Selasa, 22 Oktober 2013

Rahasia Pastel Istimewa




Penulis: Triani Retno A
Penerbit: ANDI
Cetakan: I, 2012
Jumlah hal.: viii + 152 halaman
ISBN: 978-979-29-3309-3
Siapa yng tak kenal kue pastel buatan Dea dan ibunya? Selain rasanya yang top markotop, pastel Dea pun memiliki bermacam-macam isi. Mulai dari isi wortel-kentang, bihun, tumis jamur, stroberi, hingga tumisan mangga yang berasa manis asam.
Kue pastel itu dijual di berbagai tempat, termasuk SD Mutiara Harapan, tempat Dea bersekolah. Di kantin sekolah, pastel Dea menjadi jajanan favorit.
Tapi tiba-tiba, pastel Dea tidak laku lagi. Anak-anak lebih menyukai pastel yang dijual oleh Mang Aji di depan sekolah. Padahal pastel Dea lebih enak,lho, dibandingkan pastel Mang Aji. Kulit pastel Mang Aji tidak renyah, terlalu gurih, sayurannya masih keras, terlalu berminyak, dan kadang-kadang malah agak hangus.
Yasmin, Naya, Abe dan Nando yang kasihan melihat Dea yang selalu bersedih, mencoba mencari tahu tentang Mang Aji. Mereka merasa aneh, mengapa pastel Mang Aji yang tidak ada apa-apanya dibandingkan pastel Dea bisa laris manis.
Apa hanya karena anak-anak merasa bosan dengan pastel Dea? Atau tanda-tanda bahwa Dea harus segera mengganti kue andalannya itu?
Ayo ikuti kelanjutan ceritanya dalam buku ini.
***
Itu adalah sebuah blurb  yang cukup panjang untuk ukuran sebuah buku anak-anak. Selain itu dari segi tampilan cover masih kurang sesuai dengan isi cerita. Mungkin ada baiknya jika menambahkan unsur persahabatan genk Dea, Yasmin, Naya, Abe, dan Nando.

Dari segi cerita, ini bisa menjadi alternatif bacaan untuk adik-adik yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar.  Ceritanya ringan, lucu, konyol, tapi juga punya banyak muatan pengetahuan. Penjelasan tokoh-tokoh dewasa seperti Mama Yasmin dan Ayah Abe disetting sebagai suntikan pengetahuan yang singkat namun padat.

Dunia Trisa




Penulis: Eva Sri Rahayu
Penerbit: Stiletto
Cetakan: I, Oktober 2011
Jumlah hal.: 295 halaman
ISBN: 978-602-96026-6-1
Trisa, seorang wanita enerjik berumur 25 tahun, sangat terobsesi menjadi aktris terkenal. Sayangnya, dunia entertainment yang penuh persaingan, seperti tidak memberinya kesempatan. Hal itu hampir membuatnya frustasi. Status DO dari tempat kuliahnya sudah disandang sejak dia sibuk casting dimana-mana. Hubungan rumitnya dengan tiga laki-laki semakin membuat hidupnya kalang kabut. Bian, seorang vokalis band terkenal yang menganggap Trisa sebagai cewek gampangan. Desta, sahabat setia sekaligus orang yang mencintainya dengan tulus, didepaknya hanya karena Desta bukan selebriti. Dan terakhir, Adam, manajernya sendiri. Hampir saya Trisa memilih Adam, seandainya dia bukan pria yang dicintai Errie, seorang sutradara yang akhirnya bisa mengangkat karirnya.
Di tengah masalah yang menimpanya, dia juga harus kehilangan sahabat terbaiknya. Mampukah Trisa bertahan? Apakah Trisa bisa meriah semua mimpinya? Dan, siapakah sebenarnya pria yang mampu merebut hatinya
***
Setiap orang punya caranya masing-masing dalam mengejar mimpi. Begitupun Trisa. Bagian sejumlah orang, pilihan hidup Trisa cukup mengherankan. Berjuang dari satu lokasi casting ke lokasi casting lainnya. Bolak-balik Bandung-Jakarta hanya untuk ikut casting dan ternyata hanya mendapat peran kecil bahkan sekedar jadi cameo semata. Mengherankan. Tapi bagi Trisa itulah perjuangan.

Senin, 21 Oktober 2013

Genk Kompor: One for All, All for Dhuaaar!!




