namun belum membicarakan tentang pernikahan. Bukan berarti Danisa ingin segera menikah. Namun ia juga ingin punya gambaran jelas tentang masa depannya.

Bimo adalah seorang wartawan, dan pekerjaannya itu membuat Danisa harus memiliki kesabaran ekstra karena sering kali Bimo mendadak membatalkan janji karena tuntutan pekerjaan. Selain itu, terkadang Bimo “menitipkan” Danisa kepada sahabat-sahabatnya, Erik dan Aryo.

Erik sudah lama dikenal oleh Danisa. Sedangkan Aryo baru dikenal oleh Danisa meskipun dia sudah lama tahu bahwa Aryo dan Bimo sudah lama bersahabat. Aryo adalah seorang pelukis, ini membuat Danisa nyaman untuk bertanya dan belajar banyak hal tentang dunia melukis. Bimo pun sering mempercayakan Danisa pada Aryo.

Hingga suatu hari Bimo membawa kabar bahwa ia harus pindah ke Nottingham demi pekerjaan barunya. Ini membawa hubungan Danisa dan Bimo ke fase baru, Long Distance Relationship (LDR).

Kamis, 12 Desember 2013

The Vanilla Heart




Penulis: Indah Hanaco
Penyunting: Laurensia Nita
Perancang Sampul: Fahmi Ilmansyah
Penerbit: Bentang Pustaka
Cetakan:  Pertama, Juni 2013
Jumlah hal.: vi+262 halaman
ISBN: 978-602-7888-47-0
Komposisi: Cinta, Kejujuran, Ketulusan, dan Kesabaran

Cara Penyajian: Tuangkan kejujuran, ketulusan, dan kesabaran ke dalam cangkir. Tambahkan 180cc air cinta, aduk dan sajikan.

Aroma lembut vanila itu sangat kuat menguar,
merasuk dan mempengaruhi cita rasa hidup manusia.
Karena kejujuran rasa vanila mengajarkan kita,
bahwa ketulusan dan kesabaran memampukan kita meraih cinta.

Kau membuatku sadar bahwa cinta itu perjuangan.
Berjuang mendapatkan, meluluhkan, dan mempertahankan.
Hingga aku menyadari, bahwa hadirmu bagai vanila,
mampu mendatangkan kesederhanaan cinta yang tidak biasa.
Tapi tahukah kau, dirimu terkadang menyebalkan.
Terlalu cepat berlari, hingga membuatku takut dan ragu

***
Cerita dibuka dengan pertemuan pertama antara Huga, Dominique, dan Kyoko dalam sebuah kejadian yang hampir mencelakai Kyoko dan Dominique. Kacaunya kejadian itu malah berujung pada sebuah lamaran spontan dari Hugo kepada Dominique. Lamaran ini ada hubungannya dengan kejadian tidak menyenangkan yang dialami Hugo.

Hugo baru saja dikecewakan oleh sang kekasih, Farah. Farah membatalkan rencana pertunangan mereka tepat saat Hugo dan keluarganya datang ke rumah Farah untuk membicarakan pertunangan tersebut. Ini membuat harga diri Hugo terluka dan ia bahkan mempertanyakan tentang perasaan Farah padanya selama 7 tahun mereka bersama.

Ini membuat Hugo patah hati dan membatalkan niatannya untuk bersekolah di Meulbourne bersama-sama dengan Farah. Ia memutuskan untuk melanjutkan sekolah ke Bristol, Inggris untuk menjauh dari Farah dan semua kenangan mereka. Hugo menghabiskan waktu 5 tahun di Bristol sebelum akhirnya memutuskan untuk kembali ke Indonesia.

Di Indonesia, tanpa sengaja ia mengetahui bahwa Dominique bekerja di perusahaan milik keluarganya tempat ia mengaplikasikan ilmu yang ia peroleh selama berada di Bristol. Sedangkan di saat yang sama, Dominique yang masih menyimpan kekesalan akibat pertemuan mereka dulu malah bersikap buruk pada Hugo.

