Senin, 27 Mei 2013

Berjuta Rasanya



Penulis                 : Tere Liye
Penerbit              : Mahaka Publishing
Cetakan               : IV, Agustus 2012
Jumlah hal.         : 205 halaman

Saya membaca buku ini meskipun tidak sesuai urutannya. Saya terlebih dahulu membaca Kumpulan Cerpen Tere Liye yang merupakan buku lanjutan dari “Berjuta Rasanya” ini yang berjudul “Sepotong Hati yang Baru” (kalau nggak salah, karena buku yang itu tertinggal di rumah yang di Makassar). Mungkin itu sebabnya saya merasa pernah membaca beberapa cerita karena ada yang mengambil tema yang sama namun cerita yang berbeda.

Di kumpulan cerpen ini ada beberapa cerita yang menarik dan ada pula yang bagi saya cukup membosankan. Cerpen pertama yang berjudul Bila Semua Wanita Cantik mengangkat tema yang menarik yang jika ditelaah lebih jauh, mencoba mengkritisi standar cantik. Bahwa standar itu pada dasarnya dibentuk oleh lingkungan dan bisa berubah kapan saja. Kecantikan yang tidak akan berubah adalah kecantikan hati.


Dari 15 cerpen yang ada di dalam buku ini saya paling suka cerpen “Kupu-Kupu Monarch” dan “Pandangan Pertama Zalaiva”. Kedua cerpen itu mempunyai tema yang menarik dan ceritanya pun dituturkan dengan manis. Bagi penyuka genre romantis seperti saya, maka kisah ini bisa dianggap memiliki dialog yang “manis” dan ceritanya sendiri pun cukup berkesan. 

Kisah “Kupu-Kupu Monarch” mengisahkan tentang dongeng tragis tentang pengorbanan seorang istri. Ya, kisah yang tragis sebenarnya karena pada akhirnya mengenali “pengorbanan” dan “kebodohan” jadi tipis (menurut saya) karena sikap si istri pada akhirnya bagi saya bukanlah sikap “berkorban” melainkan sikap yang memang membiarkan dirinya dikorbankan. Ah bingung menjelaskannya, silahkan temukan sendiri maksud saya (^_^)v

Sedangkan cerita “Pandangan Pertama Zalaiva” saya sukai karena beberapa pemaknaan tentang cinta yang dituturkan dalam buku ini cukup “manis”. Maklum saya pada dasarnya tipe romantis *tsaaahhhh* jadi kalimat-kalimatnya membuat saya cukup terkesan.

Kalau harus memberi nilai untuk buku ini dengan skala 1 – 10, maka saya memberi nilai 8 untuk buku ini.

1 komentar:

  1. oh tereliye ada kumcer jg ya.. belum baca yg ini..
    jd pengen jg

    BalasHapus