Penulis: Genk Kompor
Penerbit: Elex Media Komputindo
Cetakan: I, 2013
Jumlah hal.: xxiii + 195 halaman
ISBN: 978-602-02-1461-0

Genk Kompor adalah serial yang diterbitkan oleh Majalah Story yang kemudian dikumpulkan menjadi sebuah buku. Hingga kini, serial tersebut masih terus berlanjut di Majalah Story. Bahkan menurut gosip resmi, buku kedua serial ini akan segera terbit *ups..keceplosan*. Usut punya usut, serial ini adalah hasil tulisan keroyokan oleh 6 orang penulis yakni  Adnan Buchori, Deny Wibisono, Nando, Reni Erina, T.Sandi Situmorang & Triani Retno A.

Keenam penulis ini masing-masing mewakili satu tokoh yang disesuaikan dengan karakter pribadinya. Berturut-turut mereka mewakili tokoh Abe, Deni, Nando, Erin, Sandi & Eno. Keenam orang inilah yang menjadi sentral cerita yang mengambil setting di SMA 1006 Jakarta. Keenam orang ini memiliki karakter yang berbeda-beda. Tentu saja hal ini memberi warna tersendiri untuk cerita Genk Kompor.

Deni, Nando, Erin, dan Eno duduk di bangku XI IPS 1, sedangkan Sandi dan Abe menghuni kelas XI IPA 1. Abe, meskipun anak IPA rajin datang ke kelas IPS hanya untuk melihat pujaan hatinya yang masuk kelas XI IPS 1. Jadi, bertemu dengan Deni dan lainnya hanyalah alasan tambahan yang dikamuflase sebagai alasan utama.

Satu hal yang paling menonjol di dalam novel ini adalah duo narsis yang sama tapi beda, yaitu Abe dan Nando. Keduanya sama-sama memiliki tingkat kepercayaan diri yang di luar batas normal. Bedanya hanya satu, Abe adalah tukang tebar pesona (baca: obral pesona) yang gak laku-laku; dan Nando adalah cowok yang kepedeannya terletak di jambulnya yang terkenal seantero sekolah (jangan percaya, ini hanya upaya hiperbolis saya).

Selasa, 15 Oktober 2013

Thanks for the Memories




Penulis: Cecelia Ahern
Penerjemah: Nurkinanti Laraskusuma
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: Februari 2012
Jumlah hal.: 496 halaman
ISBN: 978-979-22-8044-9

Bagaimana kau bisa mengenal seseorang yang bahkan tak pernah kautemui?
Joyce Conway mengingat hal-hal yang seharusnya tidak dapat dia ingat. Dia tahu jalanan kecil berbatu pipih di Paris, padahal dia tidak ke sana. Setiap malam dia bermimpi tentang seseorang gadis kecil berambut pirang.
Justin Hitchock adalah duda cerai yang kesepian dan gelisah. Dia datang ke Dublin untuk memberikan kuliah seni, dan bertemu dengan dokter cantik yang membujuknya mendonorkan darah. Sudah lama tak ada apa pun yang keluar langsung dari jantungnya.
Ketika Joyce meninggalkan rumah sakit setelah mengalami kecelakaan yang menghancurkan hati, dengan hidup dan perkawinannya luluh lantak, dia pindah ke rumah ayahnya yang sudah tua. Sementara itu, ada rasa déjà vu yang terus membayanginya, namun dia tidak tahu sebabnya...
***

Bagaimana rasanya jika kamu mendadak mendapati banyak keanehan yang pada dirimu setelah moment terburuk terjadi di hidupmu? Joyce yang baru saja kehilangan bayi yang dikandungnya dan disusul dengan berakhirnya perkawinan yang telah ia bina selama 10 tahun mendadak merasa dirinya gila. Ini karena sejak pulang dari rumah sakit, ia mendapati dirinya menjadi orang yang berbeda.

Sabtu, 05 Oktober 2013

Menyemai Harapan




Penulis: Maria A. Sardjono
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: 2013
Jumlah hal.: 376 halaman
ISBN: 978-979-22-5788-5
Buku ini adalah edisi revisi dari novel yang sebelumnya telah diterbitkan oleh Penerbit Alam Budaya.
Buku ini dipinjam dari Zoe Library