Sebenarnya kedatangan Hugo dalam hidup Dominique bersamaan dengan patah hati yang dialami Dominique karena laki-laki yang ia cintai, Jerry, jatuh cinta pada sahabatnya sendiri, Inggrid. Dominique, Kyoko, dan Inggrid sudah berteman sejak mereka SMU. Jerry adalah kakak kelas mereka di SMU, dan Kyoko sudah lama menyukai laki-laki itu.

Akhirnya cerita pun mengalir hingga akhirnya Hugo secara paksa membuat Dominique mau membiarkan Hugo berada disisinya, membatu Dominique merelakan sakit hatinya. Selain itu, kehadiran seorang Farah pun menjadi masalah lain yang menggangu hubungan yang sedang coba dirajut Hugo dan Dominique.

Berhasilkah Hugo membuat Dominique mencintainya? Apakah Farah akan kembali masuk ke kehidupan Hugo? Apakah Dominique bisa mengobati sakit hatinya saat laki-laki yang ia cintai bersanding dengan sahabatnya sendiri di pelaminan?

The Mysterious Benedict Society



Terjemahan: Persekutuan Misterius Benedict
Penulis: Trenton Lee Stewart
Penerjemah: Maria M Lubis
Penyunting: Nadya A
Ilustrasi dan design cover: Ella Elviana
Penerbit: Matahati
Cetakan: April 2011
Jumlah hal.: 576 halaman
ISBN: 979-1141-34-7
"APAKAH KAU SEORANG ANAK BERBAKAT YANG MENCARI KESEMPATAN ISTIMEWA?"

Ketika iklan tersebut muncul di suratkabar, ratusan anak berbondong-bondong mengikuti beberapa tes yang misterius dan menguras otak. Tetapi pada akhirnya, hanya ada empat anak istimewa yang akan lolos dan bergabung dalam misi berbahaya yang hanya bisa diselesaikan oleh anak-anak paling cerdas dan paling kreatif.

Misi yang dimotori oleh seorang genius bernama Mr. Benedict.

Mereka harus menyusup ke dalam Learning Institute for the Very Enlightened, dan membongkar konspirasi jahat yang akan mengacaukan dunia.
***
Reynie adalah seorang anak yang tinggal di Panti Asuhan Stonetown. Ia merasa dan diperlakukan berbeda oleh teman-temannya karena dianggap berbeda. Hal ini ada hubungannya dengan kecerdasan dan kepekaan Reynie yang melibihi anak-anak seusianya. Sejujurnya, hari-hari Reyni e di panti asuhan rasanya tidak tertahankan selain saat dia ada di perpustakaan atau sedang bersama dengan Miss Perumal. Miss Perumal adalah pembimbing khusus yang dipanggil oleh kepala panti asuhan karena kemampuan Reynie yang berada di atas rata-rata.
Reynie sangat menyayangi Miss Perumal. Waktu yang mereka habiskan bersama sangat berarti baginya. Hingga suatu hari mereka membaca sebuah iklan di koran yang mencari anak-anak yang cerdas. Miss Perumal mendorong Reynie untuk ikut dan mengusahakan izin agar Reynie bisa menghadiri tes yang ditentukan dalam iklan tersebut.
Sejak saat itu, kehidupan Reynie berubah. Ia bahkan tidak akan kembali lagi ke Panti Asuhan. Tes-tes yang dijalaninya aneh dan rumit. Ia sendiri sebenanrnya kebingungan dengan maksud dari semua tes tersebut. Namun berkat kecerdasannya, Reynie berhasil melewati semua tes hingga akhir. Selama tes hingga berakhirnya, Reynie bertemu dengan teman baru. Mereka adalah Sticky, Kate, dan Constance.
Keempat anak ini oleh Mr. Benedict digabungkan menjadi sebuah tim. Mr.Benedict adalah seorang pria yang genius dan yang mengadakan dan merancang tes tersebut. Mr. Benedict kemudian menyampaikan sebuah berita mengejutkan tentang adanya sebuah rencana jahat yang terkait dengan mesin pembisik. Rencana ini tampaknya akan sangat berbahaya bagi dunia, sehingga perlu dicari tahu lebih lanjut dan digagalkan. Mereka dengan dibantu oleh Nomor Dua (ini nama, ya?!), Rhonda, dan Milligan akan berusaha sebisa mungkin untuk mencegah kejahatan yang direncakan oleh “otak” di belakang mesin pembisik.

