Jumat, 30 Agustus 2013

An Affair to Forget




Penulis: Armaya Junior
Penerbit: Gagas Media
Cetakan: kedua, 2008
Jumlah hal.: vi + 240 halaman
ISBN: 979-780-217-5

Buku ini saya temukan terselip di antara jualan Garage Sela di salah satu kafe. Saya membelinya dengan  harga yang sangat murah. Saya pikir buku ini pasti tidak menarik. Kenapa sampai dijual oleh pemiliknya. Namun ternyata tidak seburuk sangkaan saya.

Jika kemarin saya membaca buku tentang rumah tangga yang retak karena kemandulan (After D-100) maka kali ini saya membaca tentang hubungan yang retak akibat perselingkuhan. Ya, tema yang sangat umum. Namun kali ini mengambil jalan keluar yang agak berbeda.

Adalah sebuah kelaziman jika wanita yang mengetahui bahwa suaminya berselingkuh memilih untuk menuntut cerai dan marah pada sang suami. Namun kali ini berbeda. Tokoh utama dalam dalam novel ini adalah seorang pria (dan lagi-lagi saya gagal menemukan nama pria ini) yang punya sahabat bernama Anna. Ia dan Anna sudah sangat lama berteman bahkan kadang banyak yang berfikir kenapa mereka tidak berpacaran saja. Kini Anna sudah menikah dengan Toni dan memiliki dua anak laki-laki yakni Aldi dan Marco. Namun rumah tangga Anna goyah. Awalnya Anna curiga bahwa suaminya berselingkuh hingga kemudian dia pun melihat langsung perselingkuhan suaminya.


Suami Anna berselingkuh dengan seorang wanita bernama Dini. Pria ini mengakui aura dan kecantikan Dini. Ia sendiri pun tidak bisa bilang bahwa ia tidak terpikat pada Dini. Namun karena kedekatannya dengan Anna ia pun selalu berusaha tetap ada di pihak Anna. Pertemuannya dengan Dini pun dilakukan untuk mengorek informasi dari Dini tentang hubungan wanita itu dengan Toni. Selain itu ada satu hal yang tidak dimengerti oleh pria ini. Kenapa Anna menjadikan Dini sahabatnya? Rencana apa yang disusun Anna?

Anna tidak berfikir untuk mengakhiri rumah tangganya. Dia memilih untuk berusaha mendaptkan suaminya kembali. Ia ingin rumah tangganya utuh kembali demi anak-anaknya. Itulah sebabnya ia tetap bersikap seolah-olah tidak tahu tentang perselingkuhan suaminya. Namun Pria ini yakin bahwa Anna pasti sudah punya rencana. Rencana yang melibatkan dirinya dan membuat Anna mendekati Dini dan menjadikannya sahabat. Tapi apa?

Awalnya cerita ini agak membingungkan karena tidak ada batasan waktu yang jelas. Tapi memasuki chapter tiga cerita mulai jelas runutannya. Sampai sekarang saya tetap bingung dengan urut-urutan waktu di bagain awal novel ini.

Hm..kalau dari segi ide cerita ya cerita ini unik. Selain itu ada beberapa muatan pengetahun sosial dan tentang properti. Sebenarnya menarik sih pikiran-pikiran yang dituangkan penulisnya tapi tetap ada sedikit rasa digurui saat membacanya..he..he.. Trus klo soal sampulnya. Saya rasa masih agak bingung makna dari sampul buku ini. Tapi ya sudahlah yah bukunya tergolong jadul sih (>_<)

Ok, kalau harus memberi nilai untuk buku ini maka saya memberinya nilai 7,5 (^_^)v. Nanggung?? Iya soalnya ada lebih dan kurangnya sih. He.he.. (^_^)v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar