Selasa, 31 Desember 2013

Book Kaleidoscope 2013: 5 Buku terfavorit di 2013

Hm..postingan kali ini sebagian saya tulis di smartphone dalam perjalanan menuju bandara. Kalau beberapa hari ini, postingan saya dalam bentuk schedule maka kali ini mencoba posting via app blogger di telepon pintar saya.
Jadi mohon maaf jika tampilannya tidak menarik dan minus gambar2 dan link2 yg seharusnya ada.
 Postingan ini saya buat untuk ikut dalam Book Kaleidoscope 2013 yang digagas Mbak Fanda.
Nah, ini dia 5 Buku terfavorit saya di 2013:
 
1. Misteri Soliter



Buku ini adalah buku yg ringan namun muatannya "berat". Kenapa ringan, karena sudut pandanganya adalah sudut pandang seorang anak2, namun pertanyaan2 yang dia munculkan sangat dalam.
Sebut saja dia filsuf kecil yang merupakan anak dari filsuf jalanan. Menarik dan mencerahkan.

2. Wonder


Saya benar-benar jatuh cinta dengan karya RJ Palacio ini. Tema yang diangkat menarik. Cara bercerita juga menarik. Sudut pandang yang banyak, membuat saya merasa "kaya" dalam usaha saya memahami apa yang dialami oleh August dan orang-orang di sekeliling August.
Kesadaran bahwa orang-orang seperti August benar-benar ada dunia ini membuat saya merasa harus memberi hormat atas ketangguhan mereka.
Saya percaya bahwa yg dikatakan August benar, bahwa setiap orang berhak merasakan moment di mana semua orang ber-standing applause untuknya.

3. CineUs


Karya ini membuat saya menikmati apa yang saya. Saya juga merasa senang karena ditengah-tengah novel yang ditujukan untuk remaja Indonesia ada karya yang tidak bernuansa cengeng dan cinta2an ala drama Korea.
Novel2 seperti ini mungkin tidak bisa disamakan dengan novel Pulang. Namun, bagi saya buku ini jadi salah satu oase dalam bacaan bergenre teenlit karya anak negeri ini.

4. Dewi Sartika


Hm..buku ini memang bukan novel, melainkan sebuah biografi. Namun buku ini memberi saya kepuasan besar. Pertanyaan-pertanyaan saya tentang Raden Dewi Sartika mulai terjawab. Perjuangan menemukan buku ini pun tidak mudah.
Maka wajar rasanya jika saya menjadikannya buku favorit saya di 2013.

5. Penghancuran Buku dari Masa ke Masa.


Buku ini saya nobatkan sebagai buku favorit saya di 2013. Ini ditunjang oleh sampul yang unik dan pembahasan yang lengkap dan teratur. Meski berbicara cukup panjang, tahapan2 masa dan kejadiannya cukup runtut dan mudah diikuti meski banyak kata-kata yang masih kurang familiar bagi saya sampai akhirnya saya harus mengeceknya di KBBI. Tapi worth it kok.
Buku ini memang bukan novel, dan memang gaya  bahasanya sangat formal. Namun cerita-cerita yang diungkapkan sangat menarik untuk di-googling lebih jauh. Yah, meskipun belum berhasil saya tamatkan, tapi saya sangat suka dengan pengetahuan yang saya temukan di dalam buku ini.

Nah, itu dia 5 buku favorit saya di tahun 2013 ini. Kalau buku favorit kamu apa??

1 komentar:

  1. aku udah baca yang urutan nomer satu, dua, tiga
    penasaran banget ama buku Pengahncuran Buku, ampe sekarang belum kesampaian punya >.<

    BalasHapus