Sabtu, 07 Desember 2013

Cheer Boy!!



Cheer Boy yg penuh bookmark krn bnyk quote kerennya

Judul Asli: Cheer Danshi!!
Penulis: Asai Ryo
Penerjemah: Faira Ammadea
Penyunting: Tia Widiana
Proofreader: Dini Novita Sari
Desain Cover: Bambang ‘Bambi’Gunawan
Penerbit: Penerbit Haru
Cetakan: Pertama, November 2013
Jumlah hal.: 428 halaman

Cheerleader…. Biasanya cewek yang melakukannya, kan?”
Haruki cedera. Cowok itu menggunakan cederanya sebagai alasan untuk berhenti dari Judo karena menyadari batas kemampuannya. Padahal Haruki lahir dalam keluarga pejudo dan kakak perempuannya selalu jadi pemenang dalam setiap kejuaraan Judo.
Kazuma, teman sepermainan Haruki tiba-tiba ikut berhenti Judo dan menyarankan hal gila. Mereka akan membentuk tim cheerleading cowok!! Padahal, olah raga itu kan olah raga cewek!
 Tapi, saat anggota berhasil mereka kumpulkan, ternyata mereka adalah cowok-cowok 
dengan masalah masing-masing.
 Saat masalah itu saling berbenturan, akankah cheerleading bisa membuat mereka tetap bersatu? Akankah cheerleading bisa menyelesaikan semua masalah?
***
Cheerboy bercerita tentang Haruki yang mendirikan grup cheerleader bersama sahabatnya Kazuma. Sebelumnya Haruki adalah seorang atlet Judo. Ia anak dari pemilik dojo dan adik seorang judoka handal bernama Haruko. Haruki sangat menggumi kakak perempuannya itu. Namun akhirnya Haruki menyadari bahwa kecintaannya pada judo tidak sebesar kecintaan Haruko pada judo. Pada saat ia mengalami cedera di bahunya, ia pun membulatkan tekad untuk berhenti dari judo.

Jumat, 06 Desember 2013

2014 TBRR Pile - A Reading Challenge


Hm..saya menambah 1 Reading Challenge lagi??
Yup, rasanya lebih seru jika bisa menantang diri sendiri untuk menghabiskan semua timbunan buku saya (termasuk yang di Makassar) dengan mengikuti banyak Reading Challenge. Paling nggak I will try my best if I join the reading challenge.

So, ada yang bertanya, apa itu TBRR?? TBRR itu adalah akronim dari To Be Read Review.
Yup, itu artinya selain dibaca buku tersebut juga harus di review. Nah bagi yang suka baca tapi jarang menulis, ikut reading challenge seperti ini bisa meningkatkan semangat untuk menulis secara rutin.
Apalagi TBRR menyaratkan kita membaca minimal 1 buku sebulan yang berarti kita juga harus menulis review minimal 1 kali sebulan.

Apa syaratnya??
Hm..terkait jumlah buku sih, ya minimal 1 buku dalam sebulan yang artinya setahun harus ada 12 buku yang sudah dibaca dan direview.
Buku tersebut tidak boleh buku baru yang dicetak pada 2014. Jadi minimal buku tersebut dicetak pada tahun 2013. Kenapa? Ini demi menyemangati para pecinta buku yang suka nimbun buku.
Nimbun?? yup, menimbun buku artinya membeli buku tanpa *sempat* membacanya. Jadi jumlah buku yang dibeli jauh lebih banyak daripada yang dibaca. Ha..ha..

