Senin, 02 September 2013

Birthday Giveaway

Hm..sebenarnya agak bingung juga sih.
Ini pertama kalinya saya membuat Giveaway seperti ini.
Dan setelah saya pikir2, daripada ditodong nraktir 10 orang. Lebih baik saya bikin giveaway aja. Ha..ha..
*abaikan*

Hm..berhubung gak dapat kado *nggak ding..udah dapat kok..he..he..*
saya pikir lebih baik saya yang bagi-bagi kado ah.. Pasti kesannya juga berbeda. Ini akan bisa membuat 2 September tahun ini jadi lebih berbeda..

Nah buku yang akan saya jadikan hadiah  adalah "Panggil Aku Kartini Saja". Tadinya mau ngasih buku Biografi Dewi Sartika tapi bukunya buku tua dan susah dapat dipasaran. Mudah2an kalo dapat lagi saya bisa bikin giveaway lagi..Amin



Beberapa hari ini saya kepikiran tentang sejarah-sejarah pahlawan Indonesia.
Saya pun ingat bahwa bulan September ini mungkin bisa dikategorikan bulan duka untuk Perempuan Indonesia. Kenapa?
Karena dua orang pahlawan emansipasi perempuan dan yang memperjuangkan hak perempuan untuk memperoleh pendidikan meninggal di bulan September ini.
Kedua orang tersebut adalah Kartini (meninggal 17 September 1904) dan Dewi Sartika (11 September 1946).

Keduanya berkiprah dengan cara yang berbeda namun di bidang yang sama. Perjuangan mereka secara khusus adalah memberikan peluang bagi perempuan untuk mendapatkan pendidikan formal. Sebab dulu perempuan didik untuk trampil di dapur namun tidak diajarkan baca-tulis. Tapi akhir-akhir ini cukup sedih rasanya mengetahui banyak yang melupakan kiprah mereka, terutama kiprah Dewi Sartika. Kartini mungkin masih sangat dikenal di Indonesia mengingat ada hari khusus untuk menghargai jasa beliau. Nah berbekal kesadaran ini saya ingin membuat giveaway terkait hal ini.

Jadi, ini syarat giveaway-nya:
1. Tulis nama, email, dan akun twitter di kolom komentar.

2. Jawab pertanyaan di bawah ini:
Siapa pahlawan perempuan Indonesia yang paling kamu kagumi? Dan jangan lupa sertakan alasannya yah

3. Jika ada yang mau dan mampu membuat postingan khusus tentang pahlawan favoritnya di blog atau notes FB maka itu akan semakin menambah nilai. Sebaiknya postingan itu menyertakan sedikit profil pahwalan tersebut seperti tempat, tanggal, lahir dan wafatnya.
Nah untuk yang menulis berupa postingan, silahkan copy url-nya ke kolom komentar. Jangan lupa data dirinya yah.

4. Giveaway ini dimulai hari ini 2 September (tanggal lahir saya) dan akan diakhiri pada tanggal 17 Sepetember  (tanggal meninggalnya RA Kartini)


Gimana?? Simple kan?? dan kalau mau bagi2 soal giveaway ini di FB atau twitter boleh kok. Siapa tahu ini bisa memberi manfaat untuk banyak orang. Membuat mereka tertarik dengan tokoh-tokoh yang sudah berjasa untuk bangsa ini.


Saya tidak akan pakai beberapa program yang memilih pemenang dengan random. Selain gak tahu, saya juga ingin mendapatkan kesenangan dari membaca berbagai pendapat tentang pahwalan favorit mereka. Jadi, saya tunggu postingannya.

P.S: jika dirasa ada yang kurang mengenakkan dari lomba ini, saya mohon maaf. Maklum ini pengalaman pertama..he..he.. (^_^)

Oiya, sila baca tentang kiprah Kartini dan Dewi Sartika di postingan berikut

Profil Dewi Sartika
Review buku Kartini Pribadi Mandiri
Review buku Gelap Terang Hidup Kartini
Reviw buku Sang Perintis: Raden Dewi Sartika

Quote Hari Ini:
Akan selalu ada yang datang dan ada pula yang pergi. Yang terpenting adalah yang datang mau belajar dari jejak yang ditinggalkan oleh yang pergi

24 komentar:

  1. Dear Atria..

    Happy bday dear...

    Haha jadi juga nih kasih b-day giveaway. Mau ikut (kbetulan emang lg cari buku biography dan td pada usul buku ini...mau banget deh) tapi mikir dulu ah jawabannya.

    Ntar kalo post-nya udah beres baru setor.