Tumbuh dewasa dalam perkawinan poligami orangtuanya membuat Dewi bertekad takkan membiarkan dirinya bernasib seperti ibunya, yang nrimo begitu saja. Ia tak ingin terombang-ambing mencari jati diri dan martabatnya sebagai perempuan diinjak-injak. I bertekad menyejajarkan pernanya sebagai perempuan dalam rumah tangganya kelak. Dan kini ia siap menyongsong kehidupan barunya bersama Pujisatriya, yang pasti akan jauh berbeda dari perkawinan orangtuanya.
Namun menjelang pernikahan mereka, Dewi malah dikejutkan kabar bahwa calon suaminya itu menikahi perempuan lain. hanya dalam hitungan jam, nasib dan nama baik keluarga besarnya dipertaruhkan. Dan ketika Puji tetap berniat memenuhi kewajiban untuk melangsungkan pernikahan mereka, Dewi dihadapkan pada dilema: menolak mentah-mentah pria yang mengkhianatinya, atau membiarkan sejarah kembali terulang dalam perkawinannya sendiri...
***
Itu adalah blurb yang menggugah saya meminjam buku ini. Terutama karena beberapa waktu terakhir saya membaca buku tentang Kartini yang juga menentang poligami seperti halnya tokoh dalam novel ini. Saya pikir melalui buku ini saya bisa menemukan sudut pandang baru tentang poligami sekaligus mendapat gambaran psikologis anak perempuan yang hidup dalam rumah tangga yang berpoligami.

Buku ini dibuka dengan menggunakan kacamata Dewi dalam memandang persiapan pernikahannya. Meskipun menggunakan sudut pandang orang ketiga, namun yang menjadi fokus cerita adalah Dewi. Seolah narator ada di sebelah Dewi, menceritakan apa yang dirasakan oleh Dewi dan membaca isi hati Dewi keras-keras.

Rabu, 02 Oktober 2013

Wishful Wednesday #1

Ini pertama kalinya saya mengikuti Wishful Wednesday (aduh kemana aja kamu, Triaaaa (-_-")). Sering terfikir buat ikut sih. Tapi sepertinya selalu saja ada hal yang menghalangi niat saya. halah..ngeles. Ah, sudahlah, udah nggak penting.

Oiya, buku pertama yang akan saya masukkan dalam daftar Wishful Wednesday saya adalah:


Judul : Penghancuran Buku dari Masa ke Masa
Penulis : Fernando Baez
Penerjemah : Lita Soerdjadinata
Penerbit : Margin Kiri
Cetakan : I, Juli 2013

Buku ini berhasil membuat saya tergoda karena membaca review yang ditulis oleh Rahib di blognya

 Entah kenapa saya selalu memiliki ketertarikan terhadap buku-buku yang setting ceritanya adalah toko buku atau perpustakaan. Akhirnya saya sukses ngidam buku ini.

Semoga bisa segera bisa memilikinya. (^_^)


ah, segini saja Wishful Wednesday dari saya. Oiya, mau ikutan juga?? Gini aturannya:





  1. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)

  2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) atau segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan bookish kalian, yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku/benda itu masuk dalam wishlist kalian ya!

  3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.

  4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)

Good Memories




Penulis: Lia Indra Andriana
Penerbit: Haru
Cetakan: Pertama, September 2013
Jumlah hal.: 336 halaman
ISBN:978-602-7742-22-2

“Tiga bulan lagi, di waktu dan tempat yang sama, aku akan mengevaluasi apakah kau layak diberi tambahan kupon pertemanan”
Saat banyak orang berharap bisa kuliah di luar negeri, Maya malah rela melakukan apa pun agar bisa meninggalkan Kwanghan University dan kembali bersama kekasihnya, Alva, di Indonesia. Sayangnya, semua tidak semudah itu.
Seakan hidupnya sekarang belum cukup rumit, Maya juga harus menghadapi Luc, teman sekelasnya, seorang pria berkebangsaan Prancis yang terang-terangan menyatakan suka padanya.
Luc bahkan tidak keberatan hanya menjadi teman Maya setelah mendapatkan kupon Friendvitation buatan gadis itu.
Ketika kupon Friendvitation yang Maya berikan kepada Luc telah expired, akankah Maya memperpanjang masa berlaku kuponnya? Ataukah Maya akhirnya akan kembali kepada Alva dan melupakan semua yang terjadi di Korea?
Inikah cinta? Membuatmu rela melakukan tindakan bodoh yang tidak masuk akal?
***

Barisan kata di atas akan kita temukan di belakang novel ini. Cukup membuat penasaran meskipun dengan begitu kita juga sudah bisa menebak jalan ceritanya bahwa tokoh Maya akan terjebak di antara dua pilihan. Tapi tetap saja kita akan bertanya-tanya seperti apa tokoh Luc? Dapatkah dia membuat Maya berpaling dari Alva?