Ok, ini daftar buku yang akan saya baca untuk TBRR Pile 2014:
1) Fahrenheit 451 karya Ray Bradbury (cetakan terjemahannya tidak tertera (T_T))
2.) Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El-Shirazy ( Cetakan: Mei 2011)
3.) La Galigo karya Dul Abdul Rahman (Cetakan: Januari 2012)


Untuk historical fiction saya memilih:
4.) The Rosetti Letter karya Christi Phillips
5.) A Farewell to Arms karya Ernest Hemingway

Untuk Klasik saya memilih:
6.) Daddy Longs-Legs karya Jean Webster (Cetakan: Februari 2010)
7.) Dear Enemy karya Jean Webster (Cetakan: Juli 2010)

Untuk genre detektif, horor dan atau thriller saya memilih:
8.) The Mysterious Benedict Society #3 karya Trenton Lee Stewart (Cetakan: Mei, 2011)
9.) The Alexandria Link karya Steve Berry (Cetakan: Desember 2011)

Untuk Pemenang Award saya akan baca:
10.) Pulang karya Leila S Chudori (Cetakan: Februari 2013)
11.) The Midnight Children karya Salam Rushdie (Cetakan Agustus 2009)

Untuk buku yang difilmkan saya pilih:
12.) The Secret Life of Bees karya Sue Monk Kidd (Cetakan ketiga 2008)
13.) The Help karya Kathryn Stockett (Cetakan: Mei 2010)

Buku-buku untuk TBRR Pile 2014 (yg direncanakan)

Rak buku-ku untuk TBRR Pile 2014 bisa dicek di Goodreads ini ya (^_^)
https://www.goodreads.com/review/list/15779956-atria-dewi-sartika?shelf=tbrr-pile-2014


Untuk info lengkap tentang TBRR Pile 2014 ini sila cek di blogpost ini ya http://lemarihobbybuku.blogspot.com/2013/11/2014-tbrr-pile-reading-challenge.html

Kamis, 05 Desember 2013

CineUs







Penulis : Evi Sri Rezeki
Penerbit: Noura Books
Cetakan: I, Agustus 2013
Jumlah Hal.  : 304 halaman
ISBN: 978-602-7816-56-5

Demi menang di Festival Film Remaja, Lena rela melakukan apa saja. Bukan hanya demi misi mengalahkan mantan pacarnya yang juga ikut berkompetisi, tetapi karena dia pun harus mempertahankan Klub Film sekolahnya. Soalnya klub kecilnya bersama Dania dan Dion itu kurang didukung oleh pihak sekolah. Padahal salah satu kreativitas siswa bikin film, kan! 

Untung ada satu orang yang bikin hari-hari Lena jadi lebih seru. Si cowok misterius yang kadang muncul dari balik semak-semak. Apaaa? Eh, dia bukan hantu, lho … tapi dia memang punya tempat persembunyian ajaib, mungkin di sanalah tempat dia membuat web series terkenal favorit Lena. Nah, siapa tahu cowok itu bisa membantu Lena biar menang di festival. 

Kisah Lena ini seperti film komedi-romantis yang seru. Jadi, selamat tonton, eh, baca! :)

CineUs adalah buku pertama dari seri S-Club, cerita tentang seru-seruan di klub-klub sekolah.
***

Lena, murid kelas XI SMA Cerdas Pintar Bandung. Dia dan dua sahabatnya, Diaon dan Dania, membentuk sebuah klub baru di sekolah. Klub Film, ini karena mereka sama-sama tertarik untuk membuat film. Dan cerita di dalam novel ini akan banyak mengangkat cerita perjuangan mereka mempertahankan klub tersebut dalam sudut pandang Lena.