    Adis

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditunggu ya, teteh komentar dan jawabannya (^_^)

      Hapus
  2. Selamat ulang tahun yaa ^^
    Pahlawan indonesia yg aku kagumi adalah cut nyak dien karena beliau dan suami mampu memperjuangkan kemerdekaan dari aceh, jauh dari pusat ibu kota :) tidak heran kalau wajah beliau sampai diabadikan di mata uang kita

    Nama : maya floria yasmin
    Email : mayafloriay@yahoo.com
    Twitter : @myfloya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cut Nyak Dien memang bukan perempuan biasa. Sejarah mencatat kiprah beliau sebagai pejuang perempuan yang berani mengangkat senjata demi melawan penjajah. Semoga kita pun bisa mencontoh beliau. Senjata kita bisa berbeda-beda, ada yang berjuang lewat pena, atau bahkan dengan talenta yang lain.
      So, tetap semangat (^_^)9

      Hapus
  3. Aku pilih, R.A. kartini, karna sosoknya yang cantik, kepribadiannya yang sederhana, pemikirannya yang luas, dan begitu peduli dengan diskriminasi yang melanda kaum wanita.

    Nama : Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    Email : aLamadt_saya@yahoo.com
    Twitter : @san_fairydevil
    Blog : http://tulisanayas.blogspot.com/2013/09/door-duisternis-tot-licht.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. beliau selalu digambarkan cantik dan mudah. Selain karena semangat mudanya, mungkin karena beliau meninggal di usia yang sangat muda yakni 25 tahun. (^_^)v

      Hapus
  4. Ikutan ah...

    Nama: Bahrul Ilmi
    Email: gbygoober@gmail.com
    Twitter: @bahruladitya (http://twitter.com/bahruladitya)
    Url Postingan: http://www.softrickinfo.com/2013/09/ra-kartini-pelopor-kebangkitan-wanita.html

    Alasan saya memilih R.A Kartini adalah karena saya sangat salut dengan beliau atas apa yang telah dilakukannya demi kaumnya. Para wanita. Meskipun saya seorang pria, tapi saya sangat tertarik sekali dengan kisah beliau di masa lalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, mas. Itu postingannnya hasil tulisan sendiri??

      Terimakasih sudah ikut berpartisipasi, yah (^_^)

      Hapus
    2. Alhamdulillah itu tulisan sendiri (bukan copas) cuma saja saya menggunakan wikipedia sebagai sumber referensi saya. O ya soal kenapa Sekolah Wanita didirikan pada 1912 sedangkan R.A Kartini meninggal pada 1904? Menurut yang saya baca, Sekolah Wanita yang didirikan oleh Yayasana kartini tersebut adalah untuk mengenang kegigihan dan menghormati serta menghargai perjuangan R.A Kartini.

      Terima kasih.

      Hapus
    3. ok, nuhun yah untuk artikelnya.
      (^_^)

      semoga semakin tertarik mengenal pahlawan-pahlawan Indonesia

      Hapus
  5. Gak tau dia bisa disebut pahlawan apa enggak, tapi aku kagum dengan sosok Ratu Majapahit Tribhuwana Tunggadewi. Tentu gak ringan memerintah di zaman yang dikuasai oleh kaum pria sekaligus membesarkan anak yang kelak dikenal sebagai raja terbesar Majapahit. Masa perluasan Majapahit pun dimulai dari pemerintahan Tribhuwana dengan Gajah Mada dan Sumpah Palapanya sebagai motor penggerak. Fun Fearless Female pada zamannya!

    Ashtrie Karana Putrie
    @Dmigia
    shinigami_light @ ymail. com
    https://www.facebook.com/notes/ashtrie-karana-putrie/mengenal-ratu-tribhuwana-wijaya-tunggadewi/339854526150724

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ini pengetahuan baru untuk saya. Ini yang perlu diketahui perempuan Indonesia. Sejarah mungkin mengelukan Hayam Wuruk tapi ternyata ada sepenggal cerita tentang kepemimpinan Tribhuwana.
      Terimakasih sudah berbagi, Ashtrie (^_^)

      Hapus
  6. Balasan
    1. ayo ikut. Berbagi tentang perempuan-perempuan hebat Indonesia (^_^)v

      Hapus
  7. Nama : M. Ilhamsyah
    Email : ilhamputrasaijaan@gmail.com
    Twitter : @nel211293

    Untuk pahlawan perempuan Indonesia tentu saja yang paling saya kagumi adalah Cut Nyak Dien. Selain karena kegigihannya untuk melawan Belanda, satu perkataan dari Cut Nyak Dien yang sangat menyentuh saya adalah, "Sebagai perempuan Aceh, kita tidak boleh menumpahkan air mata pada orang yang sudah syahid", yang dikatakan beliau kepada Cut Gambang--anaknya--yang waktu itu tengah menangisi sang ayah yang gugur. Bahkan Cut Gambang pake ditampar segala oleh Cut Nyak Dien untuk menegaskan bahwa betapa kukuhnya ia memegang prinsip.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuah, saya baru tahu tentang perkataan beliau ini.
      Bagi sumbernya donk..he..he..

      Indonesia punya orang-orang hebat yang membuat negara ini mandiri dan beberapa dari mereka adalah perempuan-perempuan dengan karakter yang kuat dan tangguh (^_^)

      Hapus
  8. Nama : Jessica Ravenski
    Email : jsscravenski@gmail.com
    Twitter : @jsscravenski

    Pertama-tama, selamat ulang tahun ya buat Atria, semoga kamu makin baik ke depannya ^^
    Pahlawan wanita favoritku sebenarnya enggak banyak ya. Dan palingan yang aku (dan kebanyakan orang lain) tau hanya sebatas RA Kartini. Tapi, ketika aku belajar pelajaran sejarah di sekolah aku langsung mengingat salah satu pahlawan wanita di Indonesia yang bernama Martha Christina Tiahahu.

    Christina itu teman seperjuangan Pattimura yang berperang melawan Belanda. Beliau tidak hanya mengangkat senjata, tetapi selalu mengingatkan kaum wanita lain untuk menyemangati kaum pria yang sedang perperang. Tanpa ingat siang dan malam, beliau selalu mengatur strategi kubu-kubu pertahanan.

    Sosok seperti Christina ini sebenarnya sangat susah dijumpai, karena sebagaimana yang kita tahu katanya wanita jaman sekarang ini pada 'menye-menye'. Bukan. Bukan aku bermaksud menjelek-jelekkan kaum wanita (karena aku sendiri termasuk wanita ^^), tetapi aku bermaksud menjadikan ini sebagai tolok ukur atau cambuk agar wanita Indonesia bisa seperti Christina ini. Sosok pemberani dan pantang menyerah.

    Sekian dulu penjelasanku, semoga enggak kepanjangan ya ^^;

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ucapannya.
      Iya, RA Kartini paling banyak dikenal, namun banyak pahlawan perempuan lain yang bisa kita apresiasi perannya termasuk Martha Christina Tiahahu. Beliau orang yang gak pernah menyerah. Melawan penjajahan dengan cara yang bisa ia lakukan semampunya. Setelah berperang tidak lagi bisa dia lakukan karena tertangkap, beliau berperang dengan melakukan mogok makan dan mogok pengobatan saat akan diberangkatkan untuk kerja paksa. Beliau berusaha melawan dengan segala kemampuan yang beliau punya.

      Hebatkan perempuan Indonesia (^_^)v
      Dan semoga perempuan generasi kita dan generasi berikutnya bisa setangguh para pejuang perempuan Indonesia

      Hapus
  9. Saya pengen nya fav pahlawan yang transgender tapi jigana can nimu. Ah jadi teu rame. Gak bisa dapet hadiah dong. Bae ah da ngisi komen ini juga cuman iseng. Iseng-iseng gak berhadiah. Btw HBD bu :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. ha..ha..ajukan pak ruk***a aja kang. Waktu itu ikut diskusikan??
      ha..ha.. (^_^)v

      Hapus
  10. Nama: Rian Nofitri
    Email: ranssoul@gmail.com
    Twitter: @ranssoul_id
    Url : http://ransseed.blogspot.com/2013/09/pahlawan-jamu-indonesia.html

    Selamat ulang tahun, Atria. Salam kenal dan sukses selalu.
    Seperti pertanyaan yang diajukan, aku punya banyak tokoh wanita favoritku tapi yang nyantol di pikiran cuma ada dua yaitu R.A Kartini dan Nyonya Meneer. tapi 7jy32kali ini aku mau bahas tentang Nyonya Meneer atau pahlawan jamu Indonesia, sosok ketelatenannya yang sejak kecil beliau kembangkan dalam urusan racik meracik jamu sangat berpengaruh sampai jaman modern sekarang, bahkan nggak cuma di Indonesia, tapi produk jamu Nyonya Meneer ini sudah terkenal sampai luar negeri.
    Untuk selanjutnya udah aku uraikan di postinganku ya, semoga bermanfaat juga hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berbagi, Rian (^_^)

      Wah Nyonya Meneer.. menarik nih *segera melipir ke postingannya*

      Hapus
  11. Nama: Nikmatus Solikha
    Email: nikmatusai@gmail.com
    twitter: @nikmatusai
    Url : http://nikmatusai.blogspot.com/2013/09/pahlawan.html

    Sebelumnya, saya mau ngucapin selamat ulang tahun Atria... semoga usianya bermanfaat. Sebagai jawaban dari pertanyaannya, mungkin ada dua nama yang ada dalam pikiran saya, sosok pahlawan kubahas lebih dulu sebelum pahlwana lain pasti IBU!
    Yah, sungkan kalau mau menyebut wanita lain sebelum menyebut namanya. Bagaimana tidak, beliau orang yang berkorban nyawa demi lahirnya kita, apa namanya kalau bukan pahlawan?
    Posisi setelah Ibu, ada RA. Kartini, juga... yang berjasa dalam emansipasi. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. He..he..kepahlawanan seorang ibu jelas tidak bisa disandingkan dengan pahlawan manapun. Kepahlawanan beliau sangat personal. Dan tidak perlu di lisankan. Cukup memberi yang terbaik pada ibu.

      He..he.. RA Kartini juga seorang ibu yang jelas kepahlawanannya sebagai seorang ibu sebab beliau meninggal setelah melahirkan anaknya ;)

      Terima kasih sudah berbagi yah (^_^)

      